27 Tempat Wisata DI Serang Paling Keren 2018

Serang adalah salah satu daerah di Provinsi Banten yang berbatasan dengan beberapa wilayah lainnya.Di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa dan Kota Serang, di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Lebak dan Pandeglang.Sementara di sebelah barat berbatasan dengan Kota Cilegon dan Selat Sunda serta di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tangerang.Pada pertengahan tahun 2007, Serang mengalami pemekaran wilayah sehingga terbagi menjadi dua wilayah administratif, yaitu Kabupaten Serang dan Kota Serang. Dengan luas mencapai 1.467,39 km², Kabupaten Serang terdiri dari wilayah dataran rendah dan pegunungan.

Dimana pada bagian utara merupakan wilayah datar yang tersebar luas hingga ke pantai, kecuali pada beberapa wilayah yang ada di sekitar pegunungan.Beberapa wilayah di bagian selatan sampai barat merupakan kawasan perbukitan dan pegunungan sehingga membuat wilayah diantara keduanya cenderung bergelombang.Potensi wisata di Serang, Provinsi Banten sangatlah beragam. Selain peninggalan sejarah yang banyak menyimpan cerita, destinasi wisata alam di Serang juga tidak perlu dipertanyakan lagi eksotismenya. Deretan pantai berpasir putih yang dikenal dengan kawasan Pantai Anyer menjadi salah satu spot wisata yang sudah sangat populer di Serang, Banten.

Belum lagi gugusan pulau kecil yang tak kalah menawan, menjadi magnet tersendiri yang mampu menyedot perhatian wisatawan di kala musim liburan.Potensi wisata di Serang semakin memikat dengan keberadaan beberapa air terjun yang masih sangat alami dengan lingkungan alam yang asri. Menghabiskan waktu liburan di Serang Banten bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin menikmati momen liburan seru bareng keluarga atau sahabat. Karena ada banyak spot wisata keren di Serang Banten yang menanti untuk dijelajahi.Buat kamu yang memiliki rencana liburan ke Serang, Banten jangan lupa untuk mencari informasi tentang tempat wisata di Serang, Banten agar perjalanan wisatamu semakin menyenangkan.

Dan untuk bahan referensi, berikut ini adalah daftar tempat wisata di Serang, Provinsi Banten yang bisa kamu pertimbangkan untuk dikunjungi saat liburan. Sejarah kota atau kabupaten Serang. Pada saat itu Daerah Banten Lama yang terletak di Teluk Banten dan dulunya menjadi pusat dari Kesultanan Banten pada saat itu. Kawasan ini dulunya sebagai tempat kapal-kapal Belanda mendarat untuk pertama kalinya di Indonesia. Di daerah ini terdapat 2 situs sejarah religius yang berdampingan, yaitu Masjid Agung dan Vihara Avalokitesvara. ditemukan Beberapa barang peninggalan sejarah dan harta karun dari China tepatnya terletak di daerah Banten Lama, barang barang peninggalan sejarah tersebut berupa Patung Giok berbentuk seekor naga berbentuk cukup besar dan beberapa perabot rumah yang cukup mewah dari bahan yang sama yaitu dai giok.

Keberadaan benda-benda yang sangat bernilai tersebut konon masih dimiliki oleh sang penemu harta tersebut dan ternyata luput dari perhatian pemerintah lokal. Serang Di dalam sejarah pada abad ke-16  tertulis Kabupaten merupakan bagian dari wilayah Kesultanan Banten dengan pusat pemerintahannya terletak di Serang (sekarang menjadi bagian wilayah Kota Serang) oleh karena itu Sejarah Kabupaten Serang ini pada umumnya hampir sama dan tidak terlepas dari sejarah Banten. Di Serang Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan.

Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Serang kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami. Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Serang yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi tempat wisata di Serang. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional dan itu terasa asyik karena kalian seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. semua kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan dibungkus dan dijadikan satu dalam sebuah peninggalan sejarah dan cerita. Kalian harus menjadi penduduk asli indonesia karena punya kebudayaan yang kaya begini.

Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri. Serang merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Serang pun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini :Wisata Pantai Cibeureum Anyer di Serang Banten, Wisata Pantai Marbella Anyer di Bandulu Serang Banten dan lainnya. Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Serang.

