Tips dan Berbagai Macam Cara Diet Sehat Alami dan Cepat

Diet memang sering dilakukan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, dan apakah anda ingin diet dengan cara yang aman tanpa harus merasa lapar dan bisa mencukupi nutrisi yang dibutuhkan? berikut cara diet sehat alami dan cepat.

Untuk menurunkan berat badan anda secara cepat, diharuskan untuk anda memilih makanan yang tepat untuk dimakan. Dan pastinnya dapat mengurangi lemak , dan dapat meringankan badan serta memiliki banyak energi.

Cara ini dapat anda coba di rumah dan keuntungan nya bisa anda dapat seperti merubah beberapa kebiasan lama, dan juga bisa menemukan resep makanan yang baru serta sehat aman dan menghindari effect berat badan naik.

Cara Diet Sehat Alami dan Cepat

Pada artikel yang akan saya bahas ini, saya akan mengulas tentang bagaimana diet sehat dan cepat menurunkan berat badan untuk diet sehat alami. Sayuran hijau juga dapat anda konsumsi untuk menurunkan berat badan anda. Sayuran hijau ini sangat bermanfaat untuk hati. Karena fungsi hati dapat menghilangkan racun yang ada dalam tubuh kita dan dapat membantu mengolah lemak menjadi energi. Sayuran hijau juga memiliki kaya dengan asam folat, magnesium dan klorofil . Lebih jelasnnya bisa anda simak manfaat sayuran hijau di bawah ini :

  • Dapat meningkatkan fungsi hati dan pencernaan.
  • Mencegah sembelit.
  • Membersihkan racun yang ada di tubuh
  • Dapat memperbaiki penglihatan mata.
  • Juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular
  • Dan menjaga kesehatan otot ,gigi, tulang.

Beberapa Macam Jenis Diet

Diet mayo

Diet yang satu ini telah diterbitkan oleh mayo clinic yang sudah teruji dari pengalaman klinis dan penelitian . Mungkin anda bisa mencobannya karena diet yang satu ini dapat mengurangi resiko penyakit  jantung , insomnia , diabetes , dan tekanan darah tinggi. Diet ini sangat bermanfaat yaitu mengubah kebiasaan tidak sehat dan diganti dengan yang lebih sehat lagi.

Ada beberapa susunan piramida makanan yang ada di dalam diet mayo yang satu ini , yaitu dengan sayur dan buah yang harus di konsumsi selama anda dalam program diet. Tidak hanya sayur dan buah saja yang harus di makan , melainkan asupan susu , daging , serta karbohidrat. Dan makanan manis yang perlu di batasi setiap harinnya. Selain itu dengan melakukan diet mayo ini juga menganjurkan untuk anda melakukan olah raga secara rutin setiap hari namun tidak berlebihan. Intinnya diet yang satu ini cocok untuk anda yang ingin mengubah kebiasaan konsumsi makanan yang tak sehat dengan memperbaik kebiasaan makan.

Diet paleo

Inti dari diet paleo ini adalah anda hanya perlu boleh mengonsumsi makanan- makanan yang alami seperti. Sayuran, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, minyak nabati, dan biji-bijian.

Dan pastinnya juga ada makanan yang harus di hindari seperti gula, garam, ubi, biji sereal dan produk susu, kentang, serta makanan minuman olahan. Diet paloe ini memiliki efek samping juga yaitu anda bisa cepat bosan karena makanan terasa hambar.

Diet 5:2

Untuk diet 5:2 yang satu ini hanya memperbolehkan makan selama 5 hari dalam seminggu, dan untuk 2 harinya diwajibkan puasa. Dan menurut beberapa penelitian diet ini katannya dapat mengurangi resiko penyakit yang mematikan seperti diabetes tipe 2.  Dan juga melindungi otak dari penyakit alzheimer dan demensia. Diet yang satu ini juga akan mengurangi resiko penyakit kanker dan yang berhubungan dengan obesitas, dan meningkatkan fungsi kognitif .

Diet atriks

Diet artiks adalah diat dengan cara anda tidak boleh mengonsumsi karbohidrat dan lebih banyak makan makanan yang mengandung lemak dan juga protein, Dan intinnya anda akan merasa lapar karena tidak mengonsumsi karbohidrat. Dan tubuh akan membakar lemak untuk dijadikan energi .

Diet dukan

Diet dukan yang satu ini lebih menekankan anda untuk tidak mengonsumsi makan rendah lemak, rendah karbohidrat, serta tinggi protein . Tujuan dari diet ini adalah agar anda tidak mudah merasa cepat lapar. Anda bisa memilih makanan anda sendiri sekira 100 makanan yang terdiri dari 28 sumber nabati dan 72 sumber hewani. Dan anda boleh mengonsumsinya sesuka anda asalkan tetap mengambil dari 100 makanan yang diperbolehkan tersebut saja.

Beberapa Tips Diet Sehat Alami dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Menggunakan mangkuk berukuran kecil

Cara diet sehat alami dan cepat ini memang memerlukan kebiasaan untuk menjaga pola makan anda, anda bisa menggunakan mangkuk atau piring yang berukuran lebih kecil. Kebiasaan ini terbukti mampu membiasaan diri untuk makan dalam porsi kecil. Jadi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh berkurang.

Walaupun makan dalam porsi kecil, anda masih bisa kenyang asalkan makannya lebih di perlambat makan secara lambat dapat merangsang otak bahwa sudah kenyang.

Jika anda makan dalam porsi yang kecil walaupun makannya 4 sampai 5 kali sehari akan lebih baik menurunkan berat badan.

Tidur yang cukup

Anda juga bisa membiasakan tidur yang cukup karena tubuh kita pada dasarnnya dapat memproduksi hormon yang memacu kita untuk lebih nafsu makan ketika kurang tidur, dan pastinnya hal ini bisa memicu naiknya berat badan .

Jika anda kurang tidur bisa memicu terganggunya sistem metabolisme tubuh dalam memecah zat zat makanan menjadi energi . Dan hasilnnya zat zat itupun menumpul dalam jumlah besar dan diubah menjadi lemak.

Hindari makanan yang manisnya berlebihan

Dalam proses diet, dianjurkan anda untuk mengurangi makanan yang manis-manis. Karena makanan manis memberikan energi yang lebih besar dari kalori ataupun protein. Dan juga meningkatkan glukosa dalam tubuh akibat makanan manis juga tidak baik untuk kesehatan khususnya untuk berat badan.

Lebih baiknya lagi bila anda bisa mengurangi makanan yang manis-manis . Seperti teh manis, donat, kue brownies , minuman bersoda dan lain lain.

Berolahraga

Cara Diet Sehat dan Cepat

Berolahraga  pastinnya menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang paling efektif . Dan menurut penelitian juga  olahraga dapat membantu memangkas lemak berlebih dalam tubuh. Jika lemak terbakar inilah ang dapat membuat berat badan kamu menjadi lebih ideal.

Berolah raga memang sangat penting untuk kita semua . Orang dewasa berusia 19 – 64 tahun disarankan untuk rutin mengerakan aerobik seperti berjalan, bersepeda, atau juga bisa belari setidaknnya 150 menit per minggunya. Dengan cara berolah raga bisa mempermudah menurunkan berat badan.

Hindari makanan pada malam hari

Hindari makan malam, makan malam hanya akan membuat tubuh anda semakin gemuk.  Karena ketika malam tubuh anda tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Jadi bila anda mengkonsumsi makanan pada malam hari kalori akan diubah menjadi lemak, bukannya energy.

Baca Juga  Cara Diet Sehat Golongan Darah Yang Baik

Intinnya menurunkan berat badan akan berhasil bila anda menghindari mengkonsumsi makanan pada malam hari. Bila anda memiliki suatu hal lain, Anda bisa mamajukan waktu makan malam dari biasannya. Disarankan jangan makan melewati pukul 18.00 sore.

Menganti karbohidrat dengan karbohirat kompleks

Karbohidrat adalah sumber energi dan gula jadi tubuh juga perlu asupan karbohidrat yang cukup. Untuk itu makanan yang berkarbohidrat adalah nasi, mie, dan lainnya. Ternyata makanan tersebut sulit untuk diserap oleh tubuh sehingga akan menumpuk menjadi lemak . Oleh karena itu anda perlu makanan karbohidrat pengganti yang biasa di sebut karbohidrat kompleks seperti gandum, kacang kacangan, beras merah, sereal dan lainnya karena makanan karbohidrat kompleks lebih mudah di serap oleh tubuh menjadi energi yang cukup untuk dibutuhkan oleh tubuh.

Membuat jadwal tentang diet

Diet Sehat Alami

Dalam melakukan program diet yang sehat anda juga akan memerlukan jadwal tentang diet. Kenapa harus membuat jadwal diet? Sebenarnnya melakukan penyusunan jadwal diet itu sebagai bentuk komitmen yang perlu anda lakukan untuk diet sampai berhasil. Bukan hanya masalah itu saja.Tetapi jika jadwal program diet anda sudah terancang secara matang kemungkinan besar anda bisa mendapatkan peluang keberhasilan. Dengan menggunakan jadwal yang ada tersebut anda bisa mencatat jadwal pola makan bahkan anda bisa menulis menu-menu makanan yang harus anda makan untuk menurunkan berat badan. Dan anda bisa menuliskan taget penurunan berat badan pada jadwal program diet dalam seminggu yang anda inginkan. Dan jika ada tantangan yang memang tidak boleh anda lakukan, anda bisa berkomitmen untuk benar benar tidak melanggar pantangan yang ada.

Makanan yang diolah dengan cara yang benar

Dalam program diet lebih baik anda mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara di rebus . Dari pada makanan yang telah di goreng. Untuk makanan yang direbus mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada makanan yang dimasak dengan cara di goreng . Biasannya kalau makanan yang digoreng mengandung lemak dan kalori tinggi.

Tidak terburu buru

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat adalah program diet yang mungkin salah untuk di gunakan . Dan berpikiran lebih cepat berat tubuh turun namun itu adalah cara yang salah dan beresiko bagi kesehatan anda sendiri dan pada akhirnnya anda akan gagal melakukan proses diet tersebut. Anda tidak perlu melakukan program diet yang terburu buru . Lakukan program diet dengan sabar dan dengan kedisiplinan agar dapat hasil yang maksimal. Biarkan tubuh anda yang akan menjalankan prosesnya secara perlahan dan alami. Intinnya anda tidak memaksakan berbagai hal yang tidak masuk akal dan memaksa agar tubuh anda cepat ideal.

Perbanyaklah Makan Sayuran dan Buah

Cara Diet Alami dan Sehat

Untuk karbohidrat dan lemak sangat mudah di cerna sehingga penyerapannya sangat efektif. Berbeda dengan buah yang banyak mengandung serat atau fiber. Fiber tersebut yang menjadikan tips diet untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat.

Fiber ini khususnnya bisa mengikat air , Dan pada dalam tubuh akan membentuk gel. Sifat gel ini tidak dapat dicerna dan proses gerakannya di dalam usus sangat lama. Dan karena lama, kita biasannya cendrung kenyang lebih lama berarti tidak ada pneyerapan kalori. Dan hasilnnya selera makan kita akan berkurang.

Sayuran dan buah buahan memang memiliki serat yang bagus. Selain membakar kalori , Disarankan juga kita harus mengatus asupan kalori dari makanan yang kita makan pada saat diet. Kalau biasannya makan makanan berat yang mengandung tinggi karbohidrat dan lemak. Lebih baiknya lagi jika mulai dari sekarang kita bisa menggantinnya dengan sayuran dan buah buahan.

Memilih makanan yang tepat dalam diet

Cara diet alami dan sehat yaitu dengan memilih makanan penurun berat badan yaitu makanan yang berprotein dan beserat tinggi. Manfaat protein pada tubuh dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama protein juga dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Makanan berprotein seperti yoghurt, daging tanpa lemak, kedelai, keju, makanan laut, kacang kacangan.

Untuk makanan yang berserat jika di konsumsi dapat membuat tubuh anda kenyang tahan lama, Namun untuk makanan berserat itu lebih rendah kalori. Makanan yang berserat tinggi memang cocok untuk anda yang lagi diet seperti buah, biji-bijian, sayur, popcorn tanpa mentega,dan juga kacang.

Anda juga bisa mengkonsumsi kacang pistachio yang mungkin belum terdengan oleh anda. Kacang yang satu ini biasannya tumbuh di daerah yang kering seperti di azebajian, turkmenistan, atau pun iran. Kacang ini memang memiliki harga yang cukup mahal dari kacang kacangan yang lainnya. Kandungannya yang ada pada kacang ini memiliki sumber protein yang terbaik dan tentunnya rendah kalori. Jika anda memiliki uang lebih, Tak ada salahnnya bila anda mencoba membelinnya dan mengkonsumsi sebagai cara diet alami dan cepat

Diet dengan Cara yang Paling Mudah

Tidak hanya sayuran saja yang dapat membuat tubuh anda ideal, selain itu anda bisa menggunakan cara diet sehat alami dan cepat dengan air putih hangat dan buah buahan yang segar, karena dengan menggunakan cara ini dapat dipercaya bisa menurunkan berat badan tanpa harus olahraga. Tetapi harus di campur dengan konsumsi buah, air hangat, lemon, dan di lakukan dengan teratur kurang lebih dalam jangka lebih dari 3 hari atau seminggu.

Tapi untuk anda yang menurunkan badan beberapa kilo dalam waktu yang cukup singkat itu terlalu berbahaya . Jadi lebih baik diet dengan cara simple dan bertahap saja.

Untuk diet yang menggunakan air putih ini memang bisa dikatakan cukup mudah untuk di lakukan, karena cara ini hanya mengatur pola minum dan tanpa harus olahraga yang dapat mengeluarkan banyak keringat.

Pastikan anda pastikan anda minum 8 gelas sehari, karena dengan mengkonsumsi air putih secara teratur pastinnya membawa dampak yang baik terhadap kesehatan.

Dengan mengkonsumsi air putih dengan teratur maka proses kinerja ginjal akan lebih membaik jadi organ hati kita akan semakin ringan dalam proses kerjannya seperti yang kita tahu hati selalu mendukung kinerja ginjal.

Untuk cara diet sehat dan cepat pastikan anda selalu membawa air putih 1 botol atau lebih. Untuk diet air putih ini keteraturan saat minum merupakan hal yang wajib untuk anda lakukan. Jadi di wajibkan untuk anda selalu menyimpan botol air minum saat berada di manapun.

Untuk anda yang menjalankan diet pastinnya menahan lapar merupakan cara yang tepat pada umumnnya dan untuk dehidrasinya berjalan cukup lama. Jadi solusi yang baik yaitu minum air agak banyak untuk mengganjal  perut sehingga anda tidak terlalu lapar.

Untuk meminum air putih pastikan anda meminumnnya sesudah dan sebelum makan. Karena hal ini dapat mengurangi nafsu makan yang berlebih. Juga bisa mengatur pola makan dan juga menghindari dari masalah kegemukan atau obesitas. Minimal anda minum 1 sampai 2 gelas sebelum anda makan, Tapi mengkonsumsi air putih juga tidak boleh terlalu banyak.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Permanen

Ada beberapa juga makanan yang mampu membakar lemak dalam tubuh yaitu

Teh hijau

Cara Diet yang Sehat teh hijau

Teh hijau sudah tidak asing lagi di negara kita, namun untuk teh yang dapat membakar lemak lebih cepat yaitu teh hijau yang biasannya disebut dengan teh olong. Untuk teh hijau mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh jadi lebih cepat . Jadi bila anda menjalani diet dan malas untuk berolahraga anda bisa menyeduh teh hijau setiap hari.

Telur

Telur dan telur ini merupakan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung protein di dalamnnya dan juga rendah kalori sehingga banyak yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat diet.

Buah Berry

cara diet alami dan cepat buah berry

Buah berry buah beri memang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan yaitu blueberry, raspberry ataupun strawberry. Dan semua jenis buah berry tersebut rendah kaori juga mengandung flavonoid yang cocok untuk di konsumsi dalam program diet sehat. Selain itu buah berry juga mengandung antioksidan yang mampu menangal radikal bebas.

Yogurt

Cara Diet Sehat Alami dan Cepat Yogurt
Yogurt merupakan makanan yang sehat dan kaya dengan vitamin juga rendah lemak. Bila anda mengkonsumsi makanan ini setiap hari secara rutin dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%.

Lemon

Lemon juga sangat membantu saat anda melakukan program diet, dengan mengonsumsi jus lemon pilihan yang tepat untuk mengurangi berat badan. Dan juga minum jus lemon dengan rutin dapat terhindar dari peningkatan pada berat badan anda.

Buah alpukat juga bisa anda jadikan sebagai cemilan untuk mengurangi rasa lapar anda, namun lebih baiknya lagi menggunkannya tanpa gula sedikitpun. Alpukat ini dapat menjadikan rasa kenyang yang agak lama bila di konsumsi , dan disarankan untuk mengkonsumsi alpukat ini setiap hari. Karena buah ini memiliki manfaat yang baik karena dengan buah ini dapat menurunkan berat badan secara alami dan tidak menyiksa diri anda dari lapar.

Dalam program diet yang satu ini anda dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang berserat . Yaitu dengan memakan salad secara rutin. Tetapi anda harus selektif dalam memilih bahan untuk mengosumsi salad. Dan hindari mengonsumsi salad yang berlemak dan berkalori tinggi.

Kesalahan Umum yang Sering dilakukan Waktu Diet

Banyak sekali kesalahan umum dalam melakukan program diet , kebanyakan orang yang gagal dalam diet karena kesalahan berikut:

  1. Mengonsumsi banyak minuman yang mengandung kalori lebih. Menghindari makanan yang berkalori tinggi memang dilakukan saat diet, Namun bukan berarti beralih ke minuman yang manis manis. Seperti kopi dengan krim ataupun minuman yang bersoda. Kalau di lihat lihat minuman tersebut justru memiliki jumlah kalori yang lebih banyak dengan makanan yang berusaha anda hindari.
  1. Menghindari kanduan makanan ringan. Padahal ada banyak cemilan yang jumlah kalorinya sedikit . Jika anda hendak membeli cemilan, jangan lupa untuk memeriksa label kemasannya.
  1. Melewatkan makanan utama, cara ini akan cenderung membuat anda ingin makan di sela waktu makan utama.
  1. Tetap memiliki target berat badan turun yang berlebihan, seperti mengurangi berat badan 7 kg dalam seminggu. Dan tentunnya dengan cara seperti ini memicu anda agar berat badan turun secara berlebih dan tidak termasuk dalam cara diet yang sehat . Dan pada akhirnya anda bisa mengalami stress lalu makan lebih banyak lagi.
  1. Mencari jalan cepat atau jalan pintas banyak juga orang yang melakukan diet ingin memperoleh hasil yang maksimal. Menurunkan berat badan dengan obat obatan, suplemen atau bahkan sedot lemak. Perlu di ingat selama metabolisme tubuh anda berada dijalur yang belum benar, Maka semua cara pintas tidak akan memberikan hasil yang maksimal.
  1. Terlalu banyak duduk juga merupakan kesalahan dalam diet. Karena jika anda duduk tubuh anda akan berhenti memproduksi enzim lipase, enzim yang berfungsi untuk mencegah timbunan lemak. Untuk mencegahnnya yaitu cukup lakukan peregangan dan olahraga ringan tiap jam saat anda duduk lama dalam bekerja. Dengan melakukan aktivitas ringan akan meningkatkan metabolisme anda hingga 17%. Dan juga gerakan kaki anda dalam beberapa waktu saat bekerja dengan sedikit gerakan akan membakar kalori anda hingga 54%.
  1. Berolahraga secara berlebihan, Jika kita akan melakukan diet dianjurkan untuk berolahraga . Namun jika kita berolah raga secara berlebihan ternyata akan meningkatkan porsi makanan hingga 50%. Info tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di prancis. Biasa terjadi setelah kita berolahraga . Jadi setelah olahraga secara berlebihan akan cepat merasakan lapar. Dan beberapa orang mungkin beranggapan jika berolah raga secara berlebihan akan membuang kalori banyak jadi tidak apa bila memakan makanan dalam porsi banyak. Padahal itu merupakan pemahaman yang salah.Dan cara yang satu ini memang memiliki dampak yang fatal contohnya setelah berolahraga anda membakar kalori 500 dan pastinnya anda akan merasa sangat lapar dan akhirnnya setelah olahraga anda akan melampiaskan kelelahan dengan makan tanpa memperhitungkan makanan yang anda makan. Jadi setelah berolahraga kalori yang turun sebesar 500 namun makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga bisa saja 600 kalori karena terlalu lapar. Dan intinnya bukan berkurang namun makin bertambah berat badannya.
  1. Telat makan memang sering di anggap remeh untuk melakukan program diet ataupun menurunkan berat badan . Dan banyak juga yang beranggapan kalau telat makan adalah hal yang baik untuk menurunkan badan . Dan bahkan ada juga yang sengaja untuk menunda jam makanan. Jangan salah, hal tersebut justru akan memperburuk rencana diet selain tidak baik untuk kesehatan. Mereka juga akan cepat merasa lebih lapar sehingga akan sulit untuk menahan diri dari makan. Dan pastinnya mengambil porsi banyak untuk mulai makan. Hal tersebut akan menggagalkan program diet.

Nah itu dia hal-hal yang peru anda ketehui tentang cara diet sehat alami dan cepat beserta tips dan kesalahan-kesalahan yang patut anda hindari, tentunya untuk mengurangi efek samping dari cara diet yang dapat merusak tubah anda. Tidak perlu juga anda mengkonsumsi berbagai macam obat pelangsing yang justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda jika tidak cocok dengan tubuh hanya untuk menurunkan berat badan yang cepat. Menurunkan berat badan sebaiknya di lakukan secara bertahap, bukan secara cepat dan instan. Mulailah dengan menerapkan pola hidup sehat untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dan jangan lupa terapkan semua cara diet sehat alami dan cepat sesuai pembahasan di atas.