14 Tempat Wisata Pekanbaru Paling Populer 2018

Provinsi yang sudah terkenal dengan perkebunan sawitnya adalah Pekanbaru riau, dan disana juga terkenal ragam beberapa tepat wisatanya yang sangat elegan. Bagi anda yang tinggal di sumatera merasa tidak lengkap kalau jika tidak mengunjungi kekota pekan baru. Kota yang terbesar yang ada diriau adalah kota pekan baru, banyak juga tempat wahana yang bisa anda jadikan sebagai tempat refreshing atau tempat berliburserta menghilangkan rasa stres dan kepenatan, ada banyak sekali wahana untuk ada nikmati dikota tersebut. Berbagai ragam tempat wahana yang bisa anda temukan  wisata yang sangat cocok untuk kita berlibur bersama sanak saudara atau keluarga anda.

Riau Fantasi

tempat wisata pekanbaru

Beragam tempat rekreasi dipekanbaru pertama yang harus anda kunjungi dengan keluarga adalah di Riau fantasi, tempat yang sangat populer di Riau. Bagi anda yang ada dikota pekan baru sangat tidak lengkap jika hanya berjalan-jalan saja tanpa mengunjungi dan merasakan wahana-wahana yang ada ditempat tersebut. Tempat wisata pekanbaru yang sangat cocok adalah tempat wisata bagi anak-anak anda kalau yang sudah mempunyai anak. Anak anda bisa berpuas bermain dengan air sepuasnya ditempat wisata satu ini tersebut. Wahana air dan wahana tempat bermain adalah paling besar dan juga lengkap yang ada diwilayah provinsi sumatera. Sebagai wahana air yang sangat besar karena dibangun diatas tanah seluas 6,5 hektar.

Berikut ini ada beberapa kolam dan papan seluncurnya yang bisa anda gunakan saat bermain air. Selain itu juga banyak berbagai macam wahana yang bisa anda coba dan keluarga, dilengkapi juga dengan fasilitas-fasilitasnya yang sangat menarik. Contoh fasilitasnya ada menara yang menghubungkan dengan jembatan goyang, juga ada ember yang berukuran seperti raksasa dan diletakkan menggantung diatas ketika ember terpenuhi akan mengguyur jatuh kepengunjung dibawahnya. Ember raksasa tersebut mampu menampung banyak air sebanyak 3 liter. Ketika berada ditempat wisata tersebut harus sangat perlu diperhatikan ketika anak-anak berenang dikolam orang dewasa . Karena hal itu kolam dewasa memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter dan sedangkan kolam untuk anak-anak kedalamannya hanya sekitar 30 centi meter.

Bagi anda yang tidak ingin berbasah-basahan.  Anda juga bisa mencoba wahana permainan yang lain. Misalnya wahana permainan seperti sky tower, wave blaster, family singer, dan juga speedy coster yang lebih menantangnya lagi adalah permainan adrenalin kalau anda ingin mencobanya harus dengan berani, permainan tersebut tidak diperbolehkan bagi orang yang menderita sakit jantung karena sangat berbahaya. Terdapat juga fasilitas yang ada diriau lumayan sangat lengkap beberapa fasilitas yang diketahui seperti toilet, gazebo, musholla, dan juga free wifi. Letak lokasi atau tempat tersebut berada dijalan labersa. Dalam perjalanan yang akan ditempuh dari pusat sekitar 45 menit.  Tiket masuknya hari libur sebesar 60 ribu, untuk hari biasa seharga 70 ribu. Ketika hari libur riau fantasi dipenuhi banyak pengunjung, karena sebab itu anda harus benar-benar mengawasi anak anda dengan baik, jangan sampai ada kejadian kehilangan anak ditengah keramaian tempat tersebut.

