20 Tempat Wisata Tasikmalaya Terbaru

Enam puluh kilometer dari Garut, Tasikmalaya terkenal dengan alas anyamannya, payung lukis dan batik dari desain dan warna tertentu. Secara geografis, Tasikmalaya terletak antara 107 ° 53 ‘hingga 108 ° 20’ bujur timur dan antara 7 ° 3 ‘dan 7 ° 49’ lintang selatan. Seperempat Kabupaten Tasikmalaya ini juga memiliki luas kira kira 256.756.692 hektar, ditutupi oleh hutan. Kabupaten ini dapat dibagi menjadi dua wilayah, dataran rendah dan daerah pegunungan.

Kabupaten Tasikmalaya kaya akan tempat-tempat menarik dan atraksi budaya. Dikabupaten ini memiliki tempat wisata yang bisa kalian ekspos. Nah, kalian pasti penasaran apa saja tempat wisata tasikmalaya yang wajib kalian kunjungi. Mari kita simak. Kalian mengaku pecinta alam? Belom jad pecinta alam kalau belum mengunjungi  wisata alam tasikmalaya loh, nah yang ingin liburan sambil menikmati wisata budaya tasikmalaya. Wajib banget mengunjungi 7  wisata ini. Yuk simak apa saja wisata wisata tasikmalaya.

Air Terjun Curug Dengdeng

tempat wisata tasikmalaya

Hal yang paling luar biasa untuk dilakukan di Tasikmalaya adalah di Curug Dengdeng Waterfall objek wisata di tasikmalaya yang satu ini dikenal sebagai bagian dari Air Terjun yang menakjubkan di Indonesia. Dengdeng sendiri berasal dari kata “bedengan” yang artinya level. Air terjun yang dibangun secara alami, memiliki 3 tingkat pohon rindang di sekitar area tersebut. Tingkat pertama untuk melihat aliran Cikambang.

Tingkat kedua untuk melihat pemandangan air terjun yang paling indah, juga sebagai tempat untuk mandi, baik turis maupun lokal. Tingkat ketiga untuk melihat seluruh air terjun itu sendiri. Di bawah air terjun ketiga ini, Anda dapat melihat dan menikmati kolam seperti itu dengan air bersih dan murni. Warna air membuat Anda terobsesi untuk terjun dan berada di sana untuk sementara waktu.

Sambil terjun, Anda juga harus berhati-hati karena air terjun dikelilingi bebatuan kecil. Itu bukan hanya batu, namun memiliki lubang kecil di dalamnya. Lubang-lubang terlihat sangat mirip dengan karang dengan diameter hingga 80 sentimeter. Curug Dengdeng Waterfall terletak di Caringin, Cikawung Gading Village, Tasikmalaya, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 90 kilometer dari Tasikmalaya, dan akan memakan waktu 3 jam tanpa kemacetan.

Curug Dengdeng Waterfall adalah ikon Tasikmalaya. Saat musim liburan, akan ramai sekali. Yang berarti Anda harus berada di sini dalam hari kerja. Meskipun demikian, Anda masih bisa menangkap tempat di liburan selama Anda tiba lebih awal dari yang lain.

Kampung Naga atau Naga Village

wisata di tasikmalaya

Kampung Naga adalah sebuah dusun yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat. Orang-orang yang menduduki Kampung Naga terkenal memiliki semangat yang kuat untuk menyembah para jangkar mereka. Dalam hal, mereka semua sedikit berbeda dengan orang-orang dari luar dusun. Sebagian besar penduduk di luar lebih suka bekerja bersama sebagai kerangka kerja, hanya dengan cara tradisional.

Kampung Naga adalah lahan produktivitas yang bisa subur memperpanjang musim. Tanahnya hanya satu setengah hektar. Sebagian besar lahan digunakan untuk perumahan, pekarangan, dan sisanya tentu digunakan untuk pertanian. Penduduk di Kampung Naga dapat bertahan dari masalah ekonomi karena pertanian itu sendiri. Dari media sumber, pertanian dipanen dua kali setahun.

