32 Wisata di Sukabumi Hits dan Terfavorit 2018

Beberapa daerah di wilayah sukabumi Jawa Barat memiliki banyak potensi berbagai wisata yang sangat cukup menawan dan menarik. Ada banyak sekali tempat wisata di sukabumi yang begitu menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba. Sukabumi merupakan salah satu kota sekaligus kabupaten di provinsi Jawa Barat. Pada umumnya wilayah tersebut berbatasan dengan Kabupaten Cianjur disebelah sisi timur, Kabupaten Bogor di sisi utara, Kabupaten Lebak di sisi barat, dan Samudra Hindia di sisi selatan. Kota sekaligus kabupaten ini berjarak kurang lebih 100 km dari Bandung dan 120 km dari Jakarta. Tahukah Anda jika wisata kota sukabumi menyimpan pesona wisata yang menakjubkan? Bukan hanya sekadar dilihat yang hanya menyuguhkan keramaian tanpa objek yang jelas. Hampir semua destinasi wisata sukabumi menyajikan keindahan panorama yang memanjakan mata.

Tempat Wisata di Sukabumi yang dapat anda kunjungi

  • Situ Sukarame

wisata di sukabumi

Situ Sukarame adalah salah satu danau  yang sangat alami letaknya di kaki Gunung Salak. Lokasi keberadaannya di Kecamatan Parakansalak, Sukabumi. Tempat wisata Sukabumi kota ini tersebut salah satunya memiliki banyak panorama alam yang begitu indah. Dengan dikelilingi banyak hutan heterogen yang ditumbuhi pohon pinus juga terdapat hamparan kebun teh yang menjadikan pemandangannya semakin menarik dan sangat begitu eksotis. Dengan cuaca udaranya yang sangat sejuk dan segar makin menambah menarik tempat wisata ini.

  • Situ Gunung

pantai di sukabumi

Situ Gunung ini juga menyajikan keindahan alam yang begitu memukau.  Salah satu Tempat wisata di Sukabumi ini tempat wisata di sukabumi yang paling populer dan favorit di kalangan fotografer Indonesia. Situ Gunung tersebut memberikan kesejukan dan kesegaran alami yang pas untuk refreshing dan menghilangkan kepenatan dari segala rutinitas pekerjaan. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Kadu Dampit, yang berjarak kurang lebih 16 km dari Kota Sukabumi.

  • Kawah Ratu Gunung Salak

tempat wisata baru di sukabumi

Dari namanya jelas bahwa tempat wisata di Sukabumi ini berhubungan dengan vulkanis. Benar saja, Kawah Ratu merupakan kawah aktif yang mengeluarkan uap panas. Memang, tempat wisata ini kurang cocok sebagai destinasi wisata keluarga, karena cukup berisiko apalagi bagi anak-anak. Tempat wisata di Sukabumi ini menjadi objek wisata favorit bagi para pecinta alam yang senang mendaki gunung. Rintangan yang ditempuh selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan kawah saat berhasil mencapainya.

  • Taman Rekreasi Selabintana

objek wisata sukabumi

Tak ingin jauh-jauh dari pusat Kota Sukabumi? Anda bisa mengunjungi Taman Rekreasi Selabintana. Objek wisata sukabumi yang disuguhkan tak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata lainnya. Di sini terdapat hamparan rumput hijau yang luas dan bersih begitu indah dan menyejukkan. Tempat wisata ini menjadi favorit banyak keluarga untuk mengisi liburan akhir pekan bahkan ketika libur panjang.  Asyiknya, di Taman Rekreasi Selabintana ini dilengkapi dengan beragam fasilitas yang makin menambah kepuasan pengunjung. Sebut saja kolam renang, playground, lokasi kemah, penginapan, perkebunan teh, hutan lindung, area parkir yang aman dan luas, mushola, toilet, permainan ATV, flying fox, dan lainnya.

  • Geopark Ciletuh

wisata alam sukabumi

Salah satu Geopark Ciletuh merupakan termasuk tempat wisata di Sukabumi yang memiliki pesona luar biasa. Tempat wisata ini menyuguhkan paket keindahan alam yang mempesona. Selain paket panorama alam yang lengkap, tempat wisata di Sukabumi ini juga memiliki keunikan terkait dengan beradaan air terjunnya.

  • Wanawisata Cipelang

wisata sukabumi kota

Tempat wisata di Sukabumi lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Wanawisata Cipelang. Letaknya berada di desa Gunung Pangrango. Hutan seluas 3 hektar ini menyuguhkan panorama alam yang menarik untuk dieksplorasi.

  • Kampung Ciptagelar

tempat rekreasi di sukabumi

Saat ini banyak desa atau perkampungan unik di berbagai daerah yang diangkat sebagai objek wisata. Di Sukabumi pun ada, yaitu Kampung Ciptagelar. Sebenarnya tempat wisata di Sukabumi ini bukanlah objek wisata baru. Keunikan budaya yang berlangsung turun-temurun menjadikan kampung ini sebagai destinasi wisata di Sukabumi yang menarik untuk dikunjungi. Terletak  berada disekitar Kecamatan Cisolok, Kampung Ciptagelar telah menjaga dan melestarikan budaya setempat untuk selama kurang lebih 650 tahun.

  • Goa Buniayu

objek wisata di sukabumi

Salah satu tempat disukabumi tidak hanya juga menyimpan potensi wisata alam pegunungan saja, tetapi juga perut bumi. Goa Buniayu tersebut sebagai tempat wisata di Sukabumi yang patut ditaklukkan, dalam Tempat wisata tersebut sangat menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta petualangan. Goa Buniayu menyuguhkan lorong yang terjal dengan fosil-fosil koral laut pada dindingnya. Untuk menyusuri goa ini, dibutuhkan stamina fisik yang kuat karena sekali lagi medannya cukup sulit, yang bukan berupa jalan lurus saja, tetapi harus melalui danau lumpur. Selain itu, pengunjung juga harus sigap dan berhati-hati dalam memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan lainnya. Berpetualang di tempat wisata ini membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Agar lebih aman, disarankan menggunakan jasa pemandu yang lebih menguasai medan di dalam goa.

  • Danau Batu Bacan

wisata kota sukabumi

Salah satu tempat danau yang kawasannya terletak berada dilokasi desa bojongharjo, kecamatan cikembar sukabumi yaitu wisata danau batu bacan.  Tempat wisata yang bernama danau batu bacan itu memiliki karakteristik air denganmempunyai warna hijau. Pada jaman dahulu danau ini merupakan pertambangan batu yang dikelola oleh para warga sekitar. Akan hal itu, dengan seiring berjalannya waktu tiba-tiba air muncul sehingga menggenangi are pertambangan dan berbentuk menjadi danau yang sangatlah indah sampai saat ini.

  • Arum Jeram di Sungai Citarik

destinasi wisata sukabumi

Salah satu sungai yang termasuk juga bisa digunakan untuk berarum jeram yang ada di sukabumi. Namun juga terdapat  wahana selain arum jeram yang ada  di kawasan sungai citarik juga bisa anda lakukan kegiatan outdor lainya seperti fliying fox, paint ball dan juga masih banyak lagi.

  • Taman Rekreasi Selabintana

wisata di sukabumi

Salah satu tempat rekreasi di sukabumi ini tersebut ada wisata alternatif untuk keluarga disukabumi adalah wisata Taman selabintana. Ditempat taman ini terdapat juga halaman hijau yang luas dengan alas rumput hijau yang indah.

  • Tebing Panenjoan

objek wisata sukabumi

Tempat wisata tebing panenjon yang berada dilokasi desa taman jaya Kecamatan ciemas sukabumi, jawa barat. Pada saat anda berada disebuah tempat tersebut, kemudian anda bisa menikmati pemandangan daratan sukabumi dari atas tebing dengan ketinggian sekiatar 250 mdpl.

  • Bukit Karang Numpang

wisata alam sukabumi

 

Dalam tempat wisata yang termasuk berada dilokasi kecamatan guruh sukabumi dapat dijadikan sebagai tempat camping adalah salah satu tempat wisata alam sukabumi.

  • Puncak Darma

wisata sukabumi kota

Salah satu yang berada pada tempat yang eksitik dengan view lampu dengan gemerlapannya yang dimiliki oleh bukit karang numpang. Namun, hal sangat berbeda dengan halnya  puncak darma yang mempunyai view lautan yang begitu luas.

Wisata disukabumi terdapat beragam Curug

  • Curug Sawer Sukabumi

tempat rekreasi di sukabumi

Tidak hanya anda dapat nikmati air pegunungannya yang sangat jernih dan tentu menyegarkan, para pengunjung dapat juga bisa memanjakkan mata dengan pemandangan air terjunnya yang sangat asri. Dalam air terjun tunggal tersebut memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 30 meter yang berada dikawasan wisata situ gunung. Pada dasarnya destinasi tempat wisata disukabumi yang menarik lainnya adalah diwisata curug sawer disukabumi.

  • Curug Bibijilan

objek wisata di sukabumi

Salah satu objek wisata di sukabumi yang wajib dikunjungi anda adalah curug Bibijalan yang berlokasi di Kampung lebak nangka Kecamatan Nyalindung. Pad tempat tersebut ini masih terlihat alami dan mempunyai air yang sangat  jernih, untuk anda yang ingin menuju ke lokasi ini harus melewati jalan setapak dengan berjalan kaki.

  • Curug Awang Sukabumi

objek wisata di sukabumi

Salah satu tempat yang menyuguhkan wisata alam yang masih alami dan juga asri. Suatu Objek dalam sebuah tempat wisata di sukabumi yang pertama adalah curug awang yang berlokasi disekitar Kecamatan Ciletuh Sukabumi. Tak perlu khawatir bicara soal tentang harga untuk memasuki tempat tersebut, harganya pun sangat cukup terjangkau dengan kisaran harga sekitar 700 hingga 800 ribu untuk rombongan yang berjumlah 8 orang. Dalam Harga tersebut kami ambil dari penyedia paket wisata ke curug awang dan harga  dalam sewaktu waktu bisa berubah.

  • Curug Cikaso

wisata kota sukabumi

Salah satu sebuah tempat wisata alam sukabumi yang selanjutnya adalah curug cikaso. Selanjutnya Bagi anda yang masih ragu atau bimbang di tempat tersebut, disana menyediakan pemandu wisata curug cikaso yang siap menamani anda dalam berwisata atau berliburan.  Untuk bagi anda yang ingin menuju ke lokasi ini harus melewati lembah yang sangat agak jauh. Dan untuk harga tiket pun cukup murah yaitu sebesar 2000 rupiah.

  • Curug Cibeureum

destinasi wisata sukabumi

Salah satu Tempat wisata berikutnya masih seputar dengan air trejun yang ada di sukabumi yaitu wisatanya dinamakan curug cibeureum yang berlokasi di kawasan taman nasional gede pangrango kabupaten sukabumi. Untuk anda yang ingin kesana cukup membayar dengan harga tiket masuk sendiri pun cukup terjangkau, Untuk saat itu harganya 18.500 rupiah per orang. Pada saat anda ingin berpergian ketempat tersebut selanjutnya anda harus melewati area taman nasional gede dengan jarak antara air terjun dengan pintu masuk taman nasional sekitar 500 meter. Ketika menempuh perjalanan ketempat tersebut, yang harus anda lakukan adalah dengan jalan kaki dan banyak juga di sediakan pos sebagai tempat peristirahatan bagi anda yang sedang lelah ketika perjalanan jauh.

  • Curug Sawer

wisata di sukabumi

Masih meriview objek wisata air terjun di sukabumi merupakan curug sawer yang berada dilokasi kawasan wisata situ gunung Kecamatan kadudampit Sukabumi. Jika anda ingin memasuki anda harus membayar dengan harga tiket masuk cukup murah, hanya membayar  sebesar 3000 rupiah per orang di tambah juga dengan biaya parkir jika anda membawa kendaraan pribadi. Di sekitaran air terjun tersebut terdapat juga berbagai macam vila  sebagai tempat penginapan anda untuk beristirahat yang bisa anda sewa dengan harga 250rb hingga 360rb untuk satu malam.

  • Curug Cimarinjung

pantai di sukabumi

Tempat wisata yang dinamakan curuk cimarinjung ini mempunyai ketinggian sekitar 45 meter dari dasar air. Jika anda perjalanan menuju ketempat tersebut anda harus melewati pelabuhan ratu dan di lanjutkan menggunakan boat selama sekitar 30 menit dan di lanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak hingga sampai ke air terjun ini.  Curug cimarinjung adalah salah satu tempat wisata air terjun yang berlokasi di desa girmukti kecamatan ciletuh sukabumi.

  • Curug Sodong

tempat wisata baru di sukabumi

Selanjutnya ketika anda ingin menuju keWisata curug di sukabumi yang berada dilokasi Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Sukabumi. Seperti di foto di atas curug ini mempunyai beberapa tingkat. Dan untuk menuju ke tempat ini anda harus melewati pematang sawah dan juga jalan setapak.

  • Curug Cigangsa

objek wisata sukabumi

Tempat wisata ini berjarak sekitar 110 Kilometer dari pusat kota sukabumi. Untuk bisa masuk ketempat tersebut anda cukup membayar harga tiket masuk ke curug ini hanya sebesar 5000 rupiah per orang dan di tambah biaya sewa prahu sebesar 60.000 rupiah. Harga tiket dan sewa prahu juga sewaktu waktu bisa berubah.

  • Curug Sentral Kebandunga

wisata alam sukabumi

Salah satu tempat wisata curug sentral yang berada dilokasi Desa Jayanegara, Kecamatan Kebandungan Sukabumi. Ketika anda ingin menempuh untuk menuju ke tempat curug tersebut juga di perlukan sedikit perjuangan dengan melewati lembah dan perkebunan teh dengan cara berjalan kaki.

 Terdapat juga berbagai macam pantai di sukabumi

  • Pantai Ujung Genteng Sukabumi

wisata sukabumi kota

Salah satu tempat wisata baru di sukabumi sayang jika untuk anda lewatkan saja. Tempat wisata pantai ujung genteng sukabumi tersebut memiliki pemandangan yang bagus dan juga eksotik. Dalam keberadaannya lokasi tersebut terletak dikecamatan ciracap kabupaten sukabumi jawa barat, tempat itu menjadi destinasi pilihan wisata untuk keluarga anda yang ada disukabumi.

  • Pantai Cimaja

tempat rekreasi di sukabumi

Di wilaya wisata yang ada diSukabumi salah satunya  Pantai Cimaja  yang merupakan tempat wisata di Sukabumi yang mempunyai keindahan alam pantai  yang bagus dengan sajian ombak pantai selatan yang terkenal ‘keganasannya’.

  • Pantai Cibangban

objek wisata di sukabumi

Hal tersebut ini dipresentasikan oleh sebuah tempat-tempat wisata di kawasan ini yang sebagian besar menyuguhkan panorama alam yang indah dan asri. Dalam Tempat wisata di Sukabumi lainnya yang tak kalah dengan pesona Pantai Cibangban. Ombak di Pantai Cibangban tidak terlalu besar sehingga aman untuk bermain bagi anak-anak. Selain bermain ombak, pengunjung pantai ini juga bisa bermain pasir. Sukabumi terbukti memiliki pesona alam yang mengagumkan. Sangat disayangkan jika tempat-tempat wisata di Sukabumi ini tidak masuk dalam daftar destinasi wisata Anda.

  • Pantai Citepus

wisata kota sukabumi

Salah satu objek wisata di kabupaten sukabumi adalah pantai cipetus yang berada dilokasi  daerah pelabuhan ratu sukabumi. Jangan khawatir masalah harga untuk memasukki tempat tersebut. Jika anda ingin memasuki pantai tersebut cukup membayar tiket dengan harga sebesar 17.500 rupiah untuk hari biasa dan 20.000 rupiah untuk weekend ataupun hari libur.

  • Pantai Cikembang

destinasi wisata sukabumi

Keberadaan tempat wisata yang satu ini salah satunya adalah wisata pantai cikembang yang berada dilokasi Cisolok kabupaten sukabumi jawa barat. Pantai salah satu ini tergolong pantai yang masih jarang di kunjungi dan juga masih alami. Dapat dilihat dari kondisi jalan yang menuju pantai ini yang masih berbatuan dan suasananya yang begitu sepi membuat pantai ini menarik untuk di jelajahi.

  • Pantai Cipanarikan

wisata di sukabumi

Salah satu Pantai cipanarikan yang termasuk salah satu  pantai yang berlokasi didekat Ujung Genteng Sukabumi. Pantai ini mempunyai ciri khas dengan garis pantai dan mempunyai pasir pantai yang luas.

  • Pantai Amanda Ratu

pantai di sukabumi

Pantai Amanda Ratu Berada dilokasi jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Dalam pantai tersebut juga terdapat juga berbagai atau beberapa vila yang bisa anda sewa  untuk penginapan apabila anda ingin bermalam dan menikmati sunset di pantai amanda ratu.

Sungai yang ada disukabumi
  • Sungai Citarik

tempat wisata baru di sukabumi

Jangan meremehkan sungai yang satu ini. Sungai Citarik adalah salah satu tempat wisata dengan pesona yang menarik tak kalah menarik dengan tempat wisata yang lainnya. Meski demikian, Sungai Citarik memiliki keunikan tersendiri. Andalan dari tempat wisata ini adalah arus sungai yang cukup deras sehingga bisa digunakan untuk arung jeram.

Selain itu, terdapat pula fasilitas lain yang tak kalah menarik seperti flying fox, team building, paint ball, dan lain sebagainya. Sungai Citarik biasanya digunakan untuk kegiatan outbound perusahaan, karena segala jenis fasilitas yang tersedia bersifat membangun kerja sama tim.

  • Sungai Cicatih

wisata sukabumi kota

Serupa tapi tak sama. Ungkapan ini pas untuk menggambarkan Sungai Cicatih dengan Citarik. salah satu tempat yang ada di wisata di Sukabumi, Sungai Cicatih juga menawarkan pesona alam yang mendebarkan. Fasilitas andalan dari tempat wisata ini juga arung jeram. Jika perlu diketahui bahwa karakter dari Sungai Cicatih dengan Citarik sangatlah berbeda.

Makanan khas dari sukabumi
  • Mie Goreng khas Sukabumi

wisata alam sukabumi

Satu lagi kuliner legendaris dari Sukabumi, yaitu mie goreng khas Sukabumi yang berada di Jalan Cimandiri. Rasanya sangat khas sehingga tidak akan kamu temui di daerah lainnya meskipun sama sama olahan mie. Satu porsi mie goreng khas Sukabumi dijual dengan harga 23 ribu saja dengan porsi yang sangat besar alias jumbo. Sangat mengenyangkan dan akan membuat ketagihan.

  • Bandros

wisata alam sukabumi

Salah satu bandros yang terkenal di Sukabumi adalah bandros mang Ata yang berada di Jalan Jakse. Bandros menjadi primadona masyarakat Sukabumi dan juga para wisatawan serta para pendatang di Sukabumi karena enak disantap bersama dengan segelas teh hangat di malam hari. Harganya yang sangat murah menjadi daya tarik tambahan dari bandros ini. Hanya merogoh kocek sekitar 5 ribu rupiah saja kamu bisa mencicipi kue bandros nan enak ini. Penjual bandros yang berjualan di pinggir jalan biasanya mulai buka mulai pukul setengah 9 malam sampai 6 pagi. Tempat berjualan bandros juga kerap dijadikan tempat nongkrong bagi anak anak muda Sukabumi sembari berkumpul dengan teman sebayanya membahas berbagai macam hal.

  • Mochi

objek wisata di sukabumi

Selanjutnya ada makanan khas Sukabumi mochi. Siapa yang tidak kenal dengan mochi? Cemilan enak ini menjadi favorit bukan hanya masyarakat Sukabumi saja, namun juga hampir setiap orang menjadikan mochi sebagai makanan favorit. Teksturnya sangat lembut dan kenyal ditambah dengan warna warni tampilannya menambah daya tarik tersendiri. Ada banyak sekali kue mochi yang dijual di Sukabumi, namun yang paling terkenal adalah kue mochi lampion. Rasa dan kualitas mochi lampion merupakan jaminan seumur hidup karena diolah dengan cara yang baik dan benar. Meskipun harganya sedikit mahal, namun mochi ini woth to buy dan cocok dijadikan oleh oleh khas Sukabumi untuk keluarga.

  • Tutug Oncom

wisata kota sukabumi

Tutug oncom dijual di angkringan Kota Paris dan baru buka sekitar 1 tahun yang lalu. Meskipun baru, namun penjual tutug oncom ini selalu ramai didatangi oleh pembeli. Berdasarkan testimonial para pembelinya, angkringan yang menjual tutug oncom ini mempunyai sajian kuliner yang rasanya enak dan harganya murah. Salah satunya ya tutug oncom ini yang menjadi primadona hampir sebagian besar pembeli yang datang ke angkringan Kota Paris. Angkringan ini buka mulai jam 7 malam sampai jam 12 malam.

  • Nasi Uduk Ungu

destinasi wisata sukabumi

Makanan khas Sukabumi Jawa Barat selanjutnya adalah nasi uduk ungu yang cukup populer. Pada suatu keunikannya makanan  kuliner ini terletak pada warna nasinya yang berwarna ungu, berbeda dengan nasi uduk kebanyakan yang sering kamu temui. Warna ungu tersebut berasal dari buah bit atau ubi ungu yang digunakan sebagai pewarna makanan alami, bukan dari pewarna makanan berbahan kimia ya. Satu porsi nasi uduk ini berisi nasi dan campuran lauk lainnya berupa ayam goreng, tempe, tahu, telur dadar, sambal, dan juga lalapan. Siapapun yang mencoba nasi uduk ini pasti akan ketagihan.

  • Bubur Ayam

pantai di sukabumi

 

Bubur ayam khas Sukabumi ini banyak dijual oleh para pedagang di sekeliling kota Sukabumi. Lain halnya dengan bubur ayam bu nut yang sudah masuk resto dan dijual di rumah makan, bubur ayam Sukabumi yang satu ini banyak dijual di pedagang kaki lima saja. Harganya murah namun rasanya tidak murahan karena enak dan lezat. Bubur ayam Sukabumi pas kamu jadikan sebagai menu sarapan saat berada di Sukabumi karena porsinya bisa membuat perut yang lapar menjadi kenyang. Makanan khas Sukabumi ini mempunyai ciri khas tersendiri dengan tambahan jeroan ayam dan tambahan bumbu rempah khas Sukabumi. Apalagi ditambah dengan kerupuk, bawang goreng ataupun emping. Terbayang kan kelezatannya?

  • Coklat Unaichoco

tempat wisata baru di sukabumi

Bagi kamu pecinta coklat yang sedang berkunjung ke Sukabumi, kamu harus mampir ke dapur unaichoco yang menjual sajian olahan coklat khas Sukabumi. Terbuat dari 100% coklat asli membuat coklat unaichoco ini kebanjiran order. Coklat tersebut diolah dengan teknik khusu dan menghasilkan banyak varian rasa, diantaranya coklat keju, coklat mete, coklat strawberry, coklat blueberry, dan juga coklat permen. Satu toples coklat ini diberikan harga 35 ribu rupiah, namun ada juga yang dijual eceran dengan berbagai kemasan menarik. Selain bisa dijadikan oleh oleh, unaichoco ini juga bisa dijadikan souvenir pernikahan karena tahan lama dan tidak mudah meleleh.

  • Kuliner Odeon

wisata alam sukabumi

 

 

 

 

Kawasan wisata kuliner odeon di Sukabumi ini punya sajian makanan khas yang terkenal akan kelezatannya berupa bubur, yaitu bubur ayam odeon. Lokasi kuliner yang berada di Pecinan Sukabumi ini selain menyediakan bubur ayam odeon juga menyediakan kuliner khas peranakan seperti aneka bakmi dan wedang. Meskipun sama sama bubur, namun bubur odeon berbeda dengan bubur ayam bu Nut karena ada campuran kaldu ayam kampung di satu porsinya yang ditambah dengan taburan daun bawang, pangsit, bawang goreng, sawi asin, tumisan kentang dan juga irisan daging ayam serta tidak lupa irisan mentimun.

  • Wedang Ronde

wisata kota sukabumi

Makanan khas Kab Sukabumi yang satu ini dijual di warung makan bandros mang Atta juga. Kawasan kuliner yang kerap menjadi tempat nongkrong anak muda ini hanya berada di trotoar pinggir jalan. Namun selalu ramai dikunjungi oleh pembeli. Di warung ini, selain kamu bisa mencicipi bandros dan wedang jahe, kamu juga harus mencicipi wedang ronde yang merupakan minuman penghangat tubuh. Wedang ronde ini hanya bisa kamu dapatkan di malam hari saja.

  • Nasi Hijau

destinasi wisata sukabumi

Kreasi makanan khas Sukabumi lainnya adalah nasi hijau yang terbuat dari bahan alami daun bayam dan dicampur bumbu bumbu khas lainnya. Disajikan lengkap dengan ayam goreng, telur dadar, tahu dan tempe goreng, kerupuk, taburan bawang goreng, serta sambal yang tidak boleh ketinggalan. Cara membuatnya cukup mudah, kamu bisa menemukan resepnya di internet. Namun, apabila tidak ingin repot kamu bisa saja mencari penjual nasi hijau di Sukabumi.

  • Kue Jahe

wisata di sukabumi

Makanan ciri khas Sukabumi lainnya adalah kue jahe. kue jahe ini sebenarnya merupakan cemilan yang terbuat dari jahe parut yang dicampur dengan gula. Rasanya manis dan hangat serta termasuk kue legendaris karena sudah dikenal sejak jaman belanda. Kue jahe Sukabumi nikmat disajikan bersama dengan segelas teh panas ataupun sirup yang dingin.

  • Sagon Bakar

pantai di sukabumi

Berikutnya ada sagon bakar yang terbuat dari parutan kelapa. Sagon bakar biasanya disajikan berbentuk persegi panjang atau kotak. Rasanya sangat gurih khas dari rasa kelapa. Sagon bakar bisa kamu jadikan cemilan sembari berkeliling kota Sukabumi atau bisa juga kamu bawa pulang sebagai oleh oleh khas Sukabumi.

  • Pisang Coklat Cakra

tempat wisata baru di sukabumi

Makanan yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga anda makanan khas dari wisata di sukabumi bahan dasar pisang yang satu ini dibuat dari pisang dan coklat yang dibalut dengan kulit lumpia. Berbentuk pipih dan memanjang. Saat makan pisang coklat cakra ini, kamu akan merasakan gurihnya kulit lumpia berpadu dengan manisnya coklat yang lumer di mulut. Pisang coklat cakra ini sudah dikemas dengan cantik sehingga cocok juga bila akan dijadikan oleh oleh.