Nah selain tempat tersebut yang sudah terkenal ada beberapa tempat juga misalnya  sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. kita harus bersyukur dan menjaga agar kita bisa selalu menikmati keindahan wisata alam kota Serang karena kini di kota serang terdapat air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari Sudah sewajibnya alam kota serang. Inilah wisata kota Serang yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

Makam Syekh Tubagus Achmad

tempat wisata di serang

Syekh Tubagus Achmad adalah ulama dari tanah Pasundan tepatnya dari desa Sempur kecamatan Plered, Purwakarta, Jawa Barat. Syekh Tubagus Achmad lahir dari keluarga yang taat beragama. Pendidikan agamanya diturunkan langsung oleh ayahnya yang kharismatik. Setelah memiliki dasar agama kuat, ia memutuskan untuk menimba ilmu di pesanten yang ada di pulau Jawa dan Madura. Setelah itu, Syekh Tubagus Achmad berangkat menuju Mekkah untuk memperdalam ilmu agamanya. Syekh Nawawi Al Bantani dan beberapa ulama dari Indonesia pun menjadi gurunya selama di Mekkah.

Setelah dirasa cukup, Syekh Tubagus Achmad kembali ke tanah air pada 1911 masehi dan mendirikan pesantren di Purwakarta. Pesantren tersebut diberi nama As-Salafiyyah. Ia menuangkan banyak pemikirannya dalam berbagai kitab di pesantren ini. Selama hidupnya, Syekh Tubagus Achmad mengabdikan hidupnya dengan memperdalam ilmu yang akan membuat dirinya semakin dekat kepada Allah. Sebagai salah satu ulama besar yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa, Syekh Tubagus Achmad juga dikenal sebagai pembela kaum yang lemah dan tertindas.

Makam Sultan Maulana Yusuf

wisata di serang

Maulana Yusuf dikenal juga sebagai Pangeran Pasareyan adalah putra dari pendiri kesultanan Banten yaitu Maulana Hasanuddin. Pada tahun 1570 Sultan Maulana Hasanuddin meninggal dunia dan Maulana Yusuf pun naik tahta. Dalam masa pemerintahannya, Sultan Maulana Yusuf memperluas daerah kekuasaannya sampai ke Sunda dengan menaklukkan Pakuan Pajajaran di tahun 1579. Selain memeperluas wilayah kekuasaannya, Sultan Maulana Yusuf juga berperan penting memajukan sektor pertanian sehingga mengangkat perekonomian rakyat Banten. Ia melanjutkan pemerintahan Banten sampai tahun 1585. Buat anda yang tertarik mengunjungi makamnya, bisa datang ke kelurahan Sunyatan, Pekalangan Gede, Kasemen, Serang, Banten.

Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

wisata serang banten

Syekh Maulana Mansyuruddin dikenal juga dengan nama Sultan Haji. Beliau adalah putra dari raja Banten ke-6 yaitu Sultan Agung Abdul Fatah Tirtayasa. Syekh Mansyuruddin sendiri menyebarkan agama Islam di daeran Banten selatan. Bagi rakyat Banten, Syekh Mansyuruddin dikenal sebagai ulama yang cerdas dan pemberani. Beliau juga piawai memainkan alat-alat kesenian yang bernafas Islam. Pada masa keemasan pemerintahan Sultan Hasanudin, Syekh Mansyuruddin yang dikenal juga sebagai Ki Mansyur dikenal cakap dalam ilmu pertanian dan komunikasi.

Tak heran jika beliau diserahi tugas menjaga kawasan Banten Selatan. Peninggalannya yang paling terkenal adalah Batu Qur’an. Bila dilihat dengan mata telanjang, batu berukuran 2 meter tersebut nampak biasa saja. Bahkan tidak terlihat tulisan apapun pada batu tersebut. Namun diyakini bahwa tulisan Al Qur’an tersebut hanya bisa dibaca dengan mata batin. Jika anda tertarik silahkan menuju desa Cikadueun, Pandegang, Banten.

