19 Rekomendasi Tempat Wisata Di Tuban Yang Menarik

Kota tuban termasuk salah satu sebuah nama kota atau kabupatennya yang berada dipesisir jawa timur, kebanyakan dari tempat wisata di tuban paling sering dikunjungi adalah pantai.  Pada sebuah pusat pemerintahan kabupaten tuban yang terletak jarak sekitar 100 kilometer sebelah barat laut dari arah surabaya, ibu kota provinsi jawa timur dan 210 kilometer sebelah timur semarang. Kabupaten tersebut memiliki letak yang sangat strategis, yaitu diperbatasan provinsi jawa timur dan juga jawa tengah dengan dilintasinya oleh sebuah jalan nasional daendels yang berada dipantai utara.

Pada umumnya kabupaten tuban berbatasan langsung dengan rebang yang berada sebelah barat, lamongan disebelah timur, dan serta bojonegoro berada diarah selatan. Terdapat Banyak para wisata di tuban menarik tentunya yang ada di kota ini seperti wisata alam, wisata religi dan wisata pantai yang indah pastinya. Pada kota tuban tersebut juga  memiliki kuliner khas yaitu makanan dan minuman dari kota Tuban yang sangat cocok bagi anda pecinta kuliner. Kabupaten dengan tempat wisata di tuban yang menarik akan anda jumpai saat anda berlibur di Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Pantai Boom Tuban yang mempesona

wisata di tuban

Berada di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban. Di tempat tersebut terdapat daratan yang menjorok ke laut sekitar berjarak 800 Meter. Pada sebuah pantai tersebut terdapat juga 2 sumur yang di bangun dengan bangunan berarstitektur Jawa yang sangat uniknya mengeluarkan air tawar. Pada sebuah dinding yang terletak disebuah bangunan sumur ini ada pula juga prasasti yang menceritakan sejarah pantai Boom.

Pantai ini dulunya adalah pelabuhan di zaman Kerajaan Majapahit. Dalam tempat wisata Pantai tersebut mempunyai pemandangan yang sangat bagus, di tambah  pula suasana pantai yang menangkan sangat cocok untuk merefres pikiran anda akan jenuhnya beraktivitas setiap harinya. Namun pada sat itu anda harus dapat bisa menikmati pemandangan di sana serta juga bisa  pergi memancing, melihat dan memandang sunset dan sunrise serta berlayar di pantai menggunakan perahu nelayan.

Pantai Kelapa di Tuban

tempat wisata di tuban

Pantai tersabut salah satunya  terletak di bagian timur wilayah Kabupaten Tuban. dipantai ini anda dapat menikmati panorama pamandangan pohon kelapa di pinggir pantai yang indah dan menawan.

Pamandangan yang hijau dan rimbun dan segar akan anda jumpai di dan akan anda rasakan Pantai Kelapa ini.  Di sekitar pantai ini juga sering di gunakan sebagai tempat Outbon dan kemah. Dan dapa kita liha dari sebuah keindahannya Pantai tersebut masih tergolong pantai yang sangat alami, udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau pastinya akan membuat liburan anda dan keluarga lebih mengasyikkan.

Pantai Cemara di Tuban

tempat wisata tuban

Salah satu sebuah pantai ini mempunyai keindahan dengan pemandangan hijau yang pepohonan cemara di tepi bibir pantai, mungkin deretan pohon cemara inilah yang membuat pantai ini di namai sebagai pantai cemara.

Terdapat beberapa pepohonan cemara yang ada disebuah pinggiran pantai yang rindang dan teduh membuat suasana pantai lebih menarik, di kawasan pantai cemara ini juga ada Mangrove centre yang di kelola oleh perorangan.

Di tempat ini terdapat beberapa fasilitas gazebo yang bisa anda gunakan sebagai tempat berteduh sembari bersantai menikmati suasana keindahan pantai cemara di tuban ini. Pantai tersebut sangatlah aman di gunakan untuk berenang dan bermain karena pantainya begitu  dangkal serta ombak pantai yang relatif tenang. Tidak hanya itu, anda juga dapat Camping di pantai ini sembari menikmati suasana pantai di malam hari. Sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama teman ataupun keluarga.

