30 Makanan Khas Pekalongan Yang Recommend

Asal muasal nama Pekalongan berasal dari Topo Ngalongnya Joko putra pahlawan Kyai Cempaluk Mataram dari Kesesi. Suatu hari, Joko Bau diperintahkan oleh Ki Cempaluk untuk melayani raja Sultan Agung Mataram. Dia juga mendapat pekerjaan untuk membawa sang putri Ratnasari Kalisasak Batang ke istana, tetapi Joko Bau sebagai gantinya jatuh cinta dengan sang putri. Karena cintanya pada putri Ratnasari, dia diberikan hukuman untuk keamanan area yang dibajak oleh China.

Kemudian Joko Bau bermeditasi di hutan Gambiran, setelah dia bermeditasi akhirnya mengubah namanya Bau Rekso. Atas perintah Sultan Agung, Bau Rekso Lengkapi pasukan untuk menyerang Perusahaan yang ada di Batavia (1628-1629). Namun, serangan itu gagal, lalu berat kembali ke hutan Gambiran untuk merenungkan makna “ngalong” tergantung seperti kelelawar.  Saat topo ngalong Joko Bau / Bau Rekso terjadi, ia pernah dilanda Tan Kwie Djan atas perintah dari Mataram untuk menerima tugas. Dari nama asal topo ngalong ini kemudian menjadi nama Pekalongan.

Hingga akhirnya, karena Busana kekuatan supernatural, Dewi Lanjar ingin diedit oleh di Bau Rekso. Sedangkan nama visual Pekalongan sesuai dengan versi abad XVII ada pada masa Sultan Agung ketika Ki Bau Rekso meninggal melawan 21 September 1628 melawan VOC di Batavia. Tempat Topo Ngalong dari Joko Bau ada di Wiradesa, Kesesi, Slamaran, Ulujami, Comal dan Alun-alun Pekalongan. Ada banyak versi tentang asal-usul nama Pekalongan, mulai dari Kerajaan Kalinga, Kalang, Legok Kalong (kelelawar) dan arus menuju masyarakat sekitar dibenarkan. Namun, terlepas dari itu, Pekalongan telah menjadi Sebuah county yang memiliki namanya. Distrik kecil di Jawa Tengah terkenal dengan Batik Pekalongan itulah ciri khas Indonesia.

Beralih dari sejarah kota pekalongan Kali ini di bacaterus.net akan membahas tentang berbagai macam makanan khas pekalongan yang recommend banget untuk lidah kalian. Pekalongan adalah salah satu tempat wisata kuliner yang cukup terkenal. Banyak makanan enak yang dihasilkan dari daerah ini. Selain kuliner khas pekalongan yang terkenal dipekalongan juga banyak menyediakan oleh oleh khas pekalongan yang bisa kalian coba ketika sedang mengunjungi daerah ini. Kuliner didaerah ini memiliki cita rasa tersendiri, nah hal ini lah yang menyebabkan pekalongan menjadi salah satu kota khas di indonesia yang mempunyai banyak kuliner khas enak yang wajib kalian coba. Nah!! Kalian penasaran apa saja macam macam makanan khas pekalongan? Mari kita simak!!

Tauco kuliner khas pekalongan

makanan khas pekalongan

Tauco adalah bahan rahasia dalam masakan Soto Tauto Pekalongan. Aroma khas dan mimpi rasa tinggi seperti bumbu korea. Ini dikukuhkan saat Chef Budi Lee tampil Demonstrasi kuliner dari Indonesia yang dihidangkan salah satunya adalah Tauto Pekalongan. Masyarakat ada yang sangat antusias dengan masakan khas Pekalongan ini karena sebelumnya, bumbu Tauco sangat mirip dengan bahan-bahan di sana korea.

Nah bagi Anda yang menginginkan Tauco sebagai buah tangan Anda dari Pekalongan bisa tuh berlanja masuk toko Tauco legendaris “Pulau Djawa”. Ada Tauco disediakan yang dibungkus plastik dan diletakkan di atas Wadah dari anyaman bambu ukuran 15cm x 15cm, harganya ekonomis.

