25 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Tentang Ibu Hamil

Mengetahui makanan yang baik bagi ibu hamil dan makanan yang dilarang untuk ibu hamil rasanya menjadi suatu pengetahuan dasar yang harus diketahui. Mengingat kondisi kesehatan janin sangat tergantung dari makanan yang dikonsumsi sang ibu, seorang ibu hamil haruslah pintar dan hati hati dalam memilih makanan yang ia konsumsi. Terutama harus menghindari konsumsi makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Demi menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya ibu hamil sebaiknya menjauhi makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Kehamilan rasanya mengubah segalanya. Perubahan ini disertai juga dengan tuntutan perubahan pola makan. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil kini tidak saja mempengaruhi tubuh ibu hamil namun dapat juga mempengaruhi tubuh dan kesehatan si janin.

Saat Memasuki masa kehamilan biasanya akan membuat ibu hamil menjadi bingung dan khawatir. Tak hanya itu, mereka juga perasaan senang akan hadirnya momongan baru dalam keluarga, ibu hamil muda juga terkadang bisa jadi cemas dengan perubahan yang terjadi, yakni cemas dengan segala persiapan apa saja yang harus ibu lakukan dan bingung bagaimana cara menangani hal hal tersebut. Apalagi bila kehamilan tersebut merupakan pengalaman pertama.

Ibu hamil muda pasti akan mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya di periode trimester I. Perubahan yang akan terjadi adalah peralihan dari keadaan tidak hamil ke keadaan hamil, maka ibu hamil muda akan merasakan perubahan yang cukup drastis.Perubahan tersebut  mulai dari sensasi mual, muntah yang menjadi rutinitas sehari hari sampai rasa mudah lelah dan perubahan mood yang kerap kali sulit dihindari. Dengan semua yang terjadi, tidak berarti bahwa ibu hamil muda akan mengalami dan merasakan perubahan tersebut mengingat selalu ada variasi variasi dalam tiap individu.

Mitos (Makanan Yang Justru Baik)

Tak jarang setiap orang tua atau saudara yang pernah hamil menasehati ibu yang baru saja (pertama kali) hamil tidak boleh makan ini makan itu sebab nanti bisa ini bisa itu. Hal itu sangat dipercayai bagi kebanyakan ibu hamil mengingat baru pertama kali mengalami fase kehamilan, tentu akan sangat percaya dengan mitos tersebut. Kali ini, untuk para ibu hamil sebaiknya lebih percaya kepada medis dari pada mitos yang beredar. Berikut makanan yang justru baik menurut medis tapi tidak menurut mitos.

  • Kepiting

Kebanyakan orang jawa yang tidak membolehkan memakan makanan ini, sebab takut kalau anaknya sudah lahir akan suka menggigit. Hal itu sangat tidak benar karena pada kenyataannya kepiting  bagus untuk ibu hamil karena mengandung protein tinggi. Asal tidak berlebihan, mengkonsumsi kepiting secara berlebihan bisa menyebabkan terkena kolesterol.

  • Air Es

Banyak yang mengatakan jika meminum air bahaya es bagi ibu hamil saja bisa membuat bayi besar di dalam kandungan. Namun hal itu tidaklah benar hanya mitos saja. Meminum air es tidak ada kandungan glukosa di dalamnya sehingga bayi tidak akan gemuk.

  • Ikan Lele

makanan sehat buat ibu hamil

Menurut mitos Ikan lele merupakan salah satu Makanan yang tidak boleh untuk ibu hamil padahal sangat banya variasi masakan yang berbahan dasar ikan lele dan tentunya sangat lezat, seperti pepes lele atau pecel lele. Sangat tidak sulit menemukan makanan dengan jenis ini. Namun sayangnya, banyak orang tua yang melarang anaknya yang sedang hamil untuk memakan makanan ini dengan alasan takut jika nanti anak yang akan dilahirkannya seperti lele yang hiperaktif dan susah untuk ditenangkan. Namun hal tersebut hanyalah sebuah mitos semata. Menurut medis ikan lele sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Berikut ini kandungan gizi yang ada dalam ikan lele yang baik untuk kehamilan.