Pantai Sowan Tuban

tempat wisata tersembunyi di tuban

Selanjutnya pada wisata di tuban merupakan pantai sowan yang berada dilokasi dipinggiran jalan pantura, dan terletak berada didesa bogorejo, kecamatan bajar, kabupaten tuban, dan tepat berada pada dusun sowan. Dalam keindahan pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang sangat terjamin bagus dan begitu menawan. Pada dasarnya tepi pantai tersebut terdapat hutan yang mempunyai keluasan sekitar mencapai hingga 32 hektar dengan pemandangan hiyau yang rimbun.

Berbagai beberapa macam ada jenis tumbuhan yang tumbuh dengan subur dihutan tersebut, contohnya pohon mahoni, pohon trembesi serta juga pantai pohon klampis.  Suasana pantai seperti biasanya dengan hawa yang panas, tetapi di pantai ini anda akan merasakan suasana yang sejuk karena banyaknya pepohonan yang rindang dan hijau di tempat ini, suasana tempat tersebut sangat cocok untuk tempat wisata tuban bersama keluarga anda maupun kerabat dekat.

Pantai Pasir Putih Remen di Tuban

air terjun tuban

Pantai tersebut berada disebuah desa remen, kecamatan jenu, tuban jawa timur. Tempat tersebut berjarak tidak jauh dari PLTU tanjung awar-awar. Keindahan pantai tersebut mempunyai pesona yang sangat mengunggah foto atau gambar hamparan-hamparan pasir putih yang begitu mempesona.

Tempat wisata pantai tuban tersebut ini dilengkapi fasilitas-fasilitas dan sarana prasarana pantai itu yang dikelola mandiri oleh para warga desa remen. Dalam desa tersebut juga menjajakan dagangan mereka kesosial media dengan keindahan tempatya. Pantai ini sekarang lagi masa terkenal dan booming-boomingnya loh karena banyak  para wisatawan yang mengunggah foto gambar mereka ke sosial media, karena keindahan pantai ini sangat instagramable menakjubkan.

Pesona Air Terjun Nglirip

wisata pantai tuban

Pada wisata berikutnya merupakan air terjun nglirip yang berada didekat desa mulyo agung kecamatan singgahan, tepat berada didusun jojogan kabupaten tuban. Pada tempat tersebut berjararak sekitar 37 kilometer dari kota tuban yang menuju ke arah barat daya. Air terjun tersebut sangat begitu hitz dan terkenal paling populer di destinasi tempat wisata yang berada dikota tuban. Sayang sekali jika anda liburan dituban tanpa mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Tempat air terjun di tuban tersebut mempunyai ketinggian sekitar 30 meter pada musim kemarau airnya berwarna biru tosca, pesona air terjun nglirip tersebut.Tetapi banyak gosip miris dan mistis tentang misteri air terjun ini.

Air Terjun Lembah Bongok di Tuban

air terjun di tuban

Masih banyak orang yang mengunjungi tempat wisata air terjun tuban tersebut, dalam akses perjalanan yang belum anda memadainya, membuat jalan menuju ketempat ini angat tidak mudah dilalui. Tetapi akan merasa lelah anda akan terbayarkan pada saat anda sudah sampai diair terjun tersebut dan juga melihat panorama alamnya yang sangat mengagumkan. Pada suasana yang tenang dan sunyi tentu pasti akan tenang merefresh pikiran anda yang sangat jenuh akan membuat suasana anda berasa diperkotaan.

Goa Ngerong di Tuban

wisata tuban terbaru

Pada salah satu tempat wisata yang sangat menarik dikota tuban sangatlah ramai akan para wisatawannya terutama pada saat liburan. Salah satu yang termasuk sebuah goa  yang bisa anda  dapat melihat keindahan goa yang dihiasi dan dihuni oleh jutaan kelelawar yang bergantungan didinding dan juga atap goa. Salah satu goa tersebut menyimpan banyak yang belum terpecahkan yakni misteri tentang kura-kura putih dan ikan tawes yang terdapat dikolam yang sangat kecil dan berada didalam goa ngerong tersebut.

