Mulai Sekarang, Mobil Baru Honda Berteknologi Listrik

Dibanding dengan merek-merek asal Jepang atau global lain, Honda terbilang terlambat untuk menunjukan komitmen di segmen mobil listrik (electric vehicle/EV). Salah satu bentuk komitmen ditunjukan dengan menghadirkan Urban EV Concept di Frankfurt Motor Show 2017.

Meski begitu, Honda menyebutkan kalau mulai sekarang dan seterusnya, model baru untuk Eropa, akan mengadopsi teknologi listrik.

Ini merupakan bagian dari rencana besar Honda, untuk bisa memasarkan kendaraan listrik sebanyak dua pertiga dari keseluruhan penjualan mobil barunya pada 2030 dalam skala global, dan dengan target khusus untuk pasar Eropa pada 2025.

“Di sini, di Eropa, kami melihat langkah menuju elektrifikasi dengan level kecepatanan yang cukup tinggi, dibanding dengan tempat lain. Eropa juga jadi pilihan tepat sebagai memperkenalkan tahap selanjutnya dari Honda Electric Vision Strategy,” ujar Takahiro Hachigo, CEO Honda Motor.

Hachigo juga mengkonfirmasi kalau konsep Urban EV bakal ada di jalanan pada tahun 2019. Model produksi akan menggunakan platformyang benar-benar baru. Di mana mengedepankan garis-garis konsep yang sederhana, tapi tetap indah bersamaan dengan menawarkan teknologi canggih.

Perusahaan juga berencana meluncurkan versi hibrida dari Honda CR-V baru pada 2018, yang menggunakan sistem dua motor i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive) baru yang tidak jauh dengan transmisi konvensional.

Honda Urban EV Concept tampil perdana di dunia pada ajang pameran Frankfurt Motor Show 2017 yang berlangsung di Frankfurt, Jerman, pada 13 September hingga 24 September 2017.

Honda Urban EV Concept merupakan platform baru untuk mobil konsep Honda dalam hal teknologi masa depan, untuk mobil dengan tenaga baterai elektrik. Untuk desainnya, mobil konsep ini tampil dengan teknologi terdepan dan juga desain yang modern serta bercita rasa sporty.

Baca Juga  Bentley Continental GT Gen III : Miliki DNA Panamera, Bobot Lebih Ringan 100 kg

Honda memasang emblem pada mobil konsep ini pada layar lampu berwarna biru. Pada bagian depan emblem dan lampu depannya dibuat futuristik. Kemudian pada bagian front grille dapat menampilkan nama model, pesan dan juga status pada saat pengecasan.

Sementara untuk desain interiornya terlihat ramping, dan juga futuristik dengan bentuk desain kokpit dan juga layar utamanya yang menampilkan layar lebar, di mana pengemudi dapat mengatur perpindahan berbagai macam informasi kendaraan. Mobil ini dapat menampung empat orang. Untuk door trimnya menggunakan bahan material kayu, sementara joknya menggunakan bahan fabric berwarna abu-abu.

Frankfurt Motor Show merupakan pameran mobil tertua di dunia yang sudah digelar sejak 1897 silam. Frankfurt Motor Show bertempat di Fairground of Messe Frankfurt, Ludwig-Erhard-Anlage 1, D-60327, Frankfurt/Main, Jerman.

Honda menampilkan salah satu mobil eksentrik di ajang pameran otomotif bergengsi Frankfurt Motor Show 2017, yang tengah digelar saat ini. Karena wujudnya pula, mobil tersebut sukses menyita perhatian banyak pengunjung dan media massa.

Mobil ini diberinama Honda Urban EV Concept. Wajahnya retro kental nuansa jadul. Meski demikian sudah mengusung teknologi modern dengan aksen nuansa futuristik di banyak bagian. Jika melihat dengan seksama, wujudnya mirip dengan mobil hatchback Honda di tahun 1980-an.

Urban EV Concept merupakan mobil yang dibekali penggerak listrik murni. Mobil tersebut juga dibangun di atas platform yang benar-benar baru. Menurut rencana, versi produksi dari Urban EV Concept akan dilakukan pada 2019, di mana Eropa akan menjadi wilayah debut peluncuran perdananya.

“Ini bukan visi masa depan yang terlalu jauh. Versi produksi dari mobil ini akan hadir di Eropa pada 2019 mendatang,” kata Chief Executive Officer Honda Takahiro Hachigo.

Baca Juga  Lagi, Hyundai-Kia ”Bajak” Desainer Kelas Kakap

Hatchback listrik Honda ini memang nampak sederhana dan elegan. Karena berkat desainnya yang simpel dan dikawinkan dengan ban lebar dan pelek bermotif jari-jari, hingga membuat lengkungan roda terlihat berotot. Lampu LED membulat dan lambang Honda bercahaya biru memberi nuansa kuat pada Urban EV Concept.