Cara Foto Keren Menggunakan Trik Fotografer Yang Handal

Seni fotografi adalah sesuatu yang indah penuh dengan berbagai kreativitas dan temuan. Tapi sayangnya, untuk kebanyakan pemula dalam kegiatan fotografi, mereka mengenal fotografi dan ingin lebih mendalaminya dengan cara yang terburu-buru, jadi akan membuat bingung saat mendengar saran atau masukan dari teman dan merasa frustrasi ketika mereka baru saja belajar kamera dan untuk mencoba cara foto keren memfoto gambar yang ada pada media atau kamera digital yang hanya dari apa yang mereka lihat.

cara foto keren

Mempelajari fotografi seharusnya adalah perjalanan yang bisa dibilang sangat menyenangkan, dan anda cuman membutuhkan sedikit saran untuk memilih dan memulai tempat yang terbaik. Untuk memulainya adalah dengan menggunakan konsep dasar yang dipakai untuk membuat sebuah karya foto yang bagus. Pada akhir ulasan ini, anda akan siap untuk membuat langkah selanjutnya untuk seni fotografi ini, tetapi mungkin juga saja anda masih memiliki sedikit tantangan untuk harus anda lalui.

Komposisi adalah dasar untuk memulai setiap foto. Ini mencakup garis besar dan bentuk dalam sebuah foto, juga termasuk untuk menempatkan objek, binatang atau manusia (atau mungkin apa pun itu untuk subjeknya) di dalam hubungan dengan memakai unsur-unsur lain untuk tampilan. saat anda memotret sebuah foto, anda adalah penyusunnya dan juga sebagai seorang pelukis, untuk membuat sebuah desain lukisan baru. Memperhatikan bahan atau kualitas setiap foto yang anda potret dan anda akan segera melihat bagaimana peningkatan yang anda dapat signifikan pada foto hasil yang anda peroleh.

Anda harus memutuskan sebuah subjek untuk hasil setiap foto. Jika tidak ada ini, foto yang anda hasilkan tidak akan pernah terlihat hidup. Target anda adalah apa yang bisa anda berikan pada pertama kali untuk penikmat gambar anda. Target anda bisa saja besar atau kecil, sebuah taman bunga kecil yang ada kupu-kupu atau laba-labanya atau juga mungkin pantai yang sangat indah dan luas. Tidak usah memperduli apa saja target foto anda, anda harus teliti dalam memutuskannya.

tetapi, untuk belajar bagaimana cara menyusun sebuah alunan simfoni yang indah, pasti juga memerlukan begitu banyak latihan. Untuk membuat foto yang indah, anda harus terus belajar cara foto yang bagus dan menekuni seni fotografi ini. Suatu waktu nanti anda akan dengan cepat memahami apa yang ingin anda capai. Jika itu gagal, tidak menjadi sebuahmasalah karena anda hanya harus menghapus foto itu dan mengulangi memfoto lagi. selanjutnya kami memiliki beberapa tips dan cara sederhana yang sangat mudah untuk di mengerti dan di ingat bisa di memulai memfoto dengan memakai kamera apapun dan akan meningkatkan kualitas foto anda dalam beberapa yang waktu singkat, serta tidak akan ada pengetahuan teknis yang di butuhkan:

Tips Untuk Memfoto

  • SESUAIKAN DENGAN CAHAYA

Jangan pernah memotret gambar dengan posisi matahari yang berada langsung di belakang anda. Cara ini bisa dibilang sangat membosankan, cahaya nya akan nampak datar pada target atau model anda. Jika anda mengambil cara foto keren gambar dengan memakai sumber cahaya dari samping atau dari belakang subjek, anda bisa membentuk cahaya tersebut sedemikian rupa, dan juga membuat cara mengambil foto yang bagus yang terlihat lebih menarik.

  • MEMOTRET DENGAN MEMAKAI ‘PIKIRAN’

Walaupun anda tidak mengambil gambar dengan secara langsung, ambilah gambar dengan memakai pikiran anda. latihlah dengan membayangkan ekspresi-ekspresi model anda dan memperhatikan kondisi cahaya. Pikirkanlah, bagaimana cara untuk anda dapat menyusun tampilan gambar yang ada diluar sana nanti, yang membuat menarik minat anda dan juga pencahayaan jenis pencahayaan yang mungkin anda bisa pakai untuk mengambil gambar yang sangat terbaik.