Disana anda bisa menelusuri sungai yang ada didalam goa yang menggunakan perahu karet sambil menikmati dengan panorama pemandangan goa yang sangat eksotis. Kedalaman pada goa tersebut memiliki sekitar 1000 meter, didalamnya terdapat sebuah air terjun yang begitu indah, jadi jangan sampai dilewatkan pada tempat wisata goa ngerong yang berada dituban.

Pesona Goa Akbar di Tuban

wisata di tuban

Salah satu tempat wisata goa tersebut dikelola serta dijaga sangat baik, dalam wisata ini sangat dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas lengkapnya atau sarana yang sngat cukup dapat anda menikmatinya, Namun jika jalan dalam goa yang sudah baik dan sangat dilengkapi dengan penerangan yang begitu sangat cukup. Pada sehingga keindahan goa yang menyajikan lebih bagus nan indah saat berada didalamnya.

Pesona keindahan yang sangat indah dan menawan bagi anda yang berkunjung ketempat tersebut.  Konon katanya goa tersebut dulunya pernah ditinggali oleh para sunan kalijaga, dalam tempat tersebut juga tersedia paseban wali, mushol, serta juga tempat untuk berwudhunya. Sangat akan ramai pengunjung pada tempat ini waktu liburan datang, letak keberadaannya lokasi tersebut berada dibelakang pasar baru kabupaten tuban.

Goa Putri Asih yang indah

tempat wisata di tuban

Goa dengan keindahan ornamen yang mempesona. Dalam sebuah tempat ini memiliki sebuah Keindahan yang tentunya tidak hanya itu, di dalam goa tersebut  juga masih banyak ornamen-ornamen unik dan indah seperti Helektit, Heksentrik, Strav, Soda yang meleleh dan menyatu dengan tanah dan membentuk ornamen yang indah yang biasa di sebut Calcite floor.

Goa Suci di Tuban

tempat wisata tuban

Goa indah yang terbentuk secara semi alami karena bentuknya menyerupai pahatan, akan tetapi goa ini di buat pada zaman purbakala, karena di dalam goa terdapat angka jawa yang bertuliskan 1026 yang menunjukkan pahatan ini di buat pada waktu itu.

Konon Goa ini adalah peninggalan Majapahit jaman dulu. Goa ini berada di daerah penambangan kapur. Goa ini biasa di gunakan untuk bertapa, semedi dan menyendiri untuk menenangkan pikiran. Biasa di gunakan orang untuk mendapatakan sebuah ilmu seperti ilmu kebatinan.

Goa Kancing di Tuban

tempat wisata tersembunyi di tuban

Pada wisata goa di tuban selanjutnya adalah goa kancing, Goa ini beda dari goa-goa lainyya yang ada di Kabupaten Tuban. Goa ini hanyalah lubang yang bentuknya menyerupai sumur yang indah. Kenapa sumur,karena kedalaman goa ini hanya sekitar 4-5 Meter,tidak terlalu dalam bukan?

Dalam sebuah yang termasuk keindahan tempat ini bukan pada Goanya tetapi dilihat dari pemandangan alam di sekitar Goa adalah tebing-tebing yang sangat bagus, tebing indah ini sangat tepat untuk di jadikan tempat hanting karena view yang indah akan tersaji di tempat ini, cocok bagi anda yang suka fotografi.

Pemandian Bektiharjo di Tuban

air terjun tuban

Pada  suatu sebuah keunikannya pemandian tersebut mengeluarkan sumber air yang bersih dan tidak pernah surut meskipun di musim kemarau, tutur warga sekitar kata Tuban berasal dari pemandian ini, mengadopsi kata “meTU Banyune” dalam bahasa Indonesia “Keluar airnya” di obyek wisata ini anda bisa melihat monyet yang hidup di sekitar pemandian.

