20 Makanan Khas Kediri Yang Terkenal

Kediri adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak sekitar 130 km barat daya Surabaya dan berdasarkan jumlah penduduk. Kediri adalah kota terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Kediri adalah pusat perdagangan utama untuk industri rokok dan gula di Indonesia. Di kota ini juga salah satu pabrik rokok terbesar di Indonesia, yaitu Gudang Garam. Di Kediri ada persimpangan Simpang Lima Gumul yang sangat terkenal.

Persimpangan jalan ini sebenarnya merupakan persimpangan satu arah yang menjadi titik pertemuan lima jalan. Di area persimpangan ini, dibangun menjadi monumen yang indah dengan desain arsitektur yang megah yang menjadi ikon pariwisata Kediri bernama Monumen Simpang Lima Gumul yang terinspirasi oleh Monumen L’Archde Triomphe di Paris. Selain industri rokok dan monumennya yang terkenal, ternyata Kediri juga memiliki banyak makanan khas kediri yang enak loh, mau tahu apasaja makanan khas nya? Yuk kita simak. Kalian pasti penasaran, apa saja kuliner di Kediri yang enak dan recommend buat kalian. Yuk simak beberapa kuliner ini.

SOTO KEDIRI

makanan khas kediri

Sesuai dengan namanya, sup ini telah menjadi ikon kuliner kediri raya paling terkenal di kota Kediri. Soto Kediri berbeda dengan soto di tempat lain, seperti Betawi. Soto Kediri adalah sajian santan yang menggunakan berbagai isian seperti potongan ayam, tauge, mie, dan bahan pelengkap lainnya. Makanan khas Kediri yang satu ini tidak dapat digunakan untuk tempat lain dan juga menjadi tujuan utama bagi para pengusaha.

Soto kediri pada dasarnya sama dengan sup ayam pada umumnya. Keistimewaan soto kediri adalah soto soto berbeda dari soto-soto dari daerah lain. Soto kediri sangat nikmat disantap dengan nasi dan sambal. Jangan lupa juga untuk menambahkan emping yang bisa Anda makan langsung atau direndam dalam santan. Di beberapa tempat di kota Kediri, ada penjual soto kediri yang menyajikan ayam panggang sebagai lauk.

SATE BEKICOT

kuliner kediri raya

Bagi mereka yang melek kuliner, mungkin akan terkejut mengetahui siput sate di Kabupaten Kediri. Pasalnya, dari siput paling terkenal di Prancis ini yang memiliki nama Escargot. Siput khusus Sate Kediri juga biasa disebut dengan nol sate dua (02). Makanan khas ini dapat dilakukan di desa Djengkol yang terletak 10 km dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.

Di desa, Anda juga bisa menemukan wisata kuliner Kediri dan menemukan makanan bekicot olahan lainnya, contohnya oseng-oseng, keripik, dan siput krengsengan. Siput sate di luar sana dijual dengan harga tinggi. Sementara di Indonesia, tepatnya Kediri, siput sate hanya dapat diperoleh dengan merogoh kantong mulai dari Rp15.000 per bungkus yang satu paket bisa berisi 50an tusukan. Murah, lezat, dan kenyang, sate siput netral.

STIK TAHU

wisata kuliner kediri

Dijuluki sebagai kota Tahu tentu banyak dijumpai makanan yang berasal dari bahan utama tahu. Seperti stik tahu, spesialisasi Kediri sangat populer di kalangan banyak orang, baik penduduk asli Kediri maupun wisatawan. Stik tahu umumnya dijual dalam bentuk kemasan karena makanan ini diklasifikasikan sebagai makanan ringan atau makanan ringan.

Stik tahu asal Kediri dengan bahan-bahan berkualitas yang terbuat dari kacang kedelai pilihan. Proses tongkat tahu dilakukan dengan cara tradisional sehingga rempah-rempah alami dapat digunakan dengan benar dan efisien. Anda dapat membeli tofu sticks sebagai suvenir untuk diberikan kepada kerabat, teman, dan tetangga dekat rumah.