Makam Syekh Muhammad Sholeh

tempat wisata di serang banten

Gunung Santri adalah nama salah satu bukit sekaligus kampung yang terletak di desa Bojonegara Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang, sebelah barat laut pantai utara yang berjarak sekitar 7 kilometer dari kota Cilegon. Di puncak Gunung Santri itulah Syekh Muhammad Sholeh dimakamkan dan Gunung Santri ini dikelilingi gugusan gunung-gunung yang membentang dari pantai sampai ke Gunung Gede.. Jarak dari kaki bukit menuju puncaknya hanya 500 meter saja. Sangat mudah dilalui dengan berjalan kaki. Semasa hidupnya, Syekh Muhammad Sholeh telah berhasil menyebarkan agama Islam sampai berkembang pesat di wilayah pantai utara Banten. Kejujuran dan keikhlasannya menanamkan ajaran tauhid pada santri-santrinya patut kita teladani. Beliau wafat pada tahun 1550 hijriah atau 958 masehi dalam usia 76 tahun.

Makam KH Asnawi

tempat wisata serang

KH Asnawi dikenal juga dengan nama Syekh Asnawi Caringin adalah ulama besar dari Banten. Di usia 9 tahun Syekh Asnawi dikirim ke Mekkah oleh ayahnya untuk menuntut ilmu. Syekh Nawawi Al Bantani adalah gurunya semasa di tanah suci. Ketika telah cukup menimba ilmu, Syekh Asnawi kembali ke Banten dan mulai berdakwah. Ia berhasil menarik minat banyak pemuda untuk masuk Islam pada waktu itu sehingga namanya pun tersohor. Tak hanya berdakwah, Syekh Asnawi yang tangguh dalam ilmu bela diri ini juga gigih melawan penjajah.

Ia membangkitkan semangat para pemuda untuk melawan Belanda.  Alhasil, beliau pernah ditahan Belanda dan diasingkan ke Cianjur. Setelah habis masa pengasingannya, Syekh Asnawi kembali ke Caringin dan mendirikan sebuah Madrasah bernama Masyarikul Anwar. Selain itu, beliau juga mendirikan Masjid Caringin yang masih berdiri tegak hingga sekarang. Syekh Asnawi wafat pada 1937 Masehi dan dimakamkan dekat dengan Masjid Caringin yang dibangunnya.

Makam Sultan Maulana Hasanuddin

Maulana Hasanuddin yang bergelar Pangeran Sabakingkin adalah pendiri kesultanan Banten yang berkuasa pada tahun 1552-1570. Menurut sejarah Banten, beliau merupakan putra dari Sunan Gunung Jati. Ia pernah ikut serta dalam menaklukkan Pelabuhan Kelapa bersama kerajaan Demak sekitar tahun 1527. Pada waktu itu, Pelabuhan Kelapa masih merupakan pelabuhan utama kerajaan Sunda. Beliau mendirikan benteng Surosowan yang akhirnya menjadi pusat pemerintahan setelah Banten berdiri sendiri dan Maulana Hasanuddin Setelah itu memperluas kekuasaannya sampai ke daerah penghasil lada di Lampung.

. Setelah wafat, beliau dimakamkan di sebelah barat alun-alun Banten atau tepatnya di area Masjid Agung Banten yang didirikan tahun 1566 dan tetap kokoh sampai sekarang. Masjid Agung Banten inilah tempat wisata di serang yang bernuansa religi dan tempat wisata bagi para peziarah paling populer yang ada di Banten saat ini.

Napak Tilas Kerajaan Islam wisata serang banten

pantai di serang

Suatu wilayah banten dulu merupakan bgian dari wilayah Kesultanan Banten yang tidak lain adalah salah satu yang termasuk kerajaan Islam di Indonesia yang menjadi pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Bila kalian para Traveler ingin melihat lihat peninggalan kerajaan ini yang berupa Jejak-jejak ini. kalian masih bisa menjumpai hingga sekarang kalian cukup datang ke kawasan wisata Banten Lama agar bisa belajar tentang sejarah.

Di banten ada sebuah kompleks situs peninggalan sejarah yang bernama Banten Lama disana kalian bisa melihat lihat sisa-sisa kejayaan kesultanan Banten di masa lampau. Kompleks ini berada di kecamatan Kasemen, kota Serang. Ditempat itu terdapat berbagai  traveler yang akan menjumpai dengan  beberapa wisata yang termasuk wisata Keraton Kaibon, Keraton Surosowan, Masjid Agung Banten, Benteng Spellwijk, Museum Kepurbakalaan Banten, Vihara Avalokitesvara dan Danau Tasikardi. Tempat ini saya sarankan harus kalian kunjungi karena kalian bisa mempelajari sejarah kerajaan Islam sekaligus berburu foto heritage.

