17 Tempat Wisata di Bandar Lampung Paling Wajib Dikunjungi

Kota Bandar Lampung adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus ibukota dan kota terbesar di Provinsi Lampung. Bandar Lampung juga merupakan kota terbesar yang terpadat pada ketiga Pulau Sumatera setelah Medan dan Palembang menurut jumlah penduduk, serta termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar pulau Jawa. Pada zaman kolonial Hindia Belanda berdasarkan Staatsbalat 1912 Nomor : 462 Wilayah Kota Bandar Lampung termasuk wilayah Onder Afdeling Telokbetong terdiri dari Ibukota Telokbetong sendiri dan daerah-daerah disekitarnya. Sebelum tahun 1912, Ibukota Telokbetong ini meliputi juga Tanjungkarang yang terletak sekitar 5 km di sebelah utara Kota Telokbetong (Encyclopedie Van Nedderland Indie, D.C.STIBBE bagian IV).

Kota Telokbetong sendiri berkedudukan sebagai Ibukota Keresidenan Lampung, Tanjungkarang adalah Ibukota Onder Afdeling Telokbetong. Kedua kota tersebut tidak termasuk ke dalam Marga Verband, melainkan berdiri sendiri dan dikepalai oleh seorang Asisten Demang yang tunduk kepada Hoof Van Plaatsleyk Bestuur selaku Kepala Onder Afdeling Telokbetong. Pada zaman dahulu pendudukan Jepang, yaitu kota Tanjungkarang-Telokbetong dijadikan shi (Kota) di bawah kepemimpinan seorang shichō(bangsa Jepang) dan dibantu oleh seorang fukushichō (bangsa Indonesia).

istilah penyebutan Kota Tanjungkarang-Telukbetung karena kedua kota tersebut yang memisahkan dari Kabupaten Lampung Selatan dan Kota Tanjungkarang dan Kota Telokbetong menjadi bagian dari Kabupaten Lampung Selatan Sejak zaman Kemerdekaan Republik Indonesia hingga diterbitkannnya Undang-Undang Nomor 22 tahun 1948. Secara geografis, Teluk betung berlokasi di selatan Tanjungkarang, karena itu di daerah marka jalan, Telukbetung yang dijadikan patokan batas dari jarak ibukota ke provinsi. mengingat ketiganya sudah tidak ada batas pemisahan yang jelas dalam satu kesatuan Kota Bandar Lampung pada tahun 1984 Telukbetung, Tanjungkarang dan Panjang (serta Kedaton) merupakan wilayah yang digabungkan.

Pada perkembangannya selanjutnya, status Kota Tanjungkarang dan Kota Telukbetung terus berubah dan mengalami beberapa kali perluasan hingga pada tahun 1965 setelah Keresidenan Lampung dinaikkan Kota Tanjungkarang-Telukbetung berubah menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Tanjungkarang-Telukbetung dan sekaligus statusnya menjadi ibukota Provinsi Lampung berdasarkan Undang-Undang Nomor : 18 tahun 1965.  Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 1983, Kotamadya Daerah Tingkat II Tanjungkarang-Telukbetung berubah menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Bandar Lampung (Lembaran Negara tahun 1983 Nomor 30, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3254). Lalu berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 43 tahun 1998 tentang perubahan tata naskah dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kotamadya Daerah Tingkat II se-Indonesia yang kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Wali kota Bandar Lampung nomor 17 tahun 1999 terjadi perubahan penyebutan nama dari “Pemerintah Kotamadya Daerah Tingkat II Bandar Lampung” menjadi “Pemerintah Kota Bandar Lampung” dan tetap dipergunakan hingga saat ini.

Berdasarkan beberapa sumber sejarah yang akurat dan berhasil mengkumpulkan seputar informasi tentang ditetapkannya Hari jadi kota Bandar Lampung,  terdapat catatan berdasarkan laporan dari Residen Banten William Craft kepada Gubernur Jenderal Cornelis yang didasarkan pada keterangan Pangeran Aria Dipati Ningrat (Duta Kesultanan) yang disampaikan kepadanya tanggal 17 Juni tahun 1682 berisikan bahwa : “Lampong Telokbetong di tepi laut adalah tempat kedudukan seorang Dipati Temenggung Nata Negara yang membawahi 3.000 orang” Berdasarkan Staabat Nomor : 10/1873 (Beslit Gouvenur General) Deghregistor yang dibuat dan dipelihara oleh pimpinan VOC halaman 777 dst, pada tanggal 8 April tahun 1873 bernomor 15 tentang Pembagian Keresidenan Lampung menjadi 6 Afdiling TelokBetong dengan Ibukota TelokBetong (Sumber Buku Selayang Pandang Kota Bandar Lampung) dan hasil simposium bahwa hari Jadi Kota Bandar Lampung adalah tanggal 17 Juni tahun 1682 serta Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 1983 tanggal 26 Februari 1983 ditetapkan Hari Jadi Kota Tanjungkarang-Telukbetung.

