Produksi Mobil Hybrid, Toyota Gelontorkan Rp 5 Triliun

Toyota sedang dalam keadaan bersemangat menambah variasi kendaraan yang ramah lingkungan. Ini terbukti dari royalitas Toyota menganggarkan dana sebesar USD 373,8 juta atau setara dengan uang senilai 5 triliun untuk membiayai pembuatan mobil Hybrid.

Sayangnya investasi yang dilakukan oleh Toyota tersebut tidak untuk pabrik Toyota yang ada di Indonesia, melainkan di pabrik Toyota yang ada di Amerika Serikat. Berdasarkan situs resmi Toyota global, investasi tersebut akan diberikan kepada lima prabrik Toyota di Amerika Serikat yang terpilih menjadi pabrik pembuat mobil Hybrid.

Investasi dengan jumlah nominal fantastis tersebut kabarnya baru akan dapat dioperasikan pada tahun 2020 mendatang. Selain itu, kelima pabrik di Amerika yang akan menerima dana investasi dari Toyota ini akan menjadi pabrik pertama yang memproduksi mobil Hybrid, motor listrik untuk mobil Hybrid, dan untuk membuat platform terbaru dari Toyota New Global Architecture/TNGA di Amerika Serikat.

Berdasarkan penuturan dari Jim Lentz, CEO, Toyota Motor North America, investasi s yang diberikan oleh Toyota merupakan salah satu perwujudan dari komitmen yang ingin memproduksi kendaraan dan komponen di lokasi-lokasi tempat penjaualan produknya.

“Investasi ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang kami untuk membangun lebih banyak kendaraan dan komponen di pasar tempat kami menjualnya,”jelas Jim Lentz.

Selain itu, tujuan lain adalah untuk memberikan pelayanan yang baik dan untuk memenuhi kebutuhan kepada pelanggan dan dealer Toyota dimasa yang akan datang.

“Strategi ini dirancang untuk lebih melayani pelanggan dan dealer kami, dan memposisikan operasi manufaktur kami untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan baik di masa depan,”imbuhnya.

Kelima pabrik Toyota di Ameriak Serikat yang menerima dana segar dari Toyota, yaitu Toyota Motor Manufacturing, KY; Bodine Aluminum Jackson, TN; Toyota Motor Manufacturing, WV; Toyota Motor Manufacturing, AL; dan Bodine Aluminum Troy, MO. Masing-masing pabrik akan bertanggungjawab dalam memproduksi masing-masing produk yang telah ditetapkan.

Baca Juga  Jaguar F-Type 2020 : Kucing Sport Masa Depan

Keberanian Toyota menggelontorkan investasi sebesar itu tak lain karena Toyota ingin selalu menjadi yang terunggul dalam memproduksi dan menjual mobil hybrid di seluruh dunia.

Toyota mengambil langkah besar untuk memperbanyak kendaraan ramah lingkungan. Tidak tanggung-tanggung Toyotamenggelontorkan dana hingga USD 373,8 juta atau setara dengan Rp 5 triliunan untuk bisa memproduksi mobil hybrid.

Eits, tapi jangan salah ya, Otolovers, investasi yang dilakukan oleh Toyota ini bukan untuk pabrik Toyota di Indonesia. Tapi di lima pabrik Toyota yang berada di Amerika Serikat untuk bisa memproduksi mobil hybrid, seperti dilansir situs resmi Toyota global.

Dikatakan, pabrik Toyota di Amerika Serikat ini akan menjadi kali pertamanya bisa memproduksi mobil hybrid di Amerika Serikat. Atau untuk pertama kalinya memproduksi motor listrik untuk mobil hybrid dan serta memproduksi platform terbaru Toyota New Global Architecture (TNGA). Investasi Rp 5 triliun ini baru akan benar-benar beroperasi pada 2020 mendatang.

Dari kelima pabrik yang mendapatkan dana segar dari Toyota ini memiliki tanggung jawab masing-masing. Seperti pabrik Toyota yang berada di Buffalo, West Virginia yang bertugas memproduksi transmisi hybrid vehicle. Selanjutnya pabrik Toyota yang berada di Georgetown, Kentucky akan bertanggung jawab untuk bisa memproduksi mesin 2.5 liter.

Untuk pabrik Toyota di Amerika Serikat selanjutnya yang berada di Missouri akan bertanggung jawab untuk bisa memproduksi cylinder head untuk mesin 2.5 liter terbaru di Bodine Alumunium Troy. Terakhir untuk pabrik Toyota yang berada di Huntsville, Alabama, akan melakukan penelitian untuk melakukan sesuatu pada mesin agar bisa cocok saat menggunakan platform TNGA.

“Investasi ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang kami untuk membangun lebih banyak kendaraan dan komponen di pasar tempat kami menjualnya,” kata Jim Lentz, CEO, Toyota Motor North America.

Baca Juga  Jaguar Land Rover Bakal Beli Satu Merek Mobil Premium, Ini Kandidatnya

“Strategi ini dirancang untuk lebih melayani pelanggan dan dealer kami, dan memposisikan operasi manufaktur kami untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan baik di masa depan,” tambahnya.

Selanjutnya dikatakan mesin 2.5 liter yang diproduksi di Kentucky dan transaxles West Virginia akan digunakan pada kendaraan hibrida yang ada di Amerika Utara seperti Highlander Hybrid yang diproduksi di Princeton, Indiana. Semua langkah ini pun diambil Toyota untuk tetap menjadi pemimpin dunia dalam penjualan mobil hybrid, atau bisa melampaui penjualan 3 juta unit di AS dan 10 juta unit mobil hybrid Toyota di seluruh dunia.

Berikut rincian investasi yang dikucurkan Toyota di pabrik-pabrik Toyota di Amerika Serikat

Toyota Motor Manufacturing, KY – $120,960,000

Bodine Aluminum Jackson, TN – $14,500,000

Toyota Motor Manufacturing, WV – $115,300,000

Toyota Motor Manufacturing, AL – $106,000,000

Bodine Aluminum Troy, MO – $17,050,000.