18 Tempat Wisata Kota Solo Yang Paling Eksotis 2018

Surakarta atau lebih dikenal sebagai Solo adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang terletak di sisi barat sungai Bengawan Solo yang terkenal. Sura dalam bahasa Jawa berarti “keberanian” sementara karta berarti “kemakmuran”. Oleh karena itu, kami dapat menerjemahkan secara harfiah nama kota menjadi “kota orang-orang pemberani yang makmur”. Di masa lalu, Surakarta adalah bagian dari Kesultanan Mataram, sebuah kerajaan Islam di daerah Jawa Tengah.

Selama pemerintahan Sunan Pakubuwana II, Mataram terjerumus ke dalam perang sipil yang berakhir dengan Perjanjian Giyanti pada tahun 1755, secara efektif memecah kesultanan menjadi dua. Putra sulung Pakubuwana II, Sunan Pakubuwana III, mewarisi bagian timur laut, sementara putra keduanya, Pangeran Mangkubumi, mewarisi bagian barat daya kerajaan. Bagian timur laut ini bernama Surakarta Sunanate dan merupakan pendahulu dari kota Surakarta sekarang.

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, presiden pertama Republik Indonesia memberikan Surakarta, bersama dengan Yogyakarta, status sebagai Daerah Administratif Khusus. Status ini memungkinkan raja untuk memerintah wilayah tersebut daripada gubernur seperti di republik normal. Namun, karena pemberontakan yang menolak kekuasaan monarki, Surakarta kehilangan statusnya dan kembali ke provinsi yang normal. Nama Solo berasal dari desa Sala, lokasi asli yang dipilih oleh Sunan Pakubuwana II sebagai ibukota Surakarta Sunanate.

Saat ini, Solo populer sebagai tujuan wisata dengan warisan budaya seni klasik Jawa yang kaya, seperti batik, wayang, dll. Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo, lahir di Solo, di mana ia menjabat sebagai walikota dari 2005 untuk 2012. Kebanyakan turis yang mengunjungi Yogyakarta juga mampir di kota ini karena jaraknya cukup dekat, hanya sekitar 60 kilometer dari Yogyakarta. Mayoritas traveller melihat Solo atau Surakarta dengan versi Yogyakarta yang sepi pengunjung.

Dengan begitu, lebih baik lagi seandainya pengunung yang ingin memulai perjalanan budaya seni Jawa kontemporer. Kunjungi tempat wisata kota solo ini selama perjalanan Anda untuk memastikan pengalaman terbaik, itulah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Berikut ini adalah destinasi wisata solo yang tidak boleh dilewatkan saat sedang berkunjung ke kota solo

Kasunanan Keraton Surakarta

wisata kota solo

Wisata kota solo yang pertama adalah kraton surakarta. Kraton adalah kata Jawa untuk “istana”. Dengan demikian, itu adalah tempat tinggal utama dari sunan – gelar penguasa Surakarta. Istana keraton Surakarta bernama resmi Kraton Surakarta Hadiningrat tetapi kadang-kadang orang juga menyebutnya Kraton Solo atau Surakarta Kraton. Istana memiliki tampilan megah sebagai hasil dari kombinasi gaya arsitektur Jawa dan Eropa.

Di masa lalu, telah mengakomodasi beberapa generasi dinasti Pakubuwono sampai pemberontakan anti-monarki. Karena hubungan historis antara Solo dan Yogyakarta, tata letak dan gaya arsitektur Kraton Solo hampir identik dengan Kraton Yogyakarta. Kraton memiliki beberapa makna spiritual dari kepercayaan Jawa kuno yang tersembunyi dalam gaya arsitekturnya.

Misalnya, orang-orang tua Jawa percaya bahwa tujuh adalah angka suci, oleh karena itu ada tujuh gerbang dan halaman dalam kompleks megah. Candi Borobudur yang legendaris juga memiliki kepercayaan yang sama dengan Kraton Solo, karena ada tujuh tangga dan gerbang di Borobudur. Saat ini, seperti kraton lain di Jawa, kraton ini juga telah memburuk karena kelalaian dan kurangnya dana pemeliharaan. Ada sebuah museum dan pusat seni di dalam kompleks Kraton Kasunanan.

