Jaguar F-Type 2020 : Kucing Sport Masa Depan

Setelah meluncurkan Jaguar F-Type S Coupe tahun lalu dan F-Type British Edition beberapa waktu lalu, PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai agen pemegang merek Jaguar Land Rover di Indonesia akan kembali meluncurkan F-Type versi terbaru dengan pilihan mesin yang lebih kecil, dan tentu harganya jadi lebih murah.

Dua varian F-Type sebelumnya yang sudah rilis di Tanah Air ini dibanderol sekitar Rp 2,4 miliaran dan menggendong mesin V6 berkapasitas 3.000 cc supercharger yang dapat memuntahkan tenaga maksimal hingga 380 daya kuda di 6.500 rpm dan torsi 460 newton meter di 3.500-5.500 rpm.

Sedangkan edisi terbaru yang direncanakan akan meluncur di Tanah Air ini memiliki mesin berkapasitas 2.000 cc. Hal ini ditegaskan oleh Chief Operating Officer PT WAE, Roland Staehler meski enggan membeberkan bulan dan tanggal peluncuran, namun di yakini sport car dua pintu ini akan mengaspal 2018 di RI.

“Tahun depan? Mungkin. Saya masih belum tahu kapan, jadi ini bukan waktu yang tepat untuk meluncurkannya. Seperti yang kita tahu juga kita masih punya F-Type 3.0 liter jadi untuk saat ini kita masih fokus pada model tersebut,” ujarnya di Jakarta Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Product Manager PT WAE, Tommy Handoko, menuturkan, mungkin paling dekat F-Type 2.000 cc (peluncurannya) tapi masih tahun depan. Kata dia, setelah itu ada Jaguar XJ yang waktunya masih terpaut cukup lama yakni, dua tahun kemudian.

Sebagai informasi, sport car pesaing Audi TTS dan Porsche 718 Cayman ini menggendong mesin empat silinder segaris 2.000 cc yang dapat memuntahkan tenaga maksimal hingga 269 daya kuda dan torsi maksimal 399,9 newton meter. Tenaga besarnya ini disalurkan melalui transmisi otomatis ZF delapan percepatan. Untuk harga secara global mobil ini dibanderol $60,895 atau setara Rp 822 juta, belum termasuk pajak barang mewah di Indonesia.

Baca Juga  Di Korea Rp 500 Juta, Masuk Indonesia Kia Stinger Bisa Rp 1 M

Jaguar Indonesia telah meluncurkan model baru, yaitu Jaguar F-Pace. Lantas untuk model lainnya yakni Jaguar F-Type kapan dihadirkan di Indonesia?

Meski belum tahu pasti kapan meluncur, Chief Operating Officer PT PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), Roland Staehler, mengatakan tahun depan produk yang bermain di segmen mobil sport dengan dua pintu asal Inggris tersebut mungkin akan hadir.

“Tahun depan? Mungkin. Saya masih belum tahu kapan, jadi ini bukan waktu yang tepat untuk meluncurkannya. Seperti yang kita tahu juga kita masih punya F-Type 3.0 liter jadi untuk saat ini kita masih fokus pada model tersebut,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Namun pada kesempatan yang sama, Manajer Perencanaan Produk, Pengelolaan Produk dan Pengembangan Jaringan WAE, Tommy Handoko, mengatakan meski tidak tahu kapan persisnya F-Type anyar akan meluncur, dirinya mengatakan model tersebut akan hadir tahun depan.

“Mungkin paling dekat F-Type, tapi masih tahun depan, terus XJ masih dua tahun lagi,” tambahnya.

Tahun 2013 merupakan tahun yang memorable bagi Jaguar. Pada tahun itu kehadiran F-Type memberikan warna baru dalam image mobil sport asal Inggris tersebut. Sudah banyak jurnalis internasional yang mengomentari penampilan, performa dan yang terpenting, rasa yang timbul ketika mendengar suara dari knalpotnya, eargasm!

Mobil ini pun berdiri di tengah gap antara mobil sport dan supercar dan kabarnya lagi mobil ini akan segera memiliki generasi penerus. Setidaknya tahun 2020 merupakan target dari Jaguar untuk meluncurkan F-Type yang baru.

Ian Callum selaku bos desain dari Jaguar mengatakan bahwa mereka belum memutuskan apakah F-Type ini nantinya akan memiliki konfigurasi mesin di depan atau di tengah. Kabarnya Callum juga menetapkan bahwa F-Type yang baru tidak harus memiliki moncong yang panjang dan bagasi yang pendek.

Dengan konfigurasi mesin tengah kami rasa F-Type akan memiliki moncong yang pendek, namun kalau begitu apakah bagasi di belakang akan disediakan juga ya? Alexandre Camenen pun memberikan desain masa depan dari sebuah F-Type, jika melihat pola desain yang ia lakukan, tarikan garis Jaguar secara keseluruhan masih menunjukkan bahasa desain F-Type. Dengan desain seperti ini sepertinya lebih cocok hybrid ya?

Baca Juga  BMW Belum Berminat Boyong X5 Hybrid ke Indonesia

Kami pribadi sebenarnya masih suka dengan F-Type sekarang. Kami merasa F-Typeadalah sebuah mobil sport yang pas, memiliki aura balap, dengan konfigurasi 2 pintu, mesin besar, suara yang mantap dan bentuk yang seksi.