17 Tempat Wisata Di Klaten Cocok Untuk Liburan

Kepada semua traveller, saat ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang beberapa tempat yang ada di daerah Yogyakarta, tempat wisata di klaten adalah bagian kabupaten yang ada di provinsi jawa tengah, klaten memiliki sekelompok situs religius (aktivitas paranormal / kejawen dan beberapa kegiatan spiritual lainnya) dan situs alam juga ada di sana, beberapa di antaranya adalah wisata buatan, karena bagian keluarga juga ada jenis mata air alami di setiap distrik, hampir semua kecamatan memiliki beberapa di antaranya.

Saat ini, secara berkala, aktivitas perjalanan telah menjadi kebutuhan pokok bagi beberapa lapisan masyarakat di Indonesia (terutama untuk remaja dan keluarga), dengan perjalanan maka semua kepenatan dan kebosanan melalui dunia kerja dapat sedikit lega (menyegarkan keberatan. Kemudian mereka baru menyadarinya). Oleh karena itu wisata di klaten, pada hari libur atau minggu biasanya hampir di berbagai lokasi di mana beberapa alam dan agama selalu penuh pengunjung.

Pengunjung yang datang tidak hanya wisatawan lokal dari penduduk setempat tetapi juga dari berbagai sekitarnya beberapa kota dekat dengan kabupaten klaten. Kabupaten Klaten terletak di antara dua pusat budaya besar, yaitu Kasunanan Surakarta (Kerajaan Solo / Kerajaan Solo) dan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat (Kraton Jogja / Istana Sultan di Jogja). Hal ini menyebabkan di kabupaten klaten masih kental dengan budaya pribumi yang bersumber dari efek budaya dan pengaruh agama, yang sebagian besar masih dilestarikan sebagai kegiatan perayaan “nyadran” (mereka mengunjungi, membersihkan sekitar kuburan, berdoa bagi anggota keluarga yang sudah masa lalu).

Kegiatan lain adalah “apeman” (semacam ucapan syukur tetapi dalam budaya Jawa, yang mereka lakukan untuk memberikan makanan tangan yang mereka masak sendiri dan disajikan kepada tetangga), “kupatan” (sama seperti apeman tetapi biasanya peristiwa ini terjadi setelah bulan ramadhan), selain wisata alam dan budaya, beberapa tempat wisata yang tidak kalah penting di kabupaten klaten yang merupakan kegiatan wisata religius, kegiatan wisata religi berarti kita membersihkan hati orang-orang yang percaya akan tempat yang dapat membawa berkah dalam hidup kita (menarik energi positif). tempat ini biasanya merupakan makam tokoh-tokoh terkenal di masa lalu (misionaris muslim atau misionaris jawa atau beberapa misionaris orang percaya lainnya). ada dua situs makam yang sangat populer di kabupaten itu, yaitu Sunan Bayat Klaten di kecamatan bayat dan makam Ki Ageng Gribig di kecamatan Jatinom.

Daerah tempat wisata klaten ini berbatasan dengan Boyolali utara, Kabupaten Sukoharjo di timur, serta provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan dan barat. Kompleks candi Prambanan, salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, terletak di distrik Klaten. Klaten memiliki segudang atraksi dengan pemandangan wisata klaten air terjun  yang indah, jika Anda ingin liburan di mana tempat yang cocok, dijamin Anda tidak akan kecewa, apalagi jika Anda berkunjung dengan kerabat, pasangan atau liburan keluarga Anda akan dijamin akan lebih menyenangkan.

Candi Prambanan

tempat wisata di klaten

Pertama-tama tempat wisata di klaten adalah Candi Prambanan bisa dikatakan tempat wisata yang mendunia yang sudah terkenal seperti Candi Borobudur di magelang, tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Candi Prambanan ditempatkan di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan provinsi Yogyakarta.

Itu sebabnya 2 dari mereka membuat agrograsi bahwa untuk keuntungan yang berasal dari Candi Prambanan akan dibagi untuk meningkatkan infrastruktur di dan untuk setiap provinsi. Dengan demikian, dalam penjelasan ini kami mencoba memasukkan yang termasuk dalam daftar tujuh situs di Klaten yang harus dikunjungi. Kami tidak pernah membicarakan tentang tempat wisata Prambanan sebelumnya.

