Musik Rhythm dan Blues

Musik Rhythm dan Blues
R&B (ditulis juga RnB, merupakan singkatan dari Rhythm and Blues) adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, aliran jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Istilah ini pertama kali dipakai sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikat pada tahun 1947oleh Jerry Wexler yang bekerja pada majalah Billboard. Istilah ini RnB menggantikan istilah musik ras dan kategori Billboard Harlem Hit Parade pada Juni 1949. Tahun 1948, RCA Victor memasarkan musik kulit hitam dengan nama Blues and Rhythm. Frasa tersebut dibalik oleh Wexler di Atlantic Records, yang menjadi perusahaan rekaman yang memimpin bidang R&B pada tahun-tahun awal. Dan sekarang aliran jenis RnB ini paling digemari diseluruh dunia.
Sementara musik ini telah berkembang selama bertahun-tahun dan menelurkan berbagai genre, R&B versi awal berfokus pada ritme boogie dengan artis terkenal antara lain Bo Diddley dan Chuck Berry. Musik R&B kontemporer memiliki komposisi khas yang berbeda dari pendahulunya dengan fokus pada unsur pop dibandingkan blues, gospel, dan jazz (meskipun elemen-elemen tersebut kadang-kadang masih tetap muncul).

Pada akhir 1940-an dan 50-an, kelompok musik R&B terutama terdiri dari instrumen kuningan (brass instrument) dan woodwinds, serta drum, piano dan vokal. Unsur-unsur tersebut juga umum di band jazz, tetapi musisi R&B menghasilkan suara lebih berat dengan beat yang mantap. Setelah tahun lima puluhan, genre ini menjadi terkenal karena lirik yang bernada seksual dan tarian provokatif yang terkait dengannya.
Seiring dengen waktu, musik R&B mulai dikenal sebagai musik soul yang tidak secara eksklusif dibuat dan dibawakan oleh seniman kulit hitam. Musisi kulit putih juga mulai menulis lagu R&B, meskipun genre ini masih didominasi oleh seniman kulit hitam seperti Chubby Checker, Sam Cooke, dan band seperti The Miracles. Lirik R&B banyak terfokus pada isu-isu segregasi dan isu rasial terutama akibat nasib masa lalu kaum kulit hitam yang masih terpinggirkan. Di tangan seniman seperti Muddy Waters, musik R&B mendapatkan sentuhan instrumen gitar listrik. Dari waktu ke waktu, stereotip R&B sebagai musik kaum kulit hitam semakin memudar seiring dengan semakin menyebarnya musik ini ke seluruh dunia.

Baca Juga  Musik Country

Pada tahun 1948, perusahaan rekaman RCA Victor memasarkan musik kaum kulit hitam yang disebut Blues and Rhythm. Pada tahun yang sama, Louis Jordanmendominasi lima besar tangga lagu R&B dengan tiga lagu, dan dua dari lagunya berdasar pada ritme boogie-woogie yang terkenal pada tahun 1940-an. Band Jordan, Tympany Five (1938) terdiri dari dirinya sebagai vokal dan pemain saksofon beserta musisi-musisi lain sebagai pemain trompet, saksofon tenor, piano, bas, dan drum .