25 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia juga memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan serta keanekaragaman budayanya yang sangat banyak. Keindahan alam indonesia tidak hanya di ketahui oleh orang indonesia saja, tapi terkenal hingga ke seluruh dunia juga. Baik keindahan lautnya maupun keindahan pengunungannya yang beraneka ragam. Banyak tempat wisata yang sangat mengagumkan di indonesia yang terkenal di dunia. Berikut tempat wisata di indonesia yang terkenal di dunia yang tak kalah dengan negara lain, di antaranya :

Tempat Wisata di Indonesia Bagian Barat

  1. Danau Toba – Sumatera Utara

tempat wisata di indonesia

Danau toba merupakan danau terbesar yang ada di asia tenggara, serta danau terluas kedua di dunia. Danau toba memiliki luas sekitar 1.145 kilometer persegi dan berkedalaman sekitar 450 meter. Di tengah danau toba ada sebuah pulau yang memiliki luas kurang lebih hampir sama dengan luas negara singapura. Wisata alam indonesia yang ini diperkirakan terbentuk karena letusan gunung api purba sekitar 75.000 tahun yang lalu, yang mengakibatkan terbentuknya danau tersebut. Danau ini memiliki suasana yang sejuk, pemandangan yang hijau, serta air danau yang berwarna biru menjadi daya tarik tersendiri dari danau toba.

  1. Gunung Kerinci – Jambi

tempat wisata di indonesia

Gunung kerinci merupakan gunung tertinggi di sumatera. Gunung ini sangat terkenal di kalangan para pendaki. Gunung tersebut berada di Provinsi jambi, berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera barat. Jarak dari kota Padang sekitar 130 km. Gunung kerinci adalah lokasi utama sentral Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan habitat hewan yang terancam punah seperti badak sumatera dan harimau sumatera. Gunung kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl, serta memiliki kawah luasnya sekitar 400 x 120 meter, yang berisikan air berwarna hijau. Dan timur Gunung kerinci terdapat danau bento yang merupakan rawa berair jernih tertinggi di sumatera.

  1. Kepulauan Krakatau – Lampung

tempat wisata terindah di indonesia

Kepulauan krakatau berada di selat sunda yang diapit oleh pulau sumatera dan pulau jawa. Secara administratif, kepulauan krakatau berada di dalam kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Kepulauan krakatau merupakan kawasan cagar alam (CA) serta cagar laut (CL). Pada tahun 1991, UNESCO mengakui kepulauan krakatau serta Taman Nasional Ujung Kulon sebagai warisan alam dunia. di kepulauan krakatau terdapat gunung yang bernama gunung krakatau yang pernah meletus pada tahun 1883 yang merupakan salah satu letusan gunung api yang paling mematikan serta paling merusak dalam sejarah. Namun, pada tahun 1927 muncul gunung api yang dikenal sebagai anak krakatau. Gunung anak krakatau menjadi daya tarik sendiri bagi para ilmuwan yang ingin melakukan pengamatan dan penelitian ilmiah serta pengunjung domestik maupun mancanegara yang ingin merasakan pasir vulkanik yang panas.

  1. Ujung Kulon – Banten

wisata di indonesia

Ujung kulon merupakan kawasan Taman Nasional yang berada di unjung barat dari pulau Jawa. Di kecamatan cimanggu dan sumur, kabupaten pandeglang, Provinsi Banten. Luas dari Taman Nasional Ujung kulon sekitar 122.956 Ha, dan 44.337 Ha serta keseluruhan luas Taman Nasional Ujung kulon sebagian besar adalah perairan. Pada Tahun 1992, UNESCO menetapkan Ujung kulon sebagai Natural World Heritage Site yang merupakan habitat bagi badak jawa yang terancam punah. Tempat wisata yang biasa dikunjungi oleh para pengunjung di ujung kulon ialah semenanjung Ujung Kulon, Gunung Honje, Pulau Panaitan, Pulau Handeleum serta pulau Peucang.

