21 Pesona Wisata Di Batam Alami Paling Populer 2018

Kota Batam merupakan kota terbesar yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kota Batam mmiliki beberapa wilayah yang cukup luas yaitu terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang, Pulau Galang dan pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka. Jembatan Barelang menghubungkan Pulau Rempang, Galang, dan Batam. Menurut Catatan Sipil di Kota Batam pada tahun 2015 dan Dinas Kependudukan, jumlah penduduk Batam mencapai 1.037.187 jiwa.

Batam adalah salah satu kota yang letaknya sangat strategis. Selain memiliki jarak yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, kota ini berada di jalur pelayaran internasional yang membuat kota ini menjadi pemberhentian kapal kapal besar dari luar negara untuk bersinggah dipelabuahan kota batam ini. Sebagai salah kota yang terencana, di Indonesia Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat meliputi ekonomi, sosial, dll. Ketika dibangun oleh Otorita Batam ( saat ini bernama BP Batam ) pada tahun 1970-an, dan sekitar 6.000 penduduk yang mendiami kota ini, dalam tempo yang bisa dikatakan luar biasa yaitu 40 tahun penduduk yang berada di Batam bertumbuh hingga 158 kali lipat dari angka peduduk asli batam. Pulau Batam pertama kali dihuni oleh orang selat atau kalau sebutan sekarang bagi mereka adalah orang melayu sejak tahun 231 Masehi. Dulu pulau ini pernah menjadi medan perjuangan Laksamana Hang Nadim dalam melawan penjajah dan digunakan sebagai basis logistik minyak bumi di Pulau Sambu oleh pemerintah pada dekade 1960-an.

Tujuan Batam dijadikan sebagai dan dijuluki Singapura-nya Indonesia Pada dekade 1970-an, sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 41 tahun 1973 Pulau Batam ditetapkan sebagai Badan Otorita Batam ( BOB ) sebagai penggerak pembangunan Batam atau daerah industri lingkungan kerja dengan dukungan oleh Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam. Seiring pada dekade 1980-an perkembangan Pulau Batam sangat pesat dan kini menjadi Badan Pengusahaan (BP Batam), Kecamatan Batam merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Riau berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 tahun 1983, ditingkatkan statusn Batam menjadi Kotamadya yang memiliki tugas menjalankan administrasi pemerintahan dan kemasyarakatan serta mendudukung dalam pembangunan yang dilakukan Otorita Batam (BP Batam).

Pada dekade akhir tahun 1990-an di era reformasi, maka Kotamadya administratif Batam berubah statusnya menjadi daerah otonomi dengan Undang-Undang nomor 53 tahun 1999, Pemerintah Kota Batam untuk menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan dengan mengikutsertakan Badan Otorita Batam (BP Batam). Beragam suku dan golongan yang terdapat di Kota Batam atau juga bisa disebut dengan masyarakat heterogen. Suku Melayu, Jawa, Batak, Minangkabau, dan Tionghoa yang mendominasi di batam. Dengan menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika dan berpayungkan Budaya Melayu, kini kondusifnya penggerakan kegiatan ekonomi, sosial, politik serta budaya dalam masyarakat di Batam. Penduduk batam pada April tahun 2012 telah mencapai 1.153.860 jiwa dan batam memiliki laju pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. Dalam kurun waktu 1 tahun mulai dari 2001 hingga bulan April tahun 2012 angka pertumbuhan penduduk batam rata-rata lebih dari 8 persen per tahun.

Agama mayoritas yang dianut masyarakat di Kota Batam adalah Agama Islam, jumlah yang menganut agama islam ini lumayan banyak yaitu 71.14% dari 1.037.187 jiwa penduduk kota pada tahun 2015. Diikuti oleh penganut Kristen Protestan yang berjumlah (18.51%), Budha (6.81%), Katolik 3.32%, Hindu 0.08%, Konghucu 0.12%. Masjid Raya Batam menjadi simbol masyarakat Batam yang agamis yang terletak di tengah kota, berdekatan dengan alun-alun, kantor wali kota dan kantor DPRD. Agama Kristen Protestan dan masyarakat Batam yang berasal dari Suku Batak, Ambon , Minahasa, Flores dan Tionghoa banyak menganut agama Katolik. warga Tionghoa kebanyakan menganut Agama Buddha. Vihara terbesar di Asia Tenggara, Vihara Duta Maitreya berada Batam lho.

