Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Alami Dan Cepat

Apa Itu Jerawat?

Jerawat adalah ketika pori pori di kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak, hal tersebut akan mengakibatkan terbentuknya kantong kantong yang di dalamnya terdapat nanah, yang selanjutnya akan meradang dan terlihat merah. Jerawat ini sangat rentan kepada orang yang memiliki kulit wajah berminyak, karena minyak yang terlalu banyak akan menyumbat pada pori pori serta tercampur dengan debu dan kotoran. Umumnya jerawat timbul pada anak anak remaja yang memasuki masa pubertas baik perempuan maupun laki laki, namun tak bisa dipungkiri juga kalau orang dewasa sampai orang tua juga bisa memiliki jerawat. Jerawat pada laki laki biasanya lebih lama dan lebih parah dibandingkan pada perempuan. Namun anda tak perlu khawatir karena telah terdapat cara menghilangkan jerawat dengan alami yang dijamin hasilnya ampuh.

Faktor Yang menyebabkan Munculnya Jerawat

Munculnya jerawat didasari pada 2 jenis faktor yang sangat jelas, yakni faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yakni penyebab munculnya jerawat dari luar tubuh, sedangkan faktor intenal yakni penyebab munculnya jerawat dari dalam tubuh. Berikut penjelasan lengkpanya :

Faktor Eksternal (dari luar)

  1. Penggunaan Make Up Wajah

Make up dikatakan sebagai salah satu faktor yang mendorong munculnya jerawat karena mengandung minyak yang dapat menyumbat pori pori. Sebaiknya setelah memakai make up, langsung bersihkan wajah anda sampai sisa make up benar benar bersih.

  1. Stres Atau Terlalu Banyak Fikiran

Jika anda sering stress dan terlalu banyak fikiran, ini juga merupakan faktor yang menyebabkan munculnya jerawat karena otomatis kondisi akan hormon dan pola makan menjadi tidak stabil yang menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Makanan

Jika lapar telah melanda, makanan apa saja pasti akan dimakan. Namun sekarang anda harus lebih berhati – hati karena beberapa makanan ada yang menyebabkan munculnya jerawat seperti makanan gorengan (makanan berminyak) dan makanan pedas pedas. Jadi sebaiknya hindarilah makanan makanan berbau bau minyak dan pedas.

Faktor Internal (dari dalam)

  1. Hormon

Faktor pertama yang berperan sangat besar dalam timbulnya jerawat yakni hormone karena faktor ini dapat menyebabkan tingginya produksi minyak pada kulit wajah baik pada pria maupun wanita.

  1. Genetik

Faktor genetic yakni faktor keturunan yang juga bisa menyebbabkan munculnya jerawat. Faktor ini jelas keturunan dari orang tua, jika dulunya orang tua berjerawat, anaknya juga akan mengikuti.

  1. Susunan kulit

Susunan kulit menjadi salah satu menyebab menculnya jerawat terutama kulit yang berminyak karena tipe kulit ini adalah yang paling banyak menghasilkan minyak yang akan berpengaruh pada munculnya jerawat.

Jenis Jenis Jerawat Yang Harus Anda Ketahui

Jerawat Normal

9 dari 10 orang pasti pernah berjerawat, salah satu jerawat yang banyak diderita yakni jenis jerawat normal. Jerawat ini ditandai dengan bentuknya yang kecil dan berwarna putih kemerahan. Penyebabnya adalah karena tersumbatnya pori pori serta terjadinya infeksi bakteri propionibacterium acne yang tumbuh pada tempat di mana adanya produksi asam lemak.

Jerawat Batu

Dilihat dari jenisnya jerawat ini pasti memiliki ukuran yang tak sama seperti jerawat normal yakni lebih besar. Jika tak segera diobati jerawat ini akan meninggalkan bekas jerawat yang tak mudah untuk dihilangkan.

Jerawat Folikulitis

Adalah jenis jerawat yang jarang ditemukan, biasanya jerawat ini muncul karena adanya efek samping dari obat obatan.