  1. Candi Borobudur – Magelang, Jawa Tengah

tempat bersejarah di indonesia

Candi Borobudur berada di kecamatan Borobudur, kabupaten magelang, Provinsi jawa barat. Candi ini di bangun oleh penganut agama buddha Mahayana sekitar tahun 800 masehi. Borobudur adalah candi Buddha yang terbesar di dunia, serta sebagai salah satu monumen Buddha yang terbesar di dunia. Tempat Bersejarah di Indonesia satu ini awalnya ditemukan pada tahun  1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles dalam keadaan tertimbun oleh abu vulkanik serta banyak di penuhi dengan semak belukar. Pemugaran serta usah rekonstruksi candi mulai dilakukan dari masa penjajahan Inggris, Belanda sampai Indonesia merdeka. Pemerintah Indonesia berusaha memperbaiki kondisi Candi Borobudur serta menerima bantuan dari Badan dunia UNESCO dan ahli sejarah budaya dari mancanegara. Setelah lebih dari 10 abad tidak terawat, candi tersebut tetap berdiri kokoh sampai sekarang. Biasanya saat Hari raya Waisak di bulan mei, saat bulan purnama atau Purnama Siddhi menjadi pusat perayaan hari raya Waisak setiap tahunnya, yang datang ada dari mancanegara seperti kamboja, Cina, Thailand, serta Tibet. kegiatan yang dilakukan adalah pelepasan lampion ke langit dengan harapan terbaik untuk satu tahun ke depannya.

  1. Gunung Bromo – Jawa Timur

tempat wisata di indonesia yang terkenal

Tempat indah di Indonesia yang satu ini berada di antara empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, serta Kabupaten Pasuruan. Gunung Bromo sangat terkenal sebagai Destinasi wisata utama Di Provinsi Jawa Timur. Bromo merupakan gunung berapi aktif di Indonesia, yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl. Gunung bromo termasuk berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di sekitar gunung bromo terdapat lautan pasir yang mengelilinginya seluas sekitar 10 kilometer persegi. Banyak para wisatawan domestik maupun turis dai mancanegara datang ke gunung bromo.

  1. Bukit Kelam – Kalimantan Barat

indonesia tempat menarik

Bukit yang memiliki berbagai  kisah misteri sampai menjadi tempat jatuhnya meteor. Bukit kelam memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl, bukit ini berada di wilayah kecamatan kelam permai, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Bukit ini ada di antara dua sungai besar yaitu sungai kapuas dan sungai melawi. Untuk pendakian mencapai puncak membutuhkan waktu 4-5 jam untuk naik serta 3-4 jam untuk menuruni bukit kelam ini.

  1. Kepulauan Seribu – DKI Jakarta

wisata alam indonesia

Kepulauan seribu telah di tetapkan sebagai Taman Nasional Laut oleh Menteri kehutanan yang di kelola oleh Balai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Departemen kehutanan. Kepulauan seribu ini mempunyai Luas Wilayah 107.489 hektare dan sekitar 44 buah pulau temasuk di dalam kawasan taman nasional. Laut yang berada di Taman nasional kepulauan seribu merupakan tempat yang cocok untuk berenang, menyelam, serta snorkling.

  1. Telaga Warna Dieng – Jawa Tengah

objek wisata di indonesia

Telaga Warna Dieng merupakan wisata di indonesia yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga tersebut adalah tempat wisata andalan di Kabupaten Wonosobo. Telaga Warna ini memiliki keunikan fenomena alam yang di miliki telaga ini, yaitu warna air dari telaga ini yang bisa berubah-ubah. Fenomena ini dapat terjadi dikarenakan air telaga yang mengandung sulfur yang tinggi, sehingga pada saat terkena sinar matahari, maka warna dari air telaga ini dapat berwarna- warni.