Hal-Hal Yang Tidak Boleh Terlupakan Saat Akan Memotret

  • PASTIKAN BATERAI KAMERA TERISI PENUH

cara foto yang bagus

Hal cara foto keren yang satu ini memang terlihat sangat sederhana, tapi juga banyak fotografer   yang ada diseluruh dunia melakukan hal seperti ini sejak lama, yaitu pastikan mengisi daya baterai kamera anda sampai penuh, setelah pulang dari kegiatan memotret anda. Hal yang selanjutnya harus selalu diingat yaitu pastikanlah anda memasukan kembali batre ke dalam kamera setelah diisi daya batrai.

  • BAWALAH KAMERA ANDA SETIAP SAAT

cara mengambil foto yang bagus

Anda tidak akan macam macam teknik fotografi  bisa mendapatkan hasil foto yang bagus, jika anda tidak membawa kamera anda setiap saat, kamera apa pun itu untuk memotret gambar, maupun DSLR ataupun kamera smart phone, tidak ada masalah. Selama Anda mempunyai akses untuk memakai kamera, Anda bisa membuat momen-momen spontan dan unik di dalam hidup yang mungkin tak ingin anda lewatkan.

  • MENGAMBIL INSPIRASI DARI SEGALA BENTUK

Mencari cara memotret yang bagus dari berbagai informasi tentang fotografi, sebisa anda. Dari setiap sumber online maupun dari buku-buku maupun majalah. Tapi jangan pasif, mencobalah dari berbagai macam sudut yang berbeda. Lakukan apa pun yang anda suka atau tidak suka tentang itu. Lihatlah unsur teknis pada gambar dan pikirkan tentang bagaimana cara untuk membuatanya dan apa yang fotografer sedang coba untuk melakukannya. Semakin banyak ilmu yang anda peroleh, semakin akan baik pula hasil yang akan anda peroleh saat menggunakan pada foto anda sendiri.

  • BUATLAH DAFTAR GAMBAR YANG INGIN ANDA POTRET

ketika saat anda tidak bisa membawa kamera anda kemana-mana, bawalah buku note atau catatan kecil untuk menulis. Anda akan datang kembali ke tempat tersebut dan mengambil gambar. Pastikan hanya mencatat setiap detail yang penting, seperti pencahayaan, jadi anda bisa kembali dengan waktu yang sama di hari tersebut atau pada saat cuaca yang tepat.

  • PROSES PENGEDITAN JANGAN GUNAKAN WAKTU TERLALU BANYAK

Salah satu kuncinya adalah untuk mengatur kamera anda pada saat awal mengambil gambar, jadi anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk proses editing. Saat foto di-edit di dalam perangkat lunak untuk editing, sangat jarang sekali untuk terlihat lebih baik kecuali saat anda mencoba untuk memakai filter  foto yang super seni. Jika anda membutuhkan waktu yang lebih lama dari sepuluh menit waktu untuk mengedit foto anda, mungkin lebih baik anda keluar kembali dan mengambil ulang gambar  yang tersebut.

Pengambilan Gambar Dengan Proses

  • NIKMATILAH PROSES UNTUK BELAJAR

Bagian yang terbaik dari cara foto keren mempunyai hobi seperti fotografi, karna tidak akan pernah menghabiskan hal untuk selalu dipelajari. Inspirasi cara mengambil foto yang bagus dengan kamera hp yang ada pada sekitar anda. Melihat segala sesuatu dengan memakai sudut pandang fotografer dan anda akan mempunyai peluang yang tidak akan pernah anda lihat sebelumnya.

cara mengambil foto yang bagus dengan kamera hp

  • BEREKSPERIMEN DENGAN PENGATURAN KAMERA ANDA
Baca Juga  Mengenal dan Mempelajari Teknik Dasar Fotografi Untuk Pemula

Hasil pengambilan gambar dan bidikan anda mungkin lebih fleksibel dan nyata dari yang anda tahu. Bacalah petunjuk manual, untuk membantu anda mengartikan semua simbol-simbol terkecil. Ketika anda mendalaminya, cobalah bidik subjek anda dengan beberaa pengaturan untuk memprlajari efek yang anda suka. Ketika anda sedang melihat foto anda di komputer, anda dapat memeriksa data EXIF ​​(biasanya terdapat pada file properti) untuk melihat kembali  pengaturan anda gunakan.