Jerawat Juvenil

jerawat juvenile umumnya diderita pada saat masa pubertas sekitar umur 13 – 19 tahun. Salah satu penyebabnya yakni faktor hormone yang masih belum bisa stabil.  Bahan nahan alami sangat baik untuk anda jika ingin mengobati jerawat juvenile ini.

Jerawat Nitrosica

Jika jerawat ini tidak diobati lebih cepat akan menyebabkan bekas jerawat seperti lubang lubang pada kulit wajah.

Acne Conglobata

Merupakan jerawat yang dapat mengakibatkan luka luka di kulit wajah, tak hanya di wajah tapi juga bisa menyerang tubuh. Jerawat Conglobata ini sering terjadi para pria.

 Bagaimana Merawat Kulit Yang Berjerawat Sebelum Tidur?

Jika memiliki kulit berjerawat jangan segan segan untuk merawatnya karena hal tersebut bisa mengurangi bahkan menghilangkan jerawat. Salah satu merawat kulit yang berjerawat yakni sebelum tidur karena pada waktu malam adalah waktu terbaik untuk kulit anda beraktivitas. Berikut tips merawat Kulit Yang Berjerawat Sebelum Tidur :

  1. Cuci Muka

Cuci muka adalah hal yang harus dan wajib dilakukan sebelum tidur untuk kulit wajah berjerawat karena debu dan kotoran yang menempel akan ikut larut pada air. Sebelum cuci muka pastikan tangan anda telah dicuci terlebih dahulu untuk mematikan kotoran.

  1. Minum Air Putih

Walaupun terlihat sepele, air putih sangat ampuh untuk perawatan kulit yang berjerawat. Minumlah air putih sebelum tidur karena secara otomatis akan memenuhi kebutuhan mineral anda dalam tubuh yang membuat jerawat bisa hilang.

  1. Penggunan Toner

Setelah cuci muka, usahakan memakai toner untuk membersihkan wajah da sebagai pendingin juga karena toner dapat membantu menutupnya pori pori dan menyegarkan wajah.

  1. Oleskan Masker Wajah

Masker memang sangat bermanfaat bagi kulit wajah terutama masker alami atau tradisional. Tak hanya berkhasiat mencerahkan atau memutihkan wajah tapi juga dapat merawat kulit berjerawat.

 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Cepat

Yang dimaksud bahan alami di sini yakni buah dan sayur yang akan disulap menjadi masker wajah, bahan bahan yang biasa dikonsumsi ini sangat sulit dipercaya dapat menghilangkan jerawat tetapi hal tersebut sekarang tak pernah terfikir lagi karena memang sudah terbukti dapat  untuk menghilangkan jerawat. Jika anda merawatnya secara rutin dengan bahan alami atau tradisional diyakini dapat menghilangkan jerawat yang tentunya tidak menimbulkan efek samping karena buah dan sayur di dalamnya memiliki bermacam macam kandungan yang penting untuk kesehatan tubuh seperti antioksidan, vitamin dan mineral. Dan pastinya juga tidak terlalu menguras kantong anda. Jika anda melakukannya secara rutin dan terus menerus, dijamin jerawat anda akan bekurang dan bahkan bersih. Berikut Tips Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami (tradisional) :

Buah Alpukat

cara menghilangkan jerawat dengan alami

Buah yang satu ini selain diambil sari buahnya untuk dikonsumsi juga bisa untuk menghilangkan jerawat. Berikut cara membuatnya :

  • Siapkan buah alpukat sebanyak satu buah dan madu sebanyak 1 sdm
  • Setelah itu, cuci sampai benar benar bersih buah alpukat dan potong menjadi 2 bagian
  • Jika sudah dipotong, ambil daging buahnya menggunakan sendok
  • Taruh dalam mangkuk dan haluskan
  • Jika sudah halus tambahkan madu dan aduk hingga rata
  • Oleskan pada wajah dan diamkan sampai 30 menit
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat
Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

Buah Pepaya

cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat

Buah papaya ini salah satu buah yang biasa dikonsumsi untuk campuran buah dalam rujak manis, siapa sangka bila buah papaya memiliki kelebihan tersembunyi yang jarang orang tahu yakni bisa menghilangkan jerawat. Berikut cara membuatnya :