Gua Malawang

pantai di tasikmalaya

Apa hal terbaik tentang Gua Malawang? Anda dapat belajar sejarah atau berinteraksi dengan alam. Cara itu terlihat biasa-biasa saja. Namun, tidak mudah untuk sampai ke gua. Itu terletak di tengah-tengah perkebunan, seperti semak-semak. Itu artinya Anda akan menjelajahi seluruh semak jika ingin berada di Gua Malawang.

Arkeolog telah menemukan 13 potongan pecahan tembikar kuno. Tidak hanya itu, mereka juga menemukan tulang-belulang binatang, kapak batu, dan semua benda bersejarah. Meskipun Gua Malawang bukanlah tempat khusus di Tasikmalaya, tetapi tetap memberikan yang layak untuk didatangi.

Mata Air Panas Ciawi

tempat wisata tasikmalaya ciawi

obyek wisata tasikmalaya juga memiliki pemandian air panas terbaik di Bandung. Jauh dari kegiatan sehari-hari, baik di rumah, kantor, atau di tempat lain. Kali ini adalah momen terbaik untuk memanjakan diri menuju Ciawi Hot Spring. Ketika Anda merasa stres, bosan, lelah, lelah, dan tidak meninggalkan energi, temui di Pemandian Air Panas Ciawi dan repower sendiri.

Tempat itu terlihat seperti kolam untuk berendam. Anda bisa berendam untuk sementara dan mengambil kembali energinya. Untuk mendapatkan layanan terbaik, tinggal di dekat Pemandian Air Panas Ciawi untuk bermalam dengan rekan kerja. Ada banyak pilihan untuk tinggal di dekatnya. Pastikan Anda mengesampingkan kamar hotel atau vila terbaik yang menawarkan layanan terbaik untuk relaksasi.

Situ Gede

tempat wisata karang resik tasikmalaya

Situ Gede adalah bahasa Sunda, dalam bahasa Inggris berarti danau besar. Secara harfiah, Situ Gede tidak sebesar itu, tetapi dibandingkan dengan danau lain di Tasikmalaya, Situ Gede adalah yang terbesar. Turis atau penduduk setempat tahu tentang Situ Gede dengan sangat baik.

Mengunjungi Tasikmalaya juga tidak lengkap jika Anda tidak meluangkan waktu untuk berada di Situ Gede. Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini, memancing, duduk, joging, atau menjelajahi danau dengan perahu atau semacamnya. Situ Gede juga difasilitasi dengan area parkir, jalur jogging, dan tempat untuk berdoa.

Menikmati matahari terbenam adalah suatu keharusan di Situ Gede. Pastikan Anda akan pergi setelah matahari terbenam muncul. Jangan lupa membawa makanan, minuman, dan barang jika Anda berencana untuk tinggal berjam-jam. Nah, wisata yang satu ini adalah termasuk tempat wisata tasikmalaya ciawi yang cukup populer disini.

Alamat – Jl. Situ Gede, Mangkubumi, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia

Tiket Masuk – Rp 4.000 / setiap

Tebing Melompat di Tonjong Canyon

objek wisata tasikmalaya

Sekilas, Tonjong Conyon terlihat seperti Green Canyon. Tempat wisata tasikmalaya yang satu ini sangat menawarkan pemandangan indah yang dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi. Dibangun di dalam keindahan alam dengan air pirus diapit oleh tebing kapur. Aktivitas terbaik untuk dilakukan di sini di Tonjong Canyon adalah melompat tebing.

Dari batu terbalik, pergi melompat dan berada di air biru kehijauan. Ini hanya melompat tetapi tangan Anda ton ketenangan menyebabkan Anda terlibat dengan alam. Pergi jelajahi Tanjung Conyon dengan berenang satu ke sisi yang lain. Anda juga dapat menyewa perahu untuk menjelajahi seluruh area. Satu hal yang harus Anda ingat, harap berhati-hati ketika Anda terjun ke air. Karena batu agak licin, jika Anda ceroboh, mungkin Anda akan menabrak batu besar dan terluka.

