Beragam Motif Henna Telapak Tangan Simple dan Mudah

Tahukah Anda, Apa Itu Henna?

Henna merupakan sebuah nama tumbuhan yang biasa digunakan untuk kosmetik. Henna ini bahan yang sangat aman digunakan Henna sendiri adalah seni membuat tatto dan cara pewarnaan permukaan kulit tubuh dengan menggunakan ramuan khusus herbal yang berbahan dasar tumbuhan yang kemudian diolah dalam bentuk pasta Henna. Bahan henna yang paling aman untuk digunakan adalah henna alami, karena henna alami ini tidak mengandung pewarna kimia atau bahan tambahan yang berbahaya. Banyak beragam desain yang digunakan untuk mempercantik tubuh dengan menggunakan henna, salah satu nya adalah desain henna telapak tangan simpel yang banyak digunakan saat ini.

henna telapak tangan simple

Henna bisa digunakan pada bagian kulit tubuh dengan membuat pola atau motif yang indah. Seni menghias tubuh dengan menggunakan henna ini dinamakan Mehndi. Mehndi sendiri merupakan adat dan seni kuno yang paling tua di wilayah Asia. Mehndi pun sampai sekarang masih dapat dipertahankan serta banyak orang yang menggunakan. Saat ini henna juga masih banyak peminatnnya untuk digunakan sebagai penghias dan percantik tubuh. Henna sendiri terbuat dari daun henna yang mempunyai nama latin lawsonia inermis. Tanaman jenis ini banyak sekali tumbuh di daerah panas wilayah bagian Timur Tengah, Afrika, India serta Australia.

Desain atau pola henna ini tidak bersifat permanen, warna dari henna ini dapat hilang sewaktu – waktu. Henna dianggap sebagai kosmetik yang paling tua di dunia. Henna sudah digunakan selama berabad – abad. Henna sendiri berbeda dengan tatto. Pemakaian henna akan jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan tato. Cara pemakaian henna cukup dengan kuas khusus seperti melukis atau juga dapat langsung dari tubenya, tidak perlu memakai tusukan jarum. Di sebagian besar tradisi serta kebudayaan, banyak yang mengkhususkan untuk penggunaan henna sebagai penanda seseorang perempuan telah dewasa.

Manfaat Henna

  • PERAWATAN KULIT KEPALA

Jika anda memiliki masalah ketombe serta kulit kepala yang kering, anda bisa menggunakan henna untuk perawatan alami yang bisa anda gunakan bersamaan dengan yogurt dan telur yang digunakan menjadi masker. Henna ini sangat bermanfaat menghilangkan kotombe. Selain itu henna ini mampu membuat rambut lebih sehat dan indah serta indah.

  • PEWARNA RAMBUT

Henna bisa anda digunakan sebagai pewarna rambut alami. Warna henna ini banyak yang digunakan sebagai pewarna rambut biasanya adalah warna merah. Cara penggunaan nya pun cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan henna pada rambut dan kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam dan kemudian bilas hingga bersih. Henna ini akan sangat indah jika digunakan sebagai pewarna rambut.

  • CAT KUKU

Sudah sejak lama henna banyak digunakan sebagai cat kuku. Henna juga dipercaya mampu menguatkan kuku dan melawan jamur pada kuku. Namun, sifat henna ini adalah stain, penggunaan pada kuku ini akan tidak bisa dihapus dan akan warna akan hilang ketika kuku tumbuh kembali.

  • CONDITIONER

Tak hanya digunakan sebagai pewarna rambut, henna juga dapat digunakan sebagai conditioner. Henna akan menutrisi folikel pada rambut dan dapat sekaligus membersihkan dari kotoran yang akan menjadikan rambut bersinar secara alami dan juga rambut akan lebih sehat. Namun jika anda tidak ingin mengubah warna rambut anda, anda bisa menggunakan henna netral (tanpa warna).

Macam – Macam Henna

Henna telah ada selama bertahun – tahun dan telah banyak dimanfaatkan sebagai pewarna kulit dan pewarna rambut dari sebagian banyak orang di dunia. Henna mengalami peningkatan popularitas dan sekarang ini henna menjadi pilihan bagi banyak orang untuk bahan pewarna kulit dan rambut secara alami. Berikut adalah beberapa macam – macam jenis henna.

  • HENNA HITAM

Henna hitam merupakan pacar yang telah ditambahkan pewarna hitam untuk menjadikan henna lebih berwarna gelap. Senyawa kimia yang digunakan untuk membuat henna hitam adalah Para fenilendiamin. Beberapa henna hitam sebagian bisa tidak berbahaya namun yang lain juga bisa berbahaya. Henna memang sangat aman dan alami, namun saat penambahan warna hitam akan terdapat resiko yang menbuat masalah pada kulit.