  • Siapkan buah pepaya secukupnya saja
  • Kupas buah pepaya dan cuci di air mengalir sampai bersih
  • Haluskan buah papaya dengan menggunakan blender (tanpa diberi air)
  • Oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 20 – 30 menit
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat

Buah Lemon

cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat untuk wanita

Buah yang masih bersaudara dengan jeruk ini berkhasiat dapat menghilangkan jerawat dengan cepat karena memiliki satu kenggulan yakni dapat menjadikan terbentuknya sel kulit baru yang berakibat berkurangnya jerawat. Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat menggunakan buah lemon :

  • Siapkan buah lemon segar sebanyak 1 buah saja
  • Cuci terlebih dahulu buah lemon
  • Belah buah lemon menjadi 2 bagian sama besar
  • Kemudian peras buah lemon yang telah dipotong
  • Oleskan pada wajah secara merata termasuk ke bagian berjerawat
  • Diamkan sampai sekiar 15 – 20 menit
  • Bilas dengan air dingin

Ketimun

cara menghilangkan jerawat secara alami dan permanen

Selain dikonsumsi sebagai lalapan mentah, timun juga mempunyai khasiat dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Berikut cara pembuatannya :

  • Siapkan satu buah ketimun berukuran 15- 20 cm
  • Kupas dan cuci bersih timun tersebut
  • Potong bulat bulat timun dengan tebal ⅟₂ cm – 1 cm
  • Setelah itu tempelkan pada wajah secara keseluruhan
  • Diamkan selama 15 – 20 menit
  • Jika timun anda masih ada, anda bisa mencobanya kembali
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih

Lidah Buaya

bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami

Lidah buaya yang biasa digunakan sebagai bahan perawatan rambut ternya juga bermanfaat sebagai salah satu bahan resep cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat untuk wanita karena lidah buaya dapat membunuh bakteri bakteri yang ada di jerawat. Berikut cara membuatnya :

  • Siapkan 1 helai lidah buaya
  • Potong lidah buaya menjadi 2 bagian
  • Bersihkan duri yang menempel pada lidah buaya sampai seluruhnya benar benar hilang
  • Setelah itu, ambil gel pada lidah buaya dengan cara mengiris bagian atasnya
  • Jika sudah diambil gelnya, masukkan dalam blender dan haluskan tanpa dicampuri dengan air
  • Setelah itu, oleskan pada wajah yang berjerawat hingga merata
  • Diamkan selama 4 – 8 menit
  • Dan jika sudah, bilas dengan air dingin

Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang biasanya dibuang setelah dagingnya dikonsumsi ternyata bisa menjadi referensi bahan alami untuk menghilangakan jerawat ini dikarenakan kulit jeruk dapat membersihkan pori pori  karena mengandung vitamin C. berikut cara membuatnya :

  • Siapkan kulit jeruk dan air matang secukupnya
  • Pertama tama, haluskan kulit jeruk sampai benar benar halus menjadi bubuk
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi pasta
  • Setelah itu, oleskan pada wajah seperti memakai masker biasanya
  • Diamkan selama 15 – 20 menit
  • Bilas dengan air hangat

Bawang Putih

cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam 1 hari

Bawang putih merupakan salah satu bahan dapur penyedap rasa sebuah masakan, tak banyak orang mengetahui bahwa bawang putih juga bisa untuk menghilangkan jerawat membandel. Berikut bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami menggunaka bawang putih :

  • Siapkan bawang putih 5 buah (usahakan bawang tersebut tidak terlalu muda maupun tua)
  • Siapkan juga sari cuka apel sebanyak 1 sdm
  • Setelah itu kupas bawang putih dan cuci besih
  • Haluskan bawang putih dengan menggunajan blender
  • Jika sudah halus, tuangkan wadah dan campur sari cuka apel tadi
  • Jika telah ditambahkan, adik hingga merata
  • Oleskan pada wajah yang berjerawat
  • Diamkan sekama 10 – 15 menit
  • Dan yang terakhir, bilas dengan air