  • Omega 3

Mengkonsumsi tiga ons ikan Lele berarti kita sudah bisa mendapatkan 0,22-0,3 gram Omega 3, hampir setara dengan Omega 3 yang terkandung pada ikan laut (misal, ikan kod). Omega 3 ini sangat penting bagi tubuh terutama bagi ibu hamil untuk perkembangan tubuh janin yang dikandung.

  • Protein

Ikan lele terhitung memiliki kandungan protein sekitar 20%. Artinya, dalam 3 ons ikan lele mengandung sekitar 15,7 gram protein. Yang mana dengan jumlah tersebut artinya kita sudah bisa memenuhi sekitar 34% kebutuhan protein bagi wanita.

  • Fosfor

Ikan lele mengandung zat fosfor sekitar 168 mg/100 gram (lebih banyak dibandingkan kandungan fosfor dalam telur). Hal ini juga dibutuhkan pada perkembangan bayi dalam kandungan.

  • Sayur Krecek
Baca Juga  Menjaga Kesehatan Rambut

Makanan ini juga salah satu makanan yang menjadi mitos bagi ibu hamil karena dapat membuat anaknya nanti seperti krecek. Menyusut saat dikeringkan namun membesar ketika terkena panas. Artinya adalah bayi yang keluarnya besar akan mengecil dalam waktu kurang dari tiga bulan akibat memakan makanan ini. Mitos tersebut tidaklah benar, ibu hamil boleh memakan makanan tersebut asal tidak berlebihan.

Pantangan Makanan Berdasarkan Medis

Saat ini kita berada di zaman modern, hal itu tentu sangat berbeda dengan zaman dahulu. Dulu ibu hamil banyak mempercayai mitos mengenai makanan yang dilarang, namun seiing berjaannya zaman medis semakin berkembang dengan pesat, oleh sebab itulah tidak ada manfaatnya jika percaya pada mitos. Percayalah pada medis yang memberikan penelitian lebih nyata dibandingkan dengan mitos. Berikut ini ada daftar makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil :

  1. Sushi

Makanan yang tidak boleh untuk ibu hamil

Sushi adalah makanan mentah ala korea atauJepang yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan sushi tidak steril dan masih mengandung bibit penyakit. Jika sampai dikonsumsi, janin bisa mengalami pembengkakan cairan di saraf kepalanya. Akibatnya kepala bayi akan berukuran besar.

  1. Keju

Makanan yang tidak baik untuk ibu hamil

Kebayakan ibu hamil percaya danyakin bahwa keju sangat baik untuk kehamilan dilihat dari sisi bahan dasarnya yakni susu, namun pendapat tersebut salah  karena keju yang tidak dilakukan dipasteurisasi sangat berbahaya bagi ibu hamil. Dipasteurisasi ialah proses dimana susu yang menjadi bahan utama keju tidak dipanaskan sampai dengan suhu 60°C. Untuk membunuh bakteri pada susu, dibutuhkan prose selama 30 menit.

  1. Tapai (tape)

Larangan makanan untuk ibu hamil

Makanan yang tidak baik untuk ibu hamil lainnya adalah Tape. Tape merupakan hasil fermentasi dari singkong. Dilihat dari sisi pembuatan tape yakni menggunakan ragi, sedangkan makanan dan minuman apapun yang mengandung fermentasi tidak baik untuk ibu hamil karena mengandung bahaya alkohol saat hamil tinggi. Tentu kita semua mengetahui bahwa alkohol sangat berbahaya untuk ibu hamil.

  1. Sayur Nangka Muda

Pantangan makanan untuk ibu hamil

Makanan ini juga termasuk yang tidak boleh dikonsumsi dikarenakan mengandung banyak getah. Ini akan mengakibatkan janin dan ibu hamil mengalami gatal gatal dan plasenta bayi juga menjadi lengket. Tak sepenuhnya buruk, buah nangka untuk ibu hamil juga baik namun tidak dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Makanan Asin

Makanan maupun camilan yang asin jangan dikonsumsi karena menyebakan tekanan darah menjadi tinggi. Ibu hamil dalam proses persalinan yang memiliki tekanan darah tinggi akan sangat beresiko.

