12 Alam Wisata Cimahi Yang Menakjubkan

Perlu kalian ketahui Cimahi inimerupakan salah satu kota yang ada Provinsi Jawa Barat ini mempunyai julukan Kota Tentara. Hal ini dikarenakan Kota Cimahi yang dulunya pernah jadi pusat latihan militer ketika zaman penjajahan di Indonesia. Akan tetapi sampai saat ini, anda masih dapat menemui pusat pelatihan militer di Cimahi.

Kota Cimahi yang terletak di sebelah Barat Kota Bandung ini menyimpan banyak sekali wisata alam yang menarik dan unik, kota dengan julukan Kota Tentara ini sempat menjadi pusat pelatihan militer pada zaman penjajahan, namun hingga kini masih menjadi pusat pelatihan militer, jika anda berkunjung ke cimahi, anda akan berwisata sambil ditemani oleh udaranya nan menyejukkan, banyak wisata yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun kerabat. Dengan berteman hawa sejuk, panorama indah, serta lokasi yang strategis. Tidak cuma itu saja, di Cimahi anda dapat menjelajah ke destinasi wisata yang menarik. Berikut adalah tempat wisata di Cimahi dan sekitarnya yang dapat dijadikan referensi wisata anda.

Curug Cimahi

alam wisata cimahi

Wisata Di Bandung yang mempunyai ciri khas dengan bernuansa alam pegunungan karena secara Geografis Kota Bandung yang dikelilingi oleh Pegunungan, Salah satunya adalah keberadaan wisata air terjun yang saat ini sedang ramai jadi tujuan wisata favorit terbaru di kalangan wisatawan lokal, nusantara dan mancanagera, yaitu air terjun Curug Cimahi yang indah.

Sahabat travelers salah satu tempat wisata alam cimahi yaitu, Curug Cimahi adalah sebuah tempat wisata yang berlokasi di desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, tepatnya beralamat di jalan Kolonel Masturi, Cisarua, yang dimana lokasinya sangat dekat dengan beberapa Tempat Wisata di Lembang.

dengan suhu kawasan yang berkisar antara 18 – 22 derajat celcius dan berlokasi di atas ketinggian 1050 meter di atas permukaan air laut curug cimahi bandung berada, sehingga menjadikannya sebuah tempat wisata  alam khas pegunungan di bandung barat dengan udara yang sejuk.

danau di bandung Situ Lembang ini menjadi Sumber air dari Curug cimahi ini, yang kemudian mengalir ke kota cimahi dan airnya sebagian digunakan sebagai sumber air minum (PDAM) dan sebagiannya lagi untuk pertanian.

Curug ini sendiri pertama kali dibuka untuk umum adalah pada tahun 1992 silam. Namun wisata Curug di Bandung Barat ini pernah berhenti beroperasi dikarenakan sedang direnovasi dan juga direvitalisasi pada sekitar kurun waktu sekitar 4 tahun yaitu 2010 hingga 2014.

Curug Cimahi atau Air Terjun Cimahi ini tingginya mencapai 85 meter dan yang paling tinggi di Kota Cimahi. Kawasan air terjun ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan udaranya begitu segar. Dengan luas kurang lebih 2 hektar alam wisata cimahi ini cukup terkenal dan punya keistimewaan tersendiri. Tinggi curug ini sendiri mencapai sekitar 87 meter dan dijadikan sebagai salah satu curug tertinggi di provinsi Bandung. Dengan bermula adanya Sungai Cimahi yang mengalir di atas dari curug tersebut dan kini menjadi awal mula Nama curug ini. Sungai Cimahi tersebut memiliki hulu di Danau Lembag dan mengaliri kota Cimahi.

Untuk menuju alam wisata cimahi ini, pengunjung bisa menggunakan dua akses. melalui jalur Cihanjuang dan Parongpong kalian bisa menggunakan jalur Cimahi Yang pertama. Jalur yang kedua bisa ditempuh dari jalur Lembang Bandung. Jalur yang melalui kota Cimahi dapat andalewati masuk ke jalan Kolonel Matsuri di dekat alun alun Cimahi. Para pengunjung akan Menyusuri jalan ini yang akan membawa kalian menuju ke Cihanjuang dan juga Parongpong. Jika kalian menempuh dari Bandung bisa melalui pusat Kota Bandung kemudian arahkan kendaraan untuk melalui Lembang danamsuk ke dalam Jalan Sersan Bajuri, Lurus terus ke utara menuju ke daerah Lembang. Kedua rute jalan ini nantinya bisa saling bertemu. Jangan khawatir karena rute tersebut sudah mulus dan beraspal.

