31 Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Dikunjungi

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Aceh berada di ujung utara pulau Sumatera dan termasuk provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya yaitu Banda Aceh. Jumlah penduduk provinsi ini kurang lebih 4.500.000 jiwa. Aceh adalah provinsi yang kaya akan sumber daya alamnya seperti minyak bumi dan gas alamnya. Apalagi dengan wisata alam tentunya Nanggore Aceh Darussalam mempunyai banyak destinasi yang tersembunyi tidak kalah menarik dengan wisata yang lainnya, coba kalian lihat destinasi wisata di bawah ini, mungkin kalian akan buru-buru mencari tiket untuk pergi kesana, karena Tempat wisata di Aceh mempunyai pemandangan yang begitu indah.

Wisata Sejarah Di Aceh

  • Museum Tsunami Aceh

tempat wisata di aceh

Museum Tsunami Aceh merupakan tempat yang dibuat untuk mengenang kembali peristiwa dahsyat yang sudah melanda bumi Aceh ditanggal 26 Desember 2004 silam yang menelan sekitar 240.000 jiwa. Museum ini berada di pusat kota banda aceh tepatnya di Jalan Sultan Iskandar Muda berdekatan dengan Lapangan Blang Padang dan sekitar 400 meter dari Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Museum ini di dirikan oleh BRR Nad – Nias dan di desaign  oleh M. Ridwan Kamil salah satu dosen ITB setelah berhasil memenangkan perlombaan desain. Museum Tsunami aceh ini menghabiskan dana Rp.140 Milyar untuk pembangunannya. jika dilihat dari atas museum ini melukiskan gelombang tsunami,namun ketika dilihat dari bawah terlihat seperti kapal penyelamat dengan geladak yang luas sebagai tempat penyelamatan.

  • Museum Negeri Aceh

wisata banda aceh

Museum Negeri Aceh adalah salah satu museum yang mempunyai berbagai macam koleksi dari peradaban Aceh masa lampau. Tempat wisata di Aceh dapat ditemukan banyak sekali koleksi antik yaitu dari benda zaman prasejarah, masa kerajaan,sampai benda-benda yang identik dengan masa kolonial Belanda. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat berbagai koleksi etnografi yang berkaitan dengan kebudayaan Aceh.

Secara geografis,lokasi Museum Negeri Aceh ini berada di Jalan Alauddin Mahmud Syah, Desa Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Letaknya juga cukup strategis, berada di jantung Kota Banda Aceh membuat setiap wisatawan yang ingin berkunjung dapat melihat museum ini dengan mudah. Selain itu, para pengunjung bisa menggunakan berbagai kendaraan umum atau juga kendaraan pribadi. Mulanya, Museum Negeri Aceh ini hanya memiliki satu bangunan yaitu di Rumoh Aceh yang merupakan rumah tradisional masyarakat Aceh. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah pun akhirnya melakukan renovasi, perbaikan dan juga penambahan gedung baru yang disebut Gedung Pameran Tetap. Tak hanya itu, pemerintah pun berusaha untuk semakin memperbanyak koleksi yang ada didalam museum.

  • Museum Rumah Cut Nyak Dien

tempat wisata di banda aceh

Cut Nyak Dhien lahir pada tahun 1848 dari keturunan bangsawan bernama Teuku Nanta Seutia dan ibunya bernama Uleebalang Lampageu. Sejak kecil Cut Nyak Dhien telah dikenalkan oleh orangtuanya dengan agama, sehingga beliau tumbuh menjadi perempuan yang patuh akan ajaran-ajaran agama Islam. Saat usianya 12 tahun, Cut Nyak Dhien dinikahkan bersama Teuku Cek Ibrahim lamnga. Namun sayangnya pernikahan tersebut tak berlangsung lama, karena Teuku Cek Ibrahim Lamnga meninggal saat berjuang melawan Belanda. Tewasnya sang suami menjadikan Cut Nyak Dhien sangat marah kepada pihak Belanda dan berjanji akan menghancurkan Belanda sampai tuntas. Selang beberapa lama, Cut Nyak Dhien dilamar oleh Teuku Umar yang kala itu merupakan seorang tokoh yang juga berjuang melawan Belanda. Awalnya, lamaran tersebut ditolak oleh beliau, namun karena Teuku Umar mengizinkan Cut Nyak Dhien bertempur melawan penjajah lamarannya pun akahirnya diterima. Bersama Teuku Umar, pernikahan Cut Nyak Dhien dikaruniai seorang anak bernama Cut Gambang. Teuku Umar sendiri akhirnya juga wafat dalam penyerangan Meulaboh pada 11 Februari 1899. Sedangkan Cut Nyak Dhien meninggal pada 6 November 1908 dalam pengasingan di Sumedang, Jawa Barat.

Dalam perjuangan Teuku Umar bersama Cut Nyak Dhien, sempat diwarnai dengan pembelotan Teuku Umar kepada pihak Belanda. Aksi tersebut menuai banyak tentangan dari rakyat yang menganggap Teuku Umar telah berkhianat. Padahal, ini merupakan strategi Teuku Umar agar bisa mengakses persenjataan Belanda. Karena Belanda menganggap Teuku Umar berada dipihaknya, Belanda menghadiahkan sebuah rumah kepada Teuku Umar. Itulah rumah yang kini menjadi Museum Rumah Cut Nyak Dhien. Namun bangunan yang kini bisa dilihat merupakan replika dari banguan yang dibuat menyerupai aslinya. Rumah tersebut konon telah dibakar sampai habis oleh Belanda yang mengetahui bahwa Teuku Umar hanya berpura-pura pada tahun 1896. Rumah tersebut dibangun kembali oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta diresmikan oleh Fuad Hasan yang kala itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1987.

  • Taman Putroe Phang

wisata di aceh

Taman ini bisa menjadi objek alternatif untuk menghabiskan waktu senggang bersama keluarga. Lokasinya terbilang gampang untuk dijangkau karena berada di tengah-tengah kota Banda Aceh, berdampingan dengan Kerkhof, kuburan prajurit Belanda yang telah tewas di Aceh. Taman Putroe Phang saat ini sudah terlihat indah dan tertata dengan rapi oleh Pemerintah Kota Banda Aceh. Traveller berkunjung ke taman ini,tidak cuman berwisata,namun juga menjadi wisata sejarah. Wisata Taman Putroe Phang memang memiliki sejarah hubungan erat antara Aceh dan Malaysia pada saat kepemimpinan Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Tetapi, ketika Belanda masuk ke wilayah Aceh pada saat itu, banyak bangunan musnah ketika terjadinya peperangan di Aceh.

Sekarang, taman ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal. Akan tetapi dikunjungi juga oleh wisatawan mancanegara, terutama warga Malaysia yang ingin menyaksikan langsung taman yang memiliki hubungan antara Aceh dan Malaysia. Apa lagi di akhir pekan, Taman Putoe Phang selalu saja ada pertunjukan seni. Baik seni musik, seni tari dan sejumlah kreativitas seni lainnya yang dipentaskan oleh anak-anak muda di Banda Aceh. Tentunya hal itu bakal semakin menarik banyak wisatawan berkunjung di taman ini. Taman inilah yang mengukir sejarah hubungan erat antara Kerajaan Aceh dan Pahang, Malaysia ketika Aceh dibawah tangan oleh Sultan Iskandar Muda. Sampai sekarang masih bisa terlihat jelas bukti sejarah taman yang dibangun Sultan Iskandar Muda khusus untuk permaisuri kesayanganya Putroe Phang.

  • Benteng Indra Patra

tempat wisata banda aceh

Trail Aceh Lhee Sagoe adalah sebuah konstelasi berbentuk segitiga yang menyambungkan tiga benteng besar peninggalan kerajaan Hindu-Budha dahulu kalah. Dengan posisi yang sangat strategis benteng ini ternyata didirikan jauh sebelum Islam menyebarkan pengaruhnya di tanah rencong. Dari ketiga benteng dalam Trail Aceh Lhee Sagoe merupakan sebuah benteng yang dikenal dengan Indra Patra. Sebuah benteng peninggalan kerajaan Hindu pertama di Aceh yang masih dapat Anda lihat hingga saat ini terletak di dekat Pantai Ujong Batee, Desa Ladong, Jalan Krueng Jaya, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

  • Tugu Nol Kilometer

tempat wisata aceh

Selama menempuh perjalanan ke Tugu Nol Kilometer,wisatawan baru disuguhi dengan keindahan alam Pulau Weh dengan perbukitan hijau, serta deretan pantai-pantai yang eksotis. Tak jarang, dipinggir jalan akan dijumpai kawanan monyet-monyet bergelantungan, yang mengharapkan makanan dari para wisatawan. Pulau Weh memang masih alami, rimbunnya pepohonan hijau akan menemani disepanjang perjalanan wisatawan. Tugu Nol Kilometer yang berada di Kota Sabang, disahkan ditanggal 9 September 1997 oleh wakil presiden yang saat itu dijabat oleh Try Sutrisno. Sekitar dua minggu setelah diresmikan, tepatnya pada tanggal 24 September B.J. Habibie yang ketika itu menjabat menjadi Menteri Riset dan Teknologi menambah semacam prasasti yang mengartikan sebuah penetapan posisi geografis 0 kilometer Indonesia, yang pengukurannya dibuat oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi memakai Global Positioning System.

  • Tugu Simpang Garuda
Baca Juga  Destinasi Wisata Di Depok Paling Hits Dan Murah Yang Wajib Anda Kunjungi

wisata di banda aceh

Terakhir tempat wisata di banda Aceh  yang bisa dikunjungi yaitu tugu simpang garuda. Yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Kuta Ateueh, Sukakarya, Kota Sabang,Nanggroe Aceh Darussalam.

Tempat Wisata Menarik

  • Masjid Raya Baiturrahman

pantai di aceh

Mesjid Raya adalah masjid utama di Banda Aceh dan dibangun pada abad ke 19 oleh Sultan Iskandar Muda. Masjid ini mutlak harus dikunjungi. Lokasinya berada di Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh Masjid ini dihiasi dengan kubah yang cantik dan motif Islam tradisional Muslim yang cantik. Sangat indah dan merupakan favorit banyak fotografer di siang atau malam hari. Pada malam hari, cahayanya sangat indah dengan penerangan strategis. Perhatikan bahwa jika Anda berkunjung Anda harus berpakaian konservatif dan wanita harus mengenakan jilbab. Baru-baru ini masjid Raya Baiturrahman baru saja direnovasi dengan berdirinya 12 unit payung elektrik, hiasan lampu, lantai werud, lokasi parkir bawah tanah, tempat wudhu dan lihat tiga puluh lebih pohon kurma.

  • Puncak Geurutee

pantai di banda aceh

Geureute merupakan puncak gunung yang menghadap langsung ken Samudra Hindia. Geureutee, berada diJalan Lintas Banda Aceh – Meulaboh. Puncak ini menawarkan pemandangan lautan yang begitu menakjubkan, Kaki gunung langsung berbatasan dengan lautan yang dalam. Wisata di Aceh Dari sini, akan terlihat lautan biru yang indah ditambah dengan tiupan angin yang menyegarkan.

  • Air Terjun Kuta Malaka

tempat wisata di aceh

Air Terjun Kuta Malaka memiliki ketinggian kurang lebih 600 m dpl,yang berlokasi di Desa Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar dengan bentuk bertingkat-tingkat dan keadan disekitarnya masih sangat alami. Konon kata masyarakat adat mencapai 7 tingkat dan bahkan ada yang mengatakan 20 tingkat. Bunyi gemericik air yang tumpah. Nyanyian burung berlomba dengan jangkrik. Aroma khas udara berembus sepoi-sepoi dari pepohonan hutan. Ketiganya bersatu menenteramkan jiwa dan mendamaikan pikiran kala menikmati Air Terjun Kuta Malaka.

  • Pantan Terong

wisata banda aceh

Pantan Terong merupakan sebuah tempat wisata banda Aceh Tengah yang berupa sebuah bukit yang biasa digunakan untuk menikmati keindahan Kota Aceh Tengah dari atas bukit. Wisata kali ini berada di puncak kurang lebih 1.830 mdpl. Jika anda berniat untuk datang ke tempat ini, kami himbau agar menggunakan jaket dan baju hangat. Hal ini dikarenakan anda akan merasakan udara yang sangat dingin saat berada pada ketinggian bukit ini. Dari atas bukit, anda dapat melihat pemandangan Danau Laut Tawar yang menyerupai kuali raksasa. Di samping hal itu, anda juga dapat menikmati pemandangan sunrise dan pemandangan sunset yang sangat menawan. Maka dari itu siapkanlah kamera anda untuk mengabadikan moment berharga ini.

  • Danau Laut Tawar

tempat wisata di banda aceh

Danau Laut Tawar merupakan sebuah tempat wisata Aceh yang pemandangan alam berbentuk  danau. Danau ini terdapat di dataran tinggi Gayo, kabupaten Aceh Tengah. Di katakan danau tawar karena wilayah danau ini sangat luas, akan tetapi air danau tersebut merupakan jenis air tawar. Suku yang mendiami daerah tersebut adalah Suku Gayo. Masyarakat setempat lebih menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar.

  • Air Terjun Blang Kolam

wisata di aceh

Air Terjun Blang Kolam merupakan tempat wisata di Aceh Besar yang cukup populer. Letak lokasi berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara. Anda bisa menempuhnya hanya dalam jangka 30 menit dari Lhokseumawe. Air terjun ini merupakan air terjun yang paling unik karena di air terjun ini ada 2 Air terjun ketinggian 75 meter dan dikelilingi oleh beberapa pohon yang rindang. Kegiatan yang dapat anda lakukan disekitar objek Tempat wisata di Aceh ini adalah anda dapat bermain air di sekitar air  terjun, berendam di kolam tampungan air terun, atau hanya bersantai menikmati keindahan dari  pemandangan dan gemuruh air terjun. Di Air Terjun Blang Kolam, Anda bisa melakukan camping sambil menikmati keindahan alam. Untuk memasuki kawasan ini cuman dikenai tarif senilai Rp. 5.000,- untuk setiap orang.

  • Air Terjun Suhom

tempat wisata banda aceh

Air terjun Suhom ini berada di tengah panorama alam yang indah dan alami. Di area ini terdapat pohon durian yang banyak, pada musim durian banyak yang berjualan durian di sekitar air terjun. di sekitar air terjun juga ada lokasi yang bisa dipakai untuk berkemah (camping). Air terjun yang deras ini menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat di sekitar Desa Kreung Kala. PLTM sudah di bangun di dekat air terjun dan dialirkan untuk mengaliri listrik penduduk Desa Kreung Kala. Dari Banda Aceh menuju lokasi air terjun, terpampak pemandangan pantai yang sangat menakjubkan dengan keindahan yang sangat luar biasa, deburan ombak dan pasir putih terlihat menawan di sepanjang jalan, dan tampak pula barisan pegunungan yang tinggi dan indah tentunya. Lokasi wisata alam Air Terjun Suhom,padat ketika weekend di tempat ini ada pemandu wisata yang berasal dari warga lokal.

  • Waduk Keuliling

tempat wisata aceh

Waduk Keuliling Aceh berada di Desa Lam Leuot Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar. Dari jalan raya Medan-Banda Aceh ketika ke waduk dapat menempuh sejauh kurang lebih tujuh kilometer. Waduk Keuliling yang berada di antara bukit-bukit tersebut memberikan suasana tersendiri, Waduk Keuliling yang merupakan wisata buatan dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat melepaskan hobi bagi mereka yang suka memancing.

  • Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka merupakan air terjun yang berada di Kuta Malaka, Kecamatan Samahani, Kabupaten Aceh Besar, Nanggro Aceh Darussalam. Kuran lebih sekitar 600 m dpl, yang bertingkat-tingkat. Konon masyarakat berkata mencapai 8 tingkat dan ada yang mengatakan 20 tingkat. Agar sampai ke lokasi kita harus menempuh perjalanan sejauh 30 km dari pusat kota Banda Aceh.

  • Air Terjun Peukan Biluy

wisata di banda aceh

Air Terjun Peukan Biluy adalah Objek Wisata Air Terjun yang merupakan salah satu obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Aceh Besar tepatnya di Desa Biluy, Kecamatan Darul Kamal, dan juga merupakan tempat rekreasi bagi penduduk setempat. Tempat wisata aceh Pekan Biluy ternyata masih tinggalkan jejak jejak kejayaannya. Sebuah sisah bangunan kafe kayu masih berdiri dan rusak, juga ada 2 tempat duduk beton memanjang disitu. Untuk melihat langsung letak air terjun pengunjung wajib menaiki anak tangga sejumlah 172 buah dengan kemiringan rata-rata 45 derajat sesudah bencana tsunami 24 Desember 2004 silam,jalan menuju air terjun Peukan Biluy rusak parah bahkan perbukitan tersebut banyak yang sudah hilang akan tetapi sudah diperbaiki.

  • Wisata Taman Hutan
Baca Juga  Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah dan Seru Untuk Dikunjungi

pantai di aceh

Objek Wisata Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan mempunyai sejarah panjang sebelum ditetapkan menjadi Tahura. Sejak tahun 1930 kawasan Seulawah Agam telah ditetapkan menjadi kawasan hutan. Sejak tahun 1990 Pemda Daerah Istimewa Aceh, melalui SK Gubernur Kepala D.I. Aceh. Luasnya kira-kira mencapai 25.000 hektar, dari luas tersebut akan dipilih 10.000 hektar yang dianggap layak dan dapat mewakili keanekaragaman potensi flora, fauna maupun potensi fisik lainnya yang ada. Diperkirakan luasnya 10.000 ha, dan sekarang hanya 6.300 ha yang ditetapkan untuk luas areal Tahura, dan nama Tahura Seulawah lalu ditetapkan menjadi Tahura Pocut Meurah Intan.

  • Gunung Seulawah

pantai di banda aceh

Gunung Seulawah Agam Kabupaten Aceh Besar. Seulawah Agam kaya dengan bermacam macam Flora dan Fauna. Panggil aja Sumatera (Panthera Tigris Sumatraensis),Burung Rangkong (Buceros Rhinocerous), Kedih (Presbytis Thomasi), dan Jamur (Fungi) berbagai species serta satwa-satwa lainnya. Menurut kabar berita, nantinya Gunung Seulawah Agam dan kembarannya Gunung Seulawah Inong akan dijadikan sebagai kawasan konservasi. Karena Itu sangat penting, mungkin saja mengingat perambahan kayu kian marak di sekitar sana.

Wisata Alam Di Aceh

  • Pantai Gapang

tempat wisata di aceh

Pantai Gapang berada tidak jauh dari Pantai Iboih atau ketika anda menuju ke tugu nol kilometer anda akan melewati beberapa pantai seperti Pantai Iboih dan Pantai Gapang, Pantai Gapang ini memiliki pasir putih dan airnya juga jernih. Nama Pantai Gapang ini diambil dari nama pohon yang terdapat di sekitar pantai ini.

  • Pantai Sumur Tiga

wisata banda aceh

Pantai ini terletak di Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Aceh. Pantai ini mempunyai tiga sumur air tawar yang  berada di sepanjang pantainya oleh karena itu disebut pantai sumur tiga.

  • Pantai Kasih

tempat wisata di banda aceh

Seperti pantai-pantai yang kami bahas sebelumnya di Aceh, Pantai Kasih memiliki pasir putih dan air yang sangat jernih. Anda bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam terlama disini sambil bersantai di bibir pantai yang luas. Dengan pemandangan yang indah dengan melakukan santai di pinggir pantai pasti akan terasa rilex.

  • Pantai Tapak Gajah

wisata di aceh

Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat kota disini anda bisa melihat deretan batu karang yang indah. Pasir putih dan ombak yang tenang membuat anda bisa berenang disini sambil menikmati keindahannya.

  • Pantai Anoi Itam

tempat wisata banda aceh

Pantai Anoi Itam ini terdapat dengan pantai yang berada di Sabang lainnya,soalnya pantai ini adalah  pantai berpasir hitam satu-satunya yang ada di kota Sabang. Pantai Anoi Itam ini kira-kira berjarak sekitar 14 km dari Kota Sabang, tepatnya berada di Desa Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang,  Aceh. Pantai Anoi Itam ini adalah pantai yang memiliki pasir hitam. Walaupun berpasir hitam namun air lautnya juga jernih dan tetap terlihat indah.

  • Pantai Jilbab

tempat wisata aceh

Objek wisata Pantai Jilbab ini terletak di Desa Palak Kerambil Kecamatan Suso, Aceh Barat Daya. Sama dengan objek wisata bahari yang ada di Aceh, Pantai Jilbab menyuguhkan panorama alam yang indah dan eksotis. Tidak heran kalau setiap akhir pecan tiba, tempat ini ramai dikunjungi oleh warga sekitar dan masyarakat dari luar daerah.

  • Pantai Pusong Sangkalan

wisata di banda aceh

Pantai Pusong Sangkalan terletak sekitar 3 km dari Blang Pidie, ibukota Kabupaten Abdya. Dinamakan Pantai Pusong karena sekitar 1km dari pantai ini terdapat “Pusong” (Pulau Gosong) sedangkan Sangkalan sendiri adalah nama desa tempat pantai tersebut berada. Pantai Bali juga menjadi nama tempat yang menjadi salah satu destinasi wisata di Abdya ini. Menurut cerita dari masyarakat sekitar, nama Bali diambil karena keindahan pantai tersebut tidak kalah dari Pantai Bali

  • Pantai Aron Tumpang

pantai di aceh

Pantai yang masih alami dan jauh dari keramaian karena memang belum terlalu terkenal. Tapi di akhir pekan Pantai ini cukup banyak dikunjungi oleh warga sekitar Kabupaten Aceh Barat Daya. Disini anda bisa menikmati keindahan pantai, berolahraga ir atau hanya sekedar bermain pasir. Namun disarankan jangan berkunjung ke sini di musim hujan karena ombaknya yang tinggi dan berbahaya.

  • Pantai Cemara Indah

pantai di banda aceh

Pantai Cemara Indah Selain pasir pantainya putih yang eksotis, disini juga terdapat Taman Rekreasi, yang termasuk salah satu tempat wisata di aceh. Pantai Cemara Indah ramai tidak hanya dari masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya saja, namun juga dari luar daerah, terutama di hari-hari libur dan akhir pekan. Wisata ini sedang dalam tahap pembangunan yang nantinya akan menjadi pantai di banda aceh. Fasilitas yang tersedia saat ini merupakan warung makan, balai tempat berteduh, bangku taman, tempat permainan anak, lapangan olah raga dan musholla. Di samping itu air di sini dan sarana telpon sudah terlengkapi.

  • Pantai Wisata Lama Tuha

Lokasi ini berjarak 13 Km dari Kabupaten, dimana dilokasi ini banyak menyimpan situs-situs Peninggalan Kerajaan Kuala Batee baik berupa batu kuburan, madat, dan situs batu. Di pantai ini banyak mengandung sumber bahan makanan bawah laut seperti : siput dan kepiting yang sangat mudah diperoleh untuk dikelola dan dijadikan sebagai bahan makanan kuliner dengan berbagai cita rasa.

  • Pantai Lhok Bubon

tempat wisata di aceh

Objek Wisata Pantai Lhok Bubon berada di Kabupaten Aceh Barat yang berlokasi di desa Bubon,Provinsi Aceh. Jarak tempuh ke Pantai Lhok Bubon sekitar 8 km dari kota Meulaboh. Pantai Lhok Bubon ini dinenal dengan daerah penghasil makanan laut, dan selalu ramai didatangi oleh masyarakat sekitarnya yang datang buat menikmati segarnya makanan laut sekaligus menikmati alam pantainya. Tempat ini menjadi lahan penambahan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya,

  • Pantai Suak Ribee

wisata banda aceh

Pantai Suak Ribee merupakan salah satu tempat rekreasi yang terdapat dipesisir kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat .Pantai Suak Ribee banyak di kunjungi oleh berbagai unsur masyarakat baik orang dewasa, remaja maupun anak-anak. Pantai suak ribee biasanya ramai pada sore hari maupun pada hari –hari libur. Sebelum bencana tsunami Pantai suak ribee termasuk tempat rekreasi yang begitu indah dan menarik. Disepanjang jalan di pinggiran pantai berbaris pohon kelapa dan pohon cemara.disini juga banyak terdapat tempat untuk bersantai seperti kafe yang berjejer di sepanjang jalan.

Pemandangan Pantai Suak Ribee pada sore hari terlihat sangat indah, selain kita dapat menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi kita juga dapat melihat pemandangan matahari tenggelam pada sore hari. Begitulah penjelasan diatas yang merupakan penjelasan mengenai tempat wisata di Aceh yang akan membuat Anda memahami tentang liburan di Aceh merupakan pilihan tepat, dan jangan melupakan untuk mengunjungi tempat-tempat yang telah kami rekomendasikan. Selamat liburan dan semoga menyenangkan.