Memilih Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil merupakan hal yang sangat wajib untuk dilakukan supaya bisa terhindar dari kekurangan nutrisi maupun kegemukan agar bayi terlahir dengan sehat. Kehamilan merupakan masa yang sangat di tunggu bagi pasangan suami istri (pasutri). Begitu juga dengan kedua orang tua mereka yang sudah lama menantikan untuk memiliki cucu. Karena hal tersebut sangat penting untuk ibu hamil agar memilih makanan yang bergizi serta jumlah takarannya yang tepat. Seorang ibu hamil juga tidak boleh memakan makanan secara sembarangan, semua harus sesuai dengan takarannya. Kadang ibu hamil merasakan dimana sesuatu hal yang di ingin kan si bayi harus di penuhi atau biasa di sebut dengan “ngidam”. Ibu hamil bisa saja memenuhi keinginannya, tapi juga harus memperhatikan juga nutrisi dari makanan tersebut.

Banyak juga pantangan makanan untuk ibu hamil seperti makanan mentah, makanan setengah matang, serta makanan cepat saji, karena di khawatirkan makanan tersebut mengandung bakteri seperti contohnya E.coli serta Salmonella yang dapat mengancam kesehatan ibu serta kesehatan janinnya. Jika ibu hamil dan si bayi ingin tetap sehat sampai waktunya untuk melahirkan, langkah pertama yang harus ibu hamil lakukan ialah mengonsumsi makanan yang bagus untuk ibu hamil. Bagus di maksud untuk makanan yang memiliki banyak kandungan gizinya sehingga  dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan juga bayi yang masih di dalam kandungan. Pada saat masa kehamilan yang ke 1 – 3 bulan biasanya ibu hamil akan timbul rasa ingin memakan sesuatu atau biasa yang di sebut dengan ngidam. Ibu hamil harus bisa mengontrol keinginannya tersebut agar dapat menghindari kemungkinan untuk ingin memakan makanan yang tidak lah bergizi . makanan yang bernutrisi dan mengandung mineral sangatlah diperlukan untuk ibu hamil seperti folid acid, karbohidrat kompleks, beberapa macam vitamin, protein, dan zat besi.

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil :

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan komponen utama dari pola makanan sehat untuk ibu hamil. Di sarankan untuk ibu hamil setidaknya memakan lima porsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan yang berbeda setiap hari agar mendapatkan bermacam-macam vitamin,serat, serta mineral. Nah berikut beberapa Buah-buahan dan sayur-sayuran yang cocok untuk ibu hamil :

  1. Pisang

makanan yang baik untuk ibu hamil

Pisang baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena bisa mengurang mual ataungidam yang biasanya di alami oleh ibu muda yang masuk tiga bulan pertama. Pisang merupakan sumber dari vitamin b6 yang tinggi yang dapat membantu mengatasi morning sickness, selain itu juga pisang mengandung vitamin C, asam folat, potasium dan juga mengandung serat.

  1. Bayam

makanan yang bagus untuk ibu hamil

Salah satu sayuran hijau ini baik bagi ibu yang memiliki masa kehamilan muda karena mengandung banyak asam folat. Asam folat sesuai sangat diperlukan pada saat awal kehamilan agar dapat mencegah cacat tabung saraf atau cacat lahir pada otak dan juga sumsum tulang belakang. Bayam ini juga memiliki kandungan serat, besi, vitamin A, C, K, dan juga memiliki kandungan mangan.

  1. Kacang-kacangan

makanan yang sehat untuk ibu hamil

Kacang-kacangan bisa di bilang adalah sumber protein serta serat juga, untuk itulah kacang dapat membantu mengatasi sembelit. Hampir 40 persen ibu hamil akan mengalami namanya sembelit selama mengandung si calon bayi. Penyebab dari sembelit itu sendiri dapat meliputi tekanan dari rahim yang semakin besar, hormon progesteron yang akan memperlambat gerak dari pencernaan, serta suplemen zat besi. Kacang juga ternyata mengandung sumber yang kaya akan zat besi dan asam folat.

