Penyebab dan Cara Mencegah Rambut Rontok

Pengertian rambut rontok

Rambut Rontok? Pasti banyak perempuan yang pernah mengalami permasalahan ini. Tak hanya perempuan, pria pun pasti juga pernah mengalami. Rambut rontok di dalam dunia medis sering disebut dengan alopesia. Rambut rontok adalah hilangnya sebagian rambut pada kulit kepala. Rambut rontok merupakan keadaan ketika rambut sudah mulai menipis dan volumenya berkurang. Permasalahan ini bisa diketahui dari seringnya rambut jatuh saat keramas atau saat menyisir rambut. Rontok nya rambut pada pria biasanya hanya mengalami penipisan pada bagian ubun – ubun serta di samping kepala. Dan untuk kerontokan rambut pada wanita hanya menipis di bagian atas kepala.

Penyebab yang timbul akibat rambut rontok salah satunya adalah kebotakan. Berbeda dengan pria, perempuan tidak sering mengalami kebotakan dan cenderung kehilangan rambut lebih lama dibandingkan dengan pria. Namun anda tak perlu khawatir, karena terdapat banyak cara mencegah rambut rontok yang bisa anda lakukan.Rambut panjang yang dimiliki perempuan juga akan meletakkan beban pada akar, dan juga mengakibatkan rambut rontok yang berlebih. Pengaruh keramas yang belum benar juga akan menarik rambut keluar.

Penyebab rambut rontok

Bagi kebanyakan perempuan, rambut adalah salah satu bagian tubuh yang bisa menunjang penampilan agar bisa tampil memposana. Namun, permasalahan yang banyak dikeluhkan perempuan ataupun lelaki tentang rambut adalah kerontokan. Walaupun tidak beresiko terlalu buruk untuk kesehatan tubuh, tetapi permasalah rambut rontok akan menyebabkan banyak orang tidak percaya diri dengan penampilannya. Berikut beberapa hal penyebab rambut rontok.

  • Pengaruh Gizi dan Vitamin

Penyebab kerontokan rambut bisa disebabkan oleh pengaruh gizi dan vitamin yang kurang. Asupan gizi dan vitamin yang tidak seimbang dapat mengakibatkan rambut mudah sekali rontok. Perbanyak konsumsi makanan yang memiliki protein tinggi serta makanan sumber vitamin B12 agar rambut dapat ternutrisi dari dalam.

  • Obat – obatan

Salah satu penyebab kerontokan adalah akibat obat – obatan. Namun, tidak semua obat – obatan berdampak buruk bagi rambut. Kerontokan rambut juga dapat berhenti jika penggunaan obat – obatan yang menimbulkan kerontokan tersebut dihentikan.  Obat yang banyak menimbulkan biasanya obat yang digunakan untuk menangani depresi, bat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi.

  • Kehamilan

Banyak beberapa perempauan yang mengalami kerontokan rambut ketika hamil atau juga setelah melahitkan. Penyebab hal ini terjadi secara alami serta umumnya akan kembali normal setelah tiga bulan melahirkan. Tumbuh nya rambut perempuan ketika kehamilah akan terpengaruh karena terjadi perubahan hormonal di dalam tubuh dan beberapa tekanan fisik, serta tekanan mental atau stress. Terdapat juga banyak perempuan yang masih tetap mengalami kerontokan rambut bahkan setelah melahirkan namun jumlah kerontokan sudah berkurang.

  • Sinar matahari

Sinar matahari mempunyai kegunaan yang baik bagi tubuh, namun jika terlalu lama berada dibawah sinar matahari, dapat menimbulkan berbagai penyakit. Penyakit yang timbul akibat paparan sinar matahari salah satunya adalah kerusakan pada rambut. Hal ini akan mengakibatkan berkurangnya keratin pada rambut. Kegunaan keratin sendiri untuk rambut yaitu untuk menjaga kesetahan rambut supaya tetap berkilau. Tak hanya berkurangnya keratin,  lapisan kutikula pada rambut pun akan mengalami pelemahan jika terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Ini akan menyebabkan rambut menjadi cepat rapuh dan mengalami kerontokan.

