Bentley Continental GT Gen III : Miliki DNA Panamera, Bobot Lebih Ringan 100 kg

frankfurt-motor-show-20173031

Bentley memang tak sepopuler Mercedes-Benz, Ferrari, atau bahkan Porsche. Tapi merek asal Inggris itu terus berkomitmen berada di jalurnya, membuat mobil ekslusif dengan desain extraordinary tapi khas.

Paling baru, meluncur di Frankfurt Motor Show adalah Bentley Continental GT generasi ketiga. Perusahaan mengklaim bahwa model coupe ini menjadi grand tourer termewah yang pernah diproduksi di dunia.

Chairman dan CEO Bentley Wolfgang Düheimer, mengatakan, Continental GT adalah mobil yang memiliki desain, teknologi, dan inovasi yang luar biasa. Ketika Bentley meluncurkan Continental GT di tahun 2003, mobil ini menetapkan sebuah segmen market yang baru, yakni grand tourer modern.

”Saya meyakini bahwa kami telah mendefinisikan kembali segmen tersebut. Ini adalah sebuah kehormatan untuk mengganti sebuah mobil yang sudah 14 tahun menjadi benchmark di antara segmen grand tourer,” ucap Duheimer dalam saiaran resmi

Nilai tinggi dari detail, karya seni, dan teknologi terbaru, dipadukan bersama untuk Cotinental GT. Desain generasi ketiga ini terinspirasi dari EXP 10 Speed 6 Concept, sehingga bentuk bodi tampak lebih dinamis dan elegan. Mobil itu kini semakin panjang, lebar dan rendah.

Pada bagian luar, mobil punya pahatan garis baru yang disebut ”power line” di sepanjang bodi. Lampu depan LED Matrix, sedangkan yang belakang berbentuk elips. Lingkar roda 21 inci  dan 22 dengan dua desain berbeda. Ada 17 warna khas yang bisa dipilah untuk eksterior dan nuansa kabin. Banyak bekal, termasuk segudang fitur baru pada vers (Bentley)

Lalu di dalam, mobil ini menggunakan bahan-bahan kulit berkualitas, dipadu beberapa aksen dan kayu. Selain itu, desain dashboardmencerminkan tiga dimensi, disokong kemewahan jok yang bisa disetel hingga 20 posisi. Instrumen panel digital dengan navigasi satelit dan layar sentuh retina MMI 12,3 inci.

Baca Juga  BMW Belum Berminat Boyong X5 Hybrid ke Indonesia

Di balik kap tersimpan mesin 6.000 cc W12 TSI yang mampu menyemburkan tenaga 626 tk dan torsi puncak 900 Nm. Kecepatan maksimal diklaim tembus 333 kpj, dan melaju dari diam ke 100 kpj ditempuh dalam waktu 3,7 detik.

Mesin 12-silinder itu berkolaborasi dengan transmisi dual-clutch 8-percepatan. Sistem Active All-Wheel Drive sudah digunakan yang membuat mobil ini diklaim lebih stabil. Fitur lain termasuk adanya Bentley Dynamic Ride, mode berkendara Drive Dynamics Control, Electric Power-Assisted Steering (EPAS), Active Lane Assist, Traffic Jam Assist, Park Assist, sampai Continuous Damping Control (CDC).

Bentley menyatakan mobil ini sudah bisa dipsan, dan jadwal pengirimannya diperkirakan pada kuartal kedua tahun depan. Perusahaan juga mengkonfirmasikan bahwa tipe plug-in hybrid akan tersedia dalam waktu dekat.

Penggunaan platform Panamera memberikan pengaruh pada bobot yang lebih ringan dan juga kualitas pengendaraan yang lebih baik.

Generasi III Bentley Continental GT melakukan debut globalnya pada ajang Frankfurt Auto Show 2017 silam. Merek yang berada di bawah kepak sayap VW Group ini mengalami beberapa kemajuan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Jika sebelumnya Continental GT dibiakkan di atas platform Volkswagen Group D1 yang dipergunakan juga pada VW Phaeton dan Bentley Continental Fying Spur, maka sebagai langkah pembaruan pada generasi III, Bentley justru mengusung platform yang digunakan Porsche Panamera.

Salah satu benefit yang didapatkan adalah pengurangan bobot hampir 100 kg dan juga struktur yang lebih rigid dibandingkan dengan sebelumnya. Perubahan ini tentu akan berpengaruh pada kemampuan dan juga handling kendaraan.

Masih seperti pendahulunya, mobil ini hadir dengan penggerak empat roda, namun mesin W12 Twin Turbo bervolume 6.000 cc ini menjadi satu-satunya pilihan yang ada di dalam ruang mesinnya.

Merek asal Crewe, Inggris ini mengganti transmisi 8-percepatan otomatik dengan transmisi 8-percepatan dual clutch yang membantu mobil menyalurkan daya sebesar 635 dk. Angka 3,6 detik mampu diraih untuk kecepatan 0-100 km/jam dan memiliki kecepatan maksimal 333 km/jam. Bentley mengatakan bahwa model terbaru mereka ini akan mulai mengaspal resmi di jalanan pada tahun depan.

Baca Juga  Produksi Mobil Hybrid, Toyota Gelontorkan Rp 5 Triliun