13 Jajaran Makanan Khas Magelang Wajib Untuk Dicicipi

Kabupaten Magelang sebagai kabupaten di Jawa Tengah terletak antara kabupaten dan kota lainnya seperti Kabupaten Temanggung, Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kota Magelang dan DIY, membentang sepanjang khatulistiwa antara 11.0001’51 ”dan 110026’58 “Bujur Timur dan antara 7019’13” dan 7042’16 “Lintang Selatan. Magelang adalah kota berukuran sedang sejuk yang menyenangkan, sekitar 40 Km sebelah utara Yogya, dikelilingi oleh beberapa gunung; Merapi dan Merbabu di timur, Sumbing dan Sindoro di barat. Terletak di jalan yang menghubungkan Yogya dan Semarang di situs barat, sedangkan situs timur lainnya adalah Yogya – Solo – Semarang. Kota Magelang adalah kota besar yang menyenangkan di Jawa Tengah dengan ukuran sedang, sekitar enam puluh empat kilometer dari Wonosobo. Kota Magelang juga merupakan ibukota kotamadya Magelang, yang meliputi area seluas 18,12 kilometer persegi. Ini terdiri dari dua kabupaten dan empat belas desa. Diketahui, selain karena iklimnya yang menyenangkan dan lingkungan yang indah, untuk fakta bahwa Akademi Militer Nasional Indonesia berada di sini.

Kota ini secara historis telah menjadi pos militer, dating kembali ke era kolonial Hindia Belanda. Ini kemudian bertindak sebagai benteng militer bagi gerakan pro-kemerdekaan Indonesia melawan pemerintah Belanda selama periode perlawanan. Saat ini, itu adalah tuan rumah untuk dua landmark militer: Akademi Militer Nasional, dan satu-satunya sekolah yang berhubungan dengan militer, Taruna Nusantara.

Kota Magelang sering disebut sebagai persinggahan karena lokasinya di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah menyimpan beberapa tempat kuliner terbaik bagi Anda yang suka wisata kuliner. Ya, kota tempat Gunung Merapi berada di sana menawarkan berbagai jenis kuliner lokal yang menggugah selera tentu bisa menjadi pilihan saat Anda berlibur ke tempat ini. Nah, ada beberapa  Makanan khas Magelang yang wajib Anda coba saat berkunjung.

Kupat Tahu

makanan khas magelang

Salah satu makanan khas magelang yang paling dicari, terutama di siang hari adalah tahu kupat. Kata Kupat berasal dari tahu dan kupat atau biasa disebut ketupat karena hidangan ini terbuat dari dua bahan utama. Di Indonesia, makanan ini dapat ditemukan di banyak daerah, ini karena hidangan ini terbuat dari banyak bahan baku yang dapat ditemukan di banyak tempat di seluruh negeri. daerah utama adalah Solo, Yogyakarta, Magelang, dan Bandung. ada sedikit perbedaan di area wilayah dalam menyiapkan makanan ini. Umumnya bahan makanan utama adalah tahu, ketupat, bakwan, kubis dan kacang-kacangan. tetapi ada juga tambahan taoge dan mie dalam bahan mentahnya. Tahukupat juga memiliki bumbu saus yang sangat kental yang sangat khas. Saus hitam pekat lezat. rasanya sangat manis karena terbuat dari kecap, gula, bawang putih dan dicampur dengan sedikit air.

Jika Anda senang dengan rasa sedikit pedas, Anda juga dapat menambahkan irisan cabai di atas hidangan ini atau dalam saus. Anda juga dapat menambahkan telur goreng untuk membuat hal yang lebih menarik. itu semakin menambah kenikmatan hidangan ini. Biasanya bahan-bahan tersebut langsung digoreng setelah memesan makanan, jadi ketika Anda makan hidangan itu masih hangat dan krispi. Dicampur dengan bahan lain dan ditambahkan dengan saus hitam manis, hidangan ini sangat enak dan lezat. ditambah dengan beberapa kacang yang menambah rasa baru di mulut. Semua bersama-sama bahan-bahan ini menimbulkan rasa yang khas dan membuatnya berbeda dari persembahan makanan lainnya.