Alamat : Jalan Kolonel Matsuri, Kertawangi.

Curug Pelangi

tempat wisata di cimahi

Sahabat Travel, jika ditanya kenapa tempat ini sekarang menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari beberapa tempat, maka jawabannya adalah karena daya tarik utama curug ini jika di sore dan malam hari akan terlihat berwarna-warni sangat mempesona. Nah loh koq bisa begitu ? pasca dibuka kembali pada desember 2014 yang lalu salah satu tempat wisata di cimahi ini memang telah dirubah dengan konsep wisata air terjun ala di Amerika usut punya usut ternyata Curug Cimahi ini seperti yang sudah saya jelaskan di atas sedikit.

Adalah gagasan dari seorang ADM Perhutani KPH Bandung Utara yang bernama Wismo Tri Kuncoro, dengan Curug Pelangi atau The Rainbaw Waterfall di Bandung ini terinspirasi serta mengadopsi konsep salah satu wisata curug yang berada di negara bagian Colorado Amerika.

Ya, konsep wisata curug ini dirancang sedemikian rupa dengan sangat indah, sehingga menghadirkan pertunjukan air terjun yang jatuh dari ketinggian kurang lebih dari 71 meter ini sebelum menyentuh tanah akan terlihat berwarna-warna layaknya sinar pelangi sebelum jatuh ke bawah, pemandangan yang sangat menyejukkan mata.

Kenapa bisa bercahaya seperti pelangi ? Sahabat travelers, keindahan curug pelangi cimahi ini menjelang sore dan di malam hari sangatlah luar biasa indahnya, ternyata hal itu disebabkan oleh lampu-lampu yang telah disetting yang bisa menghasilkan warna-warni pelangi ketika disorotkan ke air terjun yang dipasang di bagian belakang air terjun Cimahi ini. Di objek wisata ini kalian akan disugukan dengan Perpaduan eksotisme alam sekitar curug yang sangat alami khas pegunungan dengan teknologi pencahayaan cahaya menghadirkan suguhan atraksi alam yang spektakuler.

dengan pemandangan warna warni air yang dilihat Eksotisme khas curug pelangi atau The Rainbow Waterfall ini akan semakian terasa oleh setiap pengunjung yang turun ke bawah dengan menuruni anak tangga, butiran air terjun yang mambasahai wajah kalian akan menenangkan hati dan merefreshkan otak di setiap sentuhannya.

Alamat : Jalan Kolonel Matsuri Km 14.

Alam Wisata Cimahi

tempat wisata cimahi

Alam Wisata Cimahi yang dikenal juga dengan sebutan AWC ini menawarkan wisata yang begitu indah, yang merupakan perpaduan antara pemandangan alam indah dengan arena bermain seru dan menarik .Alam Wisata Cimahi didirikan oleh CV Kebun Tanu Anugrah dimana menjadi wujud keinginan dari pengusaha itu untuk mengembangkan potensi pariwisata di bidang pertanian, peternakan dan juga kuliner. Keinginan tersebut dilandasi dengan potensi kota Cimahi yang mumpuni dan memiliki potensi yang besar dalam dunia pariwisata.

Alam Wisata Cimahi ini resmi dibuka sejak tanggal 18 Oktober 2009. walikota Cimahi kala itu yaitu Ir. H. Itoch Tochija telah meresmikan. berbagai macam fasilitas pun bermunculan. Beberapa permainan yang ada yaitu jembatan goyang dan flying fox tapi saat diresmikan Dulu tempat wisata ini berfokus kepada tempat wisata kuliner namun seiring berkembngya alam wisata cimahi.

tempat wisata cimahi ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata bersama dengan keluarga terutama bersama anak anak dan terdapat Fasilitas lainnya adalah kolam renang, kolam pemancingan, sampai dengan restoran dan tempat makan dengan menu beragam. bagi anda yang ingin mencari ketenangan jauh dari hiruk pikuk keramaian tempat ini cocok buat kalian dan terdapat Udara yang segar dan pemandangan yang hijau cocok untuk merefreshing mata dan otak.

Alamat : Jalan Kolonel Matsuri Km 14.

Taman Wisata Paku Haji

wisata alam cimahi

Destinasi wisata alam cimahi selanjutnya adalah Taman Wisata Paku Haji yang berlokasi di Jalan Haji Ghofur. Tempat ini kalian dapat melihat aneka satwa di kebun binatang dan terdapat pula kolam renang, pengalaman berkuda, halang rintang, sampai dengan permainan ATV. Selain itu anda. Untuk mencapai lokasi wisata ini memang harus melewati jalanan yang sangat ekstrim, akan tetapi semua akan lunas terbayar saat anda melihat hamparan hijau menyejukkan mata yang sangat indah saat setibanya di Taman Wisata Paku Haji yang luasnya sekitar 10 hektar tersebut.

saat musim liburan atau Saat akhir pekan tiba tempat wisata ini selalu dikunjungi oleh wisatawan dari dalam atau dari luar daerah dikarenakan Lokasi yang sangat strategis akan membuat lokasi wisata Paku Haji sering dikunjungi oleh wisatawan. Fasilitas wisata yang ada di tempat ini lumayan lembang tapi masih tetap nyaman, bahkan tempat wisata ini sangat strategis dengan tempat wisata lainnya seperti wisata kota Lembang dan juga floating market Lembang yang ada di sekitar situ. disini Pengunjung bisa mencoba berbagai kegiatan wisata misalnya naik ATV dan juga menunggang kuda. Untuk naik ATV ini anda tidak perlu lagi pergi ke Bandung, di wisata Paku Haji pun telah ada wisata APV tersebut.

All About Strawberry

curug cimahi bandung

Bagi anda yang menyukai buah strawberry dan semua hal yang berbau dengan strawberry ada disini jadi jangan lupa untuk mampir dan mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Sesampainya tiba pada tempat wisata yang lokasinya berada di Jalan Cihaunjang Km 2 ini, anda dapat merasakan pengalaman menarik memetik buah strawberry dengan puas. Selain itu Di sini suasananya begitu segar dengan dilengkapi area bermain untuk anak dan lokasinya sangat cocok untuk tempat bersantai serta menyegarkan mata kembali.. Sebelum pulang, anda bisa berbelanja beragam pernak pernik stroberi sebagai oleh-oleh.

Bisa dikatakan tempat wisata yang ada disini merupakan tempat wisata yang murah hal itu dikarenakan harga tiketnya yang murah. pengunjung yang datang kesini dan Setelah kalian membayar tiket masuk objek wisata ini kalian bisa mendapatkan satu gelas stroberi dengan gratis sebagai ucapan welcome. Memang lokasi wisatanya tidak luas, namun mengesankan. Bagi anda yang membawa anak anak, anda bisa mengajak anak anda ke rumah koboi. Anak anda bisa menunggang kuda layaknya koboi. bagi yang ingin berwisata kuliner juga mencoba menu makanan lain Selain strawberry yang bisa kalian cicipi salah satunya tahu gejrot, colenak, pisang penyet dan masih banyak lagi lainnya.

Kampung Cireundeu

wisata di cimahi

Ini merupakan kampung yang lokasinya berada di Cimahi Selatan yang masih memegang teguh adat istiadat nenek moyangnya. Kehidupan masyarakat disini pun juga unik karena makanan pokok mereka bukanlah nasi, melainkan singkong rebus. Nah semuanya tentu menarik perhatian para pengunjung atau wisatawan, karena di sini kalian dapat melihat peninggalan sejarah, keindahan alam, dan adat istiadat. Nama kampung ini berasal dari Pohon Reundeu. Dulunya kampung ini disebut dengan desa Cireundeu banyak ditumbuhi dengan pohon reundeu.

Di desa ini tidak dihuni oleh banyak orang layaknya desa umum lainnya dan terletak dari kampung ini ada di Kelurahan Leuwigajah, kecamatan Cimahi Selatan. Desa Cireundeu ini hanya dihuni oleh 50 kepala keluarga dan ssetidaknya ada 800 jiwa yang ada di kampung ini. Mata pencaharian penduduk yang ada disini adalah bertani ketela. Penduduk disini konsisten untuk memegang teguh apa yang mereka yakini dan mereka senang untuk melestarikan kebudayaan ajaran nenek moyang sampai sekarang. Kepercayaan yang dipegang teguh oleh penduduk kampung adat ini merupakan Sunda Wiwitan. Penduduk yang tinggal disini melestarikan adat istiadat yang telah leluhur mereka wariskan maka dari itu kampung ini dianamakan seperti sesuai dengan isi dari kampung tersebut.

Curug Malela

curug pelangi cimahi

Tempat wisata selanjutnya adalah Curug Malela. Air Terjun yang ketinggiannya antara 60 sampai dengan 70 meter ini memiliki lebarnya kurang lebih yaitu 50 meter. Air sungai mengalir membentuk sebuah jaringan Sungai Cidadap, dan bermuara di Cisokan yang berasal dari sungai dari bagian utara Gunung Kendeng. Aliran airnya begitu deras, terkadang kalian juga dapat melihat adanya seekor monyet berekor panjang yang minum di bagian bawah Curug Malela. Curug Malela termasuk dalam rangkaian air terjun sepanjang 1 km. Semua objek pariwisata berlokasi di Desa Cicadas, Bandung Barat dan bila diurutkan dari yang teratas adalah Curug Malela, Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir, dengan penutup Curug Pamengpeuk.

Curug ini sangat indah sebab terdiri dari beberapa aliran air terjun di bawahnya. Saking indahnya, banyak yang mengatakan bahwa curug ii aalah Air Terjun Niagara mini. bagi para pengunjung yang ingin mencapai tempat wisata satu ini kalian harus sabar karena perjalanannya cukup melelahkan sehingga diperlukan fisik yang kuat dan persiapan bekal makanan ataupun minuman yang lengkap Meski begitu kalian setelah sampai ditempatnya mata akan dimanjakan dengan keindah curugnya. Jika ingin datang ke curug ini sebaiknya jangan saat hujan, sebab akses jalan belum bagus dan memadai. pengunjung yang datang kesana berhati hati bila Saat hujan karena akses jalan ini licin dan juga becek sehingga menyulitkan kalian menuju objek wisata ini.

Taman Bunga Cihideung

alam wisata cimahi

Taman Bunga Cihideung ini adalah salah satu desa yang tempatnya berada di Kecamatan Parongpong. Tempat ini sekarang telah berkembang menjadi kawasan wisata bunga dengan kesejukan alami. Sebagian besar penduduk Desa Cihideung bekerja sebagai petani bunga, baik itu petani bunga hias maupun bunga potong, Sebabnya adalah di sepanjang desa ada beragam jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis tanaman bunga yang indah bisa kita temui di Taman Bunga Cihideung ini, dari tanaman hias hingga tanaman potong tertanam rapi. tanaman (bunga) potong biasanya adalah tanaman/ bunga yang diperlukan untuk keperluan dekorasi dan Tanaman (bunga) hias biasanya adalah tanaman yang digunakan untuk memperindah taman.

Apabila di suatu kesempatan anda bersama keluarga menghadiri acara pernikahan teman atau saudara di Bandung,terus kemudian melihat bagian dekorasi ruangan hajatan atau ruangan lainnya berhiaskan aneka ragam tanaman hias serta bunga yang masih segar dan indah, jangan ditanya berasal darimana ya sudah bisa dipastikan berasal dari Taman Bunga Cihideung.

Diamanakah Taman Bunga Cihideung Itu ? Anda penasaran kan ? terlebih anda seorang perempuan atau ibu-ibu rumah tangga yang belum pernah ke Bandung pasti anda akan tertarik pada wisata ini, serta dijamin ingin melihat dan merasakan sensasi luar biasa disini, bagaimana anda akan disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa akan indahnya pemandangan taman bunga ini.

Ya,Taman Bunga Cihideung ini adalah sebuah kawasan wisata bunga di Bandung yang lokasi tepatnya adalah di sebuah desa yang bernama Cihideung, yang berada di kecamatan Parongpong Lembang dan termasuk salah satu wilayah atau Tempat Wisata Favorit Di Bandung bagi para traveler yang berkunjung ke Bandung. Lembang ini sendiri seperti diketahui memiliki banyak Objek wisata yang lengkap, ada area bermain anak yang menarik juga. Udara yang segar berteman panorama memukau, sangat menyenangkan berlibur kemari.

Bagi pecinta alam sungguh disayangkan jika anda tidak mengunjungi tempat ini. Selain bisa digunakan untuk tempat berwisata, Natural Hill ini juga dapat digunakan untuk tempat outbond. Bagi yang ingin menginap disini, ada berbagai jenis penginapan yang bisa dicoba.  Contohnya saja adalah penginapan konsep barak dengan kapasitas orang berjumlah 160. Selain itu ada penginapan konsep tenda dan cottage. Daya tampung konsep penginapan tenda itu adalah 200 orang. Nah penginapan dengan konsep cottage inilah yang paling mahal.

Rumah Bunga Rizal

tempat wisata di cimahi

kebun produksi yang lokasinya ada di Lembang Bandung dan sudah ada sejak 33 tahun yang lalu ini berupa Rumah bunga rizal. Pendirian tempat ini bermula dari hobi bertanam aneka bunga seperti anggrek, kaktus, dan tanaman hias yang lainnya. Rumah Bunga Rizal pun mulai memproduksi beragam produk kreatif penunjang hobi dan berkebun. Seperti kawat untuk menyangga tanaman atau kawat gantung, dan sebagainya dengan Seiring berjalannya waktu. Selanjutnya tahun 2002 konsep Rumah Bunga Rizal pun berubah jadi kebun wisata.

Lokasi tempat wisata ini menawarkan suasana kebun yang teramat bersih, rapi, ditambah tersedianya beraneka makanan dan minuman seperti es krim, makin membuat pengunjungnya merasa nyaman. Bila kalian sedang berkunjung ke temat wisata ini jangan lupa untuk membeli oleh oleh souvenir khas dari tempat wisata ini. Souvenir khas dari Rumah Bunga Rizal adalah bunga atau tanaman mini yang dimasukkan ke dalam mika. nah kalian bisa menjadian beberapa bunga khas dari tempat wisata ini adalah kaktus, anggrek dan tanaman lainnya untuk dijadikan souvenir sebagai buah tangan.

Pasar Terapung Lembang

tempat wisata cimahi

Pasar Terapung Lembang atau yang dikenal dengan sebutan floating market ini adalah sejenis tempat wisata kuliner yang terletak di kawasan Lembang, Bandung.  para penjualnya memakai perahu untuk menjual beragam barang dagangan (seperti buah, sayuran, dan aneka keperluan dapur) Yang dimana Mirip seperti Pasar Terapung yang berdada di Kalimantan. Bedanya adalah floating market hanya menjual aneka makanan atau kuliner khas Kota Kembang dengan cara jual yang unik, yaitu di atas perahu-perahu yang berjajar dengan rapi.

pengunjung bisa merasakan berlayar menggenakan perahu dan inilah yang membuat Tempat wisata pasar terapung lemabang sangat unik. Penjual pun berada di atas air. Selain itu bagi pembeli yang ingin membeli barang barang yang ada di sana harus menggunakan kon yang sebelumnya sudah ditkukarkan menggunakan mata uang biasa. Sangat unik bukan?, untuk harga tiket masuk ke sini adalah 15 ribu rupiah, parkr mobil adalah 30 ribu rupiah sedangkan parkir motor 5 ribu rupiah. Jam buka saat weekdays pukul 9 pagi sampai dengan 5 sore, sedangkan saat weekend bisa sampai pukul 8 malam.

Taman Kupu-Kupu

wisata alam cimahi

Wisata alam cimahi yang selanjutnya adalah Taman Kupu-Kupu yang berlokasi di Jalan Cihanjuang, Cibaligo, Cimahi, Cihanjuang, Parongpong, Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung ini,sepertinya telah menambah daftar objek wisata di Bandung yang unik dan menarik seperti halnya theme park Jendela Alam Bandung sekaligus  bernilai edukasi yang sangat tinggi buat anak-anak dan sebagai sarana pembelajaran kepada anak kita bahwa pelestarian hewan yang cantik nan elok serta hewan langka ini bisa diajarkan kepada calon generasi bangsa sejak usia dini.