Masjid Agung Banten, Wisata Religi, Sejarah dan Ziarah

tempat rekreasi di serang

Ada juga beberapa tempat wisata di serang yang masih ada salah satunyayang tidak boleh ketinggalan dan harus dikunjungi. Tempat tersebut untuk anda beribadah yaitu Masjid Agung Banten yang sarat akan nilai sejarah dan religi, pas untuk mencari ketenangan jiwa. Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Salah satu tembapt untuk beribadah tersebut dibangun oleh  salah satu sunan yang bernama Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), yang merupakan sultan pertama dari Kesultanan Banten dan ia adalah putra pertama dari Sunan Gunung Jati. Arsitektur yang terdapat pada Masjid ini memiliki ciri khas, dimana Atap bangunan masjid ini mengadopsi bentuk pagoda dan mempunyai menara yang sangat mirip dengan mercusuar. Setiap hari masjid ini tidak pernah sepi pengunjung yang datang ke tempat wisata di serang banten yang bernuansa agamis ini dengan tujuan berziarah atau pun beribadah.

Pulau Lima

wisata kota serang

Bila kalian ingin mengunjungi salah satu objek atau tempat wisata di serang ini, kalian bisa mencari paket wisata lengkap dan murah untuk menuju Pulau Lima dan objek wisata di serang ini terdapat banyak Pulau-pulau kecil yang berada di sekitar perairan Serang. Akses dari pulau Lima bisa didapatkan di pelabuhan Karangantu, Serang, Banten selama 20 menit perjalanan laut. Pulau Lima termasuk dalam jajaran tempat wisata yang baru dikembangkan sehingga wajar jika banyak promo murah ngetrip ke pulau ini.

Berbagai jenis kegiatan air bisa di nikmati traveler di Pulau Lima diantaranya snorkeling, berkeliling pulau menggunakan banana boat, dan mancing dari dermaga. Jika butuh istirahat bisa langsung berteduh di gazebo-gazebo yang tersedia di tepian secara gratis di wisata serang banten yang satu ini. Pulau ini masih relatif sepi jadi pas dikunjungi kalau kamu termasuk traveler yang suka dengan suasana hening dan alami.

Rumah Hutan tempat wisata di serang

tempat wisata di serang timur

Dengan mengunjungi Di destinasi pariwisata rumah hutan ini kalian para traveler bisa berwisata dan sekaligus mendekatkan diri dengan alam, yang terletak di kampung Bojong, desa Cidampit, kecamatan Taktakan, kota Serang. Pada hari libur nasional banyak traveler yang akan datang untuk rekreasi maupun berkemah di Rumah Pohon ini pada akhir pekan sehingga namanya booming ke permukaan.

Pada Suasana saat di tempat wisata serang ini memang sangat asri dan alami. Traveler dapat dengan mudah mendengar nyanyian alam lewat kicauan burung dan suara-suara dari pepohonan yang tertiup oleh angin. Di tempat ini terdapat gardu pandang serta rumah-rumah panggung yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Pantai Anyer

tempat wisata di serang

Pantai Anyer ini sejak lama juga menjadi destinasi berlibur bagi warga Jakarta bukan hanya jadi tempat berlibur yang paling disukai para warga Serang atau Banten. Pantai Anyer bertempatkan di kecamatan Anyer dan telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai sebagai destinasi wisata.

Pantai Anyer telah berkembang menjadi sebuah tempat wisata di serang timur komersil sejak 1980-an. Hingga kini pantai ini tetap menjadi buruan traveler di sekitar Serang. Mereka yang datang akan disuguhi pemandangan pantai yang keren, sunset yang mempesona dan aneka macam kegiatan seru di air. Bagi yang mau menginap, banyak penginapan yang tersedia mulai kelas backpacker hingga hotel berbintang.

Pantai Lontar

wisata di serang

Butuh tempat berlibur yang nyaman di pantai sambil lihat lalu lalang kapal nelayan yang melaut menangkap ikan? Temukan jawabannya di Pantai Lontar, pantai ini bisa traveler temukan di kecamatan Tirtayasa, kabupaten Serang, Banten. Di siang hari akan terlihat banyak perahu nelayan yang sedang melaut. Di pantai lontar ini kalian para Traveler bebas melakukan aktifitas apa saja di pantai ini mulai dari bermain pasir atau berenang di pantai.

