20 Aplikasi Kamera Fokus Terbaik Andalan Fotografer Dengan Autofocus Terbagus

Banyak dari kalian yang tinggal di kota maupun di desa yang sudah memiliki smartphone. Smartphone Android memang sangat nyaman untuk digunakan serta mudah untuk dioperasikan. Untuk mendapatkan kamera fokus terbaik, kamu tidak perlu membeli kamera mahal lagi. Saat ini, smartphone Android sudah mempunyai spesifikasi kamera yang mencukupi untuk memotret suatu momen. Tetapi, apakah aplikasi kamera pada smartphone kamu sudah canggih, sekarang meski spesifikasi kamera sudah banyak yang bagus, belum tentu semua pengguna smartphone Android menggunakan aplikasi kamera yang memiliki fitur DSLR. Sudah banyak aplikasi android yang bisa kalian pakai untuk mendapatkan hasil foto di hp yang memuaskan.

Aplikasi Kamera Yang Dapat Menghasilkan Fokus Terbaik

kamera fokus terbaik

  • Bacon Camera

Seperti yang sudah Anda ketahui, ada terlalu banyak aplikasi yang menawarkan kontrol manual untuk semua pengguna Android. Bacon Camera adalah salah satu aplikasi seperti itu, yang baru di tempat kejadian, tetapi menunjukkan banyak janji. Hal ini sebanding dengan orang-orang seperti Footej dan Manual Camera, yang berusaha menghadirkan fitur mirip DSLR ke smartphone. Bacon Camera menawarkan kepada Anda antarmuka yang bebas gangguan, mengingatkan pada kamera iPhone, dengan sorotan yang jelas adalah kontrol manual. Dan itu bukan hanya kontrol manual, aplikasi ini juga dibangun di atas kontrol dasar dan menawarkan Anda fitur keren seperti panorama, cakrawala virtual, pemotretan multi-eksposur, pemotretan berjangka waktu untuk penyimpangan waktu, dan GIF. Ini dimonetisasi oleh iklan, yang dapat Anda matikan dan kemudian disumbangkan ke pengembang untuk membantu mereka secara aktif bekerja dalam membangun fitur baru ke dalam aplikasi ini.

  • Kamera FV-5

Kamera FV-5 adalah salah satu aplikasi kamera paling jernih, yang menawarkan mode manual yang mirip dengan kamera DSLR di ujung jari Anda. Anda akan mendapatkan fitur yang sederhana dan mudah digunakan, bersama dengan dukungan pengambilan RAW, yang menarik fotografer dan penggemar dalam jumlah besar. Sama seperti kamera DSLR, semua parameter fotografi yaitu exposure compensation, ISO, mode light metering, mode fokus, white balance dapat disesuaikan. Kamera FV-5 adalah satu-satunya yang berusaha paling keras untuk meniru sebagian besar fitur mirip DSLR dan juga menawarkan detail waktu nyata melalui jendela bidik di bagian atas.  Anda bebas mengambil foto dalam format JPEG, true 16-bit RAW dalam format DNG, dan format PNG yang tidak memiliki format. Hal ini mempermudah pengguna untuk mengedit gambar dalam pasca-pemrosesan. Ini memberi Anda sebagian besar fitur ini melalui varian ‘Free Lite’, tetapi Anda harus mendapatkan versi aplikasi berbayar penuh untuk menjelajahi semua kebaikan.

  • Footej Camera

Meskipun Footej Camera adalah salah satu aplikasi yang lebih baru dari ekosistem ini, ia memiliki fitur-fitur yang layak. Ini dapat melayani konsumen rata-rata yang suka mengeklik gambar untuk bersenang-senang dan kepada fotografer yang mencari kontrol manual. Ini menggunakan Android Camera 2 API untuk membantu Anda mengambil beberapa bidikan yang memukau. Aplikasi ini membawa UI yang bebas kekacauan dan sederhana ke meja. Ini menawarkan Anda kontrol manual ISO, panjang fokus, kecepatan rana, serta eksposur untuk kebutuhan foto Anda. Anda dapat mengklik foto RAW, dengan lebih banyak data, jika perangkat Anda mendukung hal yang sama. Selain semua fitur canggih, Anda dapat bersenang-senang dengan lampu selfie Anda (di mana layar menyala untuk menerangi wajah Anda), merekam video gerakan lambat, membuat GIF, histogram foto, dan mengklik beberapa bidikan secara berurutan dengan mode rentetan.

