13 Makanan Khas Sidoarjo Yang Wajib Dicoba

Makanan khas sidoarjo, Sidoarjo adalah kabupaten di Jawa Timur dan menjadi kabupaten terdekat dari Surabaya. Sidoarjo juga merupakan daerah pendukung dari Surabaya yang berbatasan dengan Surabaya dan Gresik di utara, selat Madura di timur, Pasuruan di selatan dan Mojokerto di barat. Secara geografis, Sidoarjo terletak di dataran rendah dan terletak di antara dua aliran sungai, yaitu Kali Mas dan Kali Porong.

Oleh karena itu, Sidoarjo terkenal dengan nama kota Delta. Sidoarjo kaya akan perikanan, seperti ikan, udang dan kepiting. Ini menjelaskan bahwa ikon Sidoarjo adalah udang dan ikan susu (Bandeng), yang juga menjadi salah satu komoditas terbaik dari kota ini. Secara historis, Sidoarjo adalah bagian dari Kerajaan Jenggala. Selama penjajahan Belanda, Sidoarjo dikenal sebagai Sidokare dan secara administratif bagian dari Surabaya.

Hingga 1859 ia dipisahkan dan menjadi daerah tunggal. Sidoarjo memiliki beberapa tujuan yang dapat dikunjungi sebagai tujuan terdekat Anda, baik dari situs sejarah, situs buatan atau hanya pengalaman kuliner. Kamu berencana kumpul bareng sama keluarga di akhir pekan tapi malas masak? rekomendasi restoran keluarga di Sidoarjo ini bisa jadi solusi buat kamu yang tinggal di sana. Tenang aja, selain menyajikan menu makanan khas sidoarjo  yang lezat, tempat-tempat makan ini nyaman untuk didatangi beramai-ramai.

Lontong Kupang

makanan khas sidoarjo

Sidoarjo Kupang lontong, adalah rumah makan lesehan di sidoarjo makanan tradisional lain dari Jawa Timur, khususnya dari Sidoarjo atau Surabaya. Makanan ini biasanya adalah makanan pantai. Kupang lontong terdiri dari kupang; Kupang adalah jenis kerang atau kerang kecil; lontong atau kue beras dan diisi dengan saus terasi. Serupa dengan Lontong balap, kupang lontong juga memiliki soto atau singkong goreng untuk satai taburan dan kerangnya.

Di setiap kios yang menawarkan kupang lontong di menu mereka, penjual juga menyediakan es kelapa hijau. Kesegaran kelapa akan menghilangkan rasa pedas pedas dan rasa tidak nyaman dari bawang putih setelah mengkonsumsi Kupang. Kupang lontong adalah all-time-appetite, panas dan pedas dengan rasa berayun antara rasa manis dan asin. Bahan di Kupang lontong sederhana, hanya bawang putih, terasi dan cabai.

Pasta udang memainkan peran penting untuk hidangan lontong Kupang, untuk mendapatkan rasa khusus dan menambahkan kelezatan. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan baik lalu tuangkan kupang, lontong dan berdandan dengan lentho.

Pemuliaan Bebek Dan Industri Telur Asin

bakso enak di sidoarjo

Telur asin Sidoarjo adalah salah satu makanan khas sidoarjo   cara untuk meningkatkan penggunaan telur yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Telur asin merupakan salah satu sumber protein yang mudah tersedia dan relatif murah. Telur asin adalah salah satu bahan makanan yang telah diawetkan dan memiliki daya tahan kerusakan lebih baik dari telur mentah. Desa Kebonsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo, adalah tempat peternakan bebek dan industri telur asin.

Dimulai pada tahun 1992, ada 30 penduduk yang memiliki pembibitan bebek, yang masing-masing memiliki 40.000 atau 50.000 bebek dalam stok mereka. Breed-breed tersebut menghasilkan ribuan kilo telur yang siap digarami dan dijual hampir di seluruh wilayah Indonesia. Industri Peremajaan Bebek dan Telur Asin ini menjadi model pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui potensi masyarakat yang ada.