Tetapi bagi warga sekitar Pantai Lontar ini membawa keresahan tersendiri. Dikarenakan, kurangnya pengawasan di pantai ini membuat para anak remaja bebas keluar masuk ke pantai tanpa terpantau. Pada malam hari di kawasan pantai ini sering di salah gunakan. seperti digunakan untuk berpacaran dan melakukan aktivitas mesum yang kurang enak di pandang mata. Sayang sekali kan pantai sekeren dan seindah ini ternodai dengan hal-hal buruk semacam itu. Nah, kalau ke pantai ini cukup nikmati keindahan alamnya saja ya, jangan berbuat yang macam-macam.

Island Hopping wisata kota serang

wisata serang banten

di utara Teluk Banten Banyak pulau kecil yang bisa digali untuk dijadikan objek destinasi wisata menarik. Pulau Tunda adalah pulau seluas 300 hektar ini berada di wilayah administratif kabupaten Serang dan Salah satu pulau yang kini mulai dikembangkan sebagai tujuan wisata.

Untuk kalian yang mau atau ingin mengunjungi Pulau ini kalian bisa mengakses melalui Tol Kebon Jeruk-Merak dan keluar melalui di pintu Tol Serang Timur. Kemudian ke dermaga kecil bernama Karang Hantu inilah perjalanan kalian dilanjutkan. Pulau Tunda mempunyai pemandangan laut yang biru. Pada taman bawah lautnya yang begitu indah yang terletak dipulau tunda ini dan merupakan menjadi daya tarik utama para pengunjung. Dan biasanya para traveler yang mengunjungi pulau ini untuk melakukan kegiatan atau hobby mereka yaitu snorkeling atau pun diving.

Curug Bumi

tempat wisata di serang banten

Salah satu tempat wisata yang masih relative alami adalah Curug Bumi atau Leuwi Bumi yang letaknya di Padarincang, Serang, Banten. Curug ini tidak terlalu tinggi dengan kolam bening di bawahnya. Di destinasi wisata ini terdapat sebuah kolam atau tempat bermain cliff diving yang mana Para Traveler yang sedang berkunjung biasanya paling suka mandi disana.

Berbagai tempat dimana keadaan yang masih alami ini didukung oleh banyak lokasi yang masih juga tersembunyi. Untuk menemukan curug yang indah ini traveler perlu kerja ekstra keras melintasi medan ekstrim. Tapi itu cerita dulu pada saat destiansi ini jarang terjamah oleh tangan manusia dan kini destinasi objek wisata ini sudah banyak diketahui oleh para traveler. Saat liburan yang sangat panjang banyak anak muda yang kemping di sekitar tempat atau lokasi tersebut. Sayangnya aktivitas ini tidak didasari dengan kesadaran tentang kelestarian lingkungan. Beberapa bahkan seenaknya sendiri nyampah di lokasi. Ayo budayakan jadi traveler bertanggung jawab!

Rawa Arum tempat wisata serang

tempat wisata serang

Daerah yang dikenal dengan industri baja ini memang berbatasan langsung dengan wilayah Serang dan Sedikit melipir keluar Serang kita memasuki wilayah kota Cilegon. Objek wisata Situ Rawa Arum ini konon dulunya punya cerita mistis dalam kisah pembentukannya Salah satu tujuan wisata yang bisa ditemukan di daerah ini adalah.

Menurut warga sekitar setiap malam danau Situ Rawa Arung berada di kecamatan Grogol, kota Cilegon ini selalu mengeluarkan bau wangi bunga teratai putih. Menurut legenda danau Situ Rawa Arung ini dulunya berupa kawasan pemukiman penduduk yang tenggelam dan tidak pernah muncul kembali. cukup mengambil jalan menuju Cilegon-Pulomerak kalau kalian kesulitan Untuk menemukan Situ Rawa Arum karena jalan tersebut memudahkankalian menuju situ rawa arum.