  • Kamera Manual

Seperti yang dikatakan oleh namanya, Kamera Manual menyajikan Anda dengan banyak kontrol mirip DSLR. Ini memberi Anda antarmuka pengguna yang berbeda yang diisi dengan rangkaian kontrol manual lengkap. Anda dapat menyesuaikan semuanya mulai dari kecepatan rana, jarak fokus, dan ISO ke white balance, dan kompensasi pencahayaan. Jika Anda seorang fotografer pro yang menginginkan kontrol penuh atas bidikan yang mereka tangkap, ini adalah kamera yang paling bagus untuk Anda.

  • Camera360 Ultimate

Jika Anda sudah lama menjadi pengguna Android, Anda akan tahu bahwa 360Camera adalah salah satu aplikasi kamera paling terkenal di Play Store. Meskipun pernah dikenal untuk fitur kamera sepenuhnya matang, aplikasi ini telah dirancang ulang untuk memenuhi kebutuhan populasi milenium keramaian sosial. Sekarang Anda menawarkan kamera selfie dan kecantikan, dengan alat pengeditan gambar pro, serta sejumlah stiker keren, masker wajah AR yang mirip dengan yang terlihat di Snapchat, filter seni, dan templat poster yang memungkinkan Anda melakukan jazz foto Anda.

  • Google Kamera

Seperti namanya, Google Camera adalah aplikasi kamera resmi untuk perangkat Android. Aplikasi ini cukup sederhana dan dapat membantu mengeklik beberapa gambar yang tajam tetapi tidak terlalu berat pada fitur. Fitur utama yang disertakan dalam aplikasi ini adalah mode blur lensa, video gerak lambat (pada perangkat yang didukung), foto 360her, stabilisasi video, dan lainnya. Meskipun Google Kamera sangat bagus dan dapat digunakan, kelemahan utamanya adalah bahwa aplikasi tidak kompatibel dengan semua perangkat Android di luar sana. Fitur-fitur yang disebutkan di atas bekerja pada versi Android terbaru, yang persentasenya cukup rendah. Anda mungkin menemukan bahwa Google Kamera tidak dapat diakses oleh banyak dari Anda dari tautan di bawah, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Ada sejumlah besar mod kamera, seperti Camera NX, yang menghadirkan fitur top-notch aplikasi seperti Portrait Mode, ke banyak perangkat Android. Anda dapat membaca semuanya di sini.

  • Open Kamera

Dengan lebih dari 10 juta pemasangan, Open Camera juga dilihat sebagai salah satu kamera fokus terbaik diplay store. Sama seperti banyaknya aplikasi kamera yang dibahas di atas, aplikasi ini juga menghadirkan berbagai kontrol manual untuk memungkinkan Anda menyesuaikan bidikan sesuai keinginan Anda. Anda mendapatkan dukungan untuk berbagai mode fokus, mode pemotretan, efek warna, white balance, ISO, exposure compensation / lock, dan deteksi wajah. Anda dapat mengonfigurasi pengalaman pengambilan foto dengan dua pilihan, kontrol volume atau aktivasi suara. Ini adalah sumber terbuka dan Anda bebas berkontribusi untuk hal yang sama. Buka Dukungan kamera HDR dan Android Camera 2 API, dan tawarkan paket lengkap ini secara gratis. Tidak ada pembelian dalam aplikasi atau iklan pop-up yang mengganggu, tetapi Anda dapat menyumbang ke pengembang untuk menjaga aplikasi tetap berjalan.

  • Kamera MX

Ini bukan kontrol manual atau mode Pro yang diinginkan semua orang. Pengguna rata-rata mencari aplikasi kamera tajam yang menangkap gambar hebat sambil menawarkan beberapa fitur tambahan untuk melengkapi pengalaman mereka. Kamera MX telah memaku ini selama bertahun-tahun dan merupakan salah satu aplikasi kamera paling populer di kalangan penggemar foto newbie. Kamera MX adalah semua tentang kesederhanaan, yang ditampilkan dalam antarmuka yang bersih dan tajam. Anda mendapatkan berbagai mode kamera, untuk tidak hanya menangkap foto ideal tetapi juga video. Sorotan aplikasi adalah “mode Pemotretan Langsung” yang memungkinkan Anda membuat GIF Anda sendiri dan editor foto canggih yang telah dipanggang tepat di dalam aplikasi.

