Teknik Sederhana Cara Memakai Kamera Canon dan Mengenal Berbagai Tombolnya

Kini telah hadir camera DSLR CANON, yang membuat hasil foto anda lebih bagus dan sempurna dari camera hp yang biasa anda gunakan.setiap merk dari camera DSLR memiliki cara penggnaan sendiri-sendiri. Cara memakai camera canon adalah sebagai berikut:

  • kenali tombol-tombol dari camera DSLR

Anda harus mengetahui dimana letak pengaturan tombol ISO, white balance, dan auto focus.

  • mode sutter dan aperture

Kedua mode ini memiliki peran sangat penting pada camera digital. Karena denga ini anda akan lebih udah memoret. Tetapi untuk para pemula jangan terlalu sering menggnakan tombol manual.

  • kenali white balance

Supaya camera bisa memotret objek dengan warna yang menyesuaikan kondisi.

  • kenali penggunaan histogram

Ini merupakan komponen paling vital. Melalui histogram anda bisa mengetahi hasil foto/ objek menjadi lebih detail.

  • memahami fitur automatic exposure bracketing

Fitur ini dapat membantu anda para fotografer pemula. Anda bisa memotret dengan hasil yang baik meskipun dalam kondisi yang sangat terang.

  • melepas shutter

Tombol shutter ini tidak bisa di gunakan sembarangan. Anda harus bisamemperkira kan kapan untk melepaskan tombol shutter.

  • mengunci fokus

Supaya hasil potretan anda lebih terfokus anda harus memahami terlebih dahulu cara mengunci focus.

  • menampilkan subyek dengan jelas

Bentuk subyek akan tampak lebih mendalam lewat pengaturan yang pas.

  • memakai flash camera

Jika anda menggnakan flash maka hasil foto anda akan terlihat lebih jelas.

  • ketahui depth of field pada foto

Anda bisa membuat background blur supaya gambar terlihat lebih jelas.

HASIL CAMERA CANON

  • Canon eoes 12000Dcara memakai kamera canon

Camera canon memiliki lensa bawaan yaitu lensa kit 18-55mm yang bisa menghasilkan jepretan yang bagus dan gambar yang tajam dengan kualitas HD. Dan juga ada 18 megapixel APS-C yang menjadi pelegkap dari jepretan gambarnya. Camera canon juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan camera canon yaitu:

  • sensor baru 18 megapixels yang meningkat dari 6 pixel di banding camera sebelumnya.
  • ukuran layar lebih besar 3 inchi dari resolusinya bagus 460.000 dot.
  • Bisa merekam video dengan resolusi 1080p dan juga ada fitur jadi kita dapat mengatur eksposur video manual.
  • adanya aplikasi smartphone yang menjadi pelengkap
  • adanya optik viewfinder yang sama dengan camera yang sebelumnya yaitu 0.8x pentamirror dengan ukuran 9 titik sistem auto fokus.

Kekurangan camera canon :

  • autofocus lamban
  • burst shooting maksimal hanya 3 fps
  • buffer saat mengambil gambar RAW
  • lensa entry level dan tidak memiliki image stabilization
  • no mode auto HDR
  • titik fokus sedikit
  • mode burst yang cukup lamban
  • resolusi LCD yang rendah dan gambar akan menjadi kurang bagus pada saat dalam zoom mode
  • banyak orang yang mengatakan bahwa kamera ini cocok untuk para pemula, untuk cara menggunakan camera canon 1200D sendiri juga tidak sulit.

CAMERA CANON YANG BAGUS

  • canon EOS 700D

hasil kamera canon

Camera canon EOS 700D ini juga termasuk camera canon yang bagus. Cara memakai camera canon ini juga tidak rumit. Caranya sama dengan yang sudah kami jelaskan di atas. Canon 700D ini di lengkapi dengan resolusi 18 Mp. Full HD 1080 dan layar LSD sentuh. kira-kira harganya sekitar 8 jutaan.