Pasa suatu keunikannya hewan kera disini yang sangat  jinak dan tidak jahil, jadi sangat bersahabat jika di ajak bermain, terdapat fasilitas kolam renang untuk anak-anak yang di lengkapi dengan wahana permainan air yang mengasyikkan.

Pemandian Air Panas Prataan di Tuban

wisata pantai tuban

Obyek wisata yang satu ini berada di tengah-tengah hutan kecil, sumber air panas di pemandian ini berasal dari mata air alami. Warga sekitar percaya bahwa berendam di pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit. Pegal-pegal dan penyakit lainnya, tempat ini selalu ramai akan pengunjung yang berasal dari Tuban dan Daerah lainnya.

Watu Ondo Tuban

air terjun di tuban

Pada suatu objek tempat wisata tersebut berada didesa bektiharjo kecamatan semanding, tuban jawa timur. Mengapa disebutnya dengan nama watu ondo karena pada bentuknya menyerupai tangga yang berasal dari batu, watu ondo sendiri dalam bahasa indonesia yang berarti batu tangga. Tentu anda begitu sangat puas jika anda berada pada puncak watu ondo karena dilihat dari pemandangannya dari atas watu ondo yang mempunyai pesona yang sangat indah. Dalam sebuah tempat tersebut anda juga bisa melihat panorama alam yang  sangat menakjubkan dari atas watu ondo tersebut. apabila anda ingin menaiki watu ondo ini anda harus menyiapkan fisik dan kekuatan yang prima.

Makam sunan Bonang di Tuban

wisata tuban terbaru

Dalam wisata tempat tersebut sangat Kurang  jika tida lengkap dengan wisata liburan anda di Tuban tanpa  mengunjungi wisata Religi di Makam sunan Bonang, karena makam ini selalu ramai akan pengunjung,khususnya para peziarah dari berbagai daerah. Tempat yang indah dengan arsiterktur bangunan bergaya Hindu dipadukan dengan Islam. Sangat indah dan otentik.

Disini anda bisa berdzikir dan berdoa dengan tenang dan nyaman, karena tempatnya yang teduh pastinya akan menambah kekhusu’an dzikir anda. Daerah yang salah satunya merupakan daerah penyebaran islam pada era kerajaan majapahit berjaya adalah tuban, hingga sampai kota tersebut dinamakan dengan julukan kota wali.

Di kota ini akan anda jumpai makam salah satu walisongo yaitu makam sunan Bonang yang ada di pusat kota Tuban, salah satu karya sunan Bonang yaitu lagu Tombo ati yang sangat terkenal karena di gunakan sunan Bonang untuk Berdakwah pada masa itu.

Pondok Pesantren Bumi Al-Maghribi

wisata di tuban

Pesantren yang satu ini sangat unik, pasalnya ponpes ini berada di dalam Goa. Unik bukan? Ponpes ini terdapat di bangun dengan Goa mati yang terbengkalai, akan tetapi stalagtit Ornamen Goa yang artistik menyatu dengan bangunan ponpes yang megah dan bersinergi serta berseni tinggi.

Terletak diLokasi pada ponpes tersebut ada di Desa Gedongombo,Kecamatan Semanding, anda juga bisa infaq dan ibadah di tempat tersebut, pastinya pengalaman yang jarang kan bagi anda? Jadi jangan sampai tidak mengunjungi tempat ini ya.

Museum Kambang Putih Tuban

tempat wisata di tuban

Lokasi Museum tersebut berada di Jalan Kartini dengan nomor 3 yang ada disekitar kota Tuban, jadi museum ini berada di dalam Kota tempatnya pun tidak jauh dari makam Sunan Bonang dan Masjid Agung Tuban.

Ketika anda  ingin dapat bisa mengunjungi tempat ini kapan saja karena Museum ini buka setiap hari kecuali hari senin, buka dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang, di hari jumat museum ini tutup jam 11 siang dan hari sabtu tutup jam 12 siang.