TAHU TAKWA

kuliner di kediri

Bagi sebagian orang, nama makanan Kediri yang unik ini terdengar lucu dan unik, tahu takwa. Tahu warna kuning yang menjadi ciri khas Kota Kediri adalah wajib Anda mencoba untuk mencetak jalan-jalan ke kota Kediri. Tahu yang merupakan hasil dari mengetahui khas Kediri memiliki tekstur yang lembut dan kenyal ketika di makan. Bentuk kotak tahu berbentuk persegi panjang dan ramping.

Ketahuilah tahu takwa memiliki rasa yang sangat enak dan tidak sedikit rasa asam secara tidak sengaja seperti tahu di daerah lain. Kuliner selalu berburu untuk penduduk setempat atau tidak. Penonton akan dibuat kecanduan tahu renyah diluar dan tekstur lembut di bagian dalam. Ketahuilah bahwa kesalehan dapat diolah dengan makanan lain seperti taoge dan daun bawang. Sekadar untuk diketahui, warna kuning pada tahu rasa sakit hasil dari penggunaan pewarna alami yaitu kunyit.

NASI GORENG ARANG

restoran di kediri

Jika selama ini lidah Anda dimanjakan dengan nasi goreng yang dimasak dengan kompor gas, maka ada lagi di Kediri untuk mencoba arang nasi goreng. Nasi goreng adalah makanan khas Kediri yang banyak memanggil orang. Di Kediri, salah satu penjaja nasi goreng yang terkenal adalah nasi goreng Mbah Man. Nasi goreng yang disajikan dengan arang bara dan nasi tidak memberi bumbu apapun.

Di Kediri, penjual nasi goreng arang selalu ramai oleh pembeli, tidak diragukan lagi dengan nasi goreng Mbah Man. Apa yang membuat pelanggan jatuh cinta dan mau menunggu lama ketika memesan adalah karena arang nasi goreng dibuat tanpa bahan bumbu. Satu lagi yang menggunakan makanan khas Kediri ini terasa lebih unggul adalah penggunaan daging ayam dari ayam.

NASI PECEL KHAS KEDIRI

tempat makan di kediri

Siapa yang tidak kenal nasi pecel? Nasi putih yang dimakan dengan berbagai sayuran (pecel) juga dapat ditemukan di Kediri, Jawa Timur. Penduduk Kediri biasanya menyajikan nasi pecel dengan saus sambal. Apa itu saus tumpang tindih? Sambal tumpang adalah sambal yang terbuat dari tempe busuk atau tempe bush orang Kediri menyebutnya. Sambal tumpang sendiri adalah kuliner yang berasal dari kota Kediri.

Tempe busuk bagi masyarakat Kediri karena bisa menambah nafsu makan. Bumbu yang digunakan untuk membuat cabai tumpang tindih antara lain cabai, bawang merah, bawang putih, dan bahan lainnya sebagai pelengkap. Untuk tampilan tidak ada yang berbeda. Gabungkan dengan berbagai jenis sayuran ke dalam wadah dari daun pisang atau setelahnya, di antara yang akan tinggal beberapa cabai tumpang tindih.

SATE EMPRIT

rumah makan kediri

Kalian pasti bingung dengan makanan yang satu ini, ya! bernama salah satu nama burung yang juga akrab dengan panggilan burung pipit. Daging emprit burung menjadi pilihan makanan khas Kediri, yaitu sate emprit. Sate emprit berbeda dengan sate ayam. Sate ayam jika daging dibakar tetap putih, sementara sate emprit warna daging akan berubah menjadi coklat.

Tekstur sate burung kecil ini lembut dan tidak lengket. Aromanya mengandung amis yang kuat tetapi tidak menguntungkan. Empu sate tidak memiliki lemak dan rasanya seperti gurih. Sate emprit diterbitkan dengan saus kacang dan nasi putih hangat dan sayuran segar seperti irisan tomat dan mentimun. Dilansir dari artikel lain, sate emprit dapat membantu menyembuhkan penyakit jantung dan meningkatkan stamina bagi tubuh

CARANG MAS

makanan khas kediri

Jika di Jakarta ada kerak telur yang menjadi penjaja masa lalu, maka di kuliner kediri raya ada yang bernama pot emas atau carang mas. Makanan tradisional Kediri dibuat dari bahan utama ubi jalar. Carang mas ini biasanya dimakan sebagai camilan. Rasanya manis dan enak. Camilan ini paling menyenangkan oleh anak-anak karena selain harganya murah, biasanya penjual selalu menongkrong di depan sekolah-sekolah.