  • canon EOS 70D

kamera canon yang bagus

Harga canon 70d ini lebih mahal dari canon 700d harga canon 70d sekitar 17 jutaan. Canon 70d memiliki resolusi 18 mp dengan ukuran CMOS sensor 22.3 x 14.9 mm selain untuk memotret camera ini juga bisa untuk merekam video dengan resolusi 1920 x 1080

  • canon eos 60d

efek kamera canon yang bagus

Canon eos 60d ini memiliki keunggulan pengambilan gambar di luar ruangan. Cocok sekali untuk para fotografer yang mungkin lebih sering mengambil gambar di luar ruangan. Apalagi untuk anda yang suka travelling. Harga nya sekitar 8 jutaan.

  • camera canon eos 1100D

cara mengatur efek kamera canon

Camera yang satu ini termasuk camera yang paling murah jika di bandingkan dengan camera lainnya. Camera ini memiliki sensor hanya 12.2 Mp saja. Harganya sekitar 5 jutaan.

  • camera canon 1200d

cara menghidupkan kamera canon

Camera ini juga termasuk jenis camera canon yang bagus meskipun harganya juga cukup murah. Camera ini sangat cocok untuk pemula yang baru terjun di dunia fotografi.

EFEK CAMERA CANON YANG BAGUS

cara mengganti efek kamera canon

Bagi anda pencipta fotografi terutama yang menggunakan camera canon, anda wajib tau efek camera canon yang bagus. Camera yang umum di gunakan oleh para fotografer adalah camera canon. Selain fotogrfer kalangan anak muda menengah atas juga sudah menggunakannya uumnya para remaja yang suka foto. Karena fiturya yang bagus dan spesifikasinya juga yang meebihi camera digital pada umumnya  dan juga ada efek untuk memperindah hasil jebretan. Dalam artikel ini kami akan menyajikan 5 efek camera canon yang kekinian, yang wajib anda ketahui.

Berikut adalah penjelasannya :

  • efek akiiro kouyou

Efek ini adalah efek camera terkeren yang terdapat di dalam camera DSLR canon. Untuk belajar dasar dasar dalam teknik fotogafi memerlukan banyak usaha dan salah satu konsep fotografi yang bisa dibilang rumit untuk seorang pemula adalah hubungan antara ISO . aperture dan sutter speed.

  • eyer beauty shot

Untuk menerapkan efek eyer beauty shot anda harus memperhatikan juga bagaimana jumlah cahaya yang masuk yang anda tentukan akan mempengaruhi foto.

  • japanese style

Anda harus mengimbang efek japanese style ini dengan memperhatikan bagaimana cara menghasilkan foto dengan kualitas terbaik yang artinya minim noise. Semakin tinggi setting ISO yang di gunakan semakin banyak bintik bintik pada hasil foto yang di dapatkan. Jika anda tidak menginginkan hasil foto anda banyak bintk bintik maka anda harus mengusahaan setting ISO seredah mungkin. Contohnya ISO 50, ISO 100. Hiaukan ISO ya g tinggi karena hasil foto akan sangat tidak jelas.

  • flower

Efek ini adalah efek yang populer saat ini. Jika anda memperhatikan ISO anda tidak akan selalu bisa memilih ISO rendah. ISO merupakan tingkat sensitifitas. Jika kondisi lowlight anda memakai ISO rendah maka foto yang anda hasilkan akan erlihat gelap bahkan tidak terlihat karena bisa menjadi sensor sangat sensitif.

  • landscape

Ini adalah kombinasi efek keren dengan aperture , sutter speed dan ISO menunjang kualitas hasil foto.  Dengan berjalannya waktu jika semakin banyak anda berlatih mengambil foto dengan pengaturan manual akan semakin lama anda mengerti dengan sendirinya hubungan antara ketiganya.

