Resep Membuat Nasi Goreng Rumahan Spesial Enak Dan Praktis

Berikut ini kami akan berbagi berbagai aneka masakan nasi goreng dan juga resep cara memasak nasi goreng. Untuk kalian yang ingin belajar memasak nasi goreng atau hanya sekedar ingin tau berbagai macam resepnya, simak artikel kita yang beriku ini ya.

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana

Jika pengalaman Anda dengan membuat nasi goreng hanya menjadi makanan berminyak, terlalu asin dari makanan Cina, Anda perlu membuat versi nasi goreng sederhana  segar yang terinspirasi musim ini – tanpa penundaan! Nasi goreng Grace Young ringan dan harum. Saus dan jahe digunakan untuk bumbu, tapi tidak terlalu berat sehingga sayuran hilang. Anda bisa makan hidangan ini setiap hari dan tidak pernah bosan. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah tentang bagaimana bumbu nasi goreng sederhana yang cepat, mudah, dan lezat setiap saat.

Grace Young menyebut resep membuat nasi goreng ini sebagai “nasi goreng pria malas.” Dia bilang itu dia pergi-untuk hidangan setiap kali makan malam tiba dan dia menjadi sangat terganggu dengan pekerjaan sehingga dia lupa memasak apapun. Kunci nasi goreng yang baik adalah memiliki nasi siang yang dingin di lemari es: tidak hanya ini berarti tumis bersamaan dalam sekejap tapi juga menjamin nasi goreng dengan tekstur lembut yang lembut. Grace mengatakan bahwa dia menghasilkan dua kali lipat beras yang dia butuhkan setiap kali dia membuatnya sehingga dia selalu memiliki beberapa sisa makanan di lemari es untuk resep ini. Pastikan menepuk beras dengan segera setelah dimasak dan sebelum Anda menyimpannya, atau beras cenderung menguatkan ke dalam blok. Anda juga bisa membagi dua resep jika Anda tidak memiliki cukup banyak nasi seperti yang disebut di sini.Terus mencicipi hidangan saat Anda memasak. Anda tidak mencari kerak atau warna tertentu pada nasi. Hal itu dilakukan segera setelah rasanya enak bagi Anda. Dish it out dan menetap di: semangkuk nasi goreng ini adalah hal yang sangat menghibur.

  1. Potong bahan nasi goreng: Kunci terpenting untuk membuat tumisan yang baik adalah memotong masing-masing bahan dengan ukuran seragam seperti yang ditentukan di atas. Potong aromatik seperti yang diarahkan dan sisihkan dalam mangkuk. Irisan halus, lalu mince, jahe. Jangan parut pada parutan. Potong sayuran dan sisihkan juga
  • Nasi goreng 4 porsi

membuat nasi goreng

Bahan:

  • 2 sendok makan jahe cincang
  • 1/4 sendok teh serpih paprika merah
  • Sayuran
  • 1 cangkir wortel potong dadu
  • 1 cangkir biji jagung segar atau beku, defrosted
  • 1/2 cangkir kacang polong segar atau beku, defrosted
  • 1/2 cangkir daun bawang cincang
  • Untuk nasi
  • 2 sendok makan grapeseed, canola, atau peanut atau minyak sayur
  • 4 cangkir nasi dingin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh bubuk lada putih
  • 2 sdm kecap
  • 1 telur besar, kocok
  • 1/4 cangkir kacang pinus panggang, kacang almond, kacang tanah, atau kacang mede
  • 2 sendok makan cilantro cincang (opsional)

Peralatan:

  • Sebuah wajan baja datar datar 14 inci
  • Spatula ikan atau spatula tipis dan tipis lainnya untuk menggoreng

Instruksi membuat nasi goreng:

