27 Makanan Khas Sunda Terkenal Enak 2018

Tahuka Anda?? Sunda merupakan suku atau komunitas etnis yang mendiami pulau Jawa, bagian barat, Indonesia. Jika berbincang tentang olahan dari sunda, tidak jarang kalau sang pembaca langsung membayangkan rasa manis pada masakanya. Aslinya, cita rasa kuliner yang dimiliki Sunda tidak cuman terkenal oleh aroma dan cita rasa yang manis, akan tetapi ada cita rasa lain seperti halnya gurih asin, asam segar, dan juga tidak lupa dengan rasa pedas  loh.

Masakan asli jawa barat ini sangat di gemari oleh sebagian besar orang Indonesia apalagi penduduk yang mendiami  pulau Jawa. Sebagian besar kuliner yang ada di tanah Sunda berbahan dasar sayuran. Kalau Anda penasaran dan ingin mencoba makanan khas Sunda yang popular dan lezat ini, kami akan memberi list nama masakan dan resep masakan khas Sunda simak ya  penjelasan di bawah ini. Uuuhmm ngga sabar ya mau tau masakan khas sunda? Emang sih Sunda terkenal dengan olahannya yang menggugah selera makan seperti makanan di bawah ini, langsung saja ya:

Nasi Timbel

masakan khas sunda

Tahuka Anda? Nasi Timbel merupakan makanan khas Sunda yang memiliki aroma dan cita rasa menggoda, nasi ini disajikan dengan berbagai versi.  Awal mulanya, Nasi Timbel ini merupakan santapan  para petani pada waktu beristirahat. Akan tetapi nasi timbel sudah popular jadi semua orang bisa merasakannya.

Ngga jarang nasi timbel ini ditemukan dengan bungkusan daun pisang, Nasi Timbel disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan asin, pepes ikan, ampela, ayam goreng, tawes dan japuh. Ditambah dengan lalapan sambal.

Nasi Liwet

masakan sunda sehari hari

Nasi Liwet Khas Sunda memiliki rasa dan aroma yang gurih. Rasa gurih yang dikandung dalam Nasi Liwet diciptakan dari campuran bumbu-bumbu rempah Khas Indonesia contohnya batang serai, cabai rawit, bawang merah dan putih, jambal roti, daun kemangi dan daun salam. Nasi Liwet seringkali dimakan bersama ikan asin. Beberapa peminatnya juga menyantap Nasi Liwet bersama sayur asem, ikan bakar bisa juga gorengan tahu tempe.

Nasi Tutug Oncom

makanan ringan khas sunda

Nasi Tutuk Oncom sebenarnya berasal dari daerah Tasikmalaya   merupakan sajian Nasi yang dicampur menggunakan oncom garing atau oncom bakar. Nasi Tutuk Oncom lebih mantap jika di hidangkan selagi hangat, dengan tambahan lauk contohnya tahu goring, tempe goring, ayam goring, lalapan sayur dan juga sambal terasi sahabat.

Karedok

makanan sunda yang terkenal

Keredok adalah makanan Khas Sunda dan 11 12 dengan gado-gado. Keredok menghidangkan variasi sayuran dan ditambah dengan saus kacang tanah dengan kepedasan yang bisa menggugah selera. Nah, sayuran apa saja sih  yang cocok buat karedok?  Karedok kan hampir sama dengan gado gado jadi salah satunya sayur yang cocok yaitu mentimun, kacang-kacangan (bagi yang suka), terong hijau(kecil), toge, kubis, basil dan juga sayuran lagi yang bisa dipakai tentunya semua sesuai dengan selera Anda.

Lotek

makanan tradisional sunda

Lotek sebagai makanan Sunda yang terkenal ini hampir mirip dengan pecel. Sayuran segar direbus dan disiram bumbu kacang dan tambahan rempeyek. Untuk tambahan, lotek dapat ditambahkan bakwan juga tempe sebagai lauknya. Btw, lotek boleh kok dimakan bersama ketupat / nasi putih.

Sayur Asem

resep masakan khas sunda

Sayur Asem dimasak dengan berbagai sayuran yang gampang ditemukan tanah Indonesia. Apasaja sih sayuran yang boleh dijadikan sayur asem? Yah, labu siam, jagung, kacang panjang, nangka yang muda, belimbing sayur, melinjo, dan kacang tanah boleh loh.

