26 Destinasi Tempat Wisata Di Banjarmasin Paling Memukau

Banjarmasin adalah salah satu kota terbesar dan cukup penting di Kalimantan, luas wilayah 72 km2, 45 kabupaten dan 49 kecamatan, Banjarmasin adalah ibukota provinsi Kalimantan Selatan. Wilayah kota Banjarmasin tinggal di antara tiga provinsi yaitu: Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, dan Provinsi Kalimantan Timur. Kota Banjarmasin telah ditulis dalam peta dunia sejak empat abad lalu.

Selama penjajahan Belanda kota Banjarmasin adalah daerah dengan otonomi dan memiliki wilayah yang representatif. Dan itu terjadi adalah periode penjajahan Jepang. Selama masa transisi (1945-1949) Banjarmasin menjadi pusat peralihan kekuasaan sejak kemerdekaan memiliki proklamasi. Banjarmasin sekarang sedang mempersiapkan berbagai bidang meliputi: Administrasi, perdagangan, kota pelabuhan, pendidikan dan pariwisata. beberapa tempat legendaris di banjarmasin. Berikut ini adalah beberapa tempat legendaris yang sekarang ini menjadi tempat wisata di banjarmasin

P. Kembang

tempat wisata di banjarmasin

Kawasan hutan yang nyaman ini cukup banyak dikunjungi oleh orang-orang, terutama penduduk keturunan Cina dengan tujuan untuk mencari berkah. Ribuan monyet jinak dan monyet khas Kalimantan Selatan “Bekatan” bebas tinggal di sini. Wisata ini berada di Cekungan Sungai Barito.

Makam Pangeran antasari

pasar terapung banjarmasin

Pangeran Antasari adalah prajurit nasional yang gigih melawan kolonisasi di Kalimantan Selatan. Lokasinya berada di Banjarmasin.

Makam Pangeran Suriansyah

wisata di banjarmasin

Pangeran Suriansyah yang bernama Pangeran Samudera adalah raja Kekaisaran Banjar yang pertama kali menyebarkan Islam di Kalimantan Selatan, dan dinyatakan sebagai raja Kekaisaran Banjar pada 24 September yang kini diperingati sebagai kota Banjarmasin.

Suriansyah memerintah antara 1526-1550. Di sini juga ada makam Sultan Rahmatullah yang berkuasa pada 1550-1570. Lokasinya berada di desa Kuin Utara, kabupaten Banjar Utara.

Pasar Apung

tempat wisata banjarmasin

Pasar mengambang yang unik ini, disebabkan oleh transaksi penjualan yang dilakukan di atas kapal. Para pedagang membawa hasil bumi seperti; buah-buahan, sayuran, makanan, dan kerajinan tangan. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 05.00 hingga 09.00 pagi. Lokasinya berada di Sungai Barito.

Kampung Tradisional

tempat hunting di banjarmasin

Bumerang adalah penduduk asli dengan individualitas yang nyata tergantung pada sungai. Lokasinya berada di Kuin, Sei Bilu, Sei Jingah

Lanting House Floating

pantai di banjarmasin

Di atas rumah-rumah kayu adalah sejenis rakit, yang menyebar dan merayap di sepanjang Sei Martapura dan Barito. Lokasinya tinggal di Banjarmasin.

Pulau Kaget Asylum Margasatwa

wisata alam banjarmasin

Di daerah ini dapat dipenuhi panjang hidung monyet Bekantan yang unik, langka dan hanya ada di kalimantan. Mereka hidup bebas di hutan Rambai pohon. Terletak di muara Sungai Barito. Dapat dicapai dengan perahu Klotok dari pusat kota Banjarmasin sekitar 1,5 jam atau 1 jam dengan speedboat.

Sultan Adam Great Forest Garden

tempat wisata di banjarmasin

Terletak di daerah Karang Intan dan Aranio, 62 km dari kota Banjarmasin. Taman ini dibuka oleh Presiden Soeharto pada tanggal 8 Desember 1989, dengan luas sekitar 106.400 ha. Di Hutan Besar Adam Sultan ini ada banyak jenis birch, berbagai tanaman dan berbagai jenis anggrek.

Juga berbagai jenis binatang seperti babi, rusa, kancil dan berbagai jenis burung. Tidak jauh dari taman ini, ada danau / cekungan PLTA Ir. Pangeran Moch. Noor, yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga listrik.

Pagatan

pasar terapung banjarmasin

Pagatan adalah kota kecil / desa, sekitar 240 km dari Banjarmasin. Pedesaan adalah daerah pantai yang sangat landai dan pedesaan nelayan. Pantai di Pagatan cukup panjang dengan pasir putih.

Pantai ini belum dikunjungi oleh wisatawan, sehingga kondisinya bersih. Setiap tahun di sepanjang pantai dilakukan pesta laut yang disebut ‘MAPPARENTASI’, yang dilakukan oleh nelayan yang tinggal di pantai ini yang sebagian besar berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Gua Sogung

wisata di banjarmasin

Di daerah ini kita dapat menemukan gua yang masih asli dan di sekitar hutan belantara. Dari dalam gua kita dapat melihat stalakmit dan stalaktit yang indah yang merupakan kiasan gua dinding dan kita juga mengaku memenuhi gua-gua lain di sekitar area dengan jumlah adalah 20 gua. Situasinya adalah 75 km arah utara Pagatan dan terus berguna dengan kendaraan umum.

Basiliaan

Ini adalah area penjualan makanan khas Banjar yang ditempatkan di pasar pusat toko Sudimampir dan makan ‘Lesehan’, sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan dan menikmati indahnya kota Banjarmasin dari atas.

Masjid Sultan Suriansyah

tempat wisata banjarmasin

Tempat wisata di banjarmasin yang pertama adalah Masjid Sultan Suriansyah. Ada dari banyak hal yang harus dilakukan di Banjarmasin Kalimantan Selatan Indonesia adalah mengunjungi masjid ini. Masjid Sultan Suriansyah dibangun di era pemerintahan Sultan Suriansyah pada tahun 1526 – 1550.

Ini adalah masjid yang memiliki arsitektur tradisional, dan juga kisah sejarah Islam di wilayah ini. Keunikan lain dari masjid ini adalah karena memiliki gaya arsitektur Masjid Agung Demak. Jadi, ini dipengaruhi oleh gaya Jawa kuno. Masjid Sultan Suriansyah adalah masjid tertua di Banjarmasin yang juga dinyatakan sebagai warisan budaya pada 1 September 1978.

Masjid Agung Sabilal Muhtadin

tempat hunting di banjarmasin

Masjid kedua yang juga memiliki bentuk objek wisata adalah Masjid Agung Sabilal Muhtadin. Masjid ini dibangun sebagai sebuah penghormatan bagi Ulama Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di era 1710 – 181. Masjid dibangun di pusat kota Banjarmasin. Jadi, jika Anda mengunjungi Banjarmasin, Anda akan disambut oleh Masjid Agung Sabilal Muhtadin di pusat kota.

Bagian depan masjid memiliki kolam air mancur, dan dikelilingi oleh tanaman dan pepohonan. Mereka membuat environtment masjid tetap segar dan indah. Anda bisa berdoa di masjid dan melihat keindahan kaligrafi Al-Quran di dinding. Kemudian, Anda dapat menikmati pemandangan luar sambil bersantai tubuh Anda.

Pantai Joras

pantai di banjarmasin

Pantai di banjarmasin kedua yang harus Anda kunjungi di Banjarmasin adalah pantai Joras. Pantai Joras memiliki rumah cahaya. Naik tangga saja, dan Anda bisa melihat keindahan pantai Joras dari titik ini. Anda juga bisa merasakan angin yang menyentuh wajah Anda dengan luar biasa. Datanglah ke pantai ini, Anda akan mendapatkan dua kali lebih menyenangkan.

Seperti pantai Angsana, pantai Joras memiliki dermaga yang membuat Anda melihat biru pekat melihat tepi dermaga. Hanya berpose dan putar jungkir dengan latar belakang rumah cahaya dari itu. Pasti Anda akan mendapatkan foto terbaik.

Pantai Sungai Pampan

wisata alam banjarmasin

Masih sejalan dengan pantai Joras, pantai Sungai Pampan memiliki pasir pantai yang besar. bawa bola voli atau bola kaki ke pantai ini. Anda akan membuat energizer hari Anda setelah melakukan olahraga. Pantai ini juga memiliki lingkungan yang tenang dan pemandangan hijau alami. Anda hanya perlu membayar Rp.8000 / orang.

Itu sangat murah. Jika Anda membawa kendaraan bersama Anda, Anda hanya membayar Rp. 5.000 untuk mobil Anda, dan Rp. 3000 untuk sepeda motor. Rasakan angin musim panas dan kecokelatan!

Birah – Pulau birahan

tempat wisata di banjarmasin

Bagi Anda yang menamai diri Anda petualangan nyata, maka Anda harus mengunjungi pulau ini. Ya, itu adalah Birah – pulau birahan di mana para petualang mendapatkan pengalaman luar biasa dan indah jika mereka melangkah di kaki mereka ke pulau pasir putih ini.
Pertama, Anda harus pergi ke dermaga Kenyamukan.

Di sini Anda harus menyewa perahu nelayan dengan harga mulai dari Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000. Tapi tolong jangan terlalu banyak penumpang. Hanya membawa 25 orang di atas kapal untuk mencapai pulau itu. Dan jangan lupa bawa peralatan snorkeling dan selam Anda. Anda akan kagum dengan terumbu karang yang indah.

Pulau Samber Gelap

pasar terapung banjarmasin

Sebenarnya pulau ini dekat pulau Birah -birahan. Terletak di Kabupaten Kotabaru. Di sini, Anda bisa menyewa speed boat untuk datang ke pulau. Anda hanya perlu membayar biaya masuk seharga Rp. 10.000. Pulau ini memiliki konservasi penyu, jadi Anda bisa belajar bagaimana kura-kura laut tumbuh.

Setelah Anda melihat konservasi penyu, sudah saatnya Anda melakukan snorkeling. Mirip dengan Birah – Pulau birahan, Pulau Samber Gelap juga memiliki terumbu karang yang menakjubkan yang akan meniup pikiran Anda. Lingkungan alam yang indah seperti yang dimiliki pulau ini. Itulah mengapa pulau ini menjadi pulau favorit untuk snorkeler dan penyelam.

Taman Frangipani

Taman Frangipani, atau dalam Bahasa Indonesia berarti Taman Kamboja, adalah taman yang memiliki jalur joging untuk warga setempat yang ingin joging di pagi hari. Ini adalah tempat favorit bagi keluarga yang ingin bermain dan bersantai di taman.

Taman ini memiliki banyak pepohonan yang membuat area tersebut rindang dan teduh. Anda dan teman Anda dapat duduk dan bersantai dengan menikmati camilan Anda.

Taman Rekreasi Alam Sari

wisata di banjarmasin

Setelah mendapatkan sunburns di pulau dan pantai, ini adalah taman kedua yang harus Anda kunjungi di Banjarmasin. Taman rekreasi alam sari melayani tempat yang baik untuk Anda dan keluarga. Ini memberi Anda situasi ketenangan yang dikelilingi oleh pepohonan dan danau.
Anda dapat bergaul dengan teman-teman Anda.

Duduk saja dan santai dengan makan. Anda juga bisa mencoba bermain air dan berenang ke kolam renang di sana. Anda hanya perlu membayar Rp. 15.000 untuk pintu masuk.

Museum Wasaka

tempat wisata banjarmasin

Ini adalah museum yang memberi tahu Anda tentang perjuangan rakyat Kalimantan Timur. Nama Wasaka adalah singkatan dari Puting Waja Sampai Ka, yang berarti perjuangan rakyat Kalimantan Timur untuk berjuang melawan penjajah. Tiket masuk museum adalah Rp. 5000, dan terbuka setiap hari. Nah, ada banyak hal yang bisa dilakukan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia.

Pasar Terapung Banjarmasin

Seperti yang saya katakan sebelumnya, pasar terapung Banjarmasin adalah pasar tradisional yang unik di Banjarmasin. Pasar ini ada di sungai Barito. Pembeli dan penjual dari pasar ini menggunakan perahu kayu kecil, yang disebut Jukung. Jadi, mereka membeli dan menjual aktivitas menggunakan Jukung mereka sendiri.

Itulah keunikan dari pasar ini. Ada banyak tanaman yang tersedia untuk dijual. Anda bisa mendapatkan sayur dan buah segar di sini. Selain itu, Anda bisa mencicipi sarapan Anda di atas kapal, sambil menawar barang-barang yang Anda inginkan. Selain itu, ada lebih banyak tempat yang bisa Anda kunjungi di Banjarmasin. selain ke 12 tempat yang saya sebutkan di atas, di sini lebih banyak hal yang dilakukan di Banjarmasin, Indonesia.

Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar ‘mengambang’ adalah pasar yang diadakan di sungai atau perairan, biasanya menggunakan perahu tradisional. Jenis pasar ini juga ditemukan di negara-negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam. Di Indonesia, pasar terapung yang paling terkenal adalah Muara Kuin, hilir Sungai Kuin di Banjarmasin, dan Lok Baintan di Sungai Martapura di Banjar. Keduanya berada di Provinsi Kalimantan Selatan.

Merupakan hak istimewa untuk menyaksikan perdagangan kuno ini dalam tindakan, karena ini berasal dari masa pemerintahan Kesultanan Banjar (c.1520). Modernisasi mengancam masa depannya, meskipun pada kunjungan saya, saya mendengar pemerintah lokal sekarang bersedia melakukan upaya untuk mendukung dan melestarikan tradisi.Pasar Terapung Lok Baintan biasanya diadakan dari hanya setelah fajar sampai kapal bubar di pagi hari.

Para pedagang kebanyakan wanita menawarkan barang kepada siapa pun di sungai, termasuk wisatawan di perahu motor modern. Para pedagang mendekati klotok mereka (perahu tradisional) dan menjajakan barang-barang mereka, mulai dari buah-buahan, seperti rambutan, pisang, jambu biji dan jeruk, hingga sayuran seperti daun singkong, kangkung dan kembang kol, hingga camilan tradisional.

Ada juga makanan siap saji, seperti nasi bungkus (nasi bungkus dengan lauk). Harga mulai dari sedikitnya Rp.5.000 untuk seikat kecil rambutan runcing, merah muda. Tawar-menawar secara luas dipraktikkan. Apa yang saya temukan paling menarik adalah buah-buahan eksotis yang tak terhitung jumlahnya yang dijual, termasuk beberapa yang jarang terlihat atau dijual di kota-kota besar saat ini.

Salah satu contohnya adalah mangga Kalimantan atau kasturi (Mangifera casturi) yang masuk dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). Rasanya mirip dengan mangga biasa, tetapi lebih lembut dan dengan sedikit daging. Lainnya adalah rambai (Baccaurea motleyana), sedikit mirip lengkeng dan mirip dengan buah langka lainnya, menteng.

Ada juga buah duku, yang dikenal sebagai langsat atau lanzones, yang terakhir lebih umum di Indonesia. Kekacauan mungkin adalah kesan awal dari Pasar Terapung Lok Baintan. Itu bisa tampak sembarangan, dengan nudge dan benjolan di antara kapal-kapal yang sering terjadi. Tetapi amati dengan seksama dan Anda akan melihatnya sebenarnya sangat tertib dan toleran.

Di pasar ini para pedagang saling menghormati satu sama lain: benjolan tidak dapat dihindari dan memang perlu bagi mereka untuk berkomunikasi dan bahkan berdagang satu sama lain. Uniknya, mereka sering tidak menggunakan uang untuk berdagang, tetapi melakukan bisnis dengan sistem barter; memperdagangkan satu item untuk yang lain.

Setelah melintasi Pasar Terapung Lok Baintan sesaat sebelum waktu tutup, saya mencicipi salah satu keajaiban kuliner Banjar, Soto Banjar. Soto yang umum ditemukan di seluruh Indonesia dan biasanya terdiri dari kaldu, daging dan sayuran. Yang satu ini dalam gaya tradisional Banjar: ayam suwir, telur, kentang dan wortel, disajikan dengan lontong (nasi bungkus dengan daun).

Pantai Angsana

tempat hunting di banjarmasin

Tempat wisata di banjarmasin yang sekarang ini sedang naik daun adalah pantai angsana.Pantai Angsana adalah objek wisata yang terletak di Kalimantan Selatan menyimpan keindahan kehidupan laut untuk dinikmati. Angsana Becah memiliki air laut yang sangat jernih dan pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang sebagai tujuan yang patut dikunjungi di Kalimantan Selatan. Tapi, pantai ini tidak populer meski untuk warga Kalimantan Selatan.

Angsana Beach memiliki pasir yang landai dan panjang. Ombaknya sangat indah. Di tepi pantai ada banyak pohon yang subur yang relatif bersih dan teratur. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, di sana sekarang berdiri sebuah hotel menengah dengan biaya sekitar Rp 400.000 / malam. Di sini juga tersedia peralatan snorkeling lengkap sewa. Untuk menemukan karang yang berjarak 3,5 km dari pantai, pengunjung dapat menyewa perahu yang dapat diisi dengan 10 orang.

Daya tarik utama di Angsana Beach adalah kekayaan kehidupan laut. Termasuk terumbu karang dalam berbagai bentuknya. Tempat terbaik untuk snorkeling dan diving bernama spot Batu Anjir, Sungai Dua Laut dan Karang Rima. Khusus untuk spot Batu Anjir dan Karang Kima, lokasinya sekitar 30 menit ke laut. Nama Batu Anjir sendiri satu kali ketika pertama kali ditemukan, karang ini tersangkut oleh perahu nelayan. Para nelayan memberi tanda Anjir (kayu / bambu) yang digunakan para nelayan untuk menggerakkan perahu ke laut agar tidak berjalan di atas karang. Karena hal itu, hingga kini karang ini disebut dengan sebutan Karang Batu Anjir.

Air Terjun Bajuin

pantai di banjarmasin

Air terjun Bajuin adalah salah satu air terjun yang indah yang terletak di kota Pelaihari, tepatnya terletak di lereng gunung Meratus. Ini terletak di desa Sei Bakar, Pelaihari kabupaten, Tanah Laut Kabupaten Kalimantan Selatan. Tidak jauh dari air terjun Bajuin, ada Gua Marmer yang bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan berjalan kaki. Gua ini unik karena ada banyak ubin marmer yang biasanya digunakan untuk rumah dan membentuk gua seperti kubah masjid.

Di dalam gua juga terdapat kehidupan nokturnal kelelawar. Di wilayah ini ada 4 buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Air Terjun I (terdekat) adalah 25 meter, air terjun II adalah 17 meter, III (37 meter), dan IV (18 meter). Untuk mencapai wisata alam banjarmasin ini berjarak sekitar 10 km dari kota Pelaihari (2,5 jam waktu perjalanan), atau sekitar 75 km dari kota Banjarmasin.

Jalan menuju air terjun diaspal (sampai desa Sei Bakar) dan ada juga jalan setapak. Sepanjang jalan ada banyak bukit besar seperti gunung. Warna hijau terlihat indah dikombinasikan dengan menguningnya sawah di sekitarnya. Dari kota Banjarmasin, sebelum memasuki Kota Pelaihari, Swan Round akan ditemukan. Ambil jalan ke kiri dan jalan lurus sampai 3 persimpangan. Selanjutnya, ambil jalan lurus (setiap persimpangan ada petunjuk papan) ke desa Sei Bakar.

Jembatan Rumpiang

wisata alam banjarmasin

Jembatan Rumpiang telah membentang di atas sungai Barito, kota Marabahan, kabupaten Barito Kuala. Jembatan diresmikan pada 25 April 2008. Dengan hadirnya jembatan akan memudahkan arus lalu lintas dari kota Marabahan ke kota Banjarmasin dan sebaliknya yang sebelumnya harus menggunakan feri untuk menyeberangi Sungai Barito. Jembatan Rumpiang itu sendiri memiliki panjang total 753 meter dengan bentang utama 200 meter menggunakan konstruksi rangka baja.

Taman Siring Menara Pandang

tempat wisata di banjarmasin

Bersantai bersama keluarga adalah impian banyak orang. Diperlukan tempat yang aman untuk itu, dan tentu saja menyenangkan dan terjangkau. Salah satu tempat rekreasi favorit di Banjarmasin adalah Taman Siring Menara Pandang (Taman Siring View Tower) di Jalan Kapten Pierre Tendean, Banjarmasin. Taman yang menghiasi tepi Sungai Siring Martapura selalu dipadati warga atau wisatawan.

Di taman ini ditumbuhi pepohonan jadi teduh dan suasananya sejuk. Pohon-pohon di sini berjenis penopang tanah di sepanjang sungai seperti asam yang sengaja ditanam oleh pemerintah Kota Banjarmasin yang alirannya berkelanjutan. Taman Siring Menara Pandang (Taman Siring View Tower) dikenal sebagai ikon baru Kota Banjarmasin. Menara penglihatan terlihat jelas dari sisi Sungai Martapura.

Anda bisa masuk ke menara dan menikmati pemandangan sungai dan Kota Banjarmasin. Diresmikan pada Juni 2014 dengan ketinggian 21 meter dan biaya Rp 14,5 miliar diharapkan menjadi ikon baru Kota Banjarmasin. Lantai siring terdiri dari bebatuan bermotif. Ada juga yang timbul, sering digunakan pengunjung untuk refleksologi kaki. Dalam dua bagian akhir sepanjang satu kilometer, Siring memiliki dermaga apung.

Ada juga dermaga khusus pasar terapung yang umumnya digunakan pedagang pasar terapung untuk berjualan pada Minggu pagi. Di bagian tengahnya terdapat View Tower, gazebo, dan dua rumah tua yang telah diperbaiki oleh pemerintah Kota Banjarmasin dan digunakan sebagai wisata di Banjarmasin. Taman Siring Menara Pandang adalah pengembangan Taman Siring Martapura yang merupakan salah satu penghargaan dari pemerintah daerah untuk memperkuat julukan Banjarmasin sebagai “Kota Seribu Sungai” Selain itu tempat ini sering kali digunakan para pemburu foto sebagai tempat hunting dibanjarmasin yang terfaforit.

Saat ini, taman ini selalu dipadati oleh penduduk setempat yang berasal dari berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Taman ini juga merupakan salah satu tempat berkumpulnya para remaja, seperti komunitas tari break, komunitas skateboard, dan komunitas gaya bebas BMX. Banyak warga lokal datang ke tempat ini untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman mereka.

Jika Anda datang ke Banjarmasin, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat ini. Akses untuk sampai ke sana: Taman Siring Menara Pandang terletak di Jalan Kapten Pierre Tendean, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Banjarmasin terletak sekitar 40 kilometer dari Martapura untuk menempuh sekitar 1 jam perjalanan, atau sekitar 35 kilometer dari Banjar Baru untuk menempuh sekitar 40 menit berkendara.

Kota ini juga dapat dicapai melalui rute udara Bandara Syamsuddin Noor, yang terletak sekitar 26 kilometer dari Banjarmasin untuk memakan waktu sekitar 30 menit berkendara, dan melalui rute laut ke Pelabuhan Trisakti, yang terletak sekitar 5 kilometer dari Banjarmasin.

Musim Gugur (Maret hingga Mei)

Kelembaban dan suhu bergabung untuk membuat musim ini terasa hangat. Kisaran tinggi dari 91,5 ° F (33,1 ° C) dan 88,8 ° F (31,6 ° C) dengan suhu yang sama pada bulan-bulan berikutnya. Hujan sangat umum dengan 8 hingga 12 hari dari curah hujan yang signifikan per bulan. Musim gugur adalah yang tersibuk kedua bagi pariwisata, yang menjadikannya saat yang tepat bagi mereka yang mencari hal-hal untuk dilakukan.

Musim Dingin (Juni hingga Agustus)

Bulan-bulan tengah tahun memiliki cuaca yang sangat nyaman dengan suhu tinggi yang cukup hangat. Bulan-bulan ini melihat sedikit curah hujan dengan 5 hingga 8 hari hujan per bulan. Juni – Agustus adalah musim tersibuk untuk pariwisata di Banjarmasin, sehingga penginapan dan akomodasi lainnya mungkin lebih mahal dari biasanya.

Musim Semi(September hingga November)

Kisaran tertinggi harian mulai dari 94,2 ° F (34,6 ° C) dan 90,2 ° F (32,3 ° C), yang akan terasa sangat bagus karena kelembaban dan angin. Hujan atau salju dalam jumlah yang signifikan: 3 hingga 11 hari per bulan. Pariwisata adalah yang paling lambat selama bulan-bulan ini karena cuaca, sehingga hotel dapat diberi harga terjangkau.

Musim Panas (Desember hingga Februari)

Cuaca yang sempurna sepanjang tahun ini di Banjarmasin menjadi menyenangkan bagi wisatawan cuaca hangat. Rata-rata tinggi selama musim ini adalah antara 88,8 ° F (31,6 ° C) dan 86,9 ° F (30,5 ° C). Rata-rata, hujan atau salju sangat banyak: 13 hingga 16 kali per bulan. Saat-saat ini tahun cukup lambat dengan wisatawan. Itulah sekedar info tentang tempat wisata di banjarmasin yang sekarang ini sedang naik daun dan sangat disayangkan bila anda megunjungi banjarmasin tanpa mengujungi wisata wisata yang sedang naik daun. bagiamana apakah anda minat mengunjunginya