Lagi, Hyundai-Kia ”Bajak” Desainer Kelas Kakap

Pantas saja desain mobil-mobil Hyundai dan Kia dalam beberapa tahun terakhir makin tampak modern dan dinamis. Grup produsen mobil asal Korea Selatan itu ”membajak” desainer-desainer top, mantan punggawa pada merek-merek besar Eropa.

Paling baru, grup Hyundai-Kia mengangkat Pierre Leclercq, Chief Designer BMW M Performance Division. Dia adalah pria berpaspor Belgia yang sudah pernah gabung dengan Zagato dan Ford Ghia Studio di Italia, sebelum berlabuh ke BMW.

Leclercq lalu meninggalkan merek Bavarian itu pada 2013 untuk bekerja sebagai kepala desain dari Great Wall Motors. Tawaran dari grup Hyundai-Kia menggoyahkannya, karena dia kini dipercaya sebagai Head of Styling untuk Kia.

Dia mungkin akan bertemu dengan rekan-rekan sejawat yang juga dari Eropa, termasuk Chief Design grup Peter Schreyer, mantan bos desain grup VW yang gabung duluan beberapa tahun lalu.

Pierre Leclercq, mantan desainer wahid BMW M, berlabuh ke Hyundai-Kia.

Tak hanya itu, Leclercq juga akan bertemu dengan Luc Donckerwolke, mantan desainer VW yang kini ”pegang” merek Genesis. Masih ada mantan desainer Bugatti, Alexander Selipanov yang akan menemani Leclercq di Kia.

Perusahaan juga belakangan diketahui menggaet Chief Engineer BMW M, Albert Biermann untuk mengendalikan divisi N Performance dari Hyundai.

”Pierre Leclercq punya pandangan unik untuk desain kendaraan global. Pengalaman dan keahliannya akan membantu Kia untuk mengembangkan identitas desainnya pada beberapa tahun ke depan,” ujar Schreyer.

Schreyer percaya, desain memainkan peran yang sangat penting untuk transformasi merek Kia, dan Pierre akan membantu untuk memastikan hal itu terjadi, secara konsisten, demi model-model baru yang akan meluncur. Leclercq akan mulai bekerja September 2017 ini, dan dia akan memantau strategi desain Kia, mengoordinasikannya antara studio desain perusahaan di Korea Selatan, China, Eropa, dan Amerika Serikat.

Baca Juga  Mulai Sekarang, Mobil Baru Honda Berteknologi Listrik

Setelah merekrut desainer kelas dunia, Peter Schreyer yang pernah bekerja untuk Volkswagen Group, kini giliran mantan desainer BMW M, Pierre Leclercq yang digandeng oleh Hyundai-Kia group. Pria kelahiran Belgia itu memiliki pengalaman yang cukup panjang di dunia desain kendaraan.

Leclercq memulai karirnya di Zagato dan Ford Ghia studio di Italia sebelum akhirnya pindah ke BMW di Los Angeles. Kemudian dipindah tugaskan ke kantor pusat BMW di Munich dengan jabatan baru sebagai kepala desain untuk divisi M performance. Namun sayang pada 2013 Leclercq melepas jabatannya demi menjadi kepala desain di pabrikan mobil China, Great Wall Motors.

Tak lama setelah menduduki posisi tersebut, akhirnya ia menerima tawaran dari pabrikan mobil asal Korea Selatan untuk menduduki posisi yang sama. Leclercq akan bekerja sama dengan Schreyer dalam mengembangkan desin mobil.

“Pierre Leclercq memiliki wawasan unik tentang desain kendaraan global, dan memiliki pengalaman dan keahlian yang diperlukan untuk membantu memperkuat identitas desain Kia di tahun-tahun mendatang. Desain telah memainkan peran kunci dalam transformasi merek Kia, dan Pierre akan membantu desain kami supaya tetap konsisten di seluruh peluncuran model baru di segmen baru,” ujar Schreyer.

Leclercq mulai aktif bekerja bulan ini, ia akan mengarahkan strategi perancangan Kia dan berkoordinasi dengan studio desain yang dimiliki oleh perusahaan, seperti di Korea, China, Eropa, dan Amerika Serikat.

Sebelum Leclercq, sebenarnya dua lagi desainer dunia yang belum lama ini direkrut Hyundai yaitu Luc Donckerwolke. Mantan desainer desainer Bugatti itu bertugas di departemen desain Genesis. Ada juga Albert Biermann, mantan chief engineer BMW M. Saat ini dirinya bertugas divisi performa sport Hyundai, yaitu N.

Baca Juga  Jaguar F-Type 2020 : Kucing Sport Masa Depan