Bila kalian mempunyai rencana untuk berliburan ke pulau Batam kalian bisa mencoba mengunjungi beberapa Wisata Di Batam dan Tempat Tempat Wisata Batam yang mempunyai pesona, Batam menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi karena itu suatu rencana yang tepat. Selama ini Batam terkenal dengan sebutan Kota Industri dan memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, Religi maupun Kuliner yang tak kalah dengan wisata bandung, Sejarah, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Wisata Pantai Batam Terbagus

  • Pantai Nongsa

wisata di batam

Nah pada wisata kota batam kali ini Pantai Nongsa adalah yang pertama kami bahas dan pantai ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan pada akhir pekan datang. Letak destinasi Pantai ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Batam tersebut. Karena letakn dan lokasi distinasi panyai di wisata di batam ini yang tidak jauh dari pusat kota, pantai ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai dengan adanya akomodasi penginapan, resort, lapangan golf, toilet umum, taman yang hijau dan bersih yang terdapat di objek wisata di batam. Harga tiket untuk memasuki kawasan objek destinasi wisata Pantai Nongsa ini adalah Rp 5.000 per orang nya.

  • Pantai Melur

tempat wisata batam

lanjut ke Pantai yang selanjutnya yaitu Pantai Melur, destinasi ini pantai cocok untuk bermain anak anak karena terdapat banyak wahana permainan yang menarik seperti water sport, perahu, dan lain lain. Pengunjung bisa bermain air, berenang, menikmati keindahan alam sekitar, berjemur, memancing, dan lain-lain. Fasilitas yang tersedia di pantai melur ini berupa resort rumah makan dan area camping yang terdapat di dekat Pantai Melur. Harga Untuk masuk ke spot destinasi wisata ini dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per motor dan Rp 15.000 per mobil.

  • Batam City Square

wisata kota batam

Jika kalian berada di Kota Batam bisa mengunjungi Batam City Square, di sana telah menyediakan berbagai oleh-oleh, kuliner, dan berbelanja bila Kalian sedang berkunjung dan sedang berwisata di kota batam. di Batam City Square tidak hanya menjual produk propduk lokal saja, namun banyak produk luar negeri yang kualitasnya bisa dikatakan bagus dengan harga yang lumayan miring yang bisa anda temukan di Batam City Square ini. fasilitas yang terdapat di Batam City Square ini adalah wahana hiburan anak anak hingga orang dewasa, wisata belanja, rekreasi, tempat parkir, dan fasilitas umum lainnya. Harga tiket masuk kawasan Batam City Square adalah gratis / tanpa dipungut biaya.

  • Bukit Senyum

objek wisata di batam

Kota Batam terletak tidak jauh dari negara Singapura dan membuat kalian bisa melihat pemandangan pesawat yang melintas bukit bukit yang berasal dari negara Singapura. spot wisata di batam terbaik untuk melihat city lights di malam hari terdapat di Bukit Senyum sekaligus bisa melihat keindahan gemerlap cahaya lampu Kota Batam yang sangat romantis. Untuk kalian yang ingin masuk ke kawasan destinasi wisata batam ini akan dikenakan biaya Rp 5.000 per orang nya.

  • Pantai Melayu

destinasi wisata batam

dan kita lanjutin ke pantai yang memiliki pasir berwarna kecoklatan dan pasirnya sangat halus. Pantai ini kalian bisa melakukan olahraga air seperti menyelam, banana boat, naik perahu, dan lain-lain  karean memiliki karakteristik ombak yang tenang. Tempat wisata ini sudah mempunyai fasilitas yang cukup memadai, untuk masuk ke kawasan wisata ini anda akan dikenakan biayaRp 5.000 per orang nya.

  • Jembatan Barelang

objek wisata batam

Jembatan Barelang ini adalah sebuah jembatan yang menghubungkan pulau-pulau kecil di Kota Batam dan sudah menjadi salah satu ikon kota batam. Jembatan ini merupakan penghubung yang meningkatkan kemajuan industri dan ekonomi Kota Batam. Jembatan ini berdiri sejak tahun 1992 dan diresmikan oleh mantan Presiden Indonesia yaitu B.J Habibie. Anda bisa melihat pemandangan Kota Batam sambil bersantai di Jembatan Barelang ini. Untuk mengunjungi Jembatan Barelang anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

  • Pantai Marina
Baca Juga  Tempat Rekreasi di Malang Yang Sangat Populer

tempat rekreasi di batam

Pantai Marina merupakan kawasan wisata alam yang pantainya sering digunakan sebagai tempat parkir kapal feri sehingga spot nya sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto selama liburan. Pantai ini mempunyai fasilitas taman umum yang dikelola dengan baik, terdapat juga beberapa wahana permainan anak di tempat tersebut. Untuk masuk ke kawasan ini anda akan dikenakan biaya Rp 6.000,- per orangnya. Lokasi Pantai Marina ini juga cukup strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan, kuliner, ataupun penginapan.