Taman Balekambang Wisata Kota Solo Paling Eksotis

wisata alam solo

Wisata kota solo kali ini adalah Taman Balekambang. Hutan kota yang indah dan taman ini mencakup area seluas 9,2 hektar di kota Solo. Ada berbagai hewan seperti rusa, merpati, dan kalkun yang hidup dan berkeliaran dengan bebas di dalam taman ini. Ada juga taman reptil yang menyimpan beragam reptil seperti buaya, iguana, penyu, bahkan hewan lain seperti kasuari, elang, monyet, dan banyak lagi. Sementara sisa taman bebas masuk, Anda harus membayar biaya komisi sebesar Rp.5.000 per orang untuk masuk taman reptil.

Ingat untuk tidak memberi makan hewan kecuali dikonfirmasi oleh penjaga taman, karena diet yang salah dapat membahayakan hidup mereka, jadi bertindaklah dengan bertanggung jawab saat Anda di sini. Taman ini memiliki kemiripan yang mencolok dengan Kebun Raya Bogor dalam hal lingkungan alam dan hewan penduduk, meskipun ukurannya lebih kecil dan tidak memiliki istana kepresidenan.

Dengan semua kawasan hijau subur, Taman Balekambang berfungsi sebagai paru-paru kota Solo. Taman umum ini juga merupakan tempat yang sangat bagus untuk berfoto, itu sebabnya banyak warga Solo menggunakannya untuk mengambil foto sesi pre-wedding mereka. Ada amfiteater terbuka yang bisa digunakan untuk bermain di sini. Banyak seniman terkenal, termasuk grup komedi terkenal Srimulat, telah mengadakan pertunjukan di masa lalu.

Istana Mangkunegaran

tempat hits di solo

Setelah mereka berpisah dari Kesultanan Mataram, Surakarta Sunanate menghadapi satu lagi cobaan perang sipil yang akan membagi kerajaan menjadi dua. Hal ini karena penguasa Surakarta pada waktu itu, Pakubuwono II dan III, berpihak pada penjajah Belanda selama konflik Yogyakarta – Surakarta. Sebagian besar penduduk Indonesia pada waktu itu membenci Belanda karena sikap mereka yang menindas dan kejam terhadap penduduk setempat.

Raden Mas Said, seorang bangsawan di Surakarta yang juga relatif jauh dari Pakubuwono II, bangkit dan memimpin masyarakat lokal untuk melawan penindas Belanda dan Sunanat Surakarta. Perwakilan Belanda Nicolaas Hartingh memberi julukan Pangeran Sambernyawa, yang diterjemahkan secara harfiah kepada pangeran yang hidup, kepada Raden Mas Said karena kehebatannya dalam pertempuran selama konflik berdarah.

Perang saudara ini berakhir dengan perjanjian Salatiga, yang mengakui R.M. Dikatakan sebagai penguasa daerah otonomi Mangkunegaran yang baru terbentuk. Dia mengambil gelar Mangkunegara I dan memerintah rakyatnya dengan kebijaksanaan dan tata cara yang bijaksana. Selama masa pemerintahannya, ia membangun sebuah istana baru di kota Solo untuk menandakan perbedaan antara dirinya dan penguasa Pakubuwono sebelumnya.

Itulah penyebabnya kenapa ada dua macam  istana atau Kraton di kota Solo, yang satu adalah milik keluarga dari Pakubuwono, dan yang kedua milik dari keluarga Mangkunegara. Istana Mangkunegaran seindah dan megah seperti Istana Kasunanan. Dibangun pada tahun 1757 dan memiliki aula utama yang megah atau pendopo yang dianggap sebagai pendopo terbesar di Indonesia.

Rumah Danar Hadi

destinasi wisata solo

Rumah Danar Hadi, juga dikenal sebagai Museum Batik Danar Hadi, salah satu tempat wisata di solo jawa tengah yang merupakan kompleks terpadu warisan budaya Jawa. Daya tarik utama di sini jelas adalah sejarah batik dalam semua aspek budayanya termasuk proses pembuatan batik. Museum ini menawarkan koleksi luar biasa dari tekstil khas ini dari berbagai periode dan lokasi. Beberapa koleksi adalah barang antik dan berasal dari luar negeri.

Beberapa dibuat secara lokal dengan pola khas yang berbeda dari daerah ke wilayah. Tetapi semuanya sangat luar biasa, karena setiap pola batik menggambarkan atau dipengaruhi oleh sesuatu atau seseorang. Dengan demikian, masing-masing keindahan buatan tangan ini sering memiliki makna atau cerita di balik pembuatannya. Sejarah Danar Hadi sendiri dimulai pada tahun 1967 ketika H. Santosa Doellah dan istrinya, Hj. Danarsih Santosa mulai membuat bisnis batik.