Warung Apung / Restoran Apung di Danau Rowo Jombor / Jimbung

wisata di klaten

Sepertinya tidak banyak tempat atau danau di Indonesia yang menyediakan restoran terapung di atas air (seperti di area danau Rowo Jombor). Tepatnya di distrik Klaten, Rowo Jombor ada. Di sini Anda dapat menemukan begitu banyak, berjejer lusinan titik mengambang yang menyediakan berbagai macam hidangan yang dibuat dari ikan air tawar, beberapa dari mereka berasal dari ikan lele, ikan nila, Gourami, dll. Untuk menikmati suasana di sekitar kios terapung ini, tapi tentu saja Anda harus membeli makanan di restoran ini.

Berdasarkan pengalaman kami, ada banyak pilihan, bagaimana cara memasaknya, atau bagaimana masakan itu disajikan. Merata di beberapa restoran yang disertai dengan hiburan berupa musik dangdut atau musik jawa pada hari-hari tertentu. Oh ya … Lokasi yang tepat untuk restoran terapung Rowo Jombor / Jimbung terletak di desa Bayat, Klaten, Jombor Krakitan atau sekitar 6 km di sebelah selatan pusat kota Klaten, saya harap Anda bisa bertanya kepada saya jika Anda ingin untuk mengunjungi tempat ini wisata klaten terbaru.

Museum Gula Jawa Tengah

tempat wisata klaten

Tempat wisata klaten terbaru Berikutnya adalah: Museum Gula di Jawa Tengah lebih dikenal masyarakat sebagai museum atau museum GULA Gondang Winangoen. Itu karena museum itu terletak di gondang winangoen sugar museum PTPN IX. Lokasi yang tepat terletak di sisi Yogyakarta – Solo – Kilometer. 25 jalan, Klaten – Jawa Tengah.

Karena dari sejarah yang membangunnya adalah VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie), maka tempat ini dipertahankan karena tujuannya salah satunya adalah untuk menyimpan berbagai macam benda bersejarah yang berkaitan dengan industri gula dan perkembangannya. Di antara koleksi barang antik Gondang Sugar Museum adalah alat mesin penggilingan yang tidak terpakai, lokomotif mengangkut tebu dari zaman kuno, pabrik gula mockup, penjelasan tentang berbagai jenis tebu dan lain lain.

Selain museum, di kompleks pabrik gula juga terdapat agrowisata yang menawarkan beberapa atraksi keluarga yang menarik serta tempat istirahat dan secangkir kopi di Banaran Cafe. Bagi Anda yang sedang melintas di jalan Yogya – Solo juga mungkin mampir ke sini hanya untuk melepas lelah dan menikmati secangkir kopi atau teh, beritahu saya jika Anda ingin tahu tentang hal ini.

Ziarah ke Makam Ki Ageng Gribig Jatinom

wisata klaten air terjun

Ki Ageng Gribig adalah penyebar ulama Islam di Klaten yang masih keturunan Raja Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Makam ini biasanya dikunjungi pada hari Jumat “legi” dan Jumat “kliwon” (kalender jawa). Juga di lokasi ini ada tradisi unik membagi apem (makanan tradisional di Jawa, jenis pancake kecil) yang diadakan setiap hari Jumat, sekitar bulan ke-15 dalam kalender Jawa Sapar, terletak di dekat makam Ki Ageng Gribig. Acara ini disebut dengan “Ya qowiyu”.

Wisata Religi ke Sunan Tembayat

wisata klaten terbaru

Makam Sunan Tembayat terletak di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Sunan Tembayat adalah seorang ulama yang menyebarkan Islam di Klaten. Sunan Tembayat awalnya bernama Adipati di Pandanaran Semarang. Duke Pandanaran pindah ke Bayat seperti yang direncanakan untuk belajar Islam ke Sunan Kalijaga. Masih ingat asal-usul kota Salatiga? Ya Sunan Tembayat adalah bagian dari kisah ini.