  • Pantai Tanjung Pinggir

wisata di batam

Wisata di batam kali ini adalah pantai tanjung. Pantai ini terletak cukup jauh karena berada di ujung Kota Batam, meskipun begitu objek wisata batam ini sangat dekat sekali letaknya dengan Singapura sehingga anda bisa melihat pemandangan Singapura dari kejauhan, anda bisa melihat Marina Bay Sand, Universal Studio, dan gedung-gedung tinggi lainnya. Pantai ini mempunyai pasir dengan warna krem kecoklatan dengan panjang sekitar 250 meter. Untuk masuk ke kawasan ini anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per motor nya.

  • Queen Waterboom

tempat wisata batam

Tempat rekreasi di batam ini sangat cocok dikunjungi oleh anda dan anak-anak. Queen Waterboom menyediakan berbagai wahana air yang cukup lengkap seperti seluncuran yang tinggi, seluncuran yang pendek untuk anak-anak, kolam renang, twister slide, dan lain-lain. Harga tiket masuk Queen Waterboom adalah Rp 35.000,- pada hari biasa dan Rp 55.000,- pada akhir pekan. Fasilitas di spot wisata ini sudah cukup lengkap, terdapat area parkir yang luas, shelter, dan lain-lain.

  • Pantai Mirota

wisata kota batam

Pantai ini memiliki jenis pantai pasir putih dengan pemandangan yang sangat indah. Perairan di Pantai Mirota juga sangat jernih dan berwarna biru. Biasanya terdapat perahu-perahu kecil yang parkir di dekat pantai, pemandangan tersebut bisa anda jadikan wisata di batam sebagai spot foto menarik lho! Harga tiket untuk masuk ke kawasan Pantai Mirota ini hanya Rp 10.000,- per orang nya.

  • Pantai Sekilak

objek wisata di batam

Pantai Sekilak merupakan pantai yang mempunyai karakteristik mempunyai tebing-tebing yang cukup tinggi. Disini anda bisa naik ke atas tebing untuk menikmati pemandangan yang indah. Pantai Sekilak merupakan salah satu pantai yang selalu ramai pengunjungnya di akhir pekan, hari libur, ataupun akhir tahun. Fasilitas di tempat wisata ini sudah mencukupi, adapun harga tiket masuknya berkisar di Rp 10.000,-.

Tempat Wisata Batam Yang Eksotis

  • Pulau Abang Besar

destinasi wisata batam

Pulau Abang Besar merupakan pulau kecil yang termasuk dalam wilayah Kota Batam. Pulau ini mempunyai keindahan bawah laut yang sangat eksotis, anda bisa melakukan senorkeling sambil melihat berbagai spesies terumbu karang dan ikan yang bermacam-macam. Untuk tiba di Pulau Abang Besar, anda diharuskan untuk menyewa speedboat. Sayangnya, fasilitas di Pulau Abang Besar tidak terlalu lengkap, adapun biaya masuk ke spot wisata ini adalah gratis.

  • Masjid Agung Batam

objek wisata batam

Bagi anda yang ingin berwisata religi, anda bisa mengunjungi Masjid Agung Batam. Masjid ini memiliki bentuk yang unik yaitu seperti piramida. Masjid Agung Batam juga sering digunakan sebagai tempat singgah atau sholat para wisatawan yang datang karena bangunannya yang cukup luas. Masjid ini terletak di pusat kota dan anda hanya akan dikenakan biaya parkir ketika masuk ke masjid ini.

  • Rumah Kopi Fatmawati

tempat rekreasi di batam

Bagi anda pecinta kopi, jangan mengaku ke Batam jika belum mengunjungi Rumah Kopi Fatmawati. Salah satu tempat nongkrong ini terletak di dekat pantai. Waktu terbaik untuk mengunjungi Rumah Kopi Fatmawati adalah di malam hari, anda akan disuguhi dengan pemandangan gemerlap lampu kota dan bintang di langit. Harga menu kopi di tempat ini juga tidak terlalu mahal.