Limun Oriental

oleh oleh khas pekalongan

Seperti namanya, yang ini bukan makanan tapi minuman. Oriental adalah produsen Limun yang dioperasikan sejak tahun 1920-an hingga kini masih ada. Sebelumnya Lemonade Oriental dikenal sebagai “Banyu Londho” yang berarti Air Belanda. Di masa lalu hanya priyayi Jawayang minum Limun dari Oriental, sampai di sini menggeser kapten Batik dan saat ini bisa bebas siapapun bisa menikmatinya.

Dikemas menggunakan botol kaca yang masih diklasifikasikan sebagai jadoel, sangat meningkatkan kesan otentik 100% kesenangan lemon terbuat dari gula aseliest tanpa pengawet. Seiring bertambahnya usia online, permintaan Limun tidak hanya datang dari Pekalongan tetapi dari luar Pekalongan juga mulai mekar, sehingga mau tidak mau buah limun dapat dipesan secara online dan dikirim ke tujuan seperti mengirim-kirim barang biasa. Tentu dengan keamanan atau pengemasan berkualitas.

Kerupuk gendar

kuliner di pekalongan

Namanya juga kerupuk sangat enak dan contoh nikmat nikmat untuk kita makan. Ada cerita Yang menarik dari Gending Cracker ini tentu asli dari Pekalongan yang merupakan kompilasi dari Pak Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Pekalongan saat upacara di rumah Ibu Balqis disuguhi Gender Crackers, Mr. SBY Fusion dan langsung disukai.

Setelah perjamuan selesai, memutuskan untuk melakukan satu tugas untuk membawa pulang kerupuk.  Begitu istimewa dan lezatnya kerupuk ini sampai Pak SBY jatuh cinta dengan Gender Crackers, Anda juga orang yang sama untuk membeli gending cracker yang dapat dibawa kembali ke desa halamanmu.

Capret Pekalongan

oleh oleh pekalongan

Jika kalian sedang ada di pekalongan, kalian harus dan wajib mencoba kuliner di pekalongan bernama capret. Capret adalah makanan ringan tradisional yang diproses seperti kerupuk yang biasa dijual di pasar ragam camilan kering. Rasa yang segar, gurih dan lezat untuk semua berjalan mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Kudapan capret bisa dijadikan camilan untuk menemai waktu santai kamu. Mungkin Anda salah jika capret snapshoot ini “kathrok” alias ndeso karena dijual di pasaran kebiasaan tradisional namun tidak tersentuh waktu tidak hanya dijual di pasar tetapi Sudah dikemas agar lebih fleksibel agar cocok digunakan sebagai oleh-oleh khas Pekalongan.

Keripik Tahu oleh oleh khas pekalongan

restoran di pekalongan

Keripik tahu adalah makanan ringan (snack foods) yang termasuk ke dalam jenis kerupuk makanan, yaitu makanan yang kering renyah (renyah). Keripik ini cukup digemari masyarakat kita, mulai dari anak-anak hingga anak-anak. Makanan ringan gurih dan renyah ini cocok untuk camilan / teman saat melakukan aktivitas, dan juga bisa dimakan sebagai kekerasan side dish.

Jika Anda ingin menyampaikan keripik tahu ini, kunjungi Pekalongan terlebih dahulu. Di daerah Pekalongan, keripik tahu telah menjadi daerah kudapan khas sebagai salah satu alternatif camilan sehat dan alami. Di sebuah toko makanan atau suvenir di Pekalongan, keripik tahu biasanya ditampilkan di etalase dengan makanan ringan lainnya. Seperti keripik tempe, keripik tahu tidak hanya renyah, tetapi juga sehat karena terbuat dari bahan alami, yaitu kacang kedelai. Proses ini juga dilakukan secara alami tanpa pengawet atau bahan kimia.

Nasi khas megono pekalongan

tempat makan di pekalongan

Ketika berbicara tentang makanan khas pekalongan, nasi megono boleh dibilang yang paling terkenal dan banyak dicari. Beras megono atau sego megono ini adalah nasi liwet dengan lauk muda nangka urap muda. Lauk lainnya yang mengiringi nasi megono adalah telur balado, orek tempe, sayur lodeh, dan daging.

Akan lebih lengkap jika ditambah tempe mendoan atau tempe kemul, sambal terasi, dan ikan asin. Beras megono dapat dikatakan merupakan menu wajib orang-orang Pekalongan. Karena itu, mulai dari restoran hingga pedagang kaki lima menjajakan banyak camilan ini. Beras megono cocok dimakan di pagi hari hingga malam hari.