secara umum, orang terbiasa makan hidangan ini di pagi dan siang hari. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati dengan segelas es kelapa atau es teh, orang-orang di Indonesia biasa melakukannya sepanjang waktu. Selama beberapa jam banyak pengunjung akan datang ke tempat di mana mereka menjual hidangan ini karena hidangan ini cocok untuk dinikmati saat makan siang, istirahat atau selama waktu kantor. Anda juga bisa menambahkan kerupuk untuk menemani hidangan ini. Indonesia memiliki banyak hidangan khas yang terkenal di dunia dan juga beragam tujuan wisata yang sangat indah dan mempesona dan tidak terlalu buruk jika Anda melakukan penelitian yang benar terlebih dahulu. Nikmati!

Gethuk

tempat makan di magelang

Getuk adalah makanan khas magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Kota magelang terletak di daerah tengah magelang yang mudah dijangkau dari seluruh penjuru kota di sekitar magelang. Dulunya kota magelang adalah ibu kota kabupaten magelang sebelum pemerintah Indonesia mensyaratkan bahwa rumah tangga kota magelang sendiri sebagai kota baru di kabupaten magelang. Kota Magelang adalah kota karena berada di jalur setrategis utama kota Semarang-Yogyakarta. Kota Magelang adalah 15 Km sebelah utara kota Mungkid, 75 Km selatan kota semarang, dan 43 km utara kota Yogyakarta.

Kota ini memiliki berbagai makanan tradisional, salah satunya adalah Gethuk. Tapi yang paling populer adalah getuk. Ada sebuah lagu Jawa yang mengatakan “getuk asale telo saka, moto ngantuk iku tambane opo” berarti “getuk berasal dari ubi atau singkong, mata mengantuk yang menyembuhkan apa pun”. Sepotong lirik yang menggambarkan bahan utama getuk Jawa yaitu singkong. Magelang adalah salah satu kota yang memiliki beragam budaya dan kuliner yang sangat lezat dan terkenal di seluruh wilayah di Indonesia. Salah satu spesialisasi dari kota magelang-Indonesia adalah ‘gethuk’. Hampir semua orang tahu makanan dan makanan Indonesia mengenali hal ini.

Selain rasanya enak dan gurih, rasanya sangat menggoda. Umumnya gethuk coklat, hijau (pandan), pink, dan kombinasi putih dan coklat. Ada juga gethuk yang dibuat bulat – bulat hanya dengan campuran gethuk asli dan gula merah, teksturnya lebih kasar dari gethuk lainnya. Gethuk umumnya disajikan atau disajikan dengan parutan kelapa yang diletakkan di atasnya. Sehingga menambah rasa menjadi lebih indah dan sangat lezat. Parutan kelapa menambah rasa gurih gethuk itu. Itu orang yang sangat adiktif yang memakannya.

Getuk (dalam bahasa Jawa: gethuk) adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan utama singkong atau singkong. Getuk adalah makanan yang mudah ditemukan di Indonesia, yaitu di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cara membuat getuk yang dimulai dari kulit singkong dan uap atau perebusan singkong, setelah singkong dimasak lalu digiling atau dihancurkan dan digiling dengan pemanis alami dengan gula alami dan pewarna makanan. Cara servis umumnya ditaburi kelapa parut. Getuk dari Indonesia Magelang-dikenal ada dua macam,

Getuk, adalah singkong matang dari perebusan, ketika suhu masih panas ditaburi potongan kecil gula merah sehingga imbasnya tidak merata getuk ini bentuk kasar

Getuk lindri, adalah cara ubi matang matang dan tanah yang direbus dengan gula, setelah itu dibubuhi pewarna makanan dan vanila, dan kemudian dalam cetakan kecil dengan bentuk memanjang memanjang dan disegel mirip dengan mie untuk membentuk tampilan dengan spesifikasi ketebalan sekitar 2cm 4cm lebar, kemudian dipotong kecil berbentuk sekitar 5cm panjang dan lebar 4cm