  1. Ubi

makanan bergizi untuk ibu hamil

Kandungan karotenoid yang ada pada salah satu jenis ubi yaitu ubi jalar ini sangatlah bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil, karotenoid sendiri adalah pigmen tanaman yang dapat di rubah jadi Mineral vitamin A setelah melalui proses pengelolahan yang ada di dalam tubuh. Zat karotenoid ini akan di ubah jika tubuh sedang memerlukannya saja, sehingga tubuh ibu hamil akan tetap sehat tanpa perlu khawatir terkena efek dari Avitaminosis.

  1. Walnut

makanan baik untuk ibu hamil

Walnut adalah salah satu sumber dari Omega-3 nabati yang memiliki khasiat yang tak kalah baiknya dengan aneka macam Ikan Salmon maupun telur Ayam Kampung. Ada cara yang pas untuk mengonsumsi Walnut ini, dengan cara mencampurkannya dengan salad.

  1. Kacang Lentil

menu makanan sehat untuk ibu hamil

Jika ibu hamil ingin mengonsumsi kacang lentil ini sebaiknya memilih kacang lentil yang sudah kering karena kacang lentil ini memiliki kandungan protein yang lumayan banyak. Kacang ini juga ternyata mengandung serat yang tinggi dan baik bagi sistem pencernaan ibu hamil. Untuk penyajiannya dari jubir American Dietetic Association menyarankan untuk ibu hamil tambahkan kacang lentil ini pada saat memasak nasi ataupun dengan salad.

  1. Brokoli

makanan sehat untuk ibu hamil

Salah satu sayuran hijau ini yaitu brokoli adalah salah satu pilihan yang pas buat ibu hamil yang menyukai sayuran atau vegetarian. Sayuran ini bisa jadi salah satu sumber nutrisi yang sangatlah bagus bagi ibu hamil, ada beberapa nutrisi yang di kandung brokoli ialah kalsium, serat, Vitamin C, antioksidan, dan juga asam folat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan dari ibu hamil. Selain itu juga Brokoli ini juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

  1. Pepaya
Baca Juga  Tips Memilih Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

makanan sehat ibu hamil

Buah tropis yang ini memiliki banyak kandungan vitamin C, serat, potasium, dan juga asam folat. Memakan buah Pepaya ini juga adalah cara yang alami untuk mengatasi masalah sembelit, yang biasanya sering di alami selama masa kehamilan. Tapi, ibu hamil hanya di perbolehkan memakan buah pepaya yang sudah matang, dikarenakan buah pepaya yang belum matang atau masih mentah kebanyakan masih mengandung pepsin yang ada di dalam getahnya atau resin dari pohon Pepaya, yang mampu menyebabkan kotraksi.

  1. Jeruk

buah yang baik untuk ibu hamil

Banyak yang sudah mengenal buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan juga mengandung air, asam folat dan juga seratnya. Salah satu manfaat dari buah Jeruk ini adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Ibu hamil seharusnya tetap menjaga jumlah cairan yang ada di dalam tubuhnya agar tidak sampai mengalami namanya dehidrasi yang dapat mengancam kesehatan dari si janini itu sendiri.

  1. Kacang Kedelai

makanan ibu hamil

Makanan yang di buat dari bahan dasar kacang kedelai seperti tempe dana tahu ini bisa menjadi sumber protein yang tinggi untuk ibu hamil. Kedua makanan ini mengandungi setidaknya 10 gram protein per separuh cangkir.

  1. Apel

buah yang bagus untuk ibu hamil

Buah yang satu ini merupakan makanan baik untuk ibu hamil. Karena buah Apel mengandung banyak nutrisi dan juga vitamin seperti serat yang mudah di cerna di dalam tubuh sehingga tidak akan menyebabkan naiknya berat badan. Mengonsumsi buah ini setiap hari bisa membantu untuk perkembangan si janin. Dan buah Apel ini juga dapat mengatasi masalah diare atau sembelit yang biasa di alami ibu saat mengandung.

  1. Anggur

buah untuk ibu hamil

Anggur memiliki banyak macam warna. Di balik warnanya yang bermacam-macam di dalam buah anggur ini terdapat biji yang kecil namun tidak membahayakan bila ikut tertelan. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bagus untuk ibu yang sedang mengandung. Yang dapat mencegah timbulnya sel kanker, dan memberikan tambahan zat besi dan energi bagi tubuh karena tambahan senyawa berupa resveratol dan polifenol.