  • Sweet Selfie

Gila selfie tidak hanya terbatas pada inovasi perangkat keras, tetapi juga menetes ke aplikasi Android seperti Sweet Selfie juga. Obsesi Gen-Z dengan selfie kini telah mendorong mereka untuk menerima aplikasi kecantikan. Yang mereka inginkan sekarang adalah melihat yang terbaik untuk posting Instagram, sehingga dunia dapat memperhatikan mereka. Sweet Selfie, yang sebelumnya dikenal sebagai Candy Camera, adalah salah satu aplikasi yang sangat populer yang memicu kegilaan ini dan kini memiliki lebih dari 100 juta unduhan. Aplikasi ini sekarang telah mendapatkan perubahan visual (dengan homescreen) dan banyak mode selfie pintar, filter, dan fitur menyenangkan lainnya untuk membuatnya menonjol dari kompetisi.

  • VSCO

VSCO adalah permata lain dari masa lalu. Telah hadir di Play Store cukup lama, menawarkan Anda kemampuan untuk memotret dan mengedit gambar dengan cepat. Aplikasi ini dimuat dengan preset yang terinspirasi film dan kontrol kamera canggih, yang memungkinkan Anda mengubah kontras, kecerahan, sorotan, dan lainnya. Meskipun banyak pengguna percaya bahwa sorotan utama dari aplikasi VSCO adalah serangkaian fitur pengeditan foto yang luas, namun saya rasa itu adalah komponen sosial yang telah dibangun di sekitar aplikasi.

Smartphone Dengan Kamera Terbaik

Ada beberapa smartphone dengan kamera terbaik yang recommend banget untuk kalian miliki, yuk simak ada apa saja.

  • SAMSUNG GALAXY S9 / S9 PLUS

kamera yang paling bagus

Samsung baru-baru ini mengumumkan Galaxy S9 dan S9 Plus dengan perangkat yang tiba di tangan pembeli minggu ini. Ini adalah evolusi di lini Galaxy S, tapi yang mengarah pada kesempurnaan seperti yang dapat Anda harapkan untuk smartphone saat ini. Display Infinity Samsung terus mengambil posisi teratas dengan setiap rilis baru, mengalahkan Apple iPhone X yang tinggal di tempat itu selama beberapa bulan. Ada RAM 6GB, prosesor seluler Qualcomm Snapdragon 845 tercepat, kamera aperture ganda belakang, satu lagi dengan dukungan gerakan lambat super (S9 Plus saja), kemampuan untuk menambahkan kartu microSD murah, meningkatkan asisten Bixby dan tombol perangkat keras yang didedikasikan untuk penggunaannya, teknologi pembayaran Samsung Pay, pengisian nirkabel dan cepat, ketahanan terhadap debu dan air IP68, port standar USB Tipe-C, dan jack headset 3.5mm tradisional. Ini juga diluncurkan dengan Android 8.0 Oreo. Tidak ada yang hilang dari Galaxy S9 Plus dan itu layak mendapat posisi teratas sebagai smartphone kamera terbaik yang dimiliki saat ini.

  • APPLE IPHONE X

kamera terbaik di dunia

X adalah desain iPhone unik pertama yang telah kita lihat sejak iPhone asli diluncurkan 10 tahun lalu. Ini memiliki layar depan 5,8 inci besar dengan bezel minimal dan tidak ada tombol home depan. Panel Samsung OLED digunakan untuk pertama kalinya pada iPhone. Ada pengaturan kamera belakang ganda dengan cara baru untuk menggunakan iPhone karena kurangnya tombol home dan tombol power tradisional. Ponsel ini memiliki kamera paling jernih yang dimiliki Iphone.  Tanpa tombol di bagian depan, iPhone X mengandalkan pengenalan wajah tingkat lanjut untuk membuka kunci dan menggunakan Apple Pay. Ini melakukan andal dan jauh melebihi fungsi teknologi pemindaian iris Samsung. Apple akhirnya termasuk pengisian daya nirkabel juga sehingga Anda dapat mengisi daya dengan mudah dengan menyetelnya ke perangkat pengisian nirkabel.

