25 Wisata Alam Purwakarta Paling Diminati Pengunjung

Purwakarta, adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat. Berada sejauh ± 80 km sebelah timur Jakarta. Kabupaten ini sudah berbatasan dengan Kabupaten Karawang di Barat dan bagian Utara, Kabupaten Subang di utara dan beberapa wilayah timur, di bagian selatan Kabupaten Bandung, dan kabupaten Cianjur di Barat Daya. Purwakarta, selain memiliki latar belakang sejarah, juga memiliki beberapa destinasi wisata alam purwakarta, misalnya warisan budaya, tujuan ziarah dan beberapa wisata alam. Kabupaten Purwakarta terletak di persimpangan tiga koridor lalu lintas utama yang sangat strategis, yaitu Purwakarta-Jakarta, Purwakarta-Bandung dan Purwakarta-Cirebon. Nah kali ini kita akan membaha beberapan objek wisata purwakarta yang wajib dan recommend banget buat kalian datengi.

10 Hal Menakjubkan di Purwakarta Indonesia

Nah disini ada beberapa objek wisata di purwakarta yang wajib untuk kalian datengi bersama keluarga disaat hari hari libur panjang.

  1. Air Mancur Sri Baduga

wisata alam purwakarta

Air mancur ini memiliki lokasi yang sangat strategis. Letaknya di jalan KK singawinata, Situ, Nagri Kaler. Kami bisa pergi ke sana dari seluruh penjuru Purwakarta. Simbol Purwakarta adalah patung badak putih. Itu ada di depan taman ini. Air mancur Sri Baduga memiliki sejarah yang menarik untuk dipelajari. Taman dan air mancur Sri Baduga selalu menjadi public eye dan salah satu obyek wisata di purwakarta yang banyak diminati oleh para pengunjung terutama di akhir pekan. Air mancur Sri Baduga sangat indah di malam hari karena akan menyala dan memberi warna yang indah dikota ini.

  1. Bale Panyawangan

tempat wisata purwakarta terbaru

Museum Diorama Bale Panyawangan di Purwakarta berbeda dengan museum lain. Tidak jauh dari kantor Bupati. museum Ini juga memiliki banyak koleksi sejarah dan mereka dikemas dengan video dan foto. Ada teater yang nyaman dan menjelaskan tentang sejarah Purwakarta. Salah satu objek wisata yang menarik adalah berkeliling Purwakarta dengan menggunakan simulator sepeda. Anda juga dapat mengambil foto virtual dengan The Regent of Purwakarta. Bale Panyawangan Diorama adalah museum yang menghargai sejarah. Hal ini dapat dilihat dari cara menyimpan, berhati-hati dan menampilkan hal-hal bersejarah.

  1. Taman Pancawarna

tempat rekreasi di purwakarta

Taman Pancawarna memiliki makna lima warna sama dengan namanya. Kolam yang memiliki air mancur di sekitar gedung Pendopo, menghiasi halaman kantor Bupati Purwakarta. Tidak hanya untuk dilihat, taman Pancawarna pun bisa dimasuki. Kita bisa menikmati keindahan air mancur dan kantor Bupati yang dihiasi oleh kereta kerajaan, tetapi hanya pada waktu yang ditentukan. Tempat yang indah dan ramai dengan turis lokal dan penduduk memiliki tempat yang menyenangkan untuk menjadi objek foto. Jangan lupa untuk menyeberangi jembatan kecil dan berfoto pada waktu yang ditentukan, sehingga wisata di Purwakarta akan terasa lengkap.

  1. Gunung Parang

destinasi wisata purwakarta

Gunung Parang berada di Cihuni, Sukamulya. Ini adalah salah satu batuan andesit yang puncaknya adalah 963 meter di atas permukaan laut. Ini terdiri dari tiga puncak yang memiliki ketinggian berbeda. Desa dekat Gunung Parang bernama Badega Gunung Parang ini dinyatakan oleh Bupati Purwakarta pada 2013 sebagai desa yang mengakomodasi kebutuhan pendaki. Karena itu, keselamatan dan keamanan untuk mendaki tebing dan trekking telah dijamin selama wisatawan masih mengikuti aturan dasar pendakian. Bagi wisatawan yang tidak suka mendaki tetapi mereka masih ingin menikmati pemandangan yang indah, Gunung Parang memiliki trek trekking yang menarik, dengan pemandangan waduk Jatiluhur, pegunungan dan kota yang terlihat dari puncak gunung. Nah, ada banyak hal yang bisa dilakukan di wisata alam purwakarta ini.

  1. Grama Tirta Jatiluhur

tempat wisata karawang purwakarta

Waduk jatiluhur dibangun pada tahun 1957. Ini memiliki fungsi utama untuk menyediakan air irigasi untuk sawah, air minum, perikanan dan pengendalian banjir. Pemandangan dan fasilitas rekreasi di sekitar waduk juga menarik wisatawan. Salah satunya adalah Grama Tirta Jatiluhur, 15 menit dari pusat kota. Ini adalah tempat rekreasi air yang menyenangkan juga. Pengunjung dapat melakukan latihan seperti mendayung, ski air dan berjalan dengan menggunakan kapal pesiar. Selain itu, Ada Jatiluhur Water World (JWW) yang memiliki kolam renang dengan berbagai ukuran, kolam skating, kolam dangkal, dan kolam renang. Pemandangan di sekitar waduk Jatiluhur tidak membosankan. Sangat cocok untuk berfoto dan bersantai dengan bersantai sambil memancing di sekitar waduk, Anda juga dapat menikmati matahari terbenam. Anda juga dapat membaca hal-hal yang harus dilakukan di Ngawi.

  1. Bendungan Cirata

objek wisata purwakarta

Salah satu bendungan terbesar di Asia Tenggara adalah bendungan Cirata. Terletak di antara tiga kabupaten, Bandung, Purwakarta dan Cianjur. Meski begitu, bendungan ini sangat erat hubungannya dengan Purwakarta. Pemandangannya tenang, alami dan tidak terlalu ramai, bahkan dipikirkan di akhir pekan. Pengunjung dapat mencoba memancing di kawasan bendungan ini, menikmati matahari terbenam, berjalan di sekitar bendungan ketika matahari mulai turun atau naik, menyapa dengan penduduk desa yang ramah, atau Anda dapat menikmati ikan Anda di restoran di sekitar bendungan. Nah, ada banyak hal manis yang bisa dilakukan di Purwakarta Indonesia.

  1. Air Terjun Cipurut

wisata panenjoan purwakarta

Curug Cipurut atau yang biasa disebut Curug Cipurut oleh orang-orang, terletak di kaki gunung Burangrang. Ini adalah satu jam dari Purwakarta. Ini juga merupakan cagar alam Burangrang. Ini tidak seistimewa air terjun di Bidadari Sentul Bogor, tetapi air terjun ini memiliki tiga bagian. Air terjun utama adalah 25 meter dan dua air terjun lainnya tidak terlalu tinggi. Pengunjung dapat berendam dan bermain air di kaki air terjun. Mereka bisa berkemah di dekat air terjun juga. Pemandangan alam dan indah masih belum terekspos. Ini bisa menjadi nilai tambah untuk Curug Cipurut. Karena itu, akan lebih baik jika kita tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan tempat indah ini.

  1. Taman Maya Datar

objek wisata di purwakarta

Awalnya, taman ini berguna sebagai alun-alun. Itu memiliki makna di balik namanya. Pada zaman Kerajaan Pakuan Pajajaran, Maya Datar berarti persegi yang orang-orang di daerah itu dianggap sama meskipun mereka berasal dari latar belakang etnis, pekerjaan, ras, dan minat yang berbeda. Taman Maya Datar masih mempertahankan namanya sampai sekarang, meskipun lebih indah dan terawat dengan baik dengan bunga, pohon dan pencahayaan. Taman yang indah ini memiliki fungsi sebagai alun-alun kota dan dibuka untuk umum.

  1. Citraresmi Park

wisata purwakarta terbaru

Tempat wisata purwakarta terbaru Citra Resmi Park berada di jantung kota Purwakarta, tidak jauh dari Pancawarna fountain dan kantor Bupati. Ini memiliki arsitektur modern. Dalam beberapa tahun terakhir, Taman Citra Resmi dan Pancawarna dibuka untuk umum di waktu-waktu khusus. Di Taman Citra Resmi, pengunjung dapat menikmati keindahan Purwakarta dan berfoto dengan latar belakang taman dan patung kuda yang indah. Anda juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam. Udara segar dan penataan yang rapi membuat orang merasa di rumah. Meskipun tidak ada tiket masuk atau gratis masuk ke taman ini, kita harus membuang sampah di tempat yang tepat dan menjaga tanaman, jangan menginjak rumput. Tanpa diduga, Purwakarta memiliki banyak sejarah, atraksi menarik, keragaman kuliner, dan pemandangan indah yang luar biasa di balik kesederhanaannya. Ada banyak tempat unik yang bisa kita jelajahi di Indonesia yang tentunya tidak kalah unik dan menarik dari tempat-tempat asing.

  1. Souvenir Keramik dari Plered
Baca Juga  Catatan Pendakian Gunung Arjuno

Liburan tidak lengkap jika kami tidak membeli suvenir untuk keluarga dan teman di rumah. Kerajinan keramik dibuat langsung oleh pengrajin. Ini memiliki kualitas ekspor dengan harga terjangkau. Kerajinan keramik telah menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat sejak lama. Hasil kerajinan tangan bukan hanya bentuk yang sama. Tentu saja, kita tidak perlu membeli keramik. Wisatawan dapat berjalan dan melihat prosesnya secara langsung. Ini akan menjadi kesenangan bagi pecinta seni.

Wisata Gunung Yang Ada Di Purwakarta

Nah, sobat traveler yang suka sekali menikmati destinasi wisata purwakarta. Disini kami juga menyediakan beberapa wisata alam gunung yang wajib kalian cobain kalau sedang pergi ke purwakarta

  1. Gunung Parang 

Gunung Parang berada di sekitar kampung Cihuni, desa Sukamulya, kecamatan Tegalwaru sekitaran 28 Km dari kota Purwakarta atau 79 Km dari kota Bandung. Untuk menuju ke Gunung Parang ini, kalian bisa menggunakan mobil serta motor. Gunung Parang memiliki ketinggian 963 mdpl. Gunung ini ialah gunung ke dua di asia yang dipakai untuk aktivitas lewat ferrata serta yang paling pertama diIndonesia. Gunung parang juga biasanya dipakai untuk rock climbing. Melakukan ferrata di gunung ini begitu mengasyikkan untuk anda yang menginginkan adrenalin anda diuji, permainan ini semacam menguji adrenalin melalui pasak-pasak besi. Dan dari atas gunung kita bisa lihat panorama alam yang begitu indah, dan jangan lupa untuk kalian yang suka selfie-selfie, wajib banget memenuhi kartu memori anda dengan selfie di gunung ini.

  1. Gunung Lembu 

obyek wisata di purwakarta

Gunung Lembu memiliki ketinggian sekitar 780 mdpl serta gunung ini ialah salah satu gunung yang paling gampang untuk didaki. Gunung ini berada di desa Panyindangan kecamatan Sukatani Purwakarta. Saat dilihat sepintas, gunung ini terlihat layaknya sapi/lembu yang tengah duduk seperti sebagian punduk. Dari atas gunung ini kita juga dapat melihat Waduk Jatiluhur, lalu disaat malam hari juga tampak lampu-lampu karamba yang terlihat seperti Citylight. Adapula batu di tepi jurang yang umumnya jadikan untuk menguji adrenalin untuk berdiri dibatu itu.

  1. Gunung Bongkok 

wisata alam purwakarta

Gunung Bongkok berada di desa Sukamulya, Purwakarta. Ketinggian gunung ini mencapai  975 mdpl. Ada 2 puncak yang terdapat di Gunung Bongkok yaitu puncak datar yang berbentuk seperti tebing serta yang paling tingginya ialah puncak batu tumpung yang terbagi di dalam beberapa batuan-batuan besar yang bertumpuk-tumpuk. Dari puncak batu tumpung juga kita bisa melihat luasnya hamparan Bendungan Cirata, Bendungan Jatiluhur, Sungai Citarum penghubung bendungan, Gunung Lembu, Gunung Parang, dan juga sebagian pedesaan yang ada di kota Purwakarta.

  1. Gunung Cupu

tempat wisata purwakarta terbaru

Bagi kalian yang sangat suka mendaki gunung, di Purwakarta ada beberapa gunung atau mungkin lebih benarnya jika disebut dengan bukit. Salah satunya ialah Gunung Cupu yang berada di daerah Plered. Meskipun  tingginya cuma sekitar 300 mdpl, Gunung Cupu yang didominasi oleh batu batu ini, mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki gunung kecil ini. Dengar dengar dari beberapa orang disini, tempat ini jadi salah satu tempat legendaris ciungwanara. Lokasi Gunung ini ada di Desa Cianting, perbatasan antara Kec. Sukatani dan Kec. Plered Purwakarta.

Berberapa Curug Yang Terkenal Di Purwakarta

Purwakarta jaraknya dekat dengan Kota Jakarta karena Purwakarta masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Ketika ingin cari suasana baru selain Bogor, kamu bisa berkunjung ke tetangga Bandung ini. Ada banyak wisata alam yang bagus menunggumu, terutama guyuran air terjun yang membawa kesegaran. Sekali lihat, pasti bikin kamu jatuh cinta. Berikut ini adalah beberapa wisata purwakarta terbaru destinasi air terjun yang bisa kamu pilih.

  1. Curug Cipurut

wisata alam purwakarta

Jika kamu berangkat dari Purwakarta, kamu harus menempuh jarak sekitar 30 km menuju ke arah kaki Gunung Burangrang yang tidak begitu jauh dari Terminal Wanayasa. Angkutan banyak tersedia di terminal. Sebenarnya tempat ini terdiri dari 3 air terjun dan yang paling tinggi mencapai 25 meter. Dua lokasi lain bisa didatangi untuk bermain seluncuran air. Juga terdapat area untuk pengunjung yang ingin kemping. Lokasi: Babakan, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

  1. Curug Tilu Sukasari

tempat wisata purwakarta terbaru

Curug Tilu berada di Sukasari yang sebagian besar areanya masih berupa hutan. Sebutan lainnya adalah Grand Canyon karena memiliki tebing-tebing dengan aliran air yang jernih menyegarkan. Sekarang ini telah disediakan fasilitas berupa tempat menginap atau homestay bagi pengunjung yang ingin bermalam disana. Dekat dengan penginapan terdapat kuliner nasi liwet yang wajib kamu coba. Dari Jakarta kamu bisa lewat Jalur Pantura via Tol Cikampek menuju ke Kota Purwakarta kemudian lanjut ke Ciririp untuk ke sini. Lokasi : Ciririp, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

  1. Curug Ciseoh

tempat rekreasi di purwakarta

Destinasi wisata alam purwakarta yang tersembunyi bernama Curug Ciseoh berada di desa terakhir sebelum memasuki Gunung Burangrang. Agar lebih mudah mengaksesnya, kalian bias mengarahkan kendaraanmu menuju ke Wanayasa. Setelah itu berlanjut ke arah Kecamatan Bojong sejauh 7 km. Dan  berlanjut  itu harus ke Sindang Panon dan belok kiri menuju Desa Pasanggrahan. Dari Pasanggrahan, rute selanjutnya adalah Cihanjar tempat Curug Ciseoh berada. Perjalanan sejauh 1 km dari pemukiman terdekat. Bawa bekal sendiri ya, karena fasilitasnya masih sangat minim. Lokasi : Peuteuy, desa Cihanjawar,kecamatan Bojong,Purwakarta.

  1. Curug Suhada

destinasi wisata purwakarta

Perjalananmu yang panjang dan melelahkan menuju ke Curug Suhada tidak akan sia-sia begitu kamu sampai di lokasi. Sekilas, pemandangannya mirip dengan Curug Malela yang berada di Bandung. Memang curug satu ini tidak terlalu besar, tapi keindahannya jangan di ragukan, tidak kalah dari tempat wisata Purwakarta lain yang juga sangat menawan. Karena trgolong aman, pengunjung bisa basah-basahan dan bermain air. Namun tetap haris berhati-hati. Terutama ketika datang di musim hujan. Arah ke sini bisa dilalui menggunakan jalur via SMAN 2 Sukatani. Lanjutkan perjalanan munuju hutan bambu. Lokasi Curug, tidak begitu jauh dari sini. Lokasi : Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta

  1. Curug Cisomang

tempat wisata karawang purwakarta

Curug Cisomang mengaliri sebuah tebing yang lumayan tinggi. Di sekitarnya ditumbuhi pohon-pohon rindang serta lebat. Bahkan menurut warga setempat masih ada binatang liar yang hidup di dekat air terjun. Jadi saat melakukan perjalanan ke sini, kamu harus berhati-hati sekali. Karena letaknya masih tersembunyi, tidak banyak yang tahu tentang destinasi ini. Kamu bisa bertanya pada penduduk setempat yang tinggal di daerah Darangdan, kira-kira sekitar 25 km dari pusat Kota Purwakarta menuju arah Bandung. Lokasi : Desa Depok, Darangdan, Purwakarta

  1. Curug Bandung

objek wisata purwakarta

Air terjun ini adalah salah satu tempat wisata karawang purwakarta yang terkenal, dan merupakan salah satu tujuan wisata yang indah dan wajib untuk kalian kunjungi. Bisa di bilang curug bandung ialah salah satu keajaiban alam karena ada 7 air terjun dalam satu aliran sungai, mulai dari curug peuteuy, curug picung dan yang paling terkenal ialah curug bandung untuk menggapai curug ini membutuhkan perjuangan yang setimpal, kita harus berjalan sejauh 3 km dan selama perjalanan menuju curug ini kalian akan disajikan pemandangan indah nan asri dari tempat ini. Lokasi : di desa mekarbuana kec. Tegalwaru.

Baca Juga  23 Objek Tempat Wisata Di Bangka Paling Hits 2018
Panenjoan, Wisata Purwakarta yang Instagramable

Berada di lokasi Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong , Purwakarta, wisata panenjoan purwakarta menjadi salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Daerah yang berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Purwakarta ini dapat diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan juga dapat memulai perjalanan ini dari kota Purwakarta dan mengambil arah menuju Wanayasa, lalu di daerah Pondok Salam, berbelok ke arah kanan dan memasuki Gapura Indung Rahayu yang berada di pintu masuk Desa Salem. Wisatawan nantinya akan melalui jalan mulus sepanjang 10 kilometer, sebelum akhirnya sampai pada  penunjuk jalan ‘Kampung Panenjoan’. Kemudian, lalui jalan di tengah perkebunan teh milik PT Karti Wana Raya, untuk sampai di tempat wisata Panenjoan.

Pihak pengelola telah menyiapkan jembatan kayu yang terbuat dari bambu, agar wisatawan bisa menikmati pemandangan Purwakarta yang masih asri. Adapun tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Menurut salah seorang tokoh masyarakat setempat, Acep Munawar (39), Panenjoan diambil dari kata bahasa sunda ‘Nenjo’, yang berarti melihat. Di kawasan Panenjoan, pengunjung memang bisa melihat pemandangan yang indah.

Untuk memasuki Panenjoan, pengunjung harus membayar retribusi tiket sebesar Rp 5.000, dan parkir motor Rp 2.000. Adapun parkir kendaraan roda empat dipungut biaya Rp 5.000. Panenjoan merupakan destinasi wisata baru di Purwakarta, yang dikelola oleh warga setempat bekerja sama dengan PT Karti Wana Raya sejak Tahun 2016 lalu. Di Kampung ‘Panenjoan’ pun terdapat wisata ziarah yang selalu ramai setiap malam Jum’at yaitu Makam Syaikh Daka atau terkenal dengan sebutan Syaikh Serepong yang merupakan adik dari Syaikh Dako Rancadarah Purwakarta. Nah sobat traveler kalian pasti juga penasaran beberapa tempat rekreasi di purwakarta, yuk simak ada apa saja.

  1. Desa Sajuta Batu

wisata panenjoan purwakarta

Desa Sejuta Baru lokasinya ada di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru. Tempat wisata yang satu ini menjadi destinasi wisata dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. tidak hanya panoramanya saja loh yang dapat ditawarkan di tempat ini, tetapi juga ada banyak pengalaman seperti jelajah desa, memancing, panjat tebing di Gunung Parang, camping, dan olahraga offroad. Keindahan alam yang dipunyai tempat ini mempunyai daya tarik untuk pasangan muda yang ingin foto pre-wedding. Gedung Karesidenan

Tak hanya wisata alam purwakarta dan kuliner saja yang disajikan di Purwakarta, tetapi juga sejarah yang wajib kita ketahui. Sebagai bagian dari NKRI pastinya Purwakarta juga turut hadir dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI. Beberapa hal ini bisa ditunjukkan dengan adanya sebuah peninggalan sejarah di kota ini, yaitu Gedung Negara dan Gedung Karesidenan. Gedung Negara dibangun pada saat masa kolonial Belanda tepatnya tahun 1854. Meskipun tergolong tua, tetapi gedung ini masih berdiri kokoh sampai sekarang. Bahkan saat ini gedung ini dimanfaatkan sebagai Kantor Bupati Purwakarta yang berada di Jalan Gandanegara No. 25 Purwakarta. Sementara Gedung Karesidenan digunakan sebagai Kantor Badan Koordinasi Wilayah IV Purwakarta yang lokasinya berada di Jl. KK Singawinata.

  1. Taman Maya Datar

Taman Maya Datar berlokasi di lingkungan kompleks pendopo pemerintah kabupaten Purwakarta. Fakta utamanya tempat ini dijadikan sebagai lapangan alun-alun kota. Biasanya digunakan untuk upacara resmi. Tetapi saat di pagi dan sore hari, taman ini terbuka untuk umum. Kalian bisa ikut menikmati keindahan taman yang cantik ini juga.

  1. Pasir Langlang Panyawangan

objek wisata di purwakarta

Wisata alam Pasir Langlang Panyawangan berlokasi di Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta. Tempat ini merupakan hutan pinus yang dikelola dan bisa dinikmati pengunjung dengan harga yang cukup murah. Kita dapat berjalan menikmati indahnya hutan pinus, mengunjungi goa jepang, dan juga air terjun/curug pamoyanan. Kegiatan yang bisa dilakukan disini antara lain camping, trekking, dan juga outbound.

  1. Jatiluhur Waterworld

Apa kalian belum puas menjelajahi kota Purwakarta? Coba saja kunjungi Jatiluhur Waterworld yang tempatnya berada di kawasan Waduk Jatiluhur. Taman air ini merupakan tempat wisata  yang populer dan difavoritkan sebagai destinasi wisata keluarga. ada banyak wahana yang dapat kamu mainkan disini bersama sanak keluarga, contohnya seluncuran air, ember tumpah, flying fox, bungge trampolin, dan masih banyak yang lainnya. Destinasi wisata ini berjarak sejauh 120 km dari kota Jakarta, jika kalian mengakses tempat ini dari kota Bandung jaraknya hanya sekitar 70 km. Untuk mencapainya dapat melalui jalan tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi).

  1. Goa Jepang dan Belanda

wisata purwakarta terbaru

Apa kalian pernah mendengar Goa Jepang dan Belanda? Tidak hanya isapan jempol belakang, kedua goa ini memang ada sebagai bagian dari peninggalan sejarah masa penjajahan Jepang dan Belanda di Purwakarta. Tak heran jika keduanya menjadi tempat wisata di Purwakarta yang populer. Menurut sejarah Goa Jepang dibangun pada tahun 1942. Pembangunannya dilakukan secara romusha atau kerja paksa. Goa tersebut juga mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan beberapa senjata dan mesin dan juga tempat radio komunikasi tentara Jepang. Berjarak kurang lebih 800 meter dari Goa Jepang terdapat Goa Belanda. Goa ini sudah dibangun semenjak tahun 1941. Ada juga fungsi lain yang dimiliki dari goa ini yaitu sebagai terowongan penghubung antara PLTA Bengkok, tetapi setelah itu di ubah menjadi pusat stasiun radio komunikasi militer Hindia Belanda. Dan sampai saat ini, kedua goa ini adalah salah satu tempat wisata sejarah yang terkenal di kota Purwakarta karena telah menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pastikan kalian juga mengunjunginya jika bertandang ke Puwakarta.

Nah, teman teman sekalian diartikel ini sudah banyak sekali tempat tempat atau destinasi wisata alam purwakarta yang wajib kalian kunjungi, saat berkunjung ke kota ini kalian juga harus memerlukan budjet uang yang cukup loh, karna ada banyak sekali tempat rekreasi yang bias kalian kunjungi saat  berada dipurwakarta. Dan saat mengunjungi kota ini, kalian juga wajib mencoba beberapa kuliner yang ada di puwakarta. Pasti kulinernya tidak akan kalah dengan kuliner Indonesia yang lain. Selain kulinernya, purwakarta juga terkenal dengan sejarah yang ditinggalkan disini. Nah sobat! Untuk lebih lanjut mengetahui wisata apa saja yang ada di Indonesia yang wajib untuk kalian ketahui. Kalian tetap bisa stay di bacaterus.net dan tunggu artikel apa saja yang akan kita bahas di sini.