  • Ocarina Park

wisata di batam

Tempat Wisata di Batam selanjutnya adalah Ocarina Park. Ocarina Park atau Ocarina Batam Theme Park adalah taman bermain seluas 40 hektar yang berada di tepian pantai. Terletak di Jalan Bunga Raya, Sadai, Bengkong, Kep. Riau, sekitar 1 km dari Pelabuhan Batam Center. Ocarina Park memiliki sejumlah wahana-wahana yang menarik, diantaranya : Water Park, Kiddy Land, Kolam Bangau, Giant Wheel, Flying Fox, Patung Shio Tionghoa, 3D Movie Theater,Trampolin, Water Feature, Spot untuk fotografi. Tak hanya wahana permainan saja, di Ocarina Park juga sering diadakan konser-konser musik. Di sini juga terdapat Restoran yang menyajikan masakan Sea Food maupun masakan khas Batam serta terdapat Pusat Oleh-oleh dan Souvenir.

  • Pantai Tanjung Bemban

tempat wisata batam

Pantai Tanjung Bemban merupakan salah satu pantai yang berasal dari Indonesia dan keindahannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Pantai ini tepatnya berada di Kecamatan Nongsa, Bukit Besar Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. kalian kalau tidak mengetahui keberadaan pantai ini kalian juga bisa berpatokan dengan Pantai Sekilak yang letaknya tidak jauh dari pantai ini.

Seperti yang dikatakan pada paragraf di atas bahwa semakin beranjaknya hari, kondisi pantai semakin memesona siapa saja yang melihatnya. Apalagi Saat matahari tebenam dan memancarkan arna jingga yang begitu mempesona. Saat Malam hari, sering kali pantai ini dihiasi dengan langit lembayung yang sangat cantik. Bayangkan saja perpaduan pasir putih dan laut jernih berwarna biru dengan langit lembayung yang memancarkan semburat jingga. Tentu Anda sudah tidak sabar untuk segera berkunjung bukan?

Tidak banyak fasilitas yang tersedia di pantai ini, sama halnya dengan Pantai Sekilak, karena memang letaknya yang cukup jauh dari pusat kota yang kaya akan fasilitas yang siap memanjakan para wisatawan. Namun, jangan khawatir soal fasilitas dasar, seperti sinyal handphone atau tempat ibadah misalnya, Anda tetap bisa mendapatkannya di pantai ini. Harga tiket masuk ke pantai ini juga tidak mahal, hanya Rp 7.000 per orang, Anda sudah bisa menjelajahi pantai mulai dari pukul 09.00 pagi sampai dengan 19.00 malam hari. Namun, pada hari – hari tertentu, pantai ini akan tutup lebih cepat karena beberapa faktor.

Demikian cerita seputar Pantai Tanjung Bemban lengkap dengan keistimewaanya. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur dengan orang terkasih. Terletak di kawasan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Pantai Tanjung Bemban adalah salah satu tempat wisata di Batam yang cukup populer dan tak pernah sepi pengunjung. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih, air laut yang jernih dengan ombak yang cukup tenang. Deretan pohon-pohon kelapa di sekitarnya turut mempercantik tampilan pantai serta memberikan suasana yang teduh dan asri.

Lokasi pantai ini dekat dengan daratan Malaysia, maka tak heran jika Anda akan menjumpai Kapal-kapal besar yang menuju ke Malaysia maupun Singapura. Di pantai ini Anda bisa bermain air, bermain pasir, atau bersantai bersama keluarga sambil menikmati keindahan pantai. Di pantai ini juga terdapat Restoran yang menyajikan hidangan Sea Food, penjual minuman air kelapa muda, serta terdapat Masjid.

Tempat Liburan Di Batam Yang Indah

  • Kampung Vietnam

wisata kota batam

Ada sebuah bekas perkampungan di batam yang dulunya pernah dihuni oleh mayoritas Orang Vietnam Asli yang notabene adalah sebagai pengungsi dan sekarang bekas perkampungan itu dinamakan Kampung Vietnam Batam. Meskipun sekarang ini kampungnya seluas 80 hektar sudah tak berpenghuni, tapi bekas bekas peninggalan pengungsi tersebut tetap dilestarikan dan dijadikan tempat wisata. Tempatnya agak sedikit terpencil, tapi Meskipun begitu minat wisatawan yang berkunjung tak pernah berkurang. Hal ini dikarenakan wisatawan ingin tahu akan sejarah Kampung Vietnam yang pernah ditinggali oleh pengungsi Vietnam tersebut.