Para wisatawan yang datang berkunjung ke Candi Borobudur mencoba Gethuk selalu membuat makanan khusus Magelan kota. jika Anda pergi berlibur ke kota Yogyakarta atau Magelang maka saya sarankan untuk menikmati makanan enak di Magelang ini. Karena rasanya enak dan gurih membuat suasana tenag dan damai. Pemandangan magelang kota atau candi Borobudur akan terasa lebih istimewa jika dengan makan kota khas Gethuk magelang ini. selamat menikmati

Mangut Ikan Beong

sop senerek magelang

Makanan khas ini berasal dari kota Magelang, jadi Anda perlu mengunjungi kota untuk mencoba hidangan ini karena letaknya dekat Jogja. Juga di Magelang, Jawa Tengah, Anda dapat mencicipi Mangut Beong yang mirip ikan Lele tetapi dengan rasa yang jauh lebih enak.
Di sisi lain, ikan Beong adalah ikan khas yang terletak di Sungai Progo dan memiliki rasa yang lezat dengan daging yang lembut dan renyah.

Sop Senerek

kuliner di magelang

Apakah Anda ingin menu sarapan yang segar dan lezat? Menikmati hidangan sup untuk menu sarapan adalah ide yang tepat. Salah satu kuliner khas Magelang yang cocok untuk menu sarapan Anda adalah sup kakak atau sup lezat yang lezat. Sop snerek magelang ini cukup unik dan sedikit berbeda dari beberapa sup lainnya. Ya, ini karena bahan dasar sup adalah kacang merah, bayam, wortel, dan juga daging. Rasanya kurang lengkap jika mengunjungi Magelang tanpa mencicipi hidangan kuliner di magelang yang satu ini. Ada beberapa kios sup yang terkenal, seperti Warung Bu Atmo dan Pak Parto.

Wedang Kacang

rumah makan di magelang

Magelang adalah daerah yang memiliki suhu yang relatif lebih sejuk karena berada di dataran tinggi yang cukup tinggi. Rasa dingin yang menembus ke dalam tubuh tentu membuat kita merasa kurang nyaman dalam beraktivitas. Nah, bagi Anda yang ingin menghilangkan hawa dingin yang menusuk, terutama pada malam hari, maka ada cangkang kacang yang bisa dicoba. Wedang kacang adalah salah satu menu kuliner di Magelang yang sangat menarik. Terdiri dari kacang sebagai bahan utama, udang kacang menyediakan minuman rasa yang khas dan sangat lezat.

Wedang Ronde

restoran di magelang

Selain Wedang kacang, menu minuman hangat yang cocok untuk dinikmati saat udara dingin adalah wedang ronde. Wedang ronde terbuat dari beberapa bahan yang berbeda, seperti isi bulat, kolang kaling, kacang tanah dan jeli. Semua bahan akan dicampur dalam mangkuk kecil dan disiram dengan air jahe panas yang menyegarkan. Menu ini sudah terkenal di seluruh Indonesia. Nah, Anda akan menemukan banyak pedagang wedang ronde di Magelang.

Nasi Lesah

wisata kuliner di magelang

Pernahkah Anda mendengar tentang kuliner ini? Ya, Nasi Lesah adalah salah satu kuliner yang patut dicoba di daerah Magelang. Menu ini cukup unik dengan rasa yang lezat. Nasi Lesah mirip dengan soto, yang datang dengan nasi, tauge, sohun, irisan tahu bacem dan bawang goreng. Namun, yang membedakan kuliner khas Magelang ini adalah lokasi santan gurih yang dituangkan dalam nasi. Menu ini cocok untuk makan malam bersama keluarga.