  1. Makanan yang memiliki pewarna buatan

Ibu hamil sebaiknya pintar dalam memilih makanan. Hindari memilih makanan dengan warna yang begitu mencolok karena bisa mengandung pewarna buatan atau sintetis, hal ini tentu tidak baik bagi janin karena bisa menyebabkan janin terkena kanker usus dan berbagai jenis kanker lainnya.

  1. Kacang Tanah

Sebaiknya, ibu hamil menghindari konsumsi kacang tanah pada saat hamil karena bisa menyebabkan anak lahir mengalami alergi.

  1. Makanan yang pahit

Makanan pahit seperti sayur daun pepaya, pare, daun katuk dls tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena makanan tersebut mengandung kina yakni zat yang bermanfaat bagi penyakit malaria. Namun bagi ibu hamil kina sangat membahayakan karena bisa menyebabkan rahim menyusut sehingga rentan keguguran.

  1. Lalapan Mentah

Makanan mentah memang baik karena kandungan gizinya tetap terjaga dan tidak rusak karena dimasak. Namun disamping kelebihannya ini, sayuran mentah mempunyai tingkat kerentanan bakteri yang cukup tinggi. Jika tidak dicuci bersih, bakteri yang menempel pada makanan tidak akan hilang dan justru ikut masuk kedalam tubuh kita. Jika ibu hamilmengkonsumsi makanan mentah yang biasanya dijadikan lalapan, maka sangat besar kemungkinan makanan yang tercemar tersebut ikut mencemari janin

  1. Daging Berlemak

Daging berlemak dianjurkan oleh medis untu tidak dikonsumsi ibu hamil karena bisa menimbulkan kolesterol dan gangguan kesehatan lainnya. Jika sampai ini terjadi, pada saat persalinan ibu hamil akan mengalami komplikasi.

  1. Ikan

Memang ikan sangat baik untuk kesehatan, namun di zaman modern ini banyak yang diberi zat berbahaya seperi merkuri. Zat berbahaya ini diberikan agar ikan tetap awet dan untuk menjaga kesegarannya. Beberapa contoh ikan yang tidak harus dikonsumsi adalah ikan tengiri, ikan todak, dan ikan yang penangkapannya di daerah berkadar polutannya tinggi.

  1. Kerang Mentah

Kerang atau seafood  juga menjadi Pantangan makanan untuk ibu hamil karena proses pengajiannya yakni mentahan. Kerang mentah di dalamnya mengandung virus berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan bagi ibu hamil.

  1. Daging Kambing

Jika ibu hamil mengkonsumsi makanan ini akan mengakibatkan kolesterol yang berakibat tingginya tekanan darah.

  1. Kafein
Baca Juga  Cara Diet Sehat Golongan Darah Yang Baik

makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan

Kafein yang terkandung di dalam kopi memiliki sifat stimulant dan diauretik hal tersebut dapat sangat berpengaruh pada bayi.

Stimulan dapat meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan adrenalin. Efeknya tubuh jadi terus terjaga, pembakaran dalam tubuh lebih besar sehingga ada energi yang dihasilkan karena hal tersebut ibu hamil dan Sang janin akan mengalami perubahan pola biologis. Seperti sulit tidur dan jantung berdebar-debar. Dan apabila dikonsumsi secara berlebihan, efek buruknya dapat mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur.

  1. (Mengurangi) makanan Berlemak Trans

pantangan ibu hamil

Terbentuknya minyak trans yakni dari proses pemadatan minyak nabati. Jika ibu hamil  Konsumsi lemak trans akan meningkatkan Low Density Lipoproteins (kolesterol buruk) dan menurunkan kadar High Density Lipoproteins (kolesterol baik) di dalam tubuh. Dari beberapa penelitian diketahui lemak trans ini dapat mengakibatkan janin terlahir dengan bobot kurang dan kemungkinan gugur dalam rahim.

  1. Daging Olahan

larangan ibu hamil

Daging yang sering terdapat dalam hamburger, hotdog, atau sandwich ini memiliki bakteri listeria. Bakteri ini sering ada pada makanan yang tidak dimasak sempurna atau makanan yang disimpan terlalu lama setelah dimasak dan tidak di tempat higienis. Bakteri Listeria tersebut dapat menyebabkan keguguran, infeksi bagi janin, ataupun bayi yang lahir premature.

