Kuliner Lezat dari Kota Lombok

Kuliner Kota Lombok

Lombok memang merupakan kaya akan wisata alamnya terutama pantai yang indah bahkan tak heran jika banya wisatawan mancanegara yang datang ke lombok untuk menikmati suasana alam yang sudah tidak diragukan lagi keindahanya, di lombok tidak hanya kaya akan pantainya tetapi juga kuliner khas lombok, lombok memiliki banyak makanan dan patut anda coba terutama bagi anda yang suka akan wisata kuliner dan tak salah jika anda mencicipi salah satu makanan khas lombok apalagi yang bercita rasa pedas. Berikut ini beberapa  Makanan Khas Lombok …..

Nasi Balap Pucung

Nasi Pucung ini merupakan salah satu makanan khas lombok yang memiliki cita rasa pedas, hal ini lah yang membuat istimewa makanan ini, apabila anda mencoba maka anda akan merasakan ketagihan untuk mencoba lagi walau makan ini memiliki tampilan yang kurang bagus hal ini tidak masalah bagi kebanyakan orang apalagi yang memiliki kesukaan terhadap rasa padas pasti akan membeli ini ketika datang ke lombo
Sate Rembiga

Bagi anda yang belum pernah mendengar sate rembiga mungkin penasaran, terbuat dari apa sih sate ini ? sate rembiga sesungguhnya merupakan sate yang berbahan daging sapi sama saperti sate lainya tetapi yang membedakan dengan sate lainya yaitu cita rasa Makanan Khas Lombok, rasanya perpaduan antara gurih, manis dan pedas. Anda penasaran dengan tiga rasa yang bercampur menjadi  satu, nah maka dari itu segera datang kelombok. Lalu kenapa sih kok dinamakan sate rembiga karena sate ini berasal dari desa rembiga yang berada didekat bekas bandara selaparang yang memang disini lah munculnya sate rembiga jadi anda tidak usah bingung lagi tentang sate rembiga.

Baca Juga  Sejuta Kuliner Kota Solo

Beberuk Terong

Beberuk terong ialah merupakan lalapan yang menjadi pendamping ayam taliwang. Nah jika anda makan ayam taliwang tidak ada beberuk terong maka tidak afdol kata orang-orang lombok. Beberuk terong merupakan makanan yang mudah di olah, pasti anda bisa membuat sendiri. Bahan dasar dari beberuk terong yaitu terong ungu yang di potong seperti dadu dan tomat. Bumbu halus yang harus disiapkan yaitu cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merang, bawang putih, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam dan minyak goreng. Kemudian siram bumbu diatas yang sudah dicampur di atas terong plus perasan jeluk limau tepat diatasnya.
Poteng Jaje Tujak dan Iwek

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas lebaran bagi masyarakat lombok tapi tenang saja makanan ini bisa ditemukan hari-hari biasa tanpa anda harus menunggu lebaran. Makanan ini terdapat dua jenis yaitu poteng atau tapai dan Jaje Tujuk atau tetel selain itu yang tidak ketinggalan iwek atau kue yang terbuat dari ketan hitam dan biasanya disajikan ketika ada upacara tradisi masyarakat lombok, iwel merupakan makanan yang berbeda dari makanan lainya karena biasanya makanan lombok pedas akan tetapi iwel berbeda yaitu terasa manis dan legit.

Plecing Kangkung

Mungkin dirumah anda sering masak kangkung seperti di tumis, untuk di lombok ada namanya Plecing Kangkung yang merupakan masakan khas lombok. Lalu apa yang membedakan dengan masakan kangkung lainya. Yang membedakan ialah kangkungnya itu sendiri kangkung di lombok berbeda dengan kangkung yang ada didaerah  lainya. Didalam kangkung khas lombok biasanya ada sayuran tambahan seperti touge dan kacang goreng yang berguna untuk mengurangi rasa pedas. Untuk masakan ini hampir semua rumah makan menyediakan masakan khas ini Lombok ini.
Selamat Mencoba