  • Potong Bahan nasi goreng enak : Kunci terpenting untuk bikin nasi goreng tumisan yang baik adalah memotong setiap bahan dengan ukuran yang seragam seperti yang ditentukan di atas. Potong aromatik seperti yang diarahkan dan sisihkan dalam mangkuk. Irisan halus, lalu mince, jahe. Jangan parut pada parutan. Potong sayuran dan sisihkan juga.
  • Langkah Opsional bumbu nasi goreng enak – Pancake Telur: Ada beberapa cara masak nasi goreng enak untuk menambahkan telur ke nasi goreng Anda yang telah selesai. Anda bisa memasak di telur kocok pada akhir memasak, atau Anda bisa membuat panekuk telur. Untuk melakukan ini, panaskan wajan dan tambahkan 1 sendok teh minyak. Berayunlah ke dalam minyak untuk melapisi bagian bawah wajan. Tambahkan telur kocok dan miringkan wajan agar sel telur menutupi permukaan seperti krep. Masak pancake sekitar 30 detik sampai satu menit sampai tepat. Gunakan spatula logam dan balik pancake dan masak selama 5 detik atau sampai set. Potong menjadi potongan kecil dan tambahkan nasi goreng di dekat akhir memasak. Siapkan mangkuk sayuran, aromatik, nasi, dan kecap di dekat kompor Anda. Juga, siapkan semangkuk kecil air di samping kompor. Hal ini lebih memudahkan ketika memasak agar tidak perlu mencari hal lain saat memasak.
  • Panaskan wajan: Nyalakan kompor kompor, setinggi mungkin. Atur wajan 14 inci di atas kompor panas tinggi ini. Untuk menentukan kapan wajan cukup panas, mulailah menjilati tetesan air dari mangkuk kecil ke dalam panci setelah 30 detik. Segera setelah bead air menguap dalam 1 sampai 2 detik kontak, wajan dipanaskan dan siap digoreng. Jangan terlalu panas wajan.
  • Tarik wajan dari Heat dan Add Oil, lalu Stir-Fry Aromatics: Tarik wajan dari api dan tambahkan 1 sendok makan minyak. Angkat wajan dan putar perlahan untuk melapisi bagian bawah dan samping. (Jika wajan mengisap dengan liar saat Anda menambahkan minyak Anda telah terlalu panas wajan.Lepaskan wajan dari panas dan biarkan dingin selama beberapa menit.Ketika cukup dingin untuk menangani dengan hati-hati menghapus minyak dengan handuk kertas, cuci wajan, dan mulai lagi.) Dengan wajan kembali di atas panas, tambahkan serabut jahe dan serpih merah dan tumis selama 10 detik atau sampai harum.
  • Tambahkan Wortel dan Tumis: Tambahkan wortel dan tumis selama 30 detik, atau sampai wortel berwarna oranye terang.
  • Tambahkan Jagung dan Kacang Hijau dan Tumis: Tambahkan jagung dan kacang polong dan tumis selama 1 menit.
  • Tambahkan 1 Minyak Tablespoon lagi: Kocok sisa sendok makan minyak ke dalam wajan.
  • Tambahkan nasi dan daun bawang dan tumis selama 2 menit. Tambahkan nasi dan daun bawang tumis selama 2 menit, bubuhkan nasi dengan spatula sampai dipanaskan.
  • Bumbui Beras: Bumbui nasi dengan garam dan lada putih.
  • Tambahkan Sausnya: Tuangkan kecap di sekitar tepi wajan dan tumis.
  • Selesai Beras: Tambahkan pancake telur cincang dan kacang pinus. Toss untuk menggabungkan. Sebagai alternatif, Anda bisa mengaduk 1 butir telur. Tumis sampai telur tidak lagi basah. Aduk di dalam ketumbar.

Catatan Resep menu nasi goreng:

  • Nasi Goreng dalam wajan 12 inci: Jika Anda memasak di wajan baja stainless 12 inci, potong dua resep untuk mencegah nasi jatuh dari panci.
  • Menggunakan Nasi Segar: Resep ini bahan bahan membuat nasi goreng baik dengan nasi tua. Tapi jika hasrat itu menghantam dan Anda tidak memiliki nasi siap, Anda bisa membuat nasi segar, menyebarkannya di atas selembar kertas, dan mendinginkannya hingga dingin.
  • Menggantikan Sayuran Lain: Gantikan hingga 2 1/2 cangkir sayuran menggantikan wortel, jagung beku, dan kacang polong beku. Sisa daging (robek atau potong dadu kecil) juga bisa ditambahkan.
Baca Juga  Macam-Macam Olahan Makanan Dari Ubi Jalar Enak Dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