  • Diet

Diet merupakan salah satu penyebab rontoknya rambut. Tetapi diet yang banyak menyebabkan kerontokan rambut adalah diet ekstrim. Diet ekstrim akan berdampak pada kurangnya nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Bila Anda melakukan diet, lakukan diet sehat sehingga tubuh akan tetap mendapat asupan nutrisi dan vitamin yang diperlukan. Anda bisa mengkonsumsi beragam makanan yang banyak mengandung protein rendah lemak seperti misalnya ikan dan ayam serta jenis kacang – kacangan.

  • Ikat rambut yang terlalu kencang

Untuk kebanyakan perempuan, mengikat rambut digunakan untuk mempercantik penampilannnya. Namun, perlu dilihat lemah atau kuatnya ikatan yang akan dibuat. Rambut yang diikat terlalu kencang akan mengakibatkan akar rambut tertarik dan menyebabkan kerontokan. Mengikat rambut dengan terlalu kencang juga tidak disarankan karena akan menyebabkan folikel rambut menjadi rusak. Jika terjadi kerusakan permanen pada folikel rambut, maka tidak memungkinkan untuk rambut bisa tetap tumbuh. Jika ingin mengikat rambut dengan kencang agar terlihat rapi usahakan untuk tidak lebih dari dua jam. Tak hanya rambut rontok, ikatan rambut yang kencang juga akan mengakibatkan sakit kepala.

  • Shampo

Penggunaan shampo memang diperlukan agar rambut lebih bersih dan berkilau, namun tidak semua shampo bisa cocok untuk rambut anda. Bila memungkinkan gunakan shampo yang memiliki sedikit bahan kimia. Penggunaan shampo yang berlebihan juga akan menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Tak hanya penggunaan shampo yang berlebihan, penggunaan shampo secara berganti – ganti juga akan sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Selain menyebabkan rambut rontok, penggunaan shampo yang berganti – ganti juga akan menimbulkan munculnya ketombe.

  • Alat penata rambut

Untuk mempercantik penampilan, banyak perempuan yang rela menghabiskan banyak waktu untuk berjam – jam di salon. Sebenarnya perawatan dengan menggunakan beragam alat salon seperti pencantokan dan pengeritingan rambut ini akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan rambut. Catokan yang digunakan dekat dengan kulit kepala akan menyebabkan akar dari rambut kering dang rambut akan sering mudah patah. Selain itu penggunakan hair dryer juga akan menyebakan rambut rontok yang parah. Karena alat alat salon tersebut dapat mengeluarkan suhu panas yang bisa membuat rambut cepat rapuh ataupun akar rambut menjadi rusak.

  • Hormon

Hormon yang tidak seimbang bisa memimbulkan kerontokan rambut. Hal ini biasa terjadi ketika perempuan hamil dan melahirkan. Terdapat banyak hormon yang dapat menyebabkan rambut rontok , yaitu Hormon Alopesia, Androgenetik, DHT dan masih banyak lagi. Hormon hormon ini juga bisa menimbulkan kebotakan. Selain hormon – hormon tersebut, gangguan androgen dan estrogen juga bisa menimbulkan kerontokan rambut yang parah. Hal yang akan terjadi adalah saat tiroid bekerja terlalu aktif atau tidak aktif. Inilah yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut yang sangat parah.

  • Faktor keturunan

Faktor keturunan masih begitu erat dengan pertumbuhan rambut. Jika orang tua ataupun salah satu keluarga mempunyai masalah rambut rontok atau botak tidak menutup kemungkinan anda juga akan mengalami masalah satu ini. Faktor keturunan adalah salah satu penyebab kerontokan pada rambut yang paling besar. Permasalahan ini akan sulit diatasi. Yang bisa anda lakukan adalah memeriksakan kepada ahli dan sekaligus dapat mencari solusi yang paling baik untuk mengatasi rambut rontok anda.

Macam – macam jenis rambut rontok

  • Rambut rontok normal

Kerontokan rambut dapat menyebabkan rambut mengalami penipisan. Kerontokan rambut biasanya terjadi secara bertahap sesuai dengan bertambahnya usia. Kerontokan rambut ini merupakan suatu kondisi alami yang akan terjadi jika usia sudah mulai menua. Hal ini terjadi dikarenakan folikel rambut yang semakin banyak masuk ke dalam telogen. Ini akan menyebabkan rambut yang tersisa menjadi pendek dan volume nya berkurang.