CARA MENGATUR EFEK CAMERA CANON

cara mengatur efek kamera canon

Bagi anda yang mugkin baru menggunakan camera canon mungin and masih belm faham bagaimana cara memakai camera canon. Tenang saja, anda biasa mengikuti tutorial yang sudah saya jelaskan di atas. Dan jika anda ingin hasil foto yang anda ambil lebih indah anda bisa menggunakan efek camera yang sudah di sediakan dan anda bisa memilih efek camera yang anda iginkan. Efek efek camera yang populer saat ini sudah saya jelaskan dalam pembahasan artikel di atas. Semoga penjelasan saya tentang cara mengganti efek camera pada camera canon ini bisa bermanfaat untk anda yang pemula. Selamat mencoba dan semoga berasil.

Baca Juga  Sangat Mengagumkan, Hasil Fotografer Terkeren Di Tahun 2018

Jika anda membeli camra digital / camera DSLR canon anda harus mengenali tombol tombolnya terlebih dahulu. Dan jika anda sudah mengenali semua tombol tombol dan fungsinya anda akan lebih mudah menggunakannya.

Cara menghidupkan camera DSLR adalah dengan menekan tombol ON. Setelah camera aktif coba cek fokus camera dengan melihat satu objek melalui viewfinder. Bagi anda yang pemula anda harus membiasakan melihat objek menggunakan viewfinder jangan menggunakan monitor LCD . ini bertujuan supaya mata anda terbiasa dengan viewfinder supaya anda bisa menguasai objek yang akan anda foto.

  • Hasil Foto Kamera Canon

cara mengganti efek kamera canon

Setiap type camera canon memiliki hasil potret yang berbeda.Karena setiap type memiliki kualitas yang berbeda.

Dan hasil foto juga tergantung anda yang menggunakan. Jika anda menggunakan nya dengan baik dan mengaturnya dengan baik maka hasil foto yang anda jepret akan terlihat indah dan menarik.

Pengaturan cahaya harus pas, sehingga foto yang anda hasilkan tidak terlihat gelap. Jika anda igin menghasilkan foto bacground blur anda harus mengatur titik fokus nya. Dan bagaimaa cara mengkombinasikan agar blur yang di hasilkan bagus.

Hindarii bintik bintik pada foto supaya foto anda trlihat jelas. Apabila anda masih bingung dengan cara memakai camera canon anda bisa mengikuti penjelasan saya di atas.

  • Cara Pakai Kamera Canon

Mungkin anda yang masih pemula bingung bagaimana cara memakai camera canon. Anda bisa melihat tutorial nya di iternet tapi sekarag akan saya bahas di sini bagaimana cara menggunakannya

  • aktifkan camera

tekan tombol ON. Setelah camera aktif coba cek fokus camera dengan melihat satu objek melalui viewfinder. Bagi anda yang pemula anda harus membiasakan melihat objek menggunakan viewfinder jangan menggunakan monitor LCD . ini bertujuan supaya mata anda terbiasa dengan viewfinder supaya anda bisa menguasai objek yang akan anda foto.

  • atur menu pada camera

Sebelum memulai pemotretan anda harus bisa melakukan pengaturan pada kamera anda. Mulai dari pengaturan ISO , white balance, format gambr, diafragma, suterspeed , dan ukuran gambar yang aan di simpa di memory camera.

Kemampuan anda men-setting kamera tentu tidak akan memberikan hasil yang memuaskan begitu saja , di perlukan pembelajaran dan praktek yang terus menerus dimana akan ada tantangan untuk anda supaya bisa untuk meramu perpaduan antara sutter speed, aperture , (diafragma/f) dan ISO.

Ketika mengambil foto objek yang bergerak di butuhkan sutter speed yang cepat agar objek terlihat jelas dan apabila mengambil foto di tempat yang gelap maka sutter speed harus di atur selambat mungkin supaya camera bisa mengumpulkan banyak cahaya untuk menerangi objek yang akan di potret. Untuk menghindari blur akibat kamera yang goyang saya menyarankan anda untuk menggunakan tripod.

Dalam memilih iso anda harus extra hati hati kaena semakin tinggi nilai iso mak aan semakin cepat sensor pada cahaya.  Kunci ISO dan sutter speed. Jika anda menggunakan iso rendah sebaiknya anda guakan saat hari cerah sedangkan iso tig bisa anda gunakan pada saat objek berada dalam cahaya yang rendah.

