22 Tempat Wisata Purwokerto Paling Wajib Dikunjungi

Anda sekeluarga ingin pergi berlibur kepurwokerto. Banyak sekali objek tempat wisata purwokerto yang dikunjungi untuk pergi liburan bersama keluarga anda. Dikota purwokerto merupakan ibukota dari kabupaten banyumas, jawa tengah. Ada baiknya sebelum pergi ke tempat wisata purwokerto kita menjelajah terlebih dahulu kota tersebut. Didaerah kabupaten banyumas dikelilingi dengan kabupaten lainnya seperti kabupaten berebes diutara, kabupaten purbalingga, kabupaten kebumen ditimur,  kabupaten cilacap sebelah selatan dan barat.

Salah satu kabupaten yang berada didaerah jawa tengah adalah purwokerto. Namun, tak biasa juga mendengar omongan atau ocehan orang purwokerto asli, pasti akan merasa lucu jika kalian mendengarkannnya. Pada wilayah kabupaten purwokerto begitu luas dari dataran yang sangat rendah hingga sampai juga dengan dataran tinggi. Sangat tak heran jika dipurwokerto banyak menyimpan obyek-obyek wisata lain yang sangat menarik dan bagus.

Pada objek wisata tersebut berada dikabupaten dimulai dari objek wisata keluarga hingga dengan wisata alam purwokerto yang begitu menarik yang harus anda dan keluarga kunjungi.  Dan sangat tidak  banyak yang tahu jika sebetulnya banyak juga loh tempat wisata di Purwokerto dan purbalingga yang asik dan sangat seru untuk di kunjungi.

Baturraden

tempat wisata purwokerto

Jika anda ingin pergi ke kabupaten Purwokerto, anda wajib mengunjungi obyek wisata Baturraden disana. Obyek wisata ini terletak di kecamatan Baturraden. Salah satu Obyek tujuan wisata Baturraden purwokerto merupatan satu obyek wisata keluarga yang  sangat menyajikan pemandangan kaki gunung Slamet yang sangat begitu indah dengan suasana yang sangat sejuk. Terdapat juga ada beberapa fasilitas wahana hiburan disana dalam hal misalnya kolam renang  bagi anak-anak, aneka macam banyak permainan anak yang sangat seru, sepeda air, terapi ikan, dan pesawat terbang untuk kalangan permainan anak-anak.

Miniatur Dunia Purwokerto (Small World)

tempat nongkrong di purwokerto

Pada suatu obyek wisata  purwokerto tersebut baru saja di buka pada bulan September 2016. Terdapat suatu tempat objek wisata dipurwokerto pada salah satunya mempunyai keunikan tersebut bisa anda dapat  juga berkeliling melihat miniatur bangunan keajaiban dunia yang terkenal dari berbagai Negara di seluruh belahan dunia. Lokasi tersebut menjadi salah satu tempat wisata baru  yang ada di Purwokerto yang paling bagus untuk di kunjungi.

Baturraden Adventure Forest

wisata baturaden purwokerto

Salah satu wisata purwokerto baturaden yang berada di tengah hutan pinus kaki gunung Slamet. Dalam tempat tersebut anda bisa melakukan berbagai macam dalam wahana permainan outbond yang sangat seru dengan sensasi alam yang begitu sejuk.

Kebun Raya Baturaden

wisata alam purwokerto

Pada bagian salah satu tujuan wisata yang ada dipurwokerto jawa tengah tersebut menyuguhkan keindahan alam hutan pinus dan juga mempunyai keindahan yang bersusun dalam berbagai bentuk dan tentunya sangat begitu indah jika dipandang oleh mata. Bunga yang disusun terdiri dari berbagai warna yang bagus dan menjadikan tempat ini ramai oleh para remaja sampai dengan keluarga untuk berfoto mengabadikan keindahan yang ada di kebun raya Baturraden.

Wisata Pancuran 3

obyek wisata purwokerto

Pada kawasan lokasi yang berada diwisata baturraden terdapat wisata pancuran 3 yang merupakan pancuran yang mengeluarkan air yang sangat panas asli dari perut bumi, dan mengandung belerang yang sangat baik bagi kesehatan kulit.

Wisata Pancuran

objek wisata di purwokerto

Pada umumnya tempat tersebut adalah wisata yang paling terkenal yang paling hits menyajikan keindahan sangat luar biasa. Pada tempat tersebut salah satunya termasuk pancuran yang mengeluarkan air panas yang dari perut bumi dan mengandung belerang dan menjadikan aliran airnya  yang berwarna kuning serta membentuk endapan berwarna orange, sehingga sampai membuat tebing yang dialiri air belerang ini menjadi sangat menakjubkan.

Goa Sarabadak

tempat wisata di jawa tengah purwokerto

Pada tempat lokasi keberadaan goa tersebut ada dilokasi pancuran 7 yang letaknya dibawahnya sekitar 50 meter. Tempat lokasi goa tersebut menjadi salah satu tujuan tempat wisata purwokerto sebagai tempat pertemuan aliran-aliran air panas dan mengandung belerang serta airnya yang begitu dingin membuat bebatuan sekitarnya menjadi dewarna keemasan tentunya tempat tersebut sangat menari dan juga pula menakjubkan.

Pendakian Gunung Slamet

objek wisata purwokerto

Pada khusunya untuk anda yang ingi belibur diwisata yang terletak didaerah kabupaten purwokerto memanglah tempat palin terkenal bagi anda penggemar hobi mendaki gunung. Salah satunya gunung slamet yang lokasinya ada dikabupaten purwokerto termasuk gunung terbesar yang ada diwilayah jawa tengah, tentu bagi pendaki gunung akan memakan waktu banyak sekitaran cukup lama. Disana terdapat mempunyai pemandangan yang sangat indah yang selalu menamani perjalanan bagi anda agar sampai menuju kepuncak paling tinggi disana.

Telaga Sunyi

destinasi wisata purwokerto

Salah satu yang termasuk tempat wisata favorit bagi anda yang suka bermain air adalah telaga sunyi. Air yang begitu mengalir berasal dari sumber mata air gunung slamet menjadikan air menjadi sangat segar danjuga sangat dingin.

Bukit Bintang Baturaden

wisata purwokerto baturaden

Lokasi sebenarnya merupakan bukal hal yang berupa bukit sungguhan, tempat yang sangat luas dibangun bangku semacam tangga yang bersusun agar bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dan cantik. Perlu kita sarankan untuk datang pada lokasi ini pada waktu malam hari pada suasana cuacanya yang sangat cerah sampai hingga pemandangan lampu dikota purwokerto yang jelas terlihat begitu indah.

Batur Agung Mount of Fun

tempat wisata purwokerto

Pada Wisata Purwokerto ini berada di kaki gunung Slamet tepatnya di desa Baseh kecamatan Kedung Banteng. Pada lokasi wisata tersebut terdapat beraneka macam permainan yang termasuk wahana flying fox, waterpark, kolam pemancingan, sampai dengan arung jeram kali Logawa.

Bukit Tranggulasih

tempat nongkrong di purwokerto

Dalam penyajiannya bukit tersebut memiliki pesona keindahan alam yang begitu menarik dan menakjubkan. Ditempat tersebut yang dinamakan bukit trangguasih terdapat beberapa berbagai spot bukit yang menyajikan keindahan alam yang sangat berbeda-beda dengan sesuai keinginana atau selera anda. Tempat tersebut bisa anda nikmati keindahan kota purwokerto, jika melakukan camping pada saat waktu malam hari tentu ketika suasana camping akan sangat mengasyikkan.

Wisata Bendungan Gerak Serayu

wisata baturaden purwokerto

Salah satu tempat bendungan gerak serayu dapat anda jadikan sebagai tempat wisata yang begitu sangat menarik untuk dikunjungi. Pada dasarnya juga saat itu juga terkadang berbagai  bantak atau beberapa event yang menarik semacam festival kapal yang akan tentunya menarik perhatian banyak wisatawan. Tempat tersebut bisa dijadikan tempat nongkrong di purwokerto yang bisa anda kunjungi.

Bukit Watu Meja

wisata alam purwokerto

Pada umumnya Kecamatan kebasen mempunyai salah satu tempat wisata purwokerto yang bisa anda nikmati keindahan panorama alam dari atas bukit, anda juga harus mendaki bukit selama kurang lebih sekitar 20 menit dengan berjalan kaki, Awal perjalanan pendakian menuju bukit tersebut dkelilingi pohon bamboo, selanjutnya cukup tinggi dikelilingi oleh hutan pinus yang sangat menjulang. Dilihat dari atas perbukitan ini anda dapat melihat pemandangan sungai serayu yang sangta berliku-liku sangat menarik untuk anda. Dengan hembusan angin diatas bukit tersebut sangat kencang. Tidak perlu khawatir jika energi anda akan terkuras habis saat melakukan perjalanan menuju puncak bukit karena diatas bukit anda bisa menjumpai banyak pondok-pondok yang menyediakan makanan tradisional khas Purwokerto seperti pecel.

Museum Bank Rakyat Indonesia

obyek wisata purwokerto

Dalam wisata sejarah pada museu ini bisa anda jadikan destinasi wisata purwokerto bagi keluarga agar anak-anak anda mengerti sejarah dan dapat melihat secara langsung terdapat peninggalan sejarah yang masih menyimpan hingga sampai saat ini.

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman

objek wisata di purwokerto

Salah satu tujuan yang bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata dipurwokerto yang mempunyai jenderal soedirman merupakan bangunan dua lantai yang berisikan sejarah tentang foto-foto panglima jenderal soedirman pada saat berjuang melawan para penjajah lainnya.

Museum Wayang Sendang Mas

tempat wisata di jawa tengah purwokerto

Salah satu dari Tempat yang  memiliki banyak kumpulan para wayang asli dari zaman dahulu hingga pada wayang modern seperti wayang kulit, wayang golek, wayang beber, wayang krucil, pusaka, benda purbakala.

Masjid Saka Tunggal

objek wisata purwokerto

Pada sekitar lokasi bertempatan dimasjid saka tunggal terdapat hutan pinus yang dihuni oleh kera dari jaman dahulu kala. Salah satu tempat Wisata Purwokerto yang satu tersebut ini merupakan wisata sejarah yang beralamatkan di desa cikakak, kecamatan wangon. Pada dasarnya Hewan Kera tersebut ada cukup jinak dan tidak mengganggu aktifitas warga sekitar. Purwokerto juga mempunyai  makanan unik yang wajib anda coba ketika mengunjungi Kabupaten ini. makanan khas Purwokerto antara lain mendoan dan gethuk. Makanan tersebut akan dengan mudah ditemui di sepanjang perjalanan di daerah kabupaten Purwokerto.

Curug Cipendok

destinasi wisata purwokerto

Curug ini menjadi salah satu tempat wisata menarik di Purwokerto jawa tengah yang terletak berada di kecamatan Cilongok. Curug yang berada di tengah hutan dan pepohonan hijau asri ini sangat memanjakan mata.

Curug gomblang

wisata purwokerto baturaden

Terkenal dengan airterjun yang begitu indah dan merupakan objek wisata purwokerto yang menarik pengunjung.

Curug bayan

tempat wisata purwokerto

Terletak pada kawasan atau wilayah baturadden, selain itu tempat tersebut terdapat penginapan pondok yang sangat unik.

Curug telu

tempat nongkrong di purwokerto

Tempat wisata purwokerto ini berada dikecamatan baturadden yang dimanfaatkan untuk menyuplai air . Tempat ini juga memiliki panorama yang sangat indah dan sebagai tempat wisata yang ramai dengan pengunjung wisatawan.

Soto Sokaraja

Image result for Soto Sokaraja

Pertama kali terdapat makanan khas dari banyumas yang nikmat dan rasa kelezatannya hanya dapat anda temui diwilayah sokaraja, banyumas. Makanan khas soto sokaraja ini sebetulnya sama dengan soto pada dasarnya, yang dapat membedakan dan menjadi ciri makanan khas kuliner ini merupakan penggunaan ketupat serta sambal kacang. Selain itu juga yang bisa dapat digunakan merupakan kerupuk canthir dari bahan ketela pohon yang memiliki rasa yang khas.

Klanting atau Lanting Bumbu

Image result for Klanting atau Lanting Bumbu

Salah satu makanan khas dari purwokerto banyumas ini merupakan klanting karena berbentuk mirip sama dengan bumbu-bumbu lalu digoreng hingga sampai berubah warna. Rasanya pun sangat enak dang begitu gurih, Sangat cocok untuk anda jadikan buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga anda. Namun, selain harganya yang murah makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan dalam toko pusat oleh-oleh purwokerto.

Getuk Goreng Sokaraja

Image result for Getuk Goreng Sokaraja

Salah satu makanan dari banyumas yang khas selanjutnya merupakan makanan khas getuk goreng sokaraja. Pada dasarnya pembuatannya sangat memerlukan dua kali proses karena berbeda dari getuk biasanya. Yang pertama anda bisa melakukan mengukus dengan bahan utamanya yang merupakan singkong pilihan yang bagus kualitas bahannya. Selanjutnya singkong yang sudah dikukus dilumatkan bersamaan dengan gula jawa, kemudian campurkan juga dengan tepung terigu serta tepung beras, dengan bentuk potongan kotak kecil-kecil. Selanjutnya cara proses menggoreng sampai hingga aromanya harum mewangi dan berubah warna. Pada makanan getuk ini mempunyai cita rasa yang begitu khas yaitu perpaduan manis gula jawa dan singkongnya

Jenang Jaket atau Wajik Klethik

Image result for Jenang Jaket atau Wajik Klethik

Salah satu makanan wajib saat ada diacara pernikahan terletak dari banyumas. Pada daerah yang tepopuler dan sangat terkenal dengan jaketnya merupakan jenang jaket daerah mersi. Anda disana dapat mencoba jenang yang baru matang serta bisa dapat melihat proses cara pembuatannya. Untuk cita rasanya adalah dilihat dari perpaduan rasa yang kenyal dan  manis gula jawa.

Keripik

Image result for Keripik

Makanan khas dari Banyumas ini merupakan salah satu yang wajib anda bawa untuk oleh-oleh ketika anda berkunjung ke Banyumas. Keripik ini terbuat dari tempe yang diris tipis-tipis kemudian dilumuri dengan tepung lalu digoreng hingga kering sehingga ketika dimakan akan terasa sangat renyah dan gurih. Dalam Salah satu termasuk Keripik tempe sebagai makanan khas Banyumas dan kandungan nutrisinya sangat pula cukup  baik untuk tubuh berupa potein, bahkan keripik ini bisa bertahan lama hingga satu bulan tanpa diberi bahan pengawet kimia.

Cimplung

Image result for Cimplung

Salah satu Makanan khas dari  Banyumas yang satu ini berasal dari kata cemplung yang artinya masuk ke dalam air. Air disini yang dimaksud adalah air nira dalam pembuatan gula merah. Dalam langkah cara Proses pembuatannya yaitu dengan merebus singkong atau degan yang masih muda ke dalam rebusan air nira kelapa atau dikenal dengan nama badeg.

Kraca

Image result for Kraca

Salah satu makanan kuliner khas Banyumas lainya merupakan kraca.  Makanan Kraca  tersebut merupakan makanan khas Banyumas dan bahan dasarnya berupa keong kecil yang biasanya didapat dari sawah yang diberi kuah. Rasanya begitu gurih dan nikmat dengan campuran bumbu bawang, pala, merica, garam serta pula juga bumbu-bumbu lainnya. Cara memakan kraca ini adalah dengan menyedot keong yang sudah dibuang penutupnya atau bisa juga dicukil menggunakan lidi ataupun gigi garpu. Makanan ini sangat banyak dijual menjelang bulan puasa di Banyumas.

Tomplo atau Templek

Salah satu makanan tersebut dibuat dengan bahan yang cukup sederhana dan cara yang sederhana pula. Berbahan utama sisa pembuatan tahu atau biasanya disebut ranjem. Ranjem ini ini dicampur dengan bumbu kemudian dibentuk bundar tipis lalu dicelupkan ke adonan terigu.

Kluban

Image result for Kluban

Makanan khas Banyumas Jawa Tengah berikutnya yaitu mirip dengan sayur urap. Sama-sama terbuat dari sayur yang pengolahannya direbus kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui dan telah diberi sambel. Ketika saat bedanya kalau urap parutan kelapanya dimasak dahulu, sedangkan kalau kluban langsung dicampur dengan sayur.

Gesret

Image result for gesret singkong

Olahan khs Banyumas ini terbuat dari bahan utama berupa singkong. Proses membuatnya sangat mudah, pertama parutlah singkong yang telah dibersihkan dengan parutan khusus sehingga bentuknya menjadi panjang seperti mie kwetiau. Selanjutnya  gesret dicampur dengan gula jawa dengan bumbu lain  dan kemudian dikukus. terakhir, gesret disajikan dengan ditaburi parutan beberapa kelapa.

Jalabia

Makanan khas Banyumas yang satu ini terbuat dari singkong yang bentuknya sama seperti donat. Dibuat dari singkong yang diparut dan kemudian dibentuk seperti donat lalu digoreng hingga matang dan mengambang.

Intil

Image result for Intil

Salah satu makanan khas Banyumas yang termasuk terbuat dari singkong dalah intil. Proses pembuatannya hampir mirip dengan pembuatan jalabia. Namun, intil menggunakan parutan singkong yang lebih halus. Kemudian, hasil parutan singkong diperas dan dicampur dengan gula jawa serta bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu, singkong dikukus hingga matang.

Kepok

Salah satu makanan yang termasuk kepok adalah makanan khas Banyumas dan bahan bakunya terbuat dari beras ketan. Dalam langkah cara Proses membuatnya juga cukup mudah seperti membuat nasi dengan ditanak, kemudian ketan di bentuk menggunakan mangkuk setelah itu ditaburi dengan parutan kelapa yang telah terlebih dulu ditaburi garam secukupnya.

Tegean

Image result for Tegean

Tegean adalah sayur bening khas Banyumas. Dalam makanan tersebut banyak bermacam-macam isi dalam makanan tersebut seperti sayuran yang diracik menggunakan bumbu khusus sehingga menjadi sayuran yang enak dan lezat. Namun ketika sayur tersebut terkadang juga dicampur dengan irisan daging sapi atau daging ayam serta mie bihun.

Mendoan Tempe

Image result for Mendoan Tempe

Salah satu termasuk Makanan khas Banyumas dan cara pembuatannya cukup mudah, tempe awalnya dipotong tipis kemudian dilumuri dengan adonan tepung terigu beserta bumbunya. Selanjutnya setelah menggoreng hingga  sampai setengah matang dan angkat dari penggorengan. Nah, mendoan tempe khas Banyumas siap dihidangkan dengan saus kecap.

Cenil

Image result for Cenil

Makanan khas yang salah satunya dinamakan Cenil adalah makanan ringan khas Banyumas yang terbuat dari bahan utama berupa singkong dan tepung kanji yang diberi taburan  beberapa parutan kelapa. Biasanya cenil dibuat dengan campuran pewarna makanan sehingga disajikan berwarna-warni agar lebih menarik.

Ondol atau Combro

Image result for Ondol atau Combro

Olahan lain dari Banyumas ini juga berbahan dasar singkong yang diparut kemudian diperas kandungan airnya. Setelah itu, beri campuran bumbu yang khas untuk dibentuk menjadi bulat dan terakhir digoreng hingga matang menggunakan minyak panas di wajan yang telah disiapkan.

Tempe Bongkrek

Salah satu makanan yang hampir punah habis ini dulunya pernah merenggut nyawa berpuluh puluh orang Banyumas. Maka dari itu, Pemerintah Banyumas berniat memusnahkan tempe bongkrek yang merupakan makanan khas orang Banyumas pelosok.

Dage

Dage adalah makanan varian tempe dengan campuran bahan ampas kelapa yang digumpalkan dan dijamurkan. Variasi lain dari dage adalah dibuat oseng dengan campuran kecambah serta lombok merah dan hijau. Dage biasanya dijual bersama tempe mendoan.

Lupis

Image result for Lupis

Salah satu camilan atau jajanan pasar  yang dinamakan lupis ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan dibungkus daun pisang. Rasanya enak dan lebih bisa mengenyangkan perut.

Ciwel

Image result for Ciwel

Salah satu makanan khas Banyumas ciwel merupakan camilan jajaan  pasar yang berwarna hitam kecoklatan dan akan terasa alot. Makanan khas Ciwel ini terbuat dari tepung singkong yang direndam dengan dalam cairan rendaman jerami padi sehingga bersifat basa. Biasanya ciwel ini dijual satu paket brsama cenil dan lupis yang diberi cairan gula merah.

Badeg

Salah satu yang termasuk minuman khas yang berasal dari sari bunga kelapa atau dikenal sebagai bahan gula merah dan gula jawa yang tidak direbus adalah badeg. Biasanya cairan ini perlu difermentasikan selama 1 sampai 2 hari agar memiliki aroma dan rasa yang enak.

Buntil

Image result for Buntil

Makanan dari banyumas yaitu Buntil adalah salah satu jenis lauk pauk atau kudapan khas Banyumas yang terbuat dari daun pepaya, daun singkong ataupun daun talas (daun lumbu). Resep makanan khas Banyumas buntil ini dibuat dari dari parutan kelapa muda yang sudah diberi bumbu semacam bumbu kluban kemudian digulung dan diikat dengan menggunakan tali dari bambu. Selanjutnya dikukus sampai matang. Untuk dalam cara penyajiannya disiram dengan kuah santan bumbu pedas dengan cabe rawit yang masih utuh.

Gembus

Image result for Gembus

Makanan Salah satu termasuk dari Banyumas yang dinamakan gembus terbuat dari singkong yang diolah dengan cara khusus untuk dibentuk seperti gelang bertekstur kering. Dalam hal tersebut Berbeda dengan gembus dari daerah lain, di Banyumas makanan ini lebih mirip dengan geblek yang berasal dari daerah Purworejo. Makanan ini enak disajikan dalam keadaan hangat dengan dicocol saus sambal atau disajikan bersama pecel.

Kerupuk Ampas Tahu

Image result for Kerupuk Ampas Tahu

Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari ampas tahu yang dikenal dengan nama ranjem. Saat Diolah dengan langkah cara dikukus, diiris dan terakhir dijemur. Rasanya dominan nya sangat gurih.

Es Duren

Image result for Es Duren

Di siang yang terik enaknya memang menyegarkan tenggorokan dengan minum es duren. Bentuk tekstur durian yang sangat legit dan empuk dicampur dengan santan dan susu coklat menjadi olahan minuman khas banyumas yang pas. Jangan khawatir untuk Harga es duren cukup sangat  murah yaitu 8 ribu rupiah saja per porsinya saja.

Penjorangan

Image result for Penjorangan

Penjorangan adalah cemilan khas Banyumas yang terbuat dari ketupat yang digoeng. Salah satu makanan tersebut biasanya dibentuk  sangat mirip  dengan bantal, karena dibuat dari ketupat yang dibelah. Ketupat yang digunakan adalah jenis ketupat yang dibungkus plastik. Salah satu ketupat tersebut dibelah lalu dilumuri adonan tepung dan bumbu kemudian digoreng setengah matang seperti menggoreng mendoan.

Keong Kuah Pedas

Image result for Keong Kuah Pedas

Jika anda belum pernah coba merasakkan  mungkin akan terasa jijik dengan makanan tersebut, namun makanan keong ini beda jenisnya dengan bekicot yang sangat berlendir sehingga aman untuk dimakan. Salah satu yang termasuk  warung makan yang menyediakan menu andalan yaitu keong kuah pedas adalah Warung Bu Lan yang terletak di kompleks Kauman Lama dekat dengan Pasar Wage. Makanan ini juga kaya akan protein tetapi rendah lemak sangat baik untuk tubuh.

Tahu Gecot

Image result for Tahu Gecot

Salah satu makanan khas dari banyumas adalah tahu Gecot yang dibuat dari racikan bumbu seperti kacang goreng, bawang putih, bawang goreng, garam dapur, cabe rawit, kencur, air asam jawa, dan gula jawa. Makanan ini hampir sama dengan kuliner khas berupa kupat tahu.

Dawet Ayu

Image result for Dawet Ayu

Salah satu makanan yang termasuk minuman khas dari banyumas dan sekitarnya. Begitu juga anda coba yang rasanya sangat segar dan cocok ketika saat diminum pada cuaca yang begitu panas. Dalam sebuah satu porsi minuman dawet ayu berisikan cendol yang dicampur dengan santan serta gula jawa.

Kenyol

Image result for Kenyol

Salah satu ciri-ciri makanan ringan dari daerah banyumas yang sangat populer dikenal dengan sebutan makanan kenyol yang terbuat dari bahan beberapa campuran tepung ketan serta juga tepung kanji, bisa anda coba saat pada di tempat wisata purwokerto. Berikut ini proses langkah cara penyajiannya atau cara dalam menghidangkan makanan tersebut ditaburkan bersamaan dengan parutan kelapa dan jga gula merah cair, pastilah sangat mendukung cita rasa pada makanan tersebut sangat pasti enak dan juga lezat dan begitu sangat cocok untuk anda.