15 Tempat Wisata di Lembang Bandung Paling Terkenal

Taukah anda mengenai Lembang Bandung?

Lembang Bandung adalah daerah yang sebagian besar terdiri dari bukit dan pegunungan yang terletak di Jawa Barat yang memiliki tempat wisata menakjubkan. Udaranya yang sejuk jelas memiliki pesona keindahan alam yang sangat menawan, tak heran bila Lembang sering menjadi tujuan wisata yang dari dulu dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing. Salah satu tempat wisata di lembang bandung yakni Keindahan kawah Tangkuban Perahu pada legenda Sangkuriang mampu menjadi alasan tersendiri untuk para wisatawan yang ingin menikmati liburan di Lembang ini.

Dengan memiliki daerah yang tinggi bukan berarti tempat wisata di lembang bandung ini hanya memiliki tempat wisata alam, namun juga memiliki tempat wisata buatan dan bersejarah di dalamnya. Dengan kata lain bermacam – macam tempat wisata alam maupun buatan dapat di temukan di sini.

Secara administratif Lembang adalah sebuah kota kecamatan, yaitu kecamatan Lembang yang berada di Kabupaten Bandung Barat, berbatasan dengan Kabupaten Subang di bagian utara serta Kota Bandung dibagian selatan. Kini Lembang menjadi gerbang wisata Kabupaten Bandung Barat.

Seringnya Lembang dikunjungi para wisatawan lokal maupun asing pada saat akhir pekan membuat akses utama untuk menuju tempat wisata Lembang Bandung yaitu yang melalui Jl. Setiabudhi Bandung -> Ledeng rawan mengalami kemacetan terutama pada saat liburan telah tiba, maka dari itu sudah jalur tersebut selalu macet, karena itu polisi melakukan rekayasa lalu lintas dengan cara buka tutup jalan di sekitar pertigaan Jl. Kolonel Masturi dan Jl. Raya Lembang untuk mengurai kemacetan tersebut.

Hasil Pertanian Lembang

Sedikit informasi mengenai pertanian di Lembang, kerena tanahnya yang sangat subur dan cocok untuk bercocok tanam, sehingga tak jarang masyarakatnya bekerja sebagain petani. Hasil pertanian yang terkenal yakni sayur mayur, buah – buahan serta tanaman hias. Hasil dari pertanian ini banyak di kirim ke Bandung dan Ibu Kota Jakarta.

Tak hanya sebagai petani, masyarakat Lembang juga ada yang berprofesi sebagai peternak sapi perah sehingga dapat menghasilkan produk susu murni yang begitu khas dari Lembang.

Tempat Wisata Alam di Bandung

Kota Bandung menjadi salah satu tempat wisata alam yang diburu oleh para wisatawan, karena memang pemandangan alam di sini sangat menarik dan selalu membuat wisatawan ketagihan. Pada saat hari libur para wisatawan selalu berbondong bondong bersama bersama keluarga maupun teman untuk menikmati objek wisata bandung ini. Berikut Alternatif Tempat wisata alam di Bandung :

  • Gunung Tangkuban Perahu, Lembang

tempat wisata di lembang bandung

Anda pasti sudah tahu mengenai sejarah Gunung Tangkuban Perahu. Ya! Menurut kisah sejarah, gunung ini dipercaya berasal dari legenda Sangkuriang, gunung ini menjadi daya tarik utama tempat wisata dibandung barat ini adalah salah satu kawasan pegunungan terbaik yang dimiliki Indonesia karena selain nilai sejarah gunung tangkuban perahu yang sangat melegenda, lokasi wisata ini juga  merupakan kawasan hutan lindung yang masih terjaga keasrian dan kesejukan udaranya.

Gunung ini juga merupakan kawasan hutan gunung yang sangat ekstrim udaranya, sangat dingin, tak lupa dengan nilai jual kesejukannya yang menjadi salah satu alasan yang membuat tempat wisata gunung tangkuban perahu selalu dibanjiri oleh para wisatawan di hari libur. Perlu diketahui,bahwa tingkat suhu rata-rata di kawasan hutan Gunung Tangkuban Perahu pada siang hari berada dikisaran 17°C, sementara suhu di malam harinya bisa mencapai 2°C.Oleh karena itu setiap pengunjung disarankan membawa jaket yang bisa menghangatkan agar agar tidak kedinginan.