Produk pembibit bebek kebonsari berpotensi baik, baik dalam kualitas maupun rasa, kandungan Omega 3 dari telur-telur tersebut baik, dan dapat dilihat dari warna kuning telur yang kemerah-merahan. Namun, untuk mendapatkan hasil kualitas telur, itu membutuhkan staf ahli dan membutuhkan biaya lebih. Selain itu, peternak harus menyediakan nutrisi yang baik untuk menyediakan komposisi nutrisi yang tepat dengan mencampurnya dengan benar.

Produk-produk yang tersedia adalah telur mentah, telur rebus dan telur citarasa. Untungnya, telur rasa belum tersedia untuk pasar karena tanggal jatuh tempo hanya untuk satu minggu yang membuat produsen membatasi produksi sebelum pesanan apa pun yang diperlukan. Para produsen menanam untuk membuat beberapa rasa ke dalam telur seperti, durian, coklat, stroberi dan salmon.

Bandeng Asap

tempat makan di sidoarjo

Sidoarjo Ikon khusus kuliner di sidoarjo lainnya adalah ikan bandeng asap. Pusat industri ini terletak di desa Bulu Sidokare, kota Sidoarjo. Di sini kita dapat melihat proses tradisional ikan asap bandeng sampai proses pengemasan sebelum sampai ke tangan pelanggan. Mengenai pembuatan bandeng aasap, cara yang paling pertama adalah mengupas skala dari ikan sampai menjadi halus, kemudian memindahkan isi perut dan insang untuk mengeluarkan bau busuk dari ikan dan harus ada darah yang tersisa.

Selanjutnya, basahi ikan yang sudah bersih dalam air asin selama 2 jam, sampai meresap ke dalam daging. Setelah itu, bilas bandeng agar tidak terlalu asin. Kemudian dikeringkan bandeng untuk menghilangkan air asin. Letakkan perut ikan dengan tongkat untuk membuat asap masuk ke bagian dalam perut. Setelah itu, mengasap ikan selama 3 jam. Pastikan api hanya menyisakan bara api, lalu siram sedikit debu kayu yang bisa menyebabkan asap.

Untuk menghasilkan asap kuning, serbuk gergaji yang digunakan harus berwarna kuning. Setelah asap mengepul, masukkan ikan bandeng dan pertahankan tungku tertutup. Tambahkan serbuk gergaji pada setiap jam untuk membuat asap. Rasa ikan bandeng asap ini berbeda dengan produk bandeng presto, saus dibuat dengan campuran saus tomat dan terasi. Harga ikan asap tradisional adalah sekitar Rp. 36.000 hingga Rp. 38.000 per kilogram.

Sementara, sausnya sekitar Rp. 1000 per botol. Harga ini jauh lebih murah daripada bandeng asap dalam kemasan modern, yang harganya mencapai Rp 60.000. per kilogram. Sayangnya, produksi dan pasar produk ini hanya terbatas di sekitar kota Sidoarjo. Bandeng Sidoarjo memiliki warna hitam khas di sekitar sirip dorsal, jika ada pedagang yang menawarkan ikan tanpa fitur itu akan ditolak.

Apalagi, ikan bandeng Sidoarjo memiliki rasa yang berbeda dengan ikan susu lainnya. Oleh karena itu, kita dapat melihat dengan cermat sebelum mengambil keputusan untuk membeli ikan. Secara keseluruhan, bandeng asap adalah pilihan lain yang bisa menjadi hadiah untuk kekasih Anda ketika mengunjungi kota Sidoarjo. Kamu berencana kumpul bareng sama keluarga di akhir pekan tapi malas masak? tempat makan di sidoarjo rekomendasi restoran keluarga di Sidoarjo ini bisa jadi solusi buat kamu yang tinggal di sana. Tenang aja, selain menyajikan menu bakso enak di sidoarjo  yang lezat, tempat-tempat makan ini nyaman untuk didatangi beramai-ramai.

Bakso Cak Pitung Sidoarjo

rumah makan lesehan di sidoarjo

Bakso Cak Pitung – Sebuah warung bakso yang dikelola oleh Cak Pitung sejak kurs rupiah masih dibawah sembilan ribu. Warung bakso yang katanya terenak dan paling top seantero bumi Sidoarjo. Sampai-sampai kata kunci ‘bakso enak Sidoarjo’ selalu menempati urutan pertama dalam kolom statistik telusuri kata kunci di blog ini. Hebat. Sepanjang yang bisa gue ingat, awal kali gue makan bakso Cak Pitung adalah saat SMP.