  1. Gunung Tangkuban Perahu – Jawa Barat

tempat indah di indonesia

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang berada di kecamatan lembang, kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Gunung ini memiliki bentuk seperti perahu yang terbalik.  “Tangkuban” (dalam bahasa sunda) yaitu terbalik. Memiliki ketinggian sekitar 2.084 mdpl. Gunung ini memiliki banyak kawah salah satunya Kawah Ratu, merupakan kawah terbesar di Tangkuban Perahu. Untuk menuju kawah-kawah lainnya (termasuk Kawah Ratu), anda dapat berjalan kaki melewati jalan setapak. Anda juga dapat menyewa kuda untuk menuju Kawah Ratu.

Baca Juga  Jelajah Pantai 3 Warna Di Malang Selatan

Tempat Wisata di Indonesia Bagian Tengah

  1. Pantai Dreamland – Bali

tempat wisata terbaik di indonesia

Jika kita mendengar kata “Bali” , yang ada di pikiran kita adalah Pantai Kuta. Tapi, ada juga pantai yang tidak kalah menariknya dengan Pantai Kuta. Yaitu Pantai Dreamland. Pantai Dreamland merupakan tempat wisata yang berada di selatan, tepatnya di daerah pecatu. Lokasinya dapat di tempuh sekitar 30 menit dari pantai Kuta Bali. Pantai Dreamland ini dikelilingi dengan tebing yang menjulang tinggi dan batu karang yang besar. Pantai ini banyak di kunjungi oleh para wisatawan domestik serta turis dari mancanegara khususnya bagi para penggemar olahraga selancar (surfing) karena ombak di pantai dreamland ini yang besar dan tinggi.

  1. Gili Trawangan – Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan pulau yang terbesar dari tiga pulau kecil atau gili yang berada di barat laut Lombok. Memiliki panjang 3 km serat lebar 2 km, Pulau ini berpenduduk sekitar 800 jiwa. Banyak aktifitas yang dapat dilakukan oleh para wisatawan serta para turis di pulau ini seperti snorkling, berselancar, bermain kayak, dan scuba diving yang sudah mendapatkan sertifikat PADI. Namun ada juga tempat untuk para wisatawan yang ingin berkuda mengelilingi pulau.

  1. Pulau Komodo – Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah salah satu pulau yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo ini terkenal sebagai habitat asli bagi hewan komodo. Pulau ini ialah kawasan Taman Nasional Komodo yang di kelola oleh pemerintah Pusat. Terletak di timur dari Pulau Sumbawa dan di pisah oleh Selat Sape. Secara administratif, Pulau Komodo ini berada di dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Serta berada di ujung barat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada Tahun 2009, Pulau Komodo ini di nobatkan sebagai “New Seven Wonders of Nature” yang baru di umumkan  tahun 2010. Taman nasional Komodo ini juga di nobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Gili Motang.

  1. Kepulauan Derawan – Kalimantan Utara

tempat wisata di indonesia yang indah

Kepulauan Derawan merupakan kepulauan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Utara. Di Kepulauan Derawan ini ada beberapa lokasi wisata yang menawan. Salah satu contohnya adalah Taman Bawah Laut yang banyak di kunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, khususnya bagi para penyelam professional dari mancanegara. Kepulauan ini sedikitnya ada empat pulau yang cukup terkenal yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki yang semuanya banyak di tinggali oleh satwa langka ialah penyu sisik dan pulau hijau. Pulau ini telah di daftarkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dari tahun 2005.

  1. Pulau Bunaken – Sulawesi Utara

tempat wisata yang ada di indonesia

Pulau Bunaken adalah salah satu tempat wisata Indonesia yang berada di Teluk Manado, tepatnya di ujung utara Pulau Sulawesi. Pulau ini masuk di dalam wilayah dari Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Di sekeliling Pulau Bunaken ada Taman Laut Bunaken yang berada di dalam Kawasan Taman Nasional Bunaken. Taman Laut Bunaken termasuk Tempat Wisata Terindah di indonesia yang mempunyai Biodversitas kelautan yang termasuk salah satu tertinggi di dunia. Taman Laut ini mempunyai 20 spot penyelaman (Dive Spot) dengan kedalaman yang bervariasi (paling dalam 1.344 meter). Di Taman Laut Bunaken ini juga terdapat Under Great Walls, yang biasanya di sebut juga Hanging Walls. Dinding karang ini menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan yang berada di perairan Pulau Bunaken.