Henna hitam terbuat dari bahan PPD, bahan ini akan menyebabkan peradangan dan resiko lainnya pada kulit jika digunakan pada jangka waktu yang cukup lama. Sebaiknya jika akan menggunakan henna hitam, periksa terlebih dahulu kandungan warnanya. Beberapa henna hitam yang aman banyak menggunakan perwarna makanan yang tidak menimbulkan masalah pada bagian kulit.

  • HENNA REDISH

Henna redish atau biasa dikenal dengan sebutan produk nabati alami. Henna ini berfungsi untuk menambahkan kondisi dan tubuh untuk rambut. Henna redish ini merupakan alternatif yang aman untuk pewarna rambut berbahan kimia dan juga telah banyak digunakan selama bertahun – tahun. Henna ini juga bisa digunakan untuk menghias bagian tubuh dengan berbagai desain hiasan tangan henna simple.

Henna redish terbuat dari bahan alami henna segat, lemon, minyak kayu putih dan bahan alami lainnya yang sangat aman untuk digunakan. Henna jenis ini banyak digunakan untuk acara – acara khusus. Henna ini jika digunakan akan terlihat indah namun butuh waktu beberapa jam untuk noda kulit yang nyata. Dan jika dihapus, akan meninggalkan warna orange terang dan noda yang tertinggal pada kulit akan perlahan menggelapkan dan akan lebih berwarna coklat.

  • NETRAL HENNA

Henna netral adalah bubuk henna yang terbuat dari daun henna alami. Henna ini sangat baik untuk perawatan rambut karena henna ini dapat mencegah rambut jatuh secara alami dan dapat membuat rambut menjadi kuat. Henna netral tidak memberikan warna apapun. henna ini hanya memberi sedikit nutrisi jika digunakan untuk rambut. Henna jenis ini sangat populer dan digunakan oleh banyak orang. Jika anda memakai jenis henna ini untuk rambut maka akan menghasilkan rambut bersinar cermelang.

  • HENNA ALAM

Henna alam atau henna natural alam berasal dari tanaman privet dan sudah banyak dikenal selama bertahun – tahun. Henna ini dapat berfungsi sebagai obat dan kosmetik. Henna ini terbuat dari daun henna yang di keringkan dengan cara alami dan kemudian digiling hingga menjadikan halus. Henna ini sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan buatan ataupun bahan kimia berbahaya. Selain itu henna alami ini juga sangat baik jika digunakan untuk rambut, karena henna ini akan menjadikan rambut bersinar alami. Henna alam ini memberikan warna coklat tua. Desain henna alam ini kebanyakan adalah desain abstrak yang banyak melibattkan bentuk.

  • HENNA MEHNDI

Henna jenis ini sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat. Henna ini terbuat dari daun kering dan batang lawsonia inermis atau biasa nya orang menyebut tanaman inai. Henna mehndi banyak digunakan oleh perempuan di dunia sebagai cara untuk mengekspresika diri. Desain henna mehndi ini kebanyakan adalah motif bunga, daun, burung, dan hal lainnya yang masih berkaitan dengan festival. Jika anda menggunakan jenis henna ini sebagai pewarna rambut, henna ini akan berwarna hijau karena daun kering dari henna mehndi ini berwarna hijau. Terdapat juga berwarna merah, namun kebanyakan dari henna ini adalah berwarna hijau.

  • HERBAL HENNA
Baca Juga  Beragam Jenis Model Rambut Sebahu Untuk Wajah Bulat

Herbal henna ini terbuat dari bahan alami kualitas terbaik dan tidak mengandung bahan kimia. Henna herbal ini merupakan campuran bubuk henna alami dan beberapa tumbuh – tumbuhan alami yang cukup langka. Herbal henna ini banyak dimanfaatkan untuk bedak, dan perawatan rambut. Jika digunakan secara teratur untuk rambut akan sangat membantu untuk kekuatan rambut dan mencegah rambut rontok. Tak hanya itu, henna ini juga akan menjadikan rambut bersinar alami serta berkilau.