Baca Juga  Resep Membuat Nasi Goreng Rumahan Spesial Enak Dan Praktis

Kebetulan salah satu rumah anak geng gue berdekatan dengan warung bakso Cak Pitung. Setidaknya sebulan sekali ketika satu geng berkumpul, kami pasti makan bersama di sini. Satu abad telah berlalu, dan bakso Cak Pitung masih menempati daftar tiga teratas bakso favorit di Sidoarjo.WARUNG BAKSO CAK PITUNG ADA DI MANA? Pertama kamu harus menemukan kantor pos yang terletak tidak jauh dari alun-alun Sidoarjo.

Di sebelah kiri kantor pos, ada gang kecil menuju kelurahan. Magersari. Masuk saja terus sampai melewati rel kereta api. Tak sampai 5 menit kamu akan sampai di warung bakso Cak Pitung yang berada di kanan jalan. Tidak ada spanduk besar sebagai penanda memang, tapi pasti kalian akan menjumpai titik keruh (aelah) keluar masuk kendaraan dari sebuah tempat parkir. Yeah. Sayang sekali untuk menuju kesini tidak bisa dengan transportasi publik konvensional. Tapi bisa lah menggunakan jasa transportasi daring semacam Gojek atau Grab. Atau mau naik becak? Bisa 🙂

JAM BERAPA BUKA?

Secara resmi dan tertulis, Cak Pitung menuliskan angka 11.30. Tapi nyatanya, orang-orang sudah mulai mengantre bahkan sejak jam 10.00. Luar Biasa. Waktu itu gue dan Dwik datang sekitar jam 10.30, dan kursi-kursi sudah penuh terisi oleh pelanggan. Bukan hanya antre untuk makan di tempat, juga untuk dibawa pulang. Masya Allah.

Suatu hari gue pernah datang sore hari bersama sepupu, dan kami cuma dapat bakso biasa, sisa-sisa tetesan kuah, dan rempahan goreng. Jadi saran gue, datang sebelum siang. Sebenarnya sebelum dengan Dwik, gue pernah berniat untuk mengajak umik makan di sini. Tapi demi melihat antrean yang mengular sampai hampir ke jalanan di tengah cuaca super terik, kami mengurungkan niat.

APA SAJA JENIS BAKSO YANG DIJUAL?

Banyak cuy. Ada bakso mercon, halus, urat, jamur, dan telur. Selain itu ada pelengkap seperti siomay, tahu, dan goreng. Favorit gue sepanjang masa sih tentu saja keju dan mercon. Dua hal yang gue syukuri telah datang dalam hidup ini.

Bakso Mercon

kuliner di sidoarjo

Biasanya, orang menjual bakso pedas dengan kejutan; bumbu cabai di tengah bakso. Namun berbeda dengan konsep bakso pedas Cak Pitung yang mencampur adonan bakso dengan bumbu pedas menjadi satu. Tidak main-main, cabainya dipotong kasar 🙂 Menariknya, meski terasa sangat pedas bumbu rempah yang sedap masih tetap terasa ditiap gigitannya. Nilai plus bakso mercon yang lain, Cak Pitung menambahkan potongan cloud ear fungus alias jamur kuping hitam yang kenyal dan kaya manfaat.

Bakso Keju

restoran di sidoarjo

Setidaknya gue sudah mencoba 3 warung bakso yang menyediakan bakso keju. Dan belum ada yang bisa mengalahkan kepuasan makan bakso keju selain di warung bakso Cak Pitung ini. Mungkin karena di tempat lain baksonya kecil, jadi tidak terlalu terasa. Bakso keju Cak Pitung memang berukuran lumayan besar dengan potongan keju yang juga lumayan besar di tengahnya.