  • Telogen Effluvium
Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

Jenis kerontokan ini disebabkan oleh stress atau despresi secara mendadak. Karena stress atau despresi akan mengakibatkan kerontokan rambut yang lumayan parah. Selain karena despresi, kerontokan rambut jenis ini juga bisa disebabkan karena diet. Hal ini akan menyebabkan rambut lebih tipis dan volumenya berkurang. Kerontokan jenis rambut ini bisa ditandai dengan sebagai berikut :

-Rambut yang rontok tidak sedikit dari biasanya, namun rambut rontok akan semakin banyak

-Rambut menjadi lebih tipis dan volume rambut berkurang

-Mengalami despresi berat selama beberapa bulan

-Penurunan berat badan yang lumayan drastis

  • Alopecia Androgenic

Penyebab dari kerontokan rambut rontok ini banyak dialami oleh wanita. Penyebab rambut rontok ini adalah secara keruturan yang disebabkan hormon androgen. Hormon ini membayakan rambut, karena hormon ini menyebabkan folikel rambut menjadi tipis dan menyusut serta tidak bisa memproduksi rambut yang baru secara cepat dan baik. Pria biasanya mengalami kondisi ini pada saat usia remaja atau sekitar kurang lebih 20 tahun an. Dan untuk para perempuan akan mengalami ini pada usia 40 tahun an atau menuju penuaan.

  • Alopecia Areata  

Jenis kondisi kerontokan rambut ini biasanya terjadi secara tiba – tiba. Namun, terkadang dalam waktu dekat rambut akan tumbuh kembali. Terkadang orang yang mengalami kondisi ini akan sulit ditumbuhi rambut kembali. Terdapat tanda – tanda dari kerontokan rambut jenis ini, yaitu :

-Rambut yang rontok akan segumpal, tidak beberapa helai saja

-Resiko faktor keturunan, jika terdapat anggota keluarga yang mengalaminya

-Pemicu kerontokan jenis ini adalah infeksi pada kepala ataupun stress yang cukup mendalam.

  • Alopecia Difusa

Jenis kerontokan rambut ini disebabkan oleh seringnya meminum obat – obat an dengan dosis yang cukup tinggi. Jenis kerontokan rambut ini biasanya terjadi pada orang – orang yang memiliki penyakit kanker, typus, dan penyakit berat lainnya. Obat – obatan yang digunakan untuk mengobati beragam penyakit berat memiliki bahan yang dapat menghilangkan nutrisi pada rambut sehingga dapat memyebabkan rambut rontok yang parah. Namun jika sudah tidak mengkonsumsi obat rambut akan kembali normal.

Cara alami mengatasi rambut rontok

Rambut diaggap sebagai mahkota bagi kebanyakan perempuan. Karena perempuan sangat berpengaruh terhadap penampilannya. Rontoknya setiap helai rambut tentu akan menjadi masalah dan penampilan akan terlihat buruk. Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami.

  • Lidah Buayacara mencegah rambut rontok

Lidah budaya adalah salah satu cara mencegah rambut rontok yang paling ampuh. Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki lidah buaya dapat membantu mengembalikan tekstur sel kulit yang rusak, mempercepat pertumbuhan rambut, menghitamkan rambut, dan membuat rambut menjadi lebih sehat.

Cara penggunaan :

  • Anda dapat mengambil potongan lidah buaya yang berukuran besar dengan daging lidah buaya yang tebal.
  • Belah potongan lidah buaya menjadi dua bagian.
  • Ambil bagian dalam lidah buaya.
  • Kemudian usapkan keseluruh bagian kulit kepala.
  • Lakukan selama 15 sampai 20 menit dan kemudian cuci bersih rambut anda
  • Kemiricara mengatasi rambut rontok secara alami

Salah satu yang dapat digunakan untuk cara mengatasi rambut rontok secara tradisional adalah Kemiri. Kemiri terdiri dari minyak yang banyak mengandung mineral alami seperti zat besi, kalsium dan masih banyak lagi. Minyak ini yang banyak digunakan orang zaman dulu untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Selai itu kemiri juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok secara alami.