Mie rebus Jawa

tempat makan enak di magelang

Jawa Tengah dikenal memiliki koleksi kuliner rebusan yang beragam. Selain mie Jawa yang tersohor, nasi godog turut mencuri perhatian para wisatawan. Kuliner tradisional ini bisa kamu jumpai di kota Magelang. Biasanya, nasi godog dijual oleh kedai yang turut menjual masakan mie Jawa. Soal citarasa, nggak perlu diragukan lagi. Buat yang baru pertama kali mencoba, nasi godog punya cara memikat hati, melalui kuah pedas manis yang sangat menggugah selera. Aroma rempah-rempah yang kuat bercampur hangat dengan suwiran ayam kampung yang nikmat. Belum cukup? Kamu juga bakal mendapatkan mie rebus di dalam piring. Lidah makin digoyang dengan irisan cabai rawit yang siap meledakkan rasa. Irisan tomat segar plus siraman jeruk nipis semakin membuat nasi rebus khas Magelang lezat tiada tara.

Kupat Tahu Pak Pangat

makanan enak di magelang

Omong kosong ya, waktunya masih di tanah bukannya mau makan segala macam. Saya ingin makan Kupat tahu di mana di sini? Eh tidak, tapi rasanya begitu enak dan khas Magelang 🙂
Ngomong-ngomong, Kupat apakah kamu tahu itu? Hehe .. Kupat tahu bahwa makanan tradisional Magelang, Jadi kebanyakan senjata, Kupat tahu adalah makanan yang paling dicari oleh orang-orang yang mengunjungi bekas ibukota Kedu Karasidenan ini. Seperti namanya, Kupat tahu itu terdiri dari Kupat (berlian) dan tahu, jika di Jakarta itu jenis UNFORGETABLE, dengan saus kacang lebih tebal dan cenderung manis.

Ada satu toko yang Kupat legendaris tahu banget, Tahu ‘Pojok, lokasi yang jauh dari senjata Aloon Aloon Magelang. Bahkan Pak SBY hobi menjadi warung sederhana nostalgia setiap kali berkunjung ke Magelang. Tapi untuk beberapa ya, bagi saya pribadi, rasa Kupat tahu termasuk senjata “Know Corner” yang begitu terasa di lidah, terlalu manis, jadi saya jarang membeli di “Know Corner”. Pilihan saya ketika Kupat tahu ya wanta di “Mr. Pangat”, menurut saya, ini adalah Kupat yang tahu paling enak 🙂

Mengapa diberi nama Kupat tahu “Tuan Pangat”? Yah jelas, karena yang telah memanggil Pak Supangat 🙂 Sangat mudah untuk menemukan juga, senjata jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan P. Diponegoro. Cukup strategis, karena lokasi senjata ini jauh dari pintu masuk ke taman wisata Langgeng Kyai. Anda membawa kendaraan pribadi? Uhm, dari pusat Magelang, lurus saja, ikuti Kereta Api Ringan ke Akademi Militer, perhatikan jalan, persimpangan pertigaan pertama sampai Anda menemukan persimpangan. Nah, toko Kupat tahu bahwa idola saya ada di dekat persimpangan. Sementara senjata di angkutan umum juga sulit, karena warung milik Pak Bp berusia 48 tahun itu dilalui jalur transportasi 1, 5, dan dinas transportasi pedesaan

Kalinegoro Magelang. Mudah ya? Jika Anda ingin berkunjung ke sana, saran saya jangan terlambat, karena akan sangat ramai, dipenuhi orang-orang yang ingin makan siang. Terutama tempat-tempat yang tersedia hanya warung semi permanen yang tidak terlalu besar, jadi selain berkeringat karena cabe di Kupat tahu pesanan Anda terlalu banyak, Anda juga akan berkeringat karena panas.

Mari terus lanjut ke Kupat tahu eksotis (haduh, istilah saya ngga berlebihan ya?) ..
Kupat tahu “Mr. Pangat” khusus untuk racikannya yang spesial. Khusus dimana? Kacang-kacangan digunakan di setiap porsi hampir 3 kali lebih banyak di tempat lain, buanyakkk !! Lebih khas, Pak Pangat memiliki gaya bumbu langsung-on-plate. Dia mengatakan, dengan cara ini, semua bahan di piring terpasang, tanpa ada yang tersisa di lesung, sehingga bau dan rasa dari masing-masing bahan meriam berkurang. Hal-hal yang unik lagi:

  • Kecap yang digunakan adalah ramuan sendiri, bukan kecap merek B *** o atau A * C. Jadi benar-benar menciptakan rasa Pangat Pak yang benar-benar unik.
  • Dalam racikannya alias kubis kubis, di mana sayuran putih dicelup hijau musim semi dalam minyak panas sebelum dicampur dengan Kupat, tahu dan berteman, tetapi hanya sebentar, ada satu senjata menit. Hasilnya, aroma yang berbeda kok ya? Entah terjebak rahasia apa Pak Pangat dalam minyak panas. Hehe ..
  • Yang paling berbeda dari Kupat lain yang dikenal, Kupat tahu “Mr. Pangat” memiliki Bakwan-kering-garing-dan-lezat dicampur dengan Kupat, tahu dan berteman.
    Hasil??

Ini adalah Kupat paling enak yang pernah saya rasakan. Setiap kali dia pulang, saya selalu meluangkan waktu untuk berkunjung. Itu lengket tapi tidak terlalu manis, itulah yang membuat kupat mengenal ini. Jadi datanglah ke Kupat tahu “Pak Pangat”, rasakan betapa nikmatnya ramuan keluarga Pangat Pak dengan hanya Rp. 5000 per porsi (sudah tidak ya ??) Dan saya jamin Anda pasti ingin kembali lagi karena kecanduan. Hehe ..
Magelang, tidak pernah berakhir berjalan-jalan dan makan-makan …

GETUK ECO

wisata kuliner magelang

Getuk adalah camilan manis yang terbuat dari singkong dicampur dengan gula dan biasanya dengan parutan kelapa. Tapi toko ini menjual lebih banyak jenis makanan ringan, bukan hanya getuk. Dan sebagian besar makanan ringan yang dapat Anda bawa pulang sebagai ‘suvenir’, tetapi pastikan Anda bertanya kepada staf berapa hari Anda bisa menyimpan makanan sebelum kedaluwarsa.

Menurut Fahmi, getuks di Getuk Eco bisa bertahan hingga 4 hari, sedangkan Getuk Trio yang lebih terkenal akan kedaluwarsa dalam satu hari. Kisaran kedaluwarsa yang lebih pendek mungkin berarti lebih sedikit bahan kimia atau bahan pengawet yang dimasukkan, tetapi itu juga berarti Anda harus membelinya di hari yang sama saat teman-teman Anda kembali ke rumah harus memakannya. Tetapi sekali lagi, Anda bisa memakannya sendiri

Saya membeli beberapa bungkus getuk untuk diri saya sendiri dan untuk rekan-rekan saya di Jakarta, ditambah beberapa camilan lain dan sebungkus cokelat berbentuk Borobudur. Lucunya! Semuanya total harganya Rp 48.000 dan mereka membuat kudapan lezat!

Getuk Eco
Alamat: Jl. D.I. Panjaitan 5, Magelang.
Telepon: +62 293 363435

Soto Kudus Hj. Badri

makanan khas magelang

Jika ada waktu ke Magelang, ada jawaban yang cukup baik untuk sarapan. Dengan alamat di Jl. Ikhlas 51-52, atau tepatnya dari persimpangan menuju tengah kota Mertoyudan Magelang. Setelah jalan menjadi satu arah (di tengah parit), siap2 di dideretan toko2 meninggalkan jalan Anda akan menemukan ruko Soto Kudus cukup rame.

Tanda spanduk kuning yang menempel di bagian atas dengan kata-kata yang cukup mencolok “SPASI ALAM SOTO” Ibu Hj. Badri sejak 1958 (ada emang palsu ya … hehehe ..). Tempatnya luas dan bersih, dan sibuk di pagi hari. Menu utama adalah Soto Kudus, yang seperti biasa dalam mangkuk kecil (sehingga saya akan membutuhkan setidaknya 2 cangkir) dan lauk seperti otak sapi, iso, babat, limpa, dll. Sate telur puyuh. Semua baik tetapi kolesterolnya adalah loooh. Tentu saja, jangan lupa tambahkan jus lemon, saus sambal dan kecap agar lebih nikmat. Dengan harga terjangkau, saya rasa ini bisa menjadi menu alternatif jika Anda ingin makan sarapan atau makan siang bersama keluarga atau teman2.