Cara membuat nasi goreng sempurna dalam 6 langkah mudah

bumbu nasi goreng sederhana

Nasi goreng adalah pilihan takeout yang sangat populer, sering disajikan dengan spesial makan siang dan selalu dipesan oleh seorang teman saya, siapa yang tidak disebutkan namanya. Tapi nasi goreng adalah hal terakhir pada menu yang akan saya pesan saat bersantap di luar rumah, karena satu alasan: Sangat mudah dibuat di rumah. Setelah penggalian cepat di lemari es untuk nasi, sisa makanan semalam, dan harta apa pun mengintai di belakang, bahan bahan nasi goreng  semuanya datang bersama dalam waktu kurang dari 20 menit.

Apa saja membuat nasi goreng: ayam panggang sisa, steak panggang, ham, dan sayuran segar atau beku. Jangan gunakan sisa makanan “basah”, seperti kari, atau nasi goreng Anda akan berubah menjadi bubur. Membersihkan semua yang ada di piringmu tadi malam? Siapkan saja irisan tipis dada ayam, kupas udang, atau kubus tahu dalam beberapa kecap dan tumis hingga hampir matang, lalu sisihkan. Memasak aneka nasi goreng bukan sains; Anda tidak memerlukan bahan atau ukuran yang tepat. Tapi mendapatkan yang benar memang butuh sedikit pengetahuan. Saya telah membagikan sebagian besar nasi goreng yang dibakar, nasi goreng clumpy, dan nasi goreng yang tidak terlalu bagus, dan dengan senang hati saya dapat berbagi pelajaran yang saya dapatkan:

Gunakan nasi medium-to long-grain atau Beras melati yang merupakan pilihan saya, dan biji-bijian kokoh yang tidak rumpun atau berantakan saat digoreng. Nasi biji pendek cenderung lebih lembut dan tetap bersatu saat dimasak. Mulailah dengan buat nasi goreng matang yang telah didinginkan semalam. Nasi dingin lebih kencang, sehingga lebih mudah memisahkan dan menurunkan probabilitas nasi goreng lembek. Dua sampai tiga gelas harus cukup untuk memberi makan dua. Pecahkan setiap gumpalan besar dan pisahkan butiran dengan jari basah.Wajan panas yang terik dan sejumlah minyak yang memadai akan memastikan bahan Anda tidak menempel di permukaan. Panci besar, wajan, atau oven Belanda juga akan menjadi triknya.

Gunakan panci terbesar yang ada di dapur Anda dan jangan mengelompokkannya dengan bahan. Dengan kata lain, jangan mencoba memasak nasi goreng untuk pasangan Anda, anak laki-laki, anak perempuan kembar, dan nenek dan kakek juga. Satu sampai dua porsi sangat ideal. Sekarang setelah Anda benar-benar tercerahkan, Anda tidak akan pernah memesan nasi goreng untuk takeout lagi!

Berikut cara membuat nasi goreng dalam enam langkah:

  • Panaskan wajan 14 inci, atau panci terbesar yang Anda miliki, dengan api yang tinggi selama sekitar satu menit. Berputar sekitar dua sendok makan minyak dan panaskan sampai berkilau. Kurangi panas menjadi medium dan tambahkan beberapa bawang putih cincang dan cincang bawang bombay, lalu aduk sampai harum.
  • Tambahkan sayuran – Saya suka wortel, kacang polong, brokoli, dan napa kubis, dipotong menjadi potongan berukuran gigitan – dalam urutan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak (wortel dan brokoli biasanya paling lama, dan harus ditambahkan terlebih dahulu) . Masak sampai empuk, sekitar dua sampai tiga menit.
  • Tambahkan daging yang dimasak, dan masak sebentar atau beberapa saat untuk membuatnya segar.
  • Pindahkan semua bahan ke satu sisi wajan. Kumpulkan dua butir telur ke tengah, biarkan mereka duduk selama beberapa saat sampai mereka mulai terbenam. Kemudian, aduk hingga mengacaknya sampai mereka hampir matang, tapi masih sedikit basah.
  • Tambahkan nasi, aduk dan lempar di antara masing-masing tambahan. Gunakan spatula Anda untuk memecah gumpalan apapun. Tambahkan beberapa sendok makan saus pilihan Anda (tamari, saus tiram, saus teriyaki botol, pasta cabai, dll.), Ditambah garam dan lada hitam atau putih yang baru digiling secukupnya. Jangan menambahkan terlalu banyak saus atau benda akan lembek.
  • Aduk semua dengan cepat di sekitar wajan sampai nasi dipanaskan melalui, dilapisi dengan baik, dan berwarna dengan baik (potongan-potongan kecil putih di sini dan tidak apa-apa). Tambahkan lebih banyak minyak jika nasi mulai menempel pada wajan; kurangi panasnya jika mulai hangus. Rasakan dan sesuaikan bumbu jika perlu, lalu bagi nasi diantara piring makan. Sajikan segera dan nikmatilah!

Nasi goreng Thailand

nasi goreng bahan

Benar-benar cepat sebelum kita mulai dengan resep membuat nasi goreng ini, ayo kita membahas beberapa detailnya. Di Thailand, nasi goreng beserta ayam basil (atau variasi lainnya), adalah hidangan yang hampir setiap restoran tumis disajikan, terutama di warung makan. Anda bisa memesan nasi goreng Thailand dengan pilihan daging Anda, tapi salah satu versi favorit pribadi saya dikenal di Thailand sebagai khao pad goong (ข้าว ผัด กุ้ง), atau nasi goreng dengan udang.

Alasan saya sangat menyukainya, karena jika Anda mengupas udangnya, tapi tinggalkan kepala, jadi kebaikan berminyak dari kepala udang terasa seperti saus untuk melapisi nasi dengan rasa udang mentega merah – sungguh menakjubkan (saya ‘ akan menunjukkan bagaimana dalam resep ini). Dengan kata lain, Anda bisa membuat resep nasi goreng Thailand ini dengan udang atau daging atau protein lain yang Anda sukai.

Bahan yang Anda butuhkan:

Salah satu hal yang benar-benar membuat nasi goreng ini Thai (dari jenis nasi goreng lainnya dari seluruh dunia), adalah nasi goreng Thailand yang disajikan dengan irisan jeruk nipis di sampingnya, dan sesuatu yang dikenal dengan prik nam pla, yaitu Bumbu sambal dan saus ikan untuk menghias nasi goreng. Saya akan membuat resep nasi goreng Thailand ini dengan menggunakan udang, telur, brokoli Cina (kailan), bawang putih, bawang merah, bawang hijau, dan nasi.

  • Udang

nasi goreng sederhana

Cara terbaik untuk mendekati udang adalah dengan memulai dengan udang utuh utuh. Cengkeram kepala, dan de-shell tubuh, tapi tetap ekor (untuk gaya Thailand), dan mencoba untuk mempertahankan minyak udang dari dalam kepala di atas tubuh. Inilah yang akan memberi Anda nasi goreng warna orange oranye yang indah, dan cita rasa yang enak. Satu lagi yang berpikir, saya biasanya tidak menanamkan udang kecil seperti ini, tapi Anda bisa jika Anda mau.

  • Beras terbaik untuk digunakan?

bahan nasi goreng

Di Thailand, nasi melati wangi ini menjadi favorit. Ketika datang ke nasi untuk nasi goreng, sebaiknya gunakan nasi siang hari. Dengan begitu, nasi sedikit dikeringkan sehingga tidak lembek atau rumpun bersamaan saat Anda menggorengnya. Namun jika Anda harus menggunakan nasi yang baru kukus, cobalah untuk memastikan semangkuk nasi Anda telah mendingin dan agak kering sebelum Anda memulai. Jika Anda mencoba menggoreng nasi Anda saat masih lengket dan lembab, akan menempel ke panci dengan lebih mudah, dan juga tidak akan memberi Anda nasi goreng kering yang enak yang Anda cari.