Bagi Anda yang ingin tahu, carang mas ini juga dapat ditemukan di toko atau pusat oleh-oleh khas Jawa Timur. Jangan salah paham, hijau mas yang tepat memiliki tekstur dan rasa yang renyah, tidak terlalu manis. Makanan ringan ini biasanya terkandung dalam botol kedap udara untuk camilan keluarga, atau menggunakan plastik untuk dijual kembali di pembeli.

KLEPON

kuliner kediri raya

Di mana asal-usul kue klepon ini tidak pasti. Namun ada beberapa orang yang menganggap bahwa kue klepon ini adalah kue khas Kediri karena penggunaan gula merah di mana Kediri dikenal sebagai perdagangan gula. Di balik itu semua, yang paling penting makanan ini adalah kue tradisional Indonesia yang lezat dan memanggil banyak orang.

Klepon memiliki bentuk bulat dengan warna kulit hijau muda. Kue kecil ini ada di samping gula merah yang tersedia. Saat digigit, cairan cairan merah yang terperangkap di dalam kue akan mencair. Sebelum dimakan, kue klepon yang baru dibuat dan masih hangat akan digulingkan di atas kelapa parut untuk ditempelkan. Kue ini hanya polos di atas wadah yang terbuat dari daun pisang..

CENIL

wisata kuliner kediri

Cenil adalah makanan khas Kediri yang mirip dengan klepon. Cenil ini memiliki berbagai bentuk seperti persegi panjang, kotak persegi, atau bulat. Selain itu, cenil atau cetil juga memiliki banyak warna yang dihasilkan dari pewarna makanan. Kue cenil dibuat dari bahan dasar sayuran yang sesuai dengan selera pembuatnya.

Seperti yang ditulis sebelumnya, cenil mirip dengan klepon. Kesamaan itu dapat ditemukan ketika diberi dengan taburan parutan kelapa. Tidak hanya parutan kelapa, cenil juga disiram dengan cairan jawa sebelum terjun ke tenggorokan. Kue cenil dari dulu hingga sekarang masih ada meski penjual mulai berkurang. Kue ini adalah tas yang sangat ramah. Per porsi kue kue biasanya dipasarkan dengan harga mulai Rp5.000an.

Nah, selain mengetahui kuliner atau menu makanan apa saja yang terkenal di Kediri. Kalian juga harus tau beberapa restoran di Kediri yang pas buat kalian cobain bersama keluarga.

Bakso Barokah 313

kuliner di kediri

Bakso menjadi salah satu makanan yang paling dicintai. Selain rasa kenyal dan nikamat, hidangan ini cocok untuk dimakan dalam berbagai suasana. Di Kediri sendiri ada warung bakso yang cukup legendaris favorit banyak orang. Terkenal dengan nama Bakso Barokah 313. Rasa gurih dengan ramuan bumbu pilihan menjadikan toko ini setiap langganan.

Cabe-cabean Café

restoran di kediri

Tempat makan yang direkomendasikan berikutnya adalah kafe cabe-cabean. Café ini sebelumnya bernama Bunting Café. Meski bernama hamil, tapi kafe ini tempat ibu hamil. Tapi namanya disematkan karena orang-orang unik berbentuk bulat seperti ibu hamil. Restoran ini cocok untuk nongkrong dan berkencan. Apalagi didukung oleh suasana romantis yang terbungkus dalam cahaya mewah sambil diiringi musik akustik yang merdu.