  1. Jambu Air

nutrisi ibu hamil

Jambu ai ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Karena itulah buah jambu air ini bisa menjadi alternatif yang tepat bagi ibu hamil yang mulai bosan hanya meminum air putih yang biasanya. Tapi dibandingkan dengan air putih, orang lebih lebih banyak memilih air putih di bandingkan dengan buah jambu air karena mampu mengurangi rasa lelah saat ibu sedang hamil, meredakan sakit kepala dan juga meningkatkan mood.

  1. Ceri

vitamin ibu hamil

Makanan yang sehat untuk ibu hamil ini di balik dari ukurannya yang kecil terdapat nutrisi yang luar biasa banyaknya. Karena buah ceri ini mengandung mineral mangan, kalim, tembaga, zat besi, dan masih banyak lagi yang diantaranya sangat penting khususnya bagi ibu yang sedang mengandung. Jika ibu hamil ingin mencoba mengonsumsinya maka sebaiknya ibu hamil memilih buah ceri yang segar, karena menurut dari beberapa ahli mengatakan bahwa buah ceri yang matang dan masih segar bisa melancarkan sistem pencernaan dan juga bisa membuat kulit bayi  menjadi putih dan sehat.

  1. Alpukat

buah buahan untuk ibu hamil

 

Buah Alpukat ini adalah sumber dari lemak nabati yang bagus dan juga banyak bagi tubuh, karena tergolong lemak yang tak jenuh. Fungsi lemak yang ada di dalam alpukat berguna untuk membantu perkembangan fungsi memori dari si bayi yang masih dalam bentuk janin yang ada di dalam rahim si ibu. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, asam folat dan juga kalium yang berguna untuk membantu perkembangan tulang belakang si janin sampai pada proses persalinan terjadi. Buah Alpukat ini lebih cocok dikonsumsi pada saat masuk periode pertama karena mampu mengurangi dari rasa mual sampai muntah.

Konsumsi non organik

Memilih makanan yang sehat untuk ibu hamil harus lah yang sehat, apalagi makanan yang non organik, harus yang memiliki kandungan vitamin, nutrisi, serta gizi yang cukup bagi ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya. Jika Nutrisi yang ada di ibu dan janin yang di dalam kandungannya terpenuhi, maka gangguan pada kehamilan ataupun hal yang paling buruk dalam masa kehamilan pun dapat terhindarkan juga. Nah apa saja makanan non organik yang baik untuk di konsumsi ibu hamil, serta manfaat yang di dapatkan, ini dia :

  1. Telur

gizi ibu hamil

Telur ternyata mengandung mineral, 12 vitamin, serta protein yang berkualitas. Yang merupakan bagian yang sangat penting bagi ibu hamil dan juga janin yang ada dalam kandungan. Protein yang berasal dari telur berguna untuk pertumbuhan sel si bayi. Telur ternyata juga mengandung kolin, yang berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan, kesehatan dan juga dapat mencegah cacat tabung saraf pada si bayi. Ada beberapa jenis telur juga memiliki kandungan Omega-3 yang penting untuk kecerdasan otak dan pengembangan penglihatan pada si bayi. Telur untuk makanan si ibu Hamil yang sangatlah dianjurkan karena memiliki kandungan kolestrol yang cukup tinggi, tapi mempunyai kandungan lemak jenuh yang rendah. Jadi Ibu hamil yang memiliki kolesterol darah yang normal bisa mengkonsumsi satu atau dua butir telur di setiap harinya berguna sebagai menu diet harian anda. Telur ternyata tidak hanya memiliki protein saja, telur juga terdapat nutrisi yang lain pula seperti asam amino.

  1. Daging tanpa lemak
Baca Juga  30 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dan Cepat Serta Perawatannya

makanan buat ibu hamil

Daging tanpa lemak ini tentu dapat ibu hamil temukan dengan memisahkannya dari lemak yang menempel di daging. Makanan olahan daging seperti salah satuny yaitu hotdog bisa menjadi perantara bakteri dan parasit seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, ataupun salmonella kepada si bayi. Jadi saya sarankan sebaiknya ibu hamil menghindar dari makanan olahan Daging tanpa lemak ini.