Perkebunan Teh Taraju

tempat hunting di tasikmalaya

Mata kita menjadi lebih baik setiap kali kita melihat makhluk hijau, rumput, pohon, atau perkebunan lain. Jika Anda ingin kembali ke alam hijau, pergilah ke Perkebunan Teh Taraju di Tasikmalaya. Lanskap hijau di sini pikiran bertiup. Anda merasakan kata-kata serakah itu, dan hati Anda jelas berubah menjadi hangat.

Perkebunan Teh Taraju adalah biasa-biasa saja. Seluruh pemandangan di sini memungkinkan Anda merasa bebas. Anda dapat berteriak keras jika Anda mau, berlari mengikuti jalan sempit, dan membantu para petani memetik daun teh. Lebih terlibat dengan alam adalah suatu keharusan untuk merasakan ketenangan dan membuang tekanan-tekanan itu.

Nah, temen temen traveler yang suka mengunjungi pantai bersama teman teman dan keluarga, kalian juga harus tahu nih apa saja wisata pantai di tasikmalaya yang cukup populer di daerahnya. Nih ada beberapa recommendasi dari atikel bacaterus.net

Pantai Cipatujah

wisata alam tasikmalaya

Pantai Cipatujah adalah salah satu pantai favorit di antara para wisatawan dari warga Tasikmalaya sendiri untuk rekreasi ke pantai ini, meskipun pada tahun 2006 dan kemudian di gelombang tsunami tetapi sekarang daerah ini bersih dengan meningkatkan dan menambahkan beberapa fasilitas yang mendukung wisatawan.

Pantainya panjang dan indah juga pasirnya bersih, kita bisa berenang atau hanya bermain air di tempat ini tetapi tidak terlalu jauh dari garis pantai karena ombak besar jadi sedikit berbahaya. Pemandangan matahari terbenam atau terbenam di kawasan ini juga tidak kalah indah. Lokasi pantai ini terletak di desa Cipatujah, kecamatan Cipatujah dengan jarak kurang lebih 74 KM ke arah selatan kota Tasikmalaya.

Pantai Sindangkerta

obyek wisata tasikmalaya

Pantai Sindangkerta memiliki pesona alam yang memukau, pantai berpasir putih dan rugged serta menyeret dan menyeret para wisatawan. Tempat ini juga memiliki taman laut besar yang disebut “Taman Leungsar” di mana di taman laut ini kita dapat menemukan beberapa spesies laut kecil seperti bintang laut, ikan hias, siput, kerang, kepiting kecil bahkan di tempat ini juga memiliki orang-orang pembiakan penyu hijau dan jika beruntung, pada waktu-waktu tertentu kita bisa pergi untuk menghilangkan penyu-penyu laut

Pantai Pamayangsari

objek wisata di tasikmalaya

Pantai yang khas dengan lokasi yang melintasi jalan raya ini adalah desa nelayan. Jika pertama kali objek wisata tasikmalaya ini disebut perahu yang bersandar di pantai, jadi ini disebut ‘Pamayang’ dalam bahasa Sunda yang berarti Nelayan. Terlihat sebagai dermaga perahu nelayan, maka ada juga menara yang cukup tinggi sebagai tempat pengamatan laut.

Dengan pantai berpasir hitam Pengunjung yang singgah di tempat ini dapat menikmati suasana laut biru dan garansi jika mengunjungi tempat ini akan merasa enggan untuk pindah dari sini. Banyak warung yang tersedia, atau tempat makan yang menyediakan makanan dengan harga yang wajar masih terjangkau

Pantai Karangtawulan

tempat wisata tasikmalaya

Pantai yang masuk tempat wisata tasikmalaya ini memiliki pemandangan yang berbeda dengan pantai lainnya yang terletak di sepanjang Pantai Selatan. Berkendara dari tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan dari atas bukit, di mana ia juga dapat melihat berbagai bentuk terumbu karang yang terletak di sekitar pantai ini. Terumbu karang besar di tengah pantai menambah pemandangan dan memanjakan mata dari lokasi ini.

