Tips Memilih Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

Hallo para calon ibu yang sedang mengandung, kali ini saya akan membahas tentang apa saja makanan yang sangat di anjurkan untuk ibu yang sedang hamil muda nih tetapi sebelum membahas tentang makanan untuk ibu hamil muda saya akan memberitahu gimana dan seperti apa sih hamil muda itu.

Apa Itu Hamil Muda?

makanan untuk ibu hamil muda

Hamil muda adalah kondisi kehamilan sang ibu saat janin masih ber usia 1-3 bulan, nah pada saat kondisi hamil muda biasanya banyak rintangan dan pantangan yang harus dihadapi, banyak sekali para orang tua yang sering menganggap remeh kehamilan nya yang masih sanggat muda sehingga proses kandungan nya terganggu atau mengalami gangguan maka dari itu para orangtua harus menjaga kandungan saat masih ber usia mudah.

Selama kehamilan sang ibu harus dijaga kesehatan nya dengan baik, karena kesehatan sang ibu akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin secara optimal, walaupun sang ibu akan mengalami penurunan daya tahan tubuh dan memicu timbul nya penyakit pada masa kehamilan.

Penyakit yang kerapkali muncul pada saat kondisi hamil akan mempengaruhi kondisi ibu dan janin. Inilah yang ditakutkan para orang tua atau para ibu hamil pada saat kondisi nya tidak sehat dan setabil pada saat kondisi hamil, apalagi bila ibu mempunyai resiko penyakit sebelum kehamilan hal ini akan memicu pengaruh negative pada janin tersebut.

Pendarahan saat hamil selalu dihubungkan dengan keguguran padahal ada macam pendarahan ketika ibu hamil dan tidak selamanya merupakan pertanda keguguran. Penelitian yang dilakukan bahwa ibu hamil mengalami 20-30% pendarahaan. Meskipun presentase terbesar 50% menandakan bahwa pendarahaan saat hamil merupakan pertanda keguguran akan tetapi masih ada penyebab lainnya yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami pendarahan saat hamil.

Tentunya sebagai orang tua kita harus merawat dan menjaga kehamilan sebaik mungkin sehingga para ibu tidak akan mengalami gangguan pada masa kehamilan nya, dengan menjaga pola makan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda dan juga istirahat yang cukup, hal itu bisa menjaga kesehatan ibu hamil.

Tips Memilih Makanan Untuk Ibu Hamil Muda

Kalo ngomong ngomong soal pola makan, ibu hamil kita tidak boleh hanya memikirkan jam makan nya saja tetapi kita harus memikirkan apa saja yang boleh dimakan dan apa saja yang tidak boleh dimakan saat  hamil muda karena hal ini sangat mempengaruhi kesehatan seorang ibu dan janin.

Maka dari itu saya akan memberikan panduan makanan saat anda berposisi sedang hamil muda agar janin di dalam perut anda tetap terjaga kesehatan nya. Berikut adalah beberapa panduan makanan yang dapat anda lakukan ketika sedang hamil muda.

Susu

makanan sehat untuk ibu hamil muda

Zat yang terdapat didalam susu dapat membantu anda dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi anda dan juga memperbaiki jaringan jaringan yang rusak, pembentukan otot dan juga transportasi oksigen pada janin. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein dan mineral maka dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi. Karena itulah susu masuk dalam makanan yg baik untuk ibu hamil muda. Pilihan susu kedelai dapat menjadi alternatif anda yang mempunyai kecukupan vitamin D dan rasa yang berbeda juga tambahan manfaat bagi ibu hamil.

Ikan

makanan yg baik untuk ibu hamil muda

Salah satu makanann yang mengandung zat protein dan asma lemak omega 3 , zat tersebut dapat membantu pembentukan otak janin meski begitu anda juga harus sangat hati hati karena andungan merkri pada jenis ikan tertentu akan mengganggu perkembangan janin. Hindari juga mengkonsumsi ikan mentah karena dapat meningkatkan lemak jenuh.

Buah dan Sayur

makanan yang baik untuk ibu hamil muda

Pada masa hamil mudah kandungan vitamin C dari buah jeruk sangat penting untuk menambah kekebalan tubuh agar tidak rentan penyakit dan juga jeruk dapat memerangi infeksi tetapi lebih bagus lagi jika dijadikan jus. Selain itu kandungan dari asupan makanan yang kaya akan kandungan zat besi dapat mencegah dari anemia. Lengkapi pula dengan tambahan sayuran yang mengandung zat besi yang didapat dari sayuran hijau dan mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi.

Kacang-kacangan

makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama

Usahakan tambahkan juga makanan sejenis kacang-kacangan yang diperlukan dalam perkembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau yang akan kandungan asam folat dan vitamin B. Selain itu kacang-kacangan sangat berguna bagi energi dan kekebalan tubuh pada ibu yang sedang hamil muda.

Air dan Vitamin

makanan untuk ibu hamil trimester pertama

Zat pada air dan vitamin sangat penting untuk diperhatikan dan keduanya tidak boleh ditinggalkan. Bagi ibu hamil yang seringkali mengalami mual dan pusing secara tiba-tiba maka anda dianjurkan mengkonsumsi lebih banyak air putih yang dicampurkan dengan sari buah, tidak boleh di campur dengan vitamin buatan yang berbentuk obat karena bisa membahayakan bagi kandungan anda dan juga campurkan air tersebut dengan sari buah tanpa tambahan gula.

Sereal

makanan untuk ibu hamil 1 bulan

Pada pagi hari seringkali menjadi problem bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan. Sehingga anda dapat mengatasi gangguan mual,pusing, muntah dan kehilangan nafsu makan dengan mengkonsumsi sereal. Sereal selain memiliki variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan anda juga mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi si janin. Kandungan dari gandum utuh dapat mengandung energi dan serat yang disesuikan dengan kebutuhan ibu hamil. Inti nya gandum sangat cocok untuk ibu hamil muda menjaga kesehatan nya.

Jadwal Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Sarapan

  1. Jus Buah
  2. Nasi Goreng
  3. Telur mata sapi
  4. Susu / susu khusus kehamilan

Makan Siang

  1. Nasi
  2. Sayur Bening
  3. Ikan bumbu kuning
  4. Tempe goreng
  5. Buah Jeruk

Makan Malam

  1. Nasi
  2. Bistik
  3. Bakwan Jagung
  4. Selada Buah
  5. Susu (menjelang tidur)

Tidak sembarang makan boleh dikonsumsi ketika anda sedang hamil muda, karena dapat mempengaruhi kesehatan si buah hati. Dengan anda menjaga pola makan si buah hati pun akan sehat.

Tanda Tanda Kehamilan Minggu Pertama

tanda tanda kehamilan minggu pertama

Kehamilan adalah sebuah periode dimana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi pasangan suami-istri yang telah menikah, kehamilan ini adalah saat yang ditunggu-tunggu, meskipun ada yang menundanya. Begitu dinantikannya, sehingga tidak mau ketinggalan momen ini dan pada akhirnya mencari tahu seperti apa sih tanda awal kehamilan itu? Seperti apa sih ciri-ciri wanita hamil muda itu?

Banyak sekali ibu ibu hamil yang tidak mengetahui keadaan nya yang sedang hamil dan terus di paksakan keadaan nya untuk melakukan aktivitas yang berat sehingga ber akibat fatal pada kandungan nya. Tujuan saya menjelaskan ciri ciri ini agar anda lebih memperhatikan dan memastikan khusus nya untuk para suami agar lebih memperhatikan keadaan istri nya agar kandunggan tidak bermasalah dan bayi lahir dengan sehat.

Baca Juga  Menjaga Kesehatan Rambut

Perubahan Bentuk Tubuh
Bukan hanya perut yang membesar ketika seorang wanita mengalami kehamilan. Tetapi beberapa daerah lain seperti bagian bawah pinggang, paha dan dada serta lengan biasanya akan ikut mengalami pembengkakan, kadang wanita sering melakukan olah raga yang terlalu dipaksakan untuk menjaga tubuh nya tetap langsing padahal hal tersebut tidak baik untuk kesehatan janin dan kandungan anda .

Payudara Bengkak dan Lembut
Nyeri atau kesemutan di payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum di setiap wanita. Di awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Payudara pun bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Namun perlu dicatat, menurut ahli laktasi, Teresa Pitman, tidak semua wanita mengalami perubahan ini atau hanya sebagian saja, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB. Selain payudara yang membengkak, salah satu tanda lainnya adalah dengan area aerola warnanya menjadi lebih gelap.

Mudah Lelah
Di awal kehamilan, Wanitaakan merasa mudah lelah. Rasanya Anda ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal ini terjadi karena tubuh seorang wanita sedang menyesuaikan diri dengan adanya makhluk baru atau janin yang akan berkembang menjadi seorang bayi. Meningkat nya hormon progesteron juga sering dihubungkan dengan efek mudah lelah ini. Selain itu Anda bisa jadi mudah lelah karena menurunnya kadar gula darah dan tekanan darah jadi anda harus benar benar menjaga kondisi anda pada masa ini agar tidak terjadi hal hal yang diinginkan seperti pingsan DLL.

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat
Segera setelah terjadinya implantasi, tubuh akan memproduksi hormon hCG yang akan menyebabkab frekuensi buang air kecil. Hal ini akan berkurang mulai minggu ke 12 (akhir trimester 1) kemudian akan meningkat kembali pada minggu ke 27 (akhir trimester ke 2).

Perut Terasa Sakit
Terjadinya kram perut atau perut yang terasa sangat sakit juga menjadi salah satu efek dari implantasi calon janin ke dinding rahim wanita. Hal ini akan membuat perut seorang wanita terasa sakit karena proses implantasi tersebut. Jadi biasanya wanita akan mengalami rasa sakit ini sebagai gejala hamil minggu pertama dan sampai prosesnya selesai.

Gejala gejala di atas merupakan tanda atau ciri ciri ibu hamil trimester pertama, ibu ibu juga harus selalu memantau kondisi nya apa bila ibu ibu merasakan gejala tersebut anda harus berhenti untuk melakukan aktivitas yang amat berat, dan juga harus selalu banyak istirahat dan selalu makan makanan yang bergizi atau yang bermanfaat untuk anda.

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Kehamilan adalah salah satu momen yang paling ditunggu untuk pasangan suami istri. Ketika masa kehamilan tersebut tiba, rasa bahagia tentu tak bisa terbendung. Memiliki bayi lucu yang sehat dan cerdas adalah dambaan semua orang, dan itu berawal dari bagaimana merawat kehamilan pada trimester pertama, dan faktor makanan sangat berperan dalam hal ini. Ada jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil, ada yang sebaiknya dihindari, bahkan ada yang dilarang sama sekali. Berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil muda.

Makanan sehat itu penting bagi kita apalagi untuk ibu hamil pasti sangat penting untuk kesehatan diri nya dan juga janin nya maka dari itu harus kita biasakan untuk mengkonsumsi makanan makanan yang sehat agar janin yang di kandung bisa menjadi bayi yang sehat tanpa gangguan apapun. Berikut panduan makanan untuk ibu hamil trimester pertama.

Sayuran

Gejala mual dan muntah normal dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama. Gejala yang juga disebut dengan morning sickneess ini ternyata bisa dikurangi dengan banyak mengonsumsi jenis sayur-sayuran hijau. Anemia yang kadang terjadi pada kehamilan juga dapat dicegah karena kandungan zat besi pada sayuran akan membantu produksi hemoglobin.

Sayuran hijau banyak mengandung nutrisi yang penting untuk janin, salah satunya asam folat. Zat ini berperan dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel, sehingga sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan dan juga mencegah kecacatan pada janin. Contoh sayuran hijau yang mengandung banyak asam folat adalah bayam, asparagus, brokoli, dan sawi.

Buah

Berbagai jenis buah-buahan sangat cocok menjadi makanan untuk ibu hamil 1 bulan. Selama kehamilan usahakan untuk memilih buah segar daripada buah kalengan. Hal ini dikarenakan buah kalengan mengandung bahan pengawet dan juga mengandung garam berlebih. Kedua hal ini tentunya akan merugikan kesehatan terutama saat kehamilan. Resiko terjadinya hipertensi yang kadang muncul selama kehamilan dapat dikurangi dengan membatasi asupan garam.

Bagi sang ibu, selain manfaat dari nutrisinya, kandungan serat dalam buah akan membantu mengatasi sembelit yang terjadi selama masa kehamilan, sedangkan bagi janin, banyaknya nutrisi dalam buah tentu akan sangat baik untuk perkembangannya. Pilihan buahnya adalah apel, keluarga jeruk, pisang, alpukat, anggur, kurma, tomat dan lain sebagainya. Sedangkan yang dilarang adalah durian, nanas, delima, dan pepaya muda

Produk Olahan Susu

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak berbagai produk olahan yang terbuat dari susu. Seperti yang kita ketahui bahwa pertumbuhan sel membutuhkan protein, termasuk juga pertumbuhan janin yang sangat pesat sehingga sang ibu akan sangat membutuhkan asupan protein. Maka dari itu mengonsumsi berbagai jenis olahan susu adalah salah satu jalan terbaik untuk mendapatkan asupan protein yang cukup.

Pantangan Ibu Hamil Muda

Banyak sekali yang bertanya “padahal masih muda kok ada pantangan nya ya” jawabannya ya itu karena posisi hamil yang masih usia muda kisaran 1-3 bulan itu rentan terhadap penyakit selain itu pada saat hamil muda sebagian orang sering meremehkan dengan contoh makan tidak teratur kurang istirahat dan juga kurang memperhatikan kondisi tubuh.

Berkembangnya janin di dalam kandungan memang sangat rentan sekali terhadap pengaruh yang terjadi baik yang ditimbulkan dari turunan ataupun pola kehidupan anda sehingga mengakibatkan gangguan pada kandungan/perkembangan janin. Memiliki bayi lahir sehat menjadi harapan semua ibu hamil, barbagai cara dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi anda. Bahkan banyak sekali tradisi yang berkembang di masyarakat yang berhubungan dengan kehamilan, tradisi  yang bertujuan menjaga janin selama sembilan bulan sampai pada kelahirannya. Secara medis mungkin ada beberapa tradisi yang bisa diterima meskipun kebanyakan justru masih menjadi perkembangan penelitian medis untuk mengetahui hubungan antara tradisi yang berkembang dengan kehamilan. Pada masa kehamilan anda dituntut untuk memenuhi asupan nutrisi sebagai salah satu pendukung perkembangan janin selama kehamilan. Adapula juga yang menjadi pantangan konsumsi beberapa makanan atau gaya hidup yang akan mempengaruhi kesehatan janin.

Baca Juga  Penyebab dan Cara Mencegah Rambut Rontok

Nah inti nya pantangan ini harus dijahui karena untuk menjaga kandungan anda agar tetap sehat dan tidak mengalami masalah apapun. pada saat usia kehamilan muda, ada banyak sekali resiko yang dapat mengghampiri, oleh karena itu sebagai ibu yang sedang hamil muda, ada beberapa larangan yang perlu di jauhi, hal ini penting untuk di perhatikan oleh semua kalangan wanita, terutama wanita yang sedang mengalami hamil muda

Aktivitas dan Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi Alcohol

Alcohol adalah minuman yang sanggat membahayakan bagi kesehatan tubuh tidak kita apalagi jika di konsumsi oleh ibu ibu hamil, alcohol dapat menyebabkan IQ rendah, agresif, cacat, dan resiko buruk lain nya. Alcohol juga dapat menyebabkan pendarahan sehingga bisa menyebabkan keguguran, tentunya para orangtua tidak akan mau merasakan hal seperti ini kan!.

Merokok

Merokok dapat menyebabkan gangguan terhadap kehamilan anda yang pengaruh nya mengarah ke janin, tidak hanya merokok anda juga harus waspada sekeliling anda biasanya bapak bapak yang merokok di tempat umum itu juga akan mengganggu proses kehamilan anda

Selain mengkonsumsi zat adiktif seperti diatas pantangan tersebut ada juga yang berupa makanan seperti contoh nya makanan yang mengandung merkuri, merkuri ini biasanyan terdapat di dalam makanan yang kaya akan omega 3 dan juga omega 6.

Pantangan ini juga tidak makanan dan zat adiktif juga tetapi ada beberapa kegiatan yang biasa anda lakukan yang perlu untuk dihindari berikut contoh pantangan tersebut :

Melakukan Diet

Pada saat hamil wanita sering melakukan diet untuk berjaga jaga agar tidak mengalami perubahan bentuk badan tentunya hal ini/larangan ini harus sangat di perhatikan agar pada saat kehamilan, jika kekurangan nutrisi maka dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin pada kehamilan.

Olah Raga Atau Aktivitas Yang Terlalu Berat

Melakukan olahraga atau aktivitas yang terlalu berat pantangan ini adalah pantangan yang harus dihindari  terutama pada ibu hamil trimester pertama, karena hal ini bisa enyebabkan keguguran dan bisa menyebabkan kesalahan fatal lain nya.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Berkafein

Dua cangkir kopi instan atau setara dengan 200mg kafein per hari merupakan batas maksimal yang dapat dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Namun, bila Anda meminum jenis brewed coffee, hanya dapat secangkir dalam sehari. Selain kopi, waspadai juga kandungan kafein di dalam cokelat, minuman berenergi, minuman soda, dan teh. Mengonsumsi kafein lebih dari 200mg dalam sehari dapat meningkatkan risiko keguguran.

Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat

Lebih dari setengah wanita hamil mengalami lapar terus-menerus lebih dari biasanya. Tidak apa-apa untuk memakan camilan selama yang Anda konsumsi adalah camilan sehat berkalori rendah dan bukan camilan berlemak tanpa nutrisi. Selain itu, saat hamil, sistem pencernaan cenderung melambat sehingga dapat berujung kepada kondisi konstipasi.

Membiarkan Diri Dikuasai oleh Emosi

Hamil muda, terutama jika ini merupakan kehamilan pertama, membuat wanita sering merasa emosional. Begitu juga jika Anda pernah mengalami keguguran. Meski begitu, jangan sampai perubahan mood yang tiba-tiba terus menguasai dan membuat Anda merasa tertekan. Rawat diri dan minta bantuan suami atau kerabat untuk membantu memenuhi kebutuhan yang tidak sanggup Anda penuhi sendiri.

Sate Kambing

Ibu hamil dengan kondisi seperti mempunyai tekanan darah tinggi dan tinggi kolesterol tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging kambing. Jika ibu dengan hipertensi atau mempunyai tekanan darah tinggi mengkonsumsi daging kambing, dikhawatirkan akan menimbulkan keadaan preeklamsi atau tekanan darah tinggi pada saat haml yang ditakutkan akan mengakibatkan kejang serta kematian pada ibu.

Tidak Mengenakan Pantyliner

Keputihan saat hamil adalah hal yang wajar. Leukorea atau cairan berwarna putih susu, umumnya tertinggal sebagai bercak di dalam celana dalam. Kenakan pantyliner jika memang membuat Anda lebih nyaman. Periksakan diri ke dokter jika cairan berubah warna menjadi hijau atau kuning, berbau, ataupun dalam jumlah terlalu banyak.

Kurangi Konsumsi Jamu

Buku Kesehatan Ibu dan Anak yang diterbitkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan ibu hamil tidak boleh minum jamu.Hal tersebut dikarenakan jenis jamu yang semakin beragam dan seringkali komposisi di dalamnya tidak diketahui dengan jelas.Hal ini pastinya akan menyulitkan Mom sebagai konsumen untuk memilih mana jamu yang aman dan sehat.Namun, beberapa kalangan medis menganggap jamu masih aman asalkan berada dalam pengawasan dokter kandungan.

Jangan konsumsi suplemen tanpa arahan medis

Setiap Mom mendapatkan informasi seputar supplemen atau kapsul tambahan, harap dikonsultasikan dulu ke dokter atau tenaga medis.Vitamin dan mineral memang dibutuhkan ibu hamil. Namun seringkali kebutuhannya terpenuhi lewat makanan, tidak perlu tambahan supplemen.Anjuran konsumsi supplemen oleh Kementerian Kesehatan memperhitungkan pola makan yang dilakukan orang Indonesia. Sifatnya hanya “menambal” vitamin dan mineral yang kurang.Beberapa supplemen memang ada yang disarankan di Indonesia, seperti supplemen penambah darah bagi ibu hamil.Namun ada juga supplemen yang penggunaannya tergantung dari kebutuhan ibu. Contohnya adalah vitamin A.Asupan vitamin A dalam bentuk supplemen yang berlebih malah dapat membahayakan janin.

Makanan Dengan Gula Tinggi

Makanan manis dengan kadar gula yang tinggi sangat tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Halini karena gula yang tinggi akan diserap oleh janin, sehingga janin akan tumbuh terlalu gemuk. Jika bayi terlalu gemuk, proses persalinan normal akan sulit dilakukan. Selain itu, jika bunda terlalu sering mengkonsumsi makanan manis maka kadar gula darah bunda juga akan meningkat.

Salad Kemasan

Sebenarnya ini hampir sama dengan lalapan. Namun, bisa dikatakan lebih beresiko.Lalapan biasanya disiapkan harian.Sedangkan untuk salad kemasan, kita harus jeli sudah berapa lama ia disimpan. Bisa saja sudah beberapa hari di lemari pendingin atau es.Penyimpanan lebih lama akan memberikan lebih banyak waktu bagi bakteri berkembang biak.

Nah pantangan pantagan tersebut harus atau diwajibkan untuk dihindari agar kondisi janin tetap sehat dan juga masa kandungan terhindar dari masalah.

Itulah tadi makanan makanan yang sehat untuk ibu hamil trimester pertama. Dan juga tips-tips panduan kesehatan dan makanan untuk ibu hamil muda agar janin tetap sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan juga agar anda lebih berhati hati untuk menjaga kesehatan kandungan anda karena kesehatan bayi anda berada di tangan anda.