  • bidik objek yang anda iginkan

Setelah anda setting tingkat exsposure maka itu adalah saatnya untuk anda mulai membidik objek yang akan di foto. Keahlian anda dalam menentukan angle dan sense of art anda bisa membuat sebah objek yang biasa dipandag mata dapat menjadi luar biasa apabila di pandangdi camera.

  • gunakan fokus otomatis

Jika anda ingin menghasilkan foto yang sempurna ,tajam, dan jelas tanpa harus repot melakukan pengaturan fokus, maka ada baiknya anda ika menggunakan fokus otomatis yang sudah tersedia di dalam kamera DSLR. Anda bisa mengetahui atau mencoba melihat apakah fokus otomatis bekerja atau tidak dengan menekan setengah tombol google.

  • perhatikan empat elemen tombol shooting

Yaitu kondisi pencahayaan, komposisi, sudut pengambilan  ( angle ) dan momen yang tepat untuk melakukannya.  Empat elemen tersebut tidak dapat di lupakan karena empat elemen tersebut memiliki peranan.

CARA MEMOTRET YANG BAGUS MENGGUNAKAN CAMERA CANON

sebelum memulai proses untuk memotret dengan  kamera Canon. anda kemudian beralih untuk membahas depth of field dan fokus, menjelaskan dengan jelas langkahnya, menggunakan Aperture, fokus, serta focal length, anda dapat mengontrol depth of field, sebelum menggunakan beberapa jurus handal untuk memilih pengaturan Shutter Speed yang tepat.

Kita juga akan membantu anda untuk melangkah pada Modus Manual, menunjukkan anda bagaimana cara memotret secara handal dengan lensa, kemudian tanpa berlama-lama lagi, kami akan mencerahkan hidup anda dengan cahaya intisari keterampilan fotografi. Pada akhirnya, kita menyimpulkannya dalam sebuah pilihan dengan cara-cara terhandal yang dapat anda sesuaikan dengan kamera anda. Berikut tips-tipsnya:

  • FORMATLAH KARTU MEMORI ANDA

Biasakanlah untuk selalu memformat kartu memori sebelum menggunakannya. Jika tidak, semua foto anda akan terhapus serta data, termasuk gambar yang sudah terlindungi, jadi pastikanlah anda telah mengirimnya ke komputer sebelum pemotretan. Anda harus selalu memformat kartu memori pada kamera anda yang anda gunakan, pilihannya terdapat pada Yellow Set-up Menu, tapi biasanya juga ada di My Menu Option pada Kamera EOS yang menawarkan fitur tersebut. Dengan memformat kartu memori, semua foto pada kamera anda akan menjadi aman dan tidak terhapus, dengan begitu cara kerja kameramenjadi semakin handal. Gunakanlah pilihan Low Level Format sedapat mungkin untuk melindungi kartu dari file/data yang “tersembunyi”.

  • MEMILIH TITIK AUTO-FOKUS

Sistem fokus pada kamera anda terbuat dari sekumpulan titik auto-focus yang terdapat pada pusat view-finder. Tipe kamera DSLR menengah memiliki 9 titikauto-focus, sedangkan keaneka ragaman model lainnya memiliki titik auto-focus hingga 61 poin. Dengan menetapkan sistem auto-focuspengaturannya akan menjadi pilihan otomatis dan semua titik fokus akan aktif. Untuk memeriksanya, tekan tombol Grid dan semua titik fokus akan menjadi terang. Kamera akan menjalankan fungsinya sesuai dengan pengaturan yang anda lakukan, dan ini tak hanya terjadi pada subjek. Jadi, kontrol dan pilihlah secara manual titik autofocus dengan menggulir tombol fungsinya pada Main Dial. Beberapa kamera DSLR memungkinkan anda untuk memilih sekumpulan titik auto-fokus yang bermanfaat untuk membidik subjek yang bergerak.