Nasi Pecel Tumpang Jalan Dhoho

tempat makan di kediri

Jika ada yang bertanya yang paling enak di Kediri apa itu? Tentunya akan ada seseorang yang menyiratkan nasi pecel tumpang tindih di Jalan Doho ini. Nasi pecel tumpang adalah salah satu makanan khas Kediri yang ajib sebagai menu sarapan Anda. Kuliner ini mirip dengan nasi pecel umumnya, tapi ini benar-benar unik. Nah, yang membuatnya unik dan berbeda adalah saus yang tumpang tindih. Nasi putih disajikan dengan beberapa sayur sayuran, kemudian meriam dengan sambal tumpang, hasil fermentasi tempe. Sebagai lauk, Anda bisa menambahkan rempeyek yang akan membuat Anda lebih rakus karena sangat enak. Kesan tradisional akan terlihat dari cara penyajian yang menggunakan daun pisang sebagai pelat pengantar pincuk.

Soto Chicken Depot Podjok Kediri

rumah makan kediri

Tak jauh dari nasi pecel yang tumpang tindih di Jalan Dhoho, Anda bisa berhenti di soto ayam depot podjok Kediri. Lokasinya yang berdekatan akan menjadikan wisata kuliner Anda di Kediri lebih berwarna. Depot makanan ini telah terbukti rasanya lezat karena tidak heran jika semua orang selalu dikunjungi oleh pembeli. Terutama soto kuliner kuliner nan kental nan kental ini. Karena toko ini menggunakan resep dari generasi ke generasi lengkap dengan hidangan ayam, rempelo ati, sekig kapur.

Toko Old Comrade

Berbicara tentang nama saja, kita pasti akan tahu jika toko ini hanya digunakan untuk berkumpul dengan teman-teman. Sambil nongkrong di sini Anda akan terbawa masa lalu yang menyenangkan. Tempatkan teman lama nostalgia, model khusus 80 hingga 90-an. Pertanyaan masa lalu akan terlihat dari berbagai kegunaan interior. Bahkan restoran pernak-pernik di Kediri juga menyesuaikan dengan waktu itu. Yah, bukan hanya konsep yang membuat Anda harus pergi ke sini, karena itu sangat bagus.

Sate Emprit Jalan Wahidin

Kamu yakin tahu burung emprit? Ya, burung kecil yang bisa kita temui di ladang. Mereka dapat disebut hama dan bahkan musuh bagi petani karena makanan cepat saji adalah beras. Nah, bagi Anda yang mencari tempat makan di Kediri memang murah tapi khas, datanglah ke Jalan Wahidin. Di sini Anda akan merasakan kuliner khas, yaitu sate emprit. Rasa syukur dan kerenyahan daging Emprit yang dikombinasikan dengan saus kacang menciptakan rasa luar biasa yang wajib bagi Anda untuk dicicipi.

Kedai Brengos

makanan khas kediri

Tempat lain yang bagus untuk makan di Kediri adalah Kedai Brengos. Konsep dominasi tavern hitam dan putih dengan aksen mural yang menghiasi dinding. Cocok juga digunakan sebagai tempat foto yang menarik. Warung yang ditempatkan di jalan Supersemar 199 Ngronggoo menyajikan menu olahan ayam dan mie. Harga satu porsi cukup murah, yaitu antara lima ribu hingga 10 ribu saja Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Presiden Resto Lesehan Kediri

Dari namanya, Presiden Resto adalah unik. Tapi jangan salah, tempat makan di Kediri ini tidak didirikan oleh presiden dan kios makanan favorit presiden! Warung yang mengusung konsep lesehan selalu ramai datang ke pengunjung yang ingin melihat makanan dengan suasana santai. Untuk ruang interior dibuat dengan aksen dan bilah bambu kayu. Di sini Anda dapat memesan menu ayam untuk beragam makanan laut yang dimasak.

Bli Puthu

kuliner kediri raya

Bagi Anda yang dapat menemukan tempat untuk mengambil gambar, datang langsung ke Bli Puthu. Tepatnya terletak di Jl. P.K. bangsa no. 89, buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam. Di sini Anda dapat menikmati hidangan dengan rasa gelato yang lezat. Selain itu ada juga beragam menu es yang sehat dan lezat, dengan penyajian yang cukup menarik Apakah Anda ingin melakukan salah satu tujuan wisata kuliner Anda? Tentunya perut penuh saat difoto tenang dan nyaman.