Baca Juga  Tempat Wisata Alam Malang Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Batam yang yang bersejarah ini adalah Kampung Vietnam. Terletak di Pulau Balang, tepatnya berada di ujung selatan Kota batam dan berjarak kurang lebih 50 km dari pusat kota. Kampung Vietnam ini adalah perkampungan yang dulu dihuni oleh mayoritas warga Vietnam, namun sekarang tak berpenghuni. Meski tak berpenghuni lagi, namun bekas peninggalan warga Vietnam tersebut tetap dilestarikan dan dijadikan tempat wisata.

Peninggalan-peninggalan warga Vietnam yang dapat Anda temui antara lain Rumah, Museum, Tempat ibadah, Penjara, Monumen Perahu, Patung Humanity, serta Makam. Tak heran jika sering sekali warga Vietnam yang mengunjungi makam keluarga mereka yang dikebumikan di sini. Letak Kampung Vietnam Batam ini tepatnya berada di ujung selatan Kota batam dan berjarak kurang lebih 50 km dari pusat kota. di Pulau Balang, Kepulauan Riau. Untuk menuju ke Kampung Vietnam ini, ada dua transportasi yang dapat digunakan, yaitu kendaraan pribadi dan Ojek. Apabila memilih untuk naik ojek, biaya yang dikeluarkan adalah sekitar 200 ribu per orang nya (Pulang Pergi).

  • Harbour Bay Batam

objek wisata di batam

Tempat Wisata di Batam yang Menarik ini adalah Harbour Bay. Harbour Bay adalah Pelabuhan yang letaknya hanya 5 menit dari pusat kota Sei Jodoh dan Nagoya. Selain berfungsi sebaga pelabuhan Internasional, Harbour Bay juga bisa menjadi tempat berwisata Anda karena di sini terdapat Harbour Bay Mall, Hotel, Cafe, Karaoke, Pub, dan Restoran. Jika Anda ingin berwisata kuliner, di sini terdapat Harbour Bay Foodcourt yang menyajikan aneka masakan Sea Food sambil ditemani pemandangan laut yang indah.

  • Nagoya City Walk

destinasi wisata batam

Terletak di Jl. Komplek Nagoya City Walk, Lubuk Baja, Kota Batam, Nagoya City Walk adalah Pusat Perbelanjaan, Rekreasi, dan Hiburan dengan konsep City Walk Mall. Di sini adalah surganya wisata belanja yang dilengkapi dengan taman-taman hijau, outlet-outlet berkelas, dan arena bermain anak-anak. Anda akan menemukan barang-barang import dengan harga yang lebih murah karena barang-barang yang masuk di Batam tak dikenakan biaya Cukai. Tak hanya menjual barang-barang rumah tangga, Fashion dan Entertainment saja, namun di Nagoya City Walk ini juga surganya wisata Kuliner.

  • Alun-Alun Engku Putri

objek wisata batam

Sudah hal lumprah bagi sebuah alun-alun apablia terletak di Pusat Kota. Begitu juga dengan alun-alun Engku Putri ini. Desain yang sangat indah, dikelilingi dengan gedung perkantoran yang menjulang tinggi serta berbagai tempat ibadah. Kuliner khas yang sangat enak, Cafe-cafe yang mewah. Dimalam hari pesona dari lampu-lampu gedung perkantoran akan semakin menambah romantis suasana. Objek wisata Alun – Alun Engku Putri ini terletak di Batam, Kepulauan Riau, Indonesia dan sekaligus dapat disebut sebagai ikon dari Batam itu sendiri karena beragam aktifitas dapat dilakukan di alun – alun ini. Mulai dari sekadar berkumpul dengan satu komunitas tertentu, bercengkrama, menikmati jajanan khas Riau, atau bahkan berolahraga ringan

Agenda liburan bersama keluarga menjadi rutinitas yang sangat ditunggu – tunggu dan paling menyenangkan tentunya. Tidak usah jauh – jauh membuat rencana perjalanan sampai ke luar negeri bila nyatanya ada banyak pilihan wisata dalam negeri yang belum dijelajahi. salah satu daerah yang memiliki banyak objek wisata menarik adalah Kepulauan Riau. Bila Anda berasal dari luar pulau, tentu pertama Anda harus menemukan cara untuk bisa sampai ke Kepulauan Riau, entah itu menggunakan jalur laut dengan tujuan pelabuhan yang ada di Riau atau dengan pesawat yang menuju bandar udara di Kepulauan Riau.