Ziarah ke makam Sunan Pandanaran Klaten

tempat wisata klaten terbaru

Tempat wisata di klaten yang terakhir dari kita adalah tempat Sunan Pandanaran Bayat yang juga dikenal dengan banyak nama yaitu Sunan Bayat, Mangkubumi, soesoehoenan Tembayat, Sunan Pandanaran (II), atau Apocalypse Widayat, adalah sosok yang digambarkan dalam sejarah lisan sebagai penyebar buku. Islam di Jawa, meskipun tidak termasuk dalam jajaran Wali Songo.

Makamnya terletak di atas gunung Jabalkat yang benar-benar hanya sebuah bukit di daerah Desa Paseban Bayat, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Dan sebagai makam makam suci Sunan Pandanaran Panah Bayat tidak terlepas dari jamaah yang datang dari berbagai penjuru nusantara. Bagaimana? Anda tertarik bepergian di Klaten? Atau Anda warga Klaten yang belum pernah mengjungi tempat-tempat wisata di atas? Wah rugi yang begitu besar.

Bahwa 16 tempat yang dikunjungi Klaten wajib dari kami, dapat bermanfaat bagi Anda. Janga lupa untuk membagikan artikel ini di atas kain. Untuk menjadi pemandu wisata di Klaten bagi mereka yang ingin menikmati keindahan Klaten terdekat. Pertimbangkan juga yuk 29 Tempat Wisata di Blitar, Jawa Timur Menarik dikunjungi

Daerah ini berbatasan dengan Boyolali utara, Kabupaten Sukoharjo di timur, serta provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan dan barat. Kompleks candi Prambanan, salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, terletak di distrik Klaten. Klaten memiliki segudang atraksi dengan pemandangan yang indah, jika Anda ingin liburan di mana tempat yang cocok, dijamin Anda tidak akan kecewa, apalagi jika Anda berkunjung dengan kerabat, pasangan atau liburan keluarga Anda akan wisata air di klaten dijamin akan lebih menyenangkan.

Wahana Tirta liburan Galuh Nirmolo Klaten

obyek wisata klaten

Obyek wisata klaten galuh Tirta Renang Nirmolo adalah salah satu atraksi populer Klaten yang sayang untuk dilewatkan. Lokasinya di Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah permianan 57454. bawahan kolam yang ada di sini Bola, Kolam renang slide, kolam laba-laba, kolam renang anak-anak, pintu masuk kolam renang, kolam air mancur, kolam taman air, kolam renang dewasa kolam renang Songsong gora , anak-anak kolam skating, kolam kuda laut.

selain kolam renang, ada juga berbagai permainan yang dihadirkan untuk mengurus tamu seperti carousel, naik kereta api, kereta api elektrik mini, mobil lektrik, motor listrik usia Trex, motor ATV, mobil boom boom, booming perahu, bermain pesawat terbang, jinontro ginggong / arc, kereta hutan, roll cage, gerobak, mini-becak, bioskop 3D, Terbang. rubah, arena melompat, perahu. Bagaimana? sangat banyak bukan? Tidak heran, Taman Bermain Tirtonirmolo menjadi salah satu tempat wisata favorit di keluarga Klaten. Daoat untuk main di sini, kamu bisa datang setiap hari jam 08:00 – 17:30 biaya masuk Rp 10.000, -.

Dan Anda bebas menikmati kolam yang ada tanpa membayar lagi, kecuali Anda ingin menikmati tiket pertandingan yang dapat diperoleh dimasing setiap bagian permainan dengan harga yang bervariasi tergantung pada jenis permainanan dan juga hari kunjungan, apakah pada hari libur atau Sabtu minggu akan sedikit lebih mahal dari biasanya. Kisaran harga untuk tiket game mulai dari Rp 3.500, -. Menjadi Rp 25.000, -.

Untuk hari biasa adalah hari Sabtu – Minggu dan hari libur bisa mencapai Rp 30.000, -. Anda dapat menyewa untuk seluruh tempat ini sebagai kolam tiup sebagai ban warna besar, pelampung karet dengan harga mulai dari Rp 3000, -. menjadi Rp 6.000. -. Dengan selesainya fasilitas ini bermaian park sangat cocok untuk Anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga atau sekedar refreshing. Anda tertarik untuk bermain di Arena Bermain Tirtonirmolo? Ayo liburan di Klaten.