Kebun binatang sang kulim tempat wisata pekanbaru

wisata di pekanbaru

Tempat wisata bersama dengan keluarga yang bisa anda coba lainnya adalah kebun binatang sang kulim. Kebun binatang sang kulim ini cocok untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga anda dan anak anak anda. Kebun binatang adalah tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai media pembelajaran pengenalan hewan. Luas dari kebun binatang in sekitar 10 hektar. Di dalam kebun binatang ada hewan seperti monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi satwa yang bisa anda temukan disini. Tidak hanya satwa satwanya saja yang ada di kebun binatang ini. Di dalam kebun binatang juga ada permainan papan seluncur, ayunan dan juga kolam ikan maupun kolam renang untuk anak anak.

Yang menarik disini adalah pengunjung bisa naik ke atas punggung gajah dan biayanya cukup murah saja yaitu 10 ribu untuk 10 menit. Untuk menuju ke tempat ini anda harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Pekanbaru. Harga tiket masuk yang harus dibayarkan pengunjung yang datang kesini adalah 20 ribu rupiah untuk orang dewasa sedangkan untuk anak anak harga tiket masuknya adalah 10 rib rupiah. Bagi orangtua yang  akan mengajak anaknya berenang di kolam renang di kebun biatang ini sebaiknya orangtua waspada dan juga hati hati dikarenakan kolam renang yang ada di kebun binatang ini menyambung antara kolam renang anak anak dan dewasa, sehingga jangan sampai anak anak anda masuk ke area kolam renang dewasa. Selalu dampingi anak anda ketika berada di kolam renang tersebut jangan sampai anak anda lepas dari pengawasan anda.

Danau buatan lembah sari

objek wisata pekanbaru

Tempat wisata pekanbaru lainnya yang bisa anda kunjungi bersama dengan pasangan anda adalah Danau Buatan Lembah Sari. Objek wisata yang ada di Pekanbaru ini merupakan danau buatan. Dinamakan danau buatan sebab danau tersebut tidak serta merta ada disana, namun danau itu diciptakan agar menjadi ada. Lokasi danau itu ada di Desa Limbungan. Jarak pusat kota Pekanbaru dengan danau ini sekitaar 10 km. Sebelum dijadikan danau, dulunya tempat ini adalah bendungan irigasi yang memiliki tugas untuk mengalirkan air ke sawah sawah warga yang ada disana.

Hingga akhirnya bendungan irigasi itu berubah dan dijadikan sebagai tempat wisata. Selain bisa melihat keindahan danau buatan tersbeut, pengunjung yang datang ke tempaat tersebut bisa melihat keindahan yang ada di sekitar danau tersebut. Pemandangan yang asri nan hijau membuat siapapun betah untuk berlama lama ada disana. Bagi pasagan yang datang ke danau ini, bercengkrama di pinggir danau akan terasa mengasyikkan. Danau ini biasanya akan ramai saat sore hari, saat sore hari matahari terbenam akan terlihat di danau ini.

Taman rekreasi alam mayang

objek wisata di pekanbaru

Tempat wisata lainnya yang terkenal dan populer di Pekanbaru adalah tempat wisata Alam Mayang. Tempat wisata pekanbaru ini akan selalu ramai saat akhir pekan tiba. Sehingga ketika anda mengunjungi tempat ini ketika akhir pekan jangan heran jika tempat wisata ini dipadati pengunjung. Konsep yang diusung oleh tempat wisata ini adalah berekreasi di alam yang terbuka. Pengunjung bisa mengunjungi tempat wisata ini bersama dengan keluarga mereka. Terlebih lagi tempat wisata ini sangat cocok untuk anak anak. Karena berada di alam yang terbuka, tempat wisata ini dipenuhi dengan udara yang sejuk. Pengunjung yang datang kesini bisa melihat Jembatan Leighton yang melewati Sungai Siak.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Tempat Wisata Alam Mayang salah satunya adalah memancing, di sini ada tiga buah kolam pemancingan yang bisa digunakan pengunjung menyalurkan hobi memancing mereka. Lokasi ini juga sering dijadikan sebagai lokasi ajang pertandingan memancing. Selain memancing, anda bisa menguji adrenalin anda dengan naik flying fox. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan outbond di tempat wisata satu ini. Bagi yang membawa anak anak turut serta, ada area untuk mandi bola, taman bermain untuk anak anak, studio film 3D. Hiburan yang disediakan untuk menghibur pengunjung yang ada disini adalah topeng monyet dan sulap badut. Jma operasional Tempat Wisata Alam Mayang adlaah jam 8 pagi sampai dengan jam 6 sore. Harga tiket yang harus dibayarkan pengunjung sekitar 20 ribu per orangnya.