Tiba di antara salah satu dari keduanya, Anda tinggal mencari transportasi darat yang menuju ke Batam. Angkutan umum yang melayani jalur tersebut mulai beroperasi dan dapat membantu Anda mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB saja. Di luar jam tersebut, Anda harus mencari alternatif transportasi darat lainnya.

  • Hutan Wisata Mata Kucing

wisata di batam

 

ini Seperti halnya kebun binatang disini banyak sekali wisata liar , di sini juga ada kolam renang. Hal menarik lainya, kita bisa melihat berbagai spesies ikan di sini seperti Arwana Raksasa dan lainya. Liburan nan asik dan romantis pastinya akan anda dapatkan disini. Karena di lokasi ini kita juga disediakan wahana untuk menjelajah hutan, dan tentunya menjelajah bersama pasangan adalah momen paling asik bagi anda.

Hutan Wisata Mata Kucing merupakan kebun binatang yang berada di kawasan Sekupang ini menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Kebun binatang ini sangat berbeda dengan kebanyakan kebun binatang yang pernah dikunjungi oleh wisatawa karena letaknya yang cukup istimewa. Berwisata tidak harus dengan mengunjungi tempat-tempat yang mewah dan modern. Wisatawan juga bisa mengunjungi tempat-tempat yang memiliki keindahan yang masih alami. Kealamian dari tempat inilah yang menarik wisatawan untuk mengunjunginya dengan membawa rasa ingin tahu yang begitu besar.

Pesona yang dimiliki oleh Hutan Wisata Mata Kucing ini sangat berbeda dengan wisata yang lain. Hutan ini juga dikenal sebagai kebun binatang yang berada ditengah hutan atau penduduk lokal mengenalnya dengan kebun binatang mini. Kebun binatang ini menjadi sangat berbeda dengan kebun binatang biasanya, yakni letaknya yang berada ditengah hutan ditambah dengan kealamian dari hutan yang masih terjaga menjadi daya pikat untuk wisatawan. Daya pikat ini mengundang wisatawan untuk mengunjunginya dan menikmati wisata yang disediakan.

Di kebun binatang ini memiliki beberapa koleksi hewan yang bisa dilihat oleh wisatawan yang mengunjunginya. diantaranya buaya, ular, kura-kura, dengan beberapa primata. Buaya yang terdapat di kebun binatang ini merupakan buaya yang ditangkap di sungai Nongsa dengan panjang 3 meter. Spesies dari berbagai burung juga terdapat di kebun bianatang ini. Terdapat juga kolam ikan yang cukup besar yang menampung berbagai jenias ikan didalamnya. Kolam ini menjadi tempat yang paling disukai oleh wisatawan dan menjadi tujuan utama karena terdapat ikan-ikan raksasa seperti arwana gold dengan panjang 1 meter, ikan Arapaima Gigas dengan pajang 2 meter ditambah lele yang berukuran jumbo.

Wisata ini cukup memiliki fasilitas yang mendukung wisatawan saat berkunjung ke kebun binatang yang terletak di Hutan Wisata Mata Kucing. Terdapat gazebo untuk wisatawan beristirahat setelah menikmati keindahan yang tersaji di kebun binatang ini, meskipun dengan jumlah yang terbatas. Didalam kebun binatang ini juga meyediakan kolam renang untuk wisatawan yang ingin berendam dengan suasana yang berbeda dari yang lain, yakni berrendam dengan suasana ditengah hutan. Selain itu wisata di Batam ini juga terdapat flying fox dan mendaki bukit mengingat kebunbinatang ini terletak di bagian Bukit Tiban. Pastikan wisatawan berkunjung saat dijam yang ditentukan, meskipun kebun binatang ini buka setiap hari hanya saja memiliki jadwal jam yakni buka ham 08.30 pagi dan tutup saat jam menunjukan 18.00 malam. Sediakan juga uang untuk membeli tiket masuk kebun binatang, dan cukup terjangkau yakni Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.