30 Objek Wisata Kuningan Jawa Barat Terbaru 2018

Kuningan mempunyai Letak yang cukup geografis, kabupaten ini juga cukup dekat dengan kabupaten Cirebon. Tidak heran saat kalian bisa menemukan banyak persamaan di kedua tempat ini. Kabupaten Kuningan ialah salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki ketinggian sekitar 3,076 mDPL. Nah, itu dia beberapa info tentang kabupaten kuningan.

Kabupaten kuningan ini memiliki banyak sekali wisata kuningan jawa barat yang cukup populer dikalangan masyarakat sekitar. Udara yang sejuk dan asri adalah salah satu faktor pendukung banyaknya pengunjung yang datang ke kuningan ini. Nah, kalian semua pasti mau tau kan apa saja tempat tempat wisata yang wajib untuk kalian kunjungi. Yuk simak. Kalian para pecinta alam yang belom tau apa saja wisata alam kuningan. Yuk simak ada wisata apa saja yang ada dikuningan.

Curug Putri Palutungan

wisata kuningan jawa barat

 

Palutungan dan Curug Putri, Kuningan. Wisata air terjun kuningan ini memiliki luas area sekitar 50 hektar dengan air terjun di dalamnya. Disini kalian bisa mengutarakan hobi kalian loh, contohnya rafting, bersepeda, ataupun trekking di kawasan tempat wisata kuningan jawa barat ini. Lokasi tempat liburan di Kuningan ini berada di Cisantana, RT.07 / RW.03, Cigugur, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan. Dengan lokasi koordinat -6.9444988,108.4326553.

Talaga Remis Wisata Kuningan Terbaru

wisata kuningan terbaru

Telaga ini mempunyai air yang cukup bening, dan salah satu tempat wisata favorite yang banyak dikunjungi oleh para pengunjung yang membawa sanak keluarganya. Lokasi tempat wisata Talaga remis berada di Desa Kaduela, Kecamatan Mandarican. Dapat dicapai dari kota Kuningan dan Palimanan dengan lokasi koordinat pada titik -6.7888247,108.4136294.

Telaga Nilam Kuningan

wisata alam kuningan

Telaga Nilam, Tempat wisata yang satu ini masih berada didalam kawasan tempat wisata yang ada di Talaga Remis. Sumber mata air alami dari pegunungan membuat keadaan air di tempat wisata Telaga Nilem menjadi sangat jernih.  Tempat wisata keluarga ini berada pada koordinat -6.7881623,108.4161203. tempat wisata ini berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. mempunyai jarak kurang lebihnya 35 dari pusat kota Kuningan.

Curug Sidomba

tempat wisata di kuningan jawa barat

Curug Sidomba ini berada di desa Peusing, Kecamatan Jalaksana. Berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Kuningan. Di tempat wisata yang satu ini cock banget untuk dikunjuno keluarga banyak wahana permainan. contohnya flying fox, ATV, camping ground dan seterusnya. Tempat wisata keluarga ini berada pada titik koordinat -6.8964683,108.4639867.

Curug Bangkong Wisata Alam Kuningan Terbagus

objek wisata kuningan

Air Terjun Bangkong berada di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata air terjun di Kuningan ini mempunyai ketinggian kurang lebihnya 23 meter dan lebar 3 meter. Berada pada koordinat -7.0052147,108.4221729, tempat wisata curug Bangkong ini mempunyai air yang mengalir ke bawah.

Curug Ngelay

tempat wisata kuningan jawa barat

Curug Ngelay berlokasi di Desa Selajambe, Kuningan. Pemandangan wisata alam Curug Ngelay di koordinat -7.1011735,108.4812466 ini adalah salah satu tempat wisata keluarga yang paling sering dikunjungi dan paling cocok untuk liburan keluarga.

Taman Wisata Alam Linggarjati

wisata di kuningan jawa barat

objek wisata di kuningan Taman Wisata Alam Linggarjati berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Taman Wisata alam Linggarjati ini tepatnya berkoordinat pada -6.8830672,108.4783407 yang memiliki jarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota Kuningan. Tempat wisata alam ini juga merupakan salah satu titik awal pendakian ke Gunung Cereme, di Kuningan. Wisata ini sangat sejuk dan sangat untuk refreshing atau liburan santai dengan, teman maupun keluarga.

Waduk Darma

obyek wisata kuningan

Waduk Darma ini berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Kuningan. Secara geografis berada di Desa Jagara, Kecamatan Darma. Tempat wisata keluarga ini memiliki luas area sekitar 425 hektar dan memiliki pemandangan yang indah.  Titik koordinat tempat wisata waduk dharma yaitu -7.0175166,108.3885214. Berair melimpah ruah turun ke bawah sekali.

Pemandian alami Cibulan Objek Wisata Kuningan

wisata kuningan cirebon

Pemandian alami Cibulan  ini berdiri sejak 1939. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di kuningan yang paling ramai pengunjunnya. Pada  pemandian di cibulan terdapat ikan  yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Tempat wisata di Kuningan ini berada di titik koordinat -6.9106239,108.4844652.

Lembah Cilengkrang

objek wisata di kuningan

Lembah Cilengkrang  ini berada di Desa Pajambon, Kecamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata alam Kuningan di koordinat -6.9356327,108.4363913 ini menawarkan pemandangan lembah yang indah serta sumber air panas alami.

Kebun Raya Kuningan

wisata kuningan jawa barat

wisata kuningan jawa barat Kebun Raya Kuningan ini selama tahun 2016 kemarin ditutup. Hal ini dilakukan untuk perbaikan dan kelengkapan fasilitas dan sarana umum. Meski demikian masih banyak penduduk setempat yang masih datang berkunjung. Tempat wisata keluarga ini berada pada titik koordinat -6.7549969,108.3642566,.

Balong Keramat Darmaloka

wisata kuningan terbaru

Balong Keramat Darmaloka berada di desa Darma, Kecamatan Darma. Tempat ini mempunyai jarak kurang lebih 13,5 kilometer dari pusat kota Kuningan. Konon Balong/kolam ini merupakanpeninggalan dari Zaman Walisongo.

Situ Cicerem

wisata alam kuningan

Situ Cicerem ini berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Situ Cicererm ini memiliki air yang sangat jernih dan bebas dari polusi. Oleh karena itu penduduk yang tinggal disekitar sini juga mengenal situ ini sebagai Telaga Biru. Tempat wisata keluarga ini berada di -6.7944246,108.4166297 GPS. Banyak sekali tempat wisata di kuningan jawa barat. Selain tempat wisata alam nya yang belimpah. Kuningan juga memiliki tempat wisata air yang bias kalian kunjungi saat pergi liburan ke sini.

Pemandian Cibulan Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat

tempat wisata di kuningan jawa barat

Tempat wisata Kuningan pertama yang dapat kalian kunjungi di Kuningan adalah Pemandian Cibulan. Tempat yang satu ini adalah salah satu tempat favorit para wisatawan. Tempat wisata Pemandian Cibulan ini mempunyai sejarah peradaban islam yang cukup panjang. Bahkan, terdapat juga mitos tentang ikan dewa yang konon sudah berumur ratusan tahun yang berada di dalam kolam.

Sumur Tujuh Cibulan

Ini dia sumur yang konon menjadi salah satu tempat petilasan dari Prabu Siliwangi. Tempat bersejarah ini membantu dalam perkembangan Islam di daerah Kuningan ini menjadikan salah obyek wisata kuningan yang sangat menarik. Ada di Desa Manis Kidul, sumur ini akan sajikan sebuah pengalaman rekreasi yang unik di Kuningan.

Kolam Renang Sanggariang

objek wisata kuningan

Tak kalah menggoda, objek wisata Kuningan Jawa Barat yang satu ini bernama Kolam Renang Sanggarriang. Menjadi salah satu wisata yang paling tepat bagi kalian para wisatawan yang mau berenang dan menikmati liburan mereka bersama dengan para rekan atau juga keluarga. Dengan tiket masuk yang cukup murah, kalian dapat menikmati kegiatan renang di kolam renang yang berada di Kec. Purwawinagun, Kuningan.

Baca Juga  Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah dan Seru Untuk Dikunjungi

Pemandian Air Panas Subang

tempat wisata kuningan jawa barat

Ada juga pemandian air panas yang berada di Subang, Kuningan. Obyek wisata Kuningan Jawa Barat yang satu ini memang menjadi salah satu tempat wisata yang belum begitu terekspos oleh banyak orang. Tapi, jika kalian datang ke Kuningan dan ingin merilekskan otot kalian,maka kalian wajib datang langsung ke Pemandian Air Panas Subang ini.

The Mountain Recreation Park Kuningan

wisata di kuningan jawa barat

The Mountain Recreation Park adalah wahana wisata air yang tepat untuk salah satu wisata kuningan jawa yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Di tempat wisata ini, terdapat lima jenis kolam renang yang dapat kalian nikmati, semuanya lengkap banyak permainan-permainan yang sangat seru. Tidak hanya itu, destinasi wisata di kuningan ini juga dilengkapi dengan bermacam wahana lainnya, seperti misalnya kereta api mini, kora-kora, komidi putar, dan masih banyak lagi.

Destinasi wisata kuningan terbaru  ini berada di Kompleks Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Raya Cirendang, Gunungkeling, Cigugur, Kabupaten Kuningan. Untuk Anda yang ingin merasakan bermain air dan wahana seru di sini, bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 08:00 pagi hingga 05:00 sore. Harga tiket yang dibandrol sebesar Rp25.000 disaat hari Senin sampai Jumat, dan Rp30.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

Kabupaten ini mempunyai salah satu objek wisata di kuningan jawa barat berupa gunung yang cukup terkenal. Kabupaten ini mempunyai banyak wisata alam, mulai dari curug, pemandian, perkemahan, sampai dengan pegunungan yang ada di sana. Salah satu pusat kunjungan wisata alam ialah dataran tinggi Kecamatan Cigugur.

Ipukan

obyek wisata kuningan

Ini adalah salah satu perkemahan dengan pemandangan menghadap Gunung Ciremai dan Kota Kuningan. Ipukan juga merupakan salah satu foto matahari terbit favorit di Kuningan. Baca juga: Pesona Alam Indah Dibuai, Mink to Brass Perkemahan di sini adalah salah satu yang tertinggi di Kuningan, selain Gunung Ciremai. Untuk berkemah cukup bayar Rp 15.000. Di sini juga disediakan tenda berkemah seharga Rp 150.000 untuk minimal tiga hari dua malam, dan perlengkapan berkemah lainnya.

Curug Putri Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat

wisata kuningan cirebon

Salah satu air terjun tertua dibuka untuk pariwisata di Kuningan. Air terjun dengan air setinggi 25 meter jelas, langsung dari mata air Gunung Ciremai. Dengan ketinggian air terjun 15 meter, ada kolam besar di bagian bawah. Karena itu, wisatawan dapat berendam di air tawar Gunung Ciremai. Selain itu, di bagian atas air terjun juga ada tempat perkemahan di tengah-tengah pohon pinus.

Sukageuri

objek wisata di kuningan

Sukageuri adalah pos pengamatan di kaki tebing Gunung Ciremai. Dari sini wisatawan dapat melihat perbukitan juga kota Kuningan yang indah dari ketinggian. Selain Ipukan, tempat favorite mengambil foto sunrise di Kuningan juga merupakan salah satu Pemandangan Sukadeuri.

Curug Landung

wisata kuningan jawa barat

Memiliki aliran air yang sama dengan Air Terjun Putri, hanya jatuhnya air lebih tinggi, yaitu sekitar 40 meter. Deru air terjun berada di antara pepohonan dan bebatuan yang masih sangat alami dan tidak terawat. Selain bermain dan berendam di air terjun, area curug ini juga memiliki tempat unik dari berbagai selfie di atas ketinggian. Mulai dari gambar di atas balon udara, hingga seperti terbang di atas karpet doa aladdin.

Taman Cisantana

wisata kuningan terbaru

Terletak di Desa Cisantana, taman yang indah ini dulunya merupakan tempat untuk menambang bebatuan. Namun kini tebing-tebing bekas tambang berubah menjadi latar belakang gambar-gambar yang artistik dan unik. Kebun juga diatur sedemikian rapi dengan berbagai pohon dan bunga yang unik seperti kaktus. Sekarang menjadi tujuan wisata khas dataran tinggi Kuningan untuk bersantai menikmati udara segar, dan berfoto.

Laut Tenjo

Dari namanya sudah dapat diprediksi, jika ini adalah tempat untuk melihat pemandangan laut dari Kuningan. Namun, sebenarnya bukan laut yang terlihat, tetapi Waduk Dharma, adalah waduk terbesar di Kuningan yang juga merupakan objek Wistata. Dari ketinggian 1.100 meter, kini Tenjo Sea bukan hanya tempat untuk melihat matahari terbenam di waduk, tetapi juga tempat rekreasi keluarga. Dengan berbagai gazebo tempat makan, dan berbagai spot foto unik yang dibuat oleh penghuni.

Buper Palutungan

wisata alam kuningan

Palutingan Campground, terkenal akan alamnya yang indah. Perkemahan di desa ini terletak di desa Palitung yang masih sangat indah. Dengan sawah dan kehidupan masyarakat sangat eksotis. Tempat ini juga jadi salah satu fotografer magnetik untuk mengambil foto matahari terbit di sawah. Salah satu foto golden sunrise terbaik di Kuningan. Ada juga nih beberapa wisata kuningan Cirebon yang wajib juga kalian kunjungi bersama keluarga, nah kalian penasarankan. Yuk simak.

Goa Lalay, Majalengka

tempat wisata di kuningan jawa barat

Goa Lalay sering disebut sebagai Creen Canyon of  Majalengka. Bagaimana tidak, tampilannya mirip dengan Green Canyon. Bahkan di Goa Lalay ada air terjun dengan air jernih. Bagi Anda yang berada di Majelengka, Goa Lalay adalah tempat yang seharusnya ada di daftar Anda. Jika Anda datang ke sini tidak boleh membawa anak-anak kecil karena akses dan jalan itu licin dengan jurang yang curam. Tapi itu membuat tempat ini layak untuk dikunjungi. Bagi Anda yang berjiwa petualang, Goa Lalay adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Puncak Gunung Ciremai Obyek Wisata Kuningan

objek wisata kuningan

Gunung Ciremai adalah gunung api berbentuk kerucut yang terletak di antara kabupaten Kuningan dan Majalengka. Bagi Anda yang suka mengendarai gunung, mendaki ke puncak Gunung Ciremai harus dimasukkan dalam daftar ember tujuan Anda. Gunung tertinggi di Jawa Barat memiliki ketinggian 3078 di atas permukaan laut. Gunung Ciremai dibuka untuk pendakian, dengan beberapa jalur yang dapat digunakan, termasuk melalui desa Palutungan dan Desa Linggarjati di Kuningan, dan desa Apuy di Majalengka.

Bagi Anda pemula pendaki dan tidak ingin medan yang terlalu berat dan curam maka Anda disarankan melalui jalur Palutungan. Meski bukan jalur yang berat, pendakian ini tetap membutuhkan perencanaan yang baik, agar pendakian berjalan lancar ke tujuan. Untuk mencapai puncak, Anda harus melalui delapan pos. Di setiap pos tentunya Anda dapat beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar. Terakhir di puncak Anda juga bisa melihat kawah gunung sambil mengabadikan momen di sana.

Batu Lawang, Cirebon

tempat wisata kuningan jawa barat

Lokasi tempat wisata kuningan jawa barat yang terbaru dan tersembunyi ini , sampai-sampai penduduk Cirebon sendiri juga banyak yang tidak tahu keberadaannya. Seperti namanya, bentuk bukit ini menyerupai ‘lawang’ atau pintu yang terbentuk secara alami. Tebing Lawang atau Batu Lawang memiliki beragam mulai dari 30 meter hingga lebih dari 100 meter dan lebar sekitar 200 meter.

Tebing-tebing hijau dipenuhi dengan lumut yang menjulang, dan hamparan alam tempat-tempat wisata akan merusak mata siapa pun yang melihat. Formasi unik didukung oleh lingkungan alam yang eksotis dan eksotis menambah keistimewaan tempat ini. Untuk penggemar olahraga panjat tebing, Anda juga bisa menyalurkan hobi ekstrim di sini. Beberapa saung juga terlihat di bawah tebing. Tidak hanya itu, di sekitar area ini juga banyak tersedia warung yang menyediakan makanan ringan dan minuman sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari tempat untuk bersantai dan melepas kepenatan.

Baca Juga  12 Tempat Wisata Di Bukittinggi Kekinian 2018

Gua Sunyaragi, Cirebon

wisata di kuningan jawa barat

Dibangun pada tahun 1703, Gua Sunyaragi digunakan untuk menjadi lokasi pertapa dan beristirahat Sultan Cirebon bersama keluarganya. Di kompleks ini, Anda akan menemukan 18 bangunan kuno dengan perpaduan Indonesia klasik dan Cina. Ada dua bagian di sini, yang pertama adalah penolakan untuk kamar tidur dan tata rias, serta gua yang berisi banyak lorong seperti labirin. Suasana mistik akan langsung terasa ketika berkunjung ke sini. Namun jangan takut, karena kecantikan tetap menawan.

Cirebon Waterland Wisata Kuningan Cirebon

obyek wisata kuningan

objek wisata kuningan ini dulunya adalah kendaraan rekreasi serta kebun binatang. Tapi sekarang telah diperbarui menjadi penginapan, wahana rekreasi, dan tempat makan. Cirebon Waterland sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata sambil membawa anak-anak. Sedikit pasti akan betah bermain di sini, bahkan mungkin Anda sendiri yang akan kewalahan merawatnya.

Tempat rekreasi ini sangat luas, sekitar 3 hektar, dan diisi dengan berbagai arena bermain ke kolam renang yang tidak cepat bikin bosan. Tidak hanya menyenangkan untuk bermain dan memotret, Cirebon Waterland juga memiliki restoran yang menyajikan berbagai makanan dan minuman lezat. Restoran ini harus dikunjungi karena sangat cocok untuk Anda dan keluarga Anda beristirahat setelah bermain seharian. Kalian pasti tidak mau rugi saat sedang berlibur keluar kota, nah ini dia tips tips mengunjungi kabupaten kuningan ini.

Cara Pergi ke Kuningan

Untuk mencapai Kabupaten Kuningan, Anda dapat mengambil rute Pantura, ke Cirebon, masuk tol Palimanan dan keluar di pintu tol Ciperna kemudian menuju Kuningan. Rute ini sebagian besar dengan transportasi umum dari Jakarta, seperti Bus Jakarta-Cirebon, kemudian dilanjutkan ke Kuningan dengan mini bus atau Elf dari terminal Cirebon Atau bus Jakarta-Kuningan melalui Cirebon.

Jika Anda ingin bepergian dengan kereta api, Anda harus transit di Cirebon, kemudian naik bus mini, atau arah Elf Kuningan atau Tasik dari Terminal Bus Harjamukti, Cirebon. Selain lewat Pantura, Anda juga bisa melewati rute selatan, Jakarta – Bandung – Cileunyi – Cicalengka – Nagrek – Malangbong – Wado – Bantarujeg – Cikijing – Kuningan. Atau melalui Sumedang – Kadipaten – Palimanan – Cirebon – Kuningan.

Dari arah Cirebon, setelah area Ciperna, memasuki kawasan wisata Gronggong, jalanan akan mulai menanjak. Selain area Gronggong, Anda akan memasuki area Beber, kecamatan di daerah Cirebon yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan. Selain Beber, Anda akan memasuki area Sampora yang telah memasuki Kabupaten Cilimus, Kuningan. Terus ke selatan menuju Kota Kuningan.

Transportasi Umum di Kuningan

Untuk memfasilitasi mobilitas di dalam kota, tersedia moda transportasi dalam kuningan termasuk Minibus yang tersedia di Terminal di Kuningan Kadugede, Sadamantra dan Kertawangunan. Dan Transportasi dalam kota dengan masing-masing rute, angkot 01 jurusan Kuningan – New Market-Kadugede, angkot 02 jurusan Scout-Kadugede, angkot 03 jurusan Pasar baru-Padamenak, angkot 04 jurusan Scout-Padamak, angkot 05 jurusan Cirendang-Kertawangunan, angkot 06 jurusan pasar baru – Kertawangunan, angkot 07 jurusan pasar baru – Lengkong, angkot 08 jurusan Cirendang – Lengkong, angkot 09 jurusan Scout – Cigugur, angkot 10 jurusan Scout – Kertawangunan, angkot 15 jurusan Puncak – angkot 16 jurusan Cisantana – Kuningan

Hotel di Kuningan / Penginapan Di Kuningan

Ada beberapa penginapan dah hotel di Kuningan Jawa Barat yang bisa Anda gunakan untuk menginap seperti:

  1. Gerage Sangkan Hotel & Spa Alamat: Jl. Raya Sangkanhurip No.1 Desa Sangkanhurip Kec cigandamekar
  2. Prima Hotel Sangkanhurip, Alamat: Jl. Panawuwan No.121 Kec. Cigandamekar – Kuningan, Jawa Barat
  3. Tirta Sanita Spa Resort, Alamat: Jl.Panawuwan No. 98 Kec Cigandamekar – Kuningan, Jawa Barat
  4. Hotel Sangkan Indah (B.I), Alamat: Komplek Panas Air Panas Alami No.304 Desa Sangkanhurip, Jawa Barat
  5. Hotel Adikarama, Alamat: Jl. Panawuwan No. 128 Desa Panawuwan Kec Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat
  6. Gerage Sangkan Hotel & Spa, Alamat: Jl. Raya Sangkanhurip No.1 Desa Sangkanhurip Kec cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat
  7. Prima Hotel Sangkanhurip (B. II), Alamat: Jl. Panawuwan No.121 Kec. Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat
  8. Tirta Sanita Spa Resort (B. III), Alamat: Jl.Panawuwan No. 98 Kec Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat
  9. Hotel Adikarama, Alamat: Jl. Panawuwan No. 128 Desa Panawuwan Kec Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat
  10. Hotel Ayong, Alamat: Jl. Linggajati No. 4 Kec. Cilimus, Kuningan, Jawa Barat
  11. Villa Linggajati Indah, Alamat: Jl. Linggajati No.4 Desa Linggasana Kec. Cilimus, Kuningan, Jawa Barat

Iklim di kuningan

Kuningan memiliki iklim tropis dan ada curah hujan yang signifikan sepanjang tahun di Kuningan Timur. Bahkan bulan terkering masih memiliki banyak curah hujan. Iklim ini dianggap sebagai Af menurut klasifikasi iklim Köppen-Geiger. Suhu di sini rata-rata 27,3 ° C. Curah hujan tahunan rata-rata adalah 1993 mm. Bulan terkering adalah Juli. Ada 67 mm presipitasi pada bulan Juli. Hampir semua presipitasi jatuh pada bulan Januari, dengan rata-rata 376 mm.

Bahasa Daerah di Kuningan

Penduduk Kuningan umumnya menggunakan dialek Sunda Kuningan. Bahasa Sunda di Kuningan atau secara linguistik dikenal sebagai dialek Sunda Timur-Laut, adalah variasi dialek atau dialek Sunda yang digunakan di bagian timur Kabupaten Cirebon, di Kuningan dan Brebes di barat dan selatan, tidak seperti bahasa Sunda. Parean tidak mengenali pepel “eu” dan menggantikannya dengan “e” eel (misalnya, heunteu dalam bahasa Baku Sunda “dialek Selatan” yang berarti “tidak” dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Sunda Parean ditulis dan dibaca “hente”).

Dialek Sunda dari Timur Laut masih mempertahankan bentuk “eu” pepek, sehingga tidak begitu jauh berbeda dengan standar Sunda atau Southern dialek Sunda. Berikut ini adalah contoh dialek Sunda dialek Sunda yang digunakan di daerah Kabupaten Cirebon Timur, tepatnya di Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, dengan perbatasan dengan Kabupaten Brebes. Kabupaten Kuningan adalah kota kecil yang terletak di kaki Gunung Ciremai.

Jadi sebelum bepergian ke Kuningan, Anda harus membawa pakaian tebal / jaket untuk menjaga suhu tetap hangat saat malam tiba karena Kuningan memiliki suhu di bawah (lebih dingin) di kota tetangga Cirebon. Sehubungan dengan transportasi umum yang belum menjadi prioritas di Kuningan dan warga sekitar biasanya memiliki kendaraan sendiri untuk kemana-mana.

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, sewa kendaraan saja merupakan pilihan utama yang harus diambil jika Anda tidak ingin repot pergi ke objek wisata di Kuningan. Di jalan gayanya cukup banyak info tentang penyedia layanan rental mobil.  Nah, itu dia beberapa tips dan objek objek wisata apa saja yang ada dikota kuningan. Semoga artikel tentang wisata kuningan jawa barat dapat membantu kalian dalam mencari destinasi wisata dkuningan.