Pulau Sangiang tempat rekreasi di serang

pantai di serang

Jika kalian sebelumnya belum mengenal atau mengetahui tentang The Seven Wonders of The World, di Banten kita bisa mengenalnya dengan istilah The Seven Wonders of Banten, dan pada sebuah objek tempat wisata kota serang yang begitu eksotis bernama Taman Wisata Alam Pulau Sangiang. Pulau kecil ini berada di desa Cikoneng, kecamatan Anyer, kabupaten Serang.

Pulau Sangiang adalah tempat wisata yang memadukan antara wisata alam, sejarah dan wisata ilmiah. Pasalnya di pulau ini terdapat berbagai flora dan fauna langka serta menyimpan kekayaan ekosistem. menggunakan perahu motor selama satu jam kalian bisa menjangkau Pulau ini. Objek wisata ini memiliki air yang jernih dan penuh terumbu karang serta ikan-ikan kecil membuat kalian yang tiba di lokasi objek wisata ini langsung tidak sabar langsung ingin nyebur, bermain air.

Danau Tasikardi

tempat rekreasi di serang

sejarah eksistensi kesultanan Banten Di Serang ini yang cukup kental. Terbukti dari peninggalan bangunan Banten Lama dan juga Danau Tasikardi ini. Selanjutnya merupkan salah satu Danau dalam keberadaan yang letaknya di desa margasana dengan kecamatan kramat watu tersebut merupakan tempat peninggalan dari Kesultanan Banten. Dengan menempuh 6 km dari pusat kota Serang dan dapat dijangkau dengan menumpang angkutan kota jurusan Kramatwatu kalian bisa ke Destinasi tempat wisata di serang ini.

Pada zaman pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf adalah Sultan kedua dari Kesultanan Banten pada rentang tahun 1570 sampai ketahun 1580, dalam Berbagai  sejarah hal tentang  cerita asal sejarah Danau Tasikardi dengan ukuran 5 hektar dibuat. Menurt sejarah dan cerita masyarakat sekitar Konon dulunya dasar danau ini dilapisi oleh ubin batu bata. Sedangkan fungsinya adalah sebagai tempat bersantai dan beristirahat keluarga para Sultan.

Taman Nasional Ujung Kulon

tempat wisata di serang

Kalian akan mendapatkan pengalaman serta kenang kenangan yang belum tentu bisa kamu rasakan lebih dari sekali seumur hidup dengan Berpapasan dengan badak Jawa yang amat langka dan pemalu di Taman Nasional Ujung Kulon. Badak Jawa yang jumlahnya tinggal puluhan ekor itu bisa hidup dan berkembang biak tersebut Cuma ada dujung kulon. Dari salah satu pengalaman  yang menjelajahi TN Ujung Kulon sama sekali gak boleh kamu lewatkan.

Ada Beberapa pulau indah yang terdapat di taman nasional ujung kulon ini yang exoticnya masing masing dan jarang dijamah oleh tanagn manusia. Jadi, kenapa ragu untuk berkunjung ke sini? Anda tidak perlua khawatir ketika akan mengeluarkan banyak uang untuk menjelajahi kawasan ini.

Krakatau Selat Sunda tempat wisata di serang banten

wisata di serang

Nah ini salah satu destinasi mainstrem dari detinasi wisata lainnya yaitu gunung berapi Krakatau yang menjulang di tengah Selat Sunda yang masih aktif, detinasi wisata ini cocok buat kalian yang suka dengan tantangan dan ilmu geografi. Sambil anda dapat menikmati panorama Krakatau yang begitu luar biasa, jangan lupa juga kunjungi beberapa pulau-pulau sekitarnya yang tidak kalah menariknya. Biaya buat menjelajahi keindahan Krakatau juga gak mahal, kok!

Pantai Tanjung Lesung

wisata serang banten

Tidaklah muluk-muluk jika indahnya pantai Tanjung Lesung diibaratkan seperti kemolekan gadis manis berlesung pipi. Pantai cantik ini memang istimewa. Meski punya fasilitas lengkap sebagai kawasan wisata, pantai di kawasan Pandeglang ini masih terasa sepi. Rasanya jadi kayak punya pantai pribadi, deh.

Kalau tertarik dengan pantai tanjung lesung ini bisa kalian ditempuh dengan perahu motor selama 30 menit dan bisa mengeksplorasi semua keindahan Pulau Liwungan. Di kejauhan, siluet gunung Krakatau tampak membelah cakrawala.