Cara penggunaan :

  • Sangrai kemiri dan haluskan hingga keluar minyak
  • Teteskan minyak kemiri keseluruh rambut dengan rata
  • Diamkan 1 hingga 2 jam sampai sempurna
  • Bilas dengan air dingin
  • Jika ingin lebih efektif anda dapat langsung membeli minyak kemiri di toko.
  • Alpukatcara mengatasi rambut rontok parah

Buah alpukat sangat kaya akan protein. Protein sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Kandungan protein yang terdapat pada buah alpukat ini sangat efektif untuk memperkuat rambut dan banyak memberi nutrisi pada rambut. Selain ini, alpukat juga berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut. Alpukat juga banyak dipakai sebagai bahan utama untuk creambat maupun perawatan wajah.

Cara penggunaan :

  • Haluskan alpukat di dalam mangkuk, aduk hingga mengental.
  • Usapkan ke bagian rambut dari ujung hngga akar rambut
  • Diamkan selama 20 – 30 menit
  • Kemudian bersihkan rambut dengan shampo dan bilas sampai bersih.
  • Yoghurtcara mengatasi rambut rontok secara tradisional

Youghurt juga berguna untuk permasalahan rambut rontok. Yoghurt sendiri merupkan salah satu bentuk olahan susu. Youghurt mengadung beragam nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain itu, youghurt juga berguna untuk memperkuat rambut, menutrisi dari dalam, memperbanyak rambut.

Cara penggunaan :

  • Oleskan youghurt di bagian rambut seperti cara creambat
  • Diamkan beberapa menit sekitar 20 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan minimal 2 – 3 kali dalam satu minggu akan membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut.
  • Teh Hijauobat rambut rontok

Teh hijau juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Teh hijau mempunyai kandungan senyawa antioksidan tinggi yang bisa sangat membantu melancarkan sirkulasi darah di bagian kepala. Selain berfungsi untuk rambut rontok, teh hijau juga berkhasiat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara penggunaan :

  • Seduh teh hijau dengan menggunakan air hangat
  • Tunggu hingga teh sudah dingin
  • Basuhkan seduhan teh hijau ke sebagian rambut dan kulit kepala yang rontok.
  • Diamkan sekitar satu jam
  • Kemudian, bilas dengan air bersih.
  • Gunakan juga secara teratur jika ingin mendapat hasil yang lebih maksimal.
  • Jeruk Nipisrambut rontok berlebihan

Jeruk nipis khas digunakan untuk obat sakit tenggorokan. Namun jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok.  Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan rambut. Selain untuk mengatasi rambut rontok, jeruk nipis juga dipercaya bisa menghilangkat ketombe dengan cepat. Cara penggunaan jeruk nipis ini juga sangat efektif.

Cara penggunaan :

  • Iris jeruk nipis menjadi beberapa irisan kecil – kecil.
  • Usapkan pada kulit kepala
  • Usapkan secara merata
  • Diamkan selama 15 menit agar meresap kedalam kulit kepala
  • Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih
  • Lakukan kegiatan ini dua minggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal
  • Santan Kelapaperawatan rambut rontok

Salah satu cara mencegah rambut rontok adalah dengan menggunakan santan kelapa. Santan kelapa selain digunakan untuk memasak masakan yang menjadi gurih dan nikmat, ternyata kegunaan santan dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut rontok. Kandungan yang dimiliki oleh santan kelapa adalah mineral alami yang sangat dibutuhkan untuk rambut, seperti protein, vitamin, zat besi, kalsium dan lainnya.