Dalam sebuah tempat museum  tersbut terdapat beberapa  macam koleksi yang menarik seperti  contohnya wayang kulit, Senjata tradisional, Guci kuno, Barongsai, naskah kuno dan masih banyak lagi, wisata museum ini sangat  begitu cocok untuk destinasi wisata anda dan untuk keluarga sebagai wisata edukasi.

Masjid agung Tuban

tempat wisata tuban

Sebuah tempat wisata tersembunyi di tuban yang sangat bersejarah dengan bangunan yang begitu megah dan bagus tersebut dibangun pada abad ke-15 oleh seorang bupati tuban yang ke 7. Beliau adalah Adipati Raden Aryotejo. Dan anda bisa mengunjungi masjid ini untuk beribadah sembari beristirahat sebelum mengunjungi obyek wisata yang lain.

Makanan Khas Tuban Garang Asem

Image result for Makanan Khas Tuban Garang Asem

Makanan khas jawa tengah memang menjadi andalan warga jawa tengah salah satu makanan tersebut adalah Garang asem, namun juga tidak salah lagi jika kabupaten disekitar pesisir jawa timur tersebut menjadikan garang asem sebagai makanan khas dari kota tuban.  Makanan salah satu yang berasal dari jawa tengah dinamakan Garang asem. Mengapa dinamakan garang asem karena masakan olahan ayam dengan kuah santan.

Namun selain itu juga makanan kuliner khas tuban tersebut yang dinamakan garang asem juga mempunyai rasa asam dan pedas yang menyatu. Pada makanan garang asem yang berada dituban  tersebut mempunyai ciri khas yang memiliki rasa tersendiri jika dibandingkan Garam asem pada jawatengah yaitu kuah yang sangat bening dan juga segar. Harganya juga sangat murah, untuk menikmati rasa pedas dan asem pada ayam kampung kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10.000 rupiah saja.

Makanan Khas Tuban Rajungan

Image result for Makanan Khas Tuban Rajungan

Laut sangatlah memang begitu banyak sekali kekayaan alam, salah satunya  kekayaan alam tersebut di laut adalah hewan yang bergizi dan enak. Dalam kota tuban terdapat kata rajungan yang berarti adalah hewan laut yang hampir sangat  mirip dengan kepiting, di Tuban rajungan dijadikan makanan khas dan diolah menjadi rajungan kari manunggal. Karena rasa dan kepopulerannya rajungan sampai saat ini mudah di temukan, tapi jangan salah pilih warung nya karena harga yang ditawarkan berbeda-beda.

Opor Ayam Khas Tuban

Image result for Opor Ayam Khas Tuban

Satu lagi makanan khas Tuban yang bukan berasal dari laut, yaitu opor ayam. Dengan makanan yang sangat identik saat lebaran idul fitri adalah opor ayam khas kota tuban. Ketika saat anda mencari makanan tersebut carilah Di pinggir pantai banyak juga warung yang menyediakan opor ayam, ayam yang digunakan dalam masakan opor ayam adalah ayam kampung, bedanya opor ayam yang ada di Tuban adalah ayam yang dibakar dan terlebih dahulu sebelum dijadikan opor, pasti aroma nya sangat menggoda. Tertarik tidak untuk mencobanya?

Makanan Khas Tuban Belut Goreng

Image result for Makanan Khas Tuban Belut Goreng

Belum pernah makan belut? Nah ditempat kota tuban inilah belut yang disediakan sudah melalui seleksi  dan kualitasnya dijamin bersih, belut dijadikan sebagai salah satu makanan khas Tuban. Warung begong ini membuat makanan kuliner yang memiliki rasa bumbu rahasia yang pastinya tidak ada di warung lain. Pada dasarnya satu porsi belut goreng biasanya bisa kita nikmati dengan nasi jagung.

Cumi-cumi Hitam khas Tuban

Image result for Cumi-cumi Hitam khas Tuban

Terdapat dari provinsi jawa timur tersendirinya Salah satu makanan khas Tuban yang berasal dari laut yang lain termasuk adalah cumi-cumi hitam, cumi-cumi hitam adalah makanan yang banyak dicari dan menjadi salah satu sebuah makanan favorit untuk para wisatawan yang berkunjung ke Tuban, baik itu wisatawan lokal maupun asing.