Pantai Cimanuk

wisata di tasikmalaya

Pantai yang mencapai sekitar 1,5 KM di sebelah timur pantai karangtawulan ini memiliki pesona tersendiri di mana ada pulau kecil di tengah pulau terdapat cusuar. Menurut beberapa informasi dari orang-orang yang namanya Nusa manuk, ada sebagai tempat memancing, jadi bagi anda yang suka memancing ikan laut, mungkin tempat ini bisa dijadikan referensi.

Yang unik di sini adalah keberadaan batu karang besar yang terletak sejajar dengan Nusa Manuk. Kita bisa menaiki batu ini dengan tidak terlalu susah dan dari atas batu ini pengunjung dapat melihat pemandangan Pantai Karangtawulan dari kejauhan. Saat Kalian bingung mau mengunjungi wasata tasikmalaya, jangan khawatir loh diartikel ini akan membahas objek wisata di tasikmalaya yang recommend dan pas untuk dijadikan spot foto instagram, yuk simak apa saja tempat yang cocok untuk kalian.

Pemandian Air Panas Ciawi

pantai di tasikmalaya

Tempat wisata tasikmalaya kali ini bernama Pemandian Air Panas Ciawi Tasikmalaya, ada pemandian air panas yang wajib dikunjungi, yaitu Pemandian Air Panas Ciawi yang bisa menjadi tempat relaksasi paling oke. Jika dari Bandung, cobalah untuk mengambil arah Ciawi dari persimpangan Nagreg dan di jalan akan menemukan lokasi mandi yang satu ini.

Ada dua kolam renang untuk mandi, yaitu air panas dan air dingin sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Kedua kolam disediakan di setiap bilik kamar mandi sehingga pengunjung dapat memilih dengan bebas kolam mana yang akan digunakan. Setelah menikmati bak mandi air panas dan merasa lelah telah dirilis, waktu untuk memanjakan diri belum selesai karena masih ada beberapa fasilitas lain di dekat area pemandian ini.

Bagi yang lapar dan haus, ada sejumlah restoran yang dapat ditemukan di sepanjang jalan sehingga selain dari tujuan relaksasi, wisata kuliner bisa dilakukan di daerah ini. Pengunjung dikenakan biaya air panas sebesar Rp 2.500. Sementara untuk menggunakan kamar mandi, pengunjung akan dikenakan biaya Rp5 ribu. Namun perlu diketahui bahwa kedua harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Kampung Naga

Kampung NagaMungkin banyak dari kita yang penasaran dan heran mengapa sebuah desa menjadi salah satu tujuan yang harus dikunjungi. Kampung Naga juga dikenal sebagai kampung adat yang berarti bahwa penduduk kampung ini masih sangat menjunjung tinggi semua adat istiadat dan tradisi yang diwariskan oleh leluhur mereka.

Para wisatawan harus waspada ketika datang mengunjungi suatu daerah yang pabeannya masih sangat lebat dan perlu mempertahankan sikap sebaik mungkin. Keunikan Naga Village yang jelas adalah bangunannya, yang semuanya menghadap ke arah yang sama; Bahkan dalam hal ukuran dan desain bangunan rumah hampir semuanya mirip satu sama lain.

Beberapa pengunjung mungkin bertanya-tanya apakah di desa naga ini benar-benar ada naga yang tersembunyi. Padahal, meski ada kata naga tapi bukan berarti desa ini memiliki naga. Kampung disebut Kampung Naga karena lokasinya di hutan yang juga dianggap sebagai pagar alam.

Lebih asik, turis akan menemukan bahwa bangunan di desa ini semuanya dibuat dengan bahan dari non-pabrik. Di tempat ini tidak menggunakan listrik, tetapi beberapa penduduk diketahui telah menggunakan listrik, dan bahkan kemudian baterai atau baterai saja. Untuk mencapai tempat ini tidak sulit karena tepat di pinggir jalan utama Tasik Garut sehingga pengunjung tidak akan tersesat atau bahkan harus mencarinya dalam waktu yang lama. Tempat wisata ini juga cocok dijadikan sebagai tempat hunting di tasikmalaya loh.