macam macam sudut dan gambarnya

  • TUNGGULAH MOMEN YANG TEPAT DAN TETAP FOKUS PADA SUBJEK

Banyak teknik teknik fotografi fotografer amatir harus lebih mengenali subjek yang akan mereka foto, jika ingin mendapatkan hasil foto berkualitas. Anda harus terus memotret dan memotret lagi dengan menggunakan pengaturan kamera yang telah anda pilih dan anda perlu untuk terus melakukan itu sampai saat yang tepat tiba. Kenali-lah subjek anda. Yakinlah bahwa, sangat penting untuk memotret gambar lebih banyak lagi

macam macam teknik fotografi

  • MEMINTA IZIN

Saat anda sedang memotret orang, terutama saat sedang berada di negara-negara yang mempunyai berbagai bahasa dan budaya, tentu saja akan terasa sulit untuk berkomunikasi. Di bagian negara-negara tertentu, jika anda memotret seseorang yang seharusnya tidak untuk anda foto, akan memiliki akibat anda akan memperoleh dampak yang tidak baik dan sangat fatal begitu cepat,jika anda tidak berhati-hati. Jadi, untuk menghormati aturan disuatu tempat, anda harus selalu meminta izin untuk memotret orang itu.

  • PAKAILAH FLASH PADA SIANG HARI

Mungkin anda bisa berpikir bahwa memakai Flash hanya untuk waktu malam hari saja atau saat di dalam ruangan saja, sebenarnya itu tidak benar. Jika hari sangatlah cerah di luar sana dan matahari menciptakan bayangan yang terang pada model atau subjek anda, pakailah flash anda. Flash bisa memberi cahaya tambahan untuk subjek, anda bisa menutupi bayangan  silau tadi dan membuat pencahayaan yang lebih baik.

cara memotret yang bagus

  • BELILAH BUKU-BUKU UNTUK MENAMBAH ILMU FOTOGRAFI

Mempunyai peralatan kamera yang cukup mahal, tidak selalu akan mendapat hasil foto yang memuaskan atau yang terbaik. Sangat banyak hasil potret gambar yang memang benar-benar membuat takjub diambil dengan memakai kamera ponsel. Untuk gantinya, milikilah sepuluh lensa yang berbeda beda, kemudian belajarlah dari buku-buku fotografi yang bisa bermanfaat. Dengan melihat hasil dari karya para master dalam fotografi yang ada di dalam buku-buku tersebut, anda tidak hanya bisa dapat inspirasi, tapi juga bisa memperoleh ide-ide yang cemerlang untuk meningkatkan kualitas foto hasil karya anda sendiri.

teknik teknik fotografi

Hal Yang Perlu Anda Pahami Sebelum Memotret
  • BACA PETUNJUK PENGGUNAAN PADA KAMERA ANDA

Cara yang terbaik untuk dapat mengetahui bagaimana cara memakai kamera anda, yaitu dengan cara membaca petunjuk untuk penggunaannya. Begitu juga tidak sedikit orang yang melewatkan untuk langkah ini, yang memang sebenarnya benar-benar sangat penting dalam perjalanan fotografi mereka. Setiap kamera mempunyai perbedaan, jadi dengan cara membaca secara manual, anda akan dapat memahami hal-hal yang menarik yang ada pada kamera tersebut

cara foto keren

  • JANGAN TERBURU-BURU SAAT MEMOTRET

Perhatikan sebentar apa yang terlihat di dalam View finder sebelum itu anda dapat memencet tombol Shutter, gambar apa yang bisa untuk anda bidik? Bagaimana cara dengan pencahayaannya? jangan langsung melangkah dengan tahap selanjutnya sebelum anda berpikir baik-baik terlebih dahulu “Brad Marsellos”.