Khusus Belut Cabang Surabaya Kediri

Belut adalah mainan unik yang mungkin tidak semuanya berbakat. Tekstur licin membuat rasa tiada duanya jika olahan segar. Salah satu belut olahan yang harus Anda coba adalah masakan yang ada di Jalan Kilisuci Nomor 79, Kediri. Rumah makan Kediri ini bukan asli Kediri, tetapi tidak kalah populer dari tempat pusat di Surabaya. Anda tidak bisa menjadikan makanan ini sebagai menu sarapan. Karena Surabaya Special Eel hanya buka dari jam 11 siang hingga jam 10 malam. Berbagai belut olahan, mulai dari belut goreng hingga sambel belut goreng akan mengguncang lidah para penggemarnya. Kelezatan rasa Anda tidak akan menemukan tempat lain. Bagaimana? Tertarik? Selamat datang di toko ini!

Gethuk Pisang

wisata kuliner kediri

Apa kalian pernah mendengar makanan khas Kediri yang satu ini? Makanan adalah salah satu makanan tradisional gethuk yang sangat khas jenis Kediri, Jawa Timur. Namanya adalah Gethuk Bananas. Gethuk Banana adalah sejenis makanan tradisional gethuk yang terbuat dari bahan dasar pisang. Gethuk yang satu ini berbeda dengan gethuk pada umumnnya, baik dari segi bahan, penyajian dan rasa.Gethuk Pisang adalah salah satu makanan khas kota Kediri, Jawa Timur. Konon, Gethuk Pisang ini adalah makanan tradisional yang sudah ada sejak dahulu kala dan diwariskan turun-temurun oleh orang-orang di sana. Kini selain menjadi camilan khas, Gethuk Banana juga digunakan sebagai oleh-oleh bagi pengunjung atau wisatawan yang datang ke kota Kediri. Resep Membuat Sega Ayam Khas Semarang

Asal usul gethuk gedhang/pisang

Pisang Gethuk ini tidak seperti gethuk yang umumnya terbuat dari ubi atau ubi, karena Gethuk Banana terbuat dari pisang. Pisang yang digunakan adalah jenis pisang khusus, sehingga memiliki rasa yang khas. Selain itu Pisang Gethuk juga dibungkus dengan daun pisang sebagai lemper, sehingga menghasilkan aroma yang sangat khas.

Memproses Gethuk gedhang/Pisang

Pisang Gethuk terbuat dari jenis khusus, yaitu pisang raja pisang jenis nangka. Nangka pisang raja memiliki aroma dan rasa yang khas, selain itu teksturnya juga cocok untuk menjadi gethuk. Pengolahan pisang Gethuk cukup sederhana. Pisang pertama dikupas dan dihaluskan dengan cara digiling hingga menjadi seperti adonan. Kemudian tambahkan gula dalam adonan sebagai pemanis. Karena ada juga penambah rasa yang menambahkan sedikit gula dan vanili dalam adonan. Adonan dan aduk hingga rata. Kemudian kenakan daun pisang lalu dibungkus dengan cara digulung dan disematkan dengan tongkat agar tidak lepas. Dan yang terakhir, yang telah membungkus adonan sehingga adonan mengeras dan aroma daun pisang kukus terasa.

Rasa yang dimiliki gethuk gedhang/pisang

Gethuk Pisang ini memiliki rasa yang sangat khas. Perpaduan rasa manis dan asam yang sangat khas dari pisang memberi rasa tersendiri pada Banana Gethuk ini. Selain itu aroma pisang dan daun pisang dirasakan yang memberikan sensasi saat kita memakannya. Gethuk sangat cocok sebagai camilan Pisang saat nongkrong bersama keluarga atau teman. Selain unik, Gethuk Banana juga sehat dimakan karena bahannya sangat alami dan tanpa bahan pengawet.