Cara penggunaan :

  • Bersihkan terlebih dahulu rambut anda dengan cara berkeramas.
  • Siapkan santan yang sudah siap untuk digunakan sekitar satu gelas.
  • Oleskan santan kebagian kulit kepala
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam agar dapat meresap ke kulit kepala
  • Balut dengan handuk hangat
  • Kemudian, bilas rambut menggunakan air dingin. Ini akan sangat membantu dalam mengatasi rambut rontok.
  • Minyak zaitunpenyebab rambut rontok dan cara mengatasinya
Baca Juga  Tips dan Berbagai Macam Cara Diet Sehat Alami dan Cepat

Terdapat banyak sekali manfaat minyak zaitun bagi tubuh, mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Salah satu nya adalah untuk mengatasi rambut. Minyak zaitun ini sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Minyak zaitun memiliki beberapa senyawa alami yang cukup baik untuk mengatasi dan mencegah penyakit tertentu. Kandungan minyak tak jenuh yang dimiliki minyak zaitun juga sangat baik untuk kesehatan rambut.

Cara penggunaan :

  • Siapkan minyak zaitun
  • Tuangkan minyak zaitun sekitar 1 sendok makan
  • Oleskan minyak zaitun di seluruh bagian rambut sambilmemijat kurang lebih 2 – 4 menit dengan perlahan.
  • Bersihkan dengan air dingin dan kemudian keramas menggunakan hingga bersih
  • Bila memungkinkan lakukan hal ini minimal 2 kali dalam seminggu akan memberikan hasil yang anda inginkan.
  • Bawang Putihcara mengurangi rambut rontok

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk memasak. Namun, bawang putih ini memiliki t fungsi lain, yaitu mampu mengatasi permasalahan rambut rontok. Bawang putih memiliki kandungan antibakteri yang dapat menghilangkan parasit dan juga bisa mengobati infeksi di kulit kelapa. Bawang putih dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok parah.

Cara penggunaanya :

  • Siapkan beberapa siung bawang putih
  • Kemudian haluskan, anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Usapkan ke rambut dan bagian kulit kepala
  • Diamkan selama 30 – 45 menit.
  • Bilas dengan air dingin hingga bersih
  • Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan kegiatan ini setiap hari sebelum keramas.
  • Jahevitamin rambut rontok

Jahe memiliki banyak khasiat dalam tubuh. Salah satunya untuk menghangatkan badan. Tidak hanya digunakan untuk menghangatkan, jahe juga merupakan rempah – rempah. Selain itu jahe juga sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan Zingeron yang terdapat dalam jahe inilah yang mampu mengatasi rambut rontok. Cara penggunaan nya sangat mudah.

Cara penggunaan :

  • Siapkan beberapa ruas jahe
  • Kupas dan bersihkan jahe hingga tidak ada kotoran yang tersisa
  • Parut jahe atau bisa juga diblender
  • Oleskan rambut yang sering mengalami kerontokan
  • Diamkan selama 20 – 30 menit agar meresap ke sel kulit kepala.
  • Anda juga bisa membiarkan semalaman untuk hasil yang anda inginkan
  • Bersihkan dengan air bersih dan menggunakan shampo
  • Lakukan kegitan seperti ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Kentangcara agar rambut tidak rontok

Kentang, selain digunakan untuk bahan makanan, kentang juga bisa digunakan untuk membantu proses menyuburkan rambut secara cepat. Kalian bisa menggunakan kentang untuk mengatasi rambut rontok dengan membuat jus kentang. Dan juga dapat dimanfaatkan sebagai masker rambut. Cara penggunaan nya pun sangat mudah.

Cara penggunaan :

  • Untuk dapat menghasilkan hasil yang maksimal, anda bisa mencampurkan madu serta putih telur.
  • Campur menjadi satu hingga menjadi rata.
  • Oleskan ke rambut yang mengalami kerontokan.
  • Diamkan selama 20 – 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan menggunakan shampo.
Vitamin untuk rambut rontok

Faktor utama yang menjadi penyebab kerontokan rambut adalah kesalahan pada saat perawatan rambut. Namun,  Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin pada rambut. Anda perlu memilih vitamin yang baik dan sehat. Jika tubuh mulai mudah mendapatkan vitamin, rambut rontok akan menjadi berkuranh. Berikut vitamin yang penting untuk perawatan rambut rontok dan juga pertumbuhan rambut.

  • Vitamin A

Vitamin A sangat baik untuk nutrisi bagi kulit kepala. Vitamin A dapat diperoleh dengan mengkonsumsi bayam, brokoli, ubi jalar, labu, daging, wortel dan juga buah – buahan seperti pepay, aprikot. Jika anda tak ingin repot, mengkonsumsi minyak hati ikan juga akan sangat membantu. Vitamin A akan mengelola pertumbuhan dan perkembangan tubuh dalam rambut.