IPhone X didukung oleh chip bionik A11 dan koprosesor gerakan M11 baru sehingga terbang dengan iOS 11. Memiliki rating debu dan tahan air IP67. Kaca sekarang digunakan di bagian belakang untuk mendukung pengisian nirkabel. Kamera yang menghadap ke depan adalah 7 megapiksel dan diberi label TrueDepth sehingga Anda dapat mengambil potret selfie. IPhone X adalah iPhone paling canggih hingga saat ini dan menawarkan beberapa pengalaman baru dengan tampilan depan. Ini termasuk dukungan gesture ekstensif dan cara-cara baru untuk mengakses fungsi pada iPhone. Ini menawarkan pengalaman layar besar dalam paket yang agak ringkas jika dibandingkan dengan smartphone layar besar lainnya.

  • SAMSUNG GALAXY NOTE 8

smartphone kamera terbaik

Galaxy Note 8 berada di posisi teratas selama beberapa bulan karena merupakan smartphone paling canggih di pasar dan bisa dibilang masih bisa ditempatkan di posisi teratas. Galaxy S9 Plus menawarkan beberapa perbaikan, tetapi tidak ada S Pen, dan iPhone X juga merupakan smartphone yang sangat menarik. Samsung Galaxy Note 8 memiliki semua aspek Galaxy Foundation yang sangat baik yang ditemukan di S9 dan S9 Plus, tetapi belum memiliki Android 8 Oreo, ia menggunakan prosesor Snapdragon 835, dan kamera tidak memiliki bukaan mekanik ganda. Yang mengatakan, ia memiliki S Pen dan jika Anda menikmati menggunakan stylus dengan telepon Anda maka Note 8 tidak dapat dikalahkan.

  • APPLE IPHONE 8/8 PLUS

smartphone dengan kamera terbaik

Apple iPhone 8/8 Plus baru terlihat seperti iPhone 7/7 Plus, tetapi memiliki kaca untuk dukungan pengisian nirkabel. Selain itu iPhone baru memiliki prosesor yang sedikit lebih baik, kamera yang ditingkatkan, dan layar LCD yang lebih baik. Ada speaker stereo untuk performa suara yang bagus, tetapi tidak ada headphone standar 3,5mm. IPhone baru ini memiliki dukungan pengisian cepat sehingga mereka dapat memperoleh hingga 50 persen kapasitas baterai dalam 30 menit. Tidak ada lagi pilihan kapasitas 128GB dengan model 64GB dan 256GB yang tersedia.

  • HUAWEI MATE 10 PRO

aplikasi kamera paling jernih

Saya telah menghabiskan banyak waktu dengan model AS Huawei Mate 10 Pro dan bekerja dengan baik sebagai pengemudi harian. Mate 10 Pro gagal meluncurkan langsung pada operator AS dengan beberapa masalah keamanan pemerintah, tetapi tersedia di berbagai pengecer sekarang seharga $ 799. (CNET: Huawei memberikan pukulan, kehilangan Best Buy sebagai pengecer smartphone) Satu hal yang baik tentang tidak terkait dengan operator AS adalah bahwa ponsel tidak dimuat dengan bloatware yang tidak perlu. Mate 10 Pro memiliki layar OLED 6 inci 18: 9, prosesor Kirin 970 dengan unit pemrosesan jaringan syaraf, Android 8.0 Oreo dengan EMUI 8, RAM 6 GB, penyimpanan internal 128 GB, kamera belakang ganda, kamera depan 8 megapiksel, dan baterai besar 4.000 mAh.

Salah satu fungsi yang membedakan Huawei Mate 10 Pro dari Pixel 2, untuk perusahaan, adalah kemampuan untuk terhubung melalui port USB Type-C ke monitor, keyboard, dan mouse untuk pengalaman desktop yang hampir penuh. Galaxy Note 8 dan Galaxy S9 / S9 Plus dapat melakukan ini melalui perangkat DeX, tetapi Mate 10 Pro bahkan tidak memerlukan perangkat terpisah untuk melakukan fungsi ini.

Tips Membeli Smartphone Agar Tidak Tertipu

kamera paling jernih

  1. Perhatikan prosesor atau juga CPU

Ketika Anda hendak memilih sebuah ponsel pintas, sebaiknya perhatikan processor yang digunakan. Ini adalah otak inti dari sebuah sistem smartphone pada android. Semakin tinggi spesifikai yang dimiliki tentu kinerja smartphone akan semakin cepat, demikian pula sebaliknya.