  1. Gunung Rinjani – Nusa Tenggara Barat

tempat wisata di indonesia yang wajib dikunjungi

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Secara administratif gunung Rinjani ini ada di dalam tiga wilayah yaitu Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur. Yang berlokasi Di pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di Gunung Rinjani ini Terdapat kaldera yang memiliki luas sekitar 3.500 x 4.800 m yang bernama Segara Anak (Segara= laut). Pendakian Gunung Rinjani adalah salah satu obyek wisata andalan yang ada di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini. Banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin mencoba mendaki ke gunung Rinjani ini, Khususnya bagi para pendaki ataupun komunitas pencinta alam. Biasanya banyak kegiatan pendakian di lakukan pada saat bulan Juni sampai dengan bulan Agustus.

  1. Taman Laut Wakatobi – Sulawesi Tenggara

tempat wisata di indonesia yg wajib dikunjungi

Tempat wisata di indonesia yang satu ini menempati salah satu prioritas tertinggi untuk konservasi laut di Indonesia. Yang berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Kedalaman Laut di Taman Nasional Wakatobi ini beragam (terdalamnya mencapai 1,044 meter). Di Taman Nasional Wakatobi ini memiliki 25 gugusan terumbu karang yang membentang sepanjang 600 km garis pantai serta memiliki bermacam-macam jenis ikan sebanyak 93 jenis ikan konsumsi maupun ikan hias. Tidak hanya itu saja, Taman Nasional ini juga memiliki jenis satwa lainnya seperti Cerek Melayu, Angsa Batu Coklat, Raja Udang Erasia, dan terdapat tiga jenis penyu yang sering mendarat di pulau-pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Wakatobi ini untuk bertelur yaitu Penyu tempayang, Penyu sisik, dan Penyu lekang. Bagi wisatawan yang ingin mencoba menikmati keindahan alam bawah laut di Taman Nasional ini dapat melakukan kegiatan seperti snorkling,berenang, dan menyelam untuk menikmati keindahan terumbu karang serta berbagai macam jenis hewan laut dan juga menikmati bermacam-macam kebudayaan masyarakat setempat.

  1. Tana Toraja – Sulawesi Selatan

wisata alam

Objek wisata di Indonesia ini Berada di Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan. Yang di huni oleh Suku Toraja yang tinggal di daerah pegunungan serta mempertahankan gaya hidup dari leluhurnya dan juga seperti gaya hidup Austronesia yangn asli, mirip dengan budaya Nias. Di Tana Toraja ini terdapat beberapa tempat yang khas yaitu :

  • Buntu Kalando

Merupakan tempat peristirahatan Puan Sangalla (Raja Sangalla), serta sebagai istana tempat mengelola pemerintah kerajaan Sangalla pada waktu itu.

  • Lemo

Merupakan tempat yang sering disebut dengan rumah para arwah.

  • Kambira

Merupakan kuburan untuk bayi yang masih belum tumbuh gigi (umur 6 bulan ke bawah) yang di taruh di dalam pohon yang masih hidup telah di lubangi sebelumnya.

  • Pallawa

Tongkonan Pallawa merupakan tongkonan atau rumah adat yang berada di antara pohon-pohon bambu yang berada di puncak bukit.

Tempat Wisata di Indonesia Bagian Timur

  1. Benteng Amsterdam – Maluku Utara

pariwisata indonesia

Benteng Amsterdam merupakan benteng peninggalan dari Belanda yang berada di antara Negeri Kaitetu dan Negeri Hila, Kecematan Leihitu, Kabupaten Maluku Utara, jarak dari Kota Maluku sekitan 42 km. Benten ini juga merupakan bangunan kedua yang di bangun oleh Belanda setelah Casteel Vanveere yang merupakan bangunan pertama yang di bangun di Negeri Seith itu telah hancur. Benteng Amsterdam ini adalah salah satu Bangunan tua yang sudah berusia ratusan tahun lama serta menjadi saksi bisu dari penguasaan VOC di Ambon, Maluku. Banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke Benteng Amsterdam ini untuk mengetahui sejarahnya di masa lalu.