Soto Tauto Kuliner Di Pekalongan

rumah makan di pekalongan

Makanan khas Pekalongan yang satu ini cukup unik karena memiliki rasa yang khas dan segar. Keunikan Tauto adalah penggunaan tauco rasa manis sebagai aerasi. Untuk isi tauto ini terdiri dari brisket bambu, emping dan telur rebus. Sebagai pelengkap juga ditambahkan bihun, bawang goreng, daun seledri dan air jeruk nipis. Membuat siapa pun tidak pernah merasa nyaman di restoran ini.

Soto Kebo

makanan enak di pekalongan

Batang dan Pekalongan adalah dua kabupaten berbeda dengan lokasi yang berdekatan. Jadi jangan heran jika makanan khas yang menempel dengan yang ada di Pekalongan hampir sama atau bahkan sama. Salah satu yang mungkin tidak Anda inginkan jika di Batang adalah Soto Kebo. Sesuai dengan namanya, soto ini menggunakan kerbau sebagai bahan utama. Berbeda dengan sup pada umumnya, sup kebo memiliki porsi yang cukup banyak dan mengenyangkan. Jika Anda ingin mencicipinya, silakan lanjutkan Jalan Ahmad Yani No.37 Kauman, Batang, Jawa Tengah.

Megono Makanan Khas Pekalongan

kuliner khas pekalongan

Megono mungkin berasal dari kata ‘mergo’ atau sebab dan ‘ono’, artinya ada. Megono terbuat dari nangka muda dan kelapa. Jika nangka muda sulit didapat, maka tanpa mengurangi kenikmatan rasa megono, rebung atau rebung bambu diganti. Saat itu, megono hanya bisa dilakukan di warung-warung kelas menengah menyusuri sepanjang pantura dari Pekalongan ke Batang.

Namun, sekarang sudah diadopsi dengan soto Pekalongan, dapat ditemukan di beberapa restoran di Semarang, Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Pembuatan Megono tidak terlalu rumit. Nangka muda yang telah dicincang hingga mendidih kecil. Setelah dimasak dengan bumbu urap yang terdiri dari kelapa parut dan rempah-rempah yang dihaluskan seperti bawang putih, bawang merah, cabe, jeruk nipis, kencur dan garam. dia cukup sederhana, yaitu megono beras putih langsung. Meski relatif sederhana dan biasanya menjadi lauk komunitas akar rumput di pekalongan, megono patut Anda coba.

Masakan arab

makanan khas pekalongan

Salah satu makanan yang tidak ingin saya lewatkan ketika di Pekalongan adalah masakan khas Timur Tengah. Di sini rasanya benar karena pemilik restoran dan resep peracik memang Hadhorim (keturunan Hadramaut). Umumnya, ramuan bumbu dan rempah-rempah sangat pas di lidah. Beberapa hidangan telah disesuaikan dengan lidah asli nusantara sehingga bumbu tidak sekencang saat Anda makan di Mekkah misalnya.

Restoran Puas bisa menjadi salah satu pilihan. Restoran halal ini menyediakan nasi tomat, nasi hapsah, dan nasi kebuli, Jika Anda ingin di sini menu gule Arab dan sate kambing. Jika Anda adalah anggota keluarga yang tidak menyukai hidangan khas Arab, Anda juga dapat memesan hidangan nusantara lainnya. Restoran ini ada di Jalan Surabaya, di Kampung Arab.

Yang juga harus Anda coba adalah Kambing Pedesaan Arab Bakar. Daging kambing, dibumbui kambing, dipanggang dengan sedikit kecap, benar-benar mak nyus! Lembut dan gurih. Kambing panggang Arab ini dapat ditemukan di Jalan Agoes Salim Pekalongan. Sayangnya tidak ada papan nama. Tetapi Anda dapat menemukan, jika dari arah selatan, sampai persimpangan yang berada di sebelah barat Jalan Semarang, yang di sebelah timur Jln Kenanga, sedikit ke depan kiri jalan telah bertemu. Tanya orang-orang di sana.