Harga tiket masuknya sebagai berikut :

  • Senin-Jum’at = Rp. 20.000,-
  • Sabtu-Minggu = Rp. 30.000,-
  • Situ Patenggang, Ciwidey

tempat wisata dibandung

Tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap hari libur ini berada di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Danau yang berlokasi dekat dengan Kawah Putih ini dapat dicapai dengan lama perjalanan sekitar 2 jam dari kota Bandung.

Situ Patenggang adalah tempat wisata di Bandung Selatan yang berupa danau dan termasuk dari bagian cagar alam. Berada pada ketinggian lebih dari 1.600m di atas permukaan laut ini mempunyai pemandangan yang asri dan udara yang sejuk dengan perkebunan teh di sekitarnya. Di tengah – tengah danau terdapat Pulau Asmara dan Batu Cinta yang merupakan sebuah lokasi di tengah Situ Patenggang yang memiliki mitos dan ditandai dengan batu besar.

Selain berkeliling di tepi danau dan menikmati keindahan alam yang asri, anda juga dapat memancing, bermain sepeda air, mengelilingi danau dengan perahu warna-warni, piknik di pinggir danau, berjalan-jalan di kebun teh, mengunjungi batu cinta dan mengelilingi Pulau Asmara. Tentunya cukup menarik dan sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata keluarga.

Harga tiket masuknya sebagai berikut :

  • Wisatawan local = Rp. 18.000,- (Weekday) dan Rp. 20.500,- (Weekend)
  • Wisatawan asing = Rp. 135.000’- (Weekday) dan Rp. 185.000,- (Weekend)
  • Kawah Putih, Ciwidey

objek wisata bandungDengan lokasinya yang berada di pusat kawasan wisata ciwidey menjadikannya sebagai lokasi favorit wisata para wisatawan yang sedang berlibur ke Bandung.

Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya, tanah di sini berwarna putih yang berasal dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.

Keindahan panorama alam kawah putih yang sangat eksotis dan unik, telah menjadikannya sebagai lokasi favorit sejumlah penghobi foto atau untuk foto pre-wedding, selain itu yang membuat istimewa kawah putih ini adalah sejarah serta misterinya yang selama ini melingkupinya.

Harga tiket masuknya sebagai berikut :

  • Lokal = Rp. 20.000,-
  • Mancanegara = Rp. 50.000,-
  • Pre Wedding = Rp. 500.000,-
  • Dago Pakar, Coblong

tempat wisata di kota bandung

Untuk anda yang lelah berutinitas setiap hari dan butuh refreshing, lebih rileks atau ingin jogging, Dago Pakar sangatlah cocok menjadi pilihan liburan anda karena di sini anda akan dimanjakan dengan rute atau lintasan jalan di taman hutan sepanjang 5 sampai 7 Km yang sangat segar dan menyehatkan ini.

Sepanjang jalan di Dago Pakar Bandung, anda akan menemukan peninggalan peninggalan jejak sejarah seperti Goa Belanda dan Goa Jepang yang menjadi bukti nyata bahwa bangsa jepang dan belanda pernah menjadikan kawasan hutan ini sebagai kawasan pertahanan dan perlindungan dari musuh-musuh mereka. Di sini anda juga akan menjumpai tanaman hayati yang mampu memberikan sensasi rasa nyaman dan tenang bagi siapa pun yang datang ke sini. Udara yang segar dan bersih khas alam pegunungan, tentunya akan semakin menjadikan kawasan hutan Dago Pakar menjadi alternatif wisata terbaik bagi warga bandung atau daerah lain yang ingin refreshing menghilangkan penat serta stress dari padat serta sibuknya aktifitas kerja di perkotaan.

Tak hanya itu, beberapa lokasi tempat wisata menarik di Dago Pakar yang dijamin akan memuaskan anda adalah sebagai berikut : Curug Dago & Batu Prasasti Kerajaan Thailand, Curug Lalay, Curug Omas Maribaya, Panorama Alam Taman Hutan Raya, Panggung Terbuka, Monumen Ir. H. Djuanda & Gedung Informasi Taman Hutan Raya, Jogging Track ke Maribaya, Kolam PLTA Bengkok, Goa Jepang, Goa Belanda dan Taman Bermain.