Taman Waterboom Maarif

tempat wisata tasikmalaya ciawi

Waterboom Maarif GardenDidirikan pada tahun 2008, lokasi wisata taman air ini dibangun dengan tujuan utama sebagai tempat wisata keluarga. Waterboom yang dibuka pada bulan Agustus ini rupanya menawarkan beberapa wahana yang cukup banyak dan bervariasi untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

Liburan ke Tasikmalaya bersama dengan anak-anak tentu akan sangat menyenangkan bagi mampir ke tempat ini, sebab di sinilah pengunjung bisa puas bermain bola gelo, flying fox, waterboom, dan kolam renang dengan keseruan maksimal. Selain itu, tersedia juga becak mini yang bisa digunakan untuk kawasan waterboom ini.

Para orang dewasa yang sehat dapat mencoba layanan spa ikan atau terapi ikan. Waterboom ini juga dikenal menyediakan saung yang bisa disambangi untuk istirahat instan. Mungkin bagi wisatawan yang suka bepergian kuliner bisa menemukan kuliner yang sangat layak untuk dicoba.

Pengunjung hanya dikenakan Rp5 ribu untuk bisa masuk, namun untuk dapat menikmati setiap wahana, tamu akan menghemat biaya lagi. Harga tersebut berlaku baik di hari biasa maupun di akhir pekan. Harga bisa sewaktu-waktu berubah.

Air Splash Indihiang

Air Splash IndihiangSelain dari Waterboom Maarif Garden, liburan keluarga yang paling asyik juga bisa jadi di Air Splash Indihiang yang merupakan salah satu tempat wisata tasikmalaya dengan wahana air terbaik. Waterpark ini cukup ramai dikunjungi karena ada beragam fasilitas wahana yang bisa dimainkan, seperti boom boom mobil, gookart, M2HL, boogie, naik kiddie, mini kincir, komedi putar, Moto GP Mini, ATV anak, becak mini, charger mobil, kereta mini, ATV dewasa, perahu kano, dan flying fox.

Masih ada juga fasilitas gazebo yang bisa dinikmati selama 3 jam, berikut juga Tube Double dan Tube Single yang pasti seru. Tidak ketinggalan dan waterpark yang didirikan sedari tahun 2009 ini juga memiliki wahana seperti kolam khusus balita, kolam arus, permainan trampolin, kolam pusaran air, dan bahkan juga ada makanan bagi yang lapar sehabis puas bermain.

Dari wahana yang biasa hingga menantang semuanya tersedia di waterpark satu ini. Pengunjung dikenakan biaya Rp 20 ribu jika memesan antara hari Senin hingga Jumat. Sementara itu, khusus di hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah, pengunjung dikenakan biaya Rp 25 ribu.

Harga tersebut untuk dapat menikmati fasilitas trampolin, slide extreme, dan berenang. Pengunjung Wajib Buat uang mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu untuk dapat menggunakan setiap wahana yang disediakan oleh waterpark

Masjid Agung Manonjaya

tempat wisata karang resik tasikmalaya

Masjid Agung ManonjayaSelain wisata alam yang segudang, wisata religi pun bisa dilakukan di Tasikmalaya. Hal ini karena Tasikmalaya memiliki sebuah masjid bernama Masjid Agung Manonjaya yang sudah ada dari tahun 1832. Masjid tua ini dibangun pada zaman Kerajaan Sukapura di tempat masa itu dipimpin oleh Raden Tumenggung Danuningrat.

Masa di mana menjadi awal mula Tasikmalaya berdiri. Jika datang dari pusat kota Tasikmalaya, para wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 12 kilometer untuk dapat sampai ke masjid ini. Ada banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi masjid ini, jadi tidak akan membantu jika Anda mencari tempat ini sebagai liburan liburan Anda.

Sebagai tambahan informasi, masjid ini telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan cagar budaya bersama dengan Masjid Agung Sumedang. Badan Arkeologi RI-lah yang mengeluarkan ketetapan tersebut pada tahun 1975 dan ledakan pada UU Kepurbakalaan.

Taman Mangkubumi Indah

Taman Mangkubumi IndahLiburan di Tasikmalaya akan menjadi sangat lengkap jika di tempat-tempat lain. Taman Mangkubumi Indah di mana bisa menjadi tempat yang bagi para keluarga bersantai. Taman ini memiliki sebuah kolam besar yang sangat mirip dengan danau dan inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Taman Mangkubumi Indah.