Kolam Alami di daerah Cokro Tulung

wisata alam klaten

Di sini tempat segar berikutnya adalah: Cokro Tulung Natural Pond adalah kolam air tawar yang terletak di desa cokro dan kecamatan tulung di kabupaten Klaten. Di kolam renang ini ada kolam dengan sumber air tawar yang berasal dari air tanah yang sangat alami. Ini menciptakan kesegaran tersendiri ketika mandi di kolam renang ini, tempat ini biasanya akan penuh pengunjung selama sehari sebelum bulan Ramadhan / bulan Puasa.

Itu karena di Kabupaten Klaten ada tradisi bahwa sebelum bulan puasa datang maka kami merekomendasikan untuk melakukan “Padusan” membersihkan tubuh dan jiwa kita yang seharusnya. Aktivitas Padusan pada dasarnya memurnikan pikiran dan tubuh kita dalam menyambut bulan puasa yang kami yakini bulan yang akan memberi penuh berkah. Bahkan ketika Anda dapat menikmati aktivitas pancuran dengan musik dangdut yang biasanya disediakan oleh manajer, saya tahu itu semacam cara pemasaran untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Kolam Renang Alami Umbul Ponggok / Ponggok

wisata daerah klaten

Umbul Ponggok adalah kolam alami yang berkembang menjadi wisata air, cukup terkenal saat ini di Kabupaten Klaten. Berbagai ikan berwarna-warni yang hidup di Umbul Ponggok juga memungkinkan untuk melihat dan menjadikan situs alam ini sebagai salah satu lokasi snorkeling favorit. Tunggu, Bukan itu saja, Umbul Ponggok juga sering digunakan untuk skill peningkatan diving.

Namun Anda tidak memiliki kesempatan untuk snorkeling di taman laut yang indah mungkin, jadi, sekarang ada di kabupaten Klaten ada dan saya dapat mengatakan “menemukan” lokasi snorkeling yang menyenangkan. Anda tidak perlu menakut-nakuti, karena kemungkinan terapung oleh ombak seperti di lautan, untuk tempat snorkeling kali ini yang saya ingin bagikan bukanlah laut, melainkan sumber mata air alami yang segar bernama Umbul Ponggok alami, kolam renang.

Kolam renang alami ini sudah ada sejak lama atau sejak Indonesia di bagian koloni Belanda, dengan ukuran sekitar 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 hingga 2,6 meter tempat ini cocok untuk lokasi snorkeling. Berbeda dengan bagian bawah kolam renang yang dibuat dengan lantai keramik, bagian bawah Umbul Ponggok terlihat masih sangat alami dengan hamparan pasir, bebatuan, dan ribuan ikan berwarna-warni, dan suasananya benar-benar seperti di bawah laut tentunya jika Anda menyelamlah ke dalamnya.

Meskipun diisi dengan ikan, kualitas air di Umbul Ponggok tidak amis karena air mengalir secara terus menerus atau beredar dengan baik secara alami, karena air dari sini digunakan oleh warga untuk irigasi ke sawah dekat dekat dan ke sungai dekat oleh. Selain sebagai tempat untuk snorkeling, Umbul Ponggok juga sering digunakan sebagai lokasi untuk pelatihan penyelaman penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut.

bagi pengunjung yang tidak memiliki keterampilan untuk berenang atau tidak ingin snorkeling ada cara lain yang dapat digunakan pengunjung untuk naik perahu dayung dan sekitar kolam renang. Sedangkan untuk anak-anak juga disediakan kolam renang berukuran pendek yang dapat digunakan sebagai lokasi bermain dan bermain air.

Info tentang Lokasi dan Tiket di Umbul Ponggok

Umbul Ponggok terletak di desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Jika Anda datang dari Yogyakarta dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 17:00 sore. Untuk masuk ke dalam Umbul Ponggok semua pengunjung diwajibkan untuk membayar biaya IDR 5,000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin snorkeling tetapi tidak membawa peralatan, di Umbul Ponggok juga disediakan tempat penyewaan peralatan snorkeling. Berikut daftar harganya: Rp 5.000 kaki katak, snorkel, Rp 10.000, pelampung Rp 5.000, ban Rp 5.000.