cara foto yang bagus

  • PEKALAH TERHADAP SUBJEK ANDA

Perasaan peka memanglah sangat diperlukan dalam dunia fotografi, maksud dari bagian ini adalah untuk membuat kontak mata, bergabung di dalamnya dan akan lebih memperhatikan model anda. Dengan mata anda memakai kamera, akan membuat kesan yang semakin hidup. Tuntunlah kamera untuk menciptakan bidikan yang sangat tepat. Tapi yang harus anda ingat untuk membuat hal tersebut, seperti sama halnya anda memerlukan udara, anda juga harus lebih peka pada model anda. Jangan memperlakukannya seolah olah seperti percobaan ilmiah dengan memakai mikroskop. Bekerja samalah bersama model anda, hargai mereka dan berikan mereka penghargaan, tingkatkan lagi hasil potret foto anda dan kekuatan dinamika di dalamnya lalu lihatlah hasilnya. Anda akan mendapatkan hasil gambar yang jauh lebih indah  dan lebih banyak lagi dengan cara ini

  • PEMBINGKAIAN/FRAMING

Hal yang satu ini juga biasa disebut dengan sebutan Point of Interest, yaitu saat anda dapat menempatkan subjek utama anda di dalam foto dengan sedemikian rupa, jadi dapat dikelilingi dengan elemen lainnya di dalam foto. Teknik ini bisa anda pakai saat anda ingin membuat foto anda sebagai bahan perhatian. Dengan framing yang ada pada tampilan atau subjek, anda bisa membuat lewat pementasan atau pertunjukan, anda akan membawa perhatian pemirsa ke titik fokus utama dalam hasil foto framing anda.

cara mengambil foto yang bagus

  • LATIHAN MEMOTRET SETIAP HARI

Cara yang terbaik kali ini untuk dapat lebih mengasah kemampuan anda, yaitu dengan berlatih. Ada banyak sekali cara. Memotretlah sebanyak yang anda mampu hasilkan, tidak usah peduli apa pun itu. Untuk menghabiskan waktu yang berjam-jam di belakang kamera anda. untuk keterampilan teknis anda tingkatkan dari waktu ke waktu, anda bisa memanfaatkan kemampuan anda, untuk menceritakan kisah-kisah dan lainnya juga. Tidak usah khawatir dengan berlebihan tentang bagaimana cara memotret dari awal. Percobaan yang dengan gaya anda ‘disuarakan’ tepat waktu, akan terlihat lebih otentik.

  • MENGAMBIL GAMBAR SECARA DEKAT

Seorang fotografer terkenal, bernama Robert Capa pernah berkata “Jika foto anda tidak cukup baik, berarti anda tidak cukup dekat saat membidiknya” ia menjelaskan tentang bagaimana cara macam macam sudut dan gambarnya melakukan pendekatan dalam tindakan saat pengambilan gambar. Jika anda merasa gambar yang diambil tidak ‘jelas’, maka anda lebih mendekatlah lagi selangkah atau dua langkah lebih dekat dengan subjek yang akan anda potret. Isilah tampilan dengan subjek anda dan lihat berapa banyak hasil foto anda yang lebih baik tanpa banyaknya ruang yang terbuang. Semakin dekat anda dengan subyek, semakin jelas juga anda dapat melihat ekspresi wajahnya.

macam macam sudut dan gambarnya

  • PILIH POHON – JANGAN FOTO HUTAN SELURUH.

Ini sifat manusia. Kami dikelilingi oleh pemandangan yang menakjubkan, dan kami ingin menangkap semuanya dalam satu gambar. Namun, beberapa fotografi saya yang paling underwhelming berasal dari tempat yang paling indah. Tempat-tempat yang luar biasa ini membuat semua semakin sulit untuk mengakui bahwa apa yang terlihat baik secara pribadi tidak terlihat bagus dalam sebuah foto. Dalam kebanyakan kasus, kesulitannya terletak pada pengurangan. Ada perasaan bahwa kita tidak akan menyampaikan keindahan penuh saat ini jika kita tidak bisa memasukkan semuanya ke dalam satu foto.

Tapi kita tidak melihat foto seperti kita melihat ke luar pedesaan sunset. Sebagai fotografer, Anda perlu membuat keputusan tentang apa yang penting untuk dipusatkan. Kita perlu memilih pohon di hutan, dan menceritakan kisah tentang hutan dari pohon itu. Mengambil foto membutuhkan pengurangan yang disengaja. Secara pribadi, ini sering kali perendaman 360 ° yang memberikan keindahan pemandangan – namun kita tidak bisa melewati perspektif ini melalui foto. Kita harus mengakui bahwa kita hanya bisa mengambil bagian kecil dari lingkungan kita bersama kita. Bagi saya, saya jauh lebih efektif ketika saya mempersembahkan porsi kecil itu untuk menangkap adegan yang lebih kecil, daripada menjadi semua termasuk.