Baca Juga  Jelajah Pantai 3 Warna Di Malang Selatan

Namanya Danar Hadi yang berasal dari nama istrinya yaitu Danarsih, dan nama ayahnya yaitu H. Hadipriyono. Seiring berjalannya waktu, bisnis mereka menjadi sangat sukses sehingga mereka memutuskan untuk membuka museum pada tahun 2008 untuk menampilkan koleksi mereka. Ini dianggap sebagai yang terbaik di Indonesia, dengan lebih dari 10.000 potong kain batik yang mengesankan dari berbagai era. Ini adalah tempat yang tepat untuk mempelajari perbedaan antara pola batik yang khas dan sumber aslinya.

Taman Sriwedari Wisata Alam Solo Paling Indah

wisata solo dan sekitarnya

Objek wisata kota solo kali ini adalah taman sriwedari. Taman Sriwedari adalah pusat warisan budaya dan fasilitas rekreasi. Di masa lalu, keluarga kerajaan menggunakan taman sebagai sumber hiburan mereka dalam bentuk pertunjukan boneka tradisional yang disebut Wayang, kadang-kadang dengan tarian teater tradisional. Pertunjukan wayang atau Wayang adalah seni Jawa kuno yang erat kaitannya dengan era Hindu-Buddha dalam sejarah Indonesia.

Dengan demikian, sebagian besar acara ini menampilkan tema yang diadaptasi dari sumber seperti Mahabharata, Ramayana, dan mitos dan legenda Hindu lainnya. Wayang sendiri dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu wayang kulit atau wayang kulit, wayang wong, wayang gedog atau topeng, wayang golek, dan banyak lagi. Pagelaran wayang yang paling menonjol di Taman Sriwedari adalah wayang wong atau wayang orang, yang mempekerjakan orang sungguhan yang melakukan pertunjukan sandiwara dan tari. Taman masih melakukan pertunjukan wayang biasa hingga hari ini. Di zaman modern, taman ini juga menyediakan tempat-tempat lain seperti taman bermain anak-anak dan pujasera.

Pantai Bopong

wisata malam solo

Kebumen pantai selatan adalah surga dunia yang sangat indah dan menawan. Beberapa pantai dengan pasir putih dan dihiasi dengan tebing yang menjulang tinggi diterpa gelombang tinggi. Ini adalah kekayaan indah wisata pantai di Kebumen, salah satunya adalah Bopong Turki.
Terletak di desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kebumen. Terletak 24 km barat daya kota Kebumen dan 20 Km timur kota Deal. Tidak seperti pantai lain di Kebumen yang memiliki pasir putih, Pantai Bopong dihiasi dengan pasir hitam.

Perlu diingat juga, Pantai Bopong adalah salah satu dari tiga pantai yng digunakan sebagai lokasi bertelur dan berkembang biak. Sayangnya, proliferasi penyu laut yang terjadi di Turki telah ternoda oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas penjualan. Pantai Bopong yang terkenal dengan ombak sangat ganas, menurut identitas khas Pantai Selatan. pantai di solo ini belum ada pos SAR, sehingga para pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di pantai ini.

Tujuannya sederhana, hanya untuk memastikan bahwa tidak ada korban jiwa dan menodai kisah di pantai yang indah ini. Rute ini mudah ditempuh dengan berkendara ke pantai Bopong. Lebih detail tentang Kota Kebumen silakan masuk Jl. Ronggowarsito dan kemudian menuju Jl. Raya Petanahan menuju ke Distrik Klirong.  Kemudian, setelah melewati Kecamatan Klirong, maka akan pergi dan bertemu dengan Jalan Petanahan Daendels Road di pertigaan desa Klegensari.