Untuk jenis bakso yang lain, belum gue coba karena saat itu sudah sangat kenyang dengan satu mangkok bakso berisi bakso mercon, bakso keju, gorengan, dan siomay. Selain rasa berbagai jenis baksonya yang enak, cita rasa khas bakso Cak Pitung juga terlerak pada kuahnya. Berbeda dengan bakso Solo, kuah bakso Cak Pitung terlihat keruh karena dicampur dengan berbagai rempah penyedap dan gajih. Secara sosoan, gue bisa merasakan jahe dengan merica, ketumbar, dan jeruk nipis yang segar (sumpeh ini ngarang banget hahaha).

BERAPA DAFTAR HARGA BAKSO CAK PITUNG?

  • Bakso keju, urat, telur, dan jamur; IDR 7K.
  • Bakso biasa dan mercon; IDR 5K.
  • Gorengan bulat isi telur puyuh; IDR 2K.
  • Gorengan biasa, siomay, tahu; IDR 500.
  • Es teh dan es jeruk; IDR 2K.

MINUM MENDATANG

Cuaca yang panas, bakso pedas dan pedas, ditambah ubin seng yang menambah suasana semakin seimbang dengan hidangan penutup segar; es teh manis! Ada juga sedikit es jeruk, sesuaikan saja dengan rasa.

Bakso Rindu Malam Sidoarjo

makanan enak di sidoarjo

Satu lagi bakso kuliner yang saya cicipi di daerah Sidoarjo, bulat dengan saus menggoda iman saya. Dari warung bakso di kelima ke restoran selalu kuburu. Pada dasarnya saya sangat menyukai bakso, lihat tubuh saya membulat bakso bakso favorit.Di Sidoarjo ada beberapa penjual bakso dari hanya didorong untuk menggunakan gerobak dan warung tenda.Nah salah satu warung bakso yang saya masukkan kali ini adalah Bakso Rindu Malam.

Warung Bakso Rindu Malam terletak di Taman Pinang, bersebelahan dengan Warung Makan Podojoyo.Tempatnya kecil hanya dengan bangku kayu. Namun warung bakso ini cukup ramai pengunjung. Warung ini menyediakan bakso dan mie ayam. Minuman itu hanya es jeruk, jeruk hangat, teh manis hangat, es teh. Semangkuk bakso dihargai Rp 10.000, bakso ayam Rp 10.000,00. Es teh minum Rp 3000. Saya sendiri pergi ke toko yang sama ini Mbak Dian.

Apakah Anda tahu siapa Mbak Dian.si penulis buku anak-anak dan sesama penggemar bakso. Teman-teman dari dunia maya yang menjadi teman di dunia nyata. Berdoalah agar persahabatan kita akan bertahan selamanya. Jadi kami bertemu abis nyari tempat makan untuk kumpul-kumpul Komunitas Penulis Komunitas Membaca Minggu. Setelah muter, dan booking akhirnya makan bakso deket area restoran yan kami pesan.

Anda harus bertanya pada diri sendiri, mengapa Anda tidak makan di restoran yang kami pesan? jawab untuk NGIRIT. Jika ada yang murah mengapa mahal adalah kenyang yang penting. Sesekali ke restoran ya memang tapi ada seorang bojo yang membayar. Jika lagi kencangkan sabuk gini perbaiki bakso yang cukup untuk membuat perut terasa. Dan berdoa sendiri mungkin selalu diberikan sehat, meskipun terkena vetsin dari bakso.

Nah bakso dari malam Rindu Malam buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai malam. alias sampai habis. Bahan baksonya terdiri dari mie kuning, bihun, bakso halus 2, bakso vena atau juga bisa puyer bakso telur, tahu bakso, dan pangsit. Dulu ada sawi sayuran dan kobis atau kubis. Tapi terakhir kali saya membeli sayuran hanya daun bawang dan seledri. Warung bakso Rindu malam ini tidak pernah pembeli kosong lho.

Warung Bakso Rindu Malam juga menerima pesanan jika ada acara arisan, atau acara keluarga silakan hubungi 081703662546. Ingin Incip Meatball Mercon dan Granat? Datang saja ke Toko Bakso ini. Bakso atau Bak-jadi di Hokkien, yang secara harfiah berarti daging giling. Kebanyakan bakso terbuat dari daging sapi, ikan, atau ayam. Sebagian besar penjual berasal dari Wonogiri dan Malang. Ya, kuliner ini sangat populer semua kelompok umur.