Baca Juga  Sangat Mengagumkan, Hasil Fotografer Terkeren Di Tahun 2018

cara mengambil foto yang bagus dengan kamera hp

  • DAPATKAN DEKAT DAN PILIH SISI.

Terkadang saya akan menemukan sebuah buku dengan gagasan yang benar-benar menarik yang telah disusun sedemikian rupa sehingga saya tidak dapat membuat kepala dan ekor dari apa yang penulis dapatkan. Kontennya mungkin baik-baik saja, tapi saya terbebani dan merasa tidak nyaman. Ini biasanya hasil dari penulis kurang baik (a) fokus yang jelas, atau (b) tatanan alami untuk mempresentasikan pemikiran mereka. Foto tidak berbeda – mereka butuh fokus dan mengalir. Semakin dekat dan memindahkan subjek ke sisi memaksa Anda membuat keputusan yang disengaja tentang fokus dan pembingkaian Anda. Ini memaksa Anda untuk memutuskan cerita apa yang ingin Anda sampaikan dengan foto itu. Dengan semakin dekat, kita membuat subjek foto kita menonjol.

Subjek tidak hanya mengambil lebih banyak gambar, tapi latar belakang menjadi tidak fokus. Latar belakangnya tidak hilang – kehadirannya masih terasa – namun tidak ada lagi perkelahian untuk mendapat perhatian. Dengan memindahkan subjek foto kita ke samping, kita menciptakan aliran alami ke seluruh gambar. Tidak ada kegelisahan di mana kita harus melihat. Tidak ada perasaan mata kita yang melompati gambar itu. Tidak ada rasa terbebani, khawatir bahwa kita melewatkan sesuatu. Di bawah ini ada dua contohnya. Dalam foto 2 dimensi, kita kehilangan jarak pandang dan konteks alami kita. Gambar “sebelum” menciptakan rasa tidak nyaman. Hal ini teratasi dengan bergerak mendekat dan meletakkan subjek foto di samping. Catatan: Saat memotret orang, ini terkadang membutuhkan penutupan yang hampir tidak nyaman. Hal ini terutama terjadi ketika menggunakan kamera telepon, yang umumnya memiliki lensa wide-angle. Sebagai aturan praktis, cukup dekat sehingga latar belakang tidak fokus.

Pengeditan Foto Hasil Potret
  • JADIKAN PENGEDITAN FOTO ANDA CUKUP MENYENANGKAN SEHINGGA ANDA BENAR BENAR AKAN MELAKUKANNYA.

Bukan rahasia lagi bahwa mengedit foto bisa membuat perbedaan besar pada hasil akhirnya. Meski begitu, penghinaanku pada Photoshop membuatku sampai pada titik di mana aku mulai melewatkan pengeditan semuanya. Lightroom untuk desktop menawarkan alternatif yang lebih mudah diatur, namun tetap memerlukan sedikit waktu yang dipersembahkan untuk duduk dan mengerjakan foto (dan harganya mahal sekali). Beruntung bagi saya dan pembakar Photoshop lainnya, pengeditan foto menjadi sama kuatnya dengan ponsel. Sekarang saya melakukan 95% pengeditan foto saya di telepon saya – dan saya menyukainya. Jika Anda menggunakan iOS, periksa Mextures. Jika Anda memiliki Android, coba Snapseed. Anda akan takjub apa yang dapat Anda lakukan dalam waktu 5 menit setelah membuka aplikasi. Edit secara agresif.

cara memotret yang bagus

Secara pribadi, saya harus melupakan beberapa perasaan bersalah karena mengedit foto. Ada beberapa perasaan bahwa saya menggunakan kebebasan artistik dan secara artifisial menggembar-gemborkan beberapa fotografi rata-rata agar terlihat seperti saya bisa mengambil foto yang layak. Terkadang saya masih harus mengingatkan diri sendiri bahwa saya sedang mengedit foto untuk kesenangan – bukan rekaman keamanan doktor. Kamera tidak dapat menangkap rentang dinamis yang dapat dilihat oleh mata manusia. Ini menghasilkan foto yang tampak kusam dan underwhelming dibandingkan dengan apa yang kita lihat dengan mata kita. Sentuhan editan biasanya diperlukan untuk membuat gambar yang lebih realistis. Dengan selangkah lebih maju, memungkinkan kita menambahkan sentuhan cara foto keren artistik dan mengubah gambar menjadi foto.

