Suzuki SX4 “Facelift” Meluncur Sesaat Lagi

Memasuki fase akhir tahun, perang diskon mobil dimulai. Nilainya besar-besar, termasuk buat salah satu model Suzuki, SX4 S-Cross. Pramuniaga diler Suzuki di kawasan Jakarta Pusat memberikan potongan harga hingga Rp 40 juta.

Berdasarkan pengakuan tenaga penjual yang menolak disebutkan identitasnya itu, diskon besar tersebut untuk menghabiskan stok karena informasinya ada model baru.

“Jadi kita berikan diskon spesial kepada konsumen. Unitnya produksi 2017,” kata tenaga penjual itu dikutip dari KompasOtomotif.

Konsumen yang tertarik, lanjut salesman itu akan langsung diproses. Pembelian secara kredit atau tunai diskonnya sama saja, hanya beda dari penerimaan unit.

“Kalau kredit biasanya sekitar tujuh atau 10 hari kerja. Kalau tunai lebih cepat dari itu,” ucap dia.

Apakah ini pertanda adanya model baru? Ketika dikonfirmasi terkait model baru, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W Donny Saputra belum mau bicara banyak.

“Ditunggu saja, yang pasti kita akan punya banyak kejutan sampai tahun depan,” ujar Donny.

Kehadiran calon model facelifted dari Suzuki SX4 semakin dekat. Dari pernyataan sumber internal Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah mengungkapkan kemungkinan akan meluncur pada November nanti.

Gambar yang kami terima, menunjukkan sejumlah unit SX4 S-Cross facelifted sedang digendong truk logistik sedang melintas di Bekasi, Jawa Barat. Berikut terang akun media sosial Fiera saat mengabadikannya.

Suzuki SX4 S-Cross facelifted sendiri sudah melantai perdana di Paris Mondial de l’Automobile, pada September 2016, kemudian meluncur di India. Perbedaannya sendiri dari model sebelumnya terlihat jelas pada bagian tampilan luar.

Menonjolkan kesan gagah dari sebelumnya yang tampak lebih mewah. Di mana, bagian bumper mengaplikasikan garis-garis kokoh layaknya sebuah SUV tangguh di medan berat, termasuk bagian sisi hingga belakang.

Baca Juga  Penyebab Tenaga Mesin Melemah

Selain eksterior, bagian interior dari SUV kompak penantang Honda HR-V ini juga akan mendapat tampilan baru yang diklaim dengan kualitas interior lebih halus dan juga canggih. Ada pilihan warna bari di dasbor serta konsol tengah baru.

Di balik bonnet, kemungkinan Suzuki masih memanfaatkan mesin 1.500 cc M15A VVT dengan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 6-percepatan, bertenaga 109 Hp.

Meski baru satu tahun, tapi SuzukiIndomobil Sales (SIS) siap meremajakan kembali SX4 S-Cross. Tampang baru dari SX4 juga mulai ramai menampakan diri di dunia maya melalui beberapa foto-foto spyshot ketika dalam pengiriman di Indonesia.

Ketika dikonfirmasi mengenai kabar kehadiran SX4 facelift, Direktur Pemasaran SIS 4W Donny Saputra, belum mau banyak berkomentar.

“Soal itu (SX4 facelift) kita belum bisa bicara banyak sekarang, mungkin awal bulan depan (November) baru bisa kita info lebih detail,” kata Donny.

Menurut Donny, untuk model yang diluncurkan pada 2016 lalu sudah mendapat respons positif. Namun SIS juga mendapat masukkan dari pada pecinta SX4 di Tanah Air.

“Dari respons yang kami terima, kami banyak masukan soal tambahan kenyamanan saat berkendara. Itu pasti jadi bahan pertimbangan, jadi nanti akan ada fitur-fitur yang kita aplikasi untuk penyesuaian, seperti audio dan lain-lain,” ucap Donny.

Seperti diketahui, SX4 facelift dapat penyegaran dari sisi tampilan depan. Desain gril dan bumper dibuat lebih berani dengan model kisi-kisi vertikal yang dihadirkan melalui lapisan krom.

Lampu utama sudah mengapikasi LED dan daytime running light (DRL). Dari sektor mesin, untuk SX-4 yang beberapa waktu lalu diluncurkan di Taiwan rupanya sudah tidak lagi mengusung mesin 1.600 cc, namun diganti dengan mesin 1.400 cc turbocharger.