Wedang Kacang Kebon

tempat makan di magelang

Ini adalah tempat yang mungkin tidak akan saya ketahui jika saya tidak dipandu oleh lokal, dalam hal ini Fahmi. Rupanya Wedang Kacang Kebon adalah salah satu pengunjung tertua yang menyajikan * tebak apa * wedang kacang sebagai hidangan utama mereka.
Wedang kacang adalah hidangan jahe kacang ini, yang disajikan panas atau hangat. Ini terdiri dari kacang rebus dengan ketan, dan rasanya gurih. Yum! Kami berada di sana ketika hari baru saja gelap dan hujan turun. Suasana sempurna untuk wedang kacang panas! Oh, dan jika saya tidak salah, ini akan terbuka pukul 5.30 sore.

Wedang Kacang Kebon sudah ada sejak 1960-an. Mereka juga menjual jenis makanan lain seperti kue tahu goreng, kolak (kolak manis) dan sate pisang. Saya tidak yakin berapa harga sate pisang. Wedang kacang harganya Rp5.000 / porsi dan tahu kue dumpling Rp2.000 / potong besar. Itu bahkan bukan USD 1 sama sekali! Wedang Kacang Kebon – di Jalan Panjang, Magelang.

Kedai Rakyat W’Dank Bukit Rhema

Apakah Anda bepergian dengan pasangan, teman, atau bahkan keluarga Anda, tetapi Anda merasa bingung karena tempat yang membosankan? Apakah Anda yakin telah menjelajahi semua tempat paling populer di Magelang? Jika demikian, Anda perlu mencoba tempat paling populer yang bisa diajak nongkrong dengan teman-teman Anda sambil menikmati pemandangan indah Lembah Menoreh di Kedai Rakyat W’Dank Bukit Rhema.
Kedai Rakyat W’dh Bukit Rhema dibuka pada pertengahan tahun 2017 dan segera menjadi tempat wisata kuliner di Magelang yang sekarang ini sedang naik daun. Selain lokasinya di atas bukit.

Tempat ini adalah salah satu tempat makan enak di magelang yang menyajikan banyak sekali daftar makanan tradisional. Bagi Anda yang telah berkunjung ke Bukit Rhema atau dikenal sebagai Gereja Ayam, tentu tidak sulit untuk menemukan lokasi kuliner Kedai Rakyat ini. Ya, itu karena fakta bahwa lokasi berada di sisi belakang gedung Gereja Ayam.
Bisakah kamu bayangkan betapa kerennya tempat ini? Setelah Anda lelah menikmati setiap sudut Bukit Rhema yang sesuai selfie Anda atau wefie dengan teman-teman Anda, Anda juga dapat langsung menikmati hidangan Goreng Goreng khusus karena setiap tiket yang Anda bayarkan untuk pergi ke Bukit Rhema / Chicken Church dapat ditukar dengan Fried Cassava; itu diberikan dengan saus tradisional yang disebut Latela Gombong Cassava. Singkong yang disajikan di Kedai Rakyat W’Dank Bukit Rhema diproses oleh penduduk setempat di sekitar area Bukit Rhema, yaitu Gombong Hamlet.

Selain singkong goreng yang bisa Anda dapatkan secara gratis, Anda juga bisa membeli berbagai menu minuman panas (wedang) dan minuman dingin. Jika Anda ingin makan, Anda dapat memesan berbagai gorengan atau berbagai menu angkringan (pinggir jalan). Menu hidangan angkringan ini juga dibuat oleh penduduk sekitar Bukit Rhema / Ayam chucrh.
Bagi Anda yang mampir ke tempat wisata kuliner magelang yang satu ini, tidak akan lengkap jika Anda belum memotret pose minum wedang sambil melihat pemandangan indah lembah menoreh. Menarik, kan? Setelah puas mengambil foto minuman yang Anda pesan dengan berbagai macam sudut, Anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan di sekitar Bukit Rhema / Chicken Church yang dikelilingi oleh beberapa gunung, terutama jika Anda datang saat matahari terbit karena pemandangannya lebih menarik. Bahkan Anda mengunjungi di sini sendiri, dijamin bahwa Anda tidak akan kecewa!