Beragam Motif Henna Tangan Simple dan Mudah

  • Motif henna untuk pernikahan

henna tangan simple dan mudah

Jika anda ingin menjadikan moment pernikahan anda yang paling istimewa dan berkesan, pastikan anda memakai tato henna tangan simple sebagai pelengkap pernikahan anda. Namun, walaupun penggunaan henna di saat pernikahan di Indonesia bukanlah suatu kewajiban, tetapi saat ini banyak sekali mempelai wanita yang menggunakan henna pada saat pesta pernikahan. Motif henna telapak tangan simple yang digunakan pada saat acara pernikahan dan acara lainnya pun berbeda. Motif henna yang digunakan ketika pernikahan akan lebih penuh. Tak hanya itu, henna yang digunakan untuk pernikahan juga sangat diperhatikan detailnya. Motif henna pada saat pernikahan selalu didasari dengan motif bunga. Namun, tinta henna yang digunakan untuk pernikahan masih tetap sama tidak ada perbedaan. Yang berbeda hanyalah kadar yang dimiliki henna. Semakin banyak kadar henna maka warna yang dihasilkan akan semakin mencolok.

  • Motif henna garis – garis

contoh henna tangan simple

Tak usah khawatir, Jika anda ingin menggunakan henna namun tidak pandai dalam hal menggambar. Gambar henna tangan simple diatas dapat dijadikan referensi. Anda hanya perlu memberi ukir garis – garis melengkung secara terpadu, anda juga dapat memberi aksen bunga agar lebih indah. Aplikasikan perlahan di bagian atas punggung jari tangan. Memberi henna pada bagian jari ini adalah salah satu cara paling sederhana dan cocok untuk anda tiru sebagai pemula. Dengan cara ini, anda juga tidak perlu mahir dalam hal menggambar, karena cukup dengan memberikan aksen garis – garis. Anda juga bisa menciptakan motif – motif yang unik agar tampilan henna lebih sempurna.

  • Motif henna putih

gambar henna tangan simple

Henna putih sangat populer saat kini. Banyak orang yang lebih memilih henna putih dibandingkan dengan henna warna lainnya. Henna putih ini hanya akan bertahan kurang lebih sekitar 2 – 6 jam setelah pemakaian. Karena henna putih ini terbuat dari bahan cat body painting yang akan cepat mengering dan tidak akan meninggalkan bekas. Bagi anda yang suka dengan penampilan menonjol, cara memakai henna tangan simple diatas bisa anda coba. Gambarlah motif bunga dibagian punggung tangan serta di tiga jari anda. Anda juga bisa menambahkan akses garis – garis. Gunakan secara simetris antara tangan kanan dan tangan kiri. Hal ini akan mempercantik penampilan anda jika menggunakan motif henna putih. 

  • Motif henna bunga

tato henna tangan simple

Contoh henna tangan simple salah satu nya adalah dengan motif bunga. Motif bunga merupakan salah satu yang menjadi favorit dalam henna. Motif bunga yang paling sering digunakan untuk henna adalah bunga matahari. Cara melukis henna bermotif bunga ini kebanyak diawali dengan bulatan dan kemudian dilanjutkan dengan setengah lingkaran serta ditambah dengan aksen garis – garis dan daun – daun sesuai dengan bentuk bunga yang akan dibuat. Kebanyakan motif bunga diletakkan pada pusat gambar ataupun lebih besar dibanding motif lainnya. Motif ini akan menjadi sangat indah jika ditambah dengan beragam ornamen unik lainnya. Henna motif bunga biasanya dibagi menjadi dua jenis motif yaitu bunga mekar dan bunga kuncup. Henna bermotif bunga ini secara umum merupakan perlambangan kebahagiaan di dalam perkawinan.

  • Motif henna kupu – kupu

cara memakai henna tangan simple

Motif henna kupu – kupu ini memiliki makna tersendiri. Motif kupu – kupu ini melambangkan kecantikan dan keindahan yang sering menjadi inspirasi untuk desain henna. Henna dengan motif kupu – kupu dipercaya menggambarkan sisi kewanitaan serta feminitas pada wanita. Tak hanya itu, henna motif ini juga merupakan simbol transformasi yang mengarahkan wanita ke kehidupan barunya setelah pernikahan. Motif henna kupu – kupu juga dipercaya mempelai wanita akan dapat berubah kebiasaannya ketika belum menikah. Motif henna kupu – kupu akan sangat cantik bila dikombinasikan dengan aksen garis – garis.

  • Henna motif sulur

hiasan tangan henna simple

Motif sulur diatas merupakan salah satu contoh henna telapak tangan simple. Motif ini sangat sederhana namun bisa terlihat indah. Motif ini memberikan motif melingkar di bagian tengah telapak tangan. Dengan tambahan aksen yang membuat jari tengah penuh. Motif melingkar yang terdapat di tengah telapak tangan ini terdiri dari beberapa pola kecil. Motif ini cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa membuatnya. Dinamakan motif sulur karena motifnya yang merambat. Motif merambat juga sering digunakan sebagai inspirasi bagi desain henna untuk acara – acara penting seperti pernikahan. Motif sulur atau biasa disebut dengan tanaman merambat memiliki beragam makna. Tanaman merambat dan bunga yang permai ini merupakan perlamabangan dari usia pernikahan yang panjang. Motif ini juga akan cantik bila ditambah dengan aksen titik.