Baca Juga  Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah dan Seru Untuk Dikunjungi

Harga tiket masuknya : Rp. 10.500,-

Tempat Wisata Buatan di Lembang dan Sekitarnya

Sebagai kota wisata, pesona Bandung ini seakan tak ada habisnya. Berbagai macam dan bentuk tempat wisata telah terangkum di Kota bersejarah ini mulai dari wisata alam sapai wisata buatan,  Berikut tempat wisata buatan yang dapat menjadi referensi anda untuk berlibur di akhir pekan :

  • Kampung Gajah Wonderland

liburan ke bandung

Kampung Gajah Wonderland adalah objek wisata lembang yang berlokasi di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 Lembang-Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata ini bisa dibilang relatif baru namun jangan salah karena di sini para wisatawan dapat menikmati berbagai wahana permainan yang sangat menarik dan menantang. Tak hanya wahana permainan saja namun juga dilengkapi dengan pusat wisata belanja dan restoran dengan berbagai jenis, seperti Sunda,Barat,Jepang dan Oriental, tak salah bila tempat wisata ini menjadi favorit bukan hanya untuk kalangan orang dewasa tapi juga anak anak. Berikut adalah wahana dan fasilitas yang disediakan di Kampung Gajah Wonderland : ATV (  Mobil segala medan), BumperBoat ( Perahu sengol di kolam), Playground khusus anak ( Perosotan,ayunan etc ), Horse Riding, Tubby, Kereta, Sky Rider, Formula Kart, BodyCycle, 4D rider, Segway, Sky View, Petik Strawberry, Wape Pool, Kiddy Pool, Sepeda Air, Dll.

Harga tiket masuknya sebagai berikut :

  • Senin – kamis   = Rp.10.000
  • jum’at – Minggu/libur = Rp.20.000

Harga tiket masuk kampong gajah termasuk wahana (kecuali waterboom) :

  • senin – kamis  = Rp.150.000
  • Jum’at – Minggu/libur = 250.000

Harga tiket masuk kampung gajah khusus waterboom :

  • Senin – Kamis  = Rp.100.000
  • Jum’at – Minggu/Libur = Rp.125.000
  • Farm House

tempat wisata lembang murah

Farm House Susu Lembang yang berlokasi di Jalan Utama Lembang, tepatnya sebelah kanan sekitar 2 km sebelum hotel Grand Lembang. Tempat wisata ini menyajikan miniature pemandangan alam pedesaan, suasananya terkesan seperti pedesaan disalah satu lingkungan Eropa.  Salah satu tempat wisata di bandung yang cocok untuk anda yang suka foto foto karena memang di sini anda akan dimanjakan dengan spot spot cantik untuk berfoto. Seperti adanya Rumah The Hobbit (tempat yang menerupai rumah milik Hobbit dalam film the Hpbbit and Lord of the Rings), kebun bunga, lokasi bermain dengan hewan seperti domba kelinci reptile, took souvenir, dan oleh-oleh, semacam foodcourt, dan cafe. Farm house juga termasuk tempat wisata lembang murah jadi jelas tidak akan merogoh banyak kocek dari kantong anda, tak hanya murah, anda akan mendapatkan sosis bakar atau segelas susu gratis. Inilah keunikan lain yang bisa anda dapatkan di Farm House Susu Lembang.

Harga tiket masuk = Rp. 20.000,-

  • Observatorium Bosscha

obyek wisata bandung

Berlokasi di Lembang, Bandung terdapat Observatorium Bosscha yakni wahana penelitian astronomi dan tempat bermain juga belajar yang didirikan oleh ITB (Institut Teknik Bandung). Untuk anda yang sedang mencari  tempat wisata dilembang yang cocok untuk anda dan anak anak yang ingin tahu lebih dalam mengenai benda benda yang ada di langit.

Di sini anda bisa mengetahui anggota macam macam galaxy seperti matahari, bulan, bintang dan planet dengan menggunakan alat pembesar yakni teropong.

Jika anda berkunjung pada siang hari, anda dapat mengetahui secara detail tentang cara kerja teleskop Zeiss (tidak untuk melihat langsung melalui teropong) dan juga akan mendapat informasi mengenai  dunia astronomi dan benda benda  yang ada di dalamnya dan tempat yang nyaman pula sebagai ruang multimedia. Nah, jika anda berkunjung di malam hari fasilitasnya juga sama seperti pada siang hari, dengan tambahan pengunjungbisa meneropong secara langsung ke langit dengan menggunakan teleskop Bamberg dan portable.