Di desa Arab ini juga banyak penjual suvenir khas Pekalongan dan camilan khas Arab yang bisa menjadi buah tangan. Sambosa, roti mariam, kue kaak, dan banyak lainnya di sini. Salah satunya adalah Toko Diaz. Juga tanyakan kepada orang-orang di sana, akan ditampilkan gratis.

Pindang Tetel

oleh oleh khas pekalongan

Pindang tetel adalah sayuran berkuah berisi daging tetelan dan irisan daun bawang dengan bumbu pindang, yang dicampur dengan rempah-rempah kluwak. Ciri khas dari pindang tetel adalah datangnya kerupuk merah dan kuning yang digoreng dengan pasir. Pindang tetel tidak cocok dipadukan dengan kerupuk yang digoreng dengan minyak karena akan merusak rasanya. Pindang Tetel sering ditemukan di Kecamatan Kedungwuni dan yang paling khas adalah di Desa Ambokembang.

Garang Asem Makanan Khas Pekalongan

kuliner di pekalongan

Hampir sama dengan Pindang tetel, Garang Asam juga mengandung tetelan daging sapi tetapi sausnya diberi banyak tomat, anggota rasa asam tapi segar. Asam ganas biasanya dicampur dengan daging, jerohan atau telur. Biasanya pedas pedas keluar pedas, menambah rasa. Di kota pekalongan asam Garang banyak kerdil – warung terutama pada siang hari.

Ongol-Ongol

oleh oleh pekalongan

Kudapan tua ini termasuk makanan basah rasa gurih, manis, dan mengenyangkan. Cocok sekali jika digunakan sebagai pengganti makanan pagi. Bahan-bahan dasar yang umum digunakan adalah tepung sagu atau tepung dicampur dengan gula Jawa. Warna coklat hampir seperti jenang atau berlian.

Growol

restoran di pekalongan

Growol adalah makanan enak di pekalongan yang terbuat dari singkong. Karena harga murah dan kandungan gula yang rendah, growol sering digunakan sebagai pengganti makanan alternatif untuk beras ketika harga beras melonjak.

Apem Kesesi

tempat makan di pekalongan

Apem Kesesi adalah kue tradisional legit dari Kesesi, Pekalongan. Bahan dasarnya tepung beras dicampur dengan gula aren. Bentuk fisik dari apem ini berbentuk bulat rata, coklat, dan dengan daun pisang. Di luar Kota Pekalongan, apem ini lebih dikenal sebagai Apem Comal. Padahal, area asli camilan ini adalah Kesesi. Itu karena orang-orang Kesesi banyak menjajakan apemnya di daerah Comal yang dekat dengan Kesesi. Lebih banyak yang bisa dibaca

Gemblong

rumah makan di pekalongan

Makanan ringan tradisional yang dibuat dari beras ketan sering dijual pada malam hari atau ada perayaan. Penjual masa lalu biasanya adalah sepasang suami istri yang berjalan bersama-sama sambil berteriak, “Blong … Gemblong …,” jadi camilan mereka terjual. Hmm mungkin atas dasar ini jika ada pasangan yang pergi kemana-mana selalu terjebak itu akan dikatain “Bakul Gemblong”.

Hari ini, keunikan penjual gemblong telah dikonsumsi oleh zaman. Meskipun sekarang gemblong mudah ditemukan hampir setiap hari di pasar tradisional, tetapi keberadaannya tidak setenar dulu. Tertarik gemblong menurun setiap tahun karena kehadiran kue modern. Warisan kekayaan kuliner leluhur ini mulai terpinggirkan bersama camilan tua lainnya.

Srinthil

Cemilan Srinthil memiliki kesamaan dengan ongol-ongol. Teksturnya kenyal, legit karena gula pandan merah, wangi, dan lezat karena taburan kelapa muda diparut memanjang dicampur dengan garam. Perbedaan antara keduanya dalam bentuk fisik, yaitu srinthil memiliki pola berbintik-bintik. Penampilan srinthil yang terlihat ini disebabkan oleh tepung khusus untuk membuat srinthil kasar.

Iwel-Iwel

makanan enak di pekalongan

Iwel-iwel atau bisa juga disebut Poci adalah makanan khas pekalongan berikutnya. Bentuk seperti limas dan dibungkus rapi di daun pisang. Ini beras ketan berbasis Iwel, yang di bagian terpisah dengan serundeng.