  1. Cek kapasitas RAM atau Random Access Memory

Setelah mengecek prosesor, maka hal berikutnya yang perlu Anda cek adalah RAM atau Random Access Memory. RAM ini adalah ingatan pada ponsel, dipergunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi di saat yang bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan, maka semakin besar pula memori yang dibutuhkan. Ini juga yang membuat proses perpindahan antar aplikasi jadi semakin lancar. Semakin kecil RAM, maka proses perpindahan aplikasi jadi semakin lambat.

  1. Cek kapasitas GPU atau Graphics Processing Unit

GPU ini berfungsi untuk memproses grafis. Pilih GPU dengan performa 2D atau 3D, ini yang akan membuat android jadi semakin lancar. Fitur ini tentunya akan sangat terasa ketika Anda menonton video atau bermain game. Semakin tinggi GPU yang digunakan maka tampilan grafis akan semakin jernih dan detail.

  1. Cek kualitas layar

Pertimbangkan juga masalah layar. Ini adalah jendela utama untuk membuka berbagai informasi dan aplikasi pada ponsel pintar tersebut. Pilih layar dengan teknologi terbaik, memiliki kerapatan pixel yang cukup tinggi, resolusi yang besar, dan pastinya sudah dilengkapi dengan anti gores.

  1. Cek kekuatan Memori internal atau internal ROM storage

Cek juga kekuatan atau kapasitas memori internal yang dimiliki oleh ponsel tersebut. Semakin besar kapasitas memori yang dimiliki tentunya membuat Anda leluasa dalam menyimpan berbagai macam file di ponsel.

  1. Cek sistem operasi atau dapur pacu

Perhatikan juga sistem operasi yang digunakan atau disematkan pada ponsel tersebut. Memilih OS yang tepat, akan membuat berbagai aplikasi dapat digunakan dan diunduh dengan baik. Ada baiknya jika Anda memilih system operasi terbaru agar Anda leluasa dalam mengunduh berbagai aplikasi. Sedikit tips ketika memilih system OS ini adalah pilih vendor yang memberikan system update operasi, pilih smartphone dengan system OS yang stabil, pilih android yang lengkap dengan beberapa fitur yang sesuai kebutuhan Anda.

  1. Cek kapasitas baterai

Cek kapasitas baterai dari ponsel tersebut. Biasanya semakin besar ukuran smartphone, maka ukuran baterainya juga besar. Pilih ukuran baterai yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Cek ukuran kamera yang ada

Guna mengabadikan berbagai macam moment berharga, Anda juga perlu memperhatikan masalah ukuran kamera yang disematkan pada ponsel tersebut. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan aneka fitur lain yang disematkan pada kamera tersebut. Akan lebih baik jika Anda memilih ponsel yang dilengkapi dengan kamera depan dan belakang.

  1. Cek teknologi jaringan yang digunakan

Pilih smartphone yang didukung oleh teknologi jaringan serta frequesi yang baik. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menstabilkan jaringan ponsel. Salah satu jaringan yang saat ini sedang booming dan terbaru adalah jaringan 4G LTE.

  1. Cek sensor dan desain ponsel

Tips untuk membeli HP yang terakhir dan perlu Anda perhatikan pada adalah masalah desain dan berbagai sensor yang disematkan pada ponsel tersebut. Semakin elegan desain sebuah ponsel, tentunya membuat penampilan ponsel jadi semakin menarik.

Beberapa Kamera Terbaik Yang Ada Didunia

ini dia beberapa kamera terbaik di dunia yang recommend untuk kalian miliki.

  • Nikon D850

kamera fokus terbaik

Mungkin mahal, tetapi jika Anda mencari uang kamera terbaik yang dapat dibeli saat ini, maka DSLR D850 Nikon yang luar biasa cukup banyak mencentang setiap kotak. Kemasan dalam sensor full-frame 45.4MP yang brilian, kualitas gambar menakjubkan. Tapi itu baru setengah cerita. Berkat sistem 153-titik AF yang canggih dan kecepatan pemotretan burst 9fps, D850 hanya aksi pemotretan di rumah dan satwa liar seperti pemandangan dan potret. The Nikon D850 mungkin adalah kamera yang paling baik yang pernah kami uji. Nikon D850 adalah kamera fokus terbaik yang bisa kalian miliki.