Perpustakaan Soeman H.S

tempat rekreasi di pekanbaru

Bagi anda yang berencana berwisata bersama dengan keluarga dan anak anak anda jangan pernah lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Perpustakaan Soeman HS merupakan perpustakaan yang unik dan juga memiliki koleksi buku yang lumayan banyak. Keunikan dari perpustakaan ini sudah terlihat dari banguan luarnya dimana banyak tiang penyangga yang mengelilingi perpustakaan ini. Lokasi daari tempat wisata ini ada di Jalan Jenderal Sudirman 462 Pekanbaru.

Untuk masuk ke tempat ini pengunjng tidak aka dipungt iaya sepeserpun, perpustakaan ini jam bukanya pukul 8 pagi sampai dengan jam 5 sore, sedangkan jam buka Sabtu dan Minggu pukul 9 pagi sampai dengan jam 2 siang. Ketika diperhatikan, tiang tiang penyangga yang tampak di bangunan luar perpustakaan ini akan membentuk rehal untuk membaca Al quran. Perpustakaan ini terdiri dari enam lantai dan juga memiliki fasilitas yang lumayan lengkap mulai dari mushola, kafe, kantin, ruang untuk pertemuan dan juga auditorium. Peprustakaan ini juga memilik ruangan khusus, ruangan itu dijadikan sebagai runagan literatur bahasa Melayu.

Pulau jemur wisata di pekanbaru

taman kota pekanbaru

Gugusan pulau yang terdiri beberapa pulau Tekong emas serta juga pulau-pulau kecil lainnya, yang terletak dipulau yang tak jauh dengan kota rokan sekitar hanya 72Km adalah pulau bangansiapisiapi. Dimana pulau tersebut pada musim tertentu terdapat penyu-penyu yang naik kepantai untuk bertelur. Anda jika melihatnya sangat beruntung melihat telur-telur penyu.

Sungai kampar

pusat oleh oleh pekanbaru

Destinasi ini ada di teluk Meranti. Kamu bisa merasakan berselancar di sungai lho. Di sungai itu terdapat Bono (gelombang pasang surutnya ombak dengan suara yang menderu keras). Bono ini punya kecepatan 40 kilomater per jam. Lokasi sungai ini ada Desa Teluk Meranti.

Air terjun lubuk bigau

tempat wisata pekanbaru

Terdapat juga nama lain selain air terjun lubuk bigau yaitu air terjun pangkalan kapas, letak lokasi wisatanya ada diwilayah desa lubuk bigau kecamatan kamparkiri hulu, kabupaten kampar, provinsi riau. Air terjun lubuk bigau ini memiliki ketinggian sekitar mencapaii 130 meter. Jadi dikota riau air terjun yang paling tinggi adalah air terjun lubuk bigau atau disebut air terjun pangkalan kapas. Air terjun tersebut masih sangat alami.

Pantai selat baru

wisata di pekanbaru

Pantai yang indah dibengkalis selain pantai rupat utara adalah pantai selat baru. Karena pemerintah kabupaten bengkalis telah menjadikan pantai itu sebagai objek yang salah satunya menjadi tempat wisata andalan anda. nama pantai tersebut diambil dari nama desanya sendiri yakni desa selat baru, yang menjadi ibukota kecamatan bantan. Salah satu dukungan dari pemerintah salah satunya melalui gelar pesta pada setiap tahunnya. Ketika Event tersebut diadakan berbagai macam lomba, contohnya lomba gasing, mengulurkan layang-layang, lomba perahu jong, dan juga anda dapat menyaksikan berbagai macam atraksi kesenian dan kebudayaan tradisional daerah diwilayah setempat.