Baca Juga  Berbagai Macam Wisata Kuliner Surabaya

Bakso terbuat dari tepung dan daging yang dapat ditemukan di setiap wilayah di Indonesia. Tapi, Bakso Kuto di Jl Pahlawan, Sidoarjo, berbeda. Toko yang terletak di sudut ini menggabungkan resep Bakso Malang dan Bakso Solo. Bakso Kuto yang kemudian berganti nama menjadi Bakso Cak To, memiliki rasa bumbu yang sangat kuat. Bagi yang pertama kali mengunjungi Bakso Cak To, jangan hanya duduk dan menunggu pelayan.

Konsep di restoran ini adalah prasmanan. Harus memilih jenis bakso dan sayuran Anda sendiri, serta minuman, lalu bayar di kasir. Selain bumbu rempah yang dominan, Bakso Cak Untuk kelezatan itu dimungkinkan karena menggunakan daging sapi yang dimasak tidak lebih dari empat jam setelah hewan-hewan itu ‘dieksekusi’. Jangan minta Eve untuk hidangan khusus ini.

Berbagai macam bakso, mulai dari bakso Malang hingga bakso Wonogiri, tentunya para wanita ini senang menikmatinya, Apalagi jika didampingi pasangan saat hujan rintik. Kuliner surgawi ini yang populer di Indonesia, kini hidangannya semakin ekstrim. Semakin banyak kios yang menjajakan bakso berat berat tak tanggung tanggung Klenger.

Bakso Klenger

rumah makan di sidoarjo

Bobot bakso Klenger yang tak tanggung-tanggung mulai dari 250 gram hingga ada yang melebihi berat bayi yang baru lahir, bisa mencapai 5 kilogram lebih. Anda tidak berpikir Anda mampu membelanjakannya sendiri. Satu porsi bakso dengan berat hingga 5 kilogram, dapat dihabiskan dengan keluarga atau teman. Meski hidangan bakso sangat berat, namun penjajanya tetap menjaga kualitas rasa.

Bakso Klenger yang Membuat Mata Lapar

Salah satu Bakso Klenger yang menjadi hits di Jogjakarta adalah warung bakso yang terletak di Jalan Wahid Hasyim No. 296 Nologaten, Caturtunggal, Kabupaten Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Warung bakul Ratusari selalu dipadati pengunjung. Berbagai jenis berat bakso tersedia di sini, bahkan Anda dapat memesan secara khusus berat bakso yang akan Anda habiskan. Kisaran harga di Bakso Klenger Ratusari adalah antara Rp. 15.000, Rp. 22.500 dengan ukuran 1 kilogram dibandrol Rp 75.000.

Porsi Kecil Saja Jika Anda Tidak Bisa Mengatasi Bakso Klenger

Dengan Berbagai Macam Konten, Bakso Klenger Menambah Pahlawan Kota Appetite, Surabaya tak ketinggalan daging bakso Klenger ini tumbuh besar. Lokasi Bakso Klenger terletak di jalan Rembang Raya Blok Tuban no 8 Surabaya. Tidak terlalu jauh kok dengan jalan Demak. Bedanya bakso Klenger Pak Pasiran dibedakan berdasarkan diameter bakso. Diameternya berkisar dari 15 cm, 20 cm, hingga maksimal 40 cm.

Omzet yang diperoleh dari penjualan bakso Klenger ini menurut pak Pasiran bisa mencapai dua juta per hari. Harganya dihargai mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 300.000. Bakso Klenger Surabaya juga terbuka jika Anda ingin memesan lebih dari 40 cm. Tentunya harganya akan lebih mahal. Nah, bagi warga Sidoarjo sudah lama menikmati bakso Klenger ini. Bakso Klenger pak Slamet yang terletak di daerah Masangan Wetan Sidoarjo sangat populer di tempatnya.

Berdasarkan pengalaman dan mendengar keinginan konsumen, Pak Slamet akhirnya membuat ukuran baks dua kali lebih besar dari ukuran normal. Ternyata sambutan masyarakat Sidoarjo sangat menggembirakan. Hingga kini dalam sehari Pak Slamet memotong dua ekor sapi. Luar biasa! Pak Slamet sudah memiliki cabang dari bakso Klenger untuk dibuka di daerah Sedati.

