22 Pesona Wisata Di Balikpapan Terbaru

Balikpapan adalah sebuah kota di Kalimantan Timur, Indonesia. pada tahun 2016 perekonomian terbesar di seantero Kalimantan, dengan total PDRB mencapai Rp79,65 triliun dimiliki Kota ini. Dari sisi kependudukan, di Kalimantan Timur Balikpapan adalah kota terbesar kedua (setelah Samarinda) dengan total penduduk sebanyak 778.908 jiwa, yang merupakan 21.6 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia adalah Balikpapan.  maskot kota Balikpapan dan Logo sering kali disebut dengan Bumi Manuntung dan Kota Minyak (Banua Patra) ini adalah beruang madu. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan (logat Banjar).

Salah satu bagian dari wilayah negara dependen Kesultanan Kutai adalah Daerah Balikpapan dan Balikpapan Seberang (Penajam). Tahun 1942 Penajam termasuk dalam wilayah Balikpapan. pada umumnya Kalimantan termasuk dari bagian Kutai Sejak pada sekitar tahun 1636, negara bagian Paser dan negara bagian Berau diklaim sebagai wilayah mandala negara Kesultanan Banjarmasin. kedaulatan Sunan Nata Alam di Kalimantan telah sebagian besar diserahkan kepada perusahaan VOC Pada 13 Agustus 1787, kemudian diperbarui lagi pada masa Sultan Adam pada tanggal 4 Mei 1826. Tahun 1844, bekas negara bagian Kutai secara resmi mendapat pengakuan sebagai negara dependensi di dalam negara Hindia Belanda Setelah itu Kalimantan menjadi wilayah negara Hindia Belanda.  dalam zuid-ooster-afdeeling termasuk dari Kutai berdasarkan Bêsluit van den Minister van Staat Pada tahun 1849 Menurut Staatsblad van Nederlandisch Indië, Gouverneur-Generaal van Nederlandsch-Indie, pada 27 Agustus 1849, No. 8 Tahun 1855, dari de zuid- en oosterafdeeling van Borneo yang beribukota di Banjarmasin yang merupakan sebagian dari Kutai.

85% perbukitan serta 12% berupa daerah datar yang sempit terutama berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan sungai kecil serta pesisir pantai adalah wilayah Kota Balikpapan. Dengan dominan tanah merah yang kurang subur karena kondisi tanah yang bersifat asam (gambut). Sebagaimana layaknya wilayah lain di Indonesia, kota ini juga beriklim tropis. memiliki teluk yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut komersial dan pelabuhan minyak karena keberadaan Kota ini di pesisir timur Kalimantan yang langsung berbatasan dengan Selat Makassar.

Suku Balik adalah Suku asli dan suku minoritas di Balikpapan. Suku Balik biasanya digabungkan ke dalam Suku Paser karena dianggap serumpun sehingga disebut Paser-Balik, padahal sebenarnya Suku Balik tidak mau serta merta disamakan dengan Suku Paser, karena terdapat beberapa perbedaan. Seperti yang terjadi di kawasan Kalimantan lainnya, Suku Banjar yang datang ke Balikpapan menyerap unsur-unsur suku lokal melalui perkawinan campur (hibrida) dengan Suku Balik dan Suku Paser yang memunculkan komunitas Banjar-Balik. ada lima budaya dasar salah satunya adalah Rumpun Kalimantanyang berasal dari suku bangsa asal Kalimantan yang di garis besar, empat di antaranya terdapat di Balikpapan Kalimantan Timur yaitu: Banjar, Kutai, Dayak, Paser yang biasa disingkat Komunitas BAKUDAPA atau jika ditambah etnis Tidung menjadi BAKUDAPATI(akronim Banjar, Kutai, Dayak, Paser, Tidung) jika dihitung mencapai 31,39% populasi (sensus tahun 2000). Suku Banjar merupakan yang terbanyak sejak masa kolonial Di antara ke-empat suku asal Kalimantan. banyak pula suku-suku asal dari pulau Sulawesi, Jawa, Sumatera, dan pulau lainnya sehingga yang pada awal pertumbuhan kota Balikpapan setidaknya terbentuk tiga kantong permukiman Banjar, Jawa dan Bugis Selain empat suku di atas.

di Kalimantan Timur memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Balikpapan. Dan mempunyai banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Hutan Bakau Margomulyo

wisata di balikpapan

Destinasi wisata di balikpapan ini merupakan hutan kota yang ada di Balikpapan lokasinya sangat dekat dengan pusat kota yang bernama Hutan Bakau Margomulyo. Di tempat wisata yang satu ini, terdapat sebuah Jembatan kayu terbentang sepanjang 800 meter yang dapat dipakai pengunjung untuk menikmati lokasi hutan bakau yang hijau. Bagi anda yang ingin melihat bekantan, datanglah ke tempat wisata balikpapan Hutan Bakau Margomulyo pada pagi atau menjelang matahari terbenam terdapat fasilitas yang lain di sini adalah menara intai Selain jembatan kayu. kalian bisa melihat aneka ragam burung yang menghuni kawasan Hutan Bakau Margomulyo Lewat menara ini. kita wajib untuk menjaga kebersihan dan tak sembarang buang sampah Jika sudah memasuki kawasan wisata. anda tidak perlu membayar tiket Untuk masuk lokasi wisata.

Caribbean Island Waterpark Wisata Di Balikpapan

tempat wisata balikpapan

Berbagai wahana permainan yang mengasyikkan bisa kita coba di Caribbean Island Waterpark yang dijuluki sebagai taman wisata air yang paling besar di kawasan Indonesia bagian timur. Pasti mereka akan betah karena Tempat wisata di balikpapan ini paling cocok sebagai wisata keluarga. Terlebih jika anda mengajak putra putri anda untuk menikmati wisata di sini. Jika Anda tidak ingin berenang, anda dapat menunggu di pondok kayu sembari mengawasi buah hati Anda. menyaksikan pertunjukan air yang ada di panggung terbuka atau bermain flying fox adalah satu ini Kegiatan lain yang dapat dilakukan ketika berada di lokasi wisata ini. Dan untuk akhir pekan tiket dihargai Rp 60.000 per orang untuk segala usia dan Harga tiket masuknya Rp 45.000 per orang (umum), pelajar dipatok seharga Rp 25.000 per orang

Alamat : Jalan Kolonel Syarifudin Yoes II (Ring Road II), Balikpapan.

Pantai Kemala

tempat nongkrong di balikpapan

salah satu pantai di Balikpapan yang ramai kunjungan adalah Pantai Polda atau disebut juga dengan nama Pantai Kemala, terlebih ketika akhir pekan atau liburan Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan pada salah satu objek wisata di balikpapan ini antara lain adalah menikmati wahana permainan air (banana boat dengan biaya Rp 25.000,- per orang dan jetski dengan biaya Rp 800.000,- per orang). serta berenang di Pantai Kemala sembari mengobrol santai duduk di tepi pantai, Di pantai yang memiliki pasir putih bersih ini terdapat banyak warung makan yang menawarkan aneka menu mulai dari makanan khas berbagai daerah sampai dengan masakan Eropa. kalian harus membayar tiket masuk ke lokasi wisata Pantai Kemala seharga Rp 500,- per orang. Bila kalian membawa mobil tambah biaya sebesar Rp 2.000,- dan motor Rp 1.000.

Alamat : Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Selatan.

Monpera (Monumen perjuangan rakyat)

wisata di balikpapan

Di balik papan ada sebuah tugu yang menggambarkan lambang keberanian warga Balikpapan dalam mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia bernama Monpera. Latar belakang Monpera adalah sebuah pantai dengan pasir berwarna putih dan taman yang indah disekelilingnya. Di lantai bawah monumen, ada museum kecil dilengkapi dengan panggung terbuka. Wisata ini juga sering sekali dipakai untuk sebuah pertunjukan. Harga tiket parkir untuk masuk ke lokasi destinasi ini yaitu 1.000 per motor, 2.000 per mobil

Alamat : Jalan Jenderal Sudirman.

Hutan Lindung Sungai Wain

tempat wisata balikpapan

Ini adalah hutan tropis yang masih alami dan belum tersentuh tangan jahil manusia. Lokasinya ada di Kota Balikpapan. Destinasi wisata bahari ini adalah tempatnya pelindungan bagi flora dan fauna langka (kantong semar,beruang, bekantan, orang utan dan lain sebagainya serta tanaman endemik Balikpapan bernama jahe Balikpapan). Dengan lokasi berada di belantara hutan yang mempunyai luas 10.000 hektar, jika kalian sedang berkunjung ke destinasi hutan lindung sungai wain akan didampingi dengan pemandu wisata. terdapat 4 paket berkunjungan yang bisa kalian dipilih ketika sedang berwisata ke destinasi ini, paket pariwisata ini tergantung jumlah tamu yang sedang berkunjung ke pariwisata ini. Untuk para wisatawan bila ingin masuk dengan romobongan yang terdiri dari 1-6 orang bisa memilih paket A dan dibanderol dengan seharga Rp 350.000 bila. Untuk pilihan turnya ada 2 jenis. Yang pertama adalah Track-Eko-PLH-Kebun Raya dan pilihan kedua Mangrove dan Selok Puda.

Alamat : KM 23 Jalan Balikpapan-Samarinda.

Pasar Kebun Sayur Pusat Oleh Oleh Balikpapan

tempat nongkrong di balikpapan

Pasar Kebun Sayur adalah tempatnya untuk mencari oleh-oleh dan pusat kerajinan Balikpapan. Dari lokasi ini anda akan dapatkan oleh-oleh serta buah tangan atau kerajinan khas Kota Balikpapan sebagai kenang-kenangan liburan anda di Kota ini. Di pasar kebun sayur adalah salah satu pusat oleh oleh balikpapan dan Terdapat beragam jenis cinderamata yang bisa kalian pilih sebagai suvenir balikpapan antara lain adalah benda kerajinan dari manik-manik serta batu permata, batik, juga kerajinan tradisional khas Dayak (seperti Mandau dan senjata tradisional lain). Di sini tersedia pula makanan khas sebagai oleh-oleh, salah satunya adalah amplang kuku macan.

Dengan Alamat : Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan. mulai pukul 08.00 Pasar Kebun Sayur ini buka sampai pukul 18.00 WITA..

Taman Bekapai

pantai di balikpapan

salah satu tempat destinasi yang cocok untuk kalian berpariwisata dan bersantai adalah Taman Bekapai yang terletak di pusat kota. Di sini tersedia fasilitas Wi-fi gratis dan dapat dipakai sepuasnya. Pada bagian sisi luar Taman Bekapai, kita dapat melihat terdapat banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Tempat yang memang cocok untuk santai ini selalu ramai dikunjungi warga. Artinya dari tempat destinasi wisata taman bekapai ini ternyata adalah bersantai. tujuan dari di buatnya destinasi wisata di balikpapan adalah sebagai wadah tempat rekreasi untuk berbagai kawula muda ataupun orang tua yang suntuk di taman. Dan ternyata destinasi wisata ini salah satu tempat wisata malam balikpapan.

Penangkaran Buaya Teritip

pusat oleh oleh balikpapan

Penangkaran buaya ini sudah ada sejak tahun 1991 dan berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Di Taman Buaya Teritip ada setidaknya 1.450 ekor buaya, dari buaya muara, buaya air tawar sampai dengan buaya supit. menyaksikan buaya diberi makan adalah Beberapa kegiatan yang dapat kalian lihat dan dilakukan ketika berkunjung ke destinasi wisata Taman Buaya ini. Jika Anda ingin menyaksikan buaya saat dikasih makan, akan terkena biaya sebesar Rp 10.000 untuk setiap ekor ayam hidup yang akan dikasihkan ke buaya. Dan jika hasrat kalian telah dipuaskan dengan menyaksikan pertujukan pemberian makan, dapat dilanjutkan dengan kegiatan menunggang gajah lampung, sampai dengan menyantap sate buaya yang dijual seharga Rp 3.000,- per tusuk. Sate buaya dipercaya berkhasiat untuk kesehatan, lho. Sebelum kaian meninggalkan destinasi objek parawisata, lebih baik anda berburu cinderamata lebih dahulu. Ada beraneka ragam benda berbau buaya. Mulai dari pernak-pernik berbentuk buaya, tas, dompet, ikat pinggang, serta tali jam tangan yang terbuat dari kulit buaya pun tersedia. Jadwal buka tempat wisata mulai pukul 08.00-17.00 WITA dengan tiket masuk Rp 10.000,- per orang.

Pantai Manggar Segara Sari

objek wisata di balikpapan

Lokasi wisata ini sangat cocok dipakai sebagai tempat wisata keluarga. Di sini anda dapat bersantai atau berkeliling pantai naik perahu. Banyak didapati warung makan yang menawarkan kuliner lokal di area pantai. Fasilitas lainnya adalah panggung hiburan. Bila kalian ingin melakukan Aktivitas ketika liburan ke pariwisata pantai manggar sari inikalian bisa bermain main voli pantai, banana boat, jetski, layangan, bersepeda, sampai dengan main perahu ban.

Tiket masuk dibanderol seharga Rp 1.000,- per orang. Dengan kendaraan bus Rp 15.000,-. Motor Rp 2.500,- dan mobil Rp 5.000,-.

Pantai Lamaru, Pantai Di Balikpapan Terbagus

wisata malam balikpapan

salah satu destinasi wisata di balikpapan yang cocok bagi kalian yang senang suasana tenang dan damai adalah Pantai Lamaru. Tempat ini suasananya tidak terlalu ramai dan tepat untuk bersantai atau relaksasi. Hanya saja kalau akhir pekan, di sini akan ramai. Keindahan laut yang memikat dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang ingin memanjakan mata. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain adalah toilet, warung, fasilitas parkir, permainan perahu sepeda. Pasir  di pantai lamaru ini putihnya hampir sama dengan pasir lamaru yang berlokasi di danau kaolin di Bangka.

Harga Tiket Masuk  

Tiket masuk untuk ke lokasi destinasi wisata Pantai Lamaru ini dibandrol sebesar Rp 2.000 per orang. Untuk motor dikenakan biaya sebesar Rp 2.500. Sementara kendaraan mobil Rp 5.000 serta bus Rp 15.000.

Plaza Kebun Sayur

wisata di balikpapan

Plaza Kebun Sayur, tidak sesuai namanya. Plaza ini tidak menjual sayur mayur. Baju dengan harga yang murah, semua keperluan fashion, jilbab, sampai dengan sepatu, adalah beberapa benda yang dijual di Plaza Kebun Sayur, anda tentu tidak menyangka bukan? Semuanya dipatok dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan lokasi belanja yang lainnya. Tempat wisata belanja yang satu ini lokasinya ada di Balikpapan Barat. Jika anda mengidamkan belanja dengan harga harga miring atau murah serta kualitas yang hampir berkelas, maka saya sarankan jangan ragu untuk berkunjungi ke plaza kebun sayur ini.

Balikpapan Super Blok

tempat wisata balikpapan

Pusat perbelanjaan paling besar yang ada di Balikpapan bernama BSB atau Balikpapan Super Blok. Di tempat ini anda dapat memuaskan keinginan belanja anda. BSB didirikan pada tahun 2009. Dan mempunyai 7 lantai. Balikpapan super block adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar yang terdapat di daerah balikpapan, ia merupakan surganya bagi para wanita ataupun pasangan yang ingin menikmati wisata belanja. Boleh dibilang balikpapan super blok ini merupakan salah satu mall yang cukup besar dan ternama di balikpapan dan kalian bisa mencari barang atau pakainan yang tidak terdapat pada mall mall yang lain.

Rumah Adat Balikpapan

tempat nongkrong di balikpapan

Bagi anda yang suka berwisata budaya, silakan datang kemari untuk mempelajari budaya Balikpapan. Rumah Panjang atau Rumah betang adalah nama rumah ada balikpapan yang memang cukup menarik untuk di simak. Yang menarik dan epic dari rumah adat balikpapan ini adalah banyaknya anggota keluarga yang tinggal didalam rumah tersebut, tercatat bisa lebih dari 10 rumah tangga yang mendiaminya. Hingga bahkan ada ratusan orang yang mendiami rumah ini. Wisata adat ini wajib dikunjungi bagi anda yang berkunjung di Balik papan. Ini merupakan tempat wisata di Balikpapan yang memiliki histori yang bagus.

Lapangan Merdeka

pantai di balikpapan

Salah satu tempat ngumpul asyik di Kota Balikpapan adalah Lapangan Merdeka. Hampir sama dengan Taman Kota Bandung. Tak heran kalau banyak yang berkunjung bersama keluarga ke Lapangan Merdeka. Lapangan ini dilengkapi dengan area jogging. Banyak yang memanfaatkan lapangan untuk melakukan olahraga ringan. Lapangan merdeka adalah salah satu jenis tempat wisata Balikpapan yang dapat anda nikmati untuk berkumpul bersama keluarga dan anak anak anda. Lapangan ini sangat asri untuk anda jadikan tempat wisata murah. Dalam perkembangannya tempat wisata ini banyak dikunjungi pada hari libur pada pagi hari hingga sore dan sabtu minggu. Ayo ajak anak dan keluarga anda di tempat wisata murah meriah ini. Selain kami rekomendasikan tempat wisata untuk anak tk di bandung seperti taman budaya dan taman lalu pintas, nah, lapangan merdeka ini juga wajib anda perhatikan untuk anak tk.

Taman Tiga Generasi Tempat Nongkrong Di Balikpapan

pusat oleh oleh balikpapan

Tempat wisata di kalimantan timur yang jarang orang ketahui adalah taman tiga generasi. Masih membahas tentang tempat ngumpul favorit atau tempat nongkrong di Balikpapan, Taman ini termasuk di dalamnya. Taman Tiga Generasi banyak dikunjungi oleh keluarga yang ingin bersantai. Taman ini selalu ramai pengunjung, khususnya di akhir pekan. Destinasi dari wisata balikpapan ini menjadi salah satu taman perhatian khusus pemerintah yaitu taman tiga generasi, dimana taman ini rutin dirawat hingga anggarannya pun disiapkan oleh pemerintah balikpapan secara berkala. Taman ini juga menyediakan refleksi kaki batu timbul, bagi para orang tua yang memiliki masalah dengan kesehatan juga bisa berjalan di atas batu timbul tersebut untuk melancarkan peredaran darah. Tempat wisata di solo dan tempat wisata di semarang juga terdapat taman seperti ini yang cukup menarik.

Gunung Dubs

objek wisata di balikpapan

Gunung Dubs, ternyata tidak seperti namanya. Gunung ini sebenarnya adalah dataran tinggi yang berada di Kota Balikpapan. Di mana terdapat kompleks perumahan pertamina yang juga tak jauh dari kilang minyak. Pemandangan kota tampak cantik di malam hari. Di tepi jalan banyak pohon-pohon rindang yang membuat kawasan ini hawanya sejuk. Selain pemandangan kota berhias lampu-lampu indah, dari sini kita juga dapat melihat tempat hasil perkilangan minyak pertamina yang bentuknya mirip dengan drum yang sangat besar. Bersantai di daerah ini merupakan idaman bersama yang sangat menyejukkan hati dan pikiran. Udara yang bersih dan suasana yang rindang dapat anda jadikan hiburan tersendiri untuk anda dan keluarga.

Pantai Melawai

wisata malam balikpapan

Obyek wisata pantai yang satu ini pun wajib untuk dikunjungi ketika berada di Kota Balikpapan. Namanya adalah Pantai Melawai. Salah satu magnet dari tempat wisata Pantai Melawai yang lokasinya dekat dengan Pantai Kemala ini adalah pemandangan sunset yang mempesona. Tempat ini sebetulnya berbentuk teluk yang konon adalah tempat pengeboran minyak yang pertama di Indonesia. Pantai Melawai juga digunakan untuk pelabuhan, terkadang ada kapal pengangkut minyak yang tengah bersandar. Pantai Melawai akan lebih ramai tatkala hari menjelang petang karena adanya deretan café yang menyediakan beragam menu makanan khas Balikpapan serta biasa dipakai untuk tempat ngumpul anak muda. Walaupun pantai di balikpapan masih jauh jumlahnya dibandingkan tempat wisata di bangka belitung yang memiliki ratusan pantai indah, namun pantai melawai ini wajib anda kunjungi.

Bukit Bangkirai

wisata di balikpapan

Tempat wisata alam yang satu ini pun tak boleh luput dari list wisata anda. Nama obyek wisatanya yaitu Bukit Bangkirai. Di sini kita bisa melakukan petualangan melewati jembatan tali beralas papan yang menghubungkan 5 pohon bangkirai. Jembatan ini dinamakan juga dengan canopy bridge. Bagi anda yang menyukai wisata alam, terutama di daerah pegunungan, mungkin bukit bangkirai adalah salah satu yang harus anda perhitungkan. Selain tidak memiliki medan yang sulit untuk mengapainya, pemandangan pun tidak kalah dengan daerah pegunungan yang memiliki suasana asri.

Kampung Atas Air Margasari

tempat wisata balikpapan

Masa sekarang kampung apung sudah tergolong langka dan sulit dijumpai. Nah, kini di Balikpapan ada Kampung Atas Air Margasari yang sengaja dibuat oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Di kampung atas air ini kita dapat menikmati suasana dengan keliling kampung. Kegiatan lain yang dapat dilakukan juga yaitu memancing dengan memakai alat pancing yang telah tersedia. Nah, bagi anda yang ingin suasana tempat wisata lain dari yang lainnya, ada baiknya anda mengunjungi kampung air ini, anda dapat menghabiskan waktu luang untuk berbagai hal yang bermanfaat seperti memancing.

Angkasa Air Soft Gun Area

tempat nongkrong di balikpapan

Wisata yang satu ini agak berbeda dengan yang ada di tempat lain dan termasuk ke dalam wisata militer. Bagi anda yang menyukai olahraga air soft gun, di kota Balikpapan bisa anda temukan perkumpulan pecinta air soft gun bernama Balikpapan Beruang Madu Airsoft Detacement yang biasa disingkat menjadi BBMAD. Olahraga air softgun ini merupakan salah satu jenis hiburan yang menantang andrenalin dan tentunya menantang keberanian anda dalam hal permainan “laki laki”. Cakupan area destinasi objek wisata dibalikpapan ini cukup luas, dan sera dengan suasana berada pada alam sungguhan, membuatnya sangat menarik bila dijadikan sebagai lapangan wahana permainan air soft gun.

Liang Mangkulangit Objek Wisata Di Balikpapan

pantai di balikpapan

Seperti halnya goa lalay sebagai tempat wisata di pelabuhan ratu yang unik, lian mangkulangit ini pun cukup unik. Untuk sampai ke lokasi wisata yang satu ini kita membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan apabila ditempuh dari Kota Balikpapan. Wisata alam di Balikpapan ini berbentuk sebuah gunung batu tinggi yang fungsinya sebagai dinding serta sebagai atap bagi Sungai Kandilau. daya tarik dari obyek wisata yang satu ini adalah Tak hanya gunung batu atau tebing yang tinggi saja Melainkan juga suasana alam yang masih alami dan sangat asri. Banyaknya satwa dengan beberapa pohon yang berderet-deret, disertai dengan lapisan lumut yang membalut menjadi berwarna kehijauan dan suara tetes air yang jatuh mengenai bebatuan, itu semua menambah kesan indah dan alaminya obyek wisata alam Kota Balikpapan tersebut.

Alamat : Desa Muara Kuaro, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Untuk dapat mencapai lokasi tersebut, anda harus melakukan perjalanan mulai dari Balikpapan menuju ke Tanah Grogot akan menghabiskan waktu sekitar 5 jam. Setelah itu menuju ke lokasi Kecamatan Muara Komam dan kemudian dilanjut ke arah Desa Lusan yang memiliki jarak sekitar 5 km turunnya di Jembatan Kandilau. Dari jembatan, sewalah perahu motor ke hulu sungai yang mambutuhkan waktu sekitar 10 menit perjalanan.

Pulau Segajah

pusat oleh oleh balikpapan

Jika ditempuh dari Kota Balikpapan, lokasi ini berjarak sekitar 250 km. Pulau ini sungguh unik. Hanya dapat dikunjungi pada siang hari. Apa sebabnya, ya? Kalau hari mulai malam, Pulau Segajah akan tenggelam. Jadi pulau ini hanya telihat pada siang hari saja. Kalau mau berkunjung selain waktu siang hari, juga perlu diperhatikan keadaan air laut (dalam kondisi surut). Kalau air mulai pasang, pulau ini seolah tenggelam atau tak tampak lagi. Pesona alam Pulau Segajah juga cantik mempesona. Pasirnya berwarna putih dengan air laut biru bening, pas bagi anda yang hobi menyelam. Pulau Segajah ini keindahan bawah lautnya memikat. Kita akan melihat banyak bintang laut dengan warna cokelat kemerahan. Perlu diperhatikan bahwa di tempat wisata di Balikpapan ini tidak tersedia tempat makan atau penginapan. Kalau ingin mencari penginapan, bisa pergi ke Kota Bontang. Untuk menuju lokasi dari objek wisata ini kalian bisa menaiki bus antar kota dari balikpapan dan menuju pelabuahan. Setelah itu sewalah perahu motor dengan waktu tempuh sekitar 20 sampai dengan 30 menit dengan Alamat : Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur. Lokasi objek wisata ini