Danau kayangan objek wisata pekanbaru

objek wisata pekanbaru

Sebuah tempat bendungan irigasi yang di sulap menjadi objek wisata pekanbaru yang indah begitu sangat menarik untuk anda kunjungi yakni adalah danau kayangan. Karena pengembangan inilah menjadikan danau tersebut dengan nama “Danau Buatan”. Objek wisata Danau Buatan atau  disebut juga Danau Kayangan merupakan salah satu tujuan bagi para wisatawan atau kalangan masyarakat Pekanbaru ataupun dari berbagai wisatawan daerah lain. Wisata Danau Bandar Kayangan Lembah Sari tersebut memiliki luas sekitar 14 hektar. Danau ikayangan ini memiliki pemandangan alam yang  sangat mempesona, dan begitu manjur sebagai obat menghilangkan stress dan kejenuhan.

Tempat tersebut sangat dikelilingi oleh pepohonan hijau dan daerah dataran tinggi yang berbukit-bukit. Danau Kayangan ini memiliki bukit utama yang terletak  pada puncak bukit tersebut yaitu sebuah bangunan yang memiliki atap seperti panggung terbuka tanpa ada dinding pembatasnya. Tempat tersebut disediakan sebagai tempat untuk bersantai dan bercanda gurau bagi para pengunjung bisa menikmati pemandangan danau dari puncak yang tertinggi.  Pemandangan alam yang mempesona disekitar danau tersebut sangatlah sejuk dan santai, yang menjadikan panorama indah sebagai pilihan tepat untuk tujuan wisata serta juga rekreasi bersama keluarga anda. Keindahan ini dapat anda nikmati dengan keluarga di hari libur, juga bisa menikmati suasana santai pada saat liburan.

Danau limbungan

objek wisata di pekanbaru

Selayang  Pandang

Pada awalnya hanya tempat bendungan air yang didanau limbungan tersebut sebagai tujuan pengairan, yang letaknya dikelilingi perbukitan panorama yang sangatlah indah. Tempat ini menjadi salah satu objek wisata air untuk penduduk kota pekan baru dan sekitarnya. Ditempat tersebut ramai dengan kunjungan pada hari minggu atau hari libur lainnya.

Keistimewaan

Panorama alamnya  indah dan berhawa sejuk membuat pengunjung nyaman dan damai berada di sana. Kerangka besi mirip  jembatan gantung yang terletak di atas danau menambah keindahan kawasan tersebut.  Pengunjung dapat menggunakan perahu motor atau perahu kayuh untuk mengelilingi  danau yang dikelilingi perbukitan hijau ini, sehingga sangat cocok sebagai  salah satu tempat tujuan wisata tirta.

Lokasi

Letaknya Danau Limbungan tersebut di Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai, Kota yang ada diPekanbaru, Provinsi Riau .

Akses

Jarak dari tempat Danau Limbungan tersebut berjarak sekitaran 15 kilometer yang bisa dapat diakses dengan menggunakan  atau memakai bus dan juga  bisa  menggunakan sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

Akomodasi dan  Fasilitas

Dalam kawasan wisata tersebut dilengkapi berbagai fasilitas penunjang, seperti rumah makan, sepeda  air, perahu, panggung hiburan, taman bermain dan penginapan untuk kita beristirahat. Lokasi yang sangat  juga strategis karena tidak terlalu jauh dari pusat kota dan dilewati angkutan umum.