  1. Pulau Misool – Papua Barat
Baca Juga  Kota Malang dengan Sejuta Keindahan Air Terjun

tempat rekreasi

Pulau Misool merupakan salah satu pulau dari empat pulau besar yang berada di Kepulauan Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Luas wilayah dari Pulau Misool ini sekitar 2.000 km2 , serta daerah tertingginya mencapai 535 m. Secara administratif Pulau ini Terletak di distrik Misool, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, berbatas langsung dengan Laut Seram. Pulau ini terkenal akan keanekaragaman laut, darat, adat dan budayanya. Pulau Misool ini bisa di bilang sebagai tempat wisata terbaik di indonesia karena memiliki beragam terumbu karang yang membuat pulau ini termasuk dari daerah segitiga karang dunia dan memiliki puluhan jenis ikan hias yang ada di lautannya sekitar 75% , serta memiliki laut lepas yang luas sehingga sering menjadi jalur migrasinya hewan-hewan besar seperti ikan paus dan sebagainya dan juga ternyata Pulau Misool ini juga memiliki potensi tambang batu bara kurang lebih 7,222 juta ton. Banyak turis mancanegara yang datang kesini untuk berenang, snorkling, maupun menyelam karena ombak di Pulau Misool ini cukup tenang karena terhalang oleh pulau-pulau karang sehingga aman untuk berenang.

  1. Kepulauan Kei – Maluku

tempat rekreasi Kepulauan Kei

Kepulauan Kei ini terletak di bagian tenggara dari Kepulauan Maluku yang termasuk bagian dari Provinsi Maluku. Kepulauan ini terdiri dari beberapa pulau yaitu Kei Besar, Kei kecil, Kei Dulah, Dulah Laut, Tanimbar Kei, Tayandu, Taam, dan Kur. Kepulauan ini memiliki beragam kebudayaan serta memiliki keindahan alam yang sangat bagus, salah satunya adalah pantai Ohoidertawun. Banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang kesini untuk menikmati hamparan pasir putih yang membentang sangat luas di pinggiran pulau. Pantai Ohoidertawun ini memiliki kemiripan dengan Salar De Uyuni yang merupakan area padang garam yanng ada di negara Bolivia.

  1. Banda Neira – Maluku

tempat wisata terdekat Banda Neira

Banda Neira merupakan salah satu pulau yang berada di Kepulauan Banda serta menjadi pusat dari administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Banda Neira ini memiliki kantor pemerintahan, toko, dermaga, dan juga bandara. Sehingga akses untuk berwisata ke pulau Banda Neira cukup mudah, bisa melalui laut ataupun melalui udara. Pada masa Kolonia Belanda, Pulau ini pernah menjadi pusat perdagangan fuli dan pala dunia, di karenakan Kepulauan Banda ini merupakan satu-satunya  sumber rempah-rempah yang memiliki nilai tinggi pada pertengahan abad ke-19. Di samping memiliki sejarah yang cukup lama, pulau Banda Neira ini juga memiliki keindahan alam bawah lautnya yang sangat banyak, di bawah lautnya juga terdapat berbagai macam ikan serta bening nya air laut yang seperti kaca yang membuat mata para wisatawan akan di manjakan oleh keindahannya.