Harga tiket masuk serta jam kunjungan :

  • Pukul 09.00 – 15.00 WIB = Rp. 15.000,-
  • Pukul 17.00 – 20.00 WIB = Rp. 20.000,-
  • Trans Studio Bandung

objek wisata lembang

Trans Studio Bandung yang merupakan tempat wisata di bandung barat yang berlokasi di Jalan gatot Subroto 289 Bandung adalah Tempat wisata indoor kedua di Indonesia setelah Trans Studio Makassar, namun TDB lebih spektakuler dari pada yang di Makassar. Karena hal ini pula Trans Studio Bandung tidak hanya terbesar di Indonesia tapi juga terbesar di dunia. Trans Studio ini sangat cocok untuk keluarga anda, karena di tempat ini disediakan bermacam macam wahana permainan yang bisa digunakan untuk orang dewasa sampai anak – anak.

Fasilitas – fasilitas yang telah disediakan juga sangatlah lengkap, salah satunya seperti Trans Studio Mall Bandung yang merupakan pusat belanja dengan kelas internasional.

Berikut wahana menarik yang bisa anda mainkan di Trans Studio Bandung : Jelajah, MARVEL Superheroes 4D, Yamaha Racing Coaster, Giant Swing, Negeri raksasa, Special Effect Action, Indosat Vertigo galaxy, Dunia Lain, Trans science Center, Sky Pirates, Dll.

Harga tiket masuk :

  • Senin – jum’at = Rp. 170.00,-
  • Sabtu – minggu = Rp. 270.000,-
  • Kebun Binatang Bandung

tempat wisata di bandung barat

Jika anda sedang mencari tempat wisata yang murah tapi juga menyenangkan, Kebun Binatang Bandung lah jawabannya. Letaknya yang strategis yakni berdampingan dengan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) tepatnya di Jalan Kebun Binatang nomor 6 Tamansari, Bandung membuat tempat ini sering dikunjungi wisatawan di akhir pekan. Selain sebagai tempat untuk reksreasi, objek wisata alam dan binatang di Bandung ini juga merupakan pusat cagar kebudayaan, pendidikan, Iptek dan juga Cagar perlindungan dan pelestarian kekayaan alam.

Di Kebun Binatang Bandung ini  terdapat sekitar 213 jenis satwa, diantaranya 79 jenis satwa yang dilindungi dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi. Binatang di sini ada yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Dari waktu ke waktu koleksi satwa dari kebun binatang ini selalu bertambah karena berkembang biak maupun didatangakan dari daerah daerah.

Selain koleksi satwa, Kebun Binatang ini juga dilengkapi dengan taman untuk bersantai santai. Dengan banyaknya pohon yang rindag menambah kenyamanan anda setelah berkeliling di kebun binatang. Perlu diketahui juga bahwa pohon pohon tersebut juga berfungsi sebagai paru paru kota bandung.

Harga tiket masuk :

Hari biasa = Rp. 15.000;-

Hari libur = Rp. 20.000,-

Tempat Wisata Bersejarah di Lembang Bandung

Tak ada habisnya bila membicarakan obyek wisata bandung, memang kelebihan dari kota ini adalah tempat wisatanya yang menjadi surga bagi Indonesia. Pada zaman dahulu Bandung menjadi salah satu kota yang juga menumpahkan semangat kemerdekaan Indonesia, tak heran bila di Bandung terdapat beberapa wisata bersejarah yang bisa anda kunjungi seperti di bawah ini :

  • Gedung Merdeka

tempat wisata dilembang

Keindahan arsitektur gedung yang berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 56, Bandung ini menjadi salah satu keunikan sendiri yang membuat para wisatawan lokal maupun wisatawan asing tertarik untuk mengunjunginya, terlebih lagi tempatnya yang strategis yaki di Tengah Kota Bandung.

Pada mulanya gedung merdeka ini adalah sebuah kedai kopi yang digunakan untuk tempat nongkrong meneer dan noni Belanda sampai lama kelamaan gedung ini mengalami berbagai macam perombakan. Pada zaman dahulu, Gedung Merdeka juga sempat menjadi saksi sejarah kemerdekaan Indonesia mulai dari Konferensi Asia Afrika, pertemuan Konstituante RI, dan peristiwa bersejarah lain. Hingga kini, gedung merdeka ditetapkan sebagai museum Konferensi Asia Afrika.

Harga tiket masuk = Gratis (tanpa dipungut biaya)

  • Gedung Sate

tempat wisata di lembang bandung Gedung Sate

Selain tempat wisata di lembang bandung juga ada tempat wisata di jalan Asia-Afrika Bandung yang juga merupakan salah satu gedung bersejarah di Pusat Kota Bandung yang begitu popular adalah Gedung Sate, tak hanya popular di Bandung tapi juga di Indonesia bahkan sampai manca Negara.