Secara geografis, kota ini menjadi pintu gerbang utama pulau Sumatera, tepatnya kurang lebih 165 km sebelah barat laut Jakarta, memiliki andil penting dalam jalur transportasi darat dan aktivitas pendistribusian logistik dari Jawa menuju Sumatera maupun sebaliknya. Luas wilayah daratan Kota Bandar Lampung memiliki 169,21 km² dan terbagi menjadi 20 Kecamatan dan 126 Kelurahan dengan data sensus penduduk pada tahun 2015 mencapai 1.166.761 jiwa, kepadatan penduduk sekitar 8.316 jiwa/km² dan diproyeksikan jumlah penduduk mencapai 2,4 juta jiwa pada tahun 2030. Saat ini kota Bandar Lampung merupakan pusat jasa, perdagangan, dan perekonomian di provinsi Lampung.

makna yang terdapat pada Logo atau lambang Kota Bandar Lampung memiliki sebuah makna yaitu membina persatuan dan kesatuan dengan penuh kesetiaan untuk mempertahankan dasar Negara Pancasila guna bersama-sama pewujudkan kota perdagangan dan jasa yang aman, nyaman, sejahtera, makmur, berbudaya, religius dan maju untuk Kesejahteraan, kemakmuran dan kejayaan Kota Bandar Lampung. Dengan berbentuk sebuah pita yang melingkar bersudut lima, atas terdapat tulisan KOTA dan bagian bawah BANDAR LAMPUNG dan telah dimodifikasi sehingga terdapat lekuk garis pada sisi dan sudutnya dari Logo Kota Bandar Lampung. Pada bagian dalam Logo Daerah, terdapat perisai bersudut lima yang telah dimodifikasi dengan membuat garis lengkung untuk menghubungkan antara sudut dengan sudut lainnya yang didalamnya terdapat gambar :

  • Terdapat sebuah Payung Raja yang terdiri dari 3 susun secara bertingkat.
  • Siger
  • Dan di logo kota terdapat Perahu khas Lampung dengan orang diatasnya, Gung/Talo Balak Jukung/Jung.
  • tulisan RAGOM GAWI yang dilengkapi Aksara Lampung sebagai Moto Daerah
  • Setangkai Padi dan Kapas

Sepanjang jalan, laju pertumbuhan populasi telah melonjak cukup sejak lima tahun terakhir. Populasi Bandar Lampung membengkak sebesar 1,1 persen per tahun, dari 800.000 menjadi 1,2 juta, Ini adalah kota pertumbuhan kota Bandar Lampung ke barat ke Gedong Tataan, timur ke Tanjung Bintang dan Bergen, dan ke utara ke sub- distrik Natar. Direktorat Jenderal Pemukiman Manusia Departemen Pekerjaan Umum telah mengembangkan Bandar Lampung dan Sekitarnya di Kota Bandar Lampung pada 1986-1989. Konsep ini termasuk Gedong Tataan, Natar, Tanjung Bintang, dan kecamatan Katibung utara. Pada tahun 2015 Kota Bandar Lampung dan Kota Metro dipetakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) sebagai daerah metropolitan, terutama dalam cetak biru Pengembangan Industri Strategis (WPS) (Merak-Bakauheni-Bandar Lampung-Palembang-Tanjung Api Api ) (WPS MBBPT).