  • Henna motif gelang

tutorial henna tangan simple

Henna biasanya digunakan untuk acara – acara spesial, namun saat ini henna sudah digunakan sebagai pelengkap penampilan anda. Tampil menawan tidak harus selalu menggunakan bahan mahal. Tidak juga harus menggunakan perhiasan seperti cincin atau gelang. Melukis kulit dengan menggunakan henna bisa menjadi salah satu referensi yang sangat praktis untuk anda lakuka. Anda bisa membuat ukiran henna di bagian pergelangan tangan dengan menggunakan akses garis ataupun titik. Aksen ini mudah dibuat, karena tidak harus memiliki keahlian khusus. Motif henna ini juga akan sangat indah jika di tambah dengan kombinasi lingkaran ataupun motif daun. Dengan menggunakan henna ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk bisa tampil menawan.

  • Motif henna hati

tutorial henna untuk pemula

Motif lain yang bisa anda coba adalah motif henna hati. Tak hanya banyak digunakan di punggung tangan, saat ini banyak yang sudah meggunakan di bagian telapak tangan. Henna telapak tangan simple saat ini banyak sekali peminatnya. Oleh karena itu, kepopuleran henna semakin meningkat. Banyak juga artikel yang membahas tentang tutorial henna tangan simple yang dapat anda coba. Motif bentuk hati juga merupakan salah satu yang cukup populer saat ini. Motif ini bisa sangat indah jika ditambah dengan aksen garis ata bentuk daun. Anda juga dapat menambahkan aksen bunga kecil – kecil di bagian pinggirnya.

Baca Juga  Model dan Potongan Rambut Pria Terbaru 2017
Cara Mudah Menghapus Henna

Henna yang sudah menempel pada kulit akan cukup sulit dihilangkan. Namun, henna akan bertahan pada kulit sekitar 2 – 3 minggu. Setelah itu henna atau mahndi pada kulit akan memudar dan akan menghilang secara keselurahan. Menghapus henna atau mahndi secara keseluhuran memang tidaklah mudah. Namun jika anda ingin segera menghapusnya, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakuka untuk segera memudarkan henna.

  • Pemutih

Menggunakan pemutih merupakan cara paling praktis dalam menghilangkan atau menghapus henna atau mehndi. Anda bisa menggunakan pasta gigi sebagai pemutih. Oleskan pasta gigi ini pada area yang terdapat henna. Cara ini tidak akan membuat pudar warna henna seutuhnya, namun pemakaian pasta gigi dapat mengurangi kepekatan warna yang menempel di kulit akibat henna. Namun, bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif sebaiknya berhati – hati dalam pemakaian cara ini. Karena henna menyerap ke dalam kulit bagian luar, jangan menggosok atau membersihkan dengan terlalu kencang. Hal ini akan mengakibatkan kulit iritasi.

  • Sabun

Sabun dapat sangat membantu dalam menghapus henna. Karena sabun mandi dapat membersihkan sel – sel kulit mati yang terangkat dari dalam tubuh. Cuci bagian yang terdapat henna secara berulang kali. Lebih baik anda menggunakan sabun antibakteri yang akan membuat kulit anda mengalami pengelupasan. Lakukan secara berulang kali atau secara teratur dapat mempercepat proses menghilangkan henna.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga sangat membantu dalam proses menghilangkan henna. Tak hanya itu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Cara nya sangat mudah yaitu dengan merendam kapas ke dalam minyak zaitun dan oleskan pada kulit yang terdapat henna. Diamkan sekitar kurang lebih 5 – 10 menit, kemudian gosok secara perlahan dengan menggunakan handuk atau kain yang lembut. Jangan menggunakan bahan yang kasar karena hal ini akan membuat tangan lecet dan iritasi. Anda juga bisa menambah kan campuran garam agar proses menghilangkan henna menjadi lebih cepat.

  • Kondisioner rambut

Kondisioner rambut juga bisa membantu memudarkan warna henna pada kulit anda. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan cukup menuangkan kondisioner di bagian kulit tangan yang terdapat henna. Gosok secara perlahan. Bilas dengan air bersih dan anda dapat melihat perbedaan henna yang mulai memudar. Lakukan hal ini secara teratur agar mendapatkan hasil yang anda inginkan.