Geco

makanan daerah sunda

Geco dikenal dengan singkatan dari tauge tauco. Geco ini berbahan dasar dari tauge yang disiram menggunakan bumbu tauco yang disebut dengan bumbu khas daerah Cianjur. Bumbu tauco ini dibuat dengan cara fermentasi biji kedelai. Geco dihidangkan dengan potongan ketupat, kentang, tahu dan potongan telur.

Bakakak Hayam

resep masakan sunda sehari hari

Makanan ayam bakakak ini dalam bahasa sunda asli sering disebut dengan nama bakakak hayam. Bakakak hayam seringkali dihidangkan dengan wujud ayam kampung utuh dan selesi dibumbui dan dipanggag sesudah dibersih dari jeroanya. Bakakak hayam nikmat jika disantap bersama nasi putih dan sambal.

Empal Gepuk Daging Sapi

resep masakan tradisional sunda

Apakah Anda tahu bagaimana cara memasak gepuk? Di Sunda gepuk diolah dengan cara direbus sampai lunak kemudian di-gepuk (dipukul-pukul). Gepuk mengkombinasikan cita rasa yang gurih dan juga  manis dari berbagai macam campuran bumbu dan santan dalam proses pengolahannya, yang akan membuat cita rasanya semakin mantap.

Sate Manggarai

resep makanan sunda

sate maranggi termauk salah satu sate khas urang sunda ini ditemukan di daerah Purwakarta sampai Cianjur. Daging sate yang dipakai adalah daging kambing boleh juga sapi. Ketika akan dibakar, sebelumnya daging dimarinasi terlebih dahulu suapaya rasa bumbunya dapat meresap lebih sempurna. Sate manggarai cocok disantap bersama nasi putih atau lontong, cocok juga disantap pakai nasi timbel loh. Oh ya, jangan lupa irisan tomat segar dan sambal oncom sebagai teman untuk menikmati sate ini ya.

Makanan khas sunda yang popular saat ini dikalangan remaja yakni makanan yang unik berbahan dasar dari olahan kerupuk yang direbus dan dicampur dengan bumbu berisi cabai, kencur, garam dan juga bawang putih lalu direbus sebelum dihidangkan. Seblak ada dua varian loh ada seblak goreng dan juga seblak kuah,nah.. kalian suka yang mana nih? Apakah Anda ingin mengetahui beberapa masakan Sunda sehari hari seperti apa? Tidak sulit kok jika Anda ingin menyajikannya untuk keluarga Anda simak ya menu masakanya :

  • Empal ayam mentega
  • Empal gepuk
  • Sate maranggi
  • Lotek cirebon
  • Tumis labu siam
  • Capcay goreng bakso
  • Tumis cah kangkung
  • Terong sambal balado
  • Sayur asem
  • Sambal goreng kentang tempe
  • Nasi goreng putih
  • Tumis jamur tiram
  • Telur dadar campur
  • Seblak kerupuk

Itulah beberapa menu masakan khas Sunda yang bisa Anda terapkan dirumah sangat sederhana bukan? Mau tahu Resep Masakan Sunda Sehari Hari yang paling enak ? langsung aja ya simak resep berikut ini, selamat mencoba.

Ikan Bawal Tauco

masakan khas sunda

Bahan bahan

  • Ikan bawal : 5 ekor ukuran sedang
  • Jeruk nipis : 2 buah
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menggoreng
  • Garam : secukupnya
  • Bahan bumbu
  • Bawang putih : 5 siung
  • Bawang merah : 7 buah
  • Cabe rawit merah : 5 buah atau sesuai selera
  • Kecap manis : ± 5 sendok makan
  • Tauco : 1 botol kecil
  • Garam, vitsin, gula pasir : secukupnya
  • Air bersih : ± 250 ml

Langkah-langkah:

  • Langkah pertama bersihkan ikan bawal dan kerok sisiknya, lantas lumuri dengan air jeruk nipis dan taburkan garam secukupnya, remas remas dan diamkan paling tidak 10 menit. kemudian bersihkan.
  • Berikutnya goreng ikan bawal hingga matang dan warnanya kuning kecoklatan.
  • Sementara itu iris tipis tipis bawang putih dan bawang merah, potong cabe merah rawit ukuran 1 cm,
  • Kemudian tumis bawang putih dan bawang merah hingga sedikit layu, masukkan juga cabe rawit, kecap manis, dan tauco kira kira 4 sendok makan. Aduk aduk sebentar lantas masukkan garam, gula pasir, serta penyedap rasa, aduk aduk hingga wangi dan matang ( beruap ).
  • Lalu masukkan air bersih sekitar 1 gelas lebih sekitar 250 ml dan tunggu hingga mendidih.
  • Terakhir masukkan ikan bawal goreng dan aduk aduk supaya bumbunya menutupi semua permukaan ikan. Tunggu hinga bumbu meresap dan angkat.

Empal Gepuk Istimewa

masakan sunda sehari hari

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi
  • 50 gram gula merah, sisir halus
  • Minnyak secukupnya untuk menumis
  • Bahan ungkep:
  • 6 butir bawang merah
  • 6 butir bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 3/4 sdm ketumbar
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  • Potong daging sapi sesuai selera Anda, rebus hingga empuk, lalu pukul-pukul sampai sedikit
  • Semua bumbu haluskan, kemudian ungkep daging yang direbus sampai empuk tadi bersama bumbu halus dan gula merah sampai bumbu meresap.
  • Goreng daging gepuk sebentar dengan minya lalu angkat dan sajikan bersama sambal cabe merah sebagai pelengkap.

Terong Balado Khas Sunda

makanan ringan khas sunda

Bahan:

  • 4 bh terong ungu
  • Bumbu Halus:
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 cabe keriting (kurangi jika ingin tidak terlalu pedas)
  • 10 cabai merah besar
  • 2 bh tomat
  • Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat Terong Balado:

Pertama potong terong ungu masing-masing menjadi 4 bagian dengan ukuran 10cm, tiap bagian potong memanjang menjadi empat bagian. Rendam irisan terong ke dalam air supaya terong ngga berubah warna. Kemudian di goreng hingga matang. Kupas bawang merah dan bawang putih. Siapkan bahan cabai keriting, cabai merah, dan tomat. Ulek hingga halus kemudian tambahkan gula dan garam secukupnya sesuai selera. Sesudah bumbu dihaluskan dan terong sudah terlihat matang, panaskan minyak diwajan lalu tumis bumbu sampai mengeluarkan aromanya. Lalu masukan terong dan aduklah hingga merata.

Seblak Bandung

makanan sunda yang terkenal

Bahan-Bahan Seblak:

  • Kerupuk udang atau kerupuk nasi uduk sebanyak kurang lebih 100 gram/I ons.
  • Minyak goreng sebanyak 2 sendok.
  • Telur ayam sebanyak 1 butir saja.

Bumbu yang dihaluskan:

  • Sediakan bawang merah sebanyak 3 buah
  • Sediakan bawang putih sebanyak 2 siung
  • Sediakan cabe merah keriting sebanyak 2 buah
  • Sediakan cabe rawit sekitar 5 buah
  • Sediakan kencur ½ ruas

Bahan-Bahan Pelengkap:

  • Siapkan bawang 1 batang kemudian iris-iris seukuran 1 cm
  • Siapkan kaldu bubuk sebanyak kurang lebih ½ sendok makan
  • Siapkan kecap manis sebanyak 2 sendok
  • Siapkan merica bubuk sebanyak ½ sendok teh atau 1 sendok teh
  • Siapkan garam secukupnya
  • Siapkan air sebanyak 100 ml

Prosedur Membuat Seblak Kerupuk Khas Sunda:

Langkah awal,rebus kerupuk hingga mengembang. Dan  angkat lalu tiriskan, Haluskan bumbu yang sudah dipersiapkan lalu tumis menggunakan minyak sayur sekitar 2 sendok makan. Selanjitnya masukan irisan daun bawang, kalau sudah matang, masukan telor lalu aduk  aduk sampe merata ya. Tambahkan kecap manis, merica bubuk, kaldu bubuk dan garam. Kasih air kira-kira setengah gelas, aduk lagi. Dan coba tes rasanya, jika sudah oke, masukkan segera kerupuknya, lalu angkat dan sajikan.

Resep masakan khas sunda selalu diminati oleh semua orang karena cita rasanya dan aroma yang menggugah selera makan, resep apa saja yang akan dibahas? Simak ya.

Resep Pepes Jamur

makanan tradisional sunda

Bahan-bahan:

  • 150 gram jamur tiram
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Bumbu-bumbu:
  • 4 siung bawang merah
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 1/2 buah tomat
  • 1 batang daun bawang
  • 1 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdm minyak sayur

Cara membuat:

  • Suwir-suwir jamur kemudian cuci sampai bersih, lalu peras airnya tiris dan kering.
  • Masukkan jamur dalam wadah bersama irisan bawang merah, cabe, tomat, daun bawang, minyak sayur, dan jangan lupa tambahkan masako aduk rata. Bungkus menggunakan daun pisang juga kukus sekitar 15 menit.
  • Jika sudah matang, bakar sebentar pepes jamur di atas kompor supaya keluar aroma wangi, dan pepes jamur siap dihidangkan.

Resep Pesmol Ikan Bumbu Nafisa

resep masakan khas sunda

Bahan-bahan:

  • 6 kepala ikan nila goreng
  • 4 siung bawang merah iris
  • 4 buah cabai merah iris
  • 7 buah cabai rawit merah iris
  • 2 batang daun bawang iris
  • 250 ml air
  • Minyak untuk menumis
  • 1 bungkus Bumbu instan nafisa

Cara membuat:

  • Larutkan bumbu menggunakan sedikit minyak, lalu tumis larutan bumbu sampai matang dan tambahkan airnya sedikit saja.
  • Masukkan irisan cabai, bawang merah, daun bawang, masak hingga layu.
  • Masukkan kepala ikan, masak sebentar hingga matang, angkat dan sajikan.

Resep Petis Bandung Pedas

resep masakan sunda sehari hari

Bahan-bahan:

  • 10 potong tahu kuning
  • 1/4 kg tauge
  • 1/4 kg kacang tanah
  • 1/2 sdt bumbu petis
  • 1 batang seledri
  • 1/2 ons cabe rawit
  • 1 buah gula merah
  • 1 buah jeruk purut
  • 1/2 ons kencur
  • Garam
  • 1/4 buah mentimun
  • 3 siung bawang putih

Cara membuat:

  • Potong tahu menjadi 4 bagian, lalu goreng kering dan sishkan dahulu. Goreng kacang tanah hingga kecoklat-coklatan lalu rebuslah tauge sebentar saja sampai setengah matang.
  • Bawang putih, kencur, cabe rawit diulek hingga halus, lalu masukkan garam secukupnya, gula merah, kacang tanah yang sudah digoreng matang dan bumbu petis. Testing rasanya, masukkan air perasan dari jeruk purut dan setengah gelas air panas dan siram ke tahu yang abis digoreng,mentimun yang sudah dipotong kotak-kotak, dan tauge yang sudah direbus. Sebagai bahan pelengkap sajikan dan kasih seledri atau bawang goreng.

Resep Nasi Lengko

makanan daerah sunda

Bahan-bahan:

  • 2-3 tahu goreng
  • 3-4 tempe goreng
  • 2 timun
  • Secukupnya tauge
  • Sambal kacang secukupnya
  • Kecap

Cara membuat:

  • Tempe tahu goreng dan mentimun potng kotak. Rendam tauge di dalam air hangat kurang hingga layu. Angkat lalu tiriskan.
  • Sajikan menggunakan nasi putih hangat, tahu, tempe, dan juga potongan mentimun. Kemudian siram menggunakan bumbu kacang dan sambel(kalau anda menyukai rasa pedas). Tambahkan toping kerupuk di atasnya. Nasi lengko siap dinikmati.

Resep Nasi Liwet Sederhana

resep masakan tradisional sunda

Bahan-bahan:

  • 3 cup beras
  • Air secukupnya
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 4 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • Minyak sayur secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci beras sampai bersih.
  • Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, garam, dan batang serai sampai tercium
  • Tuang ke beras yang sudah dicuci bersih, tambahkan air sedikit dan aduk rata
  • Masak beras sampai pulen.

Resep Empal Ayam Mentega

resep makanan sunda

Bahan-bahan:

  • 4 potong ayam
  • 2 sendok tepung bumbu sasa rasa original
  • 1 sdm mentega

Cara membuat:

  • Ayam fillet yang sudah dihaluskan.
  • Di wajan, cairkan mentega dengan kondisi api kecil.
  • Di wadah, masukkan semua bahan dan aduk rata.Tidak hanya menambahkan garam, gula, atau sasa karena sudah ada di tepung bumbu.
  • Goreng adonan dengan api kecil sampai berwarna kuning keemasan.

Resep Sate Maranggi

masakan khas sunda

Bahan-bahan:

  • 300 gram daging sapi/kambing sesuai selera
  • 200 gram lemak daging atau sesuai hati.
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 2 sdt ketumbar
  • Asam jawa secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Potong-potong daging, cuci hingga bersih, tiriskan.
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan gula hingga halus. Lalu setelah halus berikan sedikit air, lalu masukkan asem jawa.
  • Masukkan daging ke dalam bumbu halus, aduk rata kemudian diamkan sekitar 30 menit hingga bumbunya meresap.
  • Tusuk daging dengan memakai tusuk sate, jika diberi lemak maka selang seling dengan daging, begitu hingga habis.
  • Bakar sate di atas bara api, dan bolak-balik supaya tidak gosong.
  • Jika sudah matang, angkat dan hidangkan.

Resep Lotek Cirebon

masakan sunda sehari hari

Bahan-bahan:

  • 1 ikat bayam
  • 1 buah wortel ukuran kecil
  • 2 lembar kubis, iris tipis
  • 1 genggam kecambah
  • 1 buah tomat (iris tipis)
  • 4 buah tahu
  • 1 genggam kacang tanah
  • 4 buah cabe rawit
  • 1 buah bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1 sdt terasi
  • 1 lembar daun jeruk
  • Air asam secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula jawa secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus semua sayuran (terkecuali kubis) tiriskan. Sangrai kacang tanah sampai matang.
  • Uleg cabe, bawang putih, kencur, daun jeruk, terasi, garam sampai halus lalu beri kacang tanah dan 2 sdm air asam jawa.
  • Jika sudah halus, tambahkan gula merah dan air seperlunya (jangan terlalu encer).
  • Masukkan semua sayuran, tomat, dan tahu aduk rata. Hidangkan bersama dengan kerupuk dan ketupat.

Resep Pepes Ikan Merah

makanan ringan khas sunda

Bahan-bahan:

  • 1 kg ikan merah (4 ekor)
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 buah tomat potong 4
  • 6 buah cabe rawit
  • 2 lembar daun jeruk purut iris tipis
  • 1 ikat kemangi
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 100 cc air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 batang serai iris tipis serong

Cara membuat:

  • Cucilah ikan merah sampai bersihkan, dan tiriskan. taruhlah di piring cekung juga tomat, dan cabe diatas ikan merah.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, ketumbar, dan kunyit.
  • Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan semua bahan kecuali tomat, cabe, dan kemangi.
  • Masukkan tumisan bumbu di atas ikan, kemudian kukus ikan selama 15 – 20 menit. Setelah 20 menit, angkat dan taburi dengan daun kemangi di atasnya.

Resep Soto Sunda

makanan sunda yang terkenal

Bahan kaldu:

  • 250 gram daging sapi( potong kotak-kotak)
  • 3 liter air
  • Bumbu tumisan:
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 lembar daun salam
  • 1 buah lobak, potong tipis
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 batang seledri iris tipis
  • Garam
  • Merica
  • Kaldu bubuk
  • Gula pasir

Cara membuat:

  • Langkah pertama, rebuslah daging sapi bersama air, tambahkan 1 sdm garam dan tunggu hingga daging empuk. Sambil menunggu tumis di wajan bawang putih, bawang merah, dan daun salam sampai mengeluarkan aroma harum. Dan masukkan bumbu tumisan ke dalam rebusan daging sapi yang sudah empuk tadi.
  • Masukkan lobak yang diiris ke dalam rebusan, dan berikan bumbu 1 sdt kaldu bubuk dan setengah sdt merica bubuk.
  • Jika lobak sudah empuk, masukkan daun bawang dan seledri, dan beri 1/4 sdt gula pasir, aduk sebentar.
  • Segera hidangkan olahan dari Resep Makanan Sunda selagi hangat bersama potongan lontong dengan taburan daun bawang atau bawang goreng di atasnya.

dari berbagai masakan khas Sunda kita juga akan membahas resep masakan tradisional khas Sunda.

Gemblong

makanan tradisional sunda

Bahan-bahan

  • 200 gr tepung ketan putih
  • 100 gr kelapa parut
  • 125 ml santan (santan kara instant+air)
  • 1/2 sdt garam
  • Secukupnya minyak utk menggoreng

Bahan balutan:

  • 50 gr gula pasir
  • 75 gr gula merah (sisir)
  • 120 ml air
  • 1 sachet vanili bubuk

Langkah langkah:

  • Campurkan tepung ketan, kelapa parut dan garam lalu masukan santan sedikit2, uleni sampe benar2 tercampur dan bisa dibentuk
  • Panaskan minyak lalu goreng adonan dgn api kecil sampe menguning, sisihkan

Utk bahan balutan:

  • Masukan air, gula merah dan gula putih, vanili bubuk aduk terus sampe berbusa
  • Masukan semua adonan, aduk terus sampe airnya habis dan kering (harus terus diaduk sampe ngga pada lengket satu sama lainnya), matikan api terus diaduk sampe tdk ada gula yg basah sedikitpun.
  • Hidangkan, lebih enak dimakan ketika dingin ya

Colenak Bandung

resep masakan khas sunda

Bahan-bahan:

  • 200 gr tape singkong
  • Saus kinca /enten
  • 100 gr kelapa parut
  • 100 gr gula merah jenis kawung (iris serut)
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt essens vanilla
  • 250 santan cair
  • 1 lembar daun pandan (simpulkan)
  • Sejumput garam
  • Secukupnya margarine

Cara Pembuatan:

  • Buat saus kinca nya terlebih dahulu : campurkan semua bahan saus kinca masak hingga sedikit mengental
  • Potong potong tape besarnya disesuaikan lalu panggang diatas teflon sambil di olesi margarin hingga berubah kecoklatan
  • tata tape yang sudah dipanggang di piring saji siram dengan saus kinca. Colenak siap disantap.

Resep Sayur Lodeh Khas Sunda

resep masakan sunda sehari hari

Bahan:

  • 1 buah labu siam (besar) potong kotak kecil
  • 1 buah terong ungu, potong dadu
  • 1 buah jagungmanis, potong-potong
  • 150 gram kacang panjang, potong-potong
  • daun dan buah melinjo sesuai selera
  • 200 ml santan dari separuh butir kelapa
  • 400 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula merah
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • penyedap alakadarnya

Bumbu Halus :

  • 4 butir kemiri
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdt gula merah
  • ½ sdt terasi
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih

CARA MEMBUAT SAYUR LODEH :

Pertama panaskan sedikit minyak dan tumis bumbu halus hingga harum, angkat lalu sisihkan. Setelah itu didihkan air, masukkan potongan sayuran yang abis dibersihkan. Masukkan tumisan bumbu lalu beri garam, vitsin, gula merah, tomat dan santan. Aduk dan masak sampai mendidih kembali dan matang, angkat siap dihidangkan Resep Masakan Tradisional Sunda.

Jika Anda ingin tahu apa saja makanan ringan khas Sunda berikut akan kami sebutkan:

Yang pertama yaitu cimin bandung, bandros cowboy cisangkuy, kue balok ,gehu pedas, surabi, cirreng cipaganti,cilok bapri, awug cibeunying,batagor ,baso tahu , siomay, colenak Bandung, dan yang terakhir pukis Bandung. Nahh, bagaimana sudah puas belum dengan artikel di atas yang sudah membahas tentang macam macam masakan khas sunda, dan juga kumpulan resep masakan sunda dari yang terkenal, masakan sunda sehari-hari, masakan sunda tradisional, dan yang terakhir camilan khas sunda, wahh lengkap bukan?

Sunda memang dikenal dengan masakannya, tak jarang para wisatawannya bela-belain ke sunda hanya untuk  berkuliner di kota ini, karena sunda tidak pernah mengecewakan penikmatnya. Itu saja yang bisa kami sampaikan untuk Anda, demikian artikel tentang masakan khas Sunda kami mohon maaf  jika ada salah penulisan dan jika Anda suka silahkan like artikel ini ya, terima kasih sudah membacanya.