25 Cara Menghilangkan Virus Di Laptop Untuk Semua Windows

Kalian harus mengetahui cara menghilangkan virus di laptop dan harus hati-hati dengan tanda-tanda dari PC yang dipenuhi malware: kinerja yang lebih lambat dari biasanya, munculnya banyak pop-up baru-baru ini, dan masalah aneh lainnya. Ada kemungkinan sistem Anda telah terinfeksi oleh virus, spyware, atau entitas jahat lainnya, bahkan jika Anda memasang program antivirus. Ya, perilaku yang tidak biasa terkadang merupakan hasil dari masalah perangkat keras, tetapi yang terbaik adalah menyingkirkan malware terlebih dahulu jika PC Anda sedang berulah. Jika Anda mengalami dua atau tiga di antaranya pada saat yang sama, itu merupakan indikasi kuat bahwa Anda telah terkena virus. Jika Anda belum melakukannya, unduh program antivirus sekarang. Dan ketahui juga cara menghilangkan malware di laptop.

Beberapa virus harus dihapus secara manual. Anda hanya harus mencoba ini jika Anda berpengalaman menggunakan Windows Registry dan tahu cara melihat dan cara menghapus virus di laptop. Jika Anda tidak yakin, hubungi pakar TI yang ahli dalam menghapus virus.

Masuk ke Mode Aman

cara menghilangkan virus di laptop

Lakukan ini dengan mematikan komputer Anda dan hidupkan lagi. Kemudian, segera setelah Anda melihat sesuatu di layar, tekan tombol F8 berulang kali. Tombol ini menampilkan menu Advanced Boot Options. Dari sana, pilih Safe Mode with Networking dan tekan Enter. Untuk saat ini, jauhkan PC Anda terputus dari Internet.

Hapus File Sementara Merupakan Cara Menghilangkan Virus di Laptop

cara menghapus virus di laptop

Saat Anda berada dalam Safe Mode, Anda harus menghapus Temporary Files Anda menggunakan alat Disk Cleanup:

  1. Buka menu Mulai
  2. Semua Program (atau hanya Program)
  3. Aksesoris
  4. Alat Sistem
  5. Pembersihan disk
  6. Gulir melalui daftar File To Delete, dan pilih Temporary Files
  7. Menghapus file-file ini dapat mempercepat pemindaian virus yang akan Anda lakukan dan bahkan bisa menyingkirkan virus jika diprogram untuk memulai saat komputer Anda boot.

Unduh Pemindai Virus

cara membersihkan virus di laptop

Ada dua jenis pemindai yang dapat mendeteksi dan menghapus virus dan malware komputer: real-time dan sesuai permintaan: Pemindai waktu-nyata, seperti AVG AntiVirus GRATIS, memindai virus di latar belakang saat Anda menggunakan komputer. Pemindai sistem operasi on-demand, seperti Microsoft Safety Scanner, harus dijalankan secara manual setiap kali Anda ingin memindai. Menggunakan kedua jenis pemindai mungkin diperlukan untuk menghapus virus. Jadi jika Anda belum menginstal pemindai virus, inilah saatnya untuk terhubung kembali ke internet dan mengunduhnya. Meskipun Anda tidak dapat terhubung ke internet, Anda mungkin masih dapat mengunduh Microsoft Safety Scanner karena Anda memulai komputer Anda dalam Mode Aman dengan Jaringan.

Jalankan Pemindaian Virus

Jalankan pemindai on-demand terlebih dahulu, lalu pemindai waktu-nyata Anda. Salah satunya harus bisa mengidentifikasi virus dan menghapusnya. Tetapi menjalankan kedua pemindai meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

  1. Cara Memulihkan Atau Menginstal Ulang File Atau Perangkat Lunak Yang Rusak

Dengan asumsi pemindaian mendeteksi dan menghapus virus, Anda mungkin perlu menginstal ulang file atau program yang rusak oleh virus. Di sinilah backup berguna, dan kami sangat menyarankan Anda membuatnya secara teratur.

  1. Tingkatkan pertahanan Anda

Memperbarui perangkat lunak antivirus Anda akan membantu melindungi laptop atau PC Anda dari virus dan malware. Tetap up to date sangat penting karena virus baru sedang dibuat setiap saat – jadi bahkan jika Anda membeli antivirus Anda sebulan yang lalu, mungkin perlu memperbarui sekarang. Lihat solusi antivirus AVG – mereka menginstal dengan cepat dan memperbarui secara otomatis untuk perlindungan yang mudah.

  1. Buat cadangan

Buat cadangan file Anda secara teratur dan simpan di hard drive eksternal. Ini dapat membantu mencegah hilangnya informasi penting jika Anda mendapatkan virus lain. Jika Anda belum pernah membuat cadangan sebelumnya, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai.

  1. Ambil langkah proaktif untuk mencegah yang lain

Berikut beberapa cara membersihkan laptop dari virus untuk menghindari mengunduh virus lagi:

  1. Instal pembaruan perangkat lunak terbaru untuk Windows
  2. Instal program antivirus
  3. Cadangkan data Anda secara teratur
  4. Hindari mengklik pesan pop-up yang mengklaim telah mendeteksi masalah dengan komputer Anda
  5. Waspada untuk membuka email dari alamat yang tidak Anda kenal, terutama jika berisi tautan atau lampiran
  6. Menyingkirkan virus atau malware di Mac

Banyak pengguna Mac berpikir mereka tidak bisa mendapatkan virus atau malware. Ini tidak benar, meskipun jumlah virus dan malware yang menargetkan komputer Mac lebih rendah daripada untuk PC dan laptop. Beberapa contoh malware yang terkenal untuk komputer Mac meliputi:

  • MacDefender
  • MacProtector
  • MacSecurity

Nama-nama ini memberi kesan sebagai produk antivirus tetapi semuanya berbahaya dan dirancang untuk menipu pengguna Mac agar mengirimkan kartu kredit atau rincian akun ID Apple mereka. Jangan unduh mereka. Dua risiko utama yang mungkin dihadapi pengguna Mac adalah pesan peringatan palsu dan malware yang diinstal sebelumnya. Jika Anda melihat jenis pesan apa pun saat menjelajahi internet di sepanjang baris “masalah telah terdeteksi dengan Mac Anda” – ini kemungkinan besar adalah upaya untuk membuat Anda mengunduh malware.

  1. Jaga Informasi Pribadi Anda Aman.

Ini mungkin hal yang paling sulit dilakukan di Internet. Banyak peretas akan mengakses file Anda tidak dengan kekerasan, tetapi melalui rekayasa sosial. Mereka akan mendapatkan cukup informasi Anda untuk mendapatkan akses ke akun online Anda dan akan mengumpulkan lebih banyak data pribadi Anda. Mereka akan terus dari akun ke akun sampai mereka memiliki cukup info Anda bahwa mereka dapat mengakses data perbankan Anda atau hanya mencuri identitas Anda sama sekali. Berhati-hati pada papan pesan dan media sosial. Kunci semua pengaturan privasi Anda, dan hindari menggunakan nama asli atau identitas Anda di papan diskusi.

Anda juga harus tau beberapa tips cara menghilangkan virus di laptop. Mari simak apa saja tips nya:

Gunakan akal sehat

Itu selalu lebih baik untuk berbuat salah di sisi keamanan. Jika Anda tidak yakin tentang lampiran, hapus saja. Terutama jika berasal dari sumber yang tidak Anda kenali. Jika ada animasi yang menggiurkan di situs yang terlihat sangat tidak profesional, jangan unduh mereka.

Pindai disket sebelum menggunakannya

cara menghilangkan virus shortcut di laptop

Ini selalu penting, tetapi terutama jika Anda menggunakan disk untuk membawa informasi antara satu komputer dan yang lainnya. Anda dapat dengan mudah mengambil virus dari jaringan tidak aman dan memperkenalkannya ke sistem Anda. Menjalankan pemindaian virus sebelum meluncurkan salah satu program pada disk akan mencegah infeksi.

Baca Juga  23 Cara Mempercepat Internet Paling Jitu 2018

Jangan bagikan disket

Bahkan teman yang bermaksud baik mungkin tanpa sadar menyebarkan virus, Trojan horse, atau worm. Beri label disket Anda dengan jelas sehingga Anda tahu bahwa itu milik Anda dan jangan meminjamkannya. Jika seorang teman memberikan floppy asing kepada Anda, sarankan metode alternatif untuk berbagi file.

Jangan boot dari floppy disk

aplikasi antivirus untuk laptop

Floppies adalah salah satu cara paling umum virus ditularkan. Jika Anda menggunakan floppy saat bekerja di komputer Anda, lepaskan ketika Anda mematikan mesin atau komputer akan secara otomatis mencoba untuk boot dari floppy, mungkin meluncurkan virus apa pun pada disk.

Jangan mengunduh program dari We

Sumber yang tidak dapat diandalkan seperti newsgroup Internet atau situs Web yang belum Anda dengar mungkin bersedia menyediakan virus untuk komputer Anda. Hindari mengunduh file yang tidak Anda yakini aman. Ini termasuk freeware, screensaver, game, dan program executable lainnya – file apa pun dengan ekstensi “.exe” atau “.com”, seperti “coolgame.exe.” Periksa untuk melihat apakah situs memiliki perangkat lunak anti-virus yang berjalan di sisinya. Jika Anda harus mengunduh dari Internet, pastikan untuk memindai setiap program sebelum menjalankannya. Simpan semua unduhan ke satu folder, lalu jalankan pemeriksaan virus pada semua yang ada di folder sebelum menggunakannya.

Perbarui perangkat lunak anti-virus Anda secara berkala

cara menghilangkan malware di laptop

Program anti-virus hanya sebagus frekuensi pembaruannya. Virus baru, worm, dan Trojan horse lahir setiap hari, dan variasi dari mereka dapat tergelincir oleh perangkat lunak yang tidak lancar. Norton AntiVirus ™ memiliki fitur yang mencari definisi virus baru setiap kali Anda online, jadi Anda selalu up to date.

Dapatkan perlindungan langsung untuk cara menghapus virus di laptop

Konfigurasikan perangkat lunak anti-virus Anda untuk boot secara otomatis saat start-up dan jalankan setiap saat. Ini akan memberi Anda perlindungan back-up jika Anda lupa untuk memindai lampiran, atau memutuskan untuk tidak melakukannya. Dan jika Anda lupa untuk mem-boot perangkat lunak anti-virus Anda, mengonfigurasinya untuk memulai dengan sendirinya akan memastikan Anda mendapatkan perlindungan langsung.

Pindai semua lampiran email yang masuk

Pastikan untuk menjalankan setiap lampiran yang Anda rencanakan untuk dibuka melalui pemeriksaan anti-virus. Lakukan ini bahkan jika Anda mengenali dan memercayai pengirimnya; kode berbahaya, seperti kuda Troya, dapat masuk ke sistem Anda dengan muncul dari sumber yang ramah.

Jangan membuka lampiran secara otomatis

Pastikan program email Anda tidak mengunduh lampiran secara otomatis. Ini akan memastikan bahwa Anda dapat memeriksa dan memindai lampiran sebelum dijalankan. Lihat opsi keamanan atau menu preferensi program email Anda untuk mendapatkan petunjuk.

Instal perangkat lunak anti-virus

Perangkat lunak anti-virus memindai file secara teratur untuk perubahan yang tidak biasa dalam ukuran file, program yang sesuai dengan basis data perangkat lunak virus yang dikenal, lampiran email yang mencurigakan, dan tanda peringatan lainnya. Ini adalah langkah paling penting yang dapat Anda ambil untuk menjaga komputer Anda bersih dari virus. Norton AntiVirus ™ adalah perangkat lunak anti-virus terkemuka di dunia. Ini berjalan terus menerus di latar belakang komputer Anda, memberikan perlindungan konstan dari virus, Trojan horse, worm, dan kode berbahaya lainnya. Untuk tetap up-to-date pada ancaman online terbaru, Norton AntiVirus ™ secara otomatis memperbarui definisi virusnya setiap kali Anda online. Dan itu dia beberapa cara membersihkan virus di laptop.

Selain mengetahui cara menghilangkan virus di laptop, kita juga harus tau loh bagaimana melindungi laptop anda dari virus

Instal Firewall merupakan cara membersihkan virus di laptop

cara membersihkan laptop dari virus

Firewall memberlakukan peran penjaga keamanan. Ada dua jenis firewall: firewall perangkat lunak dan firewall perangkat keras. Masing-masing melayani tujuan yang sama, tetapi berbeda. Firewall adalah langkah pertama untuk memberikan keamanan ke komputer. Ini menciptakan penghalang antara komputer dan program tidak sah yang mencoba masuk melalui Internet. Jika Anda menggunakan sistem di rumah, hidupkan firewall secara permanen. Itu membuat Anda sadar jika ada upaya tidak sah untuk menggunakan sistem Anda.

Instal Perangkat Lunak Antivirus:

Antivirus adalah salah satu cara lain untuk melindungi komputer. Ini adalah perangkat lunak yang membantu melindungi komputer dari kode yang tidak sah atau perangkat lunak yang menciptakan ancaman terhadap sistem. Perangkat lunak yang tidak sah termasuk virus, keyloggers, trojan dll. Hal ini dapat memperlambat kecepatan pemrosesan komputer Anda, menghapus file penting dan mengakses informasi pribadi. Bahkan jika sistem Anda bebas virus, Anda harus menginstal perangkat lunak antivirus untuk mencegah sistem dari serangan virus lebih lanjut.

Perangkat lunak antivirus memainkan peran utama dalam perlindungan waktu nyata, keuntungan tambahannya dalam mendeteksi ancaman membantu komputer dan informasi di dalamnya untuk aman. Beberapa program antivirus canggih menyediakan pembaruan otomatis, ini lebih lanjut membantu melindungi PC dari virus yang baru dibuat. Antivirus untuk perangkat lunak Windows 8 mungkin termasuk fitur-fitur canggih seperti perlindungan email, pemblokiran pop-up dan pencurian identitas.

Instal Perangkat Lunak Anti-Spyware:

spySpyware adalah program perangkat lunak yang mengumpulkan informasi pribadi atau informasi tentang suatu organisasi tanpa persetujuan mereka. Informasi ini dialihkan ke situs web pihak ketiga. Spyware dirancang sedemikian rupa sehingga tidak mudah dihapus. Perangkat lunak Anti-Spyware sepenuhnya didedikasikan untuk memerangi spyware. Mirip dengan perangkat lunak antivirus, perangkat lunak anti-spyware menawarkan perlindungan waktu nyata. Ini memindai semua informasi yang masuk dan membantu dalam memblokir ancaman begitu terdeteksi. Comodo Free Antivirus dilengkapi dengan perlindungan spyware yang terpasang di dalamnya.

Gunakan Kata Sandi yang Kompleks dan Aman:

kata sandi Garis pertahanan pertama dalam menjaga keamanan sistem adalah memiliki kata sandi yang kuat dan rumit. Sandi kompleks sulit ditemukan oleh peretas. Gunakan kata sandi dengan panjang setidaknya 8 karakter dan sertakan kombinasi angka, huruf yang memiliki huruf besar dan huruf kecil dan karakter khusus. Peretas menggunakan alat tertentu untuk memecahkan sandi mudah dalam beberapa menit. Satu penelitian baru menunjukkan bahwa kata sandi 6 karakter dengan semua huruf kecil dapat dipecahkan dalam waktu kurang dari 6 menit!

mencegah lebih baik dari mengobati, nah ini adalah aplikasi antivirus untuk laptop yang bisa Anda gunakan dilaptop favorit Anda.

Avast Free Antivirus 2017 yaitu aplikasi antivirus untuk laptop

cara menghilangkan virus di laptop

Antivirus gratis pertama yang pandai menghentikan virus di laptop adalah Avast. Antivirus sangat mudah dipasang dan juga, terutama bagi Anda yang pertama kali menggunakannya. Avast juga kompatibel dengan berbagai OS Windows. Mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Bersantai, ada masalah ketika menggunakan antivirus ini ada forum online yang siap membantu Anda memproses referensi yang Anda alami saat menggunakan Avast.

AVG Free AntiVirus (2017)

cara menghapus virus di laptop

Selain Avast, Anda juga perlu menginstal AVG AntiVirus di laptop jika Anda ingin bebas dari serangan virus yang membandel. Bukan hanya perlindungan, antivirus yang tersedia secara gratis juga dapat memblokir aktivitas virus, spyware atau malware di laptop Anda. Selain itu, AVG juga dapat memindai tautan apa pun yang diindikasikan berbahaya di situs apa pun yang Anda kunjungi atau media sosial. Menariknya, AVG tersedia dalam berbagai versi. Mulai untuk OS Windows, Mac, dan Android.

Baca Juga  12 Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya

Bitdefender Antivirus Free Edition (2017)

cara menghilangkan virus di laptop

Jika Anda tidak ingin menggunakan anitivirus di atas, coba pasang Bitdefender di laptop atau PC Anda. Tersedia secara gratis, versi antivirus gratis ini diklaim sebagai anti-malware dan juga antipishing.

Bitdefender juga menerapkan perlindungan real-time dan autopilot untuk kenyamanan saat menggunakan layanannya. Tidak hanya cocok untuk laptop berbasis Windows, BitDefender juga cocok untuk laptop atau PC berbasis pada Mac OS, Android dan tablet berbasis Android.

Periksa ZoneAlarm Free Antivirus + 2017 Point

cara menghapus virus di laptop

Butuh antivirus yang bisa digunakan saat menggunakan laptop atau PC? Cukup gunakan Check Point ZoneAlarm Free Antivirus + 2017 ini.Antivirus gratis digunakan untuk pengguna laptop Windows 10/8/7 Anda, Vista dan XP. Manfaat itu bisa Anda dapatkan ketika menggunakan antivirus dari serangan virus dan juga malware. Selain itu, anitivirus ini dapat memblokir peretas yang ingin mengakses laptop dan PC Anda. Identitas dan filosofi Anda akan diperbaiki dengan benar dan aman! Dijamin benar-benar memuaskan.

Sophos Home

Tidak seperti antivirus lainnya, Sophos Home adalah antivirus yang tidak hanya melindungi laptop Anda atau PC pribadi tetapi semua penghuni rumah. Antivirus gratis ini dapat melindungi semua perangkat komputer dari serangan virus dan malware yang membandel. Selain itu, Sophos Home juga dapat menggandakan situs ketika Anda melakukan kegiatan berselancar di dunia maya. Antivirus yang cocok untuk komputer berbasis Windows dan Mac OS dapat melindungi hingga 10 perangkat sekaligus.

Avira Antivirus (2017)

cara membersihkan virus di laptop

Antivirus gratis yang dapat Anda pasang di laptop Anda adalah Avira. Antivirus ini melindungi laptop atau PC Anda dari serangan virus dan juga malware. Terlihat pada laptop berbasis OS Windows dan juga perangkat seluler berbasis Android. Penggunaannya mudah, tidak rumit dan tampilan antarmukanya juga sederhana.

Comodo Antivirus 10

cara menghilangkan virus shortcut di laptop

Antivirus gratis ini sangat cocok untuk laptop berbasis Windows. Comodo melindungi laptop dan PC dari serangan malware dengan memindai baik berdasarkan permintaan dan akses. Antivirus ini juga membawa perlindungan phishing dan pemblokiran URL jahat. Bagaimanapun, itu benar-benar pas untuk melindungi laptop dari serangan virus dan malware.

Shortcut virus biasanya memiliki dua bentuk: Flash Drive Shortcut virus dan Folder Shortcut virus. Kedua virus akan membuat drive USB atau folder file menjadi pintasan, menyebabkan file USB atau folder tidak dapat diakses dengan format cara pintas. Dengan ini, pengguna akan sering menderita data kerugian yang serius dan bahkan kerugian ekonomi besar. Lalu apa yang harus dilakukan dan cara memperbaiki pintasan virus?

Mari simak cara menghilangkan virus shortcut di laptop. Apa yang harus dilakukan ketika komputer, laptop, USB atau SD terinfeksi oleh virus pintas? Hai teman-teman, apakah Anda mencari cara untuk menghapus dan membersihkan virus shortcut dari komputer, laptop, partisi hard drive, drive USB, atau perangkat SD card dll? Tdak tahu apa yang harus dilakukan dengan virus pintas? Berikut di bawah ini adalah beberapa tips untuk Anda ikuti dan dapatkan perangkat Anda siap untuk menghapus virus pintas:

  • Instal perangkat lunak anti-virus pada PC Anda;
  • Putuskan koneksi internet dengan komputer Anda;
  • Temukan perangkat lunak pemulihan data yang andal jika terjadi masalah kehilangan data (jika perlu).

Bagaimana cara menghilangkan virus di laptop dari PC / laptop pada Windows 10/8/7? 3 Metode tersedia untuk membantu! Berikut adalah 3 metode bagi Anda untuk menghapus virus shortcut pada Windows 10/8/7 PC atau perangkat penyimpanan USB dll:

  • Hapus dan Hapus Virus Shortcut oleh CMD;
  • Hapus dan Bersihkan Shortcut Virus dengan Anti-virus Software;
  • Hapus / Hapus Virus Shortcut dari Registry.

Anda dapat secara selektif memilih untuk mengikuti salah satu metode untuk menyingkirkan virus shortcut dan mengembalikan semua data sekarang.

  • Metode pertama
  • Klik kanan pada Start dan pilih Command Prompt (Admin).
  • Masuk dengan akun Administrator Anda dan kata sandi jika sistem bertanya.
  • Ketik: D: dan tekan Enter. (Ganti D: dengan huruf drive perangkat tempat file virus ada.)
  • Ketik: attrib dan tekan Enter.
  • Ketik: attrib -r -a -s -h *. * Dan tekan Enter.
  • Ketik: del autorun.inf dan tekan Enter.
  • Metode kedua

Bersihkan Shortcut Virus dengan Shortcut Virus Remover atau Anti-virus Software, Jika Anda membutuhkan jaminan ganda, Anda dapat mengunduh dan menginstal perangkat lunak anti-virus untuk membersihkan semua shortcut dari Windows 10/8/7 komputer dan perangkat penyimpanan eksternal USB dll. Di sini di bawah ini Anda akan melihat daftar perangkat lunak dan alat-alat anti-virus yang dapat Anda pilih secara selektif untuk dicoba:

  • Alat Penghapusan Trojan;
  • File fixfolder shortcut;
  • Malwarebytes Anti-Malware, dll.
  • Metode ketiga
  • Hapus / Hapus Virus Shortcut dari Registry
    1. Tekan Win + R dan ketik: regedit untuk masuk ke registri;
    2. Arahkan ke HKEY_CURRENT_USER> Klik Perangkat Lunak> Microsoft> Windows> CurrentVersion> Klik Jalankan;
    3. Tekan Win + R, ketik: msconfig> Klik OK;
    4. Dalam Startup, hapus centang semuanya kecuali untuk perangkat lunak anti-virus;
    5. Klik OK> Klik Mulai Ulang sekarang.
  • Bagaimana cara memulihkan file terinfeksi virus pintas?
  • Pulihkan file yang hilang setelah menghapus virus pintas
  • Setelah menghapus virus Shortcut dari USB dan Windows PC, Anda masih memiliki satu hal terakhir yang harus dilakukan, yaitu untuk melihat dan mengembalikan semua data yang hilang akibat infeksi virus shortcut.

Dapat disimpulkan komputer atau laptop kini menjadi bagian dari gaya hidup modern. Harga komputer relatif murah, tergantung pada spesifikasi internal dan eksternal. Bagi mereka yang memiliki anggaran sangat terbatas dan membeli sebaliknya. Tetapi selama menggunakan komputer tidak selalu menyenangkan, terkadang seseorang harus marah karena komputer terkena virus. Bagi Anda yang memiliki komputer dan laptop! jangan biarkan komputer atau laptop Anda rusak, buatlah komputer dan laptop anda menjadi bagus untuk bisa meminimalkan kerusakan dan keamanan komputer Anda.

Masalah paling umum di komputer atau laptop adalah serangan virus. Masalahnya adalah virus dapat menyebar melalui banyak media, yang jika komputer dikaitkan dengan media akan memberikan kesempatan bagi virus untuk menyusup ke komputer Anda. Tidak ada yang tidak mungkin bagi virus, virus langsung bisa masuk dan menginfeksi sistem komputer Anda, lalu merusaknya. Tentunya jika sudah terjadi, komputer Anda memiliki virus. Dan akan sangat berbahaya bagi Anda. Nah, dari bahaya yang ditimbulkan oleh virus ini, Anda memiliki lebih banyak cara untuk menjaga laptop atau komputer Anda, dari virus jahat yang dapat dilakukan tanpa Anda ketahui. Untuk itu, Anda harus tahu cara menghilangkan virus di laptop, agar perangkat komputer Anda menjadi lebih aman.