Tempat kuliner Gethuk gedhang/pisang

Gethuk Pisang ini adalah makanan tradisional yang cukup terkenal di Kediri, Jawa Timur. Di sana, makanan sangat mudah ditemukan, karena banyak pedagang yang menjual makanan, baik di pasar, warung, maupun toko suvenir. Bagi Anda yang berkunjung ke kota Kediri, tentu terasa kurang lengkap jika tidak membawa pulang makanan khas yang satu ini. Dalam kondisi normal Gethuk Pisang bisa bertahan hingga 2 hari, karena tidak menggunakan bahan pengawet. Tetapi jika Anda menyimpannya di kulkas, itu bisa bertahan hingga 5 hari. Resep Membuat Sate Sapi Ungaran Khas Semarang

Resep membuat gethuk gedhang/pisang

BAHAN :

  • 5 sisir (10 kg) pisang raja nangka, cuci bersih
  • 425 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang seperlunya
  • Lidi secukupnya

CARA MEMBUAT GETUK PISANG KHAS KEDIRI:

  • Kukuslah pisang sampai matang, angkat dan lalu kupaslah.
  • Campurkanlah gula pasir, pisang, dan garam.
  • Padatkan adonan, biarkanlah uap panasnya menjadi hilang.
  • Siapkan daun pisang. Lantas bungkus dengan daun pisang menyerupai lontong dan semat pada kedua ujungnya dengan lidi.
  • Kukuslah sekitar 30 menit atau sampai matang. Angkat dan biarkan dingin sehingga mengeras.
  • Siap untuk disajikan.

Es Buto IJo Minuman Khas Kediri

kuliner di kediri

Selain makanan khas Kediri yang terkenal, ada juga loh Minuman enak dan segar yang hadir di Indonesia. terkenal dengan nama es buto ijo khas jawa timur kediri ini tidak terlalu terkenal di indonesia. Namun di Jawa bagian timur, es buto ijo saat ini sedang menjadi tren. memiliki nama yang menyeramkan seperti buto ijo tapi rasa yang disajikan sangat enak dan segar. Apakah Anda membaca bagaimana resep minuman buto es ini? Tenang, kami akan berbagi resep minuman ini dengan Anda. Mari kita lihat langkah-langkah untuk membuat es buto ijo di bawah ini.

Bahan Membuat es buto ijo :

  • 1 buah kelapa muda ( kerok daging buahnya )
  • 100 gr kolang kaling ( potong menjadi 3 bagian )
  • 2 sdm sagu mutiara ( rebus dengan air )
  • 150 gr nata de coco
  • susu kental manis putih secukupnya
  • 1 sdm selasih ( rendam dalam air sampai terapung )
  • sirup rasa melon secukupnya
  • es batu serut secukupnya
  • 120 gr kacang hijau ( rebus dalam air mendidih sampai matang )

Cara Membuat Es Buto Ijo :

  • Campurkan kacang hijau, kolang kaling, sagu mutiara, selasih dan nata de coco, aduk hingga merata
  • Masukkan juga kelapa muda yang sudah dikerok memanjang
  • Masukkan es batu yang sudah diserut halus kedalam campuran bahan es
  • Tambahkan sirup melon dan susu kental manis pada bagian atasnya
  • Aduk dengan sendok lalu siap dinikmati

Nah itu dia ada beberapa makanan khas Kediri yang perlu kalian jajali satu persatu. Rasa dan kualitasnya tidak pernah mengecewakan lidah para pelanggan loh. Diartikel ini juga menyebutkan salah satu makanan khas Kediri beserta minuman khas Kediri yang cocok dipadukan oleh lidah kalian. Dijamin kalian tidak akan menyesal mencoba makanan yang ada di artikel ini. Jika kalian bingung dimana letak restaurant yang menjual berbagai macam makanan ini, kalian tidak perlu khawatir, disini juga menyediakan beberapa recommend restaurant yang enak dan tidak akan mengecewakan kalian. Jika kalian semua mau tahu apa saja masakan dan kuliner khas dari Negara tercinta kita yaitu Indonesia, kalian jangan lewatkan artikel artikel yang akan dipost di bacaterus.net. terimakasih untuk kalian yang telah membaca artikel ini. Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang makanan khas Kediri.