Anda dapat menikmati masakan Magelang di Kedai Rakyat W’Dank Bukit Rhema mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB setiap hari. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Kedai Rakyat W’dank Bukit Rhema terletak di tujuan wisata Bukit Rhema / Gereja Ayam di Dusun Gombong, Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah. Bagi Anda yang belum tahu tentang Bukit Rhema, tempat ini adalah wisata religius, wisata pendidikan, wisata kuliner, wisata alam yang populer di Magelang, terutama karena tempat ini adalah tempat syuting AADC2. Bukit Rhema sebenarnya adalah bangunan berbentuk burung merpati bukan ayam dan juga bukan hanya sebuah gereja. Ayo kunjungi Wisata Kuliner yang menarik di Magelang dan jangan lupa untuk mengundang pasangan atau keluarga Anda!

Beong Dazed di Borobudor

Berkendara perlahan melalui kabupaten setelah distrik Borobudur ke Salaman, Kabupaten Magelang. Sepanjang jalan, hanya sekitar empat kilometer dari Taman Wisata Borobudur, Anda akan melewati sebuah salah satu restoran di magelang, selera Sehati Spicy, yang sayang untuk dilewatkan. Tidak perlu banyak bertanya menu apa yang harus dicicipi karena di depan toko ditempel tanda bertuliskan “Spesialis Ndas Beong”.

Beong adalah ikan yang hampir mirip dengan ikan patin, dengan ukuran yang lebih besar. Panjang 15 hingga 25 inci dan lebar badan 3-5 inci. Berat badannya 2-3 kilogram (kg).
Di toko-toko tersebut, diolah menjadi makanan yang dipusingkan dengan bahan dasar jahe, daun jeruk, serai, kencur, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Jika memesan beong ini bingung, mungkin sedikit menggigil dengan penampilan ikan ini yang begitu besar.
Namun, karena pepatah tidak menilai buku dari sampulnya, maka perasaan tidak nyaman itu harus diabaikan. Langsunglah menyendok nasi dan mencicipi daging ikan ini. Jangan lupa sertakan kuah. Namun, hati-hati, jangan terlalu banyak karena sesuai dengan nama toko, hidangan ini juga sengaja diformulasikan jadi …

Setelah dikunyah, ikan itu tidak terasa berbeda dengan ikan lele. Namun, daging yang lebih tebal mengikuti campuran bumbu yang tepat yang membuat pelanggan merasa jauh lebih baik makan daripada makan lele puas. “Bumbu gurih, memasak khas desa, dan benar-benar saya rasa pedas,” kata Wati, salah satu pelanggan dari kota Magelang telah beberapa kali meminta keluarganya makan di Warung Sehati Rasa pedas. Menurutnya, beong juga bisa dinikmati dengan rasa saus dan daging melalui duri dan kepala besar.

Pure (45), pemilik toko, mengatakan ia membuka usaha toko ini sejak 20 tahun lalu. Awalnya, dia hanya menjual bakso dan sup. Namun, karena kurang tingkah laku, ia diganti dengan berbagai masakan bingung, mulai beong, Wader, hingga ikan lele. Namun, ketiga jenis ikan tersebut, yang paling populer adalah beong bingung. “Asalkan dalam jumlah berapa pun, bunyi sayu selalu dibeli,” katanya. Beong koki biasa ditangkap di Progo. Harga satu porsi beong bervariasi tergantung bagian tubuh beong. Harga satu porsi menu adalah dalam bentuk ekor atau badan (tengah) Rp 5.000, Rp 10.000 untuk kepala. Harga satu porsi nasi Rp 1.000.

itulah beberapa jajaran makanan khas magelang yang cocok sekali untuk dicicipi saat mengunjungi kota megalang jawa tengah, Indonesia. Selain itu kunjungi juga beberapa tempat makan romantis di Magelang jika anda sedang berkunjung ke kota kecil ini bersama pasangan anda.