  • TERINSPIRASI

Saya benar-benar terpesona setiap kali melihat foto-foto di Unsplash. Ada ribuan orang yang memotret yang akan membuatku malu setiap saat – dan ini sungguh luar biasa. Saya memiliki begitu banyak ruang untuk tumbuh sebagai fotografer dan inspirasi inspirasi yang terus-menerus. Saya memusatkan perhatian pada dua atau tiga fotografer yang karyanya saya suka, dan mencoba untuk benar-benar mengerti mengapa saya menyukai pekerjaan mereka. Saya akan jelaskan ini dengan dua contoh. Pertama, saya ingin memunculkan Laurent Dequick, seorang fotografer Prancis yang karyanya pertama kali saya lihat di galeri Kuning Korner yang populer di Paris. Salah satu gambarannya secara khusus sepertinya menarik perhatian semua orang (di bawah).

teknik teknik fotografi

Gambarannya adalah gabungan dari banyak foto yang berbeda, disalut untuk menciptakan nuansa yang unik. Ada banyak hal yang perlu dicintai tentang karya Laurent, tapi bagiku, ini kontras tinggi dengan warna merah dan biru tebal. Foto saya di bawah ini adalah akibat langsung dari inspirasi Dequick. Bulan yang lalu, saya menemukan fotografi urban Mike Poggiol di Instagram. Saya tidak pernah terlalu tertarik dengan fotografi urban, namun gambar-gambar yang kuat dan oranye menyoroti foto-fotonya menciptakan perasaan surealis yang saya anggap sangat menarik. Di bawah ke kiri ada contoh karya Mike. Di sebelah kanan ada beberapa fotografi saya, yang diambil dari gayanya. Saya sangat merekomendasikan Mencuri Seperti Artis oleh Austin Kleon.

cara foto keren

Buku ini tentang menemukan sesuatu yang Anda sukai dan menambahkan diri Anda pada hal itu. Baris favorit saya dari Austin Ciptakan kesenangan, bukan kesempurnaan. Gambar menangkap rekreasi sempurna piksel sesaat. Foto tidak seharusnya menjadi penggambaran sempurna dari apapun. Mereka ada untuk kesenangan. Setidaknya ada satu hal yang mengganggu saya tentang setiap foto saya. Beberapa di antaranya lebih jelas daripada yang lain, tapi saya berhenti membiarkan hal-hal kecil menahan saya untuk tidak menikmati foto itu secara keseluruhan. Hal ini sangat penting saat mengedit foto. Sangat mudah dikonsumsi dalam mengutak-atik detail terbaik, dan mengubahnya menjadi tugas bukan hobi. Aku punya satu aturan sederhana untuk diriku sendiri: saat aku tidak lagi menikmati diriku sendiri – aku berhenti.

  • BAGIKAN

Bukan rahasia lagi: orang suka melihat foto. Mari kita lihat apa yang telah Anda buat cara foto keren. Lihat pekerjaan saya di Instagram atau ikuti saya di Medium untuk lebih banyak menulis tentang fotografi dan pemula. Saya juga punya pilihan foto yang tersedia berkualitas tinggi.Dan jika Anda mencari panduan yang lebih terperinci dan teknis, kedua buku ini sangat berharga bagi saya: Memahami Paparan oleh Bryan Peterson: Pengenalan fotografi terbaik untuk semua kamera. Deskripsi intuitif aperture, kecepatan rana, ISO, dan focal length, dan bagaimana cara membuatnya bekerja untuk Anda. Ini adalah tempat awal yang bagus. Picture Perfect Practice oleh Roberto Valenzuela: Inilah saran terbaik yang pernah saya temukan untuk membuat foto yang menarik perhatian orang. Roberto adalah fotografer pernikahan, namun tekniknya berlaku untuk semua jenis fotografi.