  • Cabe dan saus ikan
Baca Juga  36 Daftar Menu Masakan Jawa Tengah Yang Enak

Seiring dengan nasi goreng itu sendiri, komponen terpenting dari resep nasi goreng Thailand ini adalah bumbu yang dikenal dengan cabe dan saus ikan. Tidak peduli apa restoran makanan jalanan Thailand yang Anda makan, Anda akan selalu menemukan bumbu lezat ini di atas meja Anda. Prik nam pla benar-benar tidak lebih dari potong dadu cabai yang dicampur dengan saus ikan (inilah yang biasanya saya gunakan), dan kadang-kadang peras jus jeruk nipis, dan hanya itu. Sedikit taburi saus ikan dan beberapa cabe segar di atas sepiring nasi goreng Anda, ditambah perasan jus jeruk nipis, ambil setiap gigitan nasi goreng ke tingkat berikutnya, dan benar-benar menjadikannya nasi goreng Thailand dari jenis lainnya. nasi goreng. Ok, sekarang mari kita masuk ke bahan membuat nasi goreng lengkap.

Resep nasi goreng Thailand dengan udang:

  • Waktu: Sekitar 15 menit selama Anda memiliki semua bahan yang siap digunakan untuk membuat nasi goreng enak
  • Ukuran resep: Resep ini hanya untuk 1 piring piring tunggal yang melayani 1 orang
  • Alat Masak: Saya suka menggunakan wajan gaya Cina, spatula
  • Rasa: Asin
  • Makanlah dengan: Taburan lada hitam, kecap ikan dan cabai, dan perasan jeruk nipis segar
  • Resep Nasi Goreng Thailand dengan Udang

Waktu persiapan: 15 menit

waktu masak: 5 menit

Total waktu: 20 menit

Membuat nasi goreng Thailand dengan udang (khao pad goong ข้าว ผัด กุ้ง), adalah hidangan makanan khas Thailand yang sangat khas, tersedia di semua restoran tumis. Meskipun Anda bisa memesan hidangan dengan pilihan daging Anda, udang adalah pilihan yang paling populer. Apa yang benar-benar membuat nasi goreng Thailand unik, apakah itu disajikan dengan perasan jeruk nipis di atasnya untuk memberi nuansa asam yang bagus, dan selalu disertai prik nam pla (พริก น้ำปลา), bumbu Thailand dari cabe dan saus ikan. Nikmati resep nasi goreng Thailand ini! Tonton video resep ini di sini.

Cara Dan Bumbu Membuat Nasi Goreng:

  • 1,5 cangkir beras melati cara memasak nasi goreng spesial dimasak didinginkan (atau nasi tua juga bekerja dengan baik) – Atau hanya memperkirakan sekitar 1 mangkuk normal penuh
  • Kira-kira 5 – 10 udang, kupas kupas, tapi ekornya
  • ¼ dari bawang putih besar (atau ½ dari bawang putih yang sangat kecil, seperti yang saya gunakan)
  • 1 daun brokoli Cina (atau sayuran berdaun hijau segar)
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • ½ sdm kecap
  • ½ sendok makan saus tiram
  • Mencubit gula (opsional)
  • 1 sendok makan minyak untuk menggoreng
  • Prik Nam Pla (Chilies in Fish Sauce พริก น้ำปลา)
  • 5 cabai Thailand
  • 3 sendok makan kecap ikan
  • ½ dari kapur

Instruksi membuat Nasi goreng:

bumbu nasi goreng enak

  • Jika Anda menggunakan udang segar seperti yang saya lakukan, pertama sejumput dari kepala, dan kupas kulit terluar udang, tinggalkan ekornya saja (itu gaya Thailand). Anda juga bisa menghancurkannya jika Anda mau, tapi untuk udang kecil, bagi saya itu tidak masalah.
  • Kupas 2 siung bawang putih, lalu cincang halus
  • Irisan ¼ dari bawang putih manis ke dalam strip berukuran sedang
  • Dadu halus sekitar 3 – 4 bawang hijau
  • Ambil hanya 1 daun brokoli Cina (kai-lan), iris menjadi dua bagian pertama sepanjang tulang belakang, lalu iris menjadi potongan berukuran 1 sentimeter.
  • Nyalakan kompor Anda sampai sedang tinggi, panaskan wajan Anda (atau penggorengan), dan tambahkan sekitar 1 sendok makan minyak.
  • Setelah minyak Anda panas, tambahkan bawang putih terlebih dahulu, dan tumis terus menerus sekitar 15 detik atau lebih, sampai menjadi bagus dan harum.
  • Selanjutnya, aduk udang Anda, dan goreng selama sekitar 30 detik – udang Anda harus mulai menjadi merah muda dan merasa lebih teguh
  • Tambahkan sedikit kurang dari ½ nasi Anda terlebih dahulu. Ini akan menyerap semua jus dan minyak udang yang lezat dan menjaga nasi Anda tetap enak dan kering. Tumis sekitar 10 detik lagi – Ini adalah trik yang sedikit diketahui untuk menghasilkan nasi yang baik, jadi tetap bagus dan kering
  • Geser semua nasi Anda ke satu sisi panci, lalu masukkan telur ke sisi yang kosong
  • Whirl the egg up, biarkan masak selama beberapa detik, lalu mulailah mencampurnya dengan nasi dan udang
  • Jauhkan aduk selama 20 detik sampai telur matang, lalu tambahkan sisa nasi Anda, dan aduk sebentar.
  • Tambahkan ½ sendok makan kecap, ½ sendok makan saus tiram, cukup sedikit gula (opsional), dan terus aduk menggoreng nasi Anda, pastikan semua saus tercampur rata.
  • Kemudian tambahkan brokoli dan bawang putih cincang Cina Anda, dan tumis lagi 30 detik sampai sayuran layu, tapi tetap segar dan tidak dimasak dengan matang.
  • Terakhir, aduk bawang hijau Anda, aduk beberapa detik lagi, dan sudah siap
  • Segera masukkan nasi goreng Anda ke piring
  • Iris irisan jeruk nipis, dan sajikan di piring di sebelah nasi
  • Untuk sentuhan terakhir, saya ingin menaburkan beberapa lada hitam yang baru digiling di atas untuk memberi sedikit rasa tambahan
  • Tambahkan 3 sendok makan kecap ikan ke mangkuk kecil
  • Sepotong sekitar 5 cabai Thailand (Anda bisa menambahkan lebih atau kurang, terserah Anda), dan menambahkannya ke saus ikan

Akhirnya, saya suka dengan sedikit perasan sekitar ½ jeruk nipis – tapi ini opsional – dan di banyak restoran Thailand hanya ada kecap dan cabai ikan. Hal lain yang ingin saya lakukan, sebelum saya mulai makan nasi goreng, adalah dengan memercikkan beberapa lada hitam yang baru digiling. Ini hanya menambahkan rasa halus lainnya yang indah ke piring.

Kemudian saya ingin menggali mangkuk cabai dan saus ikan (prik nam pla), dan meraup beberapa rasa lezat itu dan dengan murah hati memasukkannya ke setiap gigitan. Dan lagi, alasan nasi goreng Thailand keluar begitu oranye warnanya, adalah karena minyak kepala udang. Jika Anda menggunakan udang segar dan masih memiliki head-on, Anda masih mengelupas sebelum memasak, tapi usahakan sebagian besar bagian dalam kepala tetap terhubung – ini akan menambahkan minyak udang yang indah ke nasi goreng Anda, membuat semuanya semakin lezat, dan Anda juga akan menyukai warna oranye.

Kesimpulan:

Salah satu hidangan sederhana terbaik untuk dibuat dengan nasi tua adalah nasi goreng, dan ini tanpa diragukan lagi merupakan pesaing untuk makanan yang paling menyejukkan di dunia (setidaknya menurut saya begitu). Resep membuat nasi goreng Thailand yang otentik ini mirip dengan masakan nasi goreng versi lain, namun ada beberapa variasi berbeda, terutama saus ikan dan cabe yang Anda makan.