25 Tempat Wisata Kediri Terbaru 2018

Kediri merupakan salah satu kota yang berada di Jawa timur yang mempunyai sejarah yang cukup panjang. Selain sejarah, kota Kediri juga memiliki beberapa tempat wisata Kediri yang cocok untuk dijadikan spot foto. Saat kalian mengunjungi kota ini, jangan lupa singgah dibeberapa tempat yang ada dikota Kediri ini. Banyak sekali wisata alam yang ada di kota ini, ada beberapa wisata yang sudah tekenal dipenjuru Indonesia.

Kota Kediri ini terkenal dengan pusat perdagangannya, yaitu perdagangan Gula dan Rokoknya. Kalian pasti penasaran apa saja wisata kediri jawa timur yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga kalian, yuk simak apa saja wisata wisatanya selamat menikmati. Kalian para pecinta alam yang suka mendaki gunung, nah dikediri banyak spot spot gunung yang dapat menjadi recomendasi loh. Yuk simak wisata alam Kediri ini.

Gunung Kelud

tempat wisata kediri

Gunung Kelud adalah tujuan wisata populer di Kediri. Jalan telah dibangun ke atas. Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan untuk mencapai puncak melalui terowongan. Keluar dari terowongan, yang akhir-akhir ini terbentuk dari Gunung Kelud dapat dilihat. Tidak hanya kubah lava, pengunjung dapat menikmati pemandian air panas di lereng bukit. Baru-baru ini, taman bunga baru telah dibangun di area istirahat Gunung Kelud.

Taman ini memiliki patung besar seorang pria berkepala sapi sebagai tengara. Selain bunga, ada juga kebun nanas dan bunga matahari. Gunung Kelud terletak 30 km dari timur Kota Kediri. Harga tiket masuk adalah Rp 5.000 pada hari kerja dan Rp 10.000 pada akhir pekan. Jam buka adalah 8 pagi hingga 16:30 sore.

Gunung Maskumambang

pantai di kediri

Gunung Maskumambang adalah bagian dari perbukitan Gunung Wilis. Ini 300 meter di atas permukaan laut. Jika pengunjung mendaki gunung dari sisi barat, tangga telah dibangun ke atas. Dari sisi timur, tangga hanya setengah jalan. Setelah itu pengunjung masih perlu berjalan untuk sampai di puncak.

Di puncak Gunung Maskumambang, ada makam Mbah Boncolono. Dia adalah pahlawan lokal selama penjajahan Belanda. Udara sejuk dan pemandangan hijau juga memanjakan mata pengunjung. Jika cuaca cerah, pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Kediri. Gunung Maskumambang terletak di Desa Sukorame, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Gunung Klotok

tempat hunting di kediri

Gunung Klotok merupakan salah satu gunung yang berada di dekat kaki Gunung Wilis. Gunung ini berlokasi di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan gugusan pegunungan Wilis yang letaknya cukup jauh dari Gunung Wilis sendiri. Gunung ini memiliki ketinggian ± 536 MDPL.

Gunung Wilis

wisata kediri terbaru

Gunung Wilis adalah satu dari sejumlah gunung berapi tidak aktif yang berada di Jawa Timur. Ketinggian yang dimiliki Gunung Wilis ini sekitar 2563 meter diatas permukaan laut (mdpl), dan puncaknya berada di perbatasan antara 6 kabupaten yaitu Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek.

wisata di kediri jawa timur yang wajib kalian kunjungi kedua ialah, beberapa tempat bersejarah yang ada kediri. Apa saja nih destinasinya. Yuk simak!!

Gua Selomangleng

wisata kota kediri

Nama gua berasal dari lokasinya yang ada di lereng bukit. Selomangleng secara harfiah berarti batu miring. Gua itu sekitar 40 meter dari daratan terendah di daerah itu. Terbuat dari batu andesit hitam yang cukup besar, sehingga terlihat mencolok dari kejauhan. Karena batu andesitik tahan air, tidak ada stalagtit atau stalagmit di dalam gua.

Dinding Gua Selomangleng dihiasi dengan relief-relief halus. Namun makna dari relief ini masih belum diketahui. Salah satu relief yang paling menonjol adalah penampilan seorang wanita cantik yang digambarkan bersila. Wanita ini diduga Dewi Kilisuci, puteri Raja Airlangga. Gua Selomangleng terletak di Jalan Mastrip, Kota Kediri. Harga tiket masuk adalah Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 2.500 untuk anak-anak. Buka jam 8 pagi sampai jam 9 malam.

Gua Maria Pohsarang

wisata alam kediri

Gua Maria Pohsarang dibangun pada 11 Oktober 1998, yang merupakan tiruan dari Gua Maria Lourdes di Perancis. Ketinggian patung Maria di gua lebih dari 3 meter, dan tebing itu sendiri tingginya lebih dari 10 meter. Patung ini dibuat lebih besar dari aslinya karena disesuaikan dengan ukuran gua yang mencapai hampir 18 meter.

Bangunan dan taman di sekitar gua diatur sedemikian rapi dan indah. Gereja juga unik, tidak memiliki dinding yang tertutup. Gereja hanya dibatasi oleh pagar batu alam. Perlu diketahui, di area goa, pengunjung tidak diperbolehkan makan karena tempat ini dikhususkan untuk peziarah yang sholat. Gua Maria Pohsarang terletak di Desa Pohsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Candi Surawana

wisata kediri jawa timur

Candi Surawana adalah candi Hindu yang dibangun pada tahun 1390 sebagai tempat untuk memuliakan Raja Bhre Wengker, yang kerajaannya masih di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Dikatakan dalam buku Negarakertagama bahwa Raja Hayam Wuruk dari Majapahit pernah mengunjungi kuil ini.

Ukuran Candi Surawana tidak terlalu besar, hanya 8 X 8 m2, menghadap ke barat. Seluruh tubuh dan atap kuil telah hancur. Itu masih belum diketahui apa penyebabnya. Hanya kaki candi setinggi sekitar 3 m, yang tegak di tempatnya. Candi Surawana terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Gratis masuk dan buka 08: 00-17: 00.

Petilasan Sri Aji Joyoboyo

air terjun kediri

Setiap tahun dalam perayaan Satu Suro, Petilasan Sri Aji Joyoboyo selalu diisi dengan orang-orang dari seluruh penjuru negeri, terutama mereka yang merangkul Kejawen. Mereka biasanya mengadakan ritual tertentu untuk mengenang Sri Aji Joyoboyo, raja Kediri, yang mereka percaya tidak mati tetapi langsung moksa. Kematian dengan membawa tubuh, tidak ada jejak sama sekali!

Mengingat bahwa Joyoboyo adalah sosok yang kuat, banyak orang datang ke tempat ini untuk meminta berkah. Petilasan Sri Aji Joyoboyo dipulihkan pada 22 Februari 1975 dan diresmikan pada 17 April 1976. Pemugaran ini diprakarsai oleh keluarga kerajaan Hondodenta, Istana Yogyakarta, yang dikoordinasi oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VI. Petilasan Sri Aji Joyoboyo terletak di Desa Menang, Pagu Kediri, Kabupaten Kediri. Ini buka 8 pagi hingga 5 sore.

Museum Fotografi

wisata di kediri jawa timur

Museum Fotografi memiliki banyak koleksi kamera, dari kamera antik, kamera saku, smartphone hingga kamera DSLR. Museum ini juga merekam sejarah Kediri dalam bentuk foto yang memiliki karya seni tinggi. Dengan mengunjungi museum ini pengunjung dapat belajar perkembangan Kediri dari waktu ke waktu.

Museum fotografi adalah salah satu hal terbaik untuk dilakukan di Kediri Jawa Timur, Indonesia, yang digunakan untuk menjadi tempat wisata studi. Selain sebagai wisata sejarah, museum ini juga dapat digunakan sebagai pendidikan dan wisata keluarga. Pengunjung datang di segala usia. Fotografi museum terletak di Jalan Kapten Pierre Tandean, Kota Kediri. Ini buka 8 pagi hingga 5 sore. Tempat wisata Kediri banyak macamnya loh, ada beberapa tempat wisata Kediri yang berhubungan dengan air, contohnya beberapa air terjun Kediri yang bisa kalian kunjungi di kota ini.

Baca Juga  20 Objek Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Air Terjun Dolo

wisata baru di kediri

Perjalanan ke Dolo Waterfall penuh dengan pemandangan yang menakjubkan. Di sisi kanan, pengunjung akan melihat hutan tropis yang lebat. Sementara di sisi kiri, ada panorama indah Gunung Wilis. Ketika pengunjung mencapai area air terjun, mereka dapat melihat Kota Kediri jauh di bawah sana. Pengunjung harus berjalan menuruni tangga untuk melihat air terjun.

Air Terjun Dolo terdiri dari tiga tingkat. Dua tingkat terendah masing-masing empat meter, sedangkan yang tertinggi sekitar 30 meter. Debit air moderat sehingga pengunjung dapat mandi di bawah air terjun. Lebih baik mengunjungi air terjun pada hari kerja karena akan ada lebih sedikit pengunjung. Air Terjun Dolo terletak di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Harga tiket masuk adalah Rp 3.000. Jam buka adalah 8 pagi sampai 4 sore.

Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo berjarak sekitar satu jam dari Kota Kediri. Namun perjalanan tidak akan membosankan karena pengunjung akan kagum dengan pemandangan di sebelah kiri dan kanan jalan. Dinginnya gunung mulai terasa ketika pengunjung memasuki area air terjun.

Tempat wisata Kediri Air Terjun Irenggolo terletak di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Air terjun terlihat unik karena terlihat seperti tangga. Jatuh dari ketinggian 80 meter. Air terjun Irenggolo terletak di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Harga tiket masuk adalah Rp 3.000. Jam buka adalah 8 pagi sampai 4 sore.

Gumul Paradise Island

tempat wisata kediri

Gumul Paradise Island adalah resor keluarga yang menawarkan permainan air dan non air. Ini memiliki berbagai jenis kolam, mulai dari kolam balita, kolam renang anak-anak dan kolam renang dewasa pasti. Di kolam dewasa ada banyak wahana kelincahan seperti Fun Boomerang, Body Slide, Speed ​​Slide, dan Current Pool. Untuk wahana non-air sendiri ada beberapa permainan seperti Scary House, 3D Studio Art, Jungle Adventure, dan Flying Fox.

Gumul Paradise Island juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap untuk para pengunjungnya. Telah dilengkapi dengan kamar mandi bersih, ruang ganti, gazebo dan kafe. Gumul Paradise Island memiliki lokasi yang sama dengan Monumen Simpang Lima Gumul. Itu terletak di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Harga tiket masuk adalah Rp 30.000 pada hari kerja dan Rp 35.000 pada akhir pekan. Jam buka adalah 8 pagi hingga 5 sore.

Taman Sumber Ubalan

pantai di kediri

Taman Sumber Ubalan memiliki objek wisata berupa hutan lindung dan mata air yang jernih. Suasana di sekitar mata air sangat menenangkan. Penduduk setempat percaya bahwa air dari mata air ini dapat memperpanjang hidup mereka dan membuat mereka awet muda.

Taman Sumber Ubalan juga memiliki berbagai wahana seperti kolam renang, kolam perahu, sepeda air, taman bermain anak-anak, kolam pemancingan, taman yang indah, restoran, panggung hiburan dan bumi perkemahan. Ini tempat yang sempurna untuk liburan keluarga. Taman Sumber Ubalan terletak di Desa Minyak Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Harga tiket masuk adalah Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 8.000 untuk anak-anak. Jam buka adalah 8 pagi hingga 5 sore.

Kediri Waterpark

tempat hunting di kediri

Taman Air Kediri memiliki berbagai wahana air dan non air yang memberikan banyak pilihan bagi pengunjung. Ini dilengkapi dengan berbagai permainan menarik seperti waterslide sepanjang 216 meter, yang merupakan terpanjang di Indonesia dan Asia, kolam arus, kolam renang anak-anak, kolam renang, kolam tsunami, jembatan koi, colosseum, panjat dinding, menara geser, bianglala, racer slide, slide boomerang, go-kart, kora-kora, sepeda udara, katapel, bola luar angkasa, dll.

Taman Air Kediri buka setiap hari dari Selasa hingga Minggu dan ditutup pada hari Senin. Taman Air Kediri terletak di Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Harga tiket masuk adalah Rp 35.000 pada hari kerja dan Rp 49.000 pada akhir pekan. Jam buka adalah jam 9 pagi sampai 18 malam. Ini adalah salah satu hal terbaik untuk dilakukan di Kediri Jawa Timur, Indonesia. Nah, selanjutnya yang akan kita bahas yaitu wisata kediri terbaru yang cocok untuk dijadikan spot foto di instagram. Yuk simak!

Monumen Simpang Lima Gumul

wisata kediri terbaru

Pernah dengar Arc de Triomphe? Ya, Arc de Triomphe adalah monumen berbentuk gerbang yang terkenal di Paris, Prancis. Nah, untuk menikmati keindahan atraksi yang serupa, di Kediri, ada monumen Simpang Lima Gumul, berbentuk seperti Arc de Triomphe.

Monumen gerbang raksasa ini terletak di bundaran Simpang Lima Gumul dan memiliki ketinggian 25 meter. Monumen Simpang Lima Gumul memiliki relief yang menggambarkan sejarah Kediri dan Ganesha. Di dalam gedung, ada juga ruang pertemuan, auditorium, pusat hadiah, dan ruang serbaguna yang terletak di ruang bawah tanah monumen.

Meski lokasinya cukup jauh dari pusat kota, monumen ini selalu ramai oleh pengunjung. Cocok juga djadikan tempat hunting di Kediri. Ada banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan ringan berselera tinggi. Di akhir pekan, orang sering datang untuk joging sambil menikmati udara segar. Jika Anda mengunjungi Kediri, tidak ada salahnya untuk mengunjungi monumen ini sambil makan makanan ringan dan menikmati suasana malam.

Masjid Agung Kediri

wisata kota kediri

Diresmikan pada tahun 2006, Masjidil Haram adalah masjid terbesar di Kediri, dibangun dengan arsitektur bergaya Eropa. Masjid megah ini memiliki tiga lantai, dengan menara yang menjulang sekitar 49 meter. Nuansa etnis muncul dari ukiran kaligrafi kayu di dalam gedung.

Terletak di pusat kota, masjid menghadap langsung ke arah alun-alun Kediri dan balai kota. Masjid ini juga berseberangan dengan Dhoho Plaza, salah satu pusat perbelanjaan di Kediri. Bagi mereka yang ingin menikmati suasana kota, Anda dapat mampir ke masjid ini sambil menikmati pemandangan alun-alun dan beristirahat.

Kuil Hwie Tjoe Kiong

wisata alam kediri

Objek wisata sejarah lainnya di Kediri adalah Candi Hwie Tjong Kiong. Dibangun pada tahun 1895, candi ini adalah peninggalan orang-orang Tionghoa yang datang ke Kediri untuk mencari keberuntungan. Terletak di jalan Yos Sudarso, candi ini akan menyambut Anda dengan gerbang merah megah yang tampak kontras dengan bangunan di sekitarnya.

Di bangunan utama kuil, ada altar Tri Nabi Agung untuk penganut Taoisme, Budha, dan Konfusianisme. Di halaman depan kuil, ada patung phoenix dan naga, mewakili penjaga kuil Tjoe Hwi Kiong. Sementara itu, halaman belakangnya dihiasi dengan kolam ikan yang memiliki puluhan ikan Koi berwarna-warni. Di sisi barat gedung utama, ada panggung yang digunakan untuk menampilkan pertunjukan wayang potehi. Meskipun ini bukan pertunjukan sehari-hari, Anda dapat menonton pertunjukan pada jam 3 sore. dan jam 7 malam

Baca Juga  18 Tempat Wisata Kota Solo Yang Paling Eksotis 2018

Kampung Inggris Pare

wisata kediri jawa timur

Wisata kota Kediri selanjutnya ialah, desa yang terlihat persis sama dengan daerah pemukiman biasa. Namun, persiapkan diri Anda sebelum datang ke sini karena komunitasnya dapat berbahasa Inggris dengan lancar, baik itu penjaga toko, kasir minimarket, atau pemilik toko. Tidak mengherankan jika daerah ini dikenal sebagai Kampung Inggris (desa Inggris).

Di desa ini, ada banyak kursus bahasa Inggris. Para peserta tidak hanya dari Kediri, tetapi juga dari luar kota, bahkan di luar Jawa! Untuk akomodasi, ada beberapa rumah kos yang tersedia untuk para peserta. Untuk melatih kemampuan Anda berbicara bahasa Inggris, cobalah memilih rumah kost dengan sistem bahasa Inggris yang mengharuskan setiap penghuni untuk berbicara bahasa Inggris.

Untuk mendukung kebutuhan para peserta, desa dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti warung internet, mini market, ATM, dan kafe. Saat berbelanja atau memesan makanan, tunjukkan kemampuan bahasa Inggris Anda karena pemilik toko atau kios dapat berinteraksi dalam bahasa Inggris yang sangat baik!

Monumen Kediri Syu

air terjun kediri

Di pusat kota Kediri, ada monumen yang dikenal sebagai Kediri Syu. Monumen ini adalah patung seorang pria dengan seragam tentara Jepang khas yang mewakili tentara PETA. Patung emas raksasa itu akan menyapa setiap pengunjung yang melewati bundaran kecil yang menghubungkan Jaksa Agung Suprapto dan jalan KH Wakhid Hasyim.

Lokasinya di pusat kota membuatnya mudah untuk mengunjungi monumen. Tidak jauh dari daerah itu, ada beberapa tempat lain yang bisa dikunjungi, seperti Gereja Merah dan Taman Sekartaji. Setelah berfoto di depan monumen, Anda juga dapat menikmati makanan ringan yang dijual di sekitar jalan Jaksa Agung Soeprapto.

Bukit Dhoho Indah Kediri

wisata di kediri jawa timur

Taman dengan nuansa alam ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Selain tersedianya wahana permainan untuk anak-anak, wahana untuk anak muda dan orang tua pun tersedia lengkap di dalam tempat wisata Bukit Dhomho Indah Kediri. Tidak hanya itu, di tempat wisata baru Kediri ini juga menyediakan bagi para wisatawan yang memiliki hobi mancing. Di tempat wisata ini pun para pengunjung juga bisa sepuasnya memancing di kolam pemancingan yang telah disediakan.

Berbagai wahana yang disediakan di tempat wisata Kediri ini pun cukup menjadi daya tarik wisatawan untuk habiskan waktu liburan mereka bersama keluarga dan pasangan tercinta. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah pengunjung yang hadir ke lokasi Bukit Dhoho Indah setiap harinya terutama pada hari libur. Tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal untuk menikmati keindahan tempat wisata Bukit Dhoho Indah di Kediri ini,  kita hanya mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp. 5.000,- / orang maka kita akan dapat menikmati tempat wisata alami di Kediri ini. Kalian para pecinta traveler, wajib banget mengunjungi beberapa pantai di Kediri yang keren dan hitz di tahun ini.

Pantai Peh Pulo

wisata baru di kediri

Pantai ini sering disebut Raja Ampat mini ala Blitar.  Soalnya kalau dilihat dari foto-foto yang ada di internet memang benar jika pemandangan pantai ini begitu memesona dan eksotis. Makanya nggak heran lagi kenapa pantai ini seringkali disebut dengan Raja Ampatnya Blitar, karena memang banyak batu besar yang ada di tengah-tengah pantai, mirip pulau kecil. Airnya juga jernih dan biru.

Untuk menuju Pantai Pulo ini tidak terlalu lama, jarak tempuhnya 1,5 jam dari pusat kota Blitar. Oh ya yang paling penting track menuju pantai Pulo tidak terlalu susah karena sudah bisa dilewati oleh kendaraan pribadi. Kalau datang ke pantai ini jangan lupa siapkan kamera dan pose terbaikmu ya, rekomendasi terbaik adalah foto siluet dibalik cahaya matahari yang mulai memudar, karena sunsetnya indah banget.

Pantai Jolosutro

tempat wisata kediri

Berbeda dengan pantai Peh Pulo yang memiliki pesona layaknya Raja Ampat, pantai Jolosutro juga memiliki pesona yang tak kalah menarik, yaitu pasirnya yang berwarna hitam. Berbeda halnya dengan pantai-pantai lainnya yang memiliki pasir berwarna putih atau coklat, pantai ini terlihat eksotis dan elegan dengan pasir hitamnya yang mengkilat jika terkena paparan sinar matahari, bonusnya kita bisa melihat hiasan kumpulan bebatuan besar yang indah. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota, hanya saja track menuju pantai ini sedikit sulit karena lokasi pantai Jolosutro berada di kawasan perbukitan.

Pantai Tambakrejo

pantai di kediri

Tempat wisata Kediri berikutnya ialah Pantai Tambakrejo yang juga menjadi daya tarik Kota Blitar. Saat saya berkunjung ke pantai ini tahun lalu bersama kawan, pantai Tambakrejo masih cukup sepi karena kami kepagian, tapi semakin siang Tambakrejo semakin ramai. Tidak heran kalau pantai ini punya banyak peminat, karena selain pemandangannya yang indah,

Tambakrejo punya dua sisi pantai dengan skala ombak yang berbeda, sisi kanan dengan ombak besar yang menghasilkan cipratan air gelombang besar terbentur dinding penghalang dan sangat bagus jika diabadikan. Sedangkan sisi kiri memiliki ombak yang kecil karena terhalang bukit, dibalik bukit ini juga terdapat pantai lain dengan nama Gondho Mayit atau dalam bahasa Indonesia pantai Bau Mayat.

Pantai Pasetran Gondo Mayit

tempat hunting di kediri

Pantai ini dipisahkan oleh sebuah bukit dengan pantai Tambakrejo. Pantai Pasetran Gondo Mayit memiliki pemandangan yang luar biasa indah karena punya pesona ombak yang cukup besar. Tentunya pantai ini tidak cocok untuk berenang ataupun bermain air di tepi pantai.

Pantai Gondo Mayit dikelilingi oleh bukit dan pepohonan yang menimbulkan kesan alami.  Jadi kalau sedang berkunjung ke pantai Tambakrejo sekalian saja berkunjung ke pantai Gondo Mayit. Sekali mendayung dua pantai terlampaui.

Pantai Serang

wisata kediri terbaru

Sama seperti pantai Jolosutro, pantai Serang merupakan pantai yang eksotis karena memiliki pasir berwarna hitam. Jaraknya dekat dengan kota, kurang lebih 45 km atau satu jam perjalanan. Meskipun pasir hitam pantai ini tidak kalah cantik dengan pantai yang lainnya. Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Serang adalah acara larung sesaji yang dilakukan oleh penduduk sekitar di waktu tertentu. Tentunya, pantai ini akan sangat ramai oleh pengunjung yang penasaran dengan prosesi adat larung sesaji.

Banyak banget kan wisata wisata di kota Kediri yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga, teman maupun pacar kalian. Nah, kalian tak perlu memikirkan dua kali ketika ingin mengunjungi kota ini. Banyak sekali wisata baru di Kediri yang pas untuk pasangan muda yang lagi suka keliling kota. Di jamin saat mengunjungi kota ini, kalian akan merasakan terpuaskan oleh pemandangan yang disajiakan oleh kota ini, dan yang pasti tidak akan mengecewakan kalian sebagai treveler. Di kediri ini tidak hanya menyajikan tempat wisata Kediri, banyak juga tempat yang bersejarah dan yang bisa kalian kunjungi. Nah, semoga adanya artikel ini, bisa membuat kalian semakin tertarik pergi mengunjungi kota ini.