  1. Puncak Jaya/Puncak Carstenz – Papua

tempat terindah di indonesia Puncak Jaya

Puncak Jaya atau biasanya di sebut Puncak Cartenz ini merupakan salah satu puncak yang paling tinggi dari Pengunungan Jaya Wijaya yang terletak di Provinsi Papua. Puncak dari Pengunungan Jaya Wijaya ini memiliki ketinggian sekitar 4.884 serta di sekitarnya ada gletser Carstensz yang merupakan satu-satunya gletser tropika yang ada di Indonesia. Puncak Jaya ini juga adalah puncak tertinggi di Indonesia ataupun di kawasan Oceania, dan menjadi salah satu dari tujuh puncak di dunia. Puncak ini sebelumnya bernama Nemangkawi namun, namanya berubah menjadi Puncak Carstensz setelah seorang penjelajah Belanda yang bernama Jan Carstenszoon saat pertama kali melihat gletser yang ada di Puncak Pegunungan Jaya Wijaya saat cuaca sedang cerah pada tahun 1623. Merupakan tantangan tersendiri bagi para pendaki domestik maupun mancanegara untuk mendaki ke Puncak Carstensz ini.

  1. Danau Sentani – Papua

tempat wisata yang indah Danau Sentani

Danau Sentani merupakan danau yang terletak di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang mempunyai luas kurang lebih 245.000 hektar. Danau Sentani ini terbentang diantara dua wilayah yaitu Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, Provinsi Papua. Danau Sentani ini sendiri memiliki luas kurang lebih sekitar 9.300 hektar serta terletak di ketinggian 75 mdpl, yang merupakan danau terluas di papua. Danau ini terdapat 21 pulau kecil. Nama dari Danau Sentani ini pertama kali di sebut oleh seorang Pendeta Kristen yang bernama BL Bin saat melakukan misionaris di danau ini pada tahun 1898. Danau Sentani sudah dikelola sebagai tempat wisata yang berjarak 50 km dari Jayapura, serta di danau ini juga sudah banyak di temui perahu wisata untuk membawa para wisatawan mengelilingi Danau Sentani ini. Danau Sentani ini juga biasanya mengadakan Festival Danau Sentani untuk menarik para wisatawan agar berwisata ke Danau Sentani ini. Dalam Festival Danau Sentani ini di isi dengan berbagai macam hal seperti tarian perang khas papua,upacara adat salah satunya seperti penobatan Ondoafi, sajian berbagai kuliner khas papua, dan juga tarian adat di atas perahu. Tidak hanya itu saja, Danau Sentani ini juga memiliki keanekaragaman Ikan yang cukup banyak. Sekitar 30 spesies ikan air tawar dan empat di antara nya adalah ikan endemik dari Danau Sentani ialah Ikan pelangi Sentani, Ikan gabus  Sentani, Ikan pelangi merah, dan yang paling menarik adalah Hiu gergaji, dinamakan  karena memiliki moncong yang seperti gergaji. Para wisatawan dapat melakukan kegiatan menyelam, berenang, memancing, bersampan, wisata kuliner dan juga ski air.

  1. Danau Paniai – Papua

tempat liburan Danau Paniai

Dan Tempat wisata di Indonesia yang terakhir adalah Danau Paniai. Danau Paniani berada di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua. Danau ini memiliki panorama alam yang alami serta masih terawat dengan baik. Danau Paniai ini mendapat gelar sebagai danau terindah ke-157 di dunia setelah dilaksanakan nya konferensi Danau Se-Dunia pada tanggal 30 November 2007. Danau ini di temukan pertama kalioleh seorang pilot asal Belanda saat terbang melintasi pegunungan Pulau Papua. Danau ini memiliki beragam spesies ikan maupun udang, salah satunya adalha udang selingkuh yang merupakan ikan endemik papua. Terdapat banyak fasilitas di danau ini seperti guest house, hotel, restoran, dan toko cinderamata.

Nah, itulah beberapa tempat wisata yang terkenal di dunia. Indonesia tempat menarik bukan?, masih banyak lagi tempat wisata yang indah lainnya. Tempat wisata di Indonesia tidak kalah kan dengan yang di luar negeri, ayo majukan pariwisata kita. Kami ucapkan terima kasih dari kami atas partisipasi anda, semoga ini banyak membantu anda.