16 Resep Terbaru Aneka Kue Basah Tradisional

Kue merupakan camilan atau bisa disebut makanan ringan dan bukan makanan utama, kue pada umumnya mempunyai rasa yang manis, gurih, asin tergantung jenis kue yang di olah, kue biasanya terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka, tepung sagu. Kue bisa diolah dengan cara digoreng, dipanggang, dikukus, kue dikategorikan menjadi dua yaitu kue basah dan kue kering. Kue basah umumnya bertekstur lembut dan empuk tentunya tidak bisa bertahan lama, Kali ini saya akan mengulas lebih dalam lagi tentang  kue basah tradisional, mulai dari aneka kue yang sudah ada sejak jaman dulu sampai sekarang, dan tentunya resep kue basah tersebut.

Kategori Kue Basah Paling Enak

Apa saja macam kue basah kesukaanmu? Apakah pastel, apakah kue lemper, apakah kue sus, ayolah katakan, aku ingin membuatkanya untukmu. Maaf ya yang bikin artikel rada demam film dilan hehehe. Langsung aja ya biar ga basa basi, kue basah banyak sekali macamnya, yang sudah tertera di bawah ini adalah kue basah tradisional modern.

  • Kue Basah Serabi Pandan

kue basah tradisional

Kue basah tradisional yang satu ini memiliki tekstur yang empuk,lembut dan nikmat di tambah kuah santan yang gurih akan menambah si pemakan kue ini nambah dan nambah lagi,kue basah ini membikin kalian merasa kenyang dibanding kue basah yang lain. Karena terbuat dari bahan dasar tepung beras.

  • Kue Basah Kue Rainbow Cake

"aneka resep kue basah tradisional "

Kue Rainbow Cake atau kue pelangi ini merupakan kue berlapis dengan perpaduan warna-warni seperti pelangi.

  • Kue Basah Cup Cake

"aneka resep kue basah kukus "

Cup Cake juga di sebut kue bolu bantat, kue mungil yang di simpan dengan mangkuk berlapis kertas.

  • Kue Basah Putu Ayu

"macam kue basah "

Siapa yang tidak pernah melihat kue ini? pasti kalian semua tau kan kue yang cantik satu ini. kue putu ayu juga sering disebut dengan kue putri Ayu.

  • Kue Basah Bolu Kukus Mekar

"aneka resep kue basah "

Bolu atau kue bolu (bahasa Inggris: cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, Namun bolu kukus mekar ini salah satu kue bolu yang di kukus dan merupakan kue basah yang populer di Indonesia.

  • Kue Basah Brownis Kukus

"resep aneka kue basah "

Siapa sih yang tidak tahu dengan si cantik nan legit ini? Pasti Anda adalah termasuk orang yang fans berat sama si coklat ini, ya tentunya tentang rasa tidak bakal kecewa, cita rasa yang enak,manis dan tekstur yang halus ini mebuat lidah Anda akan termanjakan dengan kelembutanya.

  • Kue Basah Banana Cake

"kue basah tradisional dari tepung terigu "

Kue basah yang satu ini terkenal dengan kelezatannya, Ya banana cake seringkali membuat yang menyatapnya menjadi ketagihan, dan ingin lagi. Apalagi jika kalian termasuk orang yang suka banget sama buah pisang. Mungkin itu saja tentang macam kue basah yang saat ini seringkali disebutin oleh kaum hawa, kita bahas yang lain lagi yuk. Aneka Resep Kue Basah Tradisional. Ini aku bocorin lagi tentang aneka resep kue basah tradisional yang terenak.

  • Kue Kelepon

kue basah tradisional

Bahan-bahan:

  • 1 kgtepung ketan putih
  • Daun pandan (kira2 25 helai yang daunnya panjang, potong2 kecil)
  • Secukupnyaair hangat (kira2 aja, sampai adonan bisa dibulatkan)
  • Secukupnyagaram (kira2 1/2 sdt)
  • Secukupnyagula merah (potong2 dadu)
  • Bahan untuk topping
  • Kelapa parut (usahakan dari kelapa yang masih agak muda)
  • Secukupnyagaram

Langkah-langkah:

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung ketan dan garam
  2. Sementara itu juga, siapkan topping kelapa parutnya, dengan cara mengukus kelapa parut yang tadinya sudah ditambahkan sedikit garam (kira2 30 menit). Air kukusan jangan dibuang, bisa dipakai untuk merebus kleponnya
  3. Selanjutnya cuci bersih pandan yang sudah di potong2. Blender hingga halus dengan menambahkan sedikit air. Kemudian ambil sarinya dengan cara disaring
  4. Masukkan sari daun pandan kedalam campuran tepung tadi, aduk2 hingga merata. Tambahkan air hangat perlahan-lahan (jangan terlalu lembek, asal bisa kebentuk aja).
  5. Jika adonan sudah selesai. Bentuk bulatan (ukuran sesuai selera, dengan isian gula merah yang tadi sudah dipotong dadu).
  6. Jika semua adonan sudah selesai dibulatkan, rebus hingga matang (tandanya dengan mengapungnya adonan klepon tadi). Tapi saran saya langsung dimasak tiap kali selesai dibulatkan, biar adonan yang sudah dibulatkan tidak rusak karena berdempetan satu sama lain
  7. Klepon yang sudah matang tadi guling2kan diatas kelapa parut yang sudah dikukus tadi
  8. Klepon yang enak siap untuk disantap. Semoga suka kue basah tradisional
  • Kue Wingko Raksasa

aneka resep kue basah tradisional

Bahan :

  • 1 butirkelapa parut yang muda
  • 10 sendoktepung ketan
  • 1/2 sdtgaram
  • Air
  • 7 sendokgula pasir
  • 50 grmargarin lelehkan

Langkah langkah :

  1. Campur semua bahan menjadi satu kecuali air (pakai tangan langsung saja agar lebih cepat menyatunya)
  2. Setelah adonan cukup pulen beri air 2 sampai 4 sdm hanya supaya adonan bisa dibentuk, jadi bila sudah pas jangan diberikan air lagi
  3. Bentuk adonan bulat besar
  4. Panggang diatas wajan anti lengket pakai api kecil.
  5. Jgn lupa dibolak balik agar matang merata sampai kecoklatan, angkat dan beri daun pisang agar cantik. selamat mencoba.
  • Kue Rangin

aneka resep kue basah kukus

Bahan Kue Rangin :

  • Tepung beras, 250 gram
  • Santan, 400 ml dari 1/2 butir kelapa
  • Santan cair, 600 ml dari 1/2 butir kelapa
  • Garam, secukupnya
  • Gula pasir, 50 gram, untuk taburan
  • Kelapa sedang, 250 gram, parut memanjang
  • Telur ayam, 2 butir, kocok
  • Minyak goreng / mentega secukupnya, untuk olesan

Cara Membuat Kue Rangin :

  1. Campurkan 100 gram tepung beras bersama santan kental, aduk dengan rata.
  2. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk sampai mengental. Angkat dan sisihkan.
  3. Campur sisa tepung beras, kelapa sedang, rebusan tepung beras dangaram, aduk rata.
  4. Tambahkan telur dan santan cair, aduk hingga rata.
  5. Panaskan wadah atau cetakan kue pancong, oles dengan margarin.
  6. Tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan. Masak hingga matang. Angkat, sajikan dengan taburan gula pasir di atasnya.
  • Kue Cucur

macam kue basah

Bahan Kue Cucur :

  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung terigu protein sedang
  • 125 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 230 ml air

Cara Membuat Kue Cucur :

  1. Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah mendidihkan air sebanyak 230 ml, daun pandan dan gula merah hingga gula larut dan mendidih. Kemudian saring dan biarkan sampai hangat dan tidak terlalu panas.
  2. Kemudian kita campur tepung beras, garam dan tepung terigu. Kemudian kita tuang larutan gula merah sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.
  3. Sesudah adonan kue cucur lumayan mengental, keplok keplok atau pukul pukul sekitar  kurang lebih 30 menit sambil diberi larutan gula merah sedikit sampai habis.
  4. Setelah itu kita diamkan adonan cucur selama kurang lebih 40 menit.
  5. Kita panaskan minyak goreng sebanyak 4 sendok makan kedalam cetakan kue cucur (wajan cekung kecil).
  6. Tuangkan adonan cucur di dalam cetakan lalu siram siram memakai minyak panas sampai kue cucur mengembang dan berserat seperti pada mulanya.
  7. Tusuk bagian tengah dari kue cucur dengan tusukan gigi. Lakukan sambil diputar putar agar bagian mentah pada kue cucur ikut matang. Kita balik kue cucur sebentar dan angkat.

Cara Membuat Kue Basah Termudah

  • Talam Singkong

aneka resep kue basah

Bahan-bahan :

  • 800 gr singkong (d parut)
  • 100 gr gula jawa
  • 100 gr gula pasir
  • 50 gr tp beras ketan
  • 150 ml santan (aq pakai kara)
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Langkah langkah :

  1. Campur singkong, tepung beras, gula jawa, gula pasir,santan, dan vanili sampai trcampur rata.
  2. Tuang adonan ke loyang dan kukus krg lbih 35 menit. Talam singkong siap disantap.
  • Lapis Legit Kukus

Bahan-bahan :

  • 200 grm margarin/butter
  • sdm susu kental manis putih
  • 8 btr telur antero
  • 200 grm gula pasir
  • 1 sdt cake emulsifier
  • 1 sdt esens vanila
  • 200 gram terigu protein sedang
  • 40 gram susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • Bahan taburan (aduk rata):
  • 1/2 sdm cokelat bubuk
  • 1 sdm cinnamon bubuk/bumbu spekuk
  • Pewarna kue warna kuning muda (opsional)

Langkah langkah :

  1. kocok margarin/butter hingga lembut, masukkan susu kental manis, kocok kembali hingga rata, sisihkan.
  2. kocok gula pasir, telur, dan emulsifier hingga mengembang dan kental, turunkan speed mikser hingga yang terendah. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder, sambil diayak, aduk hingga rata dan tidak ada tepung menggumpal, masukkan vanila esens dan pewarna kue (opsional), aduk kembali hingga rata.
  3. Masukkan kocokan margarin sedikit demi sedikit sambil terus diaduk perlahan hingga semuanya tercampur rata dan homogen.
  4. Timbang adonan seberat 100 grm, ratakan pada loyang berukuran 20x20x7 yg sudah dioles minyak dan dilapisi dengan kertas roti. Taburkan tipis-tipis bahan taburan diatasnya
  5. Kukus lapisan pertama selama 5 menit dengan api sedang-kecil hingga matang. lakukan hal tersebut hingga adonan habis. Pada layer/lapisan terakhir kukus selama 20-25 menit hingga kue matang.
  6. Tes tusuk dengan lidi, kalau permukaan lidi kering berarti kue sudah matang dan siap diangkat.

Biarkan beberapa saat hingga uap panas hilang baru kue dikeluarkan dari loyang. Dinginkan. Potong-potong sesuai selera kue basah tradisional yang sudah Anda buat.

  • Bolu Kukus Karamel

resep aneka kue basah

Bahan-bahan :

  • 12 sdm tepung terigu
  • 6 sdm makan gula
  • 1 gelas belimbing air panas
  • 1 sachet skm putih/cokelat
  • 6 sdm mentega
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Langkah langkah :

  1. Buat karamelnya terlebih dahulu. Masukan gula ke panci, lalu masak di api yang sangaattt kecil, api lilin. Saat masak ini, jgn sekali2 diaduk, krn akan menggunpal dan mjd keras spt permen. Cukup panci digoyang2 agar gula nya rata semua melelehnya.
  2. Saat gula sdh menjadi karamel, masukkan air panas mendidih, goyangkan lg pancinya. Setelah meletup2, masukkan mentega, goyang2 sampai mentega meleleh sempurna. Baru boleh diaduk dg sendok/spatula.
  3. Setelah adonan karamel tercampur dg sempurna, matikan api lalu diamkan sampai agak dingin. Kl saya utk mempersingkat waktu, panci saya rendam di baskom isi air.
  4. Setelah karamel tdk panas lg, masukan susu kental manis, aduk sampai rata.
  5. Campurkan terigu dg baking powder dan vanili, aduk sampai rata. Masukan adonan karamel dan aduk sampai tdk ada gumpalan.
  6. Tuang ke loyang lalu kukus 20-25 menit.
  7. Setelah matang, jgn lsg dipotong atau dikeluarkan dr loyang, krn akan hancur. Jd hrs didiamkan dl sampai benar2 dingin br bisa dipotong atau dikeluarkan dr loyang.
  • Lapis Legit Roll Kukus

kue basah tradisional dari tepung terigu

Bahan-bahan :

  • 6 butir kuning telur
  • 2 butir putih telur
  • 1 sdt emulsifier
  • 60 gram gula pasir
  • 50 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • 2 sdm santan instan
  • 20 ml minyak goreng
  • 1 sdt coklat bubuk untuk taburan
  • 1/2 sdt pasta pandan
  • Secukupnya selai strawberry

Langkah langkah :

  1. Kocok telur, emulsifier dan gula pasir sampai putih kental
  2. Masukkan tepung dan kayumanis bubuk kocok lagi perlahan dengan speed rendah. Masukkan santan dan minyak aduk balik sampai homogen
  3. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Yang 1 beri pasta pandan
  4. Tuang adonan putih di loyang uk 20×20 lalu taburi dengan coklat bubuk kukus selama 5 menit, angkat loyang tuang adonan pandan taburi lagi dg coklat bubuk dan kukus lagi selama 5 menit. Last kukus adonan putih tabur dg coklat bubuk lalu kukus lagi selama 15 menit. Angkat lalu balikkan.
  5. Oles dengan selai strawberry lalu gulung perlahan. Ini cake lentur banget jadi pasti mudah gulungnya
  6. Finish guys.

Itulah beberapa Aneka Resep Kue Basah Kukus Sederhana yang saya sajikan untuk Anda selamat mencoba.

Aneka Resep Kue Basah Rumahan

  • Banana Cake

cara membuat kue basah tradisional

Bahan-bahan :

  • 4 buah pisang ambon<lumatkan>
  • 1 gelas tepung terigu
  • 1/2 gelas gula pasir (klo aq hampir penuh 1 gelas nya)
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 gelas minyak/mentega cair

Langkah langkah :

  1. Telur dan gula di kocok sampai berbuih dan tercampur rata
  2. Masukkan tepung terigu,baking powder dan baking soda yg sudah di ayak lalu aduk sampai rata
  3. Masukkan pisang yg sudah di lumatkan dan minyak/mentega aduk kembali sampai tercampur rata
  4. Siapkan kukusan
  5. Olesi Loyang dg minyak/mentega dn d beri sedikit tepung.
  6. Masukkan adonan dan kukus sampai matang

Cek dg tusuk gigi. Jika tak ada adonan yg menempel tandanya sudah matang.

  • Brownies Kopi

kue basah tradisional

Bahan Bahan :

  • 200 gram dark cooking coklat, cincang kasar
  • 100 gram butter, saya Anchor
  • 150 gram gula castor, gula pasir butiran halus
  • 3 butir telur
  • 1 sdt nescafe classic hitam, saya lurutkan dgn 1 sdm air panas

Ayak bersamaan:

  • 70 gram terigu, saya Segitiga
  • 30 gram susu bubuk
  • 30 gram coklat bubuk kualitas baik

Langkah langkah :

  1. Tim dark cooking coklat dengan butter dengan sistem double boiler. Gunakan wadah alumunium, campur butter dan coklat cincang. Letakan mangkok alumuniumnya di atas teflon berisi air yg sudah panas. Aduk rata butter dan coklat dark hingga meleleh. Sisihkan.
  2. Campur telur dan gula castor menggunakan whisk hingga gula benar2 larut. Ini sangat menentukan keluarnya shinny crust. Saya ngocoknya cepet aja. Pas bikin ini lagi buru2 sih.
  3. Tuang larutan coklat ke dalam kocokan telur. Aduk rata dengan whisk atau spatula.
  4. Tuang sedikit2 ayakan terigu, coklat bubuk, susu bubuk dan kopi. Aduk rata.
  5. Tuang dalam loyang yang sudah di oles margarin dan di alasi kertas roti. Kalo pakai loyang anti lengket oles butter aja ya.
  6. Panggang 180’C 50 menit. Pertama set alarm 30 menit dulu. Kemudian test tusuk, kalo masih basah, lanjutkan panggang hingga ketika di test tusuk adonan sudah benar2 tidak menempel. Aneka Resep Kue Basah Rumahan. Lalu potong potong dan hidangkan.
Kue Tradisional Khas Daerah
  • Kue Bandros Nangka (jawa barat)

aneka resep kue basah tradisional

Bahan-bahan :

bahan I :

  • 50 gr tepung beras
  • 325 ml santan instan (sy kara 200 ml+air 125ml)
  • 2 lbr daun pandan
  • 1 sdt garam

bahan II :

  • 225 gr tepung beras
  • 250 gr kelapa parut halus(ambl putih ny)
  • 400 ml air
  • 1 btr telur (kocok lepas)

taburan :

  • gula pasir secukup nya
  • nangka secukup nya

Langkah langkah :

  1. Rebus bahan I sambil diaduk mengental.sisihkan.
  2. Bahan II : campur tepung beras dan kelapa parut dlm wadah.aduk rata.mskkan bahan I sambil aduk rata.
  3. Mskkan air dan telur.aduk rata.panaskan cetakan teflon pukis.tuang adonan dlm cetakan.cukup 1/2 dr permukaan cetakan saja.tutup.
  4. Stlh mulai matang taburi nangka dan gula pasir.tutup sbtr.stlh gula nmpk mengkilat angkat kue dr cetakan. sajikan hangat
  • Pais Pisang (jawa barat)

Bahan bahan :

  • 125 gr tepung beras
  • 50 gr tepung kanji
  • 7 bh pisang kepok/Raja yg matang, potong kecil
  • 80 gr gula pasir (bisa di kurangi kalo pisangnya sudah manis)
  • 2 gelas aqua santan sedang (kurleb 450 ml)
  • sejumput garam
  • 2 lebar daun pandan

Langkah langkah :

  1. Rebus santan dgn daun pandan sampe mendidih wangi. matikan api, tunggu dingin/hangat.
  2. Campur tepung, gula, garam. tuang santan sedikit demi sedikit sampe adonan tidak bergerindil.
  3. Masak adonan dengan api kecil dengan terus di aduk. Apabila sudah terasa agak berat ketika di aduk dan sedikit ada gumpalan siap2 matikan api (jangn nunggu sampe menggumpal karena nanti akan padat sendiri).
  4. Masukkan potongan pisang aduk rata.
  5. Ambil secukupnya adonan bungkus dengan daun pisang, lipat ujung2nya, kalo pais biasanya berbentuk kotak tapi tidsk sepanjang nagasari ya. ini saya ikutin panjang daun pisangnya yg kebetulan panjang2 jadinya.
  6. Lakukan sampe semua adonan habis.

Kukus kurleb 20-25 menit sampe daun berubah warna, matikan api. Selagi hangat rapikan bungkus dan bentuknya. dinginkan. Siap di hidangkan.

  • Kue Putu (jawa timur)

aneka resep kue basah kukus

Bahan bahan :

  • 600 gram tepung beras (saya giling menggunakan blender khusus dan kering)
  • 300 gr kelapa parut
  • 5 sdm gula pasir
  • 150 gr gula merah sisir halus
  • 1 sdt garam
  • daun pisang dan lidi secukupnya

Langkah langkah :

  1. Campur tepung beras yang sudah di inapkan semalaman dengan parutan kelapa dan garam
  2. Diwadah lain campurkan gula pasir dan gula merah
  3. Ambil daun pisang dan masukkan tepung kmudian gula merah dan tutup dg tepung lg sematkan lidi, lakukan sampai hbis

Kukus selama 30menit. Dan segera sajikan.

  • Kue Klenyem Isi Coklat (jawa tengah)

macam kue basah

Bahan-bahan :

  • hasil15 buah
  • 250 gr singkong
  • 50 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 100 gr dark cooking chocolate untuk isian
  • 1 sdt panili
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah langkah :

  1. Bersihkan singkong kemudian parut halus lalu peras menggunakan serbet bersih hingga sedikit kering
  2. Campurkan singkong parut, gula pasir, garam dan panili. Aduk rata hingga semua tercampur
  3. Potong kasar dark chocolate kemudian isikan kedalam adonan singkong lalu bentuk bulat sesuai selera
  4. Panaskan minyak kemudian masukkan bulatan klenyem lalu goreng sampai berwarna kuning kecoklatan dengan api tidak terlalu besar dan bolak-balik agar tidak gosong

Hidangkan selagi masih hangat.

Bahan Dasar Tepung Terigu
  • Bikang Mawar

aneka resep kue basah

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 100 gr gula pasir
  • 400 ml santan yg udah direbus pakek daun pandan dan gram
  • 1 butir telor
  • sesuai selera Pewarna

Langkah langkah:

  1. Kocok telor dalam mangkok sisihkan
  2. Campur tepung terigu dan gula tambah santan sedikit demi sedikit sampai habis pakek wisk(lebih cepat menggunakan mixer)
  3. Terakhir masukan kocok an telor tadi aduk lagi
  4. Panaskan cetakannya sampai bunyi ces/klo dikasih air bisa kayak menari
  5. Tuang adonannya yg udah dikasih warna pangang dengan api kecil
  6. Klo atasnya udah berpori dan tidak lengket tutup cetakan matikan apinya
  7. Masukan kedalam loyang yg udah diisi air cetakannya biarkan sampai air tidak bergolak baru dibuka

Angkat bikang satu persatu taruh diatas gelas yg atasnya agak runcing kasih tutup botol aqua ditengah bikang lalu tarik kebawah dengan kedua tangan sampai berbentuk kayak mawar. kue basah tradisional dari tepung terigu

  • Kue Lumpur

resep aneka kue basah

Bahan-bahan:

  • 20 porsi
  • 2 gelas terigu
  • 1 butir telur
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 bungkus santan kara
  • 1,5 gelas air
  • 1 sdm margarin, cairkan
  • 1 bungkus vanili
  • 1/2 sdt garam
  • sesuai selera Toping

Langkah langkah:

  1. Kocok telur. Masukkan margarin cair, gula, garam, vanili
  2. Tambahkan terigu, santan, air. Aduk rata
  3. Olesi wajan dorayaki dengan margarin
  4. Masak adonan dengan api kecil. Tutup wajan.Jika sudah setengah matang, tambahkan toping. Tutup kembali

Setelah matang, angkat. lalu disajikan.

  • Sorabi

kue basah tradisional dari tepung terigu

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung beras rose brand
  • 450 ml santan (dari 1 butir kelapa)
  • 1/4 buah kelapa parut
  • 1 sdt garam

Toping:

  • Sambel oncom (ada diresep sebelum’nya)
  • Abon ayam

Langkah:

Campur smua bahan, aduk hingga tidak ada yg bergerendil, panaskan cetakan sorabi, tuang adonan, tutup, biarkan sampai bergelembung&pinggirnya mengering, beri abon sesuai selera pada sorabi yg masih basah tengahnya, tekan sedikit biar nempel, tutup kembali, tunggu sorabi matang, bagian atas’nya kering. Angkat dr cetakan, sajikan hangat.

  • Kue Pukis Pandan

cara membuat kue basah tradisional

Bahan-bahan :

  • 4 butir telor
  • 300 gr gula pasir
  • 500 gr terigu segitiga
  • 1/2 bungkus ragi instan
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 750 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 230 gr margarin

Langkah langkah:

  1. Rebus santan dengan daun jeruk dan garam sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat suam suam kuku dan siap digunakan. Setelah hangat masukkan susu kental manis, aduk rata.
  2. Kocok telor dan gula sampai mengembang, lalu masukkan bahan kering (terigu dan vanila bubuk dan ragi) dan santan hangat di dalam adonan kocokan telor, secara bergantian. Bisa dikocok pelan pelan dengan mixer.
  3. Setelah itu masukkan margarin yang sudah dicairkan, beri pasta pandan secukupnya (saya pakai endapan jus pandan), kemudian diamkan selama 1 jam.
  4. Setelah 1 jam adonan akan mengembang.
  5. Panaskan cetakan langsung diatas kompor tidak perlu alas, tuang adonan ke dalam cetakan, tutup dan biarkan hingga setengah matang. Beri dengan potongan keju, tutup kembali biarkan sampai matang dan angkat kemudian sajikan hangat-hangat.

Seperti itulah  Cara Membuat Kue Basah Tradisional yang bisa Anda coba, jika Anda akan mencoba resep yang lainnya boleh boleh aja diatas sudah saya ulas lebih dalam berbagai resep dari kue basah tradisional, aneka resep kue basah rumahan, resep aneka kue basah,kue basah tradisional dari tepung terigu dan sebagainya. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah apalagi untuk pemula resep berikut tentunya sangat mudah di terapkan, dan jika Anda ingin pintar membuat kue yang harus Anda miliki yaitu tekad dan ketrampilan, karena jika tidak ada salah satu dari sifat tersebut Anda tidak akan bisa sukses membuat kue, demikian artikel dari saya, saya mohon maaf bila ada kesalahan kata atau pengetikan yang ada dalam artikel ini, terimakasih sudah membaca kue basah tradisional, happy cooking