  1. Suplemen

vitamin untuk ibu hamil

Walaupun ibu hamil sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan, mungkin ibu hamil masih ada nutrisi tertentu yang masih dilewatkan. Suplemen vitamin mungkin saja diperlukan untuk mencukupi nutrisi yang terlewatkan. Salah satu suplemen yang biasa diberikan oleh dokter yaitu TTD (Tablet tambah darah) yang ternyata mempunyai kandungan setara 60 mg besi elemental dan 400 mcg asam folat. Tetapi, ibu hamil sebaiknya mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter atau bidan.

  1. Keju

tips ibu hamil

Tidak semua jenis keju itu baik bagi ibu yang sedang hamil. Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk memilih jenis keju cheddar atau jenis keju mozzarella karena kedua jenis keju ini dapat memberikan kalsium dan protein yang cukup tinggi bagi tubuh. Setiap per ons nya terdapat 150 sampai 200 mg kalsium.

  1. Sereal

 

Makanan yang baik untuk ibu hamil yang satu ini biasanya di konsumsi oleh ibu hamil saat memulai harinya dengan sarapan sereal. Di dalam sereal memiliki kandungan asam folat yang dibutuhkan pada saat memasuki beberapa minggu pertama dari fase kehamilan, sampai delapan bulan ke depan vitamin B merupakan nutrisi wajib yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Dari  Para ahli menyarankan agar ibu hamil agar menerima setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Para ahli juga mengatakan bahwa sereal bisa menjadi pilihan makanan sehat  yang cocok untuk ibu hamil yang dikonsumsi ketika sarapan pagi. Jika ibu hamil tidak menyukai makanan sereal, ibu hamil dapat  menggantinya dengan kacang polong.

  1. Oatmeal

cemilan sehat ibu hamil

Jika ibu hamil kurang menyukai atau bosan sarapan dengan sereal di setiap harinya, ibu hamil dapat menggantinya dengan oatmeal. Bubur gandum ini dapat menjadi sumber energi yang dibutuhkan bagi yang melakukan kegiatan yang sedikit di rumah. Energi tersebut datang karena Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang juga dapat membuat ibu hamil merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Oatmeal ternyata juga dapat membantu seorang penderita kolesterol tinggi.

  1. Roti Gandum

menjaga kehamilan

Untuk ibu yang sedang mengandung suka memakan roti tawar, saya sarankan untuk mengganti roti tawar dengan roti yang berbahan dasar gandum. Pada roti yang berbahan dasar gandum ini mengandung serat, karbohidrat, dan juga zat besi yang bisa membuat perut ibu hamil terasa kenyang dalam waktu yang lama. Memakan roti gandum ini setidaknya empat lembar roti gandum dalam sehari sudah dapat memenuhi 20 sampai 35 gram serat yang di butuhkan hariannya.

  1. Air

asupan gizi ibu hamil

Meminum air merupakan hal yang sangat penting, karena hanya dengan meminum air yang cukup bisa mencegah bayi lahir dengan kondisi prematur, konstipasi ,hemoroid, infeksi kandung kemih, dan juga pembengkakan yang berlebihan. Selama dalam masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air dalam seharinya. Cairan ini juga bisa ibu hamil dapatkan dari makanan seperti buah yang memiliki kadar air yang cukup tinggi, susu, ataupun jus. Namun perlu juga diingat oleh ibu hamil bahwa beberapa minuman seperti minuman ringan atau dalam kemasan yang memiliki kadar gula yang lumayan tinggi bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak normal atau hipertensi.

  1. Ikan Salmon

menu sehat ibu hamil

Makanan laut yang satu ini merupakan makanan bergizi untuk ibu hamil. karena ikan salmon memiliki kandungan Omega-3 yang sangatlah tinggi yang baik bagi ibu yang hamil. Disebut aman karena salmon hanya memiliki sedikit mengandung zat merkuri, tidak seperti makanan yang berasal dari laut yang lain salah satunya seperti kerang yang memiliki kandungan merkurinya yang sangat tinggi sehingga tidak baik  ibu hamil untuk di konsumsi.

Nah itu lah beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil, semoga ber manfaat dan bagi yang sedang hamil semoga bayi nya lahir dengan sehat