Tips Memotret di Bannerman Ponggok

Salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan saat di Umbul Ponggok adalah melakukan pemotretan di air. Bagi wisatawan yang tidak memiliki kamera bawah air tidak perlu khawatir. Di Umbul Ponggok disediakan beberapa layanan sewa kamera bawah air, dan rinciannya adalah: Rp. 60.000 untuk 30 menit dan Rp. 100.000 untuk satu jam. Jika Anda ingin melakukan pemotretan dengan konsep spesifik, di tempat ini juga ada layanan fotografi bawah laut dengan harga relatif murah.

Jika Anda ingin melakukan pemotretan di Bannerman Ponggok, wisatawan disarankan untuk datang pada hari Senin – Jumat 07.00 – 09.00 atau 14.00 – 16.00. Sedangkan pada akhir pekan Sabtu – Minggu untuk hasil yang memuaskan disarankan datang pada pukul 07.00 – 09.00 WIB. Memotret di pagi atau sore hari akan menghasilkan gambar yang lebih baik karena air kolam lebih jernih dan matahari masih berada di sisi daripada di atas langsung. Selain itu, pada siang hari jumlah pengunjung biasanya banyak, jadi tidak dapat dengan bebas mencari tempat foto yang bagus.

River Boarding di Kali Pusur

wisata air di klaten

Kegiatan yang menyenangkan dengan bermain air yang membuat semua pengunjung akan lebih bersemangat terletak di Kali Pusur dengan River Boarding. Tempat wisata ini benar-benar menyenangkan dan layak untuk dicoba. Ada tiga desa yang akan dilalui oleh para pengunjung sekaligus dengan sungai yang mengalir menyusuri sungai selama 10 km di Polanharjo dan kabupaten Tulung. Berbagai arus sungai akan diarungi oleh pengunjung dan mereka akan menemukan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan sungai lainnya.

Sensasi yang lambat saat ini, deras dan cepat dapat dirasakan sehingga akan membuat liburan wisatawan menjadi tak terlupakan. Bagi yang penasaran tetapi khawatir dan takut mencoba karena mereka tidak yakin apakah river boarding akan aman atau tidak harus tahu bahwa ada dua operator yang akan menemani kita di setiap aktivitas river boarding sehingga dijamin aman dan itu tidak akan merugikan pengunjung. Karena lokasinya yang tidak jauh dari Cokro Tulung, maka kedua lokasi ini dapat dikunjungi sekaligus jika ingin merasakan sensasi berbeda dari objek wisata air. Pengunjung akan puas karena bersenang-senang di sungai dengan hanya membayar 150 ribu rupiah per individu.

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Salah satu tanda bahwa Klaten kaya dengan tempat wisata air, itu adalah lokasi kolam renang bernama Galuh Tirto Nirmolo yang dapat dinikmati tepat di Hotel Galuh Prambanan. Tempat wisata ini telah membaik dan para manajer telah mengembangkannya sehingga masyarakat umum dapat menikmati fasilitas kolam renang sebagai tur keluarga terbaik. Ada banyak kendaraan air untuk orang dewasa dan anak-anak, dan mereka dapat memilih yang mana yang mereka sukai.

Jadi, jangan heran jika ada begitu banyak pengunjung di kolam renang ini karena tempat ini terkenal sebagai waterboom mini yang terkenal. Fasilitas menarik yang dapat ditemukan di kolam renang Galuh Tirto Nirmolo antara lain adalah kolam renang seahorses, kolam renang Sonsong gora, kolam dewasa, kolam taman air, kolam air mancur, kolam mengalir, kolam laba-laba, kolam bola pancuran, kolam skating anak, dewasa kolam skating, kolam renang anak-anak, dan kolam skating yang dirancang dengan berbagai ukuran.

Sementara itu, perahu, arena lompatan, terbang untuk, Film 3D, becak mini, gokart, sangkar berputar, kereta hutan, pesawat berputar, boom boom boat, mobil boom boom, sepeda motor ATV, sepeda motor trex kecil dan besar, mobil listrik, kereta listrik, hewan listrik, kereta wisata, komedi putar, dan juga bianglala. Itu semua daya tarik yang patut dicoba ketika mengunjungi tempat ini.

Kolam renang Galuh Tirto Nirmolo dibuka setiap hari pada jam 8 pagi hingga jam 5.30 pagi. Pengunjung harus membayar 10 ribu rupiah, tetapi itu adalah harga tetap karena dapat berubah setiap saat. Untuk harga tiket adalah sekitar Rp. 3.500 hingga Rp. 25.000 di hari biasa, tetapi di akhir pekan atau hari libur, harganya akan naik menjadi Rp. 30.000. Peralatan renang disediakan di bagian sewa dengan harga sekitar Rp. 3000 hingga Rp. 6000.

Daerah tempat wisata di klaten ini berbatasan dengan Boyolali utara, Kabupaten Sukoharjo di timur, serta provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan dan barat. Kompleks candi Prambanan, salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, terletak di distrik Klaten. Klaten memiliki segudang wisata alam klaten atraksi dengan pemandangan yang indah, jika Anda ingin liburan di mana tempat yang cocok, dijamin Anda tidak akan kecewa, apalagi jika Anda berkunjung dengan kerabat, pasangan atau liburan keluarga Anda akan dijamin akan lebih menyenangkan.

Bannerman Kapilaler

tempat wisata di klaten

Bannerman Kapilaler sedang memandikan anak perempuan yang masih digunakan oleh masyarakat setempat untuk mandi. Kolamnya masih berupa bebatuan dan tanah. Bannerman terletak dekat mata air Si Gedang yang juga digunakan oleh perusahaan air untuk dikemas ke dalam air kemasan. Penanda kapilaler tidak terlalu besar. Berada di bawah rumpun pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya. Tempat yang teduh membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Gua Suran

Gua Suran adalah sebuah gua yang terletak di wisata daerah klaten Desa Santa Maria, Distrik Santa Maria. Gua ini digunakan sebagai tempat sujud dan meditasi Kyai Ageng Gribig ketika tidak mampu membuat masjid. Gua berbentuk huruf L dengan kedalaman ± 4 m. Selain itu ada gua tempat mata air Suran wudlu Kyai Ageng Gribig. Lokasi ini sekarang digunakan untuk penyebaran sosial yang dilakukan setiap bulan menggunakan ayam.

Goa Jetis

Goa Jetis adalah sebuah gua yang terletak di daerah yang diyakini sebagai makam Ki Ageng Gribig sekaligus tempat untuk mengumpulkan kembali pasukan Ki Ageng Gribig melawan Belanda, dipimpin oleh Ki Ageng Guntur Geni, kegiatan ritual (ziarah).

Watu Prahu

wisata di klaten

Watu Prahu (batu yang berbentuk seperti perahu terbalik) dengan panjang sekitar lima meter lebar dan 1,5 meter yang terletak di sisi jalan (arah ke dan dari desa Watu Gajah) di tengah hutan di perbukitan.

Rowo Jombor

tempat wisata klaten

Rowo Jombor di desa-desa kecamatan Krakitan Bayat, menyajikan pemandangan alam yang indah dan ada rawa yang cukup besar. Oleh orang-orang di sekitar rawa digunakan untuk irigasi dan juga telah menggunakannya untuk menjaga ikan di karang. Karena banyaknya orang yang memelihara ikan maka kemudian membuat warung terapung yang terletak di atas rawa. Warung-warung tersebut menyajikan hidangan khas ikan air tawar dengan menu bertani warga. Dengan banyaknya warung terapung yang terdapat di Rowo Jombor maka tempat ini sering disebut warung terapung.

Puncak sejati Clungup

wisata klaten air terjun

Puncak sejati Clongop ke wilayah Watugajah, Gedangsari, Gunung Kidul. Tapi, jika Anda dari Yogyakarta atau Solo, akses di sini lebih mudah dicapai melalui jembatan penghubung dari Klaten Klaten-Gunung Kidul. Melewati Bayat, di sepanjang jalan Anda akan menemukan beberapa tempat menarik, seperti, Curug Luweng Sampang dan Curug Indah. Untuk mencapai puncak Clongop, Anda harus melalui jalan menanjak yang cukup curam. Hati-hati, gunakan kendaraan yang menyesap jika Anda ingin di sini. Di puncaknya, Anda akan menemukan panorama gunung dan kota Klaten di kejauhan tempat wisata di klaten.