Dengan dua cabang warung bakso klengernya, Pak Slamet bisa mendapat rezeki lebih banyak untuk bisa berangkat berziarah. Satu porsi dijual mulai dari Rp 10.000. Perputaran per hari bisa mencapai 2 juta rupiah. Paling tidak Pak Slamet bisa mengantongi 1 juta rupiah per hari untuk setiap cabang. Kamu berencana kumpul bareng sama keluarga di akhir pekan tapi malas masak? 5 rekomendasi restoran di sidoarjo untuk keluarga di Sidoarjo ini bisa jadi solusi buat kamu yang tinggal di sana. Tenang aja, selain menyajikan menu makanan khas sidoarjo  yang lezat, tempat-tempat makan ini nyaman untuk didatangi beramai-ramai.

Depot Ny. Candra

rumah makan sidoarjo

Depot Ny. Candra ini makanan enak di sidoarjo beralamat di Jalan Delta Sari Indah. Restoran yang menjual menu masakan Indonesia ini tentunya pas buat dijadikan tempat kumpul bareng keluarga.  Ada beberapa menu andalan yang bisa kamu cicipi di sini, nasi udang, aneka penyetan, sop ayam, sampai jus buah segar. Harga makanan di Depot Ny. Candra dijamin terjangkau, sekitar Rp. 25.000 per orang saja.

Resto Anda

makanan khas sidoarjo

rumah makan di sidoarjo Resto Anda, kamu tak hanya bisa makan bareng keluarga tetapi sekaligus berwisata. Pasalnya, restoran keluarga di Jalan Gajah Putih No.68 Waru ini memiliki kolam pancing yang cukup luas, lengkap dengan gazebo untuk lesehan. Porsi makanan yang disajikan cenderung cukup besar, pas untuk dimakan beramai-ramai. Sayangnya, pelayanan di Resto Anda membutuhkan waktu yang lama mengingat jarak antara dapur dan gazebo yang jauh. Terlebih lagi saat akhir pekan, tempat ini selalu ramai pengunjung.

Ayam Goreng Gringging Lombok

bakso enak di sidoarjo

Buat kamu yang ingin menikmati lezatnya rumah makan sidoarjo ayam goreng khas kota Lombok di Sidoarjo, restoran keluarga yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Ayam Goreng Gringging Lombok berada di Jalan Raya Tropodo No. 12B. Lokasinya mudah diakses karena terletak di jalan utama, selain itu tempat ini memiliki lahan parkir yang cukup luas. Selain ayam goreng, kamu juga bisa memesan urap-urap sebagai menu pendamping di sini.

Warung Apung Rahmawati

tempat makan di sidoarjo

Boleh dibilang kalau Warung Apung Rahmawati ini merupakan restoran keluarga yang mengusung desain interior tradisional. Menu andalan yang selalu laris manis adalah ayam bakar dan gurami bakar. Tenang saja, harganya hanya dibanderol sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000. Kamu yang tertarik untuk datang di akhir pekan sebaiknya reservasi terlebih dulu supaya tidak kehabisan tempat. Restoran keluarga ini lokasinya di Jalan Priyo Sudarmo Nomor 20-22, Sidoarjo.

Qen-di Garden Resto

rumah makan lesehan di sidoarjo

Nah, restoran keluarga yang ada di Jalan Taman Pinang Indah Blok BB4 No. 22-24 ini juga layak kamu datangi bersama seluruh anggota keluarga. Qen-di Garden Resto menawarkan suasana yang sejuk dengan beberapa tanaman rindang. Kamu bisa memilih duduk di meja makan atau lesehan di gazebo-gazebo yang telah disediakan. Biasanya akan ada penampilan musik akustik di hari Sabtu dan Minggu malam.

Itulah tadi rekomendasi makanan khas sidoarjo  keluarga di Sidoarjo yang asyik buat kumpul bareng. Pastikan kamu memilih restoran yang memiliki fasilitas lengkap dan sesuai untuk seluruh anggota keluarga. Happy weekend dan selamat mencoba!