Ambil jalur yang benar, lurus ke atas untuk bertemu Munggu-junction, terus lurus untuk memasuki sub-distrik dan desa Puring Surorejan. Pemandangan yang indah ditemukan di bawah naungan pohon Bopong Beach Contamination Shrimp di pantai seperti yang tampak di pantai Lembupurwo dan perbukitan karst di arah barat. Pantai indah dengan pesona tak tertandingi adalah hadiah yang luar biasa. Kembali mengingatkan saya, Indonesia itu keren, cantik, dan menawan. Datang dan jelajahi pantai Bopong

Museum Sangiran

objek wisata di solo

Sangiran adalah situs penggalian arkeologi paling terkemuka di dunia untuk mempelajari fosil manusia. Dalam hal fosil, banyak sekali ekspedisi yang menghasilkan lebih banyak hasil dari situs lain di berbagai negara. Para arkeolog telah menemukan banyak fosil seperti pithecanthropus erectus dan meganthropus paleojavanicus di situs ini. Fosil-fosil ini menandakan keberadaan manusia purba dari lebih dari satu juta tahun yang lalu.

Temuan lainnya termasuk fosil berbagai hewan, seperti stegodont dan buaya, serta alat primitif. Ini adalah bukti bahwa orang-orang primitif ini telah memburu hewan-hewan ini menggunakan alat-alat itu kadang-kadang selama era prasejarah. Ketika 2011, mereka open museum untuk memperlihatkan penemuan dan koleksi dari situs arkeologi untuk semua kalangan. Museum tersebut terbagi dari tiga aula utama, masing-masing dengan tema dan tujuan masing-masing.

Aula pertama memperlihatkan diorama yang menarik dan pengetahuan yang diberikan oleh manusia prasejarah dan hewan yang berada di situs Sangiran kurang lebih satu juta tahun silam. Aula kedua menyediakan sejarah situs dan menampilkan fosil dan penemuan yang telah dibuat hingga hari ini. Aula terakhir menyajikan model Sangiran yang sangat mengesankan, dan pemandangan daerah terpencil di sekitar Sangiran termasuk gunung, orang-orang, dan binatang, seperti yang dibayangkan telah terlihat seperti di era prasejarah.

Sukuh, Cetho dan air terjun

tempat wisata di solo jawa tengah

Candi Sukuh dan Cetho adalah tempat favorit saya untuk dikunjungi di sekitar Solo. Candi-candi tersebut terletak di kaki Gunung Lawu, sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Suhu di ketinggian ini sejuk dan pemandangannya menakjubkan. Saya benar-benar menyarankan mengunjungi kuil Cetho. Candi Cetho memiliki desain tradisional yang sama seperti yang Anda lihat di kuil-kuil di Bali.

Jika Anda memutuskan untuk mengunjungi daerah Karanganyar untuk Candi Sukuh dan Cetho Anda juga harus mengunjungi wisata alam solo yang satu ini, yaitu air terjun Jumog dan / atau air terjun Sewu (Grojogan Sewu Tawangmangu). Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah selama musim hujan. Sebagai pusat warisan budaya di Jawa Tengah, Solo menawarkan banyak kegiatan menarik yang harus dilakukan untuk wisatawan sebelum mereka kembali.

  • Beli beberapa Batik

Ada beberapa tempat di mana Anda membeli sepotong warisan tradisional Indonesia, batik. Tempat paling populer untuk membeli batik jelas adalah Rumah Danar Hadi. Tetapi ada beberapa tempat lain yang menjual batik berkualitas baik juga. Di Kauman Batik Village, pengunjung dapat memilih desain batik yang lebih modern dengan warna dan motif yang lebih gelap.

Pakaian batik yang dijual di sini biasanya terbuat dari sutra terbaik dan katun premium, menghasilkan tampilan yang lebih elegan. The Laweyan Batik Village menawarkan desain yang lebih tradisional yang memiliki tampilan yang lebih etnik. Pembuat batik lainnya seperti Batik Keris dan Batik Semar tersedia juga untuk Anda pilih. Jika Anda perlu membeli beberapa suvenir, baik untuk diri sendiri atau teman dan keluarga, cukup beli batik.

  • Belanja di Pasar Tradisional

Untuk alternatif lain, Anda juga dapat menuju ke Pasar Klewer, di mana mereka menjual tidak hanya batik tetapi juga pakaian dan tekstil lainnya. Pasar Klewer dibakar pada tahun 2014, tetapi telah dibangun kembali dan perlahan-lahan mendapatkan kembali pelanggannya. Pasar Triwindu, yang terletak di Jalan Diponegoro, menawarkan kesempatan untuk menemukan barang antik dari zaman dulu, seperti keris kuno, patung, piring keramik, perhiasan, dan barang-barang lainnya.