  • Sony Alpha A7R III

kamera yang paling bagus

Sekali, jika Anda menginginkan kamera full frame berkualitas profesional, kamera itu harus Nikon atau DSLR Canon. Rangkaian kamera full-frame tanpa cermin dari Sony menawarkan alternatif yang hebat. Dengan Alpha A7R III, Sony telah mengambil salah satu kamera mirrorless favorit kami dan mendukung kinerja untuk menjadikannya salah satu kamera paling lengkap dan serbaguna yang tersedia saat ini. Dengan sensor 42.2MP full-frame brilian yang didukung oleh sistem AF canggih dan pemotretan burst 10fps, Anda tidak lagi harus mengorbankan kinerja untuk resolusi atau sebaliknya.

  • Fujifilm X-T2

kamera terbaik di dunia

Pembaruan untuk X-T1 mungkin terlihat mirip pada pandangan pertama, tetapi ada beberapa perbaikan besar yang dibuat untuk kamera mirrorless unggulan andalan Fujifilm. Mungkin pembaruan terbesar adalah autofocus. Sebuah lompatan besar ke depan dibandingkan dengan sistem yang ditemukan di X-T1, pelacakan AF dari subjek yang bergerak sangat tajam, sementara tingkat kecanggihan dan penyesuaian sangat mengesankan. Tambahkan dalam 8 frame per detik burst shooting, layar belakang berengsel ganda pintar, EVF terang, sensor 24,3MP X Trans III CMOS yang sangat baik dari Fujifilm, dan banyak kontrol yang terpasang di badan dan Anda akan memiliki salah satu kamera terbaik yang tersedia saat ini.

  • Nikon D3400

smartphone kamera terbaik

Nikon D3400 dibangun di atas D3300 yang brilian dan merupakan pilihan utama kamera fokus terbaik kami ketika datang ke DSLR tingkat pemula. Berbagi cukup banyak desain dan spesifikasi yang sama dengan pendahulunya, D3400 menambahkan konektivitas Bluetooth SnapBridge milik Nikon untuk mentransfer gambar langsung ke perangkat pintar Anda agar lebih mudah untuk berbagi gambar. Sensor 24.2MP menyelesaikan kantung detail, sementara D3400 juga merupakan kamera yang sangat mudah untuk dihuni. Mode Panduannya yang cerdas adalah alat pembelajaran yang berguna yang memberikan penjelasan fitur penting secara waktu nyata. Tidak ada layar sentuh, tetapi sebaliknya, ini adalah DSLR entry-level favorit kami sekarang.

  • Fujifilm X100F

smartphone dengan kamera terbaik

Sama seperti D500, EOS 7D Mark II meminjam banyak fitur dari kakaknya, EOS-1D X (yang sekarang telah diganti oleh EOS-1D X Mark II), membawa pemotretan 10fps dan sistem autofokus profesional ke amatir pasar. Sekarang Anda dapat merekam aksi dan olahraga seperti profesional, tetapi dengan harga yang terjangkau penggemar. EOS 7D Mark II bukan hanya spesialis berkecepatan tinggi, kamera ini serba hebat. Ini berat, dengan bodi alloy dan kontrol yang kedap cuaca, ia memiliki sensor yang hebat dengan sistem autofokus hibrida dual-pixel yang canggih, dan juga kamera video yang kuat.

Nah, teman teman diartikel ini kita membahas tentang beberapa aplikasi kamera autofocus dan merk ponsel yang bagus untuk mendapatkan foto auto focus yang wajib kalian ketahui. Terkadang ada beberapa fitur bawaan dari smartphone yang tidak memiliki kamera autofocus. Banyak juga smartphone yang tidak memiliki autofocus yang baik. Untuk itu kalian dapat menggunakan beberapa aplikasi di playstore untuk mempertajam autofocus. Sayangnya yang mempunyai kamera autofocus adalah android menengah keatas. Jangan berkecil hati jika kamera pada Android Anda belum memiliki kamera fokus terbaik. berikut ada aplikasi kamera autofocus android terbaik yang akan memaksimalkan hasil foto Anda dan tidak kalah dengan Android menengah keatas lain.