Glundung

Jika dalam bahasa Jawa, glundung artinya bergulir. Nama camilan ini adalah kaena cerah glundung berbentuk seperti bola dan mudah digulung. Camilan khas Pekalongan selatan ini, kebenaran di daerah Kajen, terbuat dari singkong dan mengandung gula aren. Rasanya enak dan saat mengunyah akan memberi kesan enak nan legit yang membuat siapapun kecanduan.

Gethuk

kuliner khas pekalongan

Camilan tradisional ini terbuat dari singkong. Adapun pemanis yang dilumurkan di atas, gethuk menggunakan gula aren dan parutan kelapa. Rasa hawker tradisional ini adalah legit dan gurih.

Kue Penumpang

Camilan ini merupakan kue basah khas Pekalongan yang cocok sebagai hidangan pembuka. Kue Penumpang memiliki bentuk bulat seperti mangkuk dan cokelat yang berbeda. Apa yang membuat camilan kuno ini khas adalah taburan ish dari santan yang dicampur dengan bawang pada kue, atau kismis aroma lain dari kue lainnya. Areh adalah sari kelapa panjang hingga mengental.

Lopis

makanan khas pekalongan

Lopi adalah camilan tradisional yang terbuat dari ketan, bentuk seperti lontong tetapi lebih padat disajikan dengan parutan kelapa, biasanya ramai sebelum hari syawalan atau hari raya Idul Fitri. Jajanan masih banyak ditemukan di pasar tradisional hampir di seluruh Pekalongan.

Kuliner Pekalongan Warung SS

oleh oleh khas pekalongan

Nah salah satu tempat wisata kuliner Pekalongan yang menyediakan masakan lezat warung SS. Di tempat kuliner Pekalongan ini sangat cocok untuk kamu yang suka Saus pedasnya sangat menyengat lidah, Anda bisa datang ke tempat wisata kuliner Pekalongan yang terletak di seberang POMBAS Warung SS Pekalongan di wisata kuliner Pekalongan Anda ini akan menemukan sambal dengan level level Yang sangat pedas.

Dan jika Anda mau menikmatinya, jangan khawatir karena harganya makanan di warung SS masih cukup terjangkau. Hampir setiap hari wisata kuliner Pekalongan selalu dihindari oleh pengunjung siang siang siang atau malam sangat padat untuk diantrikan dulu.

Kuliner Pekalongan Angkringan Sang Dalang

kuliner di pekalongan

Angkringan Sang Dalang juga salah salah satu restoran di pekalongan. Untuk siswa atau yang suka makan di suatu tempat terjangkau, bisa memilih wisata kuliner Pekalongan yang satu ini. Selain makanan dengan harga murah, tempat wisata kuliner Pekalongan juga memiliki nuansa cafe n resto dengan tempat yang nyaman.

Anda dapat menemukan tempat wisata kuliner Pekalongan yang satu ini di alamat Angkringan The Dalang terletak di Binagriya City Street Pekalongan atau MAN 2 Pekalongan, masih lurus ke barat 100m. di tempat wisata kuliner Pekalongan ini menyediakan Nasi kucing, Beras Angkringan Sang Dalang

Kuliner Pekalongan Lesehan Rice Megono

oleh oleh pekalongan

Wisata kuliner Pekalongan Lesehan RiceMegono menyediakan makanan khas Pekalongan bernama Megono. Anda bisa lihat Kuliner Pekalongan yang satu ini berawal dari sepanjang jalan Urip Sumoharjo dari persimpangan ponolawen ke selatan ke daerah kedungwuni. Biasanya yang paling ramai menginap di tempat kuliner Pekalongan ini di Jalan Urip Sumoharjo Pringlangu Buaran yang buka dari jam 5 sore sampai tengah malam.