  • MENGATUR KUALITAS GAMBAR DALAM FORMAT RAW
Baca Juga  Mengenal dan Mempelajari Teknik Dasar Fotografi Untuk Pemula

kamera Canon bisa merekam foto dalam dua format kualitas gambar, yaitu: JPEG dan Raw. Format JPEG di proses oleh kamera dan filenya lebih kecil karena gambar pada format ini telah diolah sebelum disimpan dalam kartu memori. Format Raw ukurannya lebih besar, jadi anda tidak dapat mengubahnya secara berlebihan saat ingin memasukkannya dalam kartu memori. Foto dalam format Raw juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk disimpan, jadi anda tidak dapat memotret banyak gambar dalam waktu yang cepat. Jika anda memotret dengan subjek fast-movingsebaiknya anda menggunkan format JPEG. Meskipun format Raw menawarkan kualitas super untuk foto anda, karena memiliki detail yang lebih memadai, tapi format ini harus diproses terlebih dahulu dalam perangkat lunak Raw, yaitu: Canon’s Digital Photo Professional.

  • KECERAHAN LAYAR

Anda dapat menyesuaikan kecerahan layar di kamera anda pada menu Set-Up. Akan tetapi, anda harus ingat bahwa semakin terang layar tampilan, semakin cepat juga baterai akan habis.

  • KONFIRMASI AUTO-FOCUS 

Pada saat anda menekan tombol shutter secara ringan (separuh jalan) agar fokus, cahaya konfirmasi untuk fokus akan berkedip pada view-finder. Saat fokus telah dicapai, cahaya ini akan menetap.

  • GAMBAR YANG LEBIH TAJAM 

Jika tampilan gambar pada viewfinder kelihatan buram, tapi cahaya pada Konfirmasi AutoFokus menyala, cobalah untuk menyesuaikan diopter eyepiece di belakang rubber eyecup.

  • MY MENU

Menggulir menu pada kamera bisa menjadi pekerjaan yang membosankan, tambahkanlah fungsi pada kamera yang paling sering anda gunakan pada pilihan My Menu berwarna hijau, untuk mengaksesnya dengan cepat setiap saat.

  • USAHAKAN AGAR BATERAI KAMERA ANDA AWET

Kamera DSLR EOS anda terbuat dari baterai Lithium-Ion, yang perlu diisi daya sebelum anda menggunakannya. Ketahuilah beberapa daftar penyebab kemungkinan melemahnya baterai kamera manual, meskipun telah diisi ulang. Ada banyak variabel yang menyebabkan baterai kamera anda cepat habis. Live-View adalah penyebab utama terkurasnya baterai, berikutnya yaitu image playback, penggunaan auto-focus secara terus-menerus, serta image stabilization. Pertimbangkanlah untuk tidak menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut saat baterai anda sudah hampir melemah.

  • PAHAMILAH PENGATURAN SHUTTER SPEED, APERTURE DAN ISO

Ketiga hal ini merupakan elemen pencahayaan dalam fotografi. Shutter speed, Aperture dan ISO sangat penting untuk anda pahami jika anda menginginkan hasil potret yang bagus. Para fotografer sering menyebut ketiga elemen ini sebagai Exposure Triangle” serta memahami pengaturan ketiga elemen ini yang saling mempengaruhi satu sama lain, membawa anda pada landasan yang mendasar dalam fotografi.

Shutter Speed- Mengontrol seberapa besar bukaan Shutter pada kamera anda. Jika anda mengatur shutter speed lebih pelan, anda dapat memperoleh cahaya lebih dalam kamera, memungkinkan anda memotret dalam kondisi Low Light Photography, tapi yang harus di waspadai yaitu guncangan pada kamera. Pencahayaan yang lebih lama meningkatkan resiko foto buram karena pergerakan tangan anda.

Aperture- mengontrol area sekitar untuk mengetahui cahaya mana yang dapat masuk dalam kamera anda. Jika anda mengatur bukaan Aperture terlalu besar (biasanya di indikasikan oleh sebuah fokus yang lebih kecil), anda akan mendapatkan cahaya yang lebih untuk masuk kedalam kamera, tapi hasilnya anda akan mendapatkan depth of field yang sempit, yang berarti bahwa sebagian besar foto anda akan keluar dari fokus.