Baca Juga  25 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Bangunan ini dinamakan Gedung Sate karena bentuk dari atap utamanya yang dirancang menyerupai bentuk sate. Bangunan ini dirancang dengan menyatukan unsur-unsur arsitektur Italia ditambah dengan arsitektur setempat, serta unsur-unsur agama Islam dan Hindu.

Gedung Sate ini juga sering dijuluki dengan “Gedung Putih” karena memang warnanya yang kebanyakan berwarna putih, dan karena hal tersebut juga yang menjadi salah satu alasan di gedung ini sering dijadikan tempat berlibur dan berfoto-foto. Gedung Sate terbuka untuk umum hanya pada akhir pekan dan hari libur nasional, dan harus melalui izin terlebih dahulu ke Bp. Wawan (staf keamanan internal Gedung Sate).

Saat itu, pemerintah Hindia Belanda menggunakan bangunan ini sebagai kantor pusat pemerintahan dan saat ini Gedung Sate merupakan kantor Gubernur Jawa Barat.

Harga tiket masuk = Gratis (tanpa dipungut biaya)

  • Pendopo Kabupaten Bandung

tempat wisata dibandung pendopo bandung

Pendopo yang berlokasi di Jalan Dalem Kaum No 1, Kelurahan Balong Gede, Kecamatan Regol Kabupaten Bandung ini memiliki nilai sejarah yang kental, dulunya Pendopo ini  merupakan tempat pemerintahan bupati. Pendopo ini dibangun pas disebelah barat alun-alun kota yang dipilih oleh sang bupati ketika itu yang didasarkan pada rancangan Gubernur Jenderal Daendels yang telah membangun jalan pos yang akan melewati kawasan yang kini menjadi pusat Kota Bandung.

Pendopo ini juga merupakan bangunan pertama yang pertama kali didirikan di Alun-alun Bandung. Sampai sekarang, pendopo ini masih dilestarikan dan tetap difungsikan yang sama yakni sebagai pusat pemerintahan Kota Bandung. Dalam perkembangannya kini, di sekitar pendopo menjadi pusat perdagangan dan rumah rumah penduduk yang sangat padat dan ramai. Berkunjung menuju ke pendopo dapat mengendarai kendaraan pribadi roda empat atau roda dua maupun dapat mengendarai kendaraan umum yang telah tersedia melewati kawasan tersebut. Sehingga jika dijadikan sebagai objek wisata akan lancar dari segi transportasi di sana juga terdapat rentetan padat pedagan pedagang yang berjualan di sekitar kawasan menuju pendopo.

Harga tiket masuk : Gratis (tanpa dipungut biaya)

Wisata Malam di bandung

Wisata malam di Bandung dapat menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang sedang liburan ke bandung, karena memiliki sensasi yang berbeda dari wisata di siang hari. Tidak hanya di siang hari, Kota Bandung juga menyajikan pemandangan yang indah pada malam hari. Tak heran jika kota Bandung menjadi tujuan wisata Favorit wisatawan di Indonesia. Berikut tempat wisata malam di Bandung yang bisa menarik perhatian anda untuk menikmati wisata malam :

  • Bukit Bintang

tempat wisata di lembang bandung bukit bintang

Tempat wisata malam di Bandung salah satunya adalah Bukit Bintang yang  berlokasi di  Jl. Bukit Pakar Timur, Ciburial, Bandung. Dari bukit ini wisatawan bisa melihat Pemandangan malam yang menyajikan sebuah rentetan lampu perkotaan yang indah dan romantis yang menyelimuti lengkungan kota Bandung. Disebut Bukit Bintang karena sinar lampu yang mememancar seperti pemandangan bintang di langit yang hanya dapat dilihat dari ketinggian bukit Dago ini. Saat lampu kota mulai menyala, saat itu juga keromantisan di tempat ini mulai tampak. jika anda mencari sebuah tempat romantis untuk berselfie dengan pasangan, tidak salah jika anda mencoba datang ke tempat wisata malam Bukit Bintang ini.