Di tempat kuliner Pekalongan ini Anda bisa pilih lauk sendiri yang disediakan Ikan Pepes, telur puyuh Sate, Mendoan Tempe, sampai Capitan khas juga dari Pekalongan dan lain-lain. Warung berbeda sangat berbeda rasanya yang hadir di setiap tur kuliner Pekalongan yang menyajikan nasi megono ini. Di tempat kuliner Pekalongan ini untuk setiap orang paket beras megono kekayaan mulai dari 1500 -2000 rupiah

Kuliner Pekalongan Nasgor Ibu Kustiani

restoran di pekalongan

Tempat makan di pekalongan Ibu Pekalongan Nasgor Kustiani memberikan Nasi Goreng dengan rasa yang sangat enak dan lezat. Kamu bisa cari wisata kuliner Pekalongan ini di alamat Jalan 45, Kota Pekalongan atau dari bank BTN ke utara sekitar 150 meter. Selain nasi goreng yang sangat enak dan lezat, tempat kuliner Pekalongan ini juga menyajikan Capcay Kuah atau Mie Kuahnya tidak kalah enaknya.

Karena wisata kuliner Pekalongan ini memasak masih menggunakan arang tradisional. Selain ratu Pekalongan ini dikombinasikan dengan aroma aroma sehingg aroma yang nikmat dan rasa masakannya sangat mengharukan. Tempat Wisata kuliner Pekalongan ini terbuka mulai dari 17:00 – 23:00. Setiap malam wisata kuliner Pekalongan ini tidak pernah nama yang sepi, jadi untuk kamu yang mengunjungi pekalongan dan lapar di malam hari, Anda bisa langsung datanglah ke kustiani bu warung yang menyediakan makanannya enak dan enak.

Kuliner Pekalongan Bali

tempat makan di pekalongan

Resto Terrace Bali adalah salah satu tempat wisata Kuliner Pekalongan sangat populer. Tempat Wisata kuliner Pekalongan ini tempatnya untuk tur kuliner yang sangat padat pengunjung. Bagi Anda yang ingin berkuliner ke tempat kuliner Pekalongan ini Anda bisa datang ke alamat di Jalan H. Agus Salim No. 72, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

Nah di tempat kuliner Pekalongan ini banyak yang menyediakan berbagai olahan makanan dan minuman yang bisa Anda pesan, mulai dari sayuran, sup hingga digoreng juga tersedia di sini. Mungkin kalau kamu mau nikmati kuliner pekalongan yang satu ini kamu harus menghabiskan lebih banyak uang, karena namanya saja dan cukup restoran tiriskan kantong Anda.

Kuliner Pekalongan Ayam Gepuk

rumah makan di pekalongan

Ayam Gepuk juga merupakan salah satu rumah makan di pekalongan yang enak juga hadir roti goreng ayam dan bebek goreng sangat lezat. Anda dapat menemukan tempat wisata kuliner Pekalongan ini di daerah Tirto atau alun-alun kota Pekalongan. Nah dengan resep cabai yang enak  dengan ayam goreng atau bebek goreng panas sangat bagus.

Di tempat wisata kuliner Makanan Pekalongan sudah cukup terjangkau untuk semua kalangan, bahkan ada paket simpan dari 10.000 rupiah saja Anda bisa nikmati Nasi, Ayam Goreng, Lalapan, Es Teh yang segar. tentu saja yahh.

Kuliner Pekalongan Sego Kucing Jogja

makanan enak di pekalongan

Makanan khas pekalongan yang satu ini bernama Sego Kucing Jogja. Di tempat wisata Kuliner Pekalongan sama-sama menjual beras angkringan khas. Namun di tempat wisata kuliner Pekalongan menawarkan hidangannya lain yang dapat dilakukan pengunjung atau pembeli prasmanan langsung untuk memilih makanannya.

Anda dapat menemukan tempat wisata kuliner Pekalongan yang satu ini berada di lokasi yang cukup stategis yang ada di sebelah barat SMP N 2 Pekalongan yang tidak jauh dari daerah Jetayu. Tempat Wisata kuliner Pekalongan yang sedang restoran bergaya prasmanan ini didukung dengan tempat yang nyaman dan cocok untuk makan malam dengan teman dan mapun keluargamu.

Nah itu dia ada beberapa makanan khas pekalongan yang bisa kalian cicipi saat berkunjung kepekalongan, selain ada makanan khas pekalongan, ada juga beberapa jajanan tradisional pekalongan yang bisa kaian cicipi, selain itu ada juga tempat makan dipekalongan yang dapat kalian kunjungi bersama keluarga, dan tak lupa membeli oleh oleh khas pekalongan yang wajib kalian ketahui.