Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah dan Seru Untuk Dikunjungi

Sejarah Singkat Kota Bogor

Kota Bogor? Pasti nama kota satu ini sudah tidak asing bagi anda. Kota Bogor adalah salah satu kota besar yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota Bogor dikenal dengan sebutan kota hujan. Disebut kota hujan karena di kota ini sering turun hujan dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Kota Bogor ini memiliki 6 kecamatan, dan terbagi sekitar 68 kelurahan.  Selain disebut kota hujan, kota Bogor juga telah lama dikenal dengan banyak nya pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Tak hanya itu, banyak sekali  tempat wisata di bogor yang murah dan sangat diminati wisatawan.

Kota Bogor dulunya bernama Buitenzorg yang berarti tanpa kecemasan atau aman tenteram. Sejarah awal mula berdirinya Kota Bogor, ditetapkan tanggal 3 Juni, karena pada tanggal itu terjadi pelantikan Raja Pajajaran yang terkenal yaitu Sri Baduga Maharaja yang dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 1482.  Tahun 1950, Buitenzorg menjadi Kota Besar Bogor yang ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 16 tahun 1950.

Dari sisi sejarah sendiri, Kota Bogor adalah salah satu wilayah yang menjadi pusat kerajaan tertua di Indonesia. Awal mula Pusat pemerintahan kota Bogor masih berada di wilayah Kota Bogor yaitu tepatnya di Panaragan, kemudian dipindahkan dan ditetapkan di Cibinong. Mulai tahun 1990 Kantor Pemerintahan di Cibinong dijadikan sebagai pusat kegiatan pemerintahan.

Wisata Alam Di Bogor

Curah hujan yang cukup tinggi di Kota Bogor menjadikan kota hujan satu ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bernuansa alam. Kondisi alam ini menjadikan banyak sekali wisatawan yang ingin menikmati liburan dengan menghirup udara segar yang terdapat di kota ini. Berikut referensi wisata alam di Bogor yang bisa anda kunjungi.

  1. Situ Gede

tempat wisata di bogor yang murah

Wistata alam di Bogor yang cukup terkenal adalah Situ Gede. Situ Gede berlokasi di desa Situgede, kecamatan Bogor Barat. Berwilayah tepat di tepi Hutan Dramaga, yaitu hutan yang dijadikan penelitian milik Departemen Kehutanan RI. Danau ini memiliki luas sebesar 6 hektar dan memiliki pemandangan hijau yang sangat mempesona. Situ gede memiliki fasilitas sepeda air dan perahu dayung. Selain itu disini juga diperbolehkan untuk memancing. Wisata alam Situ Gede pun kerap dijadikan tempat untuk syuting.

Yang menjadikan tempat ini menarik adalah terdapat bayak rusa dan pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan rusa yang tinggal di habitat aslinya. Situ Gede juga sangat cocok untuk berlibur dengan merasakan suasana alam dan tempat ini identik dengan belanja. Selain itu, keindahan Situ Gede juga semakin mempesona ketika gelap dan pada saat matahari mulai tenggelam dan langit memerah. Tak hanya itu, keindahan lainnya yaitu pesona wisata ekologinya yang cukup mempesona. Disini akan disuguhkan beberapa ragam jenis tumbuhan-tumbuhan alami serta suasana sejuk dan segar yang khas dari suasana pedesaan.

Untuk tiket masuk ke Situ Gede sendiri tidak perlu membayar/gratis. Hanya perlu membayar tiket parkir dengan harga Rp. 5.000.

  1. Telaga Warna

tempat wisata di bogor best vacation

Telaga ini terletak Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Kawasan wisata telaga warna ini memberikan suasana panorama alam yang masih asri. Berlokasi tepat di pinggir sebuah telaga yang masih sangat terjaga kesejukannya, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan atau sekedar mengelilingi danau menggunakan perahu atau rakit. Tak hanya itu, disini pengunjung dapat juga melakukan kegiatan rekreasi keluarga sambil bersepeda air. Yang menjadi keunikan danau Telaga Warna ini adalah air telaga yang dapat berubah-ubah warna. Secara ilmiah, berubah nya warna air disebabkan oleh ganggang di telaga. Tumbuhan jenis algae ini dapat berubah-ubah warnanya sehingga air danau pun ikut terlihat berubah warna. Sedangkat pertanyaan lain menyebutkan, 7 perubahan warna air ini diakibat kan pantulan sinar matahari yang menyinari tumbuh-tumbuhan di sekitar telaga.

Selain keunikan warna airnya, di tempat ini ada beragam jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti yang paling banyak adalh paku tiang, rame, dan rotan. Pengunjung juga dapat menemui beragam jenis satwa yang hidup di dalam kawasan cagar alam yang memiliki luas sekitar 268,25 hektare. Fasilitas pendukung lainnya juga tersedia misalnya saja track untuk melintasi alam, jogging track, outbond, flying fox, dan juga ada menara setinggi 13,5 meter untuk bisa melihat dan mengamati satwa di wilayah ini. Untuk harga tiket masuk adalah sebesar Rp 7.500,- untuk setiap pengunjung.

  1. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

tempat wisata di bogor dan sekitarnya

Gunung Pancar merupakan salah satu tempat wisata di bogor best vacation. Tempat ini beralamat di kabupaten Ciburial Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Taman wisata ini terletak pada ketinggian 800 meter diatas permukaan laut. Taman wisata alam ini menyuguhkan panaroma hutan dengan banyak nya pohon pinus yang tinggi menambahkan kesan asri di kawasan ini.

Di kawasan Gunung Pancar, juga terdapat beragam jenis tanaman, seperti Rasamala, Puspa, Rotan, Jamuju, Saninten, dan lainnya. Kawasan wisata ini juga terdapat beranekaragam sejumlah satwa yang hidup bebas, seperti kera, owa, surili, babi hutan, jelarang, serta beberapa jenis burung. Burung yang cukup sering dijumpai di tempat ini seperti kutilang, ayam hutan merah, jalak, elang, dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk kawasan ini adalah Rp. 5.000 per orang untuk hari biasa, sedangkan hari libur adalah Rp. 7.500 per orang. Di wisata ini juga diperbolehkan untuk kamping dengan fasilitas yang cukup lengkap. Biaya kamping nya pun berkisar sekitar Rp. 80.000 sampai Rp. 290.000.

Selain dapat merasakan indahnya panorama alam yang ada diwilayah Gunung Pancar, anda juga dapat mendatangi lokasi wisata indah lainnya yang masih ada didalam kawasan wisata alam Gunung Pancar salah satunya adalah wisata pemandian air panas Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa. Mandi atau sekedar berendam di kolam air panas ini diyakini oleh masyarakat dapat melancarkan kembali sistem peredaran darah serta dapat juga membantu mengeluarkan toxin atau zat racun yang terdapat dalam tubuh.

  1. Curug Panjang

tempat wisata di bogor murah meriah

Curug panjang merupakan salah satu tempat wisata di Bogor puncak yang belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Curug panjang ini berlokasi di Desa Citamiang Paseban, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Curug Panjang memiliki luas sebesar 30 hektar dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl. Curug Panjang ini berasal dari Sungai Cirangrang yang membentuk 4 air terjun. Yaitu Curug Blao, Curug Bunder, dan Curug Barong serta Curug panjang sendiri.

Sesuai dengan namanya, bentuk curug satu ini bukan vertikel seperti air terjun lainnya, melainkan berbentuk slope miring dengan panjang kurang lebih sekitar 20 meter dan dengan debit air yang lumayan deras. Sejumlah aktivitas dapat dilakukan disini seperti camping, outbound ataupun gathering, bushwalking ke curug lain, mountain bike. Atau anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya yaitu berenang, cliffjump, freedive. Tak perlu khawatir soal keperluan camping, di tempat ini disediakan seperti tenda, sleeping bag dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk perorang sendiri hanya berkisar Rp. 12.000.

  1. Curug Cibaliung

Curug cibaliung merupakan salah tempat wisata di Bogor yang murah. Curug ini berlokasi di desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor. Curug ini dilengkapi dengan bebatuan dan juga pepohonan di pinggirang curuh yang masih asri. Curug cibaliung memiliki debit air yang cukup deras, ditambah dengan air yang jernih dapat menjadikan curug ini tampah sangat memposana. Curug Cibaliung juga dikenal masyarakat dengan sebutan Leuwi Cibaliung atau juga Curug Baliung.

Baca Juga  Kota Malang dengan Sejuta Keindahan Air Terjun

Harga tiket masuk untuk bisa ke curug ini hanya berkisar Rp. 10.000 per orang ditambah dengan parkir motor Rp. 5.000. anda juga harus membayar untuk biaya retribusi seharga Rp. 5.000.

Sedangkan untuk fasilitas masih sangat minim. Terdapat warung sepanjang jalan dan area parkir, tersedia juga kamar mandi dan tempat ganti. Keistimewaan tempat ini adalah selain memiliki air yang jernih, Ekosistem alam disini juga masih terjaga serta spot foto yang bagus. Tak hanya itu, jika berwisata ke Curug Cibaliung ini anda dapat menemui hal-hal yang jarang anda lakukan seperti Berpetualangan,Trekking, dan merasakan keasrian alamnya dan masih banyak lagi. Anda akan menemukan pemandangan curug yang lebih indah dan warna air biru toska ketika berkunjung ke tempat wisata ini pada waktu musim panas.

  1. Curug Leuwi Hejo

tempat wisata di bogor puncak

Curug ini berlokasi di kampung wangun cileungsi Desa Karang tengah kecamatan Babakan, Bogor. Curug ini juga dikenal dengan sebutan Curug Bengkok. Curug ini cukup kecil ditampung oleh kolam kecil dibawahnya yang berwarna hijau dan memiliki air yang cukup jernih dan tentunya berasa dingin. Air disini dapat berubah – ubah warna diakibatkan karena pantulan sinar matahari. Wilayah curug ini tidak terlalu luas. Disekelilinya ada batu batu kali yang berukuran besar.

Yang menjadi daya tarik utama di Curug Leuwi Hejo adalah kolam di bawah air terjun bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. Ketinggian air terjun disini juga sangat mudah dijangkau, hanya beberapa meter saja. Untuk akses menuju pun coban cukup mudah. Karena jalanan sudah di aspal menjadikan sangat mudah untuk bewisata disini. Fasilitas disini sudah cukup baik seperti kamar ganti dan wc umum pun sudah cukup baik.

Tiket masuk curug ini hanya sebesar Rp. 5000 per orang, dengan biaya parkir untuk roda 2 adalah Rp. 5000 dan untuk roda 4 adalah Rp. 15.000.

  1. Air Terjun Bidadari

wisata kota bogor

Air Terjun Bidadari terletak di Desa Bojongkeneng, Sentul, Kabupaten Bogor. Air Terjun Bidadari ini mempunyai ketinggian kurang lebih 50 meter dengan debit air yang tidak cukup deras. Di bawah air terjun ini terdapat kolam yang bisa difungsikan untuk lokasi berenang anak – anak. Kolam anak – anak ini hanya memiliki kedalaman 30 cm. Sehingga anda tak perlu khawatir karena kolam ini sangat aman untuk anak – anak.  Selain kolam untuk anak, disini juga menyediakan kolam untuk orang dewasa dengan ketinggian 1,5 meter. Di tepi kolam renang, di konsep terdapat pasir putih yang berasal dari Pulau Belitung, sehingga kolam renang disini terlihat seperti pantai buatan.

Disini juga terdapat penyewaan ban dan sepeda air. Terdapat juga kolam terapi ikan seharga Rp. 20.000. Air terjun ini mulai beroperasi pada pukul 8 pagi. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini kalian bisa membayar Rp. 30.000.

Disini juga terdapat sebuah batu berukuran raksasa, yang berukuran kurang lebih sama dengan pulau karang yang sering anda lihat di tepi pantai. Batu raksasa ini dirancang sedemikian rupa seolah terbelah menjadi dua bagian yang diakibatkan aliran air terjun bidadari yang cukup deras dan juga ditampung di kolam renang di wilayah lain batu raksasa.

Tempat Wisata Buatan Di Bogor

Bogor, tak hanya memiliki wisata alam yang indah dan mempesona. Kota satu ini juga memiliki wisata buatan yang banyak sekali peminatnya. Tak heran dikala liburan, kota Bogor selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, salah satu yang menjadi kendala adalah kemacetan. Ketika hari libur kawasan wisata bogor selalu dipenuhi mobil pribadi dan umum ataupun sepeda motor untuk pergi berlibur. Berikut beberapa tempat wisata di bogor dan sekitarnya yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau kerabat.

  1. Marcopolo Adventure

bogor tempat menarik

Tempat wisata di Bogor ini terletak di perumahan Bukit Cimangu City, Kota Bogor. Tempat wisata ini merupakan salah satu wahana air yang tergolong cukup lengkap di wilayah Kota Bogor. Wilayah ini memiliki luas sebesar 5 hektar. Disana terdapat fasilitas seperti water boom, kolam renang, balon air, flying fox dan masih banyak lagi. Marcopolo Adventure ini mempunyai beragam kolam renang yang bisa anda pilih. Mulai dari kolam renang anak – anak sampai kolam renang dewasa. Disini juga disediakan kolam khusus untuk terapi.

Jika anda belum puas untuk berenang saja, disini juga terdapat area khusus dalam Wisata Danau, banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan disini, seperti wahana games, ATV, Becak mini, Jaring Track, Wahana sepeda air, pancing ikan dan yang paling menarik adalah rumah pohon yang sangat indah.

Sebagai tempat wisata keluarga, Marcopolo Adventure ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Para wisatawan dapat dengan mudah menemukan ruang ganti atau kamar mandi bilas. Di salah satu sudut water park juga terdapat mushola. Selain itu, di Marcopolo Adventure juga menyewakan Locker, agaar barang bawaan anda aman. Tak usah khawatir soal makanan, disini anda bisa membawa bekal dari rumah atau membeli di kawasan ini yang harga nya cukup terjangkau.

Harga tiket yang ditawarkan juga seharga yaitu Rp 50.000 per orang. Sedangkan untuk Locker dapat disewa dengan biaya tambahan Rp 5.000.

  1. Kebun Raya Bogor

tempat hunting yg keren di bogor

Kebun Raya Bogor atau biasa disebut Kebun Botani Bogor merupakan sebuah kebun botani yang cukup besar terletak di  Jalan Ir. Juanda nomor. 13 kota Bogor Jawa Barat. Memiliki luas mencapai 87 hektare dan mempunyai 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, serta 50 jenis burung dan kelelawar. Terdapat juga 3000 jenis anggrek yang dapat anda nikmati indahnya. Yang menjadi daya tarik utama di kebun raya bogor adalah bunga bangkai yang saat mendekati mekar dan mengeluarkan bau tidak sedap yang sangat menyengat. Bunga ini memiliki tinggi 2m.

Terdapat juga pohon kelapa sawit tertua di kawasan Asia yang masih hidup hingga sekarang. Dibangunnya tempat wisata Kebun Raya Bogor ini dapat disebut sebagai awal mulai lmu pengetahuan di Negara Indonesia. Di kawasan ini ada beberapa lembaga dan pusat keilmuan dan penelitian. Di beberapa tempat juga terdapat kolam air mancur yang indah dan ditumbuhi bunga teratai, serta burung bangau yang mengelilingi kolam. Tak hanya itu beberapa puluhan rusa juga bisa anda lihat disini.

Harga tiket tempat wisata di bogor yang murah ini hanya sebesar Rp. 14.000 per orang untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan asing hanya dibandrol seharga Rp. 25.000.

  1. Little Vinice Kota Bunga

tempat wisata di bogor yang menarik

Salah satu tempat wisata di Bogor murah meriah adalah di Little Vinice. Little venice bogor ini terletak di Desa Sukanagalih, Pacet, Puncak, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat wisata ini memiliki luas sebesar 125 hektar dan merupakan sebuah kawasan di Vila Estate. Yang menjadi daya tarik tempat wisata ini adalah anda dapat melakukan kegiatan mengelilingi kota dengan nuansa ragam bangunan dan arsitektur yang sama dengan kota venesia, anda bisa mengelilingi kawasan ini dengan menggunakan perahu yang melalui sungai yang berada di tengah kota.

Baca Juga  Jelajah Pantai 3 Warna Di Malang Selatan

Terdapat juga wanaha lain seperti sepeda air, gondola, banana boat, buble ball dan masih banyak lagi. Selain terdapat miniatur kota luar negeri yang menjadi lokasi favorit wisatawan, tempat wisata ini juga menyediakan miniatur Dufan di wilayah Arena Fantasi dengan nuasa konsep koboi Amerika. Selain terdapat beragam wahana,  disana juga ada banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung seperti Kolam Renang, Kolam Pancing, Lapangan Tenis, Sewa kuda dan masih banyak lagi.

Harga tiket yang ditawarkan juga sangat murah yaitu Rp. 20.000 untuk anak- anak dan Rp. 25.000 untuk orang dewasa.

  1. The Jungle Water

daftar tempat wisata di bogor

Tempat wisata ini terletak di kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residence. The Jungle Water ini memiliki luas area sebesar 3,5 hektar.  Fasilitas yang dimiliki tempat wisata ini seperti 4D Cinema, The Jungle Mall, Food Court, Taman Burung, serta Amphiteather. Terdapat juga banyak sekali ragam kolam renang yang disediakan disini seperti Tower Slide, Kiddy pool, Lazy River dan masih banyak lagi.

Obyek wisata ini memang cukup menarik karena menyuguhkan wisata alam, hiburan, dan sekaligus pendidikan. Tak hanya menyediakan wahana air saja, The Jungle juga memiliki taman burung yang berguna untuk mengedukasi pengunjung. Di taman burung ini terdapat puluhan jenis burung sudah mulai langka untuk ditemui. Tak perlu khwartir, beragam burung yang ada disini sudah jinak dan bisa berinteraksi langsung dengan para pengunjung. Terdapat juga acara Bird Show yaitu atraksi burung-burung lucu pada waktu tertentu.

Harga tiket masuk yang ditawarkan sebesar Rp. 50.000.

  1. Taman Wisata Matahari

tempat liburan di bogor

Tempat wisata di bogor yang murah salah satunya adalah Taman Wisata Matahari. Tempat wisata ini Jln. Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Terletak di ketinggian 250-330 meter dpl membuat tempat wisata ini sangat sejuk dan asri. Taman Wisata Matahari ini menyediakan beragam macam fasilitas dan permainan seperti wahana adventure / petualangan  Flying fox, Outbound, Motor ATV, Arung Jeram, Wall Climbing, DLL. Selain itu disini juga terdapat wahana pendidikan. Di wahana ini anda dapat mengetahui cara menanam sayuran di kebun, melihat beragam jenis sayuran dan juga dapat mengetahui cara untuk melestarikan alam dan lingkungan. Untuk anak-anak juga bisa masuk ke area sawah , berinteraksi dengan hewan ternak secara langsung dan merasakan membajak sawah. Pemandangan yang indah dan asri serta beragam fasilitas ini membuat sangat nyaman. Hal lain yang menarik adalah Anda bisa bersantai di tempat ini dengan sangat nyaman. Anda bisa menikmati pemandangan dari saung, atau gazebo.

Harga tiket yang ditawarkan hanya sebesar Rp. 20.000 bisa menikmati sepuasnya. Taman wisata matahari ini sangat cocok untuk referensi liburan bersama keluarga.

  1. Taman Buah Mekarsari

obyek wisata di bogor

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Taman buah Mekarsari ini adalah sebuah pusat pelestarian keberagaman hayati seperti buah – buahan tropika terbesar di dunia. Selain sebagai tempat wisata, taman ini juga tempat penelitian budidaya/agronomi, pemuliaan/breeding serta pembudidayaan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan juga masyarakat di Indonesia. Koleksi beragam buah di taman ini mulai dari buah musiman, tidak musiman, serta buah langka dan unik. Untuk ragam jenis buah musiman terdapat banyak sekali seperti, mangga, jambu, duku, dan masih banyak lagi. Dan untuk buah tidak musiman terdapat seperti nanas, markisa, pisang dan lainnya. Serta untuk buah unik dan langka terdapat duwet, mundu, salak merah, nangka dan lainnya.

Harga tiket untuk dapat masuk ke kawasan ini sangat terjangkau hanya Rp. 25.000. Namun harga tiket masuk taman buah ini belum termasuk untuk mencicipi buah yang ada di dalam.

Tips Berlibur Di Kota Bogor
  • Atur Jadwal Perjalanan

Cuaca yang berubah – ubah , mengharuskan anda harus jeli menyusun rencana perjalanan. Waktu paling baik untuk mulai perjalanan adalah ketika pagi hari agar memiliki waktu yang lebih lama. Seperti biasa ketika hari libur atau akhir pekan, Bogor selalu banyak didatangi wisatawan asing ataupun wisatawan lokal. Ini selalu mengakibatkan kemacetan parah di jalan-jalan menuju Bogor, terutama jalan tol yang menjadi langganan kemacetan.

  • Ketahui Rute Perjalanan

Khusus bila anda berlibur ke wilayah Bogor, anda wajib mengetahui persis rute jalan di kota bogor ini. Hal ini karena banyak jalanan di Kota Bogor yang diberlakukan aturan satu arah atau one way. Untuk itu, sangat penting bagi anda harus mengetahui rute jalanan. Dengan mengetahui rute perjalanan bagaimana kondisi jalan, anda akan menghemat waktu karena tidak perlu memutar jalan atau bahkan kemungkinan ditilang polisi karena melanggar arah.

  • Persiapkan Budjet Yang Cukup

Hitung budjet yang diperlukan dengan sebaik mungkin. Selain budget yang digunakan seperti tiket masul, makanan dan ongkos lainnya persiapkan lebih lagi minimal 20%. Biasanya, banyak sekali tempat wisata, yang menjual makanan atau minuman dengan harga yang lebih mahal daripada harga biasa. Jika anda tidak membawa bekal, persiapakan dana yang lebih cukup untuk mengatasi harga yang cukup mahal di tempat wisata.

  • Jika menggunakan motor, persiapkan payung dan jas hujan.

Sesuai dengan sebutannya sebagai Kota Hujan, Bogor sering sekali jadi langganan hujan. Pada saat musim panas pun pada waktu tertentu langit di Bogor tetap mendung dan kadang juga turun hujan. Untuk itu bagi anda yang berwisata di bogor dengan menggunakan motor anda perlu membawa jas hujan serta payung. Benda ini sangat membantu ketika turun hujan. Dengan membawa benda ini, anda tetap bisa berwisata di Bogor tanpa harus membuang-buang waktu yang digunakan untuk berteduh.

  • Cek Kondisi Kendaraan

Jika anda berwisata dengan memakai kendaraan pribadi, anda perlu mengecek kondisi kendaraan. Jika memungkinkan anda perlu menservice agar tetap aman ketika perjalanan menuju tempat wisata ataupun kembali ke rumah. Kondisi kendaraan yang baik pun dapat mengurangi resiko kecelakaan yang sering terjadi di jalanan. Karena terdapat banyak sekali tempat wisata di Bogor yang jalanannya belum cukup baik.

Itulah beberapa referensi tempat wisata di Bogor yang murah yang bisa anda datangi. Masih banyak sekali tempat wisata di Bogor selain yang diatas. Memilih Kota Bogor sebagai tempat berwisata memang sangat cocok dengan beragam wisata menarik yang dimiliki Kota hujan satu ini. Selain banyak tempat wisata, di Kota ini juga banyak sekali tempat edukasi bagi anak – anak. Berwisata di Bogor juga sangat seru karena tersedia beragam jenis fasilitas penunjangnya. Jika anda tertarik untuk bisa menikmati liburan di tempat wisata di bogor ini. Pastikan untuk segera persiapkan liburan anda dan nikmati ketenangan kota bogor ini. Anda juga dapat mencari dan memilih paket wisata Bogor untuk menikmati liburan seru hemat budget.