Sebagian besar artefak ini ditinggalkan dari era kerajaan Indonesia.
Pasar Triwindu unik berbeda dari pasar lain, karena masih menggunakan sistem barter. Anda dapat membawa barang antik koleksi Anda sendiri untuk ditukar dengan artefak antik lainnya di sini. Seperti di pasar tradisional lainnya di Indonesia, taktik tawar-menawar dan bernegosiasi sangat penting ketika Anda berbelanja. Jangan lupa untuk mengunjungi Pasar Malam di Ngarsopuro, itu adalah tujuan yang sempurna pada waktu malam untuk menelusuri berbagai barang yang dijual dari kios dan kios di tempat ini. Karena hanya dibuka selama empat jam, kami menyarankan Anda untuk datang lebih awal sehingga Anda tidak merasa terlalu terburu-buru.

  • Lakukan Tur Lapangan Kemuning
Baca Juga  26 Destinasi Tempat Wisata Di Banjarmasin Paling Memukau

Ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Solo Indonesia untuk melakukan tur Perkebunan Teh Kemuning. Terletak di sekitar 800 hingga 1500 meter di atas permukaan laut, perkebunan teh yang luas dan subur di Kemuning pasti menawarkan Anda suasana tenang dan santai saat Anda berjalan melalui ladangnya. Ada perkebunan teh lain juga, tetapi Kemuning bisa dibilang memiliki pemandangan paling indah dibandingkan yang lainnya. Berjalan di antara semak-semak teh di bawah angin yang menyegarkan sambil menikmati pemandangan daerah-daerah terpencil pasti akan memberi Anda pengalaman yang tak terlupakan.

  • Kunjungi Berbagai Air Terjun di Sekitar Solo

Ada banyak air terjun yang terkenal di sekitar wilayah Solo, seperti Grojogan Sewu yang terkenal di Tawangmangu, Segoro Gunung di Pegunungan Lawu, Air Terjun Jumog di Karanganyar dekat Perkebunan Teh Kemuning, dan banyak lagi. Masing-masing dan semua dari air terjun ini memancarkan kemegahan alami yang sangat agung dalam bentuknya yang paling murni.

Namun, perjalanan ke air terjun ini biasanya termasuk hiking dan mendaki melalui medan yang kasar, jadi kami menyarankan Anda untuk membawa peralatan mendaki Anda dan membawa beberapa persediaan untuk berjaga-jaga. Jangan lupa membawa pakaian renang atau pakaian cadangan, karena beberapa air terjun ini memberikan kesempatan untuk menyelam dan berenang ke dalam air dingin yang menyegarkan di bawah air terjun.

  • Nikmati Makanan Lokal

Sementara kota ini paling dikenal untuk budaya dan seni, kuliner kota ini tidak bisa dianggap enteng. Berbagai masakan yang menggugah selera seperti nasi liwet, gudeg, pecel, dan hidangan lokal lainnya pasti akan memuaskan selera Anda. Jika Anda belum pernah mencobanya, Anda harus mencoba nasi liwet, hidangan nasi yang disiapkan di dalam daun pisang kukus dengan kombinasi kaldu ayam, squash, telur rebus, dan santan.

Hidangan terkenal lainnya adalah Timlo, sup bening dengan irisan ayam dan telur disajikan dengan nasi dan bawang goreng. Makanan ini sempurna untuk mengisi perut Anda setelah hari yang panjang dan melelahkan mengelilingi Solo. itulah beberapa wisata solo dan sekitarnya, Sama seperti tetangganya, Yogyakarta, Solo (atau sering disebut Surakarta) juga masih identik dengan sejarah panjang pemerintahan monarki. Yogyakarta dan Surakarta keduanya menjadikan istana mereka sebagai pusat pengembangan dan pelestarian budaya

Air Terjun Grojogan Sewu Tempat Hits Di Solo Tahun Ini

objek wisata solo

Wisata kota solo yang paling hits yang pertama adalah grojokan sewu. Grojogan Sewu Tawangmangu adalah tempat wisata alam yang paling terkenal. Di sebelah barat Gunung Lawu ada sebuah Grojogan Sewu Tawangmangu yang termasuk wisata alam tergolong air terjun yang cukup indah dan menyimpan jutaan misteri. Lokasi air terjun Tawangmangu Grojogan Sewu tidak jauh dari kota Solo, hanya sekitar 37 KM timur kota Solo, tepatnya di Karanganyar.