Selain bisa berjalan-jalan rumah atau duduk-duduk santai menghirup udara segar, ada berbagai macam wahana yang disediakan di tempat ini, seperti sepeda udara. Di sekitar kawasan taman ini pun ada tempat tinggal yang sangat mahal, Ruang bagi pengunjung yang ingin menginap di tempat ini bisa mencari yang pas di kantong.

Di taman ini pun terdapat sebuah gazebo yang bisa digunakan untuk duduk-duduk atau tiduran santai sambil memandangi panorama sekitar. Jika datang di saat yang tepat, pengunjung akan sangat beruntung karena bisa menonton acara pentas seni dan hiburan lain yang biasa dipakai di tempat ini. Itulah mengapa di taman ini terdapat sebuah panggung hiburan dengan ukuran besar.

Teejay Waterpark

objek wisata tasikmalaya

Tempat wisata tasikmalaya Teejay WaterparkWaterpark ini  juga akan memberikan sejuta hiburan bagi para wisatawan adalah Teejay Waterpark yang sama sekali tidak boleh tertinggal untuk dikunjungi selama ada di Tasikmalaya. Bagi yang senang bermain udara, tempat ini adalah yang paling pas, tapi di kawasan waterpark ini pun ada tempat belanja (Asia Plaza) yang bisa didatangi. Berkonsep mewah, taman bermain

Karang resik tasikmalaya

tempat hunting di tasikmalaya

Tempat wisata karang resik tasikmalaya ini adalah taman kota yang dikelola langsung oleh pemerintah kota Tasikmalaya yang terletak di Jln. Mochamad Hatta, Kota Tasikmalaya. Objek wisata yang ada di kota antara Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis melalui jalur interkoneksi antarprovinsi di pulau Jawa, menjadikan taman ini sebagai objek wisata yang sangat strategis.

Jarak tempuh dari pusat Kota Tasikmalaya menjadi atraksi karangresik sekitar 2 KM. Situs wisata karang resik yang terletak di perbatasan Tasik-Ciamis sangat mudah digunakan oleh masyarakat Tasik-Ciamis, masyarakat kecil. Taman kota yang memiliki luas 32 hektar ini mengusung konsep wisata agro, wisata alam, wisata maksimal, pendidikan, budaya, dan lain-lain.

Beberapa tempat di tempat itu pengunjung dapat menikmati di rumah hobbit, cikapundung teras, taman peta, pondok maribaya, barusen, waterboom, taman bunga, museum 3D, rumah pertanian, kafe di lereng bukit, amphiteather, flying fox, river rafting citanduy, dan banyak lagi. Harga tiket tur karang cukup terjangkau, hanya Rp. 15.000, – per orang.

Jika Anda suka menikmati akomodasi yang ada di dalam rubah, rafting, Rumah Pertanian, dan Waterboom, cukup manfaat Rp. 20.000, – per orang untuk dimasukkan dalam tempat wisata tambahan. Tasikmalaya belakangan memulai berbenah mempercantik kota dengan berbagai macam renovasinya.

Salah satu yang ialah yang paling banyak digemari masyarakat yaitu adanya taman Kota yang berada tepat di depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Taman kota ini dahulunya ialah bekas kantor DPRD Tasikmalaya lalu di ubah menjadi ruang terbuka hijau. Kota tasikmalaya ini mempunyai banyak tempat wisata tasikmalaya yang dapat kalian kunjungi loh, dengan melihat artikel ini kalian bisa melihat dan membaca apa saja tempat wisata di tasikmalaya yang dapat kalian datangi bersama seluruh keluarga.

Selain tempat wisatanya yang terkenal disini juga memiliki beberapa wisata kuliner khas yang bisa kalian coba cicipi saat berkunjung di tasikmalaya ini loh. Jika kalian mengunjungi kota ini, dijamin kalian tidak akan rugi deh. Semoga beberapa Wisata di tasikmalaya bisa membantu kalian. Terimakasih telah membaca.