  1. Pare

Pantangan makanan untuk ibu hamil

Pare memiliki kandungan kimia yang dapat meningkatkan kemungkinan bayi premature, keguguran bahkan jika terus menerus mengkonsumsinya dapat menyusutkan Rahim. Biji pare juga dapat menyebabkan alergi seperti ruam, gatal gatal dan kulit wajah merah.

  1. Salad Kemasan

makanan yang dilarang saat hamil

Sebenarnya ini hampir sama dengan lalapan. Namun, bisa dikatakan lebih beresiko. Lalapan biasanya disiapkan harian, sedangkan untuk salad kemasan, kita harus jeli sudah berapa lama ia disimpan. Bisa saja sudah beberapa hari di lemari pendingin atau es. Penyimpanan lebih lama akan memberikan lebih banyak waktu bagi bakteri berkembang biak.

  1. Suplemen (Tanpa arahan medis)

Ibu Hamil memang membutuhkan vitamin dan mineral namun seringkali kebutuhannya terpenuhi lewat makanan, tidak perlu tambahan supplemen. Sebaiknya mengkonsumsi suplemen juga memperhitungkan pola makan. Tak jarang juga ada supplemen yang penggunaannya tergantung dari kebutuhan ibu. Contohnya adalah vitamin A. Asupan vitamin A dalam bentuk supplemen yang berlebih malah dapat membahayakan janin.

  1. Teh Herbal

makanan pantangan ibu hamil

Pada the herbal ibu hamil bukan tidak diperbolehkan sepenuhnya, hanya saja lebih membatasi mengkonsumsinya karena masih sangat sedikit penelitian yang mencari tahu efek setiap jenis teh herbal. Maka sebaiknya dikurangi konsumsinya. Teh herbal juga cenderung mengandung kafein yang efeknya telah dijelaskan di atas tadi.

Buah Yang Tidak Selayaknya Dikonsumsi Ibu Hamil

Kita semua memang tahu bahwa buah buahan sehat bagi tubuh namun tidak untuk ibu hamil. Ada beberapa buah yang termasuk ke dalam makanan yang dilarang untuk ibu hamil ini dikarenakan buah tersebut dianggap membahayakan, berikut beberapa buah yang tidak layak untuk dikonsumsi ibu hamil :

  1. Nanas

Buah ini berbahaya untuk ibu hamil karena mengandung zat bernama bromelain yang dapat membuat leher rahim menjadi lunak sehingga tidak bisa menampung janin yang semakin lama tumbuh semakin besar hal ini berakibat terjadinya keguguran karena rusaknya leher Rahim lunak.

  1. Anggur

Buah anggur memiliki kandungan gula dalam yang mudah menjadi fermentasi, sudahb jelas dikatakan sebelumnya bahwa fermentasi sangat tidak baik dikonsumsi bagi ibu hamil karena mengandung alcohol yang bisa menyebabkan suhu di dalam rahim meningkat secara tajam, akibatnya perut menjadi panas dan janin tidak bisa bertahan.

  1. Durian

Untuk anda yang sedang hamil dan sangat menyukai buah durian lebih baik menahan sebentar dulu sampai bayinya lahir. Belum diketahui secara pasti bahwa durian dapat menyebabkan keguguran. Namun kandungan alkohol pada durian ini dikhawatirkan akan menyebabkan kontraksi yang mana akan memicu keguguran.

  1. Pepaya muda

Bagi anda yang sedang hamil, sebaiknya hindari mengkonsumsi buah papaya muda karena buah yang satu ini  dapat meningkatkan kontraksi dinding Rahim yang tidak baik untuk tumbuh kembangnya bayi dan janin.

  1. Buah Kepel

Jika dikonsumsi ibu hamil buah ini bisa mengakibatkan keputihan yang berlebihan. Oleh sebab itu jangan memperburuk kondisi ibu hamil dengan memakan buah kepel agar keputihannya tidak berlebihan.

Nah itulah makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Meski buah tersebut mengandung banyak vitamin sebaiknya ibu hamil mencari makanan selain dari daftar di atas. Masih banyak makanan yang layak dikonsumsi ibu hamil, selain itu ibu hamil juga harus menghindari berbagai Larangan makanan untuk ibu hamil.