Tiket masuk Bukit Bintang = Rp. 8.000,-

Tiket Camping Ground = Rp. 18.000,-

  • Puncak Ciumbuleuit

tempat wisata di lembang bandung puncak ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit atau akrab disebut Punclut adalah sebuah kawasan di utara Kota Bandung yang sering dikunjungi masyarakat di akhir pekan atau hari libur. Mereka datang ke kawasan ini untuk jalan-jalan atau sekedar menikmati pemandangan.

Kawasan Puncak Ciumbuleuit saat ini menjadi salah satu objek wisata alam favorit di Bandung, karena dari kawasan ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam dari Bandung Utara dengan udara yang masih serta jauh dari polusi udara yang ada di daerah perkotaan. Sebagai kawasan wisata yang sedang berkembang Puncak Ciumbuleuit juga sebagai salah satu tempat wisata kuliner di bandung yang memiliki fasilitas seperti jajaran kedai dan juga pedagang kaki lima yang ada di sepanjang sisi kanan dan kiri jalan Puncak Ciumbuleuit Mereka menjual berbagai macam pernak pernik mulai dari aneka jajanan makanan sampai dengan cendera mata yang dapat dijadikan sebagai oleh – oleh khas dari Bandung.

Sedikit tips untuk anda yang akan mengunjungi tempat wisata di kota bandung ini yakni dengan datang sore hari menjelang malam, karena ini adalah waktu yang sangat tepat apabila Anda berkunjung ke Puncak Ciumbuleuit. Pemandangan indah gemerlapnya lampu di bundaran Kota Bandung dapat dinikmati dengan jelas dari Puncak Ciumbuleuit, sehingga membuat suasana romantis bagi Anda yang berkunjung bersama pasangan.

Harga tiket masuk Puncak Ciumbeleuit : Gratis (tidak dipungut biaya)

  • Caringin Tilu

tempat wisata di lembang bandung caringin tilu

Tempat wisata malam ini tak kalah eksotisnya dengan wisata malam lain, memang keberadaannya masih jarang yang mengetahui namun tak usah diragukan lagi keindahannya. Ketika tahun baru tiba, Caringin Tilu menjadi obyek wisata yang sangat cocok untuk melihat indahnya pesta kembang api dari atas gunung di sekitar Cartil ini.

Daratan tinggi ini juga memiliki keindahan alam yang sangat alami ini akan membawa anda pada rasa nyaman dan juga damai dengan melihat harmonisasi alam yang terhampar luas di depan anda. Kita juga bisa mengamati kota Bandung dengan jelas dan bagai bertaburan beribu bintang yang berasal dari ribuan cayaha lampu penduduk dan kendaraan di kota berwarna warni yang terletak di bawah daratan obyek wisata Caringin Tilu dengan begitu leluasa. Keramaian pengunjung biasanya hanya terjadi sampai jam 01.00 WIB dini hari.

Harga tiket masuk Caringin Tilu : Gratis (tanpa dipungut biaya)

Tips Berlibur di Bandung

Bandung adalah tempat yang banyak digandrungi masyarakat sebagai tujuan wisata. Selain orang-orangnya yang kreatif, Setelah lelah dari beraktivitas, akhir pekan adalah saat yang tepat untuk kita berlibur.

Kita bisa membuat liburan akhir pekan menjadi lebih bermanfaat dengan menambah wawasan tentang tempat-tempat wisata sejarah, untuk anda penghobby travelling di sini juga cukup banyak tempat wisata alamnya dan tak perlu khawatir jika ingin liburan bersama buah hati karena di sini juga banyak tempat wisata bermain. Jika anda membutuhkan tips tips agar lebih menikmati liburan anda, berikut kami bagikan beberapa tips berlibur di Bandung :

  • Pilih liburan di Bandung ketika Weekday agar tidak terlalu ramai dan anda bisa menikmati keidahannya.
  • Jalan kaki saja atau sewa motor jika ingin berkeliling Bandung agar lebih fresh dan asik.
  • Carilah penginapan dekat lokasi tujuan wisata anda agar lebih efektif dan ringkas.
  • Carilah tempat makan/restoran bernuansa pedesaan agar aroma khas dari daerah Lembang terasa nikmat saat anda menyantapnya.

Nah, demikianlah kiranya tempat wisata di Lembang Bandung dan sekitarnya yang mungkin bisa menjadi pilihan tempat wisata anda bersama keluarga mamupun. Semoga dengan informasi ini bisa menjadikan kegiatan wisata anda selama di kota yang berjuluk Paris Van Java ini menyenangkan, dan akan menjadikan Cerita Liburan di Bandung anda akan jauh lebih bermakna.