Taman kota pekanbaru

tempat rekreasi di pekanbaru

Dalam taman Rekreasi Alam Mayang tersebut dibuka dalam setiap harinya , pada jam 08:00 pagi hingga 18:00  petang dengan harga tiket masuk untuk per orangnya cukup dengan membayar 20.000 Rupiah. Selain itu, juga ada topeng monyet dan pertunjukan sulap badut yang sangat menghibur Anda dan keluarga. Tidak jarang tempat wisata di Pekanbaru tersebut dijadikan lokasi pertandingan memancing yang diadakan pemerintah setempat. Selain ada kolam pemacingan, Anda  juga bisa mencoba flying fox dan dalam  berbagai kegiatan outbound yang lainnya.

Masjid senapelan

taman kota pekanbaru

Awal dibangunnya masjid ini berukuran kecil dan terbuat dari kayupada tahun 1762 salah satunya disebut masjid tertua dipulau Riau. Sampai saat ini Anda  juga bisa melihatnya sebagai tempat sebuah masjid yang sangat  megah dan  didominasi warna kuning khas Melayu dan berkubah besar. Masjid ini terdapat juga sebuah tempat yaitu sumur tua yang airnya dipercaya bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Sampai hingga saat itu sumur tersebut masih terdengar dari negeri tetangga dan membuat wisatawan dari Singapura dan Malaysia datang untuk membuktikannya. Sekarang sumur tersebut telah ditutup karena beberapa ada alasan yang tertentu.

Kebun binatang sang kulim

Dilihat luas kebun binatang tersebut seluas 10 hektar ini menjadi tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi keluarga di akhir pekan. Tempat ini memiliki banyak berbagai binatang yang bisa dikenalkan pada anak-anak seumuran dini mulai dari hewan monyet, burung, ular, dan juga masih banyak lagi hewan lainnya. Selain itu ada arena bermain untuk anak-anak seperti papan seluncuran, ayunan dan juga dan kolam renang anak. Anda juga bisa naik gajah dengan membayar biaya seharga 10.000 Rupiah per 10 menitnya. Dalam perjalanan keKebun Binatang Sang Kulim dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota Pekanbaru. Jika anda memasuki kebun binatang tersebut Anda harus  membayar sebesar 20.000 Rupiah untuk tiket pengunjung dewasa dan 10.000 Rupiah untuk tiket pengunjung anak-anak.

Beberapa tempat pusat oleh oleh pekanbaru

  • Bolu kemojo

Oleh-oleh khas dari Pekanbaru yang bisa dijadikan pilihan untuk makanan adalah bolu kemojo. Makanan khas Melayu  ini bisa dengan mudah dijumpai ketika anda berkunjung ke Pekanbaru. Bentuk dan Teksturnya yang begitu lembut hingga rasanya yang legit dan manis  menjadikan bolu ini sangat banyak diminati baik oleh kalangan  warga sekitar ataupun oleh wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru. Bolu mempunyairasa yang sangat enak dan Aroma pandannya yang begitu kuat menggelegar menjadikan bolu ini cukup populer di kalangan para wisatawan. Manan ini gampang untuk dibuatnya dan tidak semua orang bisa membuatnya. Jika anda ingin membawanya sebagai buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga anda bisa memilih beberapa variasi  rasa lainnya ada rasa pandan yang sudah melegenda.  Harga bolu tersebut cukup sangat bersahabat sekitar 15 ribu sampai 20 ribu per bungkus. Cukup murah untuk oleh-oleh yang lezat.

  • Lempuk durian

Salah satu makanan khas Riau yang terbuat dari durian adalah lempuk durian, yang memiliki rasa dan aroma yang khas para membuat penggemarnya tidak akan melewatkan panganan olahan yang berasal dari buah durian. Salah satu makanan yang terbuat dari durian ini dibuat dengan cara seperti dodol.Bahan utama dari dodol atau lempuk ini adalah durian. Tekstur bentuknya yang khas termasuk cukup ciri khasnya. Rasanya yang manis dan juga gurih berpadu dengan aroma yang sangat harum buah durian yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Lempuk durian ini adalah makanan yang bisa menjadi oleh-oleh khas dari Pekanbaru yang wajib untuk dibawa pulang. kamu  juga bisa merekomendasikan dan memilih yang paling populer, yaitu makanan lempuk durian khas Bengkalis. Daerah tersebut merupakan daerah penghasil durian begitu banyak. Dan juga tidak heran karena sangat mudah bagi anda menemukan jajanan khas pekan baru yang wajib dicicipi dan dibuat buah tangan untuk kelusrga dirumah.

  • Pancake durian

Bagi kamu  yang suka dengan durian tentu kamu harus mencoba makanan yang sangat lezat ini. Pancake durian ini memiliki rasa yang sangat lembut. Makanan tersebut dibungkus menggunakan kulit yang khusus menjadikan aroma buah durian terjaga dengan baik. Dengan dibuatnya durian dan diolah dengan cara halus dan kemudian diisi ke dalam kulit yang berwarna-warni ini sangat melindungi aroma durian.

  • Dodol kedondong

Bagi orang indonesia salah satu buah yang sangat cukup familiar yang juga dapat dijadikan buah untuk rujak karena buah tersebut mempunyai rasa yang begitu unik adalah buah kendodong. Rasanya yang unik membikin orang orang suka dan banyak diminati. Kendondong bisa juga dibuat jajanan seperti dodol kendondong. Pada umumnya juga kendondong memiliki rasa yang sangat asam. Inilah menjadi perpaduan cita rasa yang menjadikan rasa dodolnya menjadi cita rasa yang enak dan wajib kamu cicipi.

  • Salai ikan patin

Salah satu oleh oleh untuk keluarga anda dipekanbaru yang wajib dikunjungi da bisa anda nikmati adalah salai ikan patin  yang jumlahnya sangat melimpah-limpah dijadikan warga sekitar untuk kreatif dan juga diolah dan diubah ikan patin menjadi jajanan makanan yang mempunyai nilai ekonomi yang sangatlah tinggi. Produksinya ikan patin berjumlah cukup banyak bagi peluang yang membuat usaha yang cukup menjanjikan bgai warga sekitar. Ikan pati mempunyai nilai-nilai gizi yang sangat tinggi yang sudah diolah menjadi salai pati dan  juga bisa diproduksikan untuk kalangan masyarakat bahkan juga diekspor keluar negeri. Pilih ikan patin yang lebih tahan lama dan mampu mempertahankan kualitas bentuk tekstur dan rasanya, dan juga jangan lupa paling penting nilai gizi yang cukup tinggi.

  • Batik

Kerajinan batik yang memiliki motif sangat cukup unik. Kerajinan batik dari Pekanbaru ini memang relatif mempunyai motif yang tak kalah cantik jika dibandingkan dengan batik khas daerah lainnya di Indonesia. Motif batik khas Riau tersebut biasanya mempunyai gambar berupa tumbuhan seperti bunga klambang, dan jenis bunga-bunga lainnya.Jika kamu mau membeli oleh-oleh berupa batik, kamu bisa mendapatkannya di Galeri Batik Tabir Riau yang memiliki koleksi batik cukup lengkap. Motif batik khas Riau yang sedang dijual dengan cara khusus yaitu dengan cara diagonal dan juga dengan cara vertikal. Tidak boleh dilukis dengan cara horisontal.

  • Kaos

Salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli sebagai oleh-oleh atau bisa juga disebut buah tangan   untuk keluarga yang sangat mudah praktis untuk dibawa pulang. Kamu juga bisa memilih beberapa bagian merk terpopuler di kota Pekanbaru. Merk-merk ini merupakan merk yang sangat lokal yang sudah populer untuk dibeli karena sudah mendunia. Salah satunya tipe merk kaos lokal yang sangat terpopuler dan sudah terkenal dimna-mana. Kaos ini tidak hanya bisa kamu temukan di tempat wisata Pekanbaru saja.