Daun Seledri

cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara alami

Cara menghilangkan jerawat dengan alami lainnya adalah dengan daun seledri. Daun seledri bisa dibilang sangat ampuh untu membasmi jerawat. Memang umumnya daun ini digunakan untuk kesehatan rambut tapi ternyata juga bisa untuk menghilangkan jerawat. Berikut cara pembuatannya :

  • Yang pertama harus anda lakukan yakni menyiapkan daun seledri yang segar sebanyak satu genggam
  • Cuci sampai benar benar bersih
  • Potong kecil kecil atau cincang daun seledri yang telah dibersihkan
  • Setelah itu didihkan air bersih sebanyak satu gelas
  • Jika telah mendidih masukkan cincangan daun seledri ke dalamnya dan aduk perlahan lahan
  • Setelah tercampur sempurna, dinginkan air seledri dengan cara mendiamkannya
  • Oleskan air seledri yang sudah dingin pada wajah hingga leher secara merata
  • Diankan selama kurang lebih 10 – 20 menit agar kandungan alami yang ada di dalam seledri merasuk ke kulit
  • Setelah itu bilas dengan bersih

Kubis

Sayur yang biasa digunakan untuk campuran makanan ini ternyata juga salah satu obat alami oenghilang jerawat karena kubis memeliki kandungan antioksidan yang mampu mengganti sel kulit baru. Berikut cara pembuatannya :

  • Siapkan kubis sebanyak 1 buah
  • Potong kubis menjadi 2 bagian dan cuci sampai bersih satu persatu (hanya setengahnya saja)
  • Haluskan kubis menggunakan blender sampai benar benar halus
  • Setelah halus, oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan masker selama 10 – 15 menit
  • Dan bilas menggunakan air hangat

Kunyit

cara menghilangkan jerawat kecil kecil secara alami

Bumbu dapur yang berwarna orange ini tak disangka juga merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan permanen  jadi tak usah diragukan lagi khasiat alaminya. Berikut cara pembuatan  masker alami dari kunyit :

  • Pertama tama siapkan bubuk kunyit sebanyak 4 sdm, susu cair kental sebanyak 1 sdm dan tak lupa madu murni sebanyak 4 sdm
  • Siapkan juga mangkuk dan air secukupnya
  • Masukkan semua bahan (bubuk kunyit, susu cair dan madu murni) yang telah disiapkan ke dalam mangkuk
  • Aduk aduk hingga merata dan jadi seperti pasta
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 20 – 30 menit
  • Jika sudah mongering bilas dengan air dingin
  • Jika wajah anda menjadi kekuningan, gunakan pembersih toner untuk meghilangkannya

Teh Hijau

cara menghilangkan jerawat secara alami dalam 3 hari

Teh hijau yang umum digunakan untuk minum dikala cuaca sedang dingin atau juga sering digunakan wanita untuk bahan utama diet (menurunkan berat badan) juga bisa untuk menghilangkan jerawat. Berikut cara pembuatannya :

  • Siapkan beberapa daun teh hijau segar (yang baru saja dipetik)
  • Haluskan daun teh dengan menggunakan blender, jika dibutuhkan beri sedikit air
  • Haluskan sampai daun teh menjadi pasta
  • Setelah itu oleskan pada wajah secara merata
  • Jika sudah kering bilas dengan air hangat

Daun Sirih

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami dan cepat

Daun sirih masuk ke dalam daftar cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam 1 hari karena sayur yang satu ini mengandung beberapa zat, salah satunya yakni zat anti bakteri yang mampu mencegah pertumbuhan jerawat karena kotoran. Pantas saja daun sirih dari dulu dipercaya sebagai bahan penghilang jerawat dengan sangat ampuh. Berikut cara pembuatannya :

