Jelajah Pantai 3 Warna Di Malang Selatan

Pantai 3 Warna

Berbicara tentang pantai di wilayah Kabupaten Malang, semuanya pasti pernah mengunjungi pantai Sendang Biru. Meski demikian, masih sedikit masyarakat yang tahu tentang pantai indah yang disebut dengan Pantai Tiga Warna yang sebenarnya sangat dekat dengan Pantai Sendang Biru.  Karena keindahan yang dimilikinya, membuat Pantai Tiga Warna ini menjadi populer di kalangan wisatawan.

Meskipun pantai Tiga Warna ini sudah mulai dikenal di kalangan traveler, namun sampai saat ini pantai tersebut sangat alami dan benar-benar terjaga kebersihan dan keindahaannya karena merupakan kawasan konservasi yang dikelola oleh warga desa Tambak Rejo Kecamatan Sumber Manjing Wetan Kabupaten Malang.
Keunikan utama pantai ini adalah warna airnya yang berbeda-beda yang disebabkan oleh kedalaman air laut yang didominasi tiga warna, yang membuat pantai ini dijuluki Pantai Tiga Warna. Selain itu, ombak di pantai ini sangat tenang karena ombak besar yang langsung dari Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu. Adanya terumbu karang yang indah yang dimiliki pantai ini membuat pantai ini cocok disebut salah satu spot snorkeling terbaik di Malang

Agar dapat melakukan wisata snorkling, pengunjung cukup membayar Rp 15.000,- saja untuk menyewa satu set peralatan alat snorkeling (kacamata, pelampung dan selang pernafasan).
Akses jalan menuju Pantai Tiga Warna sampai saat ini masih berupa jalan berbatu (makadam) yang akan menjadi licin pada saat musim hujan, dan untuk menuju Pantai Tiga Warna, pengunjung harus melewati rute menuju Pantai Clungup terlebih dahulu.

Sebelum memasuki kawasan Pantai Clungup, pengunjung harus memberikan informasi di pos pnjagaan yang disediakan oleh warga mengenai jumlah rombongan, jumlah botol minuman, jumlah makanan serta jumlah tas plastik yang dibawa pengunjung. Pendataan barang bawaan pengunjung itu dilakukan agar pengunjung tidak meninggalkan sampah di lokasi wisata demi menjaga keasrian pantai. Di pos penjagaan pengunjung harus membayar biaya Rp. 6.000,- per orang untuk tiket masuk dan pengunjung harus menyewa jasa tour guide demi keamanan dengan biaya tour guide Rp. 75.000,- untuk setiap rombongan pengunjung.

Baca Juga  Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah dan Seru Untuk Dikunjungi

Dengan membayar tour guide tadi, maka setiap rombongan pengunjung akan diajak untuk menelusuri pantai-pantai yang ada di sekitar Pantai Tiga Warna yaitu Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Savana, Pantai Mini dan Pantai Batu Pecah. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pantai Tiga Warna dari pantai Clungup kurang lebih adalah 1,5 jam karena medan yang cukup sulit, namun kelelahan selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan Pantai Tiga Warna yang masih terjaga alami.

Di seberang Pantai Tiga Warna ada Pulau Sempu dan sebelah kiri nya adalah Pelabuhan Sendangbiru. Lalulalang perahu nelayan sedang beraktivitas menangkap ikan juga dapat kita lihat. Dan benar saja, kita disuguhi pemandangan bawah laut Pantai Tiga Warna. Tak lupa kita mempersiapkan amunisi mengabadikan momen ini dengan kamera Go Pro Hero 4. Wah kami berebut bernarsis ria di tengah laut. Tak lupa juga kita berfoto dibawah air yang tengah menjadi tren masa kini. Kedalaman Pantai Tiga Warna untuk snorkling sekitar 5 – 7 meter dengan kecerahan yag optimum. Jadi memang cocok untuk snorkeling. Oh ya, disarankan untuk traveler yang memang sudah jago berenang apalagi belum untuk tetap mengenakan life vest, karena arus bawah air Pantai Tiga Warna lumayan kencang.. Jadi kita harus tetap daerah yang aman ya guys.

Terumbu karang di Pantai Tiga Warna Jenis terumbu karang penghuni Pantai Tiga Warna adalah jenis hard coral warna warni. Kita juga menemui beberapa jenis ikan yang asik bermain. Sayang, menurut saya kondisi terumbu karang dalam kondisi yang kurang sehat. Jadi sebenarnya kawasan ini juga membutuhkan perhatian terutama kegiatan transplantasi terumbu karang. Di pinggir pantai Tiga Warna memang steril dari sampah, hanya belum ada plang penanda untuk mengingatkan pengunjung selama menikmati snorkeling. Misalnya tidak menyentuh maupun menginjak terumbu karang, karena tentu saja itu akan merusak terumbu karang.

Baca Juga  Catatan Pendakian Gunung Arjuno

Terumbu karang sangat sensitive pada gangguan dari alam dan manusia tentunya. Para traveler Pantai Tiga Warna yuk ikut menjaga terumbu karang selama kegiatan snorkeling dengan tidak menginjak dan menyentuh terumbu karang serta jangan membuang sampah ya.. Kegiatan konservasi dan pengawasan oleh Bhakti Alam Sendangbiru yang dikelola masyarakat sekitar, sudah menunjukkan keterlibatan partisipasi masyarakat agar tetap melindungi lingkungannya. Mereka sudah memiliki kelompok pengelola mangrove dan terumbu karang. Bahkan secara rutin diadakan kegiatan penanaman mangrove. Semoga tetap dipertahankan dan ditingkatkan kinerja pihak Bhakti Alam Sendangbiru. Sekian cerita jelajah Pantai Tiga Warna. Semoga bermanfaat bagi para traveler.