Pulau Umang

tempat wisata di serang banten

Letak dari Pulau Umang ini sediri berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang dan destinasi tempat wiatasa ini adalah sebuah pulau resort tapi pada umunya destinasi ini depergunakan untuk weeding atau temapt orang berbulan madu. Beberapa Fasilitas yang lengkap bersinergi secara harmonis dengan pulau yang sangat cantik, bikin tempat ini cocok menjadi destinasi bulan madu bagi pasangan yang baru menikah. Kalau kamu suka snorkeling datang saja ke pulau Oar dengan menaik perahu cuma lima menit dari Pulau Umang kalian akan menemukan beberapa spot keren di sekitar Pulau Oar.

Pulau Tunda

tempat wisata serang

Buat backpacker yang ingin ke tempat rekreasi di serang tapi ingin serba irit, Pulau Umang mungkin agak out of budget. Pulau Tunda ini adalah pulau lain yang berada di utara Teluk Banten yang bisa kamu sambangi ala backpacker. kalian jangan heran bila melihat  kesederhanaan menaungi pulau ini karena Pulau ini bukan termasuk tujuan objek wisata bagi para wisatawan. Tapi, jangan remehkan pemandangan pulau, pantai, serta bawah airnya. Dijamin keren deh!

Cagar Alam Pulau Dua

pantai di serang

menyaksikan burung-burung liar terbang bebas tanpa sangkar yang mengungkung mereka sangatlah menajubkan serta terdapat ribuan burung dari Asia, Afrika dan Australia bermigrasi ke tempat ini untuk berkembang biak Di Cagar Alam Pulau Dua tersebut. Didalam suatu tempat tersebut bakal menjadi pengalaman yang unik karena kamu bisa menemukan beragam spesies burung dari berbagai belahan dunia.

Gunung Batu Lawang wisata serang banten

tempat rekreasi di serang

Pelabuhan Merak yang menjadi nadi transportasi dari dan ke pulau Sumatera dan perlu kalian ketahui Cilegon ini identik dengan pelabuhan pelabuhannya. Salah satu sebuah tempat yang tenang dan asri yang tersembunyi di daerah pegunungan. kamu akan menemukan udara segar serta pemandangan yang hijau, meski berada gak jauh dari hiruk pikuk  pelabuhan pada saat kalain menaiki ke gunung batu lawang.

Tentu saja, kamu mesti menaklukkan jalur yang cukup menantang untuk sampai ke puncaknya. Tapi, panorama menarik dari puncak telah menanti. Disana kalian bisa menyaksikan secara langsung rendetan kapal-kapal ferry yang merapat ke dermaga kota Cilegon dan kawasan industrinya, serta Selat Sunda yang habis di batas cakrawala.

air terjun Cigumawang

tempat wisata di serang

Banten juga memiliki wisata alam Tak hanya berupa beberapa air terjun, pantai, pulau dan bukit yang menarik untuk disambangi. di Desa Kadu Bereum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang memiliki objek wisata air terjun Cigumawang yang lumayan hits dikalangan anak muda. Gemuruh air berjatuhan dari ketinggian 40 meter, pemandangan ini tampak elok dengan dibarengi cahaya mentari yang membias air yang berjatuhan dan membentuk pelangi di dasar air terjun.

Rawa Danau

wisata di serang

Cagar alam di Banten yang disebut dengan Rawa Danau atau Rawadano. Kawasan ini sangat unik karena merupakan hutan air tawar terbesar di pulau Jawa. Jika ingin menyusuri kawasan ini, kamu bisa menaiki sebuah sampan kecil yang akan membawamu berkeliling menyaksikan hutan dengan berbagai satwa yang mendiaminya, seperti gerombolan kera dan berbagai spesies burung. Tapi, kalian harus berhati-hati karena lintah bisa menempel di kulitmu.

Pantai Sawarna

wisata serang banten

Di sepanjang pesisir selatan, Banten juga dianugerahi dengan pantai-pantai nan eksotis. Salah satunya adalah pantai Sawarna yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Pantai yang terintegrasi dan dikelola dengan baik ini menjadi bagian dari salah satu objek kawasan wisata pantai. Makanya, gak heran kalau banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat yang eksotis ini.