  • Pertama tama Siapkan daun sirih sebanyak 9 – 12 lembar, air hangat sebanyak 1 gelas (tanpa dicampuri apapun), dan garam dapur secukupnya saja
  • Haluskan daun sirih sampai benar benar halus
  • Campurkan air dalam daun sirih yang telah dihaluskan dan aduk hingga rata
  • Setelah air berubah warna menjadi hijau, saringlah atau pisahkan daun sirih dengan air
  • Nah, air tersebutlah yang akan dioleskan pada wajah
  • Setelah dioleskan pada wajah diamkan hingga mongering atau sekitar 20 – 30 menit
  • Jika sudah kering, bilas dengan air hangat
Baca Juga  Memilih Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Daun Jambu

cara menghilangkan jerawat kecil kecil

Daun jambu yang biasa digunakan untuk obat diare ternyata juga bisa digunakan untuk bahan alami menghilangkan jerawat. Hal tersebut dipercaya dari warisan para leluhur. Berikut cara pembuatan masker alami dari daun jambu :

  • Siapkan daun jambu pucuknya daun jambu) sebanyak 10 helai
  • Kemudian haluskan daun jambu dengan cara menumbuknya agar terkesan masih alami atau jika anda kerepotan juga bisa menggunakan kedua tangan dengan cara di remukkan
  • Setelah halus, oleskan pada wajah hingga merata
  • Diamkan selama kurang lebih 15 – 20 menit
  • Setelah itu bilas dengan air hangat

Buah Naga

cara menghilangkan jerawat dengan sayuran

Buah dengan warna putih dan merah ini memiliki kandungan vitamin C yang bisa digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Jadi jika anda biasa menggunakan buah naga sebagai minuman ada baiknya sekarang buah naga digunakan untuk bahan dasar dari cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat untuk wanita. Berikut cara membuatnya :

  • Pertama tama, siapkan buah nega sebayak 1 buah
  • Belah buah naga menjadi 2 bagian, yang akan dipakai yakni setengah saja jadi satu buah naga bisa dipakai 2 kali
  • Setelah dipotong menjadi 2, potong lagi menjadi beberapa bagian kecil kecil agar mudah dihaluskan
  • Selanjutnya haluskan buah naga yang telah dipotong menggunakan blender atau bisa juga diparut (tanpa diberi air)
  • Setelah itu oleskan pada wajah seperti mengoleskan masker biasanya
  • Diamkan selama 15 – 20 menit
  • Jika sudaah bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk dengan cara menepuk nepuknya

Belimbing

cara cepat menghilangkan jerawat dalam semalam

Belimbing yakni buah yang hidup pada tanah tropis, sama seperti buah papaya, buah ini juga sering digunakan untuk bahan pelengkap rujak manis namun di balik itu belimbing juga ternyata sering digunakan untuk  perawatan kulit wajah bagi banyak wanita terutama untuk  menghilangkan jerawat secara alami. Berikut cara pembuatannya :

  • Pertama siapkan buah belimbing yang matang (biasanya berwarna kuning) sebanyak 1 buah
  • Kupas tipis bagian lancip pada buah belimbing dan cuci hingga bersih
  • Iris buah belimbing yang telah dibersihkan setebal ⅟₂ cm – 1 cm
  • Jika sudah, gosokkan secara perlahan lahan di kiulit wajah secara menyeluruh (Air dari belimbing inilah yang menjadi andalannya)
  • Jika sudah, diamkan selama 20 – 30 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Jika anda menginginkan hasil yang maksimal anda bisa melakukannya sebelum tidur pada malam hari
Tips Mencegah Tumbuhnya Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi pada semua kalangan dan terkadang dapat membuat geregetan. Namun anda tak perlu khawatir karena selain cara menghilangkan jerawat dengan alami juga terdapat cara mencegah tumbuhnya jerawat di wajah. Jika anda melakukannya dengan rutin, anda akan tercegah dari jerawat. Berikut tips mencegah tumbuhnya jerawat :

  1. Cuci muka secara teratur

Cuci muka minimal 2 kali sehari adalah salah satu usaha untuk mencegah tumbuhnya jerawat. Setelah cuci muka baiknya menggunaka pelembab yang bahan dasarnya dari bahan alami untuk menjaga kesegaran kulit wajah.

  1. Sedikit Menggunakan Make Up

Jika kulit anda sensitive, ada bainya tidak terlalu banyak menggunakan make up karena bahan pada make up mengandung minyak yang dapat menumbuhkan jerawat. Segeralah cuci muka jika telah memakai make up.

  1. Jangan Biarkan Rambut Terurai

Jika anda memiliki jerawat, jangan biarkan rambut anda terurai bebas sampai mengenai kulit wajah yang berjerawat karena debu dan kotoran yang ada pada rambut akan jelas berpindah pada wajah dan mengakibatkan kuman berkembang biak dengan cepat.

  1. Jangan sering sering memegang wajah

Yang dimaksud memegang wajah di sini yakni jika memegangnya dengan tangan kotor, maka dari itu biarkan saja wajah anda dan jangan terlalu sering memegangnya.

  1. Olahraga Rutin

Olahraga secara rutin juga dapat mengurangi jerawat di wajah karena bsaat anda berolahraga, otomatis rasa cemas dan stress akan berkurang bahkan juga hilang . namun setelah olahraga anda harus mandi karena keringat yang dihasilkan dari olahraga menyebabkan munculnya kuman penyebab jerawat.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Secara Alami Dan Ampuh

sebuah permasalahan yang sering keluar di bagian wajah yakni jerawat, tak sedikit orang kurang percaya diri karena adanya jerawat di wajah. Jika anda sudah mencoba beberapa cara menghilangkan jerawat dengan alami dan hasilnya jerawat anda hilang namun meninggalkan bekas jerawat, anda tak perlu khawatir karena tak hanya berbagi tips menghilangkan jerawat tapi juga berbagi tips menghilangan flek hitam bekas jerawat. Berikut ulasan lengkapnya :

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya dapat mengilangkan jerawat termasuk bekas flek hitamnya juga karena minyak yang begitu popular ini mengandung vitamin E yang berkhasiat menghilangkkan bekas jerawat. Jika anda ingin menggunakannya cukup oleskan tipis tipis minyak zaitun pada wajah secara merata, lakukan hal ini terus menerus dan rutin setiap hari.

  • Madu Alami

Sebagai pemanis, madu jelas sangat populer di bidang makanan. Namun siapa sangka jika madu juga bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cepat karena madu memiliki tekstur lembut yang bisa megurangi bahkan menghilangkan bekas bekas merah pada kulit wajah. Tak hanya itu madu juga memiliki anti bakteri yang juga dapat mengurangi noda hitam pada wajah

  • Es Batu

Es batu yang sangat dibutuhkan pada saat hawa panas yang terkadang dibuat sebagai penyegar minumanternyata memiliki khasiat tersembunyi yakni bisa menghilangkan flek hitam karena bekas dari jerawat. Cukup bungkus es batu dengan kain dan gosokkan perlahan lahan pada bekas jerawat, pertahankan selama kurang lebih 15 – 20 menit. Lakukan hal ini terus menerus jika ingin hasil yang maksimal.

  • Vitamin E

Perawatan yang sangat mudah untuk menghilangkan jerawat yakni dengan bahan yang mengandung vitamin E karena di dalamnya memiliki sifat yang bisa melembabkan wajah dan membuat noda di wajah tersamarkan. Namun anda harus menggunakannya satu hari 2 – 3 kali dalam sehari dan anda bisa melihat hasil yang memuaskan.

Nah, itu dia Cara Menghilangkan Jerawat dan bekas jerawat Secara Alami Dan Cepat yang bisa anda praktekkan. Cara dan tips tips di atas dijamin ampuh untuk megurangi bahkan menghilangkan jerawat karena masih menggunakan bahan alami atau tradisional. Kelebihan dari cara menghilangkan jerawat dengan alami yang pertama anda tidak perlu khawatir dengan harganya karena jelas terjangkau, yang kedua bahan bahannya sangat mudah didapat, dan yang terakhir tidak ada efek samping jika mencobanya. Namun jika anda mengguanakan bahan bahan alami ini anda harus rutin menggunakannya agar hasilnya juga nampak. Sekian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah J