12 Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya

Kalian pasti penasaran mengapa laptop yang sering kalian gunakan sering lemot dan sering ngehang?? Banyak penyebab yang ditimbulkan dari kejadian ini. Nah kalian pasti penasaran bagaimana laptop anda bisa lemot dan ngehang. Penyebab laptop lemot adalah karena sejumlah alasan, tetapi sebagian besar penyebabnya yaitu saat kita sedang  menggunakannya. Saat Anda mengunduh program, memasang ekstensi, menjelajahi web, membuat file, dan mengisi hard drive Anda dengan film dan musik, pasti Anda akan membangun kinerja PC Anda. Jadi jika Anda bertanya pada diri sendiri, “Mengapa komputer saya lambat?”, Mungkin sudah waktunya untuk melakukan sedikit pembersihan dan mengembangkan kebiasaan kebersihan elektronik yang lebih baik. Nah disini kita akan membahas  cara cara mengatasi laptop lemot yang wajib kalian ketahui.Bingung kenapa laptop kalian lemot? Yuk simak apa saja penyebab laptop lemot dan bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot.

Apa saja penyebab laptop lemot?

  1. Komputer Anda berjalan untuk waktu yang lama tanpa reboot

penyebab laptop lemot

Kalian pasti ingin tahu bagaimana cara agar laptop tidak lemot lagi? Sebelum itu kalian harus mengetahui Apa itu Boot? Apa itu Boot Ulang? Apakah prosesnya sama dengan Start dan Restart? Ada banyak penjelasan, definisi, dan omong kosong belaka. Beberapa definisi teknis valid yang bagus sulit dicerna untuk seseorang yang tidak terlibat dalam TI. Saya akan memberi Anda jawaban yang sangat mudah. Pertama-tama, Boot dan Reboot sama dengan Start dan Restart. Hanya lebih “cenderung secara teknis” dari sebuah frasa.

Apa artinya bagi Anda, Pengguna:

  • Boot / Start adalah ketika Anda menghidupkan komputer Anda setelah itu mati untuk sementara waktu.
  • Reboot / Restart adalah ketika komputer Anda sudah aktif, dan Anda secara manual memilih untuk reboot lagi.
  • Cold Reboot / Cold Restart adalah ketika Anda hanya menekan tombol Power hingga komputer mati sepenuhnya.
  • Warm Reboot / Warm Restart adalah ketika Anda secara manual menavigasi ke opsi Restart dari taskbar Anda.

Apa artinya bagi Komputer Anda:

  • Proses Boot / Start memuat sistem operasi dan memulai proses awal, dari status mati.

Proses Reboot / Restart biasanya diperlukan setelah aktivitas yang memengaruhi fungsi: menginstal, mencopot pemasangan, mengimplementasikan pembaruan Windows, dll. Melakukan perubahan pada registri PC dan setelah reboot Windows menjalankan PC dengan entri registri baru. (Ini tidak selalu sama dengan Reset, dalam hal ini data BIOS mungkin tidak dimuat ulang.)

Pertimbangkan ini: sangat sedikit dari instalasi perangkat lunak dan pembaruan tidak memerlukan restart, sementara yang lain lakukan – dan sering (Adobe, khususnya, membuat saya agak gila dengan pembaruan mereka.) Beberapa perubahan memerlukan kekuatan restart, sementara yang lain hanya “meminta” me-restart sekarang versus me-restart kemudian. Dan jujur ​​saja, terkadang pengguna seperti Anda dan saya menolaknya karena kami berang berang-berang – kami memiliki hal-hal yang harus dilakukan, email untuk dikirim dan ingin menghemat waktu sekarang, yang berarti me-restart komputer nanti … Dan kadang-kadang itu “nanti” terjadi BANYAK kemudian. Sementara itu, ada beberapa urusan yang belum selesai terjadi di dalam PC, terutama ketika beberapa pembaruan, patch, dan permintaan restart diabaikan sedang dipasang di atas satu sama lain.

Kita harus ingat bahwa semua kegiatan yang disebutkan sebelumnya (menginstal, menghapus instalasi, dll.) Akan mendapat manfaat dari Reboot / Restart. Ini akan membuat PC membersihkan cache, membersihkan RAM (Random-Access Memory, suatu bentuk penyimpanan data komputer yang PC Anda butuhkan untuk beroperasi dengan baik), dan memaksa registri baru membaca, “menyetel” komputer Anda sedikit.

Saran : Ingat untuk tidak mematikan komputer Anda secara sewenang-wenang dari sumber listrik. Gunakan reboot dingin hanya jika semuanya gagal – shutdown yang tidak benar adalah penyebab utama dari korupsi disk, dan seharusnya tidak umum digunakan. Lakukan Reboot Hangat – Buka Mulai> Matikan Komputer Anda> Mulai Ulang. Jika Anda ingin memastikan, buka Mulai> Matikan Komputer Anda> Matikan, dan Boot komputer secara manual setelah jangka waktu yang wajar – 10-20 detik.

  1. Tidak Cukup Ruang Hard Disk Gratis

penyebab laptop lemot

Banyak sekali penyebab laptop lemot dan ini adalah salah satunya. Ruang hard drive gratis hanyalah jumlah ruang pada hard drive yang dapat ditulis dan yang tidak digunakan. Sementara ruang kosong digunakan untuk menyimpan file dan data, itu juga berfungsi untuk memungkinkan ruang file swap dan memori virtual yang diperlukan untuk mengoperasikan program, misalnya, ketika membuat file sementara.

Saran : Verifikasi bahwa setidaknya ada 20% ruang hard drive gratis, dan tingkatkan, bila memungkinkan. Cara Menentukan Jumlah ruang hard drive yang tersedia (Windows). Cara Meningkatkan Ruang Gratis di Hard Disk Anda (Dukungan Microsoft)

  1. Hard drive rusak atau terpecah-pecah

"mengatasi laptop lemot "

Ada beberapa penyebab untuk hard drive rusak. yang paling jelas adalah shutdown yang tidak benar. Banyak dari kita tidak memperhatikan fakta ini dan bertanya-tanya apa yang bisa salah dengan penghentian yang tidak benar. Tetapi kenyataannya adalah sebagian besar waktu, satu-satunya alasan untuk hard drive yang rusak terus tiba-tiba mematikan catu daya komputer. Sekali lagi, pertimbangkan situasinya, bahwa Anda mengalami masalah dengan salah satu hard disk Anda dan ada kemungkinan bahwa itu rusak. Mungkin penyebabnya adalah virus komputer, tetapi pemindaian drive yang rusak, hanya dapat semakin mempersulit proses pemulihan data nanti. Hindari memindai hard drive komputer yang rusak. Mari masuk ke sedikit lebih detail. Ketika kami memformat hard disk kami untuk pertama kalinya, kami memilih salah satu sistem alokasi file, FAT atau NTFS. Tentu saja, jika Anda menggunakan Linux, maka Anda akan menggunakan ext1, ext2, ext3, dll. Mari kita pertimbangkan bahwa saat memformat hard disk Anda, Anda telah memilih format FAT 32. FAT (File Allocation Table) tidak lain adalah database yang menyimpan alamat masing-masing file di sistem Anda. Disk drive yang rusak dapat berarti bahwa FAT dalam sistem Anda telah rusak dan prosesor komputer tidak dapat mengakses file yang Anda inginkan.

  1. Terlalu Banyak Program Latar Belakang

"cara agar laptop tidak lemot "

Salah satu cara penyebab laptop lemot ialah kalian harus menghapus atau nonaktifkan semua program startup yang secara otomatis memulai setiap kali komputer melakukan booting. Jika Anda memiliki program utilitas keamanan, program perlindungan malware dan spyware atau pemindai antivirus di komputer, atur agar tidak memindai komputer Anda di latar belakang. Seringkali ketika program ini mulai memindai komputer, itu dapat menurunkan kinerja komputer Anda secara keseluruhan.

Saran: Untuk melihat program apa yang berjalan di latar belakang dan berapa banyak memori dan CPU yang mereka gunakan Buka Task Manager. Buat jadwal untuk menjalankan keamanan Anda dan program lain yang memerlukan pemindaian hard drive Anda saat Anda memiliki aktivitas terendah di komputer.

  1. Komputer Anda Terinfeksi Virus atau Malware

"cara membuat laptop tidak lemot "

Jika Anda mencurigai PC Anda telah terinfeksi (baca Daftar Periksa Virus 10 Komputer Teratas), Anda perlu memindai PC Anda. Hari ini, spyware dan malware lainnya adalah penyebab besar banyak masalah komputer termasuk komputer yang lambat. Bahkan jika pemindai antivirus diinstal pada komputer, kami sarankan untuk menjalankan pemindaian malware di komputer.

Saran: Coba versi antivirus gratis atau uji coba untuk memindai komputer Anda untuk malware.

  1. Konflik perangkat keras dan driver yang ketinggalan jaman

"cara memperbaiki laptop lemot "

Konflik perangkat keras terjadi ketika dua perangkat mencoba menggunakan sumber daya yang sama, seperti IRQ atau alamat memori, menghasilkan kesalahan. Misalnya, jika perangkat keras di komputer berbagi port IO yang sama dengan perangkat lain yang akan mengakibatkan konflik perangkat keras. Dalam konflik perangkat keras modern kurang umum karena dengan menggunakan plug-n-play (PnP) mengelola setiap perangkat keras yang terpasang di komputer untuk pengguna.

Saran : Gunakan Pengelola Perangkat komputer Anda untuk memverifikasi bahwa komputer Anda tidak memiliki konflik perangkat keras dan untuk memecahkan masalah, jika perlu. Jika ada yang menyelesaikan masalah ini karena mereka bisa menjadi penyebab masalah Anda:

Langkah 1. Buka Device Manager, pilih Sistem dari bagian atas daftar, dan klik Properties.

Langkah 2. Dari daftar sumber daya, Anda harus dapat menentukan perangkat mana yang digunakan oleh perangkat mana, dan jika ada konflik, perangkat mana yang menyebabkannya. Saat Anda menentukan konflik, lihat manual perangkat tertentu untuk informasi tentang mengubah konfigurasi untuk memecahkan masalah konflik. Jika itu menyelesaikan masalah, tidak perlu pergi ke langkah berikutnya, jika tidak:

Langkah 3. Hapus atau putuskan semua perangkat yang tidak penting, seperti kartu suara atau CD-ROM dari komputer Anda, kecuali yang tidak berfungsi. Jika perangkat masih tidak berfungsi, mungkin rusak parah atau dalam konflik dengan perangkat keras vital, misalnya, motherboard.

Langkah 4. Jika masalah tidak teratasi, itu juga bisa menjadi masalah driver. Jika driver cacat atau ketinggalan zaman itu dapat mengganggu komputer berkomunikasi dengan perangkat keras tertentu. Dalam hal ini Anda mungkin ingin menghubungi pabrikan komputer / perangkat Anda untuk driver terbaru – sebagian besar tersedia untuk unduhan gratis. Bahkan ketika driver lama Anda tidak cacat, driver yang lebih baru dapat meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan. Jika masalah tampaknya telah diperbaiki, mulailah menambahkan perangkat satu per satu. Semoga masalah tidak akan muncul kembali; jika ya, konfigurasikan ulang perangkat itu sehingga konfliknya dihapus, seperti pada langkah 2 di atas.

  1. Versi Windows Anda (atau platform lain yang mungkin Anda gunakan) atau perangkat lunak lain sudah ketinggalan zaman.

"cara mengatasi laptop yang lemot "

Pastikan Anda memiliki semua pembaruan Windows terbaru yang diinstal di komputer. Jika Anda berada di Internet ketika komputer Anda lambat juga pastikan semua plugin browser sudah diperbarui.

Saran: Tautan untuk pengguna Windows – informasi lebih lanjut tentang Pembaruan Window

8. Komputer atau prosesor terlalu panas

"solusi laptop lemot "

Prosesor adalah salah satu komponen yang paling intensif energi dan benar-benar terpanas. Arus listrik secara konstan melewati sirkuit CPU menciptakan panas. (Suhu CPU Anda tergantung pada model dan penggunaannya.) Pastikan komputer dan prosesor Anda tidak terlalu panas. Panas yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kinerja komputer beberapa prosesor bahkan akan menurunkan kecepatan prosesor secara otomatis untuk membantu mengimbangi masalah terkait panas. Kisaran suhu optimal dari sebuah CPU umumnya berada antara 70 dan 90 derajat Celcius dalam prosesor modern. Semakin kecil komputer, semakin tinggi suhunya. Tanpa kipas, beberapa komputer mungkin mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Pastikan kipas komputer Anda tidak cacat, Anda juga dapat menambahkan lebih banyak penggemar selain penggemar pasokan daya reguler Anda.

Saran: Sebagian besar produsen motherboard termasuk perangkat lunak pemantauan suhu CPU. Jika Anda tidak yakin jika Anda memilikinya, hubungi pabrik komputer Anda. Alasan lain untuk overheating pada komputer Anda, yang juga dapat menyebabkan komputer menjadi terlalu panas. Pastikan casing komputer Anda bersih dan kipas tidak terhalang. Matikan komputer sebelum membersihkan. Jangan pernah mengoleskan cairan atau cairan pelarut ke komponen komputer mana pun. Jika semprotan dibutuhkan, semprotkan cairan ke kain dan kemudian gunakan kain tersebut untuk menggosok komponen dengan lembut. Gunakan ruang hampa untuk menyingkirkan kotoran dan debu di sekitar komputer pada kasing luar.

Jangan gunakan ruang hampa untuk membersihkan bagian dalam komputer Anda. Vakum menghasilkan listrik statis. Ini dapat merusak komponen internal komputer Anda. Anda mungkin juga terkena muatan “statis” dari tegangan belakang yang dihasilkan. Sebagai gantinya, kami menyarankan untuk menggunakan udara terkompresi. Saat membersihkan kipas, berhati-hatilah saat menyemprotkan udara terkompresi menjadi kipas, terutama kipas yang lebih kecil di dalam komputer portabel atau laptop. Pegang kipas untuk mencegahnya berputar. Hati-hati untuk bergantian, tombol, kabel, dan colokan. Cobalah untuk tidak menyentuh atau menyesuaikannya

9. PC Anda membutuhkan upgrade Memori

penyebab laptop lemot

Jika Anda sudah memiliki komputer selama lebih dari satu tahun kemungkinan komputer Anda tidak memenuhi persyaratan memori untuk hari ini. Hari ini, kami sarankan minimal komputer memiliki memori 1GB. Untuk menentukan jumlah sumber daya sistem yang tersedia, termasuk memori, dan kinerja / penggunaan, buka Task Manager. Di tab Proses, Anda akan dapat melihat program apa yang menggunakan sumber daya apa. Di tab Kinerja, Anda akan dapat melihat keseluruhan gambar dari semua sumber daya sistem.

Saran: Cari tahu berapa banyak memori yang Anda miliki, lalu periksa situs web pabrikan komputer Anda untuk menentukan apakah ada slot memori terbuka pada motherboard. Bandingkan memori Anda saat ini dengan maksimal. Dari sini, Anda dapat menambahkan memori baru di slot terbuka, jika Anda memilikinya atau Ganti memori yang ada dengan model kapasitas baru yang lebih besar.

10. Komputer lama

"mengatasi laptop lemot "

Jika komputer Anda lebih lama dari 3 tahun datang ke istilah bahwa kemungkinan usia komputer yang menyebabkannya menjadi lambat. Komputer berkembang pada tingkat yang mengkhawatirkan karena program baru dan pembaruan untuk program keluar dari peningkatan persyaratan minimum dan akan menyebabkan komputer yang lebih tua melambat. Jika komputer Anda lebih tua dari lima tahun, kami sarankan membeli komputer baru atau hanya menyadari itu akan berjalan lambat karena sudah tua.

Saran : Beli komputer baru – tetapi konsultasikan dengan profesional TI tentang membeli PC baru SEBELUM menuju ke toko. [Di New Jersey, dapatkan perusahaan konsultan IT NJ]

11. Kegagalan Hardware

"cara agar laptop tidak lemot "

Terakhir, jika komputer Anda terus lambat setelah membahas masing-masing rekomendasi di atas, ada kemungkinan komputer Anda mengalami masalah terkait perangkat keras yang lebih serius seperti komponen yang gagal di komputer. Ini bisa menjadi hard drive yang gagal atau buruk, CPU, RAM. Dalam hal ini, mungkin lebih baik dan lebih hemat biaya untuk sekadar membeli komputer baru.

Cara Membuat Laptop Agar Tidak Lemot

Kalian pasti sebel sendiri ketika laptop yang kamu gunakan tiba tiba menge-lag dan tidak bisa digunakan? Disini artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat laptop tidak lemot lagi.

  1. Perbarui dan jalankan pemindai virus laptop Anda untuk menghapus virus dan spyware. Perangkat lunak perusak dapat menggunakan sumber daya CPU laptop Anda dan memperlambat kinerja laptop Anda.
  2. Klik tombol Start, ketik “msconfig” dan tekan tombol “Enter” untuk meluncurkan layar Konfigurasi Sistem. Navigasikan ke tab “Start Up” dan hapus centang di kotak di samping setiap item yang tidak perlu Anda jalankan di laptop Anda. Saat Anda menyalakan ulang laptop Anda, hanya program yang dipilih yang akan memulai, membebaskan sumber daya di komputer Anda.
  3. Klik tombol Start, ketik “tambah atau hapus program” dan tekan tombol “Enter” untuk meluncurkan layar Tambah atau Hapus Program. Klik program yang tidak diperlukan dan kemudian klik “Hapus instalan” untuk mengosongkan ruang pada hard drive laptop Anda.
  4. Klik tombol Start, ketik “disk cleanup” dan tekan tombol “Enter” untuk meluncurkan utilitas Disk Cleanup. Tempatkan tanda centang di kotak di samping item yang ingin Anda hapus, lalu klik “OK” untuk membersihkan hard drive laptop Anda.
  5. Klik tombol Start, ketik “defragmenter disk” dan tekan tombol “Enter” untuk meluncurkan utilitas Defragmenter Windows. Pilih hard drive laptop Anda dan klik “Defragment disk” untuk mengonsolidasi file, yang membantu mempercepat waktu respons hard drive.
  6. Tambahkan lebih banyak memori RAM ke laptop Anda. Ini akan memberikan lebih banyak memori secara keseluruhan yang memungkinkan laptop Anda menjalankan banyak program sekaligus dengan lebih cepat.

Tips Mudah Untuk Mempercepat Komputer Lambat Anda

Diartikel ini juga berbagi bagaimana solusi laptop lemot agar tidak menjadi lemot lagi. Mari kita simak apa saja solusinya.

  • Hapus program memulai yang tidak perlu

Salah satu penyebab terbesar dalam waktu startup lambat adalah semua program Windows secara otomatis memuat setiap kali Anda memulai komputer Anda. Ada beberapa program yang penting untuk dijalankan, seperti perangkat lunak dan perangkat lunak pencadangan untuk mouse dan keyboard Anda. Namun, sebagian besar program tidak perlu dijalankan sepanjang waktu, jadi Anda harus memutuskan mana yang dimuat dan mana yang tidak. Begini caranya. Untuk komputer Windows 7, klik tombol Start> Startup untuk melihat daftar program yang akan di-autoload saat boot. Klik kanan pada yang Anda tidak ingin autoload dan pilih opsi Hapus dari menu yang muncul. Jangan takut, ini tidak menghapus program dari hard drive Anda, itu hanya mengambil program dari daftar start up item. Anda selalu dapat memuatnya secara manual jika Anda ingin menggunakannya.

  • Tambahkan RAM

"cara membuat laptop tidak lemot "

Apakah Anda biasanya memiliki beberapa program sekaligus – email Anda, iTunes, pesan instan dan program pengeditan foto? RAM komputer Anda (memori akses acak) menyulap semua program terbuka tersebut. Jadi jika Anda tidak memiliki cukup RAM, program yang Anda gunakan akan berjalan lambat atau berhenti merespons. Itu karena komputer mulai menyimpan informasi pada hard drive daripada RAM yang jauh lebih cepat, memperlambat pengalaman komputasi. Sementara menambahkan RAM mengharuskan Anda untuk membuka casing komputer atau panel di bagian bawah laptop Anda, itu tidak sulit. Biasanya hanya soal memasukkan kartu ke slot.

  • Perbarui semua program Anda

"cara mengatasi laptop yang lemot "

Penyebab laptop lemot juga karna program anda yang masih belum kalian perbaharui. Program yang telah Anda instal di komputer Anda mungkin memiliki pembaruan untuk membantu mereka berjalan lebih cepat dan lebih lancar. Jika Anda melihat program tertentu berjalan lambat, periksa pembaruan. Program harus memiliki opsi di bilah menu mereka untuk “Periksa pembaruan.” Dan sementara banyak program memeriksa pembaruan secara otomatis, tidak ada salahnya untuk memeriksa secara manual. Alasan lain yang penting untuk memperbarui program Anda adalah mencegah malware dari tergelincir ke sistem Anda melalui lubang keamanan di program yang lebih lama, seperti yang terjadi baru-baru ini dengan Java. Malware dapat memonopoli sumber daya komputer Anda jika berjalan di latar belakang, serta mencuri data pribadi Anda

  • Periksa perangkat lunak keamanan Anda

Anda perlu perangkat lunak keamanan yang berjalan di komputer Anda untuk melindungi terhadap malware yang memperlambat sistem, tetapi perangkat lunak keamanan itu sendiri tidak harus menjadi program yang memperlambat sistem Anda ke penjelajahan. Norton Internet Security 2013 dan Bitdefender Total Protection 2013 adalah rekomendasi utama kami.

  • Reklamasi ruang Hard Drive

Membersihkan ruang hard drive Anda akan memberikan dorongan kecepatan jika Anda kehabisan ruang disk. Bahkan jika Anda tidak, itu praktik yang baik untuk menjaga mesin Anda dalam kondisi prima.

  • Pembersihan Disk Windows

"cara memperbaiki laptop lemot "

Windows telah terinstal dengan alat yang berguna yang pernah kita gunakan pada satu waktu atau lainnya, Windows Disk Cleanup. Alat ini akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak ruang file yang banyak dihapus. Anda dapat memilih jenis file mana yang harus dibuang dan melihat berapa banyak ruang yang akan Anda dapatkan kembali ketika Anda melakukannya. Anda bisa sampai di sana melalui Mulai> Program> Aksesori> Alat Sistem> Pembersihan Disk di Windows 7 atau Aplikasi> Alat Administratif> Pembersihan Disk. Anda akan diberi opsi untuk menghapus berbagai file sementara dan mengosongkan Recycle Bin Anda, dengan ukuran berapa banyak ruang disk yang akan Anda dapatkan. Secara umum, tidak ada salahnya menghapus file-file ini.

  • Menghapus program yang tidak digunakan

Untuk Windows 8 pilih Bersihkan File Sistem. Untuk Windows 7, biarkan jendela Pembersihan Disk Windows terbuka dan klik pada tab Opsi Lainnya. Dalam kotak Program dan Fitur, Anda akan melihat tombol Bersihkan. Menekan itu akan membuka jendela daftar semua program yang diinstal di komputer Anda. Anda dapat mengurutkan berdasarkan nama atau ukuran. Cari program lama yang tidak Anda gunakan lagi, file yang digunakan untuk memperbarui program (tidak diperlukan setelah pembaruan), dan addons yang tidak Anda inginkan, seperti toolbar Ask.com yang ditakuti dimasukkan ke browser web favorit Anda . Cukup klik kanan pada program yang tidak Anda inginkan, pilih Uninstall pada menu kecil yang muncul dan setelah selesai, pastikan untuk mengosongkan tempat sampah.

  • Unduh backlog

"cara memperbaiki laptop yang lemot "

Jangan lupa untuk membersihkan folder Downloads Anda. Sepertinya tidak ada otak dan itu benar-benar. Pergi ke Mulai> C:> Pengguna> [Nama Profil Anda]> Unduhan. Setelah folder Unduhan terbuka, klik di situ, pilih semua (ctrl + A) dan seret semua file ke sampah. Kosongkan sampah dan Anda akan terkejut betapa banyak ruang hard drive yang Anda dapatkan kembali jika Anda belum melakukan ini dalam beberapa waktu.

  • Arsipkan foto dan video lama

Cadangkan semua foto dan video digital Anda ke layanan penyimpanan online dan hard drive eksternal. Itu saja kemungkinan akan bersih Anda sebagian besar ruang hard drive Anda kembali. Nah itu dia beberapa cara cara memperbaiki laptop lemot yang bisa kalian coba.

Nah kalian sudah tau apa saja tips tips menjaga laptop, penyebab laptop lemot dan bagaimana cara mengatasi laptop agar tidak lemot lagi. Pastinya jika kalian sudah tau penyebabnya, kalian harus menjaga laptop kesayangan anda agar tidak terkena virus virus lagi.  Kalian tidak mau kan menambah biaya berkali kali untuk memperbaiki laptop anda? ada pribahasa sedia payung sebelum hujan, nah pribahasa inilah yang bisa kalian terapkan dalam menjaga laptop kesayangan anda, selain artikel ini, bacaterus.net juga memberikan banyak sekali cara cara agar laptop anda dalam kondisi baik. Mangkannya jangan lewatkan artikel artikel yang akan kami publish di blog ini. Dan terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga berguna bagi kalian.