Penyajian cumi-cumi hitam ini disajikan di atas daun jati dan campur nasi putih yang hangat dan pulen, selain itu ada juga sayur cumi yang pastinya menambah nafsu makan dan perut lebih kenyang. Untuk menikmati cumi ini disarankan datang ke jl. Ahmad dahlan, kabupaten tuban.

Minuman Es bubur sum

Image result for Minuman Es bubur sum

Namu hal sebetulnya bukan hanya makanan saja yang  dapat di jadikan referensi wisata kuliner ketika ada di tuban, Minuman es bubur sum juga bisa di jadikan menu pelengkap setelah memakan makanan laut maupun darat.  Pada minuman Es bubur sum tersebut mempunyai cita rasa yang manis.

Bubur sum sum yang di gunakan pun sangat lembut sehingga mudah ditelan dan juga sangat menyegarkan. Pada saat siang hari buat anda kehausan salah satunya Minuman ini cocok  dapat buat kamu yang sedang berkunjung saat cuaca sangat panas. Tempat tersebut berada di Lokasi yang dapat anda kunjungi sebagai minuman favorit anda terletak dijalan pemuda kota tuban, jawa timur.

Makanan Khas Serabi Selong

Image result for Makanan Khas Serabi Selong

Salah satu makanan khas tuban ini sering kita jumpai dijual pada waktu pagi hari saja, serabeh selong ini sangat berbeda dengan serabeh selong yang ada dikota Bandung.  Dengan Perbedaannya terdapat pada bumbu yang digunakan dan cara penyajiannya.

Pada makanan kuliner khas tuban tersebut dinamakan Serabeh selong karena penyajiannya dengan menggunakan santan yang  sangat kental dan rasanya yang gurih, kalau kamu penasaran tentang makanan serabeh selong ini kamu dapat menggunjungi, lokasi yang berada di Jalan lukman hakim, Gang ikhlas, Tuban Jawa Timur.

Sate Bebek Khas Tuban

Image result for Sate Bebek Khas Tuban

Sate yang digunakan berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging ayam, kambing, sapi atau kelinci. Terdapat salah satu makanan  pada dasarnya yang termasuk Sate bebek dan dapat di olah menggunakan bumbu yang khas diantaranya, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, daun jeruk, cabai rawit hijau, dan air jeruk lemon.

Masakan Becek Menthok Khas Tuban

Image result for Masakan Becek Menthok Khas Tuban

Makanan khas salah satu ini terdapat berupa seperti kuah yang kental dengan bentuk tampilannya mirip dengan kari, bencek mentok yang terbuat dari bahan utama jenis daging mentok yang di bumbui diberikan dari bahan yang bumbunya khas sehingga menghasilkan cita rasa yang sempurna.

Beberapa berbagai bahan bumbu rempahannya di gunakan untuk memasak masakan becek methok adalah, merica, jintan, bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk purut, serai , tomat, santan, dan taburan rajangan daun bawang.

Jajanan Khas Serabeh Selong Tuban

Image result for Jajanan Khas Serabeh Selong Tuban

Makanan yang enak merupakan salah satu khas jajan pada tempat wisata di tuban, serabeh yang hanya di jual di pagi hari saja, serabeh selong ini sagat berbeda dengan serabeh selong yang ada di Bandung. Perbedaannya terdapat pada bumbu yang digunakan dalam masakan tersebut dan juga cara penyajiannya.

Makanan khas tuban ini disajikan atau dihidangkan dengan menggunakan santan yang kental dan rasanya pun sangat begitu gurih, jika kalau kamu penasaran tentang makanan khas serabeh selong ini kamu dapat menggunjungi, lokasi yang berada di Jalan lukman hakim, Gang ikhlas, Jawa Timur. Srabeh selong merupakan kudapan tradisional khas kota Tuban yang terkenal memiliki cita rasa manis dan gurih karena mengandung santan dan telur. Serabih selong biasnya banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional terutama di pagi dan sore hari.