  • Vitamin B3

Vitamin B3 didalam dunia kedokteran disebut juga dengan Niacin. Niacin ini merupakan salah satu vitamin lain yang bisa membantu proses sirkulasi di dalam kulit kepala. Jika anda banyak mengkonsumsi vitamin B3, anda akan terhindar dari kerontokan rambut. Vitamin B3 dapat ditemukan di gandum, ragi, daging, unggas.

  • Vitamin B5

Vitamin B5 disebut juga dengan Asam Pantotenat. Vitamin satu ini sangat penting untuk kesehatan rambut serta pertumbuhan rambut yang cukup cepat. Vitamin B5 ini banyak ditemukan di berbagai makanan, seperti kuning telur, susu, hati, kentang dan masih banyak lagi.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 sangat penting kaitanya dengan produksi melanin. Vitamin ini akan menyebabkan rambut anda mengkilap, berkilau dan tentunya rambut akan tetap sehat. Vitamin ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi gandum, kuning telur, dan jerohan.

  • Vitamin C

Vitamin C sangat penting kaintannya dengan cara mencegah rambut rontok. Vitamin C ini dapat menyerap kandungan zat besi yang terdapat di dalam tubuh. Vitamin C dapat ditemukan di sayuran berdaun hijau. Terdapat juga dalam buah seperti jeruk, lemon, stroberi dan masih banyak banyak lain.

  • Vitamin D

Mengkonsumsi banyak makanan yang banyak mengandung Vitamin D akan sangat membantu dalam mencegah rambut rontok. Vitamin ini berfungsi untuk memperkuat sel – sel dibatang rambut, sehingga rambut tidak akan mudah patah. Vitamin ini dapat ditemukan dalam beragam makanan seperti produk susu, sayuran dengan daun gelap serta makanan laut yang memiliki banyak minyak.

  • Vitamin E

Vitamin E sangat berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah di bagian kulit kepala. Sirkulasi ini akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Vitamin ini dapat ditemukan di biji mentah, minyak sayur, minyak gandum, kacang – kacangan. Serta sayuran berdaun gelap adalah sumber paling besar untuk memperoleh vitamin E.

  • Biotin

Biotin sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru dan dapat menumbuhkan tekstur sehat pada rambut. Biotin juga dapat melindungi rambut dari kekeringan, rambut patah, kulit kepala yang mengelupas serta merusak korteks rambut. Biji – bijian, hati, susu, dan beras adalah sumber paling utama untuk dapat memperole biotin.

  • Asam Float

Asam Float lebih dikenal dengan B9. Asam float ini bisa membantu meningkatkan jumlah RBC dan memproduksi DNA. Bahan makanan yang dapat ditemukan untuk asam float adalah jus jeruk, daging, hati serta sayuran berdaun hijau.

  • Seng atau Zinc

Zinc ini sangat diperlukan untuk kesehatan rambut. Bagi anda yang merasa kekurangan zinc akan banyak mengalami kebotakan serta gangguan pada kulit kepala. Zinc ini sanga penting dalam pertumbuhan rambut, karena kandungan minyak yang terdapat didalamnya berfungsi untuk mencegah ketombe dan memperkuat serta memperbaiki jaringan di kulit kepala. Daging sapi rendah lemak, labu panggang, semangka kering, dan kacang adalah sumber makanan yang banyak sekali mengandung seng atau zinc.

Nah, di atas adalah beberapa penyebab serta cara mencegah rambut rontok yang mungkin dapat membantu anda memabantu anda untuk mengatasi permasalah pada rambut rontok. Menjaga penampilan rambut agar tetap indah adalah keinginan semua orang. Diatas terdapat beberapa referensi cara mengatasi rambut rontok semoga rambut bisa terawat dengan baik agar kesehetan rambut serta kekuatannya akan tetap terjaga. Jika anda ingin memiliki hasil yang lebih maksimal, anda perlu melakukan penggunaannya lebih banyak lagi.