Lampung adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung timur pulau Sumatera, Bandar Lampung menyimpan jutaan pesona alam yang menakjubkan dan tersembunyi masih banyak orang yang tidak tahu keindahannya. Mulai dari wisata alam, situs bersejarah, pantai, tempat foto, hingga air terjun yang memanjakan mata. Jika Anda memiliki rencana liburan ke Lampung, Jangan khawatir tentang keindahannya, provinsi ini menawarkan cukup pilihan untuk Anda karena Anda akan diperlakukan dengan beberapa tempat wisata di kota Lampung. Lampung terkenal dengan produksi kopi dan lada, provinsi ini juga memiliki banyak tempat alam, pantai, bersejarah, religius atau kuliner yang tidak kalah indahnya dengan wisatawan di kota-kota seperti Bandung, Yogyakarta, Makassar, dan kota-kota besar lainnya. Salah satu tempat liburan yang menarik di Indonesia adalah Lampung. Lokasinya yang terletak di bagian selatan pulau Sumatera ini, memiliki tempat wisata di bandar lampung yang sangat beragam, wisata alam dengan panorama yang memukau menjadi daya tarik wisata yang dominan di daerah tersebut. Meski begitu, tentu saja, Lampung hanya memiliki wisata alam saja. Di bawah ini adalah objek wisata yang indah di Bandar Lampung. Mari kita lihat apa itu.

Wisata Di Bandar Lampung Paling Populer

  • Pulau Pahawang

tempat wisata di bandar lampung

Salah satu tempat wisata di kota Lampung dalam bentuk taman laut yang terkenal dengan keindahannya di Pulau Pahawang. Keindahannya tidak hanya terkenal di kalangan turis lokal dan juga wisatawan dan bisa menjadi tempat berburu yang baik di kota Lampung. Pulau Pahawang memiliki luas sekitar 1.084 hektar, dan terbagi menjadi dua pulau, yaitu Pulau Pahawang kecil dan Pulau Pahawang besar. Dari Kota Bandar Lampung pulau ini dapat digunakan dengan jangka waktu 1,5 jam untuk sampai ke Ketapang, kemudian berlangsung dengan naik perahu sampai tujuan akhir adalah Pulau Pahawang yang besar. Bagi Anda yang ingin bermalam, disini telah disediakan penginapan dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah badan segar di pagi hari, Anda bisa melakukan diving, atau menikmati keindahan taman laut. Alamat dari Pulau Pahawang adalah Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran. Pulau ini juga bisa dijadikan tempat hunting yang bagus di bandar lampung

  • Taman Nasional Way Kambas

wisata bandar lampung

Taman yang terkenal ini identik dengan gajah. Namanya adalah Taman Nasional Way Kambas. Di sinilah pemukiman hewan gajah Sumatera semakin hari semakin berkurang populasinya. Taman Nasional Way Kambas, didirikan pada tahun 1985 adalah sekolah gajah pertama di nusantara. Awalnya tempat ini bernama Pusat Pelatihan Gajah, dan kemudian namanya berubah menjadi pusat penelitian gajah dengan harapan tempat ini dapat bergerak, menjinakkan, dan melindungi gajah di tempat berkembang biak dan juga ini. Lebih dari 300 gajah tersebar di seluruh Indonesia. Taman Nasional Way Kambas bisa dibilang mirip dengan Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan sarana untuk bercak yang beralamatkan di Bandar Lampung Timur.

  • Curup Air Terjun Tujuh

tempat hunting yang bagus di bandar lampung

Tempat wisata di bandar lampung berikutnya adalah curug air terjun tujuh. Lokasi di tengah hutan ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Namun untuk mencapainya diperlukan perjuangan untuk melewati hutan untuk mencapai salah satu daya tarik tempat wisata di kota lampung ini, kemudian pastikan Anda dalam keadaan kuat dan prima dan tidak sedang sakit. Air terjun ini terletak di kawasan hutan lindung Desa Margajaya. Untuk mencapai lokasi yang satu ini, terlebih dahulu dapat menggunakan kendaraan roda empat, kemudian menyewa motor trail ke batas hutan lindung. Dan terakhir Anda hanya menjelajahi hutan dengan berjalan kaki. Tujuan ini ditujukan di Desa Margajaya, Kabupaten Padang Ratu. Jika dari Gunung Sugih sekitar 2 jam waktu perjalanan

  • Pantai Pasir Putih

wisata di bandar lampung

Lokasinya dari Kota Bandar Lampung kurang lebih 20 km. Salah satu Pantai di bandar lampung ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena letaknya yang dekat dengan ibukota. Ketika sampai di tempat wisata di bandar lampung yang satu ini, kita akan disambut oleh hamparan pasir putih yang luas dan bersih dengan pesona pantai yang sungguh mempesona. Kalian dapat melakukan beberapa aktifitas ketika berlibur ke Pantai Pasir Putih antara lain berenang, bersantai di tepian pantai ataupun jalan-jalan menyusuri pantai dengan menikmati pemandangan yang ada, dan kalian dapat menaiki perahu untuk ke Pulau Condong. Perahunya dapat disewa dari Pantai Pasir Putih. Untuk masalah ongkos sewa, masih sangat terjangkau. Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah toilet, ruang bilas, kapal motor, shelter, dan lain sebagainya. Pantai ini akan lebih ramai lagi saat hari libur tiba, salah satu daya tarik yang sangat cocok sebagai obyek wisata untuk dikunjungi bersama keluarga karena harga tiket yang lumayan murah.

  • Air Terjun Putri Malu

tempat wisata bandar lampung

Obyek wisata yang satu ini membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya jadi tidak banyak wisatawan yang datang berkunjung. Dan merupakan salah satu obyek wisata alam yang masih alami dan para pecinta alam banyak yang berkunjung kemari untuk sekedar mengambil foto dengan background alam sekitar air terjun yang memanjakan mata bahkan ada yang berenang di bawah air terjun tersebut. Nama air terjun ini berasal dari bentuk air terjun tersebut yang apabila kita perhatikan, air terjun ini bentuknya bengkok seperti orang yang malu – malu. Air Terjun Putri Malu memiliki tinggi mencapai 80 meter, dan yang menarik ketika perjalanan mencapai air terjun ini selain dapat melihat pemandangan alamnya yang cantik adalah dapat ditemukannya tanaman stroberi liar yang jika dimakan buahnya akan terasa asam, tapi segar. Berbeda dengan stroberi hasil perkebunan yang tentunya memiliki rasa yang lebih manis. Air Terjun Putri Malu ini beralamatkan di Kawasan Way Kanan.

  • Gunung Krakatau

pantai di bandar lampung

Selain letusan gunung krakatau yang dahsyat, Krakatau juga terkenal karena medannya yang menantang. Jadi, Gunung Krakatau sangat disukai oleh para pendaki dan pecinta alam sampai dengan wisatawan mancanegara. Letusan gunung krakatau pada 1883, dapat terdengar sampai ke Benua Australia, awan panasnya pun sampai ke beberapa tempat di Eropa. Letusan itu membentuk sebuah gunung baru yang kini dikenal dengan nama gunung Anak Krakatau. Anak Krakatau muncul ke permukaan pada tahun 1928 dan termasuk golongan gunung yang aktif sampai sekarang. Lokasi dari gunung ini sendiri berada di selat sunda yang masuk ke provinsi lampung, akan tetapi sangat mudah menjangkau Anak Krakatau dari Pantai Anyer – Carita. Di tempat ini kita juga dapat memperoleh Izin untuk mendarat di Pulau Gunung Anak Krakatau. Perjalanan ke sana ditempuh menggunakan perahu motor. Kita bisa melakukan berbagai kegiatan saat liburan ke destinasi wisata. yang satu ini, diantaranya adalah berkemah, memancing, menikmati keindahan panorama alam laut yang memikat.

Wisata Bandar Lampung Paling Populer

  • Menara Siger

pantai bandar lampung

Ini merupakan salah satu tujuan wisata Lampung selanjutnya yang juga merupakan ikon Kota Lampung. Bangunan dengan warna kuning terang ini berdiri di atas bukit. Titik nol dari Jalan Lintas Sumatera adalah Menara Siger. Meskipun destinasi Obyek wisata menara siger ini belum setenar tempat tempat destinasi wisata yang lain di Lampung, tetapi menara siger merupakan bangunan kebanggaan warga Lampung dengan arsitektur tradisional. Di dalam menara ada info tentang Kota Lampung lengkap dengan petanya, warna kuning yang ada di atapnya seolah sebagai penunjuk arah untuk para pengguna Jalan Lintas Sumatera. Jika kalian sedang berlibur ke objek wisata bandar lampung ini dan ingin masuk obyek wisata yang satu ini, kalian harus membayat tiket dan parkirnya lebih dahulu.

  • Teluk Kiluan

tempat wisata di bandar lampung

Kalau anda pernah melakukan kunjungan ke Pantai Lovina di Pulau Dewata, maka di lokasi wisata Lampung yang satu ini anda akan menemukan hal yang sama. Di obyek wisata ini kita dapat melihat kumpulan ikan lumba-lumba yang lucu secara langsung di habitatnya. Pokoknya sensasi melihat cantiknya si ikan imut ini begitu berbeda dengan yang kita rasakan kalau lihat ikan lumba-lumba yang ada di kolam.  Waktu terbaik untuk menyaksikan lumba-lumba di sini adalah bulan April sampai dengan September yang sedang musim kemarau. Sebelum melakukan wisata ke Teluk Kiluan, lebih baik anda bertanya kepada pengelola penginapan tentang keberadaan lumba-lumba di Teluk Kiluan dan cuaca. Jika kalian mau melihat lumba lumbah perlu melihat-lihat cuaca dulu karena Lumba-lumba di sini hidup alami dan muncul dengan sendirinya. Kemunculan lumba-lumba juga dipengaruhi oleh cuaca, lho. Kalau ketika anda datang ternyata tak dapat melihat di ikan lucu, anda dapat menikmati indahnya Teluk Kiluan dengan batuan karangnya.

  • Pulau Condong

wisata bandar lampung

Pulau Condong mempunyai Alam yang masih asli dan pulaunya berbentuk mirip kerucut atau kubah dan dikenal dengan Nama lengkap Pulau Condong Sulah.. Dengan tanaman yang mendominasi lereng dan permukaan bukitnya adalah tanaman hutan pantai. Sebagai contoh adalah ketapang, waru, dan pohon merbau. Di sisi selatan pulau dimanfaatkan untuk olahraga pendakian, rock cimbing, dan aneka olahraga yang memicu adrenalin karena tampak seperti belahan. banyak Kawasan dimanfaatkan untuk menyelam serta berlatih renang yang bertempat disekeliling Condong Sulah, Condong Laut, dan Condong Darat. Pantai pulau ini berpasir putih bersih dan mempunyai udara sejuk. Pas untuk santai.

  • Pemancingan di Pulau Kubur

tempat hunting yang bagus di bandar lampung

Sebenarnya Pulau Kubur adalah gugusan karang besar dengan luas 5 hektar dan laporan oleh lautan.Pulau ini terbagi menjadi 2 bagian. Pulau Kubur punya sebuah pantai dan disisi pulau terdapat tebing karang menjulang tinggi serta menghadap arah Teluk Lampung. bagi anda yang hobi memancing kalian bisa memilih Pulau ini karena sangat cocok untuk menjadi spot memancing. Banyaknya karang yang ada merupakan tempat yang disukai ikan-ikan besar. Nah, jika anda hendak mencoba mancing di Pulau ini, kailnya jangan dilempar dari daratan. Karena banyak karang dan kemungkinan tersangkut sangat besar. Kami sarankan agar kalian menyewa sebuah perahu motor itu Lebih baik dan dari atas perahu kalian dapat memancing dengan lokasi tetap sekitar Pulau Kubur.

  • Laguna Dodo

wisata di bandar lampung

Lokasi ini berada kurang lebih 3 km dari Pulau Kiluan. Medan yang ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi Laguna Dodo cukup sulit dan melelahkan. Obyek wisata laguna dodo ini sangat disukai para wisatawan karean destiansi wisata ini berupa sebuah kolam alami. Dan bukan hanya para parawisatan pecinta alam dari wilayah Lampung saja yang berkunjung, akan tetapi juga dari luar Lampung. Kalau anda ingin menikmati liburan di sini, sebaiknya anda bawa bekal makanan dari rumah. Karena lokasi ini tak mempunyai warung yang memadai.

  • Kawasan Kalianda

tempat wisata bandar lampung

Lokasinya di Kabupaten Lampung Selatan. Kabupaten yang garis pantai yang garis pantai mencapai 200 km dari daratan ini selalu ramai kunjungan para pelancong saat wekeend telah datang maupun libur panjang datang. Kalianda tak hanya mempunyai Teluk yang cantik akan tetapi juga beberapa obyek wisata yang patut dikunjungi, antara lain adalah Taman Makam Nasional Pahlawan Radin Inten II, Pantai Gunung Botak, Pantai Wartawan, Pantai Canti, Way Belerang, dan juga Pantai Batu Kapal. Selain itu ada juga wsiata Curug Way Kalam dengan air terjun yang bertingkat tujuh.

Tempat Liburan Alam Di Bandar Lampung

  • Danau Ranau

pantai di bandar lampung

Tempat wisata Danau Ranau tak kalah menarik dari yang lainnya di bandar lampung. Karena danau ini menjadi terbesar nomer 2 setelah Danau Toba. Danau Ranau lokasinya di perbatasan Sumatera Selatan dengan Lampung. Anda bisa menikmati indahnya danau ini dengan 2 cara. Pertama jika kalian ingin bisa keindahan dari pesona Danau Ranau kalian bisa melihatnya dari tempat di mana kita menginap dan menatap indah Danau Ranau dari puncak Gunung Seminung. Keduanya sama-sama dapat menangkap keindahan Ranau nan mempesona.

  • Pantai Tanjung Setia

pantai bandar lampung

Pantai yang satu ini banyak dikunjungi oleh para peselancar karena karakteristik ombak yang menantang, bergulung-gulung, dan tak gampang pecah. di pantai bandar lampung yang satu ini sangat disukai Para surfer professional Sayangnya perjalanan menuju destinasi pantai ini sangat melelahkan karena jaraknya yang cukup jauh dari pusat dan mencapai 273 km. Tetapi obyek wisata Pantai Tanjung Setia ini banyak sering dikunjungi para turis mancanegara yang suka dengan olah berselancar, lho Hal ini membuktikan bahwa ombak di sini memang kesukaan surfer.

  • Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

tempat wisata di bandar lampung

Tempat rekreasi yang satu ini cocok untuk dikunjungi keluarga. Wisata ini memiliki waterboom di tengah laut, akan sangat menyenangkan bagi anak-anak. jika air laut sedang surut, banyak bintang laut yang terdampar di sekitar sini dan anak-anak dapat melihatnya. Pulau Tangkil memikat hati fotografer karena pemandangannya beserta pesonanya sangat memikat hati meskipun tak ada penghuninya. Penyebab dari hal ini ialah keaslian dan keindahan pulau yang belum terjamah tangan jahil manusia ini memiliki obyek yang menarik untuk diabadikan dengan lensa kamera.

Masuk Pantai Mutun tiketnya Rp 5.000,- per orang. Pondokan tepi pantai disewakan dengan tarif Rp 30.000,- dan bagi yang ingin menginap, ada penginapan sederhana dengan harga Rp 50.000,- semalam.

  • Tanjung Putus, Pulau Tegal, Maitem

wisata bandar lampung

Tanjung putus, pulau tegal dan maitem ketiganya adalah spot penyelaman yang populer di Lampung. Ketiga wisata ini juga sama-sama punya palung dalam dengan terumbu karang dan ikan neon yang menghuninya. Bila jalian mengunjungi tempat destinasi wisata inikami sarankan kalian haus menjauhkan dan mengawasi agar anak anak tidak bermain di sekitaran objek wisata ini dikarenakan arus laut cukup kuat dan adanya palung laut yang berjarak hanya beberapa meter saja dari tepian pantai. tak kalah dengan pantai maupun pulau lainnya disini kalian akan di suguhkan dengan Pemandangan yang sangatla indah di tempat wisata di bandar lampung ini, tanjung putus, pulau tegal dan maitem tak pernah sepi wisatawan yang datang untuk berkunjung, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

  • Pantai Gigi Hiu

tempat hunting yang bagus di bandar lampung

Temptat wisata pantai bandar lampung yang unik selanjutnya adalah pantai gigi hiu. Pantai yang indah ini sangat disenangi fotografer. keberadaan dengan banyaknya karang terjal yang berjejer, mirip deretan gigi ikan hiu lha maka dari itu pantai ini dinamakan pantai gigi hiu dan salah satu tempat wisata di bandar lampung yang harus kalian kunjungi. Pemadangan batu-batu tajam dan tinggi menjadi daya tarik dari wisata ini. Batu-batu ini cukup besar dan terjal sehingga ombak yang menerjang bebatuan ini akan menimbulkan suara yang khas. Pantai gigi hiu sering kali di kunjungi oleh para wisatawan dan para photography karena viewnya yang epic beserta pemandangannya sangat cocok untuk melakukan foto-foto dan bersantai menikmati pesona pantai ini. Alamat : Wilayah Tanggamus (dekat Teluk Kiluan).