  • Garam

Garam juga merupakan cara paling efektif yang dapat digunakan untuk menghilangkan warna henna. Cara nya juga cukup mudah, gunakan campuran air dan garam kemudian celupkan pada bagian tangan yang terdapat henna dan rendam sekitar kurang lebih 20 – 30 menit. Lakukan kegiatan ini secara rutin agar warna henna pada kulit cepat memudar.

  • Lotion

Lotion tak hanya bermanfaat untuk melebabkan kulit, lotion juga dapat digunakan untuk mempercepat memudarkan warna henna. Karena dapat mempercepat regenerasi kulit sehingga sel – sel kulit akan cepat digantikan dan lapisan kulit yang terdapat henna perlahan akan mari dan akan mudah dibersihkan dengan menggunakan bodyscrub. Lakukan kegiatan ini sesering mungkin, maka akan dapat mempercepat memudarkan warna henna pada kulit anda.

  • Air hangat

Air hangat juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan lebih cepat warna henna. Cara penggunaan nya juga sangat mudah, anda hanya perlu merendam bagian yang terdapat henna ke dalam air hanya dan gosok secara perlahan, jangan menggosok terlalu keras. Lakukan kegiatan ini beberapa kali, maka henna akan hilang dengan perlahan.

Tips Memilih Henna Yang Baik

Pada umumnya, henna merupakan perwarna alami yang bebas dari bahan kimia, sehingga sangat aman bila digunakan. Namun, saat ini banyak produsen yang menambahkan bahan kimia pada henna. Hal ini akan sangat beresiko buruk jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Maka dari itu anda harus mencari produk henna yang cocok baik kulit anda. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih bubuk henna.

  • Utamakan memilih bubuk henna

Pilih henna bubuk yang berkualitas. Pastikan anda memilih bubuk henna yang sudah disaring dan yang terbuat dari daun alami berkualitas. Tak hanya itu, jika anda memilih bubuk henna untuk rambut, pilihlah dari bahan alami yang berkualitas. Henna bubuk untuk rambur kebanyakan mempunyai zat warna yang sudah dicampur di dalamnya. Hal ini akan menyebabkan rambut berwarna lebih orange. Henna yang tersedia di dalam bentuk oil akan lebih beresiko buruk karena bisa dengan mudah tercampur cairan kimia berbahaya.

  • Perhatikan kandungan

Dalam memilih produk apapun, pastikan untuk membaca komposisi produk kandungan di dalamnya terlebih dahulu. Jangan hanya mementingkan keunggulan, anda juga perlu mementingkan efek samping. Pastikan kandungan yang terdapat pada henna tidak memiliki kandungan zat kimia yang berbahaya seperti phenylendiamine. Jika di dalam henna tersebut terdapat kandungan semacam itu, hensebaiknya anda tidak menggunakan henna tersebut karena akan menyebabkan bisul,kulit melepuh serta iritasi jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Perhatikan warna henna

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih henna yang baik adalah perhatikan warna. Warna henna yang asli adalah merah kecoklatan. Jika terdapat warna lain misalnya hitam, ataupun warna lainnya, henna tersebut masih mengandung zat untuk pewarna rambut. Sebaiknya jangan menggunakan produk rambut pada kulit.

  • Perhatikan jangka waktu henna mengering

Henna yang berbahan asli dan berbahan alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengering. Henna asli membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 6 – 8 jam untuk dapat mengering dengan baik. Jika anda menggunakan henna dengan waktu mengering sangat cepat sekitar 20 – 30 menit, makan henna tersebut sudah tercampur dengan bahan – bahan kimia lainnya.

  • Tes pada kulit

Tidak semua kulit akan cocok menggunakan henna. Terdapat jenis kulit yang akan mudah iritasi ataupun alergi jika terkena henna. Untuk menangani hal ini, pastikan lakukan tes terlebih dahulu. Tes sedikit henna pada kulit. Tunggu henna akan bereaksi sekitar kurang lebih 24 jam. Jika terjadi iritasi ataupun alergi dan gatal kemerahan pastikan anda tidak melanjutkan penggunaan. Dan jika setelah 24 jam tidak terjadi reaksi apapun, anda bisa melanjutkan penggunaan hennanya.

Itulah beberapa beragam motif henna telapak tangan simple yang bisa dapat anda coba lakukan di rumah. Tak perlu mahir dalam hal menggambar, anda bisa membuat henna dengan mudah dan akan menghasilkan motif henna yang menawan. Anda bisa memilih salah satu motif diatas yang anda sukai. Semoga bermanfaat.