Pengaturan ISO dalam sebuah kamera adalah rekan terbaik anda. ISO membantu meningkatkan sensitifitas cahaya pada sensor gambar dalam kamera anda. Jika anda mengatur nilai ISO dalam jumlah yang tinggi, secara mendasar anda dapat memperoleh cahaya lebih tanpa menyesuaikan Shutter speed atau Aperture anda. Pengaturan ISO merupakan terpenting dan sangat berpengaruh. Anda dapat menggunakannya sesering mungkin, dalam kegiatan memotret anda untuk mengambil gambar yang indah serta memotret secara lebih jelas dalam kondisi kurang pencahayaan.

  • MEMOTRETLAH DI LUAR RUANGAN

Terkadang, untuk memotret foto yang bagus saat dipandang, anda harus keluar ruangan. Keluarlah dari rumah anda, pergilah ke lapangan, taman atau pantai. Dimana pencahayaan di tempat tersebut lebih baik. Belajarlah untuk memotret hanya ketika anda berada diluar. Ketika anda berjalan-jalan, duduk disebuah bangku taman, dan lain-lain. Setelah memotret semua gambar anda, anda dapat dengan mudah mengeditnya. Lihat dan rekamlah pengaturan pencahayaan pada tiap foto yang anda potret. Sering berjalannya waktu, anda akan paham pengaturan apa yang tepat anda gunakan untuk mendapatkan hasil foto terbaik dalam kondisi pemotretan yang berbeda. Hal bagus lainnya yang anda dapatkan saat memotret diluar, yaitu anda dapat melibatkan orang dalam foto anda. Orang lain akan membuat foto anda jadi lebih menarik. Memotret objek dalam rumah anda menjadikan fotografi anda terkesan tidak kreatif dan menarik.

  • PAHAMI KAMERA ANDA

Memahami cara kerja kamera anda merupakan langkah utama untuk memotret foto yang terbaik. Ketika anda membeli kamera baru, jangan hanya sekedar menyimpan kamera tersebut! Ambillah dan pegang, serta rasakan manfaat dari perangkat yang anda miliki tersebut. Yang terpenting, anda harus mempelajari pengaturan manual pada kamera, baca dan cobalah untuk menggunakan tiap fungsi dari kamera tersebut. Kamera DSLR memiliki begitu banyak pengaturan manual, tapi jaminannya setelah anda memahami manual tersebut, anda akan mendapatkan pelajaran berharga tentang apa yang bisa dan tidak bisa kamera anda lakukan.

  • MENGGANTI LENSA  

cara pakai kamera canon

Hal terpenting ketika mengganti lensa, yaitu lindungilah sensor dari segala debu dan kotoran, jadi hindarilah untuk mengganti lensa saat cuaca sedang berangin. Matikan kamera dan sebelum mencabut lensa, pastikan posisinya berada dalam genggaman. Balikkan kamera, jadi butiran debu tidak dapat jatuh dan masuk kedalam kamera, kemudian gantilah lensa dengan cepat. Jika pembersih sensor otomatis tidak berfungsi saat anda menghidupkan kamera, aktifkanlah pada menu.

  • CARA MENGGANTI EFEK CAMERA CANON

cara memotret yang bagus dengan kamera canon

Untuk anda yang mugkin baru menggunakan camera canon mungkin and masih belm faham bagaimana cara memakai camera canon. Tenang saja, anda biasa mengikuti tutorial yang sudah saya jelaskan di atas. Dan jika anda ingin hasil foto yang anda ambil lebih indah anda bisa menggunakan efek camera yang sudah di sediakan dan anda bisa memilih efek camera yang anda iginkan. Efek efek camera yang populer saat ini sudah saya jelaskan dalam pembahasan artikel di atas. Semoga penjelasan tentang cara mengganti efek camera pada camera canon ini bisa bermanfaat untk anda yang pemula.