Catatan Pendakian Gunung Arjuno

Catatan Pendakian Gunung Arjuno

Gunung Arjuno merupakan sebuah gunung yang terletak di daerah Malang, Jawa Timur. Gunung ini menjulang tinggi bersebelahan dengan Gunung Welirang. Gunung Arjuno mempunyai ketinggian 3339 mdpl dan merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano. Untuk jalur pendakian sebenarnya Gunung Arjuno dapat didaki melalui 2 jalur yang terkenal yakni melalui jalur Purwosari dan jalur Tretes. Tapi kali ini kita bahas catatan pendakian via jalur tretes yaa….

Jalur Ini Merupakan Jalur Dengan Tingkat Kesulitan yang Rendah sehingga Banyak Diminati Pendaki
Jalur Pendakian gunung dari tretes anda menuju ke daerah air terjun kakek bodo. Sampai di depan gerbang kakek bodo anda lurus saja sampai pasar tretes anda akan bertemu perempatan anda masih harus lurus saja sampai bertemu dengan hotel tanjung. Pos perijinan pendakian gunung arjuno ini terdapat di depan hotel tanjung.
Setelah anda mengurus perijinan anda bisa langsung melanjutkan perjalanan atau juga menginap dulu di pos perijinan jika anda meresa sudah terlalu malam. Perjalanan anda lanjutkan menuju ke pos 1 pendakian gunung arjuno yang biasa disebut dengan Pos Pet Bocor. Pet Bocor dalam bahasa Indonesia adalah Pipa yang bocor dikarenakan disini terdapat kran yang bisa anda gunakan untuk mengambil air. Disini juga terdapat warung makan yang bisa anda beli sesuatu. Perjalanan menuju pos 1 tidak lama hanya sekitar 30 menit dari pos perijinan.

Medan yang Ditempuh Selama Perjalanan adalah Medan Berbatu
Dari Pos 1 anda mulai mendaki dengan medan berbatu menuju ke pos 2 atau biasa disebut Kokopan. Entah apa artinya kokopan yang pasti disini terdapat sumber yang cukup besar yang bisa anda gunakan untuk mengambil air dan bahkan untuk mandi. Jika akhir pekan anda akan menjumpai penjual makanan ringan, gorengan dan air mineral di kokopan ini. Akan tetapi jika hari-hari biasa tidak terdapat pedagang disini. Jarang tempuh dari pos 1 pos 2 cukup lama yaitu sekitar 4-5 jam dengan medan berbatu. Di sepanjang perjalanan ini anda juga akan sering menjumpai mobil pengangkut belerang.

Baca Juga  20 Objek Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Setelah anda beristirahat di pos 2, perjalanan dimulai lagi menuju pos 3 yaitu Pos Pondokan. Pos pondokan ini yang biasa digunakan untuk melakukan camp. Pondokan merupakan tempat warga untuk menaruh hasil belerang yang mereka dapatkan dari kawah gunung welirang. Disini adalah sumber mata air terakhir jika anda akan melakukan perjalanan menuju ke welirang. Jika anda melajukan perjalanan ke arjuno masih ada 1 lagi di lembah kidang. Estimasi jarak tempuh dari kokopan menuju ke pondokan adalah 6 jam perjalanan.

Dari Pondokan terdapat pertigaan yang mengarah menuju Gunung welirang dan Gunung Arjuno. Jika anda memilih jalur kanan anda akan menuju ke welirang. Waktu menuju ke puncak welirang sekitar 3 jam dan jika ke gunung arjuno sekitar 6 jam. Akan tetapi jika anda memilih untuk menuju ke dua gunung itu anda bisa menuju ke gunung welirang terlebih dahulu setelah itu anda melewati Gunung kembar 1 serta disana anda jalan melipir gunung kembar 2 tanpa harus menuju puncaknya, setelah itu anda akan bertemu di lembah kidang, disana anda bisa camp karena disana terdapat sumber air meskipun agak jauh. Setelah anda berada di camp lembah kidang, anda tinggal naik saja sekitar 4 jam menuju puncak gunung arjuno.

Selelahnya sampai dipuncak anda akan disuguhi pemandangan yang Maha Dahsyat
Pilihan jalur pendakian gunung arjuno untuk turun anda bisa menggunakan jalur lawan yang relative lebih pendek, atau jalur purwodadi, atau juga bisa kembali menuju jalur tretes. Pertimbangan-pertimbangan itu semua berdasarkan pada kondisi team dan juga perbekalan.