Dan faktanya, meskipun relatif masih anyar, namun salah satu tempat wisata keluarga di bandung ini nyatanya berhasil banyak menarik atensi atau perhatian wisatawan lokal kota Bandung maupun wisatawan luar daerah yang sedang liburan di Bandung. dengan design interior taman kupu-kupu yang ditata sangat begitu detil dan menarik ditunjang lagi dengan Lokasi Tempat wisatanya yang memang masih sangat rindang dan sejuk. Apabila melancong ke kawasan wisata yang satu ini, diharapkan anak-anak anda bisa memperoleh informasi tentang bagaimana proses metamorfosis seekor kupu-kupu mulai dari bibit larva hingga tumbuh besar secara sempura. taman kupu-kupu Cihanjuang yang asri dan sangat sejuk udaranya ini memiliki luas 1.800 m2 beserta dikelilingi dengan jaring besar sebagai jaring pembatas kupu-kupu supaya tidak bisa terbang ke luar lokasi wisata.

Di tempat wisata buat anak di bandung ini, anda beserta anak-anak tercinta pastinya akan melihat takjub dan terpesona bagaimana kehidupan komunitas binatang, Sementara luas secara keseluruhan taman kupu-kupu sendiri  memang sangat luas,yakni hingga mencapai 1,7 hektar  yang indah berwarna warni serta lucu yaitu binatang kupu-kupu yang terdapat lebih dari 35 jenis kupu-kupu langka yang ditangkarkan di sini..Tapi apabila anda berkunjung ke tempat wisata di bandung ini tidak perlu khawatir seperti bagaimana cara berwisata di tempat yang sangat luas dan eksklusif ini,karena anda akan dipandu oleh instruktur pemandu taman yang memberikan informasi yang berguna buat anda dan anak-anak tercinta serta berpengalaman dalam hal dunia kupu-kupu yang siap menemani. Kabupaten Bandung Barat, disini anda akan menemukan 35 jenis kupu-kupu yang di tangkarkan, anda akan dijelaskan bagaimana proses kupu-kupu bermertamorfosis dan informasi lainnya yang dapat menambah wawasan anda.

Natural Hill Bandung

curug cimahi bandung

Di bandung ada sebuah objek wisata  yang berupa sebuah kawasan yang memiliki beberapa spot rekreasi keluarga yang dikenal dengan Natural Hill. Anda dapat menikmati air terjun ini dengan disajikan pemandangan cantik yang memiliki ketinggian hingga 50 meter. Natural Hill Bandung memiliki Air terjun yang air yang sangat jernih, sehingga membuat Anda betah berlama-lama bermain air.

Serunya lagi, Anda bisa sekaligus trekking alam. Karena untuk mencapai air terjun Natural Hill Bandung, Anda harus melakukan perjalanan selama 45 menit hingga 1,5 jam dengan berbagai jenis lintasan. Berada di Bandung, Natural Hill tentu menawarkan udara yang sejuk dengan panorama mempesona sehingga Natural Hill Bandung juga cocok menjadi tempat berkumpul rekreasi kantor yang murah meriah. Selain penginapan dengan tipe barak atau khusus yang bisa Anda pilih, anak-anak juga disediakan tempat bermain yang dapat digunakan sepuasnya di kawasan Natural Hill.

Anda bisa mengajak anak-anak bermain di sekitar 15 jenis spot permainan berbeda yang tersebar di halaman Natural Hill Bandung hanya Dengan membayar tiket masuk sepuluh ribu rupiah saja. Tidak perlu khawatir dengan tempat ini karena terlihat penuh atau sesak, karena luas lahan Natural Hill mencapai luas 14 hektar! Berbagai jenis permainan anak tersebut termasuk dengan permainan outbound yang menantang seperti flying fox, panjang tebing mini, menyeberang kolam dengan rakit, hingga permainan menangkap belut.

Nah itu tadi saya telah menginformasikan tentang berbagai objek wisata yang seru bagi kalian para wisatawan yang hobi treveling ke tempat tempat seru nan baru, bila kalian sedang berkunjung atau mencari tempat weekend yang cocok bagi merefresing otak dan badan kalian yang lelah dengan aktifitas sehari hari yang kalian lakukan. itulah beberapa rekomendasi alam wisata cimahi yang dapat anda kunjungi saat liburan.