Niagara Jumog

pantai di solo

Niagara Jumog adalah alternatif alami untuk tempat wisata terkenal di daerah Solo, Jawa Tengah. Niagara Jumog tidak kalah indah dari Grojogan Sewu air terjun Tawangmangu. Berlokasi kurang lebih 40 KM dari kota Solo, Niagara Jumog menyuguhkan wisata alamnya  dengan panorama yang cukup indah, Anda bisa menikmati keindahan Niagara Jumog dan bermain di air di bawah air terjun.

Keraton Surakarta

wisata kota solo

Surakarta adalah tempat wisata di Solo, wisatawan dapat berkeliling menikmati objek kono dalam koleksi museum, dan juga berfoto bersama sentinel Surakarta. Tempat wisata yang cukup menarik dipertontonkan di Surakarta menurut saya yaitu kereta.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari termasuk salah satu taman di kabupaten Lawiyan yang dikenal dengan ikonnya dengan unsur historis. Sewaktu waktu, Taman Sriwedari dijadikan taman rekreasi keluarga kerajaan. Baru baru ini, Taman Sriwedari merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang menarik jika dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga ada bangunan Wayang Orang Sriwedari yang memperagakan seni pedalangan dengan tema Mahabharata dan Ramayana.

Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan taman objek wisata di Solo yang sering dijadikan sebagai pengisi weekend. Taman Balekambang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani dan mempunyai luas kurang lebih 10 hektar. Taman Balekambang terbagi menjadi dua area diantara lain Taman Air Partini yang dipakai sebagai tempat bermain perahu dan Forest Partinah yang mempunyai berbagai koleksi jenis tanaman tanaman langka. Taman Balekambang mulai berfungsi sebagai taman rekreasi dan pendidikan sejak 2008.

Kampoeng Batik Kauman Objek Wisata Solo

wisata malam solo

Kampoeng Batik Kauman adalah salah satu tempat wisata dalam wisata belanja kategori Solo. Kauman Kampoeng Batik adalah pusat kerajinan batik yang terletak di dekat Kasunan Keraton Surakarta di pusat kota Solo. Produk batik Kampoeng Batik rata Kauman memiliki warna gelap dengan motif modern. Kampoeng batik kauman ini sudah banyak memproduksikan batik ternama di dunia,berbagai turist manca negara  berlangganan untuk membeli batik disisni. Harga batik di Kampoeng Batik Kauman hingga seharga jutaan rupiah.

Kebun Binatang Taru Jurug

wisata solo dan sekitarnya

Tempat wisata paling indah di Solo adalah dalam bentuk kebun binatang. Kebun Binatang Jurug atau nama resmi Taru Jurug Animal Park adalah salah satu tempat wisata kebanggaan warga Solo. Tempat wisata Kebun Binatang Jurug terletak di tepi Bengawan Solo atau berbatasan dengan Karanganyar. Setiap hari Minggu dan hari libur tempat itu selalu ramai oleh turis.

11 12 beer garden

destinasi wisata solo

11 12 bear garden adalah taman bir terbesar di Solo dengan live band reguler dan bir murah. Itu benar-benar penuh sesak ketika kami mengunjungi. Saya terkejut melihat bahwa bahkan gadis-gadis yang mengenakan jilbab berada di antara para tamu. Anda bisa merokok shisha juga. Hati-hati musiknya keras dan tempat smokey. Buka dari jam 4 sampai jam 2 pagi.

Am Pm Beer and Coffee

tempat hits di solo

Ada beberapa cabang AM-PM di Solo tetapi saya tidak dapat menemukan lokasi untuk semua. Yang saya kunjungi ada di Jalan Slamet Riyadi. Ini adalah pusat dan, luar biasa, buka 24 jam. Mereka memiliki musik live, bir murah dan shisha. Kerumunan muda dan santai. Anda dapat memesan makanan Indonesia dan Barat.

House of Beer (HOB) by Stark Objek Wisata Di Solo

wisata alam solo

House of Beer terletak di Park Mall di Solo Baru. Ini lebih mahal dan mewah dari taman bir yang tercantum di atas. Secara khusus, Anda akan melihat lebih banyak orang Indocina. Musik live yang bagus termasuk sesi akustik dan jazz. Mereka juga menyajikan makanan (pizza, pasta, makanan ringan). Menara bir tersedia. itulah beberapa  wisata kota solo yang terkenal dan yang paling sering dikunjungi wisatawan. bagaimana tertarik mengunjunginya?!