Jangan Sampai Salah!  Berikut 7 Hal Yang Harus Dijaga Dalam Berbicara

Tahukah anda? bahwa 97% masyarakat indonesia mudah sakit hati saat berbicara, dan hanya 56% yang berani mengungkapkannya. itu artinya, ada 41% yang sakit hati namun cuma disimpan dalam hati.

tata cara dalam berbicara

Kemampuan komunikasi juga sangatlah penting untuk bekal meniti karir dan dalam bergaul, semuanya dapat kita latih namun ada juga yang memang mempunyai bakat. Dan berikut ada tips yang harus dijaga dalam berbicara.

  1. Jangan menggunakan nada bicara yang tinggi.

Nada bicara tinggi biasanya mencerminkan emosi kemarahan. lawan bicara akan merasakan seperti dimarahi atau di anggap mengalami kekurangan pendengaran. Nada bicara yang normal akan lebih baik didengarkan dan lebih berkenan di hati lawan bicara, terutama saat berbicara dengan atasan di tempat kerja dan orang yang lebih tua.

  1. Jangan memotong pembicaraan

Komunikasi yang baik adalah 2 arah. Orang yang hanya banyak bicara dan tidak mau mendengarkan pembicaraan lawan bicara akan memunculkan pikiran egois pada diri kita. Berilah kesempatan pada lawan bicara anda untuk menyampaikan pertanyaan atau opini maka dia akan merasa lebih dihargai.

etika berbicara

  1. Tatap mata lawan bicara.

Lawan bicara akan merasa tidak dihargai jika kita memperhatikan hal lain dalam waktu yang cukup lama saat berkomunikasi. Tatap mata ini termasuk dalam 7 cara berbicara yang baik dan sopan yang kadang sering diabaikan.

  1. Gunakan kata yang halus.

Cobalah jauhkan perkataan –perkataan kotor dalam bicara anda. Biasannya perkataan kotor akan mudah merusak pembicaraan dengan lawan bicara, memang terkadang nyambung hanya saja biasanya perkataan kotor dapat mencerminkan sikap diri anda dimata lawan bicara, seperti anda sebenarnya.

Berpikir sebelum berbicara akan lebih baik dari pada harus salah berbicara karena tidak berpikir dulu. Dengan berpikir kita akan menemukan kata yang halus untuk mengungkapkan apa yang ingin disampaikan. Kata yang lebih halus akan lebih nyaman didengar dan lebih mudah mendapatkan respon positif dari pendengar.

  1. Selalu awali dan akhiri pembicaraan dengan baik.
Baca Juga  Berusia 5 Tahun sudah Menjadi Ibu

Awali pembicaraan dengan kata sapaan seperti “selamat pagi” atau “apa kabar” mungkin terdengar lebih ramah atau awali dengan senyuman.

Tetapi saat lawan bicara disapa terlebih dahulu dapat merubah suasana hati mereka lebih baik sehingga kita mendapat respon yang baik juga. Tutup juga pembicaraan dengan baik agar tidak terasa tidak sopan karena pergi begitu saja.

  1. Sebut nama mereka dengan awalan Pak atau Bu.

Saat berbicara dengan orang lain akan lebih sopan jika menyebut nama orang itu, dari pada menggunakan kata “kamu”. Berikan kata panggilan bapak, ibu, mas, atau mbak yang diikuti dengan namanya.

  1. Berjabat tangan sesudah pembicaraan

Anda dapat juga berjabat tangan atau meletakan tangan anda diatas dada anda sebagai isyarat bahwa anda menghargai orang lain sebagaimana anda menghargai diri anda sendiri. Karena berjabat tangan menandakan bahwa kita lebih bisa bertanggung jawab dewasa.

Tipsnya sebelum mengajak bicara, ketahuilah dulu siapa lawan bicaranya. Kalau memang lawan bicara lebih mudah mengerti dengan bahasa daerah maka kita harus menyesuaikan diri. 7 cara berbicara yang baik diatas akan meningkatkan rasa puas lawan bicara tanpa kesan menyakiti hatinya. Cara tersebut dapat memperluas jaringan untuk karir anda dan juga bisnis anda, singkatnya sebagai pegawai kantor kita harus tetap menjaga dengan baik etika kita dalam